Home Blog Page 641

PULSA EDITORS’ CHOICE 2020: MOST AFFORDABLE FLAGSHIP

MOST AFFORDABLE FLAGSHIP

tabloidpulsa.id – Jelang akhir tahun 2020 pasar smartphone tanah air dikejutkan dengan kehadiran flagship anyar Xiaomi Mi 10T Pro.

Menurut penilaian Editor PULSA, smartphone ini sangat cocok menyandang predikat sebagai MOST AFFORDABLE FLAGSHIP.

Bukan hanya karena menawarkan tampilan desain yang cukup berkelas, namun Xiaomi Mi 10T Pro juga didukung sejumlah fitur canggih khas smartphone flagship.

Pertama dan yang paling mendaapat sorotan, smartphone ini membawa chipset paling baru di pasaran yakni Snapdragon 865 yang mendukung 5G network.

Di sisi multimedia, Xiaomi Mi 10T Pro juga mampu menghipnotis konsumen lewat sensor kamera 108MP plus kemampuan rekam video 8K, terbesar yang ada di pasaran saat ini.

Dan yang paling dibangga-banggakan, smartphone ini membawa layar dengan refresh rate 144Hz bersertifikat TÜV Rheinland Low Blue Light.

Semua kecanggihan yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 10T Pro tersebut, hanya dilabel dengan harga kurang dari 7 juta rupiah saja. Suatu harga yang bisa dibilang merusak pasar smartphone flagship.

Selamat!

PULSA EDITORS’ CHOICE 2020: The Best AI Camera Phone

The Best AI Camera Phone

tabloidpulsa.id – Masih di rentang harga MidRange, Editor PULSA memberikan penghargaan untuk Ponsel Kamera terbaik Sepanjang tahun 2020.

Hampir sebagian besar vendor smartphone yang hadir di pasaran Indonesia merilis ponsel yang mengunggulkan kamera. Namun, khusus untuk smartphone kamera yang memiliki fitur AI paling canggih, menurut Editor PULSA pilihannya jatuh pada OPPO Reno4.

Smartphone ini menawarkan cara baru menikmati mobile photography lewat sejumlah fitur unik. Ada AI Color Portrait yang dapat menghasilkan background monokrom dengan obyek tetap berwarna, serta Night Flare Portrait untuk foto bokeh malam hari yang lebih artistik, dan tidak ketinggalan ada juga AI Monochrome Video.

Disamping itu, komplitnya fasilitas kamera yang disertakan oleh Reno4, membuatnya layak didapuk sebagai smartphone kamera terbaik yang didukung kecerdasan buatan untuk segmen menengah.

Tidak hanya jago untuk urusan foto, OPPO Reno4 juga sejatinya menawarkan kemampuan mumpuni untuk urusan hiburan, terutama mobile gaming.

Selamat!

PULSA Editors’ Choice 2020 : Most Recommended SmartWatch

Editors’ Choice 2020

TabloidPulsa.id – Editor PULSA memberikan penghargaan kepada produk IoT dalam kategori Most Recommended Smartwatch kepada realme Watch S. Smartwatch dengan desain menarik ini terlihat macho dengan sejumlah fitur yang akan mempermudah hidup Anda.

Selain harga yang cukup terjangkau di kelasnya, pertimbangan utama tentunya fitur yang ditawarkan. Smartwatch realme Watch S membenamkan sejumlah fitur pintar semisal blood oxygen monitor, 16 mode olah raga, heart rate monitor, 100 lebih watch face hingga dukungan IP68 water resistant. Dan yang paling penting daya tahan baterainya yang mumpuni hingga 15 hari.

Membawa built yang ergonomis dan material yang tidak murahan berbahan aluminium alloy, smartwatch ini tampil elegan sekaligus kuat karena dilindungi lapisan corning gorilla glass dan strap warna-warni yang bisa kita ganti sesuai gaya.

Selamat!

PULSA Editors Choice 2020 : Most Recommended TWS

PULSA Editors Choice 2020

TabloidPulsa.id – Editor PULSA memberi penghargaan kepada perangkat IoT dalam kategori Most Recommended True Wireless Stereo (TWS) kepada OPPO Enco W51. Dengan harga yang relatif terjangkau serta fitur yang lengkap, Enco W51 memenuhi kebutuhan penggemar TWS di angka sejutaan.

OPPO Enco W51 dilengkapi dengan fitur ANC (active noise cancellation) yang sangat diminati dan mampu meredam suara luar hingga 35dB. Serta transmisi latensi rendah dengan ponsel berplatform Qualcomm maupun MTK. Cocok untuk bermain game tanpa terganggu suara bising dari luar.

TWS ini didesain dengan sangat atraktif, dengan bahan yang apik dan ringan. OPPO Enco W51 mempunyai total enam mikrofon alias tiga di masing-masing earbud. Dua mikrofon dimanfaatkan untuk mengaktifkan fitur ANC, sementara satu mikrofon tambahan bakal aktif untuk mengurangi noise ketika lakukan panggilan suara.

Dengan daya tahan baterai yang mencapai 24 jam jika digunakan nonstop, maka tidak ada lasan untuk tidak mendengarkan music dimanapun Anda berada.

Selamat!

PULSA EDITORS’ CHOICE 2020 : Most Powerful Mid Range Smartphone

most powerful mid range smartphone

TabloidPulsa.id – Editor PULSA memberikan penghargaan kepada realme 7 sebagai ponsel paling powerful di kelas menengah pada tahun 2020 ini. Membawa baterai dengan teknologi pengisian daya cepat, chipset yang dibuat untuk kebutuhan gaming, serta layar dengan teknologi yang mendukungnya.

Smartphone kelas mid-end ini sudah mengakomodasi semua kebutuhan pengguna. Dari hal yang sesederhana daya tahan baterai memuaskan, hingga yang lebih kompleks semisal dukungan multimedia dan performa.

Sekedar mengingatkan, realme 7 merupakan smartphone pertama di dunia yang mengadopsi chipset gaming MediaTek Helio G95 dengan GPU Mali-G76 serta dukungan baterai 5000mAh plus 30W Dart Charge, juga layar ‘Ultra Smooth’ dengan refresh rate 90Hz.

Selamat!

PULSA EDITORS’ CHOICE 2020 : The Best Mid Range Multimedia Phone

foto utama mid range multimedia

Editor PULSA kembali memberikan penghargaan terbaik untuk OPPO yang memiliki smartphone multimedia paling keren, OPPO Reno4 F. Keputusan untuk memilih OPPO Reno4 F sebagai The Best Mid Range Multimedia Phone bisa dibilang cukup menguras pikiran dan waktu. Pasalnya, di segmen kelas menengah ini banyak sekali kandidat menarik yang sayang untuk diabaikan.

Namun, dengan berpatokan pada kelengkapan fitur, dukungan teknologi multimedia paling baru dan trendi, ditambah user experience yang memudahkan pengguna dalam mengeksplorasi kebutuhan akan hiburan, menggiring kami pada keputusan untuk menetapkannya sebagai perangkat paling oke untuk urusan multimedia.

Salah satu yang juga menjadi concern kami di Reno4 F adalah kehadiran High-bandwidth Digital Content Protection (HDCP), yang dapat mentrasmisikan tayangan copyrighted HD ke layar lebar dari aplikasi video dan hiburan terkemuka termasuk Netflix HD dan Amazon Prime Video.

Selamat!

PULSA EDITORS’ CHOICE 2020 : Penghargaan Untuk Ponsel-Ponsel Terbaik di Masa Sulit

gambar utama editors choice 2020

tabloidpulsa.id – Tahun 2020 memang berat. Hantaman pandemi virus Covid-19 dan diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar di berbagai daerah di seluruh dunia mempengaruhi semua lini kehidupan. Tak terkecuali bagi industri telekomunikasi, baik layanan maupun produk.

Untuk itu, melalui program akhir tahun PULSA EDITORS’ CHOICE kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi pelaku industri telekomunikasi yang terus berkreasi menciptakan layanan dan produk, bahkan yang disesuaikan dengan kondisi dunia saat ini. Bravo!

Sedapat mungkin apa yang kami sampaikan di Editors’ Choice tahun ini merupakan hasil penilaian yang obyektif berdasarkan 5 variabel yang kami nilai selama melakukan review di sepanjang tahun 2020.

Sekedar mengingatkan 5 aspek yang selalu kami nilai dalam review adalah aspek LOOK, FEEL, PERFORMANCE, IMAGING dan VALUE.

LOOK atau dalam bahasa Indonesia berarti penampilan, merupakan aspek yang tertangkap oleh penglihatan kita. Tampilan ponsel, warna, pancaran layar, tampilan UI dan sebagainya.

FEEL atau dalam bahasa Indonesia bisa juga disebut sebagai “rasa” terkait dengan desain yang ergonomis, kenyamanan saat digenggam, kenyamanan UI untuk pengguna, gesture, aspek tata letak tombol dan sebagainya.

PERFORMANCE atau performa menunjukkan pada ketangguhan chipset yang digunakan. Terkait dengan kemampuan CPU, GPU, memori ponsel dan daya tahan baterai. Termasuk di dalamnya performa konektivitas nirkabel dan sejumlah aspek lain yang biasanya kami nilai menggunakan aplikasi benchmark dan eksperimen kecil-kecilan selama melakukan review.

IMAGING atau hal-hal terkait penciptaan gambar, baik foto maupun video merupakan aspek yang mengarahkan kami untuk menilai kamera yang dibawa oleh ponsel. Jumlah kamera, kualitas foto, video, baik kamera utama maupun kamera selfie.

VALUE atau bisa juga disebut sebagai “nilai” dari ponsel. Dimana kami kerap membandingkan harga ponsel dengan semua 4 aspek lain, dan menilai berada di titik manakah nilai ponsel ini. Ponsel murah tentu saja tidak bisa dinilai buruk ketika membawa fitur dan tampilan yang begitu-begitu saja. Demikian juga ponsel mahal juga tidak bisa kami nilai baik apabila tidak membawa fitur yang biasa dibawa ponsel dengan harga setara.

Tentu saja masih ada celah untuk subyektifitas, namun kami mencoba sekuat tenaga untuk tetap mengontrol agar kadarnya bisa seminimal mungkin.

Begitu banyak produk yang hadir di masa sesulit ini, beberapa terihat menonjol, tapi ada yang kurang tersorot oleh kami. Tapi apapun produk di luar sana, baik yang terpilih oleh para editor PULSA maupun tidak, kalian semua adalah juara. Dengan menyediakan opsi bagi mereka yang bekerja dan belajar di rumah, memberi kesempatan bagi para pekerja untuk tetap memproduksi dan memasarkan produk Anda. TERIMA KASIH.

KATEGORI BARU DI 2020

Perkembangan produk ponsel semakin hari semakin pesat saja. Memaksa kami untuk selalu beradaptasi dengan mengubah beberapa kategori yang bisa kami nilai. Termasuk di 2020 ini.

Tren ponsel selfie yang dulu sempat membuat kami membagi sub kategori di kemampuan selfie sebuah ponsel, kini tidak seramai dulu. Berganti dengan makin maraknya ponsel yang bisa digunakan untuk membuat konten video secara optimal.

Pasar ponsel yang dulu luas dari angka ratusan ribu hingga dua puluhan juta, kini makin mengerucut. Dan kami melihat banyak yang bermain di angkat 3-5 jutaan atau biasa kami sebut dengan kelompok MID RANGE atau MID END.

4 dari kategori EDITORS’ CHOICE 2020 kali ini, hadir dari satu kelompok harga ponsel tersebut. Dan yang membuat kami merinding, di akhir-akhir injury time, salah satu vendor merilis satu produk fenomenal dengan chipset flagship dan harga terjangkau. Memaksa kami untuk mengubah kembali susunan kategori yang telah kami siapkan sepanjang November-Desember tahun ini.

Akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020 strategi vendor hampir seragam, yakni bersemangat mengintegrasikan perangkatnya dengan perangkat gadget lain untuk membangun sebuah ekosistem tertutup. Kita semua menyebutnya sebagai Internet of Things alias IoT.

Kami menemukan bahwa salah satu vendor bahkan telah memasarkan banyak sekali produk non ponsel untuk kebutuhan ini. Baik yang secara resmi didistribusikan di Indonesia, maupun produk-produk yang hadir melalui importir dan distributor pihak ketiga.

Jam tangan pintar, gelang pintar, earphone Bluetooth, TWS, TV pintar, bohlam pintar, penguat sinyal, pemanas air dan sebagainya ini dapat terintegrasi dengan produk ponsel mereka. Dan Anda bisa menciptakan sebuah rumah pintar dengan produk-produk tersebut.

Beberapa vendor juga mulai terlihat bergeliat di tahun 2020 ini untuk melakukan hal yang sama. Menyebut produk-produk tersebut dengan sebuat AIoT atau Artificial Intelligence of Things. Yang pada dasarnya merupakan perpaduan dari AI dan IoT yang selama ini kita kenal.

Nah, berdasarkan kenyataan ini, kami pun mencoba menambahkan kategori untuk produk-produk non ponsel ini ke dalam beberapa sesi Rekomendasi Editor.

Ke depannya, Rekomendasi Editor dan program Editors Choice akan secara berkala kami hadirkan untuk Anda setiap akhir Quarter, untuk memberikan apresiasi kepada produk-produk yang hadir di awal dan tengah tahun. Juga menjadi panduan bagi pembaca PULSA dalam mencari ponsel terbaik untuk kebutuhan mereka.

Terakhir, kami mengajak kepada pembaca setia Tabloid PULSA untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, mencuci tangan setiap saat, mengenakan masker dan menjaga jarak. Tetap sehat dan mari melalui pandemi ini bersama dengan selamat. Editor in Chief – Ahmad Sanusi.

Level Serangan Siber Meningkat Hingga 208%, Persaingan Monetisasi Konten Pada Platform OTT Makin Sengit di Indonesia

Persaingan Monetisasi Konten Pada Platform OTT Makin Sengit di Indonesia

TabloidPulsa.id – Di Indonesia, persaingan antara berbagai perusahaan media untuk memonetisasi konten di industri yang sangat kompetitif makin sengit. Berikut salah satu temuan dari laporan baru perusahaan tepi cerdas global, Akamai, yang berjudul ‘Indonesia: The Challenge of Monetizing in a Fast-Growing Market’, yang mengadakan beberapa wawancara dengan para pemimpin media senior di Indonesia selama periode tiga bulan, sepanjang Maret 2020 – awal merebaknya COVID-19 – hingga Mei, saat virus ini secara resmi dinyatakan sebagai pandemi.

Menurut laporan tersebut, pandemi ini telah menyebabkan lonjakan dalam aktivitas dan lalu lintas online, seiring makin banyaknya penduduk Indonesia yang beralih ke online untuk bekerja, belanja, dan belajar. Berdasarkan data lalu lintas internet Akamai, lalu lintas internet Indonesia mengalami pertumbuhan per tahun sebesar 73% pada kuartal pertama 2020, dan melambung ke angka 139% pada kuartal kedua. Faktanya, pertumbuhan lalu lintas online melaju makin kencang pada kuartal kedua dengan kenaikan per kuartal sebesar 46% pada 2020 jika dibandingkan dengan peningkatan per kuartal sebesar 5% pada 2019.

Pertumbuhan yang baru pertama kali terjadi dan meningkatnya permintaan dari dalam negeri akan layanan konten dan internet selama periode ini tidak diragukan lagi telah menarik minat banyak pemain media baru, menciptakan lingkungan yang sangat kompetitif dengan pelanggan dimanjakan oleh begitu banyaknya pilihan. Meski responden memang mengharapkan terjadinya koreksi pasar, mereka tidak menduga akan melihatnya secepat ini. Sekitar 70% responden menyebut monetisasi sebagai prioritas bisnis utama saat mereka berinvestasi pada infrastruktur untuk menciptakan dan mendistribusikan konten kepada audiensi lokal.

Matthew Lynn, Regional Sales Director South Asia di Akamai mengatakan, “Pandemi telah meningkatkan permintaan akan layanan konten dan internet yang tidak pernah diduga sebelumnya oleh perusahaan mana pun. Di Indonesia, industri OTT yang sedang berkembang sangatlah kompetitif. Untuk memonetisasi bisnis mereka, banyak perusahaan media perlu meningkatkan skala layanan dan memperluas penawaran mereka untuk memenuhi beragam permintaan pelanggan yang telah mengubah perilaku online-nya menyusul dampak pandemi.”

Dengan persaingan untuk memonetisasi dan mendapatkan perhatian pelanggan, 70% dari responden memprediksi gerakan menuju model langganan video-on-demand (video berdasarkan permintaan) sebagai opsi monetisasi yang lebih berkelanjutan. Walau demikian, beberapa responden memilih pendekatan hibrida – menawarkan konten gratis dengan kualitas video atau pengalaman pengguna terbatas – untuk membuat layanan mereka lebih mudah diakses dan memonetisasi dengan iklan saat pelanggan masih membiasakan diri dengan gagasan membayar untuk langganan konten. Memiliki pustaka konten super lengkap dan kolaborasi yang lebih hebat dalam ekosistem media juga telah diidentifikasi sebagai cara untuk mencapai skala dan melakukan penetrasi pasar.

Keamanan siber tetap menjadi masalah universal di seluruh industri. Semua responden yang diwawancarai menyebutkan peretasan, pencurian identitas, atau pelanggaran data sebagai kekhawatiran utama. Pada 2020, situs web video mengalami peningkatan sebesar 208% dalam level serangan, sedangkan layanan video mengalami peningkatan sebesar 63%. Penyedia siaran televisi mengalami peningkatan sebesar 630%, seiring ledakan media on-demand (berdasarkan permintaan) dalam ruang siaran

Akamai membantu menghadirkan pengalaman OTT dan video untuk sejumlah perusahaan media dan hiburan terbesar di dunia, termasuk Telin, MediaCorp, MNC Media, Foxtel, Kayo Sports, dan vidio.

Blibli Histeria 12.12 Dimeriahkan Penggemar Kuliner dan Korean Wave

Pencapaian Blibli Histeria 12.12 Dimeriahkan Penggemar Kuliner dan Korean Wave

TabloidPulsa.id – E-commerce lokal Blibli menutup Blibli Histeria 12.12, sebagai sesi harbolnas terakhir tahun ini, dengan mengulang pencapaian positif untuk produk makan, minuman, serta alat masak. Tren ini menunjukkan kegemaran pelanggan terhadap kuliner, termasuk snack dan minuman Korea yang melambung berkat Korean Wave, atau Hallyu. Blibli pun menjawab Hallyu dengan menghadirkan Park Seo Jun yang sukses menarik perhatian pelanggan.

Demam Hallyu yang dipicu oleh musik dan drama Korea telah membangkitkan rasa penasaran pelanggan terhadap snack dan minuman ala Korea. Hal ini memacu penjualan produk snack dan makanan Korea sebesar 4 kali lipat selama Histeria 12.12 jika dibandingkan rata-rata harian. Produk snack dan minuman Korea yang populer di antara pelanggan adalah banana milk karena mengalami peningkatan 5 kali lipat untuk periode yang sama, diikuti oleh ramyeon dengan pertumbuhan 2 kali lipat. Semua produk tersebut disediakan oleh kategori groceries BlibliMart.

Untuk semakin menjawab kesukaan para pelanggan terhadap Hallyu, Blibli menghadirkan aktor K-drama ternama, Park Seo Jun, sebagai international brand ambassador. Sesuai dengan konsep one-stop e-shopping entertainment, Blibli pun membuka peluang bagi para penggemar Park Seo Jun untuk mengenal oppa mereka lebih dalam lagi melalui Fan Party dan Fan Talkshow yang diselenggarakan secara livestream di dua hari berturut-turut.

Cindy Kalensang, VP Business Development dan Project Lead Blibli Histeria 12.12, menyoroti bahwa mengawinkan e-commerce dan entertainment telah menjadi strategi yang tepat bagi Blibli selama perhelatan Harbolnas. “Pandemi telah membuat pelanggan menghabiskan semakin banyak waktu untuk berbelanja online di Blibli. Menghadirkan keseruan lewat program-program yang menghibur, mulai dari live streamingbersama Park Seo Jun yang ditonton oleh ratusan ribu penggemar sang oppa hingga lelang mobil, adalah cara Blibli untuk membuat berbelanja online semakin menyenangkan. Ini sesuai dengan misi Blibli untuk menghadirkan pengalaman e-commerce yang memuaskan bagi pelanggan.”

Namun, popularitas snack dan minuman ala Korea tidak menyurutkan kelekatan terhadap rasa khas Indonesia. Penjualan makanan dan minuman dari UMKM, yang disediakan oleh kategori Galeri Indonesia, juga melambung 3 kali lipat selama Histeria 12.12 jika dibandingkan dengan rata-rata harian.

Agar produk makanan dan minuman bisa cepat sampai di tangan pelanggan, Blibli menyediakan opsi instantdan same-day delivery. Selain itu, Blibli memudahkan pembelian makanan dan minuman yang rutin dibeli dengan fitur Langganan yang memungkinkan pelanggan untuk secara otomatis menyetel frekuensi pembelian groceries rumah tangga.

“Tentunya, peningkatan penjualan snack dan minuman terkait dengan banyaknya waktu yang pelanggan luangkan di rumah. Para pelanggan juga kian mengisi aktivitas kuliner di rumah dengan belajar memasak sehat secara online, dan hal ini tercermin dari meningginya airfryer sebesar 7 kali lipat. Dan sepertinya, pelanggan pun suka mengecek resep terbaru secara online, dan ini membantu pertumbuhan tablet sebesar 4 kali lipat” lanjut Cindy.

Blibli menyediakan kemudahan membeli produk elektronik dan gadget melalui jaminan 100% orisinal, kemudahan pembayaran cicilan 0% dan gratis ongkir. Hadirnya fitur Blibli PayLater juga semakin memfasilitasi pelanggan membeli kebutuhan mereka dengan menyediakan kredit, di mana volume transaksinya naik sebesar 5 kali lipat saat Blibli Histeria 12.12 dibanding rata-rata harian.

Khusus di momen Histeria 12.12 ini, Blibli menunjang pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dengan menghadirkan beragam promo belanja. Melalui kolaborasi bersama seller, brand, UMKM, serta mitra Blibli, pelanggan dimanjakan dengan ratusan voucher senilai miliaran rupiah, Brand Deals dengan discount hingga 80%, gamification Blibli Lelang mulai Rp 1.000, Program Diskon hingga 15% dengan tema harian, dan Flash Sale dengan harga mulai Rp 12 ribu dari total ribuan produk.

Ragam promo ini berhasil menarik pelanggan di seluruh Indonesia untuk berbelanja. Hal ini terlihat dari persebaran pelanggan yang meluas, di mana terjadi kenaikan order hingga 9 kali lipat dibanding rata-rata harian di provinsi Sumatera Utara, 6 kali lipat di Jawa Timur, dan 5 kali lipat di Kepulauan Riau untuk periode yang sama.

Rangkaian program Blibli selama program Harbolnas merupakan perwujudan dari strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Strategi ini mencakup gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care, #KarenaKamuNo1

OPPO Ungkap Teknologi Dibalik Desain Reno5

Desain Reno5

tabloidpulsa.id – OPPO kembali mengungkap satu-persatu detail perangkat Reno5 yang akan segera hadir di Indonesia. Kali ini, giliran sisi desain yang dikupas tuntas.

Masih seperti seri Reno sebelumnya, OPPO Reno5 pun masih tetap menawarkan elemen penting yang menjadi daya tarik bagi konsumen, yakni warnaa dan konsep desain.

Dan di Reno5 ini OPPO memberikan pesona baru dengan mengedepankan sisi mode dan menjadikannya sebagai perangkat yang tepat untuk mengekspresikan gaya dari para konsumen muda di seluruh dunia.

Menariknya, di Reno5 ini OPPO menghadirkan teknologi pemrosesan dan pelapisan bodi paling baru dan belum ada sebelumnya.

Proses Diamond Spectrum
Hal yang luar biasa tentang Fantasy Silver adalah warna ini dapat memproyeksikan ribuan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda. Masing-masing warna ini bersinar dan berkilau dengan cara yang khas.

Untuk mencapai efek “warna yang dapat selalu berubah” pada OPPO Reno5, OPPO telah menerapkan proses Diamond Spectrum yang pertama di industri smartphone. Diamond Spectrum terdiri dari tiga lapisan berbeda yang masing-masing memiliki perang penting.

PICASUS FILM
Melapisi beberapa film lapisan nano untuk memberikan efek reflektif warna-warni yang dihasilkan saat cahaya menembus dan membias di dalam film. PICASUS mempunyai kemampuan untuk mentransmisikan sinar hingga 90% sehingga memiliki rangkaian warna seperti pelangi.

FRESNEL LENS TEXTURE
Tak sekadar mengandalkan PICASUS Film guna mencapai hasil akhir yang memberikan cahaya tampil di seluruh spektrum warna dan terlihat memiliki warna berbeda pada setiap sudut penglihatan.

Cahaya yang melewati PICASUS Film akan dibiaskan pada berbagai sudut melalui Tekstur Lensa Fresnel. Lewat tekstur ini, warna PICASUS Film baru dapat dipantulkan sepenuhnya di semua sudut untuk meningkatkan kekayaan warna sekaligus memberikan efek perubahan warna yang halus di setiap sudut penglihatan.

REFLECTIVE INDIUM COATING
Lapisan akhir Reno5 Fantasy Silver tidak hanya memberikan efek penuh warna, akan tetapi juga menjadikan perangkat ini tampil cukup cerah. Kecerahan ini dicapai dengan menggunakan Lapisan Indium Reflektif sebagai dasar penutup lapisan paling belakang, yang selanjutnya memperkuat reflektivitas warna PICASUS Film.

Kesimpulannya, hasil akhir Fantasy Silver dibuat dengan proses Diamond Spectrum yang terdiri dari: PICASUS FILM yang memberikan keragaman warna; FRESNEL LENS TEXTURE yang membuat efek warna lebih kaya dan lebih beragam; dan REFLECTIVE INDIUM COATING yang memastikan warna tampil cukup cerah. Ketiga lapisan ini bekerja secara bersamaan guna menciptakan efek cerah dan penuh warna.

Dengan kerumitan proses Diamond Spectrum, OPPO menambahkan kemajuan teknologi lainnya, yakni ketebalan film penutup belakang OPPO Reno5 telah dikurangi menjadi 0,125 mm. Bahkan ketebalannya lebih tipis dari generasi sebelumnya, OPPO Reno4 (0,18mm).

Reno Glow
Menggunakan proses Diamond Spectrum sebagai dasarnya, OPPO Reno5 Fantasy Silver memberikan sentuhan akhir pada ponsel dengan efek Reno Glow yang telah disempurnakan. Dengan ukiran laser yang disempurnakan, Reno Glow menciptakan efek visual berkilau dengan sentuhan gradasi yang lebih halus pada penutup belakang perangkat, membawa kilauan warna selalu berubah secara dinamis, dan lebih berwarna jika dibandingkan dengan Reno4.

Tipis, Mudah Digengam
Jika ada satu kesamaan untuk semua smartphone seri Reno, kesemuanya dirancang tipis, ringan, dan mudah digunakan. Tidak terkecuali OPPO Reno5. Meskipun ponsel cerdas ini dilengkapi perangkat keras yang spesifikasinya lebih tinggi, ukuran dan berat OPPO Reno5 tetap dibuat seminimal mungkin. Ketebalannya telah dipadatkan menjadi hanya 7.7mm (* Fantasy Silver kira-kira 7.8mm karena efek warna tambahan), dan berat total ponsel cerdas ini hanya 171 gram.

Untuk mencapai bodi yang kompak dan ringan, OPPO terus mengoptimalkan penggunaan tata letak komponen pada ruang internal. Pemrosesan desain semakin ditingkatkan dengan mengurangi ketebalan penutup layar OPPO Reno5 sebesar 0.1mm dan panjang motherboard sebesar 0.6mm, yang berdampak positif membuat ponsel lebih ringan dan lebih mudah digunakan.

OPPO Reno5 menggunakan desain 2.5D di bagian depan dan desain 3D di bagian belakang. Untuk mencapai hal ini, bingkai TP panel depan telah direkayasa secara khusus untuk menciptakan transisi yang mulus dan alami. Pada saat yang sama, lengkungan pada tepi bingkai diperhalus sehingga membuat genggaman OPPO Reno5 terasa lebih nyaman.

Tampilan Layar
Sebagai perangkat berteknologi tinggi, OPPO Reno5 tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa, namun juga berkontribusi pada desain ponsel nan ringkas. Layar AMOLED 6,4 inci menawarkan pengalaman visual yang lebih memukau dengan mendukung kecepatan refresh rate 90Hz.

Selain itu, OPPO Reno5 membawa tampilan edge-to-edge, dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 91,7%. Hal ini dapat dicapai berkat kemasan COF canggih, yang semakin mempersempit bingkai bawah ponsel sekitar 27%.

Jika dibandingkan dengan Reno4, ukuran bingkai tersebut menyempit dari 5,53 mm menjadi 3,98 mm. OPPO Reno5 juga menghadirkan tampilan depan dengan mengusung desain kamera swafoto model punch-hole.

Di bagian belakang perangkat, matriks Quad-Cam atau susunan keempat kamera dirancang sebagai bentuk ‘L’ terbalik. Keempat kamera tersebut diletakkan pada sebuah bingkai dengan sudut-sudut membulat. Tidak hanya fungsional, bagian dekoratif ini menambahkan perubahan warna yang kontras pada desain.

Spesifikasi OPPO Reno5

Size7.7 mm (Starry Black) 7.8 mm (Fantasy White)
Weight171 Gram
Screen6.4” AMOLED, FHD+ 2400×1800 pixel, 20:9 Ratio, 91,7% screen-to-body ratio, 90hz Refresh Rate
ProtectionCorning Gorilla Glass 5
FingerprintHidden Fingerprint Unlock 3.0
Rear Cover3D Plastic
Rear Surface3D curved, quad camera matrix
Front Cover2.5D single punch-hole display

Editor's Pick