Home REVIEW Review Huawei Watch GT 2 Pro: Tampil Premiun, Fitur Super Komplit

Review Huawei Watch GT 2 Pro: Tampil Premiun, Fitur Super Komplit

Huawei Watch GT 2 Pro

tabloidpulsa.id – Tidak hanya smartphone, Huawei tercatat cukup rajin merilis produk IoT terbarunya ke pasaran tanah air. Umumnya, produk-produk anyar ini langsung diboyong ke pasaran Indonesia tidak lama setelah perilisannya secara global.

Termasuk perangkat wearable device paling gress di lini Huawei Watch, yang berdasarkan pantauan PULSA market sharenya tengah meningkat tajam.

Dan di varian terbarunya yakni Huawei Watch GT 2 Pro, vendor elektronik nomor wahid di Tiongkok ini pun menghadirkan sejumlah pembaharuan dari generasi sebelumnya.

Kebetulan, smartwatch ini sudah ada di meja uji PULSA. Kira-kira, peningkatan apa saja yang coba ditawarkan Huawei demi menggaet konsumen tanah air? Simak ulasannya berikut ini.

Unboxing

Watch GT 2 Pro Unboxing

Serupa produk wearable device terbaru besutannya, Huawei pun mengemas Watch GT 2 Pro dalam kotak yang cukup berkelas. Dengan didominasi kelir hitam, kotak kemasan smartwatch ini juga menampilkan sejumlah fitur dan spesifikasi unggulan yang dibawanya.

Di dalam kotak penjualan, selain ada jam tangan pintar, ada juga kartu garansi dan buku panduan pengoperasian, kabel USB Type-C, wireless charging dan strap tambahan.

Desain

Watch GT 2 Pro design

Keren dan mewah. Itulah dua kata yang langsung terucap saat melihat desain Huawei Watch GT 2 Pro. Berbeda dengan beberapa produk di generasi sebelumnya yang tampil sporty, jam tangan pintar terbaru Huawei ini justru memilih bentukan klasik dengan dua knop atau tombol khusus di sisi bodi.

Layaknya sebuah smartwath, kedua tombol tersebut menerapkan mekanisme ‘tekan’ bukan diputar seperti jam tangan konvensional. Dan masing-masing tombol memiliki fungsi yang berbeda. Tombol atas untuk menapilkan daftar fitur umum terkait monitoring kesehatan, sedangkan tombol bawah untuk memunculkan fitur olahraga.

Berdasarkan data teknis, material bodi yang digunakan oleh Huawei Watch GT 2 Pro adalah titanium terbaik yang dipadukan dengan kaca safir yang cukup keras. Di bagian bawah, smartwatch ini menggunakan bahan keramik. Kolaborasi ini lah yang membuat tampilan jam tangan pintar ini terlihat mewah dan premium.

Di bagian ini, Huawei menanamkan sejumlah sensor penting seperti  HR Monitor. Ada juga dukungan GPS, gyroscopeaccelerometer, sensor tekanan udara, swing, dan cahaya di dalamnya.

Baca Juga:  3 Indonesia Resmikan Digital Network Operation Center (DNOC) Baru
Watch GT 2 Pro sensor

Selain itu, generasi terbaru Watch GT Series ini juga dilengkapi speaker khusu yang terletak di antara tombol akses, tepat di sisi bawah. Speaker ini berguna untuk mendengarkan player lagu dan saat berkomunikasi.

Soal kenyamanan, sepertinya tidak perlu diragukan. Selama melingkar di pergelangan tangan kami, Watch GT 2 Pro terasa pas. Bobotnya pun cukup ringan, bahkan terasa seperti tidak menggunakan jam. Di atas kertas, tercatat berat jam tangan ini sekitar 52 gram (tanpa strap). Kebetulan unit yang PULSA tes merupakan varian 46mm.

Layar

Watch GT 2 Pro Health Monitor

Layar bulat yang diusung Huawei Watch GT 2 Pro memiliki ukuran 1.39 inci. Untuk ukuran tangan orang Asia, dimensi ini tergolong cukup pas. Selain itu, layar yang lumayan luas ini juga mampu menampilkan informasi jam, tanggal serta sejumlah notifikasi lain sesuai watch face yang dipasangkan.

Untuk jenis layarnya sendiri, Watch GT 2 Pro masih tetap menggunakan model yang sama seperti generasi sebelumnya, yakni OLED dengan panel sentuh beresolusi 454×454 HD yang menyuguhkan detail warna yang tajam dan sangat jelas.

Terkait pengaturan tingkat kecerahan layar, Huawei Watch GT 2 Pro sejatinya menyertakan opsi pengaturan tambahan yang dapat ditemukan dengan menggeser tampilan layar dari ujung atas ke bawah saat mode jam aktif.

Di dalamnya, Anda bisa mengatur tingkat brightness sesuai kebutuhan atau bisa juga mensetnya untuk tampil otomatis. Pengaturan tomatis ini akan menyesuaikan tingkat cahaya yang ada di lokasi. Selain itu, ada juga opsi untuk layar selalu menyala untuk menampilkan jam (Always on Dislay).

Serupa jam tangan konvensional klasik, di Huawei Watch GT 2 Pro juga ada garis petunjuk waktu yang melingkar di bagian kaca., dan tepat di arah jam 12 bentuknya berupa segi tiga. Jadi, jika watch face yang digunakan berupa tampilan jarum jam analog, Anda bisa dengan mudah melihat hitungan jam melalui garis-garis ini.

Baterai

Ini merupakan poin paling umum yang biasanya jadi pertanyaan pengguna smartwatch. Dan seperti di lini Huawei Watch kebanyakan, sumber power yang disertakan terkenal tahan lama. Begitu pun dengan Huawei Watch GT 2 Pro, baterai yang dimiliki smartwatch ini pun patut untuk diacungi jempol.

Baca Juga:  Tablet HarmonyOS Huawei Siap Hadir di Indonesia

Berdasarkan data teknis, baterai 455 mAh di Huawei Watch GT 2 Pro bisa bertahan selama 14 hari dalam sekali pengisian. Hanya saja, kondisi ini tentu dipengaruhi pula dengan intensitas penggunaan fitur yang ada di Watch GT 2 Pro.

Sepanjang pengujian, kekuatan baterai jam tangan pintar ini memang terbukti cukup tangguh. Dengan intensitas penggunaan fitur kesehatan serta monitoring olahraga yang cukup tinggi, serta akses notifikasi smartphone yang terbilang rutin, baterai smartwatch ini dapat bertahan lebih dari satu minggu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, smartwatch ini dilengkapi wireless charger sebagai media pengisian daya baterai., yang didukung charger USB Type-C 5A/2V. Untuk mengisi ulang baterai smartwatch ini dari posisi kosong hinngga penuh, memerlukan waktu sekitar dua jam.

Fitur Olahraga

Watch GT 2 Pro Sport Monitor

Sebagaai smartwatch kekinian, tentu saja Huawei Watch GT 2 Pro pun dibekali fitur-fitur yang membantu penggunanya memantau kegiatan workout alias olahraga. Smartwatch ini secara default menyertakan lebih dari 100 jenis mode latihan.

Terdiri 19 mode latihan profesional dengan 12 jenis olahraga luar ruangan dan 7 jenis olahraga dalam ruangan, selebihnya adalah mode custom.

Uniknya dan bisa jadi ini merupakan upgrade dari generasi Watch GT Series sebelumnya, ada mode olahraga baru yang disertakan ke smartwatch ini yakni ski, snowboarding, dan golf driving range.

Seperti deskripsi di website resmi Huawei, dengan mode Golf pengguna bisa mengukur swing speed dan tempo, backswing, downswing, arah serta time impact. Serunya, smartwatch ini juga bisa mengetahui apakah Anda benar-benar memukul bola atau tidak.

Untuk memilih mode-mode olahraga ini, pengguna cukup menekan tombol paling bawah dan tinggal menggeser-geser layar untuk memilih dan menggunakan mode olahraga yang diinginkan.

Fitur Pemantau Kesehatan

Watch GT 2 Pro HR Monitor

Nah, inidia fitur-fitur penting yang rata-rata sudah tersedia di sebagian besar smartwatch kelas menengah ke atas. Dan di Huawei Watch GT 2 Pro, fitur monitoring kesehatan ini terbilang cukup komplit.

Pertama ada fitur pemantauan detak jantung TruSeen 4.0+ yang kemaampuannya telah ditingkatkan. Selain dapat memantau intensitas detak jantung secara tomatis selama 24 jam, fitur ini juga mampu memberikan notifikasi jika detak jantung dalam kondisi abnormal.

Baca Juga:  Review Redmibook 15, Laptop Pertama Langsung Menggoda

Ada juga fitur pemantau kadar oksigen dalam darah (SpO2), yang selama masa pandemi ini cukup berguna. Huawei mengklaim, fitur ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Proses pengukurannya pun terbilang cukup cepat.

Tidak ketinggalan, Watch GT 2 Pro juga menyertakan fitur untuk memonitor kualitas tidur dan yang tidak kalah menariknya, bisa juga kemampuan untuk menaker tingkat stress. Untuk yang ingin menjaga kondisi tubuh tetap releks, disediakan pula fitur Breathinng exercises alias panduan untuk latihan pernapasan.

Music Player

Menurut kami, ini merupakan fitur yang cukup menarik dan Huawei Watch GT 2 Pro ternyata memilikinya secara default. Jadi, tidak hanya sebagai media untuk mengkontrol player musik yang terhubung ke smartphone, namun smartwatch ini benar-benar memiliki pemutar musiknya sendiri.

Nah, untuk menambahkan file musik ke memori 4GB yang dimiliki smartwatch ini, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Huawei Health.

Untuk mendengarkan lagu yang diputar dari smartwatch, pengguna bisa memanfaatkan speaker yang ada di bodi jam atau menggunakan Bluetooth headset.

Kesimpulan

Hadir dengan desain yang elegan, Huawei Watch GT 2 Pro bisa menjadi pilihan smartwatch menengah yang cukup menggiurkan. Beragam fitur pemantau kesehatan, serta olahraga tersedia komplit untuk menemani keseharian Anda yang selalu ingin tampil prima, terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Semua fitur yang disediakan dapat berakselerasi dengan baik, dan menampilkan perhitungan yang akurat. Bahkan, dengan dukungan fitur 5ATM-nya, smartwatch ini bisa diajak berenang hingga kedalaman 50 meter.

Tidak hanya itu, sejumlah fitur pendukung saat terkoneksi dengan smartphone pun tersedia dengan lengkap. Bahkan, dengan smartwatch ini Anda bisa memutar lagu dan mendengarkannya secara langsung. Dan yang paling penting, smartwatch ini punya baterai yang tahan lama.

Spesifikasi Huawei Watch GT 2 Pro:

SoCHiSilicon Kirin A1 + STL4R9
Sistem OperasiHuawei Lite OS
Dimensions46.7 x 46.7 x 11.4 mm, 52 gram
Display1.39 inci OLED 454×454 HD
Display TypeOLED
Battery typeRechargeable Li-ion Polymer Battery
Battery capacity455 mAh
Wireless charging5V 1A
Water resistance5ATM
System requirementsAndroid 4.4 or late, iOS 9.0 or late
Memory32MB RAM  + 4GB ROM
BluetoothBluetooth 5.1 + BLE, GPS + GLONASS
GPSGLONASS
ColorNebula Gray, Night Black
HargaRp 4.299.000

Kelebihan/Kekurangan:

Kelebihan:

  • Desain mewah
  • Daya tahan baterai dua minggu
  • Fitur bawaan lengkap (Kesehatan dan Olahraga)
  • 5 ATM
  • Mendukung wireless charging
  • Bonus strap karet pada paket penjualannya

Kekurangan:

  • Tidak bisa diinstall aplikasi pihak ketiga
  • Harga lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya
Previous articleErajaya Serahkan Hadiah Grand Prize EraVersary 2020
Next articleSamsung Galaxy S20 Series Jadi Smartphone 5G Terlaris
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here