Home REKOMENDASI PULSA EDITORS’ CHOICE 2020 : Penghargaan Untuk Ponsel-Ponsel Terbaik di Masa Sulit

PULSA EDITORS’ CHOICE 2020 : Penghargaan Untuk Ponsel-Ponsel Terbaik di Masa Sulit

gambar utama editors choice 2020

tabloidpulsa.id – Tahun 2020 memang berat. Hantaman pandemi virus Covid-19 dan diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar di berbagai daerah di seluruh dunia mempengaruhi semua lini kehidupan. Tak terkecuali bagi industri telekomunikasi, baik layanan maupun produk.

Untuk itu, melalui program akhir tahun PULSA EDITORS’ CHOICE kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi pelaku industri telekomunikasi yang terus berkreasi menciptakan layanan dan produk, bahkan yang disesuaikan dengan kondisi dunia saat ini. Bravo!

Sedapat mungkin apa yang kami sampaikan di Editors’ Choice tahun ini merupakan hasil penilaian yang obyektif berdasarkan 5 variabel yang kami nilai selama melakukan review di sepanjang tahun 2020.

Sekedar mengingatkan 5 aspek yang selalu kami nilai dalam review adalah aspek LOOK, FEEL, PERFORMANCE, IMAGING dan VALUE.

LOOK atau dalam bahasa Indonesia berarti penampilan, merupakan aspek yang tertangkap oleh penglihatan kita. Tampilan ponsel, warna, pancaran layar, tampilan UI dan sebagainya.

FEEL atau dalam bahasa Indonesia bisa juga disebut sebagai “rasa” terkait dengan desain yang ergonomis, kenyamanan saat digenggam, kenyamanan UI untuk pengguna, gesture, aspek tata letak tombol dan sebagainya.

PERFORMANCE atau performa menunjukkan pada ketangguhan chipset yang digunakan. Terkait dengan kemampuan CPU, GPU, memori ponsel dan daya tahan baterai. Termasuk di dalamnya performa konektivitas nirkabel dan sejumlah aspek lain yang biasanya kami nilai menggunakan aplikasi benchmark dan eksperimen kecil-kecilan selama melakukan review.

IMAGING atau hal-hal terkait penciptaan gambar, baik foto maupun video merupakan aspek yang mengarahkan kami untuk menilai kamera yang dibawa oleh ponsel. Jumlah kamera, kualitas foto, video, baik kamera utama maupun kamera selfie.

VALUE atau bisa juga disebut sebagai “nilai” dari ponsel. Dimana kami kerap membandingkan harga ponsel dengan semua 4 aspek lain, dan menilai berada di titik manakah nilai ponsel ini. Ponsel murah tentu saja tidak bisa dinilai buruk ketika membawa fitur dan tampilan yang begitu-begitu saja. Demikian juga ponsel mahal juga tidak bisa kami nilai baik apabila tidak membawa fitur yang biasa dibawa ponsel dengan harga setara.

Tentu saja masih ada celah untuk subyektifitas, namun kami mencoba sekuat tenaga untuk tetap mengontrol agar kadarnya bisa seminimal mungkin.

Begitu banyak produk yang hadir di masa sesulit ini, beberapa terihat menonjol, tapi ada yang kurang tersorot oleh kami. Tapi apapun produk di luar sana, baik yang terpilih oleh para editor PULSA maupun tidak, kalian semua adalah juara. Dengan menyediakan opsi bagi mereka yang bekerja dan belajar di rumah, memberi kesempatan bagi para pekerja untuk tetap memproduksi dan memasarkan produk Anda. TERIMA KASIH.

KATEGORI BARU DI 2020

Perkembangan produk ponsel semakin hari semakin pesat saja. Memaksa kami untuk selalu beradaptasi dengan mengubah beberapa kategori yang bisa kami nilai. Termasuk di 2020 ini.

Tren ponsel selfie yang dulu sempat membuat kami membagi sub kategori di kemampuan selfie sebuah ponsel, kini tidak seramai dulu. Berganti dengan makin maraknya ponsel yang bisa digunakan untuk membuat konten video secara optimal.

Pasar ponsel yang dulu luas dari angka ratusan ribu hingga dua puluhan juta, kini makin mengerucut. Dan kami melihat banyak yang bermain di angkat 3-5 jutaan atau biasa kami sebut dengan kelompok MID RANGE atau MID END.

4 dari kategori EDITORS’ CHOICE 2020 kali ini, hadir dari satu kelompok harga ponsel tersebut. Dan yang membuat kami merinding, di akhir-akhir injury time, salah satu vendor merilis satu produk fenomenal dengan chipset flagship dan harga terjangkau. Memaksa kami untuk mengubah kembali susunan kategori yang telah kami siapkan sepanjang November-Desember tahun ini.

Akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020 strategi vendor hampir seragam, yakni bersemangat mengintegrasikan perangkatnya dengan perangkat gadget lain untuk membangun sebuah ekosistem tertutup. Kita semua menyebutnya sebagai Internet of Things alias IoT.

Kami menemukan bahwa salah satu vendor bahkan telah memasarkan banyak sekali produk non ponsel untuk kebutuhan ini. Baik yang secara resmi didistribusikan di Indonesia, maupun produk-produk yang hadir melalui importir dan distributor pihak ketiga.

Jam tangan pintar, gelang pintar, earphone Bluetooth, TWS, TV pintar, bohlam pintar, penguat sinyal, pemanas air dan sebagainya ini dapat terintegrasi dengan produk ponsel mereka. Dan Anda bisa menciptakan sebuah rumah pintar dengan produk-produk tersebut.

Beberapa vendor juga mulai terlihat bergeliat di tahun 2020 ini untuk melakukan hal yang sama. Menyebut produk-produk tersebut dengan sebuat AIoT atau Artificial Intelligence of Things. Yang pada dasarnya merupakan perpaduan dari AI dan IoT yang selama ini kita kenal.

Nah, berdasarkan kenyataan ini, kami pun mencoba menambahkan kategori untuk produk-produk non ponsel ini ke dalam beberapa sesi Rekomendasi Editor.

Ke depannya, Rekomendasi Editor dan program Editors Choice akan secara berkala kami hadirkan untuk Anda setiap akhir Quarter, untuk memberikan apresiasi kepada produk-produk yang hadir di awal dan tengah tahun. Juga menjadi panduan bagi pembaca PULSA dalam mencari ponsel terbaik untuk kebutuhan mereka.

Terakhir, kami mengajak kepada pembaca setia Tabloid PULSA untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, mencuci tangan setiap saat, mengenakan masker dan menjaga jarak. Tetap sehat dan mari melalui pandemi ini bersama dengan selamat. Editor in Chief – Ahmad Sanusi.

Previous articleLevel Serangan Siber Meningkat Hingga 208%, Persaingan Monetisasi Konten Pada Platform OTT Makin Sengit di Indonesia
Next articlePULSA EDITORS’ CHOICE 2020 : The Best Mid Range Multimedia Phone
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here