Home NEWS Canon EOS R8 Hadir di Indonesia, Mirrorless Full-Frame Paling Ringan dan Ringkas

Canon EOS R8 Hadir di Indonesia, Mirrorless Full-Frame Paling Ringan dan Ringkas

Canon EOS R8

tabloidpulsa.id Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia, menghadirkan Canon EOS R8, kamera mirrorless full-frame dengan desain yang ringkas dan ringan. Dengan bobot sekitar 461gram, EOS R8 merupakan kamera full-frame paling ringan saat ini dalam EOS seri R Canon.

Dibekali dengan fitur dan teknologi terkini seperti teknologi Dual Pixel AF II yang cepat dan presisi serta kecepatan continuous shooting hingga 40 fps, EOS R8 memberikan kualitas gambar video dan foto berkualitas tinggi layaknya profesional.

“Kamera dengan ukuran sensor yang besar terkadang membuat bodi kamera menjadi tidak ringkas. Namun dengan EOS R8, para profesional dapat memanfaatkan kualitas full-frame dengan perangkat kamera yang ringkas dan ringan, memberikan keleluasaan untuk pengambilan gambar saat menjelajah kota hingga merekam aktivitas sehari-hari,” ujar Monica Aryasetiawan – Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Para profesional bisa mendapatkan kreativitas lebih dengan kamera full-frame, mulai dari mendapatkan efek bokeh yang memukau dengan menghasilkan depth of field yang lebih dangkal, memaksimalkan pengambilan gambar dengan lensa sudut lebar, hingga gambar yang jernih minim noise pada ISO tinggi. Dengan dibekali sensor gambar CMOS full-frame 24,2 megapiksel dan prosesor DIGIC X, EOS R8 mampu mengambil gambar secara beruntun dengan kecepatan tinggi hingga 40 fps pada mode Electronic Shutter.

Sensor CMOS full-frame ini juga membuat EOS R8 mampu menghasilkan footage 4K UHD tanpa cropping (oversampled dari 6K) berkualitas tinggi hingga 60p. Kamera ini juga memiliki peredaman panas yang membuat pengambilan gambar hingga 4K 30p tanpa batasan waktu perekaman, dan hingga 30 menit pada 4K 60p.

Baca Juga:  GoTo Luncurkan Dira, Asisten Suara Berbahasa Indonesia

Selain perekaman normal 8-bit, EOS R8 menawarkan opsi perekaman video dengan rentang dinamis tinggi 4:2:2 10-bit. HDR PQ memberikan rentang dinamis yang luar biasa dan warna yang indah. Selain itu, adanya Canon Log 3 membuat fleksibilitas untuk alur kerja post-pro untuk pengolahan warna yang lebih profesional.

EOS R8 mendukung pengambilan gambar Full HD hingga 180 frame per second (180p). Hal ini membuat pengguna mampu merekam video gerakan lambat yang mulus, 6x lebih lambat saat diputar ulang pada 30p.

Saat merekam video tanpa tripod (handheld) kerap kali gambar yang dihasilkan menjadi shaking, namun dengan EOS R8 pengguna tak perlu khawatir karena kamera ini sudah dilengkapi dengan Movie Digital IS yang secara digital dapat melakukan koreksi kemiringan stabilisasi gambar 5 sumbu selama perekaman video, membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih stabil, bahkan saat menggunakan lensa tanpa Optical IS. Saat dikombinasikan dengan lensa yang memiliki Optical IS, kedua sistem melakukan kontrol terkoordinasi untuk hasil stabilisasi gambar yang lebih baik.

Sistem Dual Pixel CMOS AF II pada kamera Canon dikenal akan kecepatan Auto Focus (AF) yang luar biasa dan akurat. Pada EOS R8, sistem AF-nya juga sudah dibekali dengan EOS iTR AF X, teknologi cerdas yang dapat mendeteksi dan melacak wajah, mata, dan tubuh pada orang dan hewan (anjing, kucing, dan burung), serta kendaraan (mobil dan sepeda motor). Termasuk mengidentifikasi subjek lain dan “mengunci” subjek menggunakan karakteristik, seperti bentuk, warna, dan kecerahan.

Untuk mendukung pengambilan gambar di kondisi minim cahaya, juga dapat diatasi dengan sensitivitas ISO hingga 102.400 untuk foto dengan rentang kecerahan fokus hingga EV -6.5 dan sensitivitas ISO hingga 25.600 untuk video dengan rentang kecerahan fokus hingga EV-4.

Baca Juga:  Dell Inspiron 3020, PC Desktop dengan Intel Core Generasi ke-13

Fitur Kamera Cinema Profesional

Seperti layaknya menggunakan kamera Cinema Profesional Canon, pengguna juga bisa menikmati beberapa fitur yang ada pada EOS R8 yang biasa ditemukan pada kamera Cinema Canon, yaitu:

Focus Breathing Correction: Fitur ini berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus. Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek.

False Colours and Zebras: Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan dalam kondisi yang sulit.

Aspect Marker Display: Fitur ini berfungsi untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti dimensi ratio untuk kebutuhan di media sosial (1:1), (16:9), dan sebagainya.

UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class): Fitur ini berfungsi untuk transmisi langsung audio dan video Full HD (plug-and-play) ke PC hanya dengan koneksi USB; ideal untuk live streaming.

Kamera ini juga dilengkapi dengan Multi-Function Shoe dan tampilan digital interface yang menghadirkan pengaturan digital tanpa kabel dengan aksesori yang kompatibel, seperti mikrofon eksternal. Untuk pengoperasian, tersedia juga LCD layar sentuh vari-angle berukuran 3,0 inci dan memiliki 1,62 juta titik. Layar ini dapat digunakan untuk pemilihan titik AF, AF sentuh, rana sentuh, pemilihan menu, kontrol cepat, pembesaran, dan lainnya. EOS R8 dilengkapi dengan konektivitas yang beragam, seperti port USB C, Bluetooth, dan koneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data, kontrol jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect.

Baca Juga:  Fixed Mobile Convergence Jadi Bisnis Baru Operator?

Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM

Pada saat bersamaan, Canon juga menghadirkan lensa zoom RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM. Lensa ini adalah salah satu lensa zoom dengan mounting RF paling ringan dengan bobot hanya sekitar 210gram dan panjang 5,8cm saat ditarik. Walaupun ringan, lensa ini mampu mencakup tampilan sudut lebar hingga standar pada kamera full-frame dan menawarkan fleksibilitas komposisi yang membedakannya dari lensa dengan focal length berukuran serupa.

Dilengkapi dengan Optical IS 4,5 stop, lensa ini juga mampu mencapai stabilisasi gambar hingga 7,0 stop melalui Coordinated Control IS apabila digunakan dengan kamera sistem EOS R yang dilengkapi dengan In-Body IS.

Saat ini seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R System telah bergaransi 2 tahun. Apabila konsumen memiliki masalah dapat langsung membawanya ke service center yang tersebar di kota – kota besar di Indonesia. Layanan ini memberikan nilai lebih untuk konsumen agar semakin aman dan nyaman dalam menggunakan produk Canon.

PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan kamera mirrorlessCanon EOS R8dengan harga:

  • Canon EOS R8 Bodi: Rp31.299.000
  • Canon EOS R8 RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp 35.799.000
  • Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp5.499.000

Pada tanggal 8 – 31 Mei 2023 PT Datascrip memberikan promo launching EOS R8 dengan harga:

  • Canon EOS R8 Bodi: Rp25.999.000
  • Canon EOS R8 + Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp29.999.000

Setiap pembelian EOS R8 bodi only/EOS R8 + lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM akan mendapatkan ekstra baterai LP-E17

Previous articlePermataBank Bukukan Laba Bersih Rp756 Miliar di Kuartal I 2023
Next articleHands On Motorola Mototrbo R7, Radio Dua Arah Generasi Baru
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here