Home NEWS Sensor IMX709 di Reno7, Makin Optimal Selepas Update?

Sensor IMX709 di Reno7, Makin Optimal Selepas Update?

IMX709 Reno7

tabloidpulsa.id – Jauh sebelum diluncurkan di pasar ponsel Indonesia, OPPO sudah memperkenalkan teknologi menarik yang bakal dibawa salah satu anggota OPPO Reno7 Series, yakni penggunaan sensor kamera hasil kerja sama OPPO dengan Sony- IMX709. Belakangan sensor ini diketahui dibawa oleh produk OPPO Reno7 4G dan sudah kita bahas sedikit di review produk ini.

Lalu, melalui sejumlah peningkatan software (update ColorOS) yang dilakukan oleh OPPO sejak awal diluncurkannya OPPO Reno7 4G hingga sekarang, terjadi sesuatu yang menarik. Salah satunya adalah semakin pintar sensor IMX709 ini dan stabilnya hasil pemotretan yang dilakukan oleh kamera depan OPPO Reno7 (4G).

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk kami, kembali melakukan pembahasan mengenai hasil kamera selfie ponsel ini. Apakah ada yang berbeda dari  saat pertama diluncurkan melalui perbandingan dengan beberapa hasil foto yang kami lakukan di awal-awal review dengan hasil foto yang baru saja kami lakukan setelah melakukan update ColorOS.

Seperti yang telah kita maklumi bersama, bahwasannya peningkatan OS kerap digunakan OPPO untuk mendorong sejumlah kemampuan yang sudah ada pada ponselnya untuk bisa berakselerasi dengan lebih baik. Semisal yang pernah kita bahas saat membedakan kemampuan AI Portrait OPPO Reno6 dengan ColorOS 11 vs ColorOS 12 di tulisan berikut ini.

Ya, kemampuan kamera merupakan salah satu yang dapat ditingkatkan melalui update software. Entah itu dengan menambahkan fungsi yang sebelumnya tidak ada, atau dengan memperbaiki beberapa fungsi digital menjadi lebih akurat dalam mengenali obyek utama dengan background.

OPPO Reno7 membawa kamera depan dengan resolusi 32MP. Reno7 membawa sensor IMX709 hasil pengembangan kerja sama antara Sony dengan OPPO, yang merupakan sensor RGBW dengan algoritma quadra binning. Mampu menangkap gambar dengan kerapatan yang lebih tinggi, sehingga kita bisa mengharapkan detail yang lebih baik dan juga pewarnaan yang akan terlihat lebih cerah jika dibandingkan sensor sebelumnya yang kebanyakan adalah RGGB.

Hal ini akan tampak membantu ketika kita berhadapan dengan tone kulit obyek foto yang berbeda. Ketika memotret wajah dengan tone yang gelap, tidak kemudian hasilnya menjadi over bright karena memaksakan untuk tampil secerah tone normal. Dan, yang paling banyak kita rasakan adalah ketika kita berselfie membelakangi arah cahaya. Di mana kamera akan mencoba melakukan perhitungan sehingga tone kulit wajah tetap terlihat apik dan tidak gelap.

Sebelum Update ColorOS Reno7, atau di awal-awal kami melakukan review sebenarnya hal tersebut sudah kami rasakan. Ada peningkatan yang cukup signifikan ketimbang hasil kamera selfie di generasi sebelumnya. Namun ada beberapa hal yang kami temukan.

before update

HDR yang Lebih Baik: Sebelumnya, saat dicoba memotret dengan latar belakang langit siang sensor kesulitan untuk melakukan kompensasi antara latar dengan obyek. Yang terjadi sensor memilih untuk memperjelas tone wajah obyek, sementara kecerahan di latar belakang dibiarkan tinggi sehingga menghapus detail di background. Tidak selamanya demikian, memang. Namun ada beberapa pemotrtean yang menghasilkan foto seperti ini.

Setelah dilakukan update OS, HDR jadi lebih halus. Upaya untuk melakukan kompensasi kecerahan antara fore dan background dilakukan dengan lebih akurat.

Bokeh Portrait lebih Rapi: Pengenalan background dan foreground yang lebih baik oleh sensor dan AI pada kamera membuat pemisahan yang lebih pas. Saat diterapkan dalam pemotretan selfie portrait dengan AI Bokeh akan menghasilkan gambar yang lebih rapi.

Komposisi yang Diperbaiki: Update OS yang melakukan pengenalan bakcground dan foreground yang lebih baik juga rupanya mampu mengutak-atik sudut jauh-dekat dengan obyek, sehingga dihasilkan komposisi yang lebih enak dilihat. Tidak flat layaknya foto selfie biasa. Sistem akan menentukan jarak yang tepat antara kita sebagai obuyek utama dengan background.

Mengurangi Noise: Saat memotret di kondisi pencahayaan yang kurang optimal, kadang noise muncul dan ini sebenarnya hal yang wajar. Terutam aketika sistem hendak memunculkan warna obyek yang memang kurang jelas akibat pencahayaan yang kurang. Namun entah bagaimana, update OS yang dilakukan juga mampu mengurangi noise yang ada.

updated
Previous articleWujudkan Talenta Digital Berkelas Dunia, Indosat Luncurkan IDCamp 2022
Next article2022 PMPL SEA Championship Spring Sisakan 16 Tim
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here