Home Blog Page 539

OPPO Kembali Siapkan Smartphone Baru di Akhir Tahun

smartphone baru oppo

tabloidpulsa.id – Setelah meluncurkan beberapa smartphone baru di Indonesia pada kuartal III 2021 seperti OPPO A16, OPPO A16/464 dan OPPO A53 4/128, kini pada awal kuartal IV, OPPO akan kembali memperkenalkan perangkat ponsel cerdas baru ke pasar Indonesia. Melalui acara bertajuk Design to Perform: An Exclusive Sneak Peek Event, OPPO memberikan gambaran sekilan mengenai wujud dari perangkat smartphone terbarunya.

“Di kuartal IV tahun 2021, kami menyiapkan satu perangkat yang menjadi unggulan OPPO Indoneisa untuk bertarung di akhir tahun. Belum banyak yang bisa kami bicarakan mengenai perangkat ini, namun yang pasti beberapa fitur dasar dan penampilan luar perangkat ini sudah bisa dilihat pada event hari ini,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia.

Beberapa bocoran smartphone baru ini dapat dilihat dari area experience yang disediakan OPPO Indonesia. Pada bagian awal OPPO memberikan bocoran bahwa perangkat terbaru ini akan membawa sertifikasi IPX4 yang berarti perangkat ini dapat terlindungi dari cipratan air normal. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir apabila perangkat ini nantinya terkena cipratan air, cukup dikeringkan dengan tissue atau lap kering. Bocoran selanjutnya mengenai layar yang akan diusung adalah bertipe AMOLED dan kehadiran dimensi layar yang lebih besar. Namun, belum ada keterangan lanjutan mengenai seberapa besar ukuran layar perangkat ini.

Yang patut menjadi perhatian, perangkat ini membawa finishing bagian penampang belakang dengan tekstur anti sidik jari yang mirip dengan teknologi Reno Glow. Bocoran terakhir, smartphone baru OPPO ini akan mengusung baterai besar 5000 mAh. Ilustrasi pada baterai mengindikasikan bahwa perangkat ini nantinya akan dilengkapi sistem pengisian ulang cepat. OPPO juga menyematkan jargon :The New OPPO Processor” pada salah satu area experience perangkat ini. Sayangnya, belum jelas mengenai maksud dari slogan tersebut.

Perangkat baru yang dipersiapkan OPPO ini diperkirakan meluncur pada bulan November mendatang. Namun OPPO belum memberitahukan mengenai tipe perangkat dan lini seri perangkat ini dan tanggal pasti peluncurannya.

Indosat Umumkan Kenaikan Pendapatan Total 12% YoY

Indosat

tabloidpulsa.idIndosat Ooredoo hari ini mengumumkan serangkaian hasil keuangan yang kuat untuk sembilan bulan pertama tahun ini, yang berakhir pada 30 September 2021.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan: “Eksekusi dari strategi transformasi kami memperlihatkan bahwa Indosat Ooredoo mempertahankan momentum pertumbuhannya dan memberikan kinerja keuangan yang sangat baik. Dalam sembilan bulan tahun ini, pertumbuhan pendapatan kami terus berlanjut mengungguli industri. Kami kembali berhasil menunjukkan kinerja EBITDA yang kuat, yang tumbuh hampir dua kali lebih cepat dari pendapatan. Kami terus memberikan kinerja jaringan dan layanan digital yang luar biasa kepada pelanggan setia kami. Kepercayaan pelanggan yang meningkat telah membuat basis pelanggan kami tumbuh selama sembilan bulan terakhir. Kami berterima kasih kepada pelanggan dan seluruh pemangku kepentingan atas dukungan yang berkelanjutan kepada Indosat Ooredoo.”

Dalam sembilan bulan pertama tahun 2021, total pendapatan Indosat Ooredoo meningkat 12,0% year-on-year (YoY) menjadi Rp23 triliun. Pendapatan seluler naik 10,3% YoY menjadi Rp18,8 triliun. EBITDA meningkat 22,7% YoY mencapai Rp10,4 triliun dalam sembilan bulan tahun ini karena kombinasi pertumbuhan top-line dan fokus berkelanjutan pada efisiensi biaya operasional. Ini membantu memberikan pertumbuhan margin EBITDA sebesar 4,0 bps YoY, menjadi 45,1%. Indosat Ooredoo juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp5,8 triliun.

Indosat Ooredoo juga mencatatkan 62,3 juta pelanggan yang puas dan terlibat dalam sembilan bulan tahun 2021, meningkat 3,2% YoY. Pelanggan data 4G tumbuh menjadi 43 juta, meningkat 27% YoY. Pendapatan Rata-rata per Pengguna (ARPU) meningkat sebesar 7,9% YoY menjadi Rp34,2 ribu, terutama didorong oleh pertumbuhan yang kuat dalam lalu lintas data, yang naik 39,2% YoY.

Selama Q3 2021, Indosat Ooredoo mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial di Jakarta dan Surabaya, menyusul peluncuran pertama 5G di Solo pada Juni 2021. Layanan 5G adalah langkah selanjutnya dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada masyarakat di Indonesia, dan peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo menempatkannya di garis depan revolusi 5G Indonesia.

Selama triwulan tersebut Indosat Ooredoo juga melanjutkan perluasan jangkauan jaringan 4G di seluruh tanah air, menghadirkan layanan 4G/LTE ke 124 desa terpencil di Aceh, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Penggelaran jaringan tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung program Pemerintah untuk memenuhi cakupan 4G di seluruh Indonesia dan menggelar layanan 4G/LTE di 645 desa terpencil pada tahun 2022. Dalam sembilan bulan pertama tahun 2021, jumlah total BTS Indosat Ooredoo mencapai hampir 126 ribu yang 70 ribu di antaranya adalah BTS 4G.

Keberhasilan strategi transformasi Indosat Ooredoo dan kinerjanya yang luar biasa diakui oleh beberapa penghargaan bisnis internasional utama selama kuartal tersebut. Secara khusus, Indosat Ooredoo dinobatkan sebagai ‘Telecommunications Company of the Year’ di Stevie International Business Awards tahun ini. Sementara Ahmad Al-Neama juga dianugerahi Gold Stevie untuk kategori ‘Executive of the Year – Telecommunications’ sebagai pengakuan atas komitmennya yang kuat terhadap tata kelola yang baik, inovasi, dan keterlibatan, kesejahteraan, dan pengembangan karyawan.

“Selama kuartal ketiga kami terus memperluas dan memperkuat jaringan kami untuk menghubungkan lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia dan bahkan di daerah terpencil. Kami meluncurkan layanan 5G di lebih banyak kota yang membantu mengubah Indonesia menjadi negara yang berkemampuan 5G. Dan kami terus menghadirkan teknologi dan produk digital terbaik kepada pelanggan kami dalam kemitraan dengan beberapa perusahaan teknologi terkemuka dunia. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung agenda Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai digital powerhouse di kawasan,” tutup Ahmad.

Jenius Luncurkan Program Jenius Aman Agar Masyarakat Lebih Memahami Keamanan Digital

Jenius Luncurkan Program Jenius Aman Agar Masyarakat Lebih Memahami Keamanan Digital
Jenius Luncurkan Program Jenius Aman Agar Masyarakat Lebih Memahami Keamanan Digital

TabloidPulsa.id – Jenius dari PT Bank BTPN Tbk meluncurkan program ‘Jenius Aman’ sebagai bentuk edukasi keamanan digital secara berkelanjutan. Melalui program ini, Jenius ingin semakin meningkatkan literasi masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan data pribadi yang bersifat rahasia, terutama dalam ranah digital.

Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN, mengatakan, “Keamanan data dan dana nasabah adalah prioritas di Jenius. Jenius dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk memastikan keamanan bertransaksi dan penyimpanan data. Kami juga menggunakan teknologi berstandar internasional, isolasi dan proteksi data berlapis, dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kasus-kasus penipuan yang terjadi pada nasabah Jenius adalah kejahatan siber dengan modus rekayasa sosial (social engineering). Oleh sebab itu, kami meluncurkan program Jenius Aman untuk mengedukasi masyarakat tentang keamanan data pribadi agar dapat terhindar dari kejahatan siber yang terus berkembang.”

Cyber Security Researcher & Consultant

Teguh Aprianto, Cyber Security Researcher & Consultant, menjelaskan bahwa terjadi kenaikan kejahatan siber dengan modus rekayasa sosial (social engineering) selama pandemi. “Situasi pandemi saat ini secara tidak langsung mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk kebutuhan perbankan. Sayangnya, hal ini diikuti dengan meningkatnya kejahatan siber yang mengintai para pengguna platform digital, salah satunya yang marak terjadi adalah dengan modus social engineering. Oleh karena itu, sebagai pengguna layanan, terutama dalam ranah digital, nasabah juga harus lebih berhati-hati saat menerima telepon, pesan singkat, ataupun pesan melalui media sosial yang mengaku dari pihak bank tertentu yang meminta data-data atau informasi bersifat pribadi dan rahasia, atau mengklik suatu tautan tertentu. Penyedia layanan bertanggung jawab untuk menjaga keamanan data dan dana nasabah, namun nasabah juga perlu waspada untuk turut melindungi data milik mereka agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.”

Sejak diluncurkan, Jenius sudah menyediakan fitur keamanan yang mendukung nasabah untuk bertransaksi menggunakan aplikasi Jenius dengan aman. Fitur keamanan tersebut antara lain, yaitu keamanan berlapis berupa Personal Identification Number (PIN), kata sandi atau password dan autentikasi biometrik untuk masuk ke aplikasi Jenius, pengaturan limit transaksi, pengaturan PIN di setiap kartu debit, notifikasi yang menyeluruh dan dapat disesuaikan, fitur block & unblock kartu debit Jenius langsung melalui aplikasi, dan fitur Jenius Pay yang membantu nasabah bertransaksi online tanpa perlu memasukkan informasi rahasia yang terdapat di kartu debit di sebuah platfrom digital.

Seiring dengan meningkatnya kasus rekayasa sosial yang terjadi, Jenius menambahkan beberapa langkah keamanan guna memperkecil risiko penyalahgunaan akun Jenius oleh oknum yang tidak bertanggung jawab akibat pengguna yang teperdaya memberikan informasi rahasia, termasuk kode OTP — one-time password. Penambahan langkah keamanan tersebut mencakup kebijakan satu perangkat yang terhubung, menutup akses log in melalui situs 2secure.jenius.co.id, dan menutup akses unlink device melalui aplikasi/situs dan mengalihkannya ke Jenius Help 1500365 atau Kantor Cabang Sinaya Bank BTPN.

“Layanan perbankan digital mengedepankan nilai kemudahan dan kenyamanan pengguna serta memberikan kontrol sepenuhnya kepada pengguna dalam mengelola akunnya. Kami menyadari penambahan langkah keamanan ini berdampak pada kenyamanan dalam menggunakan Jenius, namun langkah tersebut diambil guna melindungi pengguna dari tindak kejahatan siber. Kami senantiasa mendengarkan masukan dari pengguna dan melakukan perbaikan serta peningkatan layanan. Saat ini kami telah menambahkan kapasitas layanan Jenius Help, sehingga proses unlink device dapat diselesaikan dalam waktu dua jam, yang sebelumnya membutuhkan dua hari kerja,” jelas Irwan.

Dalam melakukan penambahan keamanan dan edukasi keamanan digital ini, Jenius juga berkokreasi bersama masyarakat digital savvy di Indonesia. Proses kokreasi tersebut salah satunya dilakukan melalui Jenius Study bertajuk Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Data-Data Pribadi yang Bersifat Rahasia. Studi ini dilaksanakan pada September 2021 yang melibatkan 637 responden berusia 21 hingga 30 tahun. Dalam studi ini ditemukan bahwa hanya 1 dari 10 anggota masyarakat digital savvy yang memahami dan menyadari modus kejahatan siber rekayasa sosial (social engineering). Lebih lanjut lagi, dalam hasil survei yang sama, ditemukan 7 dari 10 anggota masyarakat digital savvy belum memahami bahwa nama dan tanggal kedaluwarsa yang tertera di kartu debit merupakan informasi rahasia yang sama pentingnya dengan informasi lainnya, seperti PIN, nomor CVV, dan 16 digit kartu. Dari hasil survei juga ditemukan bahwa dari 10 anggota masyarakat digital savvy, 5 di antaranya pernah dihubungi oknum kejahatan siber, dan 1 dari 5 anggota masyarakat digital savvy tersebut teperdaya memberikan data pribadi melalui WhatsApp call, link, website, dan akun media sosial palsu.

“Dengan melihat temuan dari survei Jenius Study tersebut, kami meluncurkan program Jenius Aman untuk memaksimalkan edukasi serta fitur keamanan di Jenius. Salah satunya yang sudah dijalankan adalah kampanye edukasi #DatamuRahasiamu, sebuah kolaborasi antara Jenius dari Bank BTPN dan beberapa pelaku industri digital lainnya, baik bank maupun nonbank. Selain itu, agar pemahaman masyarakat mengenai keamanan semakin optimal, Jenius memperkenalkan kembali laman www.jenius.com/pages/jeniusaman yang berisikan informasi keamanan digital terkini,” tutup Irwan.

Keamanan dan kenyamanan pengguna merupakan prioritas utama, dan untuk itu Jenius terus berinovasi serta melakukan edukasi kepada masyarakat digital savvy secara reguler melalui www.jenius.com/pages/jeniusaman dan saluran resmi Jenius lainnya. Jenius dari Bank BTPN terdaftar dan diawasi oleh OJK serta dijamin oleh LPS. Informasi lebih lanjut mengenai Jenius dapat dilihat di https://www.jenius.com/. Jika ada pertanyaan seputar Jenius, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service 24 jam kami di Twitter: @jeniushelp, Call Center: 1500 365, dan email: jenius-help@btpn.com.

TikTok Indonesia Gelar Konferensi Virtual TikTok Talk+

TikTok Indonesia Gelar Konferensi Virtual TikTok Talk+
TikTok Indonesia Gelar Konferensi Virtual TikTok Talk+

TabloidPulsa.id – TikTok meluncurkan program konferensi virtual bertajuk TikTok Talk+ yang ditayangkan dengan fitur TikTok LIVE. Mengambil momentum Hari Sumpah Pemuda, program ini bertujuan mengajak masyarakat, termasuk generasi muda, untuk bersatu, bangkit, dan tumbuh berkarya di tengah kondisi apa pun, sesuai dengan tema #SamaSamaBerkarya yang diangkat di program ini.

Berlangsung mulai 28 Oktober hingga 29 Oktober 2021, program TikTok Talk+ akan mengangkat total 16 topik menarik dan insightful, antara lain seputar kreasi konten, fashion and beauty, musik, edukasi, kuliner, olahraga, esports, media massa, COVID-19, pariwisata, keamanan digital, brand marketing, hingga UKM. Berbagai narasumber ahli hadir dari beragam profesi dan bidang, termasuk Dr Reisa Broto Asmoro, Yosi “Project Pop” Mokalu, Nino Kayam, Ramengvrl, Titi Kamal, top kreator seperti Edho Zell, Janes CS, Avan the Love, Adi Syahreza, dan masih banyak lagi. Sejumlah perwakilan dari lembaga pemerintahan, asosisasi, dan brand juga hadir sebagai pembicara, termasuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dewan Pers, Asosiasi Media Siber Indonesia, Traveloka, Nutrifood, dan lainnya.

TikTok Indonesia Gelar Konferensi Virtual TikTok Talk+

Tujuan diselenggarakannya program TikTok Talk+ ini sejalan dengan tujuan pemerintah mewujudkan generasi muda yang berkualitas. “Pengembangan diri generasi muda ini terangkum dalam rencana pemerintah untuk mewujudkan generasi yang cerdas berkarakter, di mana salah satu aspek utamanya adalah kemampuan untuk bernalar kritis dan kreatif. Di sinilah peran penting platform digital seperti TikTok sebagai medium yang digunakan generasi muda untuk mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan yang bermanfaat,” kata Hendarman, Kepala, Pusat Pengembangan Karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Republik Indonesia.

Analisa Widyaningrum, Psikolog dan CEO APDC Indonesia (Personal Development Center) juga menambahkan untuk mengembangkan diri menjadi sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya dari pendidikan formal. “Di tengah kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi, generasi muda justru bisa lebih mudah mendapatkan cara untuk meningkatkan soft skill, communication skill, hingga digital skill yang akan sangat bermanfaat baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk karirnya. Kehadiran beragam diskusi di program TikTok Talk+ ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan beragam skill yang dibutuhkan tersebut,” ujar Analisa.

Program TikTok Talk+ merupakan bentuk komtimen TikTok untuk menyediakan konten informatif dan bermanfat bagi pengguna dan masyarakat luas. “Semangat belajar dan berbagi konten bermanfaat ini sangat terlihat di TikTok sejak tahun lalu. Melalui program TikTok Talk+, kami ingin meningkatkan konten seperti ini melalui format livestream, sehingga pengguna dan masyarakat bisa terus mengembangkan diri dan #SamaSamaBerkarya,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia. “Kami berharap program TikTok Talk+ ini dapat memberikan insight yang dapat diserap sebagai usaha pengembangan diri.”

Untuk informasi seputar topik, narasumber, dan jadwal sesi diskusi TikTok Talk+ dan informasi lainnya dapat dilihat pada akun TikTok @tiktokofficialindonesia, laman eksplor TikTok atau di https://bit.ly/TikTokTalk2021.

Ini Hasil Kolaborasi Telkomsel redi dan blu by BCA Digital

Telkomsel redi x blu by BCA Digital
Kolaborasi Telkomsel redi dan blu by BCA Digital

TabloidPulsa.id – Telkomsel terus mengambil peran signifikan untuk menghadirkan ragam inovasi produk dan layanan digital. Termasuk mendorong kolaborasi lintas sektor yang lebih luas guna membuka peluang akselerasi gaya hidup digital, terutama dalam mendukung aktivitas keuangan digital yang inklusif dan merata.

Dalam rangka memperingati semangat Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel dan BCA Digital berkolaborasi untuk mengintegrasikan layanan perbankan digital end-to-end (e2e) antara aplikasi mobile financial services Telkomsel redi dengan layanan digital banking blu by BCA Digital untuk membantu lebih banyak orang mewujudkan #WacanaJadiNyata.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, “Sebuah kebanggaan bagi Telkomsel dapat menjalin kolaborasi bersama BCA Digital, dimana keduanya merupakan perusahaan dengan reputasi ternama di sektor industri masing-masing di Indonesia. Kolaborasi inovatif yang kali ini dihadirkan melalui aplikasi Telkomsel redi dan blu diharapkan dapat semakin mengintegrasikan layanan perbankan dan telekomunikasi melalui pemanfataan teknologi digital terkini dalam satu layanan aplikasi. Kami percaya, upaya bersama ini akan semakin mendorong inklusi layanan keuangan digital yang lebih merata, dengan tetap mendorong fitur layanan yang menarik dan aman bagi seluruh masyarakat.”

Kolaborasi Telkomsel redi dan blu by BCA Digital

Kolaborasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan perbankan blu dari aplikasi Telkomsel redi, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening blu, cek saldo, melakukan transaksi secara aman berkat integrasi nomor ponsel pengguna, serta beragam promo dan reward ekslusif untuk pengguna. Seluruh integrasi fitur layanan tersebut akan membuka peluang lebih luas bagi masyarakat untuk mendapatkan pengalaman aktivitas keuangan digital terbaik, sesuai kebutuhan terhadap layanan perbankan.

Direktur Utama BCA Digital Lanny Budiati menjelaskan, “Dalam merealisasikan misi BCA Digital sebagai Bank-as-a-Service untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia, kami fokus berkolaborasi dengan expertise dari setiap industri. Sebagai yang terdepan di bidangnya, Telkomsel merupakan mitra kerjasama ideal bagi BCA Digital untuk tumbuh bersama dan memberikan seamless banking experience yang lebih mudah dan nyaman bagi nasabah blu maupun pengguna redi. Selain itu, dalam rangka memperingati semangat Hari Sumpah Pemuda di tahun ini, kami ingin lebih banyak generasi anak muda punya kebebasan dalam mengatur keuangan, bertransaksi, dan pada akhirnya kebebasan meraih mimpi.”

Guna memberikan apresiasi bagi pelanggan yang ingin menikmati kolaborasi layanan tersebut, Telkomsel memberikan kuota data sebesar 10 GB dan BCA Digital memberikan bonus saldo Rp50.000 bagi nasabah yang membuka rekening melalui redixblu dalam periode promo yaitu tanggal 28-31 Oktober 2021. Kedepannya beragam program loyalty dan reward akan terus dihadirkan redixblu untuk memberikan lebih banyak lagi pengalaman akses keuangan digital bagi pelanggan.

Telkomsel redi merupakan aplikasi digital yang memiliki beragam fitur unggulan sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses rekening tabungan yang dimiliki, melakukan pembayaran menggunakan kode QRIS, split bill, hingga mengirim uang menggunakan nomor ponsel ke pemilik rekening. Beragam keunggulan tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan pengguna dalam transaksi perbankan digital. Informasi lebih lanjut mengenai aktivasi Telkomsel redi dan lainnya dapat diakses melalui tautan tsel.me/redi-page.

“Kami akan terus berinovasi dalam memberikan solusi finansial yang relevan, bisa diandalkan, serta impactful kepada masyarakat Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami optimis para pengguna akan merasakan pengalaman perbankan digital yang optimal, aman, dan nyaman. Kedepannya, ekosistem digital yang dibangun blu bersama dengan Telkomsel redi ini akan terus diperluas dan menghasilkan terobosan baru yang lebih baik dan menjadi solusi digital untuk berbagai kebutuhan bagi para nasabah kami,” tambah Lanny.

“Kolaborasi bersama BCA Digital ini semakin mengukuhkan komitmen Telkomsel melalui aplikasi Telkomsel redi sebagai one application for all financial services yang selalu ada mendukung segala lini kehidupan masyarakat dengan menghadirkan produk dan layanan keuangan digital yang terintegrasi. Kami juga berharap, kolaborasi ini dapat semakin membantu para mitra perbankan dan masyarakat dalam mengakselerasi adopsi cashless society melalui layanan keuangan digital yang customer centric,” tutup Soon Nam.

Ini Keunggulan Chipset Dimensity di POCO X3 GT

Chipset Dimensity

tabloidpulsa.id – POCO menjadi vendor smartphone yang pertama menggunakan chipset kelas flagship Dimensity ke produknya, yaitu POCO X3 GT. Smartphone “Go Turbo” terbaru dari POCO ini dipersenjatai chipset Dimensity 1100 dengan fabrikasi 6nm pertama di dunia. Melalui salah satu chipset terkencang Dimensity ini, POCO menawarkan performa, efisiensi daya, dan konektivitas lebih baik dalam menghadirkan pengalaman pengguna terbaik bahkan ketika memainkan game favorit melalui POCO X3 GT.

Dimensity 1100 pada POCO X3 GT ini beroperasi dengan arsitektur serupa chipset terbaik empat core utama Arm Cortex-A78 terbaru yang memiliki clock speed hingga 2,6GHz, serta empat core efisiensi Arm Cortex-A55 dengan clock speed hingga 2GHz. Arsitektur CPU ini, dikombinasikan dengan GPU ARM Mali-G77 MC9 yang berjalan di 836 MHz, mampu menjalankan game-game “berat” dengan lancar melalui perangkat ini. Pengguna juga akan terkoneksi dengan baik menggunakan modem integrated 5G, slot kartu SIM 5G ganda, dan dukungan WiFi 6 yang telah lengkap didukung dalam chipset ini. 

Dimensity 1100 dan 1200: Duo chipset kencang yang serupa tapi tak sama

Kedua chipset terbaru Dimensity yang diluncurkan awal tahun ini memiliki performa yang mirip. Namun, ada sedikit perbedaan diantara kedua chipset ini yang terlihat pada arsitektur CPUnya, dengan Dimensity 1200 yang mengusung mode arsitektur 1+3+4, yaitu sebuah core utama tertinggi Arm Cortex-A78 3GHz yang didukung tiga core utama lainnya Arm Cortex-A78 2,6GHz dan dilengkapi dengan empat core efisiensi Arm Cortex-A55 2GHz. Sedangkan, Dimensity 1100 menggunakan mode arsitektur 4+4, yaitu empat core utama Arm Cortex-A78 2,6 GHz yang didukung empat core efisiensi Arm Cortex-A55 2GHz. Sehingga di atas kertas, Dimensity 1200 memiliki skor benchmark Antutu sedikit lebih tinggi, yaitu di kisaran 667.000 dibanding Dimensity 1100 yang mendapatkan skor 643.000. 

Selebihnya, spesifikasi kedua chipset ini serupa tapi tak sama yang menawarkan berbagai kehandalan utama bagi pengguna, antara lain:

  • Grafis Terkencang Di Kelasnya: Dalam hal pemrosesan grafis, kedua chipset ini sama-sama menggunakan GPU Mali-G77 MC9 dan arsitektur Valhall, dengan demikian keduanya memiliki frequency GPU 800GHz, 9 core GPU, dan jumlah GFlops sebesar 504. Sehingga, keduanya sama-sama mampu memainkan berbagai aplikasi game “berat” yang populer saat ini.  
  • Dual 5G Terkuat: Modem 5G yang terintegrasi pada Dimensity 1200 dan 1100 telah  mendukung teknologi 5G UltraSave, dan masih mendukung setiap generasi konektivitas yang telah ada. Teknologi UltraSave ini menyajikan penghematan daya yang besar dan telah memiliki fitur-fitur konektivitas terkini, termasuk arsitektur standalone dan non-standalone 5G, agregasi operator 5G (2CC) lintas frequency division duplex (FDD) dan time division duplex (TDD), dynamic spectrum sharing (DSS), True Dual SIM 5G (5G SA + 5G SA), Voice over New Radio (VoNR), dan pengintegrasian 5G HSR Mode dan 5G Elevator Mode untuk memastikan koneksi 5G yang mulus dan andal di seluruh jaringan.
  • AI Multimedia Mumpuni: Dimensity 1200 mendukung resolusi hingga 200 MP untuk fotografi dan HDR-ISP lima inti yang memperbesar rentang dinamis perekaman video 4K HDR. Sementara, Dimensity 1100 mendukung kamera dengan resolusi hingga 108 MP. Keduanya telah dilengkapi dengan prosesor AI MediaTek APU 3.0 versi terkini yang memiliki enam inti sehingga mampu menyajikan komputasi kinerja tinggi dengan konsumsi daya rendah. Baik Dimensity 1200 maupun Dimensity 1100 mendukung fitur-fitur kamera AI, mencakup AI-Panorama Night Shot, AI Multi-Person Bokeh, AI noise reduction (AINR), dan kemampuan HDR. Selain itu, kedua seri chipset juga mendukung fitur pemutaran video baru yang disempurnakan dengan AI, termasuk AI SDR-to-HDR.
  • Refresh Rate Tinggi: Kecepatan refresh rate layar 168Hz disajikan oleh chipset Dimensity 1200 untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Sementara itu, Dimensity 1100 mendukung refresh rate hingga 144Hz pada layar sehingga menyajikan visual yang tajam dan tanpa tersendat. Kedua seri chipset telah didukung teknologi game HyperEngine 3.0 dan daya respon layar sentuh multi-touch boost yang memperkaya pengalaman mobile gaming. 
  • Dual-Link True Wireless Stereo Audio: Kedua chipset telah mendukung konektivitas Bluetooth 5.2 sehingga memungkinkan untuk konektivitas ke beberapa perangkat nirkabel secara bersamaan. Selain itu, telah mendukung Audio True Wireless Stereo (TWS) dengan latensi rendah dan encoding LC3 untuk kualitas video tinggi dan streaming audio yang hemat daya.

POCO selalu berkomitmen mendobrak pasar dengan menghadirkan smartphone performa ekstrem, harga ekstrem. Melalui berbagai keunggulan yang dimiliki prosesor kelas flagship Dimensity 1100, pengalaman mobile yang sangat baik dengan POCO X3 GT ini bisa dinikmati pengguna hanya dengan harga mulai dari empat jutaan saja.

Erajaya Buka Pre-order DJI Action 2

DJI Action 2

tabloidpulsa.id – Erajaya Active Lifestyle bersama dengan DJI membuka pre-order DJI Action 2. Action kamera dengan desain magnetik yang dapat di lepas-pasang, memberikan pengalaman unik dalam mengabadikan momen berharga dengan resolusi kamera 4K/120fp. Action camera ini memiliki kelebihan tersendiri dari pendahulunya, yaitu berukuran lebih kecil, lebih fleksibel, serta lebih bertenaga. Pre-order DJI Action 2 berlangsungdari 27 Oktober – 10 November 2021 secara offline di jaringan  outlet Urban Republic, DJI Authorized Retail Store di Grand Indonesia, serta di outlet iBox dan Erafone tertentu. Pre-order juga dapat dilakukan secara online melalui platform e-commerce eraspace.com, DJI official store di marketplace Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Akulaku.

Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, menyatakan, “Pasar action camera dunia diperkirakan akan tumbuh pesat, dengan CAGR sekitar 18% di tahun 2021 ke 2026. Ini di dorong oleh beberapa keunggulan dibandingkan dengan tipe kamera point-and-shoot atau DSLR. Pengguna dapat merekam video 4K dengan mudah, ukurannya mungil, dan dapat digunakan untuk mengabadikan momen-momen bersama keluarga, atau dalam kondisi menantang pada olahraga ekstrim seperti surfing, mountain biking, sky diving dan lain-lain. Kali ini kami dengan bangga membawa action camera terbaru dari DJI, yaitu DJI Action 2, ke Indonesia. Ini sekaligus menandai kuatnya kerjasama antara EAL dan DJI yang telah terjalin sekian lama. Kami mengundang pelanggan setia DJI untuk mencoba langsung produk baru ini di DJI ARS di Mal Grand Indonesia lantai 3A.”

DJI Action 2 Dual-Screen Combo dijual Rp 8.599.000, sudah termasuk unit kamera, modul layar sentuh depan, lanyard magnetik, dudukan adaptor ball-joint magnetik, dan dudukan adaptor magnetik. DJI Action 2 Power Combo dibanderol seharga Rp 6.899.000, sudah termasuk unit kamera, modul daya, lanyard magnetik, dan dudukan adaptor magnetik. Semua kelengkapan aksesoris lainnya termasuk DJI Mic dijual terpisah.

“Meskipun Anda sedang berlomba menuruni gunung atau bermain dengan anak-anak di taman bermain, semua orang berhak mendapatkan alat yang mudah dan intuitif untuk mengabadikan dan mengingat momen-momen hidup,” ujar Paul Pan, Senior Product Line Manager DJI. “Kami mempelajari kamera aksi kami hingga ke dasarnya dan membangunnya kembali dari awal, hanya untuk menciptakan DJI Action 2. Anda dapat melakukan konfigurasi kamera ini untuk jalan-jalan di lingkungan sekitar, meluncur di tebing, festival musik, dan momen penuh aksi lainnya. Action camera ini menyematkan teknologi legendaris DJI dalam rangkaian mount dan fitting terbaru yang revolusioner, membuatnya lebih mudah untuk melihat kehidupan Anda dalam beraksi.”

Selama periode pre-order, pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan cashback sampai dengan Rp 500.000 dan cicilan 0% hingga 12 bulan dengan menggunakan Kartu Kredit Bank BCA, Bank Mandiri dan CIMB Niaga di jaringan outlet Urban Republic dan DJI Authorized Retail Store. Pelanggan juga dapat menikmati cashback  hingga Rp 500.000 untuk pemesanan pre-order melalui DJI official store di e-commerce marketplace. Pengambilan dan pengiriman unit pre-order DJI Action 2 akan dimulai pada tanggal 11 November 2021.

Dengan Semangat Sumpah pemuda, JOOX Menghadirkan Kolaborasi Musik dan Budaya

JOOX

tabloidpulsa.id – Setelah enam tahun setia menemani penikmat musik di Indonesia, JOOX kini telah berevolusi menjadi Social & Entertainment Discovery Platform yang memberikan pengalaman lebih dari musik. Didukung dengan berbagai fitur interaktif, seperti ROOMS, Live, dan Karaoke, JOOX menyambut lebih banyak insan kreatif untuk memanfaatkan JOOX sebagai wadah kolaborasi untuk dapat menemukan berbagai hal, mulai dari musik, komunitas, hingga pengalaman baru. Untuk merayakan perjalanan ini dan dengan semangat Sumpah Pemuda, JOOX bersama Laleilmanino, Visinema, Swara Gembira dan berbagai komunitas kesenian menghadirkan kolaborasi akbar SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada”

“Setelah 6 tahun hadir di Indonesia, kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci dalam mendukung kemajuan industri kreatif Indonesia. Adanya kebutuhan pengguna untuk dapat dengan mudah menikmati hiburan dan terhubung kapan pun dan di mana pun, JOOX terinspirasi menjadi platform yang memberikan pengalaman lebih dari musik. Seiring peningkatan konsumsi lagu lokal di JOOX yang mencapai 75%, JOOX menghadirkan kolaborasi akbar SVARA ini yang merupakan awal dari perjalanan kami menjadi wadah kolaborasi yang berkontribusi dalam mendukung perkembangan industri musik dan kreatif tanah air,” ujar Head of Marketing JOOX Indonesia, Yuanita Agata.

Berawal dari keinginan yang sama antara JOOX dan Laleilmanino untuk menghadirkan suatu karya yang berbeda di milestone usia barunya, perjalanan penuh makna “SVARA” ini diinisiasi untuk mencari inspirasi dengan cara membuka diri dan menemukan makna dari segala sesuatu yang ada di sekitar kita. “Setelah 7 tahun berkarya dan membuat 100 lagu, Kami ingin menemukan inspirasi bermusik dan perspektif baru. Kolaborasi SVARA bersama JOOX ini mengajak kami mengunjungi beberapa kota di Indonesia dan mempertemukan kami dengan banyak masyarakat dan komunitas lokal yang dengan konsisten memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia kepada masyarakat luas. Inspirasi dan pesan yang kami temukan dari masyarakat, musik, dan budaya yang kami temui selama perjalanan ini kami tuangkan ke dalam 4 lagu JOOX Original baru,” jelas Laleilmanino, Trio Produser Musik.

Untuk membawakan 4 lagu original tersebut, JOOX dan Laleilmanino mengajak empat musisi muda Indonesia yang memiliki genre musik berbeda, yaitu Baila Fauri, Diskoria Selekta, HIVI!, dan Rizky Febian. Cerita perjalanan menemukan inspirasi dan cerita di balik 4 lagu original tersebut juga didokumentasikan dan digambarkan secara apik dalam bentuk 5 episode dokumenter oleh Visinema Content.

Visinema sebagai rumah produksi yang menjadi wadah bagi bakat-bakat muda Indonesia yang ingin tumbuh dan berkembang bersama diwakili oleh Sonny Laksamana selaku Sutradara SVARA menyampaikan,Kami tentunya sangat senang berpartisipasi dalam sebuah karya kolektif yang merupakan kolaborasi akbar dari para insan kreatif Indonesia. Sebagai kolaborator, kami ingin berpartisipasi dalam menggambarkan dan menyampaikan pesan serta makna yang Lale Ilman Nino dan JOOX temukan dalam proses pencarian inspirasi tersebut. Melalui dokumenter ini pun, kita semua dapat melihat bagaimana para komunitas berkarya sesuai kata hati mereka serta keindahan musik dan budaya Indonesia.”

Untuk mengeksplorasi budaya dan musik lokal selama perjalanan, JOOX juga melibatkan Swara Gembira yang memiliki misi untuk merevolusi seni budaya agar digemari muda-mudi Indonesia yang dikemas dengan konsep kekinian. “Indonesia memiliki ragam budaya yang unik dari setiap daerahnya, mulai dari tarian, musik dan elemen lainnya yang perlu digaungkan kepada generasi muda. Dengan hadirnya kolaborasi ini, kami berharap dapat merepresentasikan budaya dalam karya yang modern. Tentunya ini agar generasi muda semakin bangga terhadap kekayaan tradisi Indonesia,” jelas Oi dari Swara Gembira

Seluruh episode dokumenter SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada” dapat segera disaksikan oleh seluruh pengguna pada tanggal 5 November 2021 melalui fitur JOOX Live. Sedangkan 4 lagu SVARA akan dirilis secara berkala setiap minggunya mulai tanggal 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi JOOX. 

Youtap Luncurkan Fitur Belanja Stok dan Pesan dari Hape

Youtap

tabloidpulsa.id – Youtap Indonesia terus berkembang dan membangun ekosistem digital terbesar untuk pelaku usaha Indonesia. Di ekosistem digital yang telah digunakan oleh lebih dari 200 ribu pelaku usaha, Youtap juga telah bermitra dan terintegrasi dengan banyak enterprise strategis seperti bank, penerbit uang elektronik, E-Wallet, penyedia jasa layanan financing, distributor, supplier, logistic, dan banyak lainnya.

Melengkapi ekosistem digital, Youtap Indonesia kembali menguatkan visinya membantu dan memberdayakan para pelaku usaha dengan meluncurkan dua fitur teranyar, Belanja Stok dan PHP (Pesan dari Hape). Kedua fitur ini melengkapi rangkaian solusi digital yang memang dirancang untuk membuka peluang usaha dan memacu para pelaku usaha untuk dapat bangkit serta semakin berkembang di masa pemulihan perekonomian seperti sekarang.

CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto mengatakan “Kami tetap memfokuskan layanan kami di sisi pelaku usaha, dan terus membangun ekosistem digital yang memberdayakan berbagai peluang usaha. Kami terus bergerak mendorong adopsi digital untuk pelaku usaha Indonesia dengan secara konsisten melakukan edukasi dan menghadirkan inovasi terbaru. Saat ini kami meluncurkan dua inovasi terbaru, yaitu Belanja Stok dan Pesan dari Hape (PHP) yang memberikan banyak peluang usaha dan sangat relevan dengan kondisi pasar saat ini. Melalui solusi ini, pelaku usaha bisa dengan mudah ber-Belanja Stok dari berbagai supplier untuk usaha nya dengan harga grosir yang kompetitif, dan juga berjualan secara online melalui e-menu sehingga pelanggan bisa dengan mudah melakukan Pesan dari Hape -nya di manapun, kapanpun.”

Inovasi dan solusi terbaru ini semakin melengkapi layanan solusi digital dan ekosistem digital Youtap yang saat ini telah bermitra dengan banyak mitra strategis seperti Bank Mandiri, LinkAja, Shopeepay, OVO, CIMB Niaga, BNI, BRI, Kredivo, Koinworks, Telkomsel, JAPFA, Dima dan Borong.

Melalui layanan Belanja Stok, Youtap tidak hanya menawarkan kemudahan membeli stok dari mitra supplier dengan harga menarik, tapi juga menghubungkan dan membuka peluang baru antara satu pelaku usaha ke pelaku usaha lainnya. Youtap memfasilitasi dan menawarkan rantai pasok baru yang saling memberdayakan antar pelaku usaha. Sedangkan fitur PHP (Pesan dari Hape) dapat dimanfaatkan oleh teman usaha Youtap untuk menawarkan cara mudah memesan dan membayar bagi pelanggan-nya di manapun kapanpun melalu e-menu yang terintegrasi dengan Tablet Usaha dan Portal Usaha Youtap. Mitra pelaku usaha bisa menggunakan layanan PHP ini untuk emenu dine-in, take-away, pick-up dan delivery. Layanan ini akan semakin membuat para pelaku usaha terutama UMKM untuk menjadi lebih modern dan dapat menangkap peluang untuk berkembang.

Meski baru satu setengah tahun hadir di Indonesia, Youtap cukup berhasil mendorong UMKM mengadopsi solusi digital dalam model bisnis mereka. Berdasarkan data internal, jumlah merchant yang bernaung dalam Youtap meningkat signifikan hingga 14 kali lipat dibandingkan pada data tahun semester 1 di 2020 menjadi 200 ribu merchant pada Oktober 2021. Kenaikan ini menunjukkan semakin banyak peluang dari solusi digital yang ditawarkan oleh Youtap sehingga memunculkan kepercayaan dari banyak pelaku usaha. Layanan Youtap juga sudah diadopsi oleh merchant atau pelaku usaha di skala enterprise besar seperti McDonald’s, Hero Group, Bumame, Solaria, Domino, Breadlife, Emados, Apotik Roxy, ACT, U-point Telkom dan lainnya.

Digunakan lebih dari 510 kota/kabupaten, merchant Youtap tersebar mulai dari ujung barat Indonesia (Toko Mawar di Sabang, Pulau Weh, Aceh), ujung utara (Merchant Milka, di Pulau Laut di Natuna, Kepulauan Riau), ujung selatan (Merchant Kk Bo’i, Boa, Rote Ndao di NTT), hingga ujung timur (Kios Aqilah, Sota di Papua). Hal ini karena mudahnya mendapatkan layanan ini, dimana pengguna cukup mengunduh Aplikasi Usaha Youtap melalui Playstore dan Appstore yang gratis dan hanya butuh 1 menit untuk daftar.

CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto mengatakan, “Situasi sulit melahirkan kreativitas dan ketangguhan. Pandemi Covid-19 yang nyatanya memangkas mobilitas dan pertemuan tidak menghalangi Youtap dan para pelaku usaha untuk tetap adaptif, inovatif, dan solutif dalam mencari peluang. Bagi Youtap, hal ini menjadi dorongan yang luar biasa dalam menemani teman pelaku usaha dalam melewati masa sulit dengan beragam solusi digital. Youtap konsisten menawarkan solusi digital terlengkap mulai dari Aplikasi Usaha, Tablet Usaha, Portal Usaha, Aplikasi Loyalitas SNAP, sampai yang terbaru Belanja Stok dan Pesan dari Hape. Kami bangga dengan solusi yang kami tawarkan telah mendapatkan kepercayaan dari banyak pelaku usaha dan perusahaan terkemuka untuk mengembangkan produk dan layanan mereka. Kami juga selalu mengedepankan inovasi dan riset untuk mengatur strategi dan menarik personil terbaik untuk bergabung bersama kami”

ShopeePay 11.11 Big Deals Hadirkan Promo Cashback 100%

ShopeePay 11.11 Big Deals

tabloidpulsa.id – ShopeePay hari ini meluncurkan salah satu kampanyeterbesar di tahun ini, yaitu ShopeePay 11.11 Big Deals. Berlangsung pada 28 Oktober – 12 November, kampanye ini menghadirkan serangkaian promo untuk memberikan pengalaman transaksi digital terbaik bagi pengguna seperti Late Night Deals Rp11, Cashback 100%, hingga Paket Voucher ShopeeFood Rp1

Dengan mengusung semangat Hari Pahlawan yang diperingati setiap bulan November, kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals juga menjadi momentum untuk memfasilitasi seluruh masyarakat Indonesia dalam mengamplifikasikan dampak positif yang lebih besar dari penggunaan pembayaran digital. Melalui berbagai program stimulus berupa rangkaian promo cashback dan kampanye, pengguna  memiliki kesempatan untuk belanja dengan lebih hemat di lebih banyak merchant, terutama UMKM. Di saat yang bersamaan, kampanye ini juga ingin berperan dalam mendukung pelaku bisnis dengan meningkatkan angka transaksi serta memudahkan operasional bisnis melalui digitalisasi pencatatan transaksi harian.

Cindy Candiawan, Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay mengatakan, “Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengandalkan pembayaran digital di tengah pandemi, ShopeePay terus berupaya untuk memberikan kehidupan yang lebih baik melalui teknologi. Upaya kami terwujudkan lewat perluasan ekosistem ShopeePay ke berbagai lini industri, menghadirkan inovasi fitur yang relevan bagi pengguna, serta memperluas akses top up saldo ShopeePay secara online dan offline. Kami juga secara rutin menghadirkan berbagai kampanye menarik untuk menghadirkan pengalaman transaksi digital yang menguntungkan bagi pengguna, salah satunya dengan ShopeePay 11.11 Big Deals.”

Sependapat dengan pandangan tersebut, Julius Putranto Komang yang merupakan Founder & Owner Penyetan Cok menjelaskan, “Situasi masa pandemi telah mendorong semakin banyak konsumen beralih ke pembayaran digital. Terlebih dengan adanya promo menarik dan momen-momen khusus seperti kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals yang menjadi daya tarik bagi konsumen untuk bertransaksi lebih besar. Berkaca dari kampanye tanggal cantik ShopeePay sebelumnya, transaksi menggunakan ShopeePay di gerai kami bisa meningkat hingga lebih dari 2x lipat. Hal ini yang memungkinkan kami untuk terus mengembangkan bisnis, sehingga bisa memberikan dampak positif yang lebih besar terhadap lebih banyak orang.”

Kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals menghadirkan promo yang lebih besar dan menarik, seperti: 

  • Cashback 100%: Voucher Cashback 100% seharga Rp100 yang bisa digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan seperti makan, jajan, hingga belanja dengan lebih hemat melalui fitur Deals Sekitarmu pada aplikasi Shopee.
  • Late Night Deals Rp11: Voucher Cashback 100% seharga Rp11 spesial di merchant pilihan yang tersedia secara terbatas di pukul 21.00 hingga 24.00.
  • Paket Voucher ShopeeFood Rp1: Paket bundling berisi berbagai voucher potongan harga ShopeeFood senilai total Rp150.000 dengan harga Rp1. 

Seluruh penawaran promo tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi di ratusan merchant dari berbagai kategori, diantaranya Gong Cha, Solaria, Sour Sally, Auntie Anne’s, Alodokter, Penyetan Cok, Kembang Joyo, Pasar Now, Indodax, Englishnesia, hingga Alfamart, Indomaret, dan Superindo. Tak sampai di situ, pada puncak kampanye yang berlangsung 11 November, pengguna akan disuguhkan berbagai promo yang tak kalah menarik seperti ShopeePay Deals Rp1, Diskon s/d 111 Ribu, hingga Alfamart Flash Sale Rp1,100. Seluruh rangkaian promo ini turut melengkapi kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung 18 Oktober hingga 11 November. 

Mona Ratuliu sebagai Ibu Rumah Tangga & Pengguna Setia ShopeePay turut mengekspresikan antusiasmenya, “Pembayaran digital memang telah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk saya dan orang-orang di sekitar saya. Mulai dari berbelanja, kuliner, hingga bayar tagihan. Sebagai pengguna setia ShopeePay, saya sendiri telah membuktikan bahwa transaksi dengan ShopeePay jauh lebih menguntungkan daripada uang tunai, sehingga dapat dialokasikan untuk belanja yang lain, terutama dari UMKM. Karena itu, manfaatkan promo spesial ShopeePay 11.11 Big Deals untuk memberi dampak positif yang lebih besar untuk sesama.”

Informasi lebih lengkap mengenai promo dan keseruan ShopeePay 11.11 Big Deals dapat ditemukan di sini. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

Editor's Pick