Home Blog Page 519

Sharp HP-BC50, Headphone Wireless dengan Desain Bone Conduction

Sharp HP-BC50

tabloidpulsa.id – Jelang pertengahan Februari 2022 pemerintah Indonesia kembali meningkatkan PPKM ke level 3 di sejumlah kota besar. Beragam aktivitas kembali dilakukan di rumah, mulai dari bekerja dan belajar secara daring, hingga berolahraga. Guna menunjang beragam kebutuhan tersebut, Sharp Indonesia meluncurkan Headphone wireless HP-BC50 model Bone Conduction pada 9 Februari 2022.

Bone Conduction merupakan adaptasi terbaru dari Sharp Indonesia yang memberikan solusi dari ketidak nyamanan hingga rasa nyeri di daun telinga yang timbul akibat terlalu lama menggunakan headphone. Bentuknya yang dinamis dan tidak menutup lubang telinga saat dipakai, membuat pengguna dapat tetap menjaga privasi namun tetap dapat mendengar dengan jelas keadaan di sekitar.

“Teknologi Bone Conduction memanfaatkan tulang telinga di bagian luar, sehingga tidak berpotensi untuk mencederai daun telinga meskipun digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga aman digunakan saat bekerja dari rumah, sekolah daring, maupun saat berolahraga,” terang Ardy selaku Head of Marketing AUVI Product Strategy Division.

Keamanan dan kenyamanan produk juga dirasakan dari bagian dalam telinga, dimana getaran gelombang yang dihasilkan akan dirasakan tulang telinga dan masuk ke indra pendengaran, tanpa menyumbat lubang telinga.

Jenis headphone Bone Conduction juga memberikan keuntungan bagi pengguna yang memiliki hobi berolahraga. Memiliki bentuk yang ramping dengan lebar 10,5 cm, tinggi 4,4 cm, dan panjang 14,2 cm, dan bobot yang tergolong ringan 34 gram, akan memudahkan berbagai aktivitas olahraga, bahkan dengan intensitas gerakan yang cukup tinggi.

Menilik dari segi fiturnya pun cukup melimpah, mulai dari waktu penggunaan 6 jam, Easy 1 Button Control, Built-in Mic, Earsfree Listening, dan terutama dengan disematkan memori internal sebesar 2 GB. Kapasitas memori besar ini memungkinkan penggunanya menyimpan ratusan lagu, sehingga dapat dimainkan tanpa menghubungkan headphone ke smartphone atau gawai lainnya. Melengkapi beragam fitur tersebut Sharp HP-BC50 memiliki sertifikasi waterproof IP66, artinya headphone ini aman dari cipratan air atau keringat.

“IP66 dan Built-in Memory 2GB merupakan fitur eksklusif yang tidak dimiliki semua headphone, ditambah dengan fitur melimpah lainnya dan didukung teknologi Bone Conduction akan diminati oleh konsumen. Mempertimbangkan seluruh kemampuan tersebut, pada peluncuran hari ini (9/2), kami membandrol Sharp HP-BC50 dengan harga IDR 955.000, yang dapat ditemukan di gerai offline, E-store, dan E-Commerce Sharp Indonesia,” tutup Ardy.

Niat Beli Infinix INBOOK X2? Cek Dulu Dukungan Service Centernya

Infinix INBOOK X2

tabloidpulsa.id – Laptop Infinix INBOOK X2 baru saja hadir ke tengah-tengah masyarakat. Dengan dimensi yang ringan, INBOOK X2 juga membawa spesifikasi yang terbilang ciamik di kelasnya. Namun bagaimana sih dengan layanan service centernya?

Semua layanan after sales produk Infinix, termasuk INBOOK X2, terpusat di Carlcare Center yang tersebar di seluruh Indonesia. Tercatat hingga saat ini terdapat 120 pusat layanan yang sudah tersebar di sejumlah kota besar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan lainnya.

Dengan jumlah layanan pusat perbaikan yang cukup banyak, para pengguna tidak perlu khawatir lagi jika hendak membeli produk Infinix. Konsumen juga mengunduh aplikasi Carlcare jika hendak mencari layanan perbaikan terdekat.

Tak hanya layanan perbaikan yang lengkap, INBOOK X2 juga memiliki garansi yang terbilang lama, yakni 24 bulan untuk laptop dan 12 bulan untuk baterai serta adapter. Selain itu, proses perbaikan hanya berlangsung 7 hari namun jangan lupa membawa kartu garansi ya.

Infinix juga menjamin pergantian part atau unit baru jika periode penggunaan masih 30 hari sejak pembelian. Dengan kata lain, Infinix menjamin kenyamanan konsumen secara maksimal agar pengguna senantiasa merasa tenang.

INBOOK X2

Beralih ke speknya, INBOOK X2 dilengkapi prosesor mumpuni dari Intel untuk menunjang produktivitas pengguna, baterai kapasitas besar 50Wh yang memberi daya tahan penggunaan sepanjang hari, dan Infinix Simple File Sharing yang memudahkan kolaborasi antar perangkat. Seri laptop terbaru Infinix hadir dengan sejumlah varian, mulai dari INBOOK X2 Intel Core i7 /i5 /i3.

Bodi yang terbuat dari material metal dan bobot hanya 1.24kg membuat pekerjaan dengan mobilitas tinggi lebih mudah dan nyaman, sebuah kebutuhan yang penting untuk saat ini. Cakupan rentang warna 100% sRGB meningkatkan reproduksi warna secara signifikan pada layar INBOOK X2, memberi pengguna pengalaman menonton yang kaya warna dan cerah saat menikmati konten media online.

Di sesi first sale JD.ID pada 10 Februari 2022 besok, INBook X2 tersedia mulai dari harga Rp5,999,000 untuk varian Intel i3, Rp 8,299,000 untuk varian Intel i5, dan Rp 9,749,000 untuk varian Intel i7. First sale INBook X2 dapat dikunjungi di tautan ini.

LinkAja Jadi Platform Keuangan Digital Pilihan Utama Peserta Kartu Prakerja

Kartu Prakerja

tabloidpulsa.id – LinkAja sebagai salah satu mitra pembayaran program Kartu Prakerja, telah menjadi pilihan utama dari peserta program Kartu Prakerja pada tahun 2021. LinkAja mencatat 26% dari total peserta program Kartu Prakerja telah menggunakan LinkAja sebagai platform untuk penerimaan insentif program di tahun 2021. Hal ini sejalan dengan perkembangan LinkAja sebagai platform layanan keuangan digital yang kini memiliki lebih dari 80 juta pengguna terdaftar.

“Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengapresiasi capaian yang telah didapat LinkAja pada Tahun 2021 tersebut. Pada Tahun 2021, LinkAja bersama Mitra Pembayaran kami yang lain sukses menyalurkan insentif kepada lebih dari 5,9 juta Peserta yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia mencakup 33 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota. Kami menilai bahwa hal ini adalah buah kolaborasi dan gotong royong bersama antara Pemerintah, BUMN dan Swasta sehingga Pemerintah dapat hadir melayani masyarakat Indonesia. Melalui teknologi, kita dapat membuktikan bahwa masyarakat Indonesia yang ada di pelosok negeri dapat tersentuh layanan Pemerintah. Saya harap LinkAja dapat terus berkomitmen melanjutkan semangat ini, menjangkau dan melayani masyarakat di seluruh negeri bersama Program Kartu Prakerja” jelas Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

Sebagai pilihan utama dari peserta program Kartu Prakerja, LinkAja memiliki keunggulan dalam ketepatan waktu proses disbursement dana insentif yang sesuai jadwal, kemudahan akses untuk memenuhi berbagai kebutuhan layanan keuangan digital yang lengkap serta kemudahan penarikan tunai yang dapat dilakukan melalui ATM Bank Himbara dan agen BRILink.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik sebagai salah satu platform keuangan digital penyalur dana insentif yang tepat dan cepat. Kami percaya dengan ekosistem yang semakin lengkap, LinkAja mampu mendukung upaya pemerintah dalam mengakselerasi inklusi keuangan digital dan juga adopsi digital masyarakat terutama di tengah pandemi. Kami akan terus berinovasi untuk tetap menjadi platform pilihan utama bagi peserta program Kartu Prakerja dan terus mendukung digitalisasi penyaluran program-program pemerintah” jelas Widjayanto, Direktur Operasi PT. Fintek Karya Nusantara (LinkAja).

Besaran insentif Program Kartu Prakerja dari Pemerintah yang disalurkan melalui LinkAja kepada peserta Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  • Insentif Pasca Pelatihan : Rp 2.400.000, disalurkan melalui LinkAja secara bertahap (4 x Rp 600.000)
  • Insentif Pengisian Survei : Rp 150.000, disalurkan melalui LinkAja secara bertahap (3 x Rp 50.000)

Dana insentif yang disalurkan tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh layanan ekosistem yang disediakan LinkAja, di antaranya pembelian pulsa, pembayaran tagihan listrik, hingga pemenuhan kebutuhan sehari-hari di berbagai merchant lokal maupun merchant nasional yang sudah mencapai 2 juta. Peserta Program Kartu Prakerja juga dapat dengan mudah menarik dana insentif tersebut di ATM Bank Himbara terdekat.

LinkAja percaya dengan berbagai jenis layanan keuangan digital dan jaringan layanan yang luas akan meningkatkan adopsi layanan keuangan digital di Indonesia. LinkAja akan terus berkomitmen untuk menjawab kebutuhan layanan keuangan yang aman dan mudah untuk diakses oleh masyarakat, termasuk peserta program Kartu Prakerja. Hal ini sejalan dengan komitmen LinkAja untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Hingga saat ini, LinkAja telah memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia melalui ekosistem digitalnya yang paling lengkap. LinkAja memiliki lebih dari satu setengah juta merchant lokal, lebih dari 400 ribu merchant nasional, 30 moda transportasi, lebih dari 790 pasar tradisional, dan lebih dari 13 ribu online marketplace.

LinkAja juga telah dapat digunakan untuk melakukan transfer ke semua rekening bank, melakukan pembayaran berbagai kebutuhan sehari hari seperti pulsa, listrik, dan tagihan lainnya, iuran BPJS, hingga pembelian berbagai layanan keuangan seperti produk reksadana dan asuransi mikro. Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

POCO Berikan Penawaran Menarik di Layanan After Sales

Layanan After Sales

tabloidpulsa.id POCO memberikan kenyamanan penggunaan smartphone POCO melalui layanan after sales yang ekstrem, termasuk layanan contact center yang prima dan loan unit serta Free Pick Up & Delivery.

“Kami terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk para POCO Fans termasuk melalui layanan after sales kami,” ujar Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia. “Tim contact center yang selalu responsif dan program loan unit serta Free Pick Up & Delivery yang kami tawarkan diharapkan bisa memberikan kenyamanan penggunaan smartphone POCO yang mereka miliki.”

Contact center untuk layanan after sales ini bisa diakses melalui nomor telepon 0800-1-401558 (bebas pulsa) dan nomor WhatsApp 0821-1723-6765 serta email ke service.id@xiaomi.com, dengan waktu layanan setiap hari mulai dari 09:00-18:00 WIB.

Melalui layanan service center bersama Xiaomi ini, para pengguna smartphone POCO juga bisa mendapatkan layanan loan unit atau unit pinjaman untuk dipakai para pengguna yang memperbaiki smartphone mereka di Exclusive Service Center (ESC). Layanan ini merupakan salah satu bentuk cara POCO dalam mendukung para pengguna agar tetap bisa beraksi selama smartphone mereka diperbaiki.

Loan Unit adalah layanan yang menyediakan smartphone pinjaman yang bisa dipakai untuk sementara sambil menunggu perbaikan rampung di pusat servis. Layanan ini ditawarkan apabila teknisi dari ESC memutuskan bahwa perbaikan membutuhkan waktu lebih dari dua jam atau tidak bisa selesai pada hari yang sama.

Tipe smartphone yang dipinjamkan bergantung pada kesediaan di ESC tersebut. Ponsel pinjaman dikembalikan saat pengguna mengambil smartphone yang selesai diperbaiki. Layanan ini untuk sementara hanya tersedia di 50 ESC yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. 

Bersama dengan Xiaomi, POCO memiliki cakupan layanan after sales yang terbaik di Indonesia dengan 150+ pusat servis yang tersebar di berbagai kota dan mencakup seluruh provinsi di Indonesia. Sebagian Xiaomi Store dan Xiaomi Shop baru-baru ini juga melayani penerimaan unit untuk diperbaiki menjadikan cakupan titik layanan mencapai 400 tempat lebih. 

Dan untuk mendukung dalam mengurangi penyebaran pandemi saat ini, layanan after sales ini semakin ekstrem dengan mengedepankan komitmen keep safe service from home melalui penawaran layanan Free Pick Up & Delivery yang bekerjasama dengan mitra ojek online kepada semua pengguna, baik untuk unit yang masih dalam masa garansi (In Warranty) maupun di luar masa garansi (Out of Warranty). Pengguna hanya perlu untuk menghubungi contact center layanan After Sales tersebut untuk melakukan janji pengambilan dan pengantaran unit yang diperbaiki. 

“Dengan layanan after sales ekstrem tersebut, kami yakin dapat melengkapi komitmen kami dalam memberikan produk ekstrem dalam harga yang ekstrem kepada semua POCO Fans,” pungkas Andi.

PermataBank dan BPAM Hadirkan Produk Reksa Dana Syariah Terbaru

Reksa Dana Syariah

tabloidpulsa.id – PermataBank melalui PermataBank Wealth Management bekerja sama dengan Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) menghadirkan produk reksa dana syariah terbaru dalam mata uang USD yang bernama Batavia Technology Sharia Equity USD (BTSEU).

Produk ini diluncurkan dalam menjawab kebutuhan masyarakat atas tren investasi pada pasar saham global khususnya di sektor teknologi yang sedang tumbuh dan berkembang secara signifikan. Nasabah dan masyarakat dapat langsung berinvestasi pada reksa dana BTSEU melalui PermataMobile X mulai tanggal 16 Februari 2022.

Situasi pandemi saat ini telah mengakselerasi transformasi digital yang sedang berlangsung di dunia. Hal ini telah membuat investasi pada sektor teknologi meningkat pesat seiring utilisasi teknologi digital di kehidupan manusia sehari-hari.

Kehadiran reksa dana syariah Batavia Technology Sharia Equity USD (BTSEU) di PermataBank dapat menjadi solusi bagi investor dalam memperkuat portofolio investasi dengan eksposur pada perusahaan-perusahaan di bidang pengembangan, pemutakhiran, pemanfaatan teknologi, serta peralatan dan jasa komunikasi.

BTSEU berfokus pada peluang pertumbuhan di tema transformasi digital, kecerdasan buatan, cloud computing, new-commerce, FinTech, media baru, periklanan digital, IoT, keamanan TI, dan robotika.

Saat ini BPAM berpandangan tema-tema seperti kecerdasan buatan, elektrifikasi & teknologi otonom, serta Fintech & Blockchain adalah tiga tema utama yang menarik untuk diusung secara lebih dominan di dalam portofolio BTSEU.

Pasar kecerdasan buatan didukung oleh komputasi awan diperkirakan akan mencapai nilai lebih dari USD 100 miliar dalam waktu dekat. Transisi ke kendaraan berbasis listrik diperkirakan akan membutuhkan 1,4 miliar armada baru.

Penetrasi pembayaran digital sudah melebihi 40% secara global dan akan terus bertransformasi seiring kehadiran teknologi baru seperti Blockchain.

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengatakan, “Batavia Technology Syariah Equity USD merupakan bukti komitmen kerja sama antara PermataBank dan BPAM yang telah terjalin dengan baik dan berkelanjutan. Kolaborasi strategis antara PermataBank dan BPAM dalam menawarkan produk-produk reksa dana tematik diharapkan dapat menjawab keinginan serta kebutuhan pasar dan investor. Berkembangnya teknologi yang semakin maju saat ini, dimana akses digital yang semakin meningkat, membuat hampir semua aktivitas publik menjadi digital. Investasi juga dipengaruhi oleh era digitalisasi dimana investor mencari akses yang lebih mudah untuk berinvestasi, terutama pada sektor teknologi. PermataBank berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan memberikan kemudahan akses pada produk investasi yang memberikan nilai tambah bagi investor melalui PermataMobile X, mobile banking kami. Investor dapat dengan mudah melakukan investasi semudah melakukan kegiatan digital lainnya dalam genggaman.”

Lilis Setiadi, President Director PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen menambahkan, “Kehadiran teknologi sebagai salah satu megatrend dunia telah menarik perhatian investor di seluruh dunia untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan berbasis teknologi, tidak terkecuali di Indonesia. Dengan menggandeng Franklin Templeton (salah satu perusahaan Manajer Investasi terkemuka dunia) sebagai penasihat teknis, kami percaya kehadiran Batavia Technology Syariah Equity USD dapat menjadi kendaraan yang tepat bagi nasabah PermataBank untuk turut menikmati pertumbuhan di sektor teknologi. Kinerja sektor teknologi sendiri telah terbukti konsisten dan menarik dalam jangka panjang. Selain itu, dengan mengkombinasikan perusahaan-perusahaan teknologi raksasa dengan perusahaan-perusahaan yang masih berkembang ke dalam portofolio BTSEU, nasabah akan berkesempatan untuk berinvestasi pada calon-calon raksasa teknologi kedepannya.”

PermataBank Wealth Management menawarkan berbagai jenis investasi reksa dana mulai dari Rp 100.000, baik dalam bentuk profil risiko rendah seperti reksa dana pasar uang, hingga profil risiko tinggi seperti reksa dana saham.

Nasabah PermataBank dapat berkonsultasi dengan petugas dari PermataBank Wealth Management mengenai produk reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan, profil risiko, serta tujuan keuangan Nasabah. Komitmen untuk memberikan kemudahan dalam layanan investasi mendorong PermataBank Wealth Management dan BPAM untuk bersinergi dalam memberikan produk manajemen aset yang inovatif dan relevan, salah satunya adalah melalui reksa dana BTSEU.

AVARO Luncurkan WiFi Smart Door Lock dengan AI Technology

WiFi Smart Door Lock

tabloidpulsa.idAVARO turut meramaikan tren smart living di Indonesia dengan meluncurkan WiFi Smart Door Lock. Perangkat smart home yang menyasar keluarga muda dengan hunian cerdas di Indonesia ini hadir dalam dua pilihan model, yakni AVARO WiFi Smart Door Lock SL01 dan AVARO WiFi Smart Door Lock SL02.

“Gaya hidup smart living dengan dukungan teknologi Internet of Thing (IoT), semakin menjadi tren dan kebutuhan bagi masyarakat modern.  Hal ini pun mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga keamanan rumah. Inilah alasan kami di AVARO untuk meluncurkan produk unggulan terbaru kamsi yakni AVARO WiFi Smart Door Lock with AI Technology,” ungkap Gunadi selaku Sales Manager AVARO.

AVARO WiFi Smart Door Lock SL01 hadir untuk memberi keamanan ekstra di rumah. Dilengkapi dengan teknologi yang dapat mendeteksi 50 data sidik jari dengan akurat, pengguna dapat melakukan pengaturan untuk menutup pintu tanpa mengunci dengan intensitas keluar masuk yang tinggi. Perangkaat ini didukung multi prevention dan tidak akan terbuka salah menginput berkali-kali, pencuri menggunakan alat elektromagnetik dan pencuri menggunakan duplikasi kartu RFID.

Selain menggunakan sidik jari, Smart Door Lock ini juga mendukung beberapa opsi lain seperti PIN Password yang dapat disesuaikan dengan keinginan, mendukung pula untuk 100 ID Card khusus. Menariknya, Door Lock ini menyertakan metode double emergency. Ketika baterai habis, pintu bisa dibuka menggunakan kunci biasa atau bisa dengan power bank untuk keadaan darurat. Sumber daya di Door Lock ini berasal dari baterai A3 sebanyak empat buah yang sangat efisien dan dan dapat bertahan lama.

Smart Door Lock ini memiliki material yang sangat berkualitas dan tahan lama dari bahan Aluminum Alloy. Pun demikian, kunci puntu cerdas ini sudah waterproof IP54. Jadi, aman untuk segala kondisi dan cuaca.

Model kedua yakni AVARO WiFi Smart Door Lock SL02 dilengkapi dengan AI Technology yang menjamin adanya 6 fitur keamanan yang lebih smart dan aman. Teknologi AI ini membuat fitur keamanan di Smart Door Lock lebih aman dan tidak mudah dijebol/hack. Dengan dukungan chip Ai yang tertanam di dalamnya, membuat segala respon security menjadi lebih sensitive. Bahkan, sistem keamanannya mendukung hingga 300  (100 fingerprint, 100 RFID dan 100 PIN/Password).

Smart Door Lock ini begitu pintar karena tidak memerlukan gagang pintu. Ketika sudah mendeteksi sidik jari, PIN, kartu RFID dan remote jarak jauh via aplikasi AVARO, maka besi-besi pengaman akan masuk ke dalam dan pintu akan terbuka secara otomatis. Begitu pun sebaliknya. Mekanisme ini tentunya lebih tahan cuaca karena mendukung waterproof IP54, karat, gesekan, debu dan kotoran dibanding mekanisme kunci biasa.

Smart Door Lock ini memiliki rangka besi yang sangat kuatdan solid. Besi-besinya sendiri ada empat buah untuk memberikan kekuatan ekstra. Bahkan, plat besi ini sudah ditanami dengaan sistem yang terkoneksi langsung dengan Door Lock, sehigga semua dapat bekerja dengan lancar dan cepat.

Smart Door Lock ini juga dilengkapi system alaram khusus yang akan berbunyi jika terjadi 5 kali kesalahan menginput password. Canggihnya lagi, teknologi alarm ini juga akan berbunyi jika terdeteksi ada orang yang mengintip lewat lubang kamera. Sistem kamera ini berada di kunci pintu bagian dalam yang dapat melihat ke luar dengan jelas. Kamera yang tertanam di Door Lock bertipe wide screen, sehingga bisa melihat dengan lebih luas.

Teknologi yang dimiliki oleh AVARO WiFi Smart Door Lock SL02 juga memungkinkan pengguna untuk melihat gambar orang yang berada di depan pintu langsung di smartphone, setelah orang tersebut menekan doorbell. Dan penghuni rumah pintar akan bisa langsung membuka pintu lewat fitur remote dari smartphone.

Smart Door Lock ini didukung baterai berkapasitas 4200 mAh yang sangat efisien dan tahan lama. Lewat teknologi AI, system akan mengirimkan notifikasi ke smartphone jika baterai akan habis. Proses pengisian daya bisa menggunakan power bank untuk keadaan darurat, atau mengandalkan adaptor khusus. Dalam kondisi baterai benar-benar habis, penghuni bisa membuka pintu menggunakan kunci mekanik yang sudah disediakan.

Untuk kenyamanan penggunaan, Smart Door Lock ini bisa dikontrol langsung dari smartphone menggunakan aplikasi AVARO yang dapat diunduh dari Google Play Store atau Apple AppStore.

AVARO WiFi Smart Door Lock tersedia di  official store AVARO di jaringan e-commerce tanah air dengan banderolan harga Rp 1.990.000 untuk AVARO WiFi Smart Door Lock SL01, dan selama masa promosi konsumen akan mendapatkan free Plug, diskon hingga 20% serta free ongkir. Sementara untuk AVARO WiFi Smart Door Lock SL02 dibanderol Rp 2.990.000 dengan tambahan free LED + Plug, Free pemasangan khusus Jakarta serta free ongkir.

Evolusi Desain Back Cover Ponsel OPPO

back cover oppo
perbandingan OPPO Reno7 5G dengan OPPO Reno6 4G - OPPO

tabloidpulsa.id – Desain back cover sebuah ponsel tidak melulu berpusat pada bentuk tatakan lensa kamera, garis-garis tegas hingga pewarnaan yang unik. OPPO juga memadukan keindahan tekstur belakang ponsel ini dengan faktor fungsional yang dibutuhkan penggunanya. Salah satunya adalah desain anti glare yang kesat dengan pengembangan pada ketahanan terhadap goresan. Jadi bikin nyaman dan lebih aman.

Lebih khusus lagi ketika kita membahas desain back cover yang diterapkan di perangkat OPPO Reno Series, OPPO telah mencoba berbagai pendekatan hingga menemukan sebuah formula yang mereka sebut sebagai Reno Glow. Dimana bagian belakang ponsel dibuat tidak licin, namun tetap terlihat mewah.

Lalu dengan menambahkan daya tahan terhadap goresan, desain tersebut kemudian diaplikasikan pada produk-produk OPPO lain dan diberi nama OPPO Glow. Nah, desain OPPO Glow yang nampaknya akan menjadi standar desain back cover OPPO ke depannya juga hadir di OPPO Reno terbaru, OPPO Reno7 5G yang bakal segera dirilis dengan update yang menarik membedakannya dari OPPO Glow yang sudah ada sebelumnya.

Sekedar mengingatkan kita semua, mari kita lihat apa saja perbedaan dari ketiga desain back cover, yang sama-sama berangkat dari upaya menciptakan back cover yang anti glare di ponsel-ponsel OPPO berikut ini.

Reno Glow
Desain Reno Glow diperkenalkan pertama kali pada OPPO Reno4 Series. Dipatenkan oleh OPPO sebagai sebuah teknik pewarnaan melalui pengaplikasian Diamond Coating atau pelapisan kaca liquid di atas permukaan kaca transparan Anti Glare (AG) sehingga menghasilkan warna kerlipan yang seolah-olah menyala. Menghasilkan sebuah permukaan yang tidak glossy alias matte, dengan detil-detil berupa gliter di sepanjang permukaan tersebut.

Saat itu OPPO bekerja sama dengan Pantone Color Institue untuk menciptakan warna ekslusif Galactic Blue untuk Reno4 Series.

Bedanya OPPO Reno6 dengan Reno5
Reno Glow di OPPO Reno6 dan Reno5

Reno Glow melibatkan 3 teknik pelapisan warna. Mulai dari teknik Crystal Drilling yang membentuk jutaan prisma berukuran sangat halus, lalu juga ada teknik Suspended Coating yang akan mengurangi partikel warna dalam kaca hingga 70% sekaligus meningkatkan akurasi warnanya menjadi 16 kali lebih baik.

Terakhir, Reno Glow juga melibatkan teknik light-path texture yang dihasilkan untuk memberikan efek 3D pada arah laju cahaya yang datang ke permukaan kaca.

Desain ini digunakan hingga 3 generasi OPPO, yakni OPPO Reno4 Series, Reno5 Series dan terakhir Reno6 Series.

OPPO Glow
Seiring berjalannya waktu, OPPO memutuskan untuk menggunakan teknologi serupa Reno Glow di ponsel-ponsel terjangkau. Dan OPPO A95 menjadi produk pertama yang membawa teknologi ini di pasaran Indonesia.

Serupa dengan Reno Glow, desain back cover ponsel OPPO ini juga tetap mempertahankan kerlip glitter yang dilapisi dengan kaca matte, alias tidak glossy. Memberikan efek kesat yang sama, menjadikannya tetap nyaman dalam kondisi tangan basah sekalipun, namun juga memberikan tambahan fitur yang mungkin dibutuhkan oleh target pasarnya, Anti Gores!

ponsel oppo a95
OPPO Glow di OPPO A95

Melalui sebuah video yang dibagikan oleh OPPO, terlihat bagaimana bagian R&D mereka melakukan tes ekstrim pada permukaan back cover dengan desain OPPO Glow ini, yang menyematkan double matte finishing sehingga aman dari gesekan benda tumpul bahkan sekelas kawat berduri sekalipun.

Bahkan khusus di OPPO A95 ini, bagian dalam back covernya terjamin untuk tidak mudah terbakar. Mungkin tidak ada hubungannya dengan teknologi pewarnaan yang tengah kita bahas, namun memberikan gambaran yang menjanjikan bagaimana desain ini bisa hadir di semua lini produk OPPO, bukan hanya OPPO Reno series saja.

OPPO Glow dengan LDI
Kehadiran OPPO Reno Series terbaru, yang telah secara resmi bakal diberi nama OPPO Reno7 5G, kemudian menjadi tonggak estafet penggunaan desain OPPO Glow selanjutnya. Namun berbeda dengan OPPO Glow yang sebelumnya kita kenal lewat produk OPPO A95, kali ini teknik pewarnaan back cover OPPO tersebut telah mengalami peningkatan.

Kali ini OPPO memperkenalkan teknik Laser Direct Imaging atau disingkat LDI pada OPPO Glow di perangkat OPPO Reno7 5G. Merupakan yang pertama diterapkan pada perangkat smartphone. Karena sebelumnya teknologi ini banyak digunakan pada fabrikasi semikonduktor, alias jeroan komputer yang membutuhkan tingkat presisi tinggi.

OPPO Glow with LDI in OPPO Reno7 5G

Teknologi pewarnaan menggunakan LDI ini memungkinkan OPPO untk menciptakan jejak bintang dan pola gambar yang terdiri dari 1,2 juta raster berukuran mikro, dengan tingkat presisi hingga 20 mikron. Kalau diperhatikan dengan mata telanjang pun bisa terlihat pola unik yang membentuk back cover OPPO Reno7 5G menjadi lebih menarik. Terutama ketika kejatuhan cahaya dari berbagai sudut.

Baik warna startrails blue maupun starry black, dua pilihan warna di OPPO Reno7 5G, keduanya membawa teknologi OPPO Glow dengan pola yang dibentuk menggunakan teknik LDI di atas. Menjadikannya bukan sekedar kesat dan cantik dari pemendaran cahaya, juga memberikan pola menarik ketika diperhatikan secara cermat.

IOH dan Inligo Networks Siap Bangun Sistem Kabel Bawah Laut Sepanjang 18.000 Km

Kabel Bawah Laut

tabloidpulsa.id — Indosat Ooredoo Hutchison dan Inligo Networks mengumumkan bahwa kedua pihak telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding –MoU) yang tidak mengikat, untuk membangun sistem kabel bawah laut berkapasitas tinggi, Inligo Networks Asia Connect Cable System atau ACC-1.

Berdasarkan MoU tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison dan Inligo Networks sepakat untuk membahas perjanjian kerja sama lebih lanjut untuk membangun ACC-1. Kemitraan ini akan mendukung visi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia dengan mengembangkan jaringan data baru berlatensi rendah dan berkapasitas tinggi melalui kabel serat optik, yang menghubungkan Kota-kota di Indonesia ke Australia, Guam, Singapura, dan Amerika Serikat melalui perairan Indonesia sepanjang lebih dari 18.000 km.

Kemitraan ini hadir seiring Indonesia berupaya mempercepat transformasi digitalnya, termasuk dalam mencapai ‘Indonesia Merdeka Sinyal 4G’ pada akhir tahun 2022, di mana layanan 4G akan tersedia di seluruh Indonesia termasuk wilayah 3T, sembari memperluas jaringan 5G sebagai landasan untuk solusi masa depan.

Pembangunan ACC-1 akan menghadirkan kekuatan jaringan hingga 128 Tbps di seluruh sistem, memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison untuk menyediakan jaringan yang lebih luas mencakup Indonesia bagian timur, dan meningkatkan kapasitas jaringan untuk layanan Business-to-Consumer (B2C) dan Business-to-Business (B2B) yang lebih baik di seluruh Indonesia.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan, “Kemitraan ini memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison menjadi mitra eksklusif untuk jaringan Inligo Submarine, menghadirkan konektivitas berkapasitas tinggi di Indonesia dan kawasan Pasifik lainnya, termasuk potensi mengurangi biaya untuk mengembangkan konektivitas canggih yang menjangkau Kawasan Timur Indonesia dan memperluas portfolio produk kami di layanan telekomunikasi wholesale. Kemitraan ini juga sejalan dengan komitmen jangka panjang kami dalam mempercepat agenda transformasi digital Indonesia yang kami yakini harus didukung oleh sistem kabel bawah laut yang canggih seperti ACC-1.”

Chief Executive Officer Inligo Networks, Brian Evans, mengatakan, “Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi kekuatan digital di Asia Tenggara. Kolaborasi kami dengan Indosat Ooredoo Hutchison akan mendorong konektivitas dan fungsionalitas yang lebih baik di Indonesia, Asia Tenggara, dan kawasan Pasifik. Seiring dengan peranan penting jaringan kabel bawah laut dalam menghubungkan Indonesia yang merupakan negara kepulauan, kemitraan ini nantinya akan meningkatkan lalu lintas data, memfasilitasi transfer data, akses internet, dan penyimpanan cloud yang kini telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat dan bangsa yang semakin digital.”

Kemitraan Indosat Ooredoo Hutchison dan Inligo Networks tersebut sejalan dengan PP 46 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran pasal 20 dan 21, PM Kominfo No.5 BAB VI, dan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 14 Tahun 2021 tentang Alur Pipa dan Kabel Bawah Laut.

Peraturan tersebut mengatur bagaimana perusahaan asing harus bermitra dengan perusahaan telekomunikasi berlisensi di Indonesia dalam membangun jaringan bawah laut internasional melalui wilayah Indonesia.

Mega proyek ACC-1 Inligo Networks akan mulai dikembangkan pada akhir tahun 2022, dengan rute pertama menghubungkan Singapura, Batam, dan Jakarta. Pada pertengahan tahun 2023, pembangunan kabel telekomunikasi bawah laut akan dilanjutkan dari Medan, Makassar, Kupang, Dili (Timor Leste), menuju Darwin (Australia), kemudian dilanjutkan dengan pembangunan dari Manado, Palau, menuju Guam pada akhir tahun 2023. Proyek ini diharapkan akan selesai pada awal 2024, menghubungkan Guam ke Los Angeles (Amerika Serikat), serta sepenuhnya menghubungkan Asia Tenggara, Australia, Pasifik, dan Amerika Serikat.

“Indosat Ooredoo Hutchison memiliki keunggulan kompetitif untuk menarik lebih banyak mitra strategis lintas industri dalam mendorong kolaborasi yang menciptakan lebih banyak peluang bisnis dan mempercepat transformasi digital di Indonesia. Kami percaya bahwa kerja sama ini selaras dengan misi kami untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Desmond.

OPPO Reno7 5G Punya Teknologi Laser Direct Imaging, Apa Itu?

AI Color Portrait Laser Direct Imaging

tabloidpulsa.id – OPPO mulai memperkenalkan perangkat Reno7 di Indonesia melalui event Reno7 5G: Design & Portrait yang berlangsung pada hari ini (8/2). Perangkat ini hadir dengan membawa desain menarik yang dilengkapi dengan teknologi Laser Direct Imaging (LDI), yang menjadi teknologi pertama di industri untuk diterapkan pada eksterior sebuah perangkat smartphone.

“Hari ini, kami mulai memperkenalkan perangkat OPPO Reno7 5G di Indonesia, yang akan membawa teknologi Laser Direct Imaging (LDI). Teknologi ini biasa diterapkan pada proses fabrikasi semikonduktor yang membutuhkan tingkat presisi tinggi dan OPPO berhasil menjadi yang pertama menerapkannya pada perangkat ponsel cerdas. Teknologi LDI memungkinkan desainer kami meniru pola jejak bintang di angkasa untuk menghasikan pola unik pada penampang belakang OPPO Reno7 5G,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Seri Reno merupakan perangkat yang dikenal ikonik terutama pada sisi desainnya. Sebagai pelopor proses Anti-Glare (AG) pada penampang belakang smartphone, OPPO terus berupaya untuk mengembangkan teknologi pada proses manufaktur sehingga dapat menghasilkan penampang Anti-Glare tingkat lanjut yang dinamakan Reno Glow. Teknologi Reno Glow memulai penampilan perdananya pada perangkat OPPO Reno4. Tidak berhenti di situ, OPPO kembali mengembangkan teknologi ini selama tiga generasi berturut-turut hingga menghasilkan sebuah lapisan baru yang kuat sekaligus tahan gores, yang dinamai OPPO Glow. Kini, lapisan tahan gores tersebut juga digunakan pada perangkat OPPO Reno7 5G.

Mengembangkan desain pada Reno ikonik series bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, para desainer dan insinyur OPPO mengembangkan Reno7 5G agar dapat menghadirkan efek visual yang lebih nyata. Hasil akhir dari proses R&D dan manufaktur yang panjang ini berupa teknologi Laser Direct Imaging. LDI memberikan sebuah tantangan baru dalam menciptakan efek yang selaras dengan teknologi OPPO Glow. LDI pada OPPO Reno7 5G meniru jejak bintang di antariksa dan menciptakan pola gambar yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi sebesar 20 mikron. Pola ini kemudian ditransfer ke penampang belakang OPPO Reno7 5G.

Laser Direct Imaging Process

Untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya, OPPO melengkapi Reno7 5G dengan bingkai bagian tengah tiga dimensi (3D) yang membulat. Desain ini selain memberikan kesan perangkat yang tipis, tidak licin, dan nyaman digunakan dengan satu tangan. Perangkat yang membawa baterai besar ini juga dihadirkan dengan ketebalan hanya 7,81mm. Hal ini membuat penggunanya nyaman untuk meletakkan perangkat Reno7 5G ke dalam saku.

Selain desain, OPPO juga menunjukkan kemampuan portrait dari perangkat OPPO Reno7 5G. OPPO akan terus mengembangkan berbagai kemungkinan baru yang dapat dicapai oleh pencitraan foto portrait, baik melalui pengembangan perangkat keras maupun perangkat lunak. Seperti pada perangkat terbarunya, OPPO mengembangkan kemampuan perangkat lunak di OPPO Reno7 5G agar memiliki fitur profesional yang memungkinkan pengguna menyesuaikan besaran bukaan (focal ratio) atau diafragma mulai dari f0.95 hingga f0.16. Dengan algoritma kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya, perangkat OPPO Reno7 5G dapat membuat kedalaman bidang yang berbeda layaknya ketika mengambil foto menggunakan lensa DSLR dengan bukaan lebar.

IFSOC: Dukung Perkembangan Ekonomi Digital, Peran e-KYC Perlu Diperluas

e-KYC

tabloidpulsa.id – Memasuki tahun ketiga pandemi, adopsi teknologi digital di berbagai sektor semakin meningkat, termasuk penggunaan pembayaran serta layanan keuangan digital yang mengarah pada perkembangan ekonomi digital secara meluas. Perkembangan ini secara khusus membutuhkan dukungan untuk menunjang aktivitas, termasuk transaksi di ruang digital, sehingga perluasan peran dan penguatan ekosistem dan proses electronic Know Your Customer (e-KYC) semakin krusial. 

Dari sisi penetrasi internet, hingga tahun 2021, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 72,87%, dan penetrasi pengguna smartphone telah mencapai 72.07%. Di masa pandemi, terdapat 21 juta konsumen digital baru di Indonesia dengan 72% diantaranya berasal dari daerah non-metropolitan. Terkait dengan kepemilikan identitas, sebanyak 168 juta (63%) penduduk telah memiliki identitas berbasis digital dan sebanyak 96 juta (36%) penduduk telah memiliki identitas akan tetapi belum berbasis digital. Kedua hal ini dapat dipandang sebagai peluang untuk mendorong perluasan peran dan pemanfaatan e-KYC. 

Dalam konferensi pers yang dilaksanakan secara virtual tersebut, Ketua Indonesia Fintech Society (IFSoc), Mirza Adityaswara memaparkan, pemanfaatan identitas digital dalam e-KYC mampu memfasilitasi berbagai interaksi individu dan institusi, dan menghasilkan manfaat bagi keduanya. e-KYC juga memungkinkan penciptaan nilai ekonomi untuk berbagai kelompok masyarakat di berbagai sektor dengan mendorong akses layanan yang lebih luas, membantu mengurangi penipuan, meningkatkan transparansi, serta mempromosikan digitalisasi yang efisien dan mudah.

Salah satu negara pelopor yang sudah maju dalam pemanfaatan identitas digital dan e-KYC adalah Estonia. Smart-ID di Estonia memungkinkan pelayanan publik berupa pengiriman online yang 99% aman. Sistem identitas digital memungkinkan Estonia untuk menyelesaikan KYC cek lebih cepat, melakukan pemungutan suara secara online hingga membayar pajak secara digital. Pemerintah Estonia memperkirakan sistem ini menyumbang sekitar 2% dari PDB per tahun.

Mirza juga menegaskan bahwa, pemanfaatan e-KYC di Indonesia saat ini masih menghadapi berbagai tantangan. Saat ini, hukum perlindungan data pribadi di Indonesia masih diatur secara tersebar di berbagai peraturan. Terdapat sedikitnya 46 undang-undang di berbagai sektor legislasi yang kontennya mencakup materi terkait dengan data pribadi. Situasi ini menimbulkan ketidakpastian hukum perlindungan data di Indonesia.

Mirza menambahkan “Oleh karena itu sangat dibutuhkan sistem pengelolaan data yang aman. Lebih jauh, kesadaran masyarakat mengenai perlindungan data pribadi masih rendah, sehingga potensi pelanggaran data masih cukup luas. Metode tick box serta swafoto dengan KTP yang saat ini digunakan, rentan disalahgunakan atau rentan akan terjadinya fraud.” pungkas ekonom senior tersebut. 

Dalam hal perluasan peran dan penguatan ekosistem e-KYC guna mengakselerasi ekonomi digital Indonesia di masa pemulihan, IFSoc menyampaikan tiga pandangan sebagai acuan tindak lanjut para pemangku kepentingan. 

Kolaborasi yang kuat antar pemangku kepentingan 

Anggota Steering Committee IFSoc, Hendri Saparini, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah yang terus mendorong sistem penegakan hukum yang tegas untuk membentuk ekosistem digital yang terpercaya. Hal ini dapat diperkuat melalui percepatan pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) sebagai payung hukum perlindungan data di dalam ruang digital. “IFSoc juga mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan infrastruktur dan kualitas talenta digital yang fokus pada peningkatan digital trust guna memperkuat sistem perlindungan konsumen dan mitigasi risiko penyalahgunaan data” ucap Hendri yang juga dikenal sebagai pendiri think tank CORE Indonesia

Penguatan pemanfaatan e-KYC di berbagai sektor digital 

Pengembangan sistem e-KYC sangat diperlukan, seperti misalnya penambahan data poin atau parameter untuk memperkuat peranan e-KYC serta meminimalisir kerugian akibat eksploitasi data. Dalam hal ini, IFSoc mendorong penguatan peran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam negeri, baik dalam kewenangan, kapasitas infrastruktur teknologi maupun anggaran dalam membangun ekosistem e-KYC yang ideal untuk industri. IFSoc juga mendorong perluasan ruang diskusi antara pemerintah dan pelaku industri untuk membangun sistem e-KYC dan penggunaan identitas digital yang ideal.

Mengacu pada pengalaman beliau di bidang keamanan data, Syahraki Syahrir, Anggota Steering Committee IFSoc, mengimbuhi, “Transformasi digital perlu diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya perlindungan data. Menurut kami, data e-KYC sebaiknya tidak hanya bertumpu pada KTP, tapi perlu data poin lainnya yang dapat digunakan untuk memvalidasi identitas.”

Perlu peningkatan kecakapan digital 

Berikutnya, IFSoc mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi digital kepada masyarakat luas. Kecakapan digital menjadi satu syarat yang mutlak untuk mendukung ekosistem pengembangan ekonomi digital berbasis pemanfaatan identitas digital. Selain itu IFSoc juga mendukung pemerintah memperkenalkan identitas digital serta mendorong sosialisasi kepada masyarakat luas akan pentingnya aspek perlindungan data pribadi dalam ruang digital.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh menyampaikan bahwa Indonesia secara sadar atau tidak sadar sudah masuk pada era digital trust, dimana masyarakat mulai percaya pada layanan digital. Di dalam era digital trust, dibutuhkan perangkat untuk menunjukkan kesahihan data-data diri melalui proses identifikasi, otentikasi, dan otorisasi.

“Biaya e-KYC juga jauh lebih hemat dibandingkan kalau kita masih sepenuhnya manual, biayanya sangat besar. Dalam proses otentikasi, kami mendorong fintech untuk melakukan minimal otentikasi dua arah (two-factor authentication), yaitu dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan foto wajah, dapat juga ditambah dengan tanda tangan digital. Dengan e-KYC biaya yang dikeluarkan akan lebih efisien dan akurat, dengan semakin berkembangnya teknologi,” tutur Zudan.

Editor's Pick