Home GADGET Hands On Motorola Mototrbo R7, Radio Dua Arah Generasi Baru

Hands On Motorola Mototrbo R7, Radio Dua Arah Generasi Baru

motorola mototrbo r7

tabloidpulsa.id – Radio dua arah atau biasa disebut HT, meskipun telah berkembang dan sudah terdigitalisasi, mungkin kerap dianggap sebagai teknologi kuno. Namun sejatinya perangkat ini memiliki pasar yang besar terutama bagi enterprise ataupun industri skala besar. Salah satu fitur kuncinya adalah kemampuan menyebarkan voice dari satu perangkat ke banyak perangkat lain secara instan (One-to-Many). Motorola sebagai salah satu expert di industri ini menghadirkan Mototrbo R7 yang telah dilengkapi sejumlah teknologi terkini.

Pulsa ID berkesempatan untuk mencoba perangkat ini di suasana real dan menyaksikan kemampuan perangkat ini ketika menghadapi sejumlah skenario yang sering dihadapi oleh pengguna 2-way radio.

Desain Kokoh

Layaknya 2-way Radio yang sering kita lihat, baik analog maupun digital, R7 juga didesain dengan sedemikian rupa agar mudah digenggam, dan tahan banting.

Handheld yang membawa sejumlah tombol keypad alfanumerik di bagian muka, dengan layar cukup lebar berukuran 2.4 inci ini mungkin akan mengingatkan kita pada perangkat ponsel jaman dulu. Tapi begitu kita melihat dua knob di bagian atas, yakni knob power/volume dan knob pengaturan frekuensi, sejajar dengan antena perangkat yang termasuk tinggi, baru deh kita sadar bahwa ini adalah radio 2 arah atau handy talky (HT).

Baca Juga:  MOTOTRBO R7 Atasi Kebisingan untuk Komunikasi Andal

Masih di bagian atas kita pun akan menemukan tombol emergency berwarna merah. Sementara di bagian sisi terdapat tombol talk yang besar.

Material perangkat ini bisa dibilang premium sebagai alat yang biasa digunakan di kondisi outdoor nan ekstrim. Memenuhi standar militer MIL-STD 810, berbobot cukup tinggi namun relatif kecil sehingga memiliki portabilitas dan mobilitas tinggi.

Bahkan R7 juga mengantongi dua sertifikasi IP rating, yakni IP68 dan IP66. IP68 seperti yang sering kita temukan di ponsel Flagship mengacu pada kemampuan perangkat untuk menghalau air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit dan partikel debu tanpa membutuhkan casing atau perlindungan tambahan.

Sementara IP66 hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna yang kerap berhadapan dengan air bertekanan tinggi. Semisal pemadam kebakaran. Karena IP66 ini menandakan proteksi terhadap semburan air bertekanan tinggi.

Baca Juga:  Main Lebih Nyaman dengan Game Booster di Galaxy S23 Ultra 5G

Kualitas Audio

Sebagai perangkat yang digunakan untuk menyampaikan informasi, baik dalam satu rantai komando maupun lini produksi vital, kualitas audio meruaokan hal yang tak kalah penting.

R7 merupakan salah satu perangkat 2-Ways Radio yang dilengkapi dengan teknologi ini. Tidak hanya berbasis software seperti perangkat lain, namun melalui pendekatan hardware yakni penggunaan 2 mikrofon adaptif (1 diletakkan di depan, 1 di belakang) yang mampu memisahkan frekuensi kebisingan dengan frekuensi percakapan.

Ketika dicoba bercakap dengan lawan bicara yang tengah menggunakan bor elektrik, kami tetap bisa mendengar suara percakapan dengan jelas, tanpa terganggu suara bor listrik yang tengah digunakan oleh lawan bicara kami.

Di lapangan, fungsi ini akan membantu mereka berkomunikasi tanpa harus berteriak satu sama lain ketika menggunakan radio dua arah.

Jangkauan dan Konektivitas

Untuk berkomunikasi Mototrbo R7 membawa sejumlah teknologi mulai dari UHF/VHF, WiFi 2.5/5GHz, dan Bluetooth 5.2. Memungkinkan kita bercakap antar perangkat langsung atau dengan banyak perangkat hingga di 250 situs dengan 3000 perangkat maksimal per satu situs melalui solusi yang ditawarkan oleh Motorola.

Baca Juga:  PT Denka Pratama Indonesia Luncurkan 3 Mikrofon Saramonic

Kami bahkan menguji kemampuan jaringan R7 ini dengan cara bercakap dengan pengguna R7 di belahan dunia lain, dalam hal ini di Tokyo Jepang. Percakapan berlangsung instan, meskipun kelancaran percakapan ini juga akan dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah bandwidht untuk mengakses cloud.

Baterai

Uji coba yang kami lakukan hanya melalui waktu sekitar 12 jam saja. Namun bisa dilihat bahwa indikator baterai tidak mengalami perubahan signifikan ketika perangkat tetap aktif sepanjang pengujian.

Artinya ini sejalan dengan klaim Motorola yang menyebut bahwa baterai Mototrbo R7 mampu bertahan hingga 28 jam.

Harga

Bagi Anda yang mungkin tertarik memiliki perangkat ini sebagai salah satu solusi di bisnis yang tengah Anda jalankan, jangan khawatir, pihak Motorola dan Harrisma Informatika sebagai distributor utama telah memastikan ketersediaan perangkat yang cukup melimpah.

Satu perangkat Motorola Mototrbo R7 ini bisa dibawa pulang dengan harga mulai dari Rp 12.000.000.

Previous articleCanon EOS R8 Hadir di Indonesia, Mirrorless Full-Frame Paling Ringan dan Ringkas
Next articleTelkomsel Siap Tuntaskan Tahap Akhir Upgrade Layanan 3G ke 4G
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here