Home Blog Page 544

Acer Luncurkan Seri Vero, Lini Produk Ramah Lingkungan

Acer Perluas Lini Produk Vero Ramah Lingkungan
Acer Perluas Lini Produk Vero Ramah Lingkungan

TabloidPulsa.id – Acer meluncurkan jajaran produk ramah lingkungan mereka yaitu seri Vero yang terdiri dari Acer Aspire Vero, laptop untuk para konsumen serta Acer TravelMate Vero yang ditujukan untuk pengguna komersial. Mulai dari PC hingga perangkat periferal, lini Vero mengimplementasikan pedoman ramah lingkungan yang spesifik, seperti memanfaatkan plastik Post-Consumer Recycled (PCR) dan kemasan yang dapat didaur ulang. Mengingat konsep pelestarian tidak hanya menyangkut bagaimana suatu produk dibuat, tetapi juga bagaimana produk setelahnya, lini perangkat Vero dari Acer telah dirancang agar mudah dibongkar, menyederhanakan proses perbaikan atau upgrade, dan pada akhirnya meningkatkan masa pakai perangkat.

Acer Aspire Vero – Laptop Ramah Lingkungan
Lebih dari sekedar laptop yang bergaya, Acer Aspire Vero (AV15-51) adalah wujud nyata dari komitmen Acer untuk aktivitas yang lebih berkelanjutan. Sasis dari laptop ini terbuat dari plastik PCR sebanyak 30 persen sehingga mengurasi emisi CO2 sebanyak 21% pada proses produksinya. Tombol pada keyboard Aspire Vero juga mengandung 50% plastik PCR, dan kemasan Aspire Vero yang telah memenangkan perhargaan 100% dapat didaur ulang sekaligus dapat dijadikan sebagai penyangga laptop. Usaha tersebut membuktikan bahwa desain cermat Acer dapat membantu dalam mengurangi limbah yang tidak berguna, bahkan memberikan kemudahan pembongkaran, perbaikan, upgrade komponen, dan proses daur ulang baik komputer ataupun komponennya. Laptop ini juga telah menggunakan sistem operasi Windows 11 yang baru dirilis, yang sangat mudah untuk digunakan.

Green PC alias PC ramah lingkungan ini menggunakan panel IPS FHD 15,6 inci yang 99% dapat daur ulang serta ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke 11 dan Intel® Iris® Xe Graphics. Spesifikasi ini memungkinkan pengguna dapat mengandalkan performa dan produktivitas kelas dunia saat mereka membutuhkannya. Saat mengerjakan tugas yang tidak terlalu berat, perangkat lunak baru VeroSense™ dari Acer memberi pengguna opsi untuk memilih mode penggunaan yang telah dioptimalkan untuk efisiensi energi dan masa pakai baterai. Fitur seperti Wi-Fi 6, port USB Tipe-C, dan dua port USB Tipe-A memberikan pengalaman penggunaan yang lebih andal, sementara Acer TrueHarmony™ dan Acer PurifiedVoice™ dengan AI pengurangan kebisingan memungkinkan kualitas suara sejernih Kristal pada aktivitas conference-call.

Selain itu, konsumen yang tertarik untuk mengambil langkah lebih ramah lingkungan, konsumen dapat memilih paket Vero set lengkap ramah lingkungan yang terdiri dari Mouse Macaron Vero (AMR020), Mousepad Vero (AMP120 / AMP121) dan Vero Eco-sleeve (ABG131 / ABG132).

Acer TravelMate Vero – Laptop Ramah Lingkungan
Acer TravelMate Vero (TMV15-51) adalah laptop bisnis eco-friendly (ramah lingkungan) yang menyasar organisasi dengan misi mengedepankan praktik berkelanjutan. Laptop ini dipersenjatai dengan prosesor terbaru Intel® Core™ i7 generasi ke 11, memori DDR4 16GB, serta SSD 1TB, lebih dari cukup untuk mengerjakan tugas-tugas produktivitas berat, kekuatan ini didukung pula dengan standar keamanan tingkat tinggi. TPM yang terdedikasi memberikan keamanan dan pengelolaan kelas perusahaan, dan slot kunci Kensington memberikan perlindungan fisik untuk data yang penting. TravelMate Vero juga dilengkapi dengan Acer ProShield Plus, solusi keamanan lengkap yang mencakup fitur-fitur seperti enkripsi dan dekripsi, ditambah langkah-langkah otentikasi biometrik yang ada di dalam Windows 11 Pro.

TravelMate Vero memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan logo pada proses startup laptop, yang merupakan bagian penting dari branding baik untuk bisnis kecil dan besar. Hal ini dimungkinkan dengan adanya fitur Acer Commercial BIOS, yang juga mampu mengunci serta memperbarui BIOS bahkan pada platform non-Windows, dan memanfaatkan validasi CHIPSEC untuk meningkatkan keamanan sistem lebih lanjut. Sebagai bagian dari lini green-PC, laptop ramah lingkungan, Vero, TravelMate Vero terbuat dari 30% plastik PCR pada bagian sasisnya, serta didesain untuk mudah diperbaiki dan di-upgrade. Laptop ini juga dikemas dengan kemasan yang 100% dapat didaur ulang.

Acer Veriton Vero Mini – Desktop Ramah Lingkungan
Acer Veriton Vero Mini (VVN4690G) adalah mini PC ramah lingkungan yang didesain untuk memberikan performa kelas komersial dalam bentuk tower yang ringkas dan dapat dikustomisasi, memberikan pengguna perangkat yang sempurna untuk situasi kerja yang unik. Pengguna bisa memanfaatkan fitur konektivitas yang lengkap pada perangkat ini, mulai dari Wi-Fi 6 (802.11ax) yang cepat dan stabil atau Wi-Fi 6E (802.11ax) serta tambahan USB dan display ports, termasuk USB 3.2 atau generasi ke-2 dari Type-C yang dapat mentransfer data secara cepat dan dapat digunakan untuk pengisian daya. Perangkat ini akan dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ vPro® generasi mendatang, serta dilengkapi seperangkat alat manajemen seperti Acer Office Manager dan Acer Control Center, sehingga staff IT dapat mengelola seluruh komputer yang ada di dalam perusahaan dengan mudah. Sasis pada Acer Veriton Vero Mini terbuat dari 25% plastik PCR, dan dikemas dalam boks yang 100% dapat didaur ulang.

Acer Vero BR277 – Monitor Ramah Lingkungan
Sebagai cerminan dari komitmen Acer kepada lingkungan, Acer Vero BR277 merupakan monitor FHD dengan konsep berkelanjutan menggunakan bodi yang terbuat dari 50% plastik PCR, dan telah mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan dari ENERGY STAR®, TCO dan EPEAT. Prioritas selanjutnya adalah kenyamanan, di mana monitor ini berdiri di Ergostand Acer yang memungkinkan pengguna untuk memiringkan, memutar, menyesuaikan ketinggian, dan memutar monitor hingga mencapai sudut pandang yang sempurna, dan juga dilengkapi dengan rangkaian teknologi VisionCare Acer yang membantu mengurangi ketegangan mata. ComfyView pada monitor ini turut memberikan fitur panel non-glare dan flicker-less yang dapat diredupkan hingga 15% persen, secara signifikan lebih redup dibandingkan dengan berbagai monitor yang ada di pasaran, dan juga memanfaatkan Acer BlueLightShield™ untuk mengurangi jumlah cahaya biru yang terpapar ke pengguna. Sebagai sentuhan akhir, monitor ini dibungkus dalam kemasan yang 100% dapat didaur ulang.

Acer Earthion
Sebagai puncak usaha berkelanjutan Acer selama lebih dari 10 tahun, platform Earthion menggabungkan kekuatan yang dimiliki Acer, para mitra, karyawan, serta pengguna dalam mengatasi tantangan lingkungan dengan solusi yang inovatif. Hingga saat ini, Acer Group, baik operasi global dan anak perusahaannya, telah berhasil mencapai target yang dicanangkan pada tahun 2020 silam untuk mengurangi emisi karbon sebanyak 60% secara global. Sebagai anggota dari RE100, Acer saat ini tengah membuat pengaturan untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan sepenuhnya pada tahun 2035.

Markplus: Ini Daftar E-commerce Paling Mendukung Produk Lokal

Markplus

tabloidpulsa.id – Selama pandemi, kenaikan minat masyarakat terhadap produk lokal terus meninggi didukung dengan kemudahan berbelanja konsumen melalui kanal e-commerce. Hal ini diungkap pada riset terbaru MarkPlus Insight: Peran E-commerce dalam Mendukung Merek Lokal Selama Pandemi” secara virtual melalui Zoom pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Acara ini dihadiri oleh Tubagus Fiki Chikara Satari – Staf Khusus Menteri Koperasi UKM Indonesia, Ayu Purnamasari – Owner Dakara Indonesia, dan Rhesa Dwi Prabowo – Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus, Inc sekaligus peneliti dalam riset ini.

Survei melalui penelitian kualitatif dengan kuesioner terstruktur ini mengungkap terdapat  peningkatan penjualan produk lokal di kanal online secara signifikan. Meski terdapat angka kenaikan yang fantastis, namun hanya 18% UMKM di Indonesia yang sudah beradaptasi dengan platform penjualan digital.  

“Kecenderungan konsumen membeli produk lokal makin meninggi didorong beberapa faktor, di antaranya selama pandemi, pemasaran online menjadi fokus bagi para pelaku usaha produk lokal menggencarkan pemasaran dan mempromosikan produk di media sosial dan ecommerce, mengikuti berbagai program e-commerce, serta membuat berbagai konten yang menarik,” ungkap Rhesa terkait ketertarikan khalayak terhadap merek lokal. Di tengah maraknya globalisasi, persaingan dagang merek lokal dengan merek global kian kompetitif. Tak ayal, kemudahan bertransaksi digital saat ini juga menjadi pendorong mudahnya konsumen berbelanja tanpa melihat batasan ruang dan waktu.  

“Selain itu, pelaku usaha juga selalu berinovasi terhadap produknya dengan melakukan pembaharuan model, desain, variasi produk, serta mulai menjual produk yang dibutuhkan saat pandemi seperti masker. Pelaku usaha juga kerap membuat promo, menawarkan sample produk mereka kepada pembeli, bahkan garansi,” lanjut Rhesa.

Dari sudut pandang pihak pemerintah, dukungan yang dilakukan oleh e-commerce untuk pengembangan produk lokal adalah melalui pelatihan & pendampingan serta edukasi terhadap produk lokal.  

Tubagus Fikri Chikara Satari, Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM mengungkap target pemerintah pada tahun 2040 yaitu 30 juta UKM akan onboarding untuk digitalisasi.  

Hal ini kemudian ditindak lanjuti oleh Kemenkop UKM dengan menggelar beragam program kemitraan dan pendampingan yang melibatkan universitas, asosiasi, online delivery platform, serta jejaring ritel termasuk e-commerce.

“Strategi kita mengkonsolidasi usaha mikro ini adalah dengan mendorong UKM dan juga industri usaha besar agar menjadi mitra, konsolidator, dan aggregator,” ujar Fiki.

Lebih lanjut, tokoh Asosiasi E-commerce Indonesia Ignatius Untung mengatakan, “Sebetulnya, semua e-commerce sudah punya section khusus yang isinya produk lokal. Tapi kalau saya lihat, e-commerce lokal seperti Tokopedia benar-benar punya inisiatif yang baik untuk mendorong perkembangan produk-produk lokal. Bisa dilihat bahwa setidaknya di platform tersebut semua penjualnya dari Indonesia, tidak ada yang dari luar,” ujar Ignatius selaku Dewan Pakar idEA pada sesi interview dengan MarkPlus.  

Ayu Purnamasari selaku Owner Dakara Indonesia yang turut hadir memaparkan sudut pandangnya selaku pegiat usaha lokal di bidang fesyen. Meniti usahanya sejak 2017, inisiatif Ayu menggunakan platform digital sebagai sarana penjualan dimulai sejak pandemi COVID19. Setelah omzetnya sempat anjlok hingga 100%, pihaknya mampu kembali meningkatkan omzet dengan memanfaatkan beragam fitur dan program yang dihadirkan platform ecommerce.

“Hampir 100% hampir tidak ada omzet sama sekali. Akhirnya ketika semua toko offline kami tutup, saya berinisiatif membuka toko di marketplace. E-commerce membantu sekali saya untuk berjualan online karena mereka punya banyak campaign dan program yang menguntungkan baik bagi penjual maupun pembeli.” pungkas Ayu.

Peranan e-commerce dinilai penting sebagai penyedia kemudahan berbelanja bagi para konsumen saat ini. “Dari hasil survei ini diungkap bahwasanya 51% responden memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling diminati untuk membeli produk lokal, diikuti Shopee (40,8%), Lazada (4%), Bukalapak (3,4%), JD.ID (0,4%), dan Blibli (0,4%),” jelas Rhesa. Data lain yang ditemukan dari survei ini, ada 5 (lima) produk lokal favorit konsumen e-commerce Indonesia yaitu fesyen (63,8%), makanan & minuman (49,4%), produk rumah tangga (48,2%), mainan & hobi (40,6%), serta produk ibu & bayi (36,2%).

Persentase pembagian alasan responden dalam memilih Tokopedia sebagai platform yang mendukung produk lokal didasarkan pada ragam program yang dinilai menguntungkan pelanggan seperti diskon untuk produk lokal (75,7%) serta sering digelarnya program yang menampilkan berbagai produk lokal (42,7%). Alasan lain yang ditemukan pada e-commerce lainnya, Shopee menjadi pilihan konsumen karena banyaknya ulasan positif pada toko produk lokal (53,4%). Sementara itu, platform e-commerce lainnya tidak dijabarkan karena jumlah responden yang memilih kurang dari 30.  

Survei Markplus ini juga menunjukkan sejumlah alasan responden memilih platform e-commerce yang dinilai paling mendukung pertumbuhan produk lokal/UMKM. “Menurut responden, Tokopedia menjadi pilihan utama karena menyediakan kategori khusus toko UMKM pilihan pada ecommerce tersebut (65%) dan banyak mempromosikan produk lokal di berbagai program promosinya (48,6%). Di sisi lain, Lazada dipilih karena berdasarkan pengetahuan responden, platform tersebut menyediakan dukungan secara keuangan dalam bentuk kredit/bantuan modal (42,1%) diikuti Shopee (33,9%). Namun yang perlu menjadi keterangan, untuk Lazada & platform E-commerce lainnya hanya dipilih kurang dari 30 responden.” ujar Rhesa.

PUBG Mobile Campus Championship Kembali Digelar, Hadiah Total Rp 273 Juta

PUBG Mobile Campus Championship

tabloidpulsa.id – Setelah sukses mengadakan kompetisi antar kampus selama tiga tahun berturut-turut, tahun ini PUBG Mobile kembali menggelar PUBG Mobile Campus Championship (PMCC) 2021. Melalui gelaran PMCC tahun ke-empat ini, PUBG Mobile ingin mencetak pemain profesional dari kalangan mahasiswa di kampus-kampus layaknya tim dari Universitas Sam Ratulangi Manado yang memenangkan PMCC 2020 lalu.

PUBG Mobile ingin menambah keseruan untuk PMCC 2021 kali ini. Bagi tim kampus yang memenangkan PMCC 2021, mereka berkesempatan untuk mewakili almamaternya atau bahkan Indonesia di ajang PUBG Mobile Campus Championship South-East Asia (PMCC SEA) 2021 pada 4-5 Desember 2021 nanti. Selain itu, PMCC 2021 kali ini juga menyediakan prize pool sebesar Rp273 Juta bagi tim-tim kampus yang berhasil mendapatkan gelar juara.

“Kami percaya pencarian talenta-talenta gaming itu bisa datang dari kampus-kampus yang diisi oleh anak muda dimana mereka sedang gigih-gigihnya belajar namun tetap ingin menggali potensi mereka di bidang mobile gaming. PMCC sendiri telah diadakan 3 tahun berturut-turut dan sukses mendapatkan tim profesional dari kalangan mahasiswa berkat sistem berskala turnamen internasional yang kami terapkan di PMCC. Kami harap PMCC 2021 atau PMCC ke-empat kami dapat mencetak juara kampus yang lebih pro lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena kami akan mengajak mereka ke PMCC SEA 2021 yang tak kalah menantang,” kata Jenny Zhuang – Country Manager PUBG Mobile Indonesia.

Format pertandingan yang akan dijalankan pada PMCC 2021 kali ini adalah mempertandingan kampus-kampus dari bagian barat Indonesia (West) dengan kampus-kampus dari bagian timur Indonesia (East). Kampus-kampus yang masuk dalam kategori West merupakan kampus-kampus dari seluruh provinsi di Sumatera dan Jawa sedangkan kampus kategori East adalah kampus-kampus dari Kalimantan, Bali, Sulawesi, Papua, NTT dan NTB.

Babak Qualifier yang akan dimulai tanggal 1-14 November akan mencari 16 tim masing-masing dari West dan East. Nantinya, seluruh peserta yang mendaftar akan menjalani babak first qualifier untuk menyaring 128 tim terbaik. Lalu, dari 128 tim tersebut akan disaring kembali menjadi 64 tim dan akan menyisikan hingga 32 tim yang masing-masing mewakili West dan East.

Kemudian Qualifier berlanjut dimana babak Qualifier East akan diadakan pada 6-7 November secara live stream untuk mencari 16 tim East terbaik, begitu pula babak Qualifier West yang akan diadakan 13-14 November untuk mencari 16 tim West terbaik. Setelah itu, akan ada babak National Qualifier yangmempertandingkan 32 tim yang terdiri dari 16 tim West dan 16 tim East. Babak Grand Final akan diadakan setelah National Qualifier untuk mencari Top 14 dan 2 tim yang diundang untuk memperebutkan prize pool Rp273 Juta dan gelar juara serta mewakili kampusnya dan Indonesia di ajang PMCC SEA 2021.

Pendaftaran tim untuk mengikuti PMCC 2021 telah dibuka dari tanggal 4 Oktober dan akan ditutup tanggal 30 Oktober. Sementara itu, babak qualifier akan diadakan tanggal 1-14 November sedangkan grand final akan diadakan tanggal 16-17 November 2021. Pendaftaran tim sendiri dapat dilakukan secara online melalui https://pmccsea.com/id/tournament.

PMCC 2021 yang merupakan ajang perlombaan PUBG Mobile terbesar khusus untuk mahasiswa di Indonesia ini telah memasuki tahun ke-empat dimana ajang tahun ini didukung oleh Oppo Reno6, Nimo TV, SanDisk. Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMCC 2021, silakan kunjungi https://pmccsea.com/id/.

Gojek dan Xiaomi Berikan Apresiasi ke Pelanggan Hingga Miliaran Rupiah

Gojek dan Xiaomi

tabloidpulsa.id – Gojek dan Xiaomi mengumumkan kerja sama strategis demi memberikan kemudahan aktivitas masyarakat selama pandemi. Kolaborasi tersebut berupa apresiasi ke pelanggan hingga miliaran rupiah lewat akses ke berbagai layanan Gojek, baik itu GoSend, GoCar, GoRide, dan GoPlay secara tak terbatas dari perangkat Xiaomi. Program tersebut diharapkan semakin mampu mendorong produktivitas masyarakat lewat kehadiran teknologi. 

Kolaborasi ini terwujud sebagai bentuk apresiasi kedua perusahaan kepada pelanggan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-11 Gojek sekaligus perayaan capaian Xiaomi yang berhasil menorehkan tonggak sejarah menjadi merek smartphone no. 1 untuk pertama kalinya sejak datang ke Indonesia. Berdasarkan laporan Canalys untuk Q2 2021, pangsa pasar Xiaomi adalah 28% dengan pertumbuhan tercepat dibandingkan dengan pesaing tahun-ke-tahun hingga tiga digit: 112%. 

Stephanie Sicilia, Head of PR Xiaomi Indonesia menjelaskan, “Kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Xiaomi Fans yang selama ini telah mendukung dan mempercayakan brand kami sejak hari pertama hingga kini menjadi no.1 di Indonesia. Xiaomi secara konsisten menghadirkan produk inovatif dengan harga sebenarnya mulai dari smartphone dengan teknologi terdepan yang mampu mendukung semua aktivitas dan gaya hidup masyarakat berbagai kalangan. Sebagai bentuk rasa syukur, kolaborasi antara Xiaomi dengan Gojek diharapkan bisa menambah pengalaman beraktivitas yang seamless bagi penggemar Xiaomi maupun pengguna aplikasi Gojek dengan akses hiburan yang beragam.” 

Program ini berlaku untuk setiap pembelian produk Xiaomi di wilayah Jabodetabek melalui 262 lokasi Xiaomi Store dan Xiaomi Shop, serta official store Xiaomi Indonesia di Tokopedia. Terdapat sebanyak 200.000 voucher Gojek yang tersedia untuk program ini. Nantinya, pembeli akan mendapatkan voucher senilai 239.000 dari Gojek yang terdiri dari diskon sebesar 15% hingga 40.000 dari GoFood, potongan harga sebanyak 4x untuk layanan GoCar dan GoRide, hingga berlangganan 1 bulan penuh dari GoPlay. Periode program berlangsung dari 13 September – 31 Desember 2021.

Dani Oktobianto W, VP Regional Jabodetabek Gojek mengatakan, “Di usia yang hampir menginjak 11 tahun, Gojek terus berinovasi menghadirkan solusi demi memastikan masyarakat tetap dapat beraktivitas secara produktif di tengah pandemi. Sebagai bentuk apresiasi Gojek terhadap kesetiaan para pelanggan, kolaborasi dengan Xiaomi semakin memenuhi kebutuhan harian masyarakat lewat perangkat yang canggih. Kombinasi antara gadget berteknologi tinggi yang memberikan kenyamanan berkomunikasi hingga berinternet dengan solusi kemudahan beraktivitas dari platform on-demand Gojek diharapkan mampu memenuhi kebutuhan operasional hingga menikmati hiburan tanpa hambatan.”

Pelanggan juga tidak perlu khawatir saat menggunakan layanan transportasi Gojek. Lewat penerapan standar kebersihan tertinggi bagi seluruh ekosistem melalui #ProteksiEkstra, Gojek senantiasa mengedepankan layanan yang paling aman dan higienis agar mampu menimbulkan rasa nyaman bagi seluruh pengguna ekosistemnya, termasuk pelanggan, dan mitra driver.

JX Indonesia dan JD.ID Rangkul UMKM Kota Malang Lewat Pemanfaatan Platform Digital

JX Indonesia dan JD.ID

tabloidpulsa.id – JX Indonesia dan JD.ID, bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang dalam melaksanakan program unggulan bertajuk “Kewirausahaan Berbasis Technopreneur”.

Didukung langsung oleh afiliasi perusahaan, JD.ID yang merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, kedua perusahaan (J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID) beserta para pembicara dari kementerian dan universitas nasional memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan dan pemanfaatan platform online & digital dalam kegiatan jual beli oleh pelaku UMKM.

Kegiatan edukasi dan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 kemarin yang bertempat di Hotel Ijen Suites, Kota Malang. Kegiatan ini sukses mengajak 110 pelaku UMKM di Kota Malang dan secara resmi dibuka oleh Muhamad Sailendra, ST., MM., Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang.

Secara sistematis para pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan sejumlah materi, seperti hal-nya pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli, pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan, pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller JD.ID, serta penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.

Pada seremoni pembukaan, Muhamad Sailendra, ST., MM., Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakan-nya kegiatan ini, “Kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha terutama UMKM Kota Malang agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce. Kita dapat melihat bahwa pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada keseharian-nya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lain-nya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Malang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat.”

Arditiandito, Industrial Relations J-Express (JX) Indonesia turut menjelaskan bahwa, “Selayaknya mitra kerja, JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik “hulu ke hilir” bagi rekan usaha-nya, tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Malang. Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin.”

Lebih lanjut, Aryo Pri Utomo, Event, Community and Partnership J-Express (JX) Indonesia yang memberikan edukasi dan pelatihan perihal metode pembayaran cash on delivery (COD) juga menambahkan bahwa, “COD adalah salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan. Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70% konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Terlebih di situasi pandemi dimana kegiatan jual beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat metode COD sebagai jalan tengah, yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online.”

Mencoba untuk memperkenalkan kembali JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce unggulan di Indonesia, Demas Ryan, Seller Engagement and Education Manager JD.ID menyampaikan bahwa, “Meski tergolong muda jika dibandingkan dengan lini-bisnis ritel kami, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dari tahun-ke-tahun nya. Berbagai upaya dan terobosan pun terus kami lakukan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller kami. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia khusus-nya Kota Malang, untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami “naik level”. Di JD.ID barang-nya #DijaminOri, seller-nya #DijaminBetah.”

Andrawan Diponugroho, Social Commerce Business Development Specialist JD Fans-pun menerangkan bahwa, “Di JD.ID tersedia banyak kanal untuk para pelaku bisnis belajar memulai usaha atau sekedar ingin dapat penghasilan tambahan, tanpa perlu kumpul modal. JD Fans adalah aplikasi afiliasi marketing dari JD.ID yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi. Jika bergabung dengan JD Fans, para promoter berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 80%, diskon khusus dan voucher menarik, serta dibebaskan untuk mempromosikan barang, sesuai dengan cara dan kreativitas masing-masing. Melalui JD Fans, kami berharap banyak pihak yang dapat diberdayakan, terutama mereka yang harus kesulitan mendapatkan sumber penghasilan di tengah situasi pandemi.”

Dikarenakan tingkat antusiasme dan keikutsertaan yang tinggi dari para seller peserta di Kota Malang, J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID bermaksud untuk melanjutkan program edukasi dan pelatihan ini secara berkelanjutan di berbagai kota di Indonesia, seperti di Yogyakarta dan Surabaya. Sebelumnya J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID telah menggelar acara serupa di Kota Serang dan Bogor.

Melalui rangkaian kegiatan ini, JX dan JD.ID berkeinginan untuk dapat berbagi ilmu dan informasi terbaru mengenai industri e-commerce kepada para pelaku UMKM, menggandeng para seller dari berbagai daerah, serta memberikan program pelatihan dengan materi yang menarik dan sesuai dengan  kebutuhan para #TemanOnlineSeller.

J&T Express Harbolnas 10.10 Kian Melesat Hingga 13,5juta Paket

Paket J&T Express
Paket J&T Express

TabloidPulsa.id – J&T Express selaku brand jasa pengiriman yang berskala global terus berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis online seperti tagline yang diusungnya. Memudahkan pelanggan dengan tersedia diberbagai platform marketplace membuat brand jasa pengiriman ini melayani tingginya permintaan pelanggan yang berbelanja secara online terutama di hari belanja nasional yang menyediakan beragam promo menarik. Pada 10.10 tahun ini, J&T Express mencatat pengiriman setinggi 13,5 juta paket yang naik hingga lebih dari 50% dibanding tahun sebelumnya.

“Harbolnas 10.10 tahun ini peningkatan pengiriman di J&T Express terjadi cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Tak bisa dipungkiri selain promo yang ditawarkan di setiap e-commerce, transisi kearah digital pun menjadi salah satu faktor utama terjadi peningkatan ini. Kami juga telah memprediksikan hal tersebut mengingat pada setiap tahunnya kami mencapai lonjakan cukup tinggi Peningkatan pengiriman paket yang dipercayakan oleh pelanggan kepada kami hingga dapat meraih capaian positif seperti ini membuat kami terus berupaya melakukan yang terbaik kepada pelanggan” ungkap Robin Lo – CEO J&T Express.

Transaksi belanja secara online setiap tahunnya kerap mengalami peningkatan dikarenakan terjadinya transis belanja dari offline menjadi online ditambah dengan situasi pandemi yang melanda sejak tahun lalu membuat masyarakat menjadi semakin akrab dengan teknologi dan belanja secara digital walaupun situasi pandemi saat ini terus membaik. Robin Lo – CEO J&T Express menambahkan “Setiap tahun kami telah mengantisipasikan adanya penambahan permintaan pengiriman para pelanggan sehingga kami terus mempersiapkan berbagai fasilitas dan inovasi yang menunjang”.

Demi mendukung pengiriman yang kian melesat setiap tahunnya, selain menyediakan penambahan berbagai SDM, peralatan dan armada sesuai dengan kebutuhan tiap area provinsi J&T Express juga telah menyediakan mesin sortir otomatis yang mampu menyortir hingga 1,5juta paket per hari di berbagai gudang sortir yang tersebar di seluruh Indonesia. Efisiensi pengiriman pun terus digalakkan dengan adanya air freighter yang tersedia yang mampu menunjang pengiriman spesifik ke satu hingga dua area tujuan pengiriman dalam 1 hari, fasilitas regulated agent di gudang sortir J&T Express serta penambahan opsi layanan seperti J&T Eco dan J&T Super yang terus dikembangkan.

Walaupun dengan peningkatan pengiriman dikala festival belanja online di masa semi pasca pandemi seperti sekarang ini, J&T Express tak mengendurkan protokol kesehatan sedikit pun dalam memaksimalkan pengiriman paket pelanggan. Hingga saat ini J&T Express rutin melakukan disinfeksi pada paket, area operasional hingga melakukan swab pada setiap karyawan di lapangan demi keamanan dan kenyamanan pelanggan dan karyawan.

LinkAja dan PeduliLindungi Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran COVID-19

LinkAja

tabloidpulsa.idLinkAja, sebagai uang elektronik nasional sinergi BUMN, akan segera terintegrasi dengan fitur QR Code dari aplikasi PeduliLindungi. Integrasi ini menjadi bagian dari dukungan kepada Pemerintah Indonesia untuk memperluas cakupan penggunaan  PeduliLindungi. 

Haryati Lawidjaja selaku Direktur Utama LinkAja mengatakan “Melalui integrasi fitur PeduliLindungi di aplikasi LinkAja, kami harapkan dapat semakin mempermudah lebih dari 75 juta pengguna dalam melakukan check in di tempat publik seperti mall, perkantoran serta sarana transportasi umum. Kami percaya bahwa berbagai pihak perlu bekerja bersama-sama dan berintegrasi dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik.”

Dalam integrasi ini, LinkAja memastikan tidak adanya pertukaran data pribadi pengguna layanan. Informasi terkait transaksi dari pengguna layanan yang mengakses PeduliLindungi tidak akan diinformasikan ke PeduliLindungi. Begitu pula sebaliknya, data pribadi masyakat yang digunakan untuk pelacakan kontak (contact tracing) oleh PeduliLindungi tetap tersimpan di sistem PeduliLindungi. 

“LinkAja berupaya untuk senantiasa memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan kepada pengguna dengan tetap mengutamakan keamanan serta menjaga kerahasiaan data pribadi pengguna kami,” Ungkap Haryati.

Sebagai aplikasi yang bergerak di bidang penyelenggaraan sistem pembayaran melalui uang elektronik, LinkAja telah hadir untuk memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan beragam transaksi termasuk transaksi esensial sehari-hari. Mulai dari berbagai fitur transaksi digital untuk berbagai pembayaran dan pembelian, hingga solusi bisnis untuk mendukung para pelaku UMKM di Indonesia.  Fitur PeduliLindungi di aplikasi LinkAja dapat digunakan oleh seluruh pengguna dalam waktu dekat. Fitur ini diharapkan akan terus memperkaya pengalaman pengguna.

LinkAja juga dapat digunakan untuk keperluan transaksi esensial masyarakat Indonesia, terbukti dengan hadir di lebih dari satu juta merchant di seluruh Indonesia, lebih dari 790 pasar tradisional, lebih dari 50.000 partner donasi digital, berbagai e-commerce, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumahtangga, iuran BPJS,  hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer kesemua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu. Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

Indosat Ooredoo Raih People’s Choice Stevie Awards for Favorite Companies

People's Choice Stevie Awards

tabloidpulsa.idIndosat Ooredoo memenangkan People’s Choice Stevie Awards for Favorite Companies dalam Stevie International Business Awards (IBA) tahunan ke-18. Indosat Ooredoo menjadi satu-satunya perusahaan telekomunikasi dan berasal dari Indonesia, yang mendapat pengakuan oleh penghargaan internasional.

Penghargaan The People’s Choice Stevie untuk Favorite Companies adalah acara fitur tahunan Stevie IBA. Setiap organisasi yang dianugerahi Penghargaan Gold, Silver, atau Bronze dalam kategori Company/Organization of the Year di Stevie IBA akan secara otomatis disertakan dalam pemungutan suara untuk People’s Choice Stevie Awards for Favorite Companies.

Pada Stevie IBA Tahunan ke-18, Indosat Ooredoo memenangkan penghargaan global ini sebagai pengakuan atas kinerjanya yang luar biasa dalam menyediakan produk yang sederhana, transparan, dan inovatif sekaligus memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dan pelanggan korporat.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan: “Kami senang telah memenangkan penghargaan internasional bergengsi ini, di mana komunitas global, pelanggan, dan pemangku kepentingan menilai Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi favorit mereka dan mengakui keberhasilan kami dalam menyediakan pengalaman digital tercanggih. Saya ingin berterima kasih kepada semua pendukung kami atas kepercayaan mereka yang berkelanjutan dan karyawan kami yang berharga atas kerja keras, komitmen, dan ketahanan mereka. Bersama-sama kita dapat mengubah Indonesia menjadi kekuatan digital di kawasan ini dan #BisaBangkitBersama keluar dari masa-masa yang penuh tantangan ini.”

Sebelumnya, Indosat Ooredoo menerima tiga penghargaan bergengsi di Stevie IBA edisi 2021, termasuk dua penghargaan Gold Stevie. Perusahaan memenangkan Gold Stevie untuk ‘Perusahaan Telekomunikasi Tahun Ini’ sebagai pengakuan atas keberhasilan strategi transformasi dan kinerja keuangannya yang luar biasa dalam secara konsisten memberikan pertumbuhan pendapatan yang mengungguli industri.

Sementara President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama juga dianugerahi Gold Stevie untuk ‘Executive of the Year – Telekomunikasi’ sebagai pengakuan atas kepemimpinannya yang luar biasa meskipun menghadapi tantangan berkelanjutan yang diciptakan oleh pandemi COVID-19.

Pemungutan suara untuk People’s Choice Stevie Awards for Favourite Companies dibuka untuk masyarakat umum di seluruh dunia dari Agustus hingga September 2021. Para pemenang People’s Choice Stevie Awards akan dirayakan pada acara penghargaan virtual untuk IBA 2021 pada Rabu, 8 Desember.

OPPO Resmi Luncurkan ColorOS 12 Global Version

ColorOS 12

tabloidpulsa.id – OPPO akhirnya resmi mengumumkan bahwa sistem operasi ColorOS 12 kini sudah tersedia untuk para pelanggan di seluruh dunia. ColorOS 12 bertujuan untuk menghadirkan seamless user experience yang serupa dengan Stock Android 12. ColorOS 12 ini juga memiliki UI yang baru dengan performa lebih mantap serta dilengkapi dengan beragam fitur untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari serta membantu menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

ColorOS 12 menjadi salah satu OEM pertama yang diterapkan dalam perangkat Android 12. Sistem OS ini tersedia dalam OPPO Find X3 Pro 5G untuk pertama kalinya di Indonesia, Thailand dan Malaysia, dan selanjutnya akan tersedia dalam model perangkat lainnya dan di negara-negara lain dalam beberapa bulan mendatang.

Inklusivitas Menjadi Tema Utama

Hadir di 68 negara dan menyentuh 440 juta pelanggan di seluruh dunia, inklusivitas merupakan tema utama dalam pengembangan ColorOS 12. Dikembangkan berdasarkan konsep OPPO’s Infinite Design yang ringan, apik, dan customizable, sistem OS baru ini menghadirkan pengalaman yang lebih inklusif dan dikemas dengan tampilan ikon dan animasi yang lebih lembut. Terdapat pula information framework yang dapat disesuaikan dengan berbagai bahasa dan budaya, serta framework yang dapat disesuaikan dengan format telepon yang berbeda.

Pengalaman Pengguna yang Lebih Mulus dan Dapat Meningkatkan Produktivitas

Menghadirkan seamless user experience merupakan prioritas utama saat mengembangkan teknologi OPPO. ColorOS 12 terbaru ini mengutamakan kenyamanan dan daya tahan perangkat. Melalui proses coding yang muktahir, ColorOS 12 mampu mengurangi lag dan stutter setelah perangkat digunakan dalam waktu yang lama. Dengan kemampuan anti-fragmentation dan intelligent resource allocation, masa hidup perangkat menjadi lebih lama dengan 2,75% system ageing rate dalam 3 tahun, penggunaan memori 30% lebih rendah, dan konsumsi baterai 20% lebih efisien.

Untuk kebutuhan indera visual pengguna, Quantum Animation Engine menerapkan lebih dari 300 animasi yang ditingkatkan sehingga meniru efek animasi yang realistis. Dengan memanipulasi gerakan resistensi, inersia dan memantul, fitur tersebut membuat pengalaman keseluruhan lebih halus dan lebih selaras dengan kognisi dan kebiasaan otak manusia sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih realistis dan intuitif.

ColorOS juga memiliki sejumlah fitur mudah diakses dan dapat meningkatkan produktivitas penggunanya, seperti PC Connect, 3-Finger Translate powered by Google Lens, FlexDrop, dan Phone Manager.

Memprioritaskan privasi

OPPO senantiasa menerima saran dan kritik dari para pelanggan dan memprioritaskan keamanan privasi dalam ColorOS. ColorOS 12 dilengkapi dengan semua fitur keamanan dan privasi yang sudah ditingkatkan dari Android 12, seperti Privacy Dashboards, Approximate Location Sharing, and Microphone and Camera Indicators. Tampilan menu dan tombol yang jelas dan mudah digunakan memungkinan pengguna untuk menjaga keamanan privasi. Selain itu, sejumlah fitur yang dikembangkan oleh OPPO tetap ada, seperti Private System, Private Safe, App Lock, dan lainnya.

OPPO menyadari bahwa pengguna OPPO sangat mementingkan transparansi. Oleh karena itu, OPPO telah menerapkan data compliance dan memiliki sejumlah server yang tersebar di seluruh dunia. OPPO dapat menjamin bahwa data pengguna akan tetap berada di server terdekat yang disimpan dalam non-plain text format dan dikirimkan menggunakan proprietary protocol.

OPPO telah menerima sertifikasi keamanan seperti EPRivacy dan ISO27001 dan bermitra dengan third-party supervisor untuk memastikan keamanan data dan proses kepatuhan.

OS yang dapat dikembangkan oleh developer Android lain

OPPO dan mitra pengembang Android memiliki prinsip yang sama yaitu untuk berkontribusi membangun budaya keterbukaan dan pertukaran teknologi untuk meningkatkan kualitas platform. ColorOS memiliki banyak fitur yang diambil dari stock Android. Demikian pula, ColorOS telah menginsipirasi berbagai perubahan baru dalam Android 12, seperti sistem Wallpaper-based Theming dalam Material You, yang dapat ditemukan dan telah diluncurkan dalam edisi ColorOS sebelumnya. Contoh lainnya dari pertukaran teknologi ini adalah App Cloner dari ColorOS yang sekarang hadir di Android 12.

ColorOS OPPO bertujuan untuk menjadi OS yang lebih ramah untuk para developer Android. Selain camera SDKs gratis yang memiliki fitur paling mutakhir dari kamera OPPO seperti Video Shooting, HDR, Super Wide-Angle, dan lainnya, OPPO juga membuka akses HyperBoost, Color Vision Enhancement untuk para developer aplikasi Android dan meningkatkan ekosistem Android .

Rencana peluncuran ColorOS 12

OPPO akan meluncurkan ColorOS 12 public beta untuk pertama kalinya hari ini di Indonesia, Thailand, dan Malaysia melalui Find X3 Pro 5G. ColorOS 12 kemudian akan terus dikembangkan dan tersedia pada perangkat lain dan negara lain pada tahun tahun 2021 dan 2022. OPPO menargetkan agar ColorOS 12 dapat diunduh pada 110 juta perangkat dan menjangkau 150 juta pengguna.

Kebijakan Upgrade Eksklusif OPPO

Untuk pertama kalinya, OPPO mengumumkan kebijakan update OS baru ini. Untuk perangkat OPPO yang diluncurkan pada 2019 dan setelahnya, OPPO akan lakukan tiga jenis update Android untuk seri Find X dan dua jenis update Android untuk seri Reno/F dan satu jenis update Android untuk sebagian seri A, serta dilengkapi dengan update security patch selama empat tahun ke depan untuk seri Find X/Reno/F dan tiga tahun untuk seri A.

Tips Mengoptimalkan Kamera OPPO A16 untuk Foto Produk Jualan

tips kamera oppo a16
Dokumentasi Meiyani

tabloidpulsa.id – OPPO A16 merupakan produk kelas menengah ke bawah yang dirilis pada bulan Juli 2021 lalu. Masih segar dan Anda masih bisa membaca reviewnya yang telah kami tulis di link berikut ini. Melihat judul review kami saat itu, boleh dibilang tulisan ini sangatlah related. Karena sesuai tulisan kami, beberapa fungsi OPPO A16 dapat dimanfaatkan untuk menjadi alat demi meningkatkan produktivitas dan value dari kegiatan yang Anda lakukan. Termasuk berjualan online. Berikut ini adalah tips menggunakan kamera OPPO A16 versi Meyani Kristina Ningrum.

Salah satu fitur yang dapat dimaksimalkan dalam berjualan online adalan kamera. Siapa sangka dengan kamera OPPO A16, kita bisa menghasilkan foto produk yang menggiurkan. Entah itu makanan, ataupun produk hasil kerajinan tangan misalnya. Sehingga bernilai informasi, dan mampu menarik perhatian calon pembeli hingga akhirnya bertransaksi.

Dua bulan setelah kami menulis review OPPO A16, OPPO Indonesia mempertemukan kami dengan beberapa orang yang telah memanfaatkan produk ini untuk menjadi salah satu alat dalam kehidupannya sehari-hari yang lekat dengan fotografi produk.

Manfaatkan Smartphone untuk Bisnis
Meyani Kristina Ningrum

Pertama ada Meyani Kristina Ningrum, seorang pengajar dan pelaku Basic Food & Product Photography, kerap melakukan workshop fotografi ponsel untuk instansi, komunitas dan UMKM. Wanita yang kini berdomisili di Batam ini membagikan sejumlah tips agar kita bisa memaksimalkan ponsel, terutama OPPO A16 untuk menghasilkan foto produk nan ciamik.

Pergeseran kecenderungan berbelanja akhir-akhir ini, baik karena imbas PPKM dan pandemi Covid-19, ataupun karena perkembangan jaringan internet, dari yang tadinya full harus offline, kini sudah mulai mengarah ke transaksi online. Atau setidaknya, para pelaku usaha kini dapat memanfaatkan jejaring sosial sebagai etalase untuk memamerkan produk jualannya.

Nah kalau sudah begini, mau tidak mau kita harus mengakui arti penting sebuah foto bagi pelaku usaha UMKM saat ini. Foto diharapkan dapat memberikan informasi secara visual ke calon pembeli, sementara media sosial akan mengamplifikasi foto tersebut agar dapat menjangkau lebih banyak orang lagi.

Semakin bagus foto yang kita sediakan, maka akan semakin mudah penerimaan konsumen, dan semakin cepat menyebar. Tapi, apakah bisa kita lakukan dengan kamera OPPO A16? Lah kalau tidak bisa, saya tidak akan menulis artikel ini, bukan?

Berikut adalah beberapa tips yang disampaikan Meyani di tengah-tengah acara OPPO Re-Energize Trip with OPPO A16 yang berlangsung pada tanggal 8-9 Oktober kemarin.

Menurut Meyani, penghalang terbesar sesorang untuk mulai menggunakan ponsel sebagai kamera untuk menghasilkan foto produk yang menarik adalah rasa minder. Baik itu minder karena kamera ponselnya biasa-biasa saja, atau merasa tidak punya bakat fotografi dan atau merasa tidak memiliki properti untuk mempercantik foto.

Untuk itu, tips pertama dari Meiyani adalah Mulai Saja dahulu. Masuk akal sih, karena kalau tidak dimulai bagaimana kita tahu apa yang kita butuhkan.

Kedua Meyani mengajak kita untuk mengenali kamera ponsel yang bakal digunakan. Setiap ponsel memiliki karakter lensa yang berbeda. Selain apa yang tertulis di spesifikasi, kadang kita juga perlu mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan agar bisa dimaksimalkan.

foto: meyani

Meyani sendiri sangat senang menggunakan mode Pro atau Expert yang ditawarkan oleh OPPO A16. Memberikan keleluasaan baginya untuk mengatur secara manual sejumlah parameter ketika memotret. Ini sih boleh dicoba kalau Anda sudah jago ya, tapi kalau anda baru mencoba atau merasa belum menguasai tekni pemotrtean secara manual, Anda masih bisa mengeksplor fitur-fitur lain yang ditawarkan.

Bagi yang belum kenal dengan kamera OPPO A16, sekedar mengingatkan, ponsel ini membawa tiga kamera utama yang terdiri dari kamera 13MP wide, 2MP depth dan 2MP makro. Sementara di bagian depan, OPPO A16 dilengkapi dengan kamera 8MP.

Pencahayaan adalah tips selanjutnya. Meyani memperlihatkan kepada kami bahwa cahaya sangatlah penting, tapi bukan berarti kita harus tergantung pada keberadaan lampu yang mumpuni. Kita bisa memanfaatkan cahaya matahari yang telah turun intensitasnya, semisal di sore hari. Sebagai contoh, Meyani menampilkan proses pemotretan produk keset dengan menggunakan cahaya natural di sore hari yang masuk melalui celah pintu. Dengan bantuan kain atau kertas berwarna putih sebagai alas, bisa menghasilkan foto ala studio hanya menggunakan OPPO A16.

foto: meyani

Post Editing dilakukan langsung di ponsel menggunakan sejumlah aplikasi yang sudah akrab di telinga kita. Ada Lightroom mobile, Canva Web dan remove.bg. Atau kadang untuk meng-enhance cahaya dan shadow Meyani juga menggunakan picsart.

foto: meyani

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan properti. Terutama untuk foto-foto makanan, Meiyani menggunakan properti sederhana, berupa alat-alat dapur yang bisa dengan mudah didapatkan di dapur kita. Tapi ketika ditanya seberapa penting properti dalam sebuah foto, Meiyani menjelaskan bahwa tidak semua foto memerlukannya. Jadi tinggal disesuaikan dengan konteks produk yang akan kita abadikan.

Editor's Pick