Home NEWS Dukung QR Cross Border, DANA Bisa Digunakan di Malaysia

Dukung QR Cross Border, DANA Bisa Digunakan di Malaysia

QR Cross Border di Aplikasi DANA

tabloidpulsa.id – Melanjutkan kesuksesan interkoneksi pembayaran antarnegara menggunakan QR Code yang dilakukan Bank Indonesia dengan beberapa negara di ASEAN, DANA sebagai penyedia jasa pembayaran nonbankkembali mendukungimplementasi pembayaran kode QR lintas negara, baik sebagai issuer maupun acquirer. Setelah Thailand, kini masyarakat Indonesia yang melancong ke Negara Malaysia dapat memindai QR Cross Border atau DuitNow QR Code di toko yang berpartisipasi dalam skema ini melalui aplikasi DANA. Begitu pula turis Malaysia yang melancong ke Indonesia, dapat melakukan pembayaran di merchant QRIS DANA melalui aplikasinya.

Hal ini sejalan dengan Siaran Pers yang diluncurkan pada laman Bank Indonesia, 8 Mei 2023, Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR Code. Peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari fase uji coba yang telah sukses dilakukan sejak 27 Januari 2022. DANA merupakan salah satu dompet digital pertama di Indonesia yang ikut serta dalam peresmian ini.

Baca Juga:  Telkom University dan SAS Bermitra Kembangkan Talent Analytics Indonesia

Kerja sama ini dilakukan antara Bank Indonesia dengan Bank Negara Malaysia, yang memungkinkan masyarakat di kedua wilayah untuk melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QR Code pembayaran nasional di Indonesia yaitu QRIS (QR Code Indonesian Standard) maupun QR Code Pembayaran Malaysia, yaitu DuitNow, baik pada merchant offline dan online.

Sebagaimana mengutip dari Siaran Pers Bank Indonesia, disampaikan bahwa keberhasilan peluncuran kerja sama interkoneksi pembayaran ini merupakan hasil kolaborasi yang erat antar pelaku industri yang difasilitasi oleh BI dan BNM bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia ASPI (termasuk penyelenggara infrastruktur sistem pembayaran yang menjadi anggota ASPI, termasuk DANA), PayNet, dan lembaga keuangan yang berpartisipasi.  BI dan BNM menyambut partisipasi dari lebih banyak lembaga keuangan untuk semakin memperluas ekosistem pembayaran lintas batas.

Dalam Siaran Pers Bank Indonesia, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan, “Kerja sama ini akan memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna layanan transaksi pembayaran lintas batas sekaligus menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi, mendorong inklusi ekonomi dan keuangan digital di kawasan, serta mendukung stabilitas makroekonomi dengan mendorong penggunaan mata uang lokal secara lebih luas untuk transaksi bilateral dalam Kerangka Transaksi Mata Uang Lokal.”

Baca Juga:  DANA Turut Luncurkan Layanan QRIS TTS bersama Bank Indonesia dan ASPI

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan, “Sebuah kebanggaan bagi DANA   yang terus dipercaya sebagai dompet digital pertama untuk menerapkan QR Cross Border di Malaysia.

Guna memberikan pengalaman bertransaksi digital yang optimal di negara-negara penyelenggara QR Cross Border, kami akan senantiasa membekali dompet digital DANA dengan teknologi yang aman dan tepercaya. Harapannya, keikutsertaan DANA dalam implementasi QR Cross Border, dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dari Bank Indonesia.”

Agenda standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara merupakan salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022. Inisiatif ini adalah langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi. Pembayaran lintas negara pun diawali dengan dengan negara Thailand pada Agustus 2022 lalu dan dilanjutkan dengan negara Malaysia, setelah melewati fase uji coba dan fase komersial.

Baca Juga:  ASUS Resmi Luncurkan 7 Laptop Gaming dengan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series

Selain mengimplementasikan QR Cross Border, partisipasi DANA dalam mendorong adopsi QRIS di Indonesia masih terus dijalankan dengan berbagai upaya. Caranya baik melalui kemudahan proses onboarding mitra maupun menjaga keamanan pembayaran bertransaksi digital. DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 24,9 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran.

Previous articleAdvan VX Lite, Tablet Terjangkau Paling Laris di Tokopedia
Next articleMSI Creator Awards 2023 Resmi Digelar, Total Hadiah $70.000 USD
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here