Home Blog Page 501

OPPO Reno7 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 5 Jutaan

OPPO Reno7 Warna RGBW SuperVOOC 33W

tabloidpulsa.idOPPO memperkenalkan seri terakhir dalam lini Reno7 series, OPPO Reno7 yang didukung Ultra-Sensing Selfie melalui sensor IMX709, hasil pengembangan bersama Sony, 30x Microlens, dan fitur Bokeh Flare Portrait sehingga dapat menghadirkan lompatan generasi dalam kinerja fotografi lini seri Reno.

“OPPO memberikan peningkatan perangkat keras termasuk baterai 4.500mAh dengan teknologi pengisian daya cepat SUPERVOOCTM 33W dan perangkat lunak melalui sistem operasi ColorOS 12 untuk menghadirkan pengalaman penggunaan yang sangat lancar. Ultra-Slim Retro Design pada Reno7 tersedia dalam dua warna dengan desain kulit fiberglass atau OPPO Glow yang ikonik. OPPO Reno7 dijual dengan harga Rp5.199 juta di Indonesia dan dapat dipesan mulai besok (25/3),” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Tangkap Setiap Momen dengan Gambar Tajam 

OPPO Reno7 dilengkapi dengan 64MP AI Triple Camera, 2MP Depth Camera, dan 2MP Microlens dengan pilihan pembesaran 15x atau 30x. Uniknya, Reno7 dilengkapi Orbit Light untuk mendukung fitur Microlens yang merupakan sebuah lampu tambahan yang menyala jika pengguna menggunakan fitur ini. Lampu orbit juga memancarkan cahaya lembut saat menerima panggilan dan pesan, bermain game, atau mengisi daya.

Kamera swafoto 32MP dilengkapi sensor kelas atas IMX709 yang dikembangkan OPPO bersama Sony. Sensor ini menjadi debut pertama kali di Indonesia pada perangkat Reno7. IMX709 memiliki sensor RGBW dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan OPPO. Sensor ini mampu menangkap 60% lebih banyak cahaya daripada sensor RGGB standar sekaligus mengurangi noise hingga 35%, sehingga memberikan gambar yang lebih jelas dan lebih cerah pada kondisi minim pencahayaan.

Kehadiran sensor ini menjadikan OPPO Reno7 memiliki berbagai fitur kamera yang mengesankan di antaranya Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot sehingga pengguna dapat menangkap foto potret menakjubkan dengan kualitas profesional. 

Gaya Menarik dengan Desain Ultra-Ramping yang Menakjubkan

Melanjutkan desain ikonik dari seri Reno, perangkat OPPO Reno7 memperkenalkan desain Ultra-Slim Retro Design dengan dua pilihan warna yakni Sunset Orange dan Cosmic Black.

Reno7 Sunset Orange hadir dengan warna oranye cerah dan desain kulit fiberglass yang diterapkan pertama kalinya pada perangkat smartphone. Desain ini menggunakan lapisan seperti tekstur kulit leci dan penutup pelat yang mengintegrasikan bagian belakang ponsel dengan bingkai tengah. Sementara itu, Reno7 Cosmic Black, menampilkan desain OPPO Glow yang ikonik dengan warna hitam nan elegan dan premium.

Desain Retro Ultra-Slim menampilkan gaya bingkai tengah datar yang hadir dengan berat total sekitar 175 g dengan ketebalan 7,54 mm untuk Sunset Orange dan 7,49 mm untuk Cosmic Black, yang memberikan ponsel ini tampilan ramping dan minimalis.

Pada bagian depan, layar AMOLED 6,4 inci hadir dengan kecepatan refresh rate 90Hz menghadirkan tampilan visual yang halus dan nyaman. Layar ini bersertifikat Netflix HDR, Amazon HDR dan YouTube HD untuk memutar video berkualitas tinggi. 

Performa Hebat, Perangkat Keras Luar Biasa

OPPO Reno7 dilengkapi baterai 4.500mAh dan SUPERVOOCTM 33W yang mengisi daya perangkat 100% dalam 60 menit, atau menawarkan 1,68 jam pemutaran film dengan pengisian daya 5 menit. Selain itu, Snapdragon® 680 4G menghadirkan kinerja cepat pada Reno7 sambil memberikan konsumsi daya rendah. 

Perangkat Reno7 hadir dalam konfigurasi RAM 8GB dan ROM 256GB. Jika RAM dirasa kurang, OPPO Reno7 dilengkapi teknologi Ekspansi RAM yang memberikan tambahan perluasan memori mulai dari 2GB, 3GB, atau 5GB. Tambahan memori ini memungkinkan perangkat untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa mengalami perlambatan.

ColorOS 12 pada Reno7 memberikan pengguna kenyamanan dan kelancaran perangkat. Desain inklusif dan ikon 3D di ColorOS 12 menawarkan cara yang lebih intuitif dan simpel bagi pengguna. AI System Booster pada ColorOS 12 mengoptimalkan alokasi sumber daya dan mengurangi fragmentasi memori untuk memastikan Reno7 berjalan lebih lancar dan lebih cepat. Fitur-fitur Quick Startup, Game Focus Mode, AI Frame Rate Stabilizer, dan Ultra Touch Response juga bekerja sama agar pengguna mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan OPPO Reno7. 

Air Gestures memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan, menonaktifkan panggilan, atau menggulir ke atas dan ke bawah pada halaman media sosial dengan menggerakkan tangan di udara. Sementara itu, Adaptive Sleep membuat layar tetap menyala saat pengguna menatap layar perangkat OPPO Reno7. Fitur unik Smart Notification Hiding membantu melindungi privasi pengguna saat orang lain berupaya melihat ke layar. ColorOS 12 juga menjamin keamanan dan privasi data pengguna, yang telah disertifikasi oleh ISO, ePrivacy, dan TrustArc.

Ketersediaan dan Harga

OPPO Reno7 dapat dipesan mulai 25 Maret hingga 1 April 2022. Konsumen akan mendapatkan keuntungan preorder dengan total nilai Rp1.999 juta berupa hadiah eksklusif Bluetooth speaker Reno7 Digisound senilai 599 ribu rupiah secara terbatas dan selama persediaan masih ada. OPPO juga memberikan paket bundling khusus dengan operator Telkomsel berupa paket data hingga 192GB senilai 300 ribu rupiah. Selain itu, untuk pembelian Reno7 bundling dengan OPPO Watch Free, pengguna akan mendapatkan potongan harga sebesar 300 ribu rupiah.

Konsumen juga diberikan program pembiayaan dengan potongan harga sampai dengan 800 ribu rupiah melalui pemesanan pada OPPO Store dengan menggunakan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pada layanan pembiayaan Home Credit, krediplus, AEON Fast, Payku, dan Indodana.

OPPO Reno7 dapat dipesan melalui daring eksklusif laman web https://www.oppo.com/id. Sementara untuk pemesanan melalui luring dapat dilakukan di jaringan OPPO Store dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Carsome Resmikan Experience Center Terbesar di Indonesia

Carsome

tabloidpulsa.idCarsome hari ini resmi membuka Experience Center terbesar di Indonesia yang berlokasi di Puri, Jakarta Barat. Memiliki luasan bangunan hampir mencapai 1.000 meter persegi, Experience Center ini merupakan lokasi keenam yang dibuka di Indonesia yang kemudian diikuti dengan pembukaan MT Haryono Experience Center esok hari. Peresmian ini juga turut menggenapi kehadiran Carsome Centers di seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Suatu kebanggan bagi Carsome Indonesia dapat terus maju dan melampaui pencapaian yang ditorehkan sebelumnya dengan menghadirkan Experience Center terbesar di Indonesia. Peresmian Carsome Puri Indah Experience Center ini juga menjadi awal dari upaya ekspansi kami selama 2022. Tidak hanya menjadi salah satu tonggak sejarah penting yang berhasil kami raih, hal ini juga menunjukan komitmen berkelanjutan dan pentingnya posisi Indonesia. Kombinasi kehadiran Experience Center dan kemampuan platform digital kami harapkan dapat melengkapi pengalaman pengguna dan memperkaya pengalaman unik yang ditawarkan baik secara online maupun offline”, ujar Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia.

Hingga Maret 2022, Carsome sendiri telah memiliki tujuh Experience Center dengan lokasi terbaru berada di Puri Indah dan MT Haryono. Secara total, Carsome telah memiliki puluhan titik lokasi gabungan Experience Center dan Inspection Center yang tersebar dari Sumatera, Jawa hingga Kalimantan dan Sulawesi.

Experience Center ini merupakan fasilitas fisik serupa showroom yang memberikan layanan lengkap dalam proses jual beli mobil bekas termasuk inspeksi gratis untuk jual mobil, area display unit, hingga layanan test drive gratis. Bangunan ini juga dilengkapi dengan kantor, ruang meeting serta fasilitas tablet yang dapat konsumen gunakan untuk melihat seluruh inventori Carsome Certified Car. Selain itu, kemudahan yang ditawarkan juga berupa bantuan dari Carsome Consultant yang dapat memberikan solusi kebutuhan jual beli mobil konsumen.

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan tantangan berkaitan dengan mobil bekas. Dulu, masyarakat perlu menghabiskan banyak waktu untuk datang dari dealer satu ke yang lainnya, atau harus menjawab pertanyaan calon pembeli satu per satu, belum lagi proses tawar menawar harga yang melelahkan. Jika berbicara terkait pembelian mobil seken, lebih banyak usaha yang harus dilakukan terlebih untuk memastikan kualitas mobil sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan. Pun telah mendapatkan mobil yang diidamkan, masih terdapat proses pembiayaan atau transfer kepemilikan jika kendaraan masih dalam proses leasing yang tidak kalah kompleks. 

Dengan banyaknya tantangan tersebut, mobil-mobil Carsome Certified dibekali dengan Carsome Promise memberikan kemudahan dan ketenangan pikiran dengan menawarkan:

  • Carsome Certified Car yang telah melewati inspeksi menyeluruh di 175 titik oleh inspektor terlatih Carsome sehingga terjamin bebas banjir, kebakaran, dan kecelakaan besar;
  • Semua harga di website Carsome.id adalah harga pasti tanpa biaya tersembunyi;
  • Garansi 1 tahun (termasuk emergency roadside assistance);    
  • Jaminan 5 hari uang kembali.

Kehadiran Experience Center ini menjadi pelengkap seluruh perjalanan konsumen di tiap langkah. Dengan mengakses website resmi, mereka dapat melihat tampilan interior dan eksterior mobil secara 360 derajat dan mengakses hasil laporan 175 titik inspeksi. Penambahan akses pada kunjungan langsung yang konsumen dapat nikmati dengan nyaman di Experience Center ini dapat memberikan pengalaman menyeluruh dalam mengakses berbagai layanan, termasuk bantuan dari Carsome Consultant untuk keperluan jual beli mobil, inspeksi dan test drive gratis, akses ke pilihan mobil-mobil Carsome Certified yang beragam, proses tukar tambah, serta pengantaran mobil ke rumah.

Kemudahan proses dan kualitas layanan yang ditawarkan Carsome juga baru-baru ini dirasakan oleh Mezak May, seorang pegawai swasta yang berkantor di daerah Tangerang. Ia melakukan tukar tambah sedan Eropa miliknya dengan salah satu merek mobil Jepang premium keluaran tahun 2018.

“Saya cukup terkejut dengan proses penjualan yang terbilang cepat dengan harga yang pantas sebab mobil ini sempat ditolak di beberapa dealer atau harga yang diberikan di bawah perkiraan. Mengetahui Carsome juga menjual mobil bekas, saya coba cari merek dan tipe yang saya incar dan terbukti sangat memuaskan karena informasi dari website sangat lengkap hingga cukup percaya untuk tidak perlu test drive. Carsome Consultant juga sangat solutif dan responsif dalam memberikan informasi dan rekomendasi”.

Dengan sambutan positif dari masyarakat Indonesia atas layanan jual beli mobil di Carsome, perusahaan terus berkomitmen untuk mempopulerkan standar baru bagi jual beli mobil.

“Kami ingin lebih banyak masyarakat Indonesia, khususnya di luar Jabodetabek, untuk turut merasakan ketenangan pikiran saat melakukan transaksi jual beli mobil bekas. Untuk itu, fokus di Indonesia di tahun ini adalah melebarkan sayap ke lebih banyak wilayah di Indonesia untuk memberikan kemudahan akses dalam merasakan pengalaman menyeluruh dalam yang kami tawarkan,” tutup Andrew.

Nielsen: Tren Perilaku Konsumen di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan

tabloidpulsa.id – Bulan Ramadan selalu berdampak terhadap kebiasaan konsumen, bukan hanya dari aktivitas sehari-hari, tetapi juga dalam waktu atau jenis media yang mereka konsumsi. 

Data dari Nielsen Television Audience Measurement, yang dilakukan di 11 kota besar di Indonesia, menunjukkan adanya peningkatan konsumsi televisi selama masa Ramadan dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Bulan Ramadan selalu mendorong kepemirsaan televisi, khususnya saat sahur, menjelang berbuka dan setelah sholat tarawih. Khusus di jam sahur, peningkatan pemirsa dapat mencapai lebih dari tujuh kali lipat. Sedangkan jenis program yang menunjukkan peningkatan konsumsi di masa Ramadan tentunya adalah program religious, selain itu ada juga program anak-anak dan hiburan (entertainment).

Walaupun Ramadan selalu mendongkrak kepemirsaan, tetapi Nielsen juga mencatat angka TV Rating (TVR) di tahun 2021 lalu, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan masa Ramadan sebelum pandemi, di tahun 2019.  Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah konsumsi media digital, yang sangat terakselerasi sejak pandemi di tahun 2020. 

Survei Nielsen Consumer and Media View di 11 kota besar menunjukkan adanya peningkatan konsumsi dan waktu menggunakan media digital selama masa Ramadan tahun 2021 dibanding dengan 2019. Masing-masing naik sebesar 24% dan 35%. Dan mereka mencari sumber hiburan baru di digital selama masa Ramadan, terlihat dari aktivitas yang mereka lakukan. Menonton video dan berbelanja secara online, mendengarkan music dan bermain games adalah aktivitas yang kami catat mengalami peningkatan paling signifikan.  

Dari sisi kebiasaan Nielsen juga mencatat adanya hobi-hobi baru yang muncul selama pandemi dan kemungkinan akan tetap bertahan walaupun masa pandemi telah berakhir, seperti memasak dan juga berkebun. Secara perlahan aktivitas berolahraga juga menunjukkan peningkatan di tahun 2021, khususnya yang tipenya perorangan, seperti jogging. 

“Sejumlah perilaku konsumen mengalami beberapa perubahan seperti konsumsi media, kebiasaan dalam berbelanja, dan aktivitas olahraga pada periode tersebut. Kami melihat pemilik merek dapat mengoptimalkan perilaku konsumen ini untuk melakukan strategi pemasaran dengan multimedia dan multiplatform sebagai pendekatan yang lebih efektif untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Apalagi di tahun ini Pemerintah tengah melakukan transisi dari pandemi ke endemi,” kata Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina saat paparan media di Jakarta, Kamis (24/3).

Secara khusus untuk kebiasaan mudik, Nielsen juga mencatat peningkatan perjalanan luar kota yang dilakukan konsumen selama masa Ramadan 2021 dibandingkan dengan tahun 2020 ataupun 2019. “Kami memprediksi tahun 2022 ini perjalanan keluar kota semakin meningkat dengan pilihan moda transportasi yang lebih beragam, bisa menjadi turnaround moment bagi online travel/ticketing dan kesempatan aktivasi branding sepanjang jalur mudik”, ujar Hellen.

Ramadan tidak hanya berpengaruh terhadap kebiasaan konsumen, tetapi juga terhadap kebiasaan beriklan para pemilik merek. Nielsen Ad Intel mencatat peningkatan angka belanja iklan seminggu sebelum masa Ramadan. Dari sisi kategori produk, ada beberapa kategori yang menggunakan momen Ramadan sebagai waktu yang tepat untuk beriklan lebih daripada biasanya. Kategori produk seperti produk kosmetik atau detergen pakaian dan bahkan produk cat, menawarkan penampilan baru yang lebih baik kepada konsumen di masa Ramadan.  Kategori yang juga tercatat menaikkan belanja iklannya di media televisi dan digital, adalah minuman seperti sirup, mouthwash, obat maag dan jugaprocessed food. 

“Ramadan di periode 2021 menunjukkan konsumen melakukan banyak penyesuaian, termasuk media yang mereka konsumsi. Pemilik merek perlu melakukan strategi kampanye media baik di TV maupun di Internet yang dilakukan secara komprehensif, mengingat kedua media ini mempunyai fungsi yang saling mendukung untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, serta bersiap untuk kondisi normal kembali,” jelas Hellen.

realme C31 Hadir Sebagai Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish di Bulan Ramadan

realme C31

tabloidpulsa.id – Sebentar lagi, anak muda di seluruh Indonesia akan memasuki Bulan Suci Ramadan yang penuh kebaikan. realme, sebagai merk Tech Trendsetter favoritnya anak muda juga ingin memeriahkan Bulan Ramadan dengan meluncurkan smartphone realme C31 “Desain keren, Seru Seharian”. Smartphone paling stylish di jajaran realme C Series ini dihadirkan untuk level up gaya anak muda sembari menciptakan keseruan selama Bulan Ramadan.

“Kami percaya smartphone keren dan stylish tidak hanya bisa didapatkan pada mid-range saja dan atas dasar itulah kami membuat realme C Series bersolek demi mendapatkan desain terbaiknya. realme C31 mengambil desain yang dinamis dan menjadi tertipis di segmennya karena hanya setipis 8.4mm. Kami memasangkan layar besar 6.5 inci untuk memberikan pengalaman menikmati konten tanpa batas. realme C31 akan menemani kegiatan anak muda seharian dalam menjalani puasa dan menjadi smartphone paling worth it di Bulan Ramadan tahun ini,” kata Palson Yi – Marketing Director realme Indonesia. 

Desain Keren untuk Lengkapi Outfit Ramadan

realme C31 mengadopsi Ultra Slim Dynamic Texture Design yang tampil dinamis dengan sensor sidik jari samping yang responsif. Selain membawa desain yang membuat penggunanya akan semakin trendi di Bulan Ramadan, realme C31 tampil tipis – hanya 8.4mm sehingga menjadi salah satu smartphone tertipis dan desain paling stylish di segmen harganya. Memiliki dua varian warna: Light Silver & Dark Green, realme C31 akan menjadi teman yang trendi untuk melengkapi gaya Bulan Ramadan.

Prosesor Performa Cepat Di Kelasnya

realme C31 membawa prosesor dengan performa cepat di kelasnya yaitu UNISOC T612. UNISOC T612 merupakan prosesor delapan inti yang terdiri dari dua inti A-75 performa tinggi dengan clock speed 1.82GHz dan enam inti A-55 yang hemat daya dengan clock speed 1.82GHz yang dipadukan dengan GPU Mali G57 650MHz. Saat dilakukan AnTuTu Benchmark, realme C31 mampu mendapatkan skor 224.233 dan menjadi salah satu yang paling cepat di kelasnya. Selain itu, realme C31 juga sudah mendukung UFS 2.2 yang lebih cepat dalam membaca dan menulis data.

Baterai Besar Seru Seharian

realme C31 mengadopsi baterai masif 5.000mAh yang memiliki waktu siaga/standby time hingga 45 hari. Dengan kapasitas baterai besar, pengguna bisa menonton video, bermain game dan memotret untuk mengisi waktu kosong saat berpuasa tanpa perlu takut akan kehabisan daya. Terlebih, realme C31 juga dilengkapi dengan Ultra Saving Mode yang akan mengaktifkan manajemen penghematan daya secara agresif sehingga pengguna tetap bisa menjalankan enam fungsi inti dari smartphone walau dalam keadaan baterai lemah. Berbicara kegiatan memotret, realme C31 mengadopsi triple AI camera dengan sensor Sony yang dilengkapi dengan fitur Chroma Boost dan Super Nightscape layaknya smartphone flagship realme. Kamera di realme C31 juga membawa portrait mode yang bermanfaat untuk memotret foto outfit Ramadan dengan latar belakang buram dengan satu klik.

Harga Sebanding dengan Kualitas

Selain memiliki desain belakang trendi, realme C31 sebagai smartphone terbaru realme yang paling stylish di harga sejutaan juga sudah dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland. Pengujian didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun yang mencakup 7 skenario pengujian suhu ekstrim, 6 skenario pengujian keandalan komponen dan 10 skenario penggunaan harian.

Harga dan Ketersediaan

realme C31 hadir dengan dua varian memori 3GB/32GB seharga Rp 1.549.000 dan 4GB/64GB seharga Rp 1.749.000 serta bisa didapatkan melalui program Flash Sale tanggal 24 Maret 2022 pukul 12:00 WIB di JD.ID, Tokopedia dan realme.com. Dengan harga terbaik yang diberikan oleh realme, realme C31 siap menjadi smartphone Rp 1 jutaan paling worth it di Bulan Ramadan tahun ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai realme C31, kunjungi realme.com dan realme Official Stores di JD.ID dan Tokopedia.

Bagi anak muda yang ketinggalan mengikuti program flash sale, realme C31 akan tersedia di realme Official Store online dan offline seluruh Indonesia pada 27 Maret 2022 dengan harga normal Rp 1.599.00 untuk varian 3GB/32GB dan Rp 1.799.000 untuk varian 4GB/64GB.

Pre-Order realme GT 2 Pro Tembus 1.000 Unit Kurang dari 24 Jam

Sebuah euphoria luar biasa dalam menyambut kehadiran flagship premium realme GT 2 Pro, pemesanan melalui skema pre-order di Shopee dan realme.com tembus hingga 1.000 unit dalam waktu kurang dari 24 jam. Lebih mengejutkan lagi, realme narzo 50A Prime terjual habis (sold out) dalam skema penjualan Early Bird Sale di realme.com.

“realme GT 2 Pro yang baru saja diluncurkan kemarin berhasil mencatatkan rekor. Tercatat 1.000 unit sudah dipesan oleh realme Fans kurang dari 24 jam dari waktu peluncuran. Ini memecahkan rekor pre-order kategori premium flagship. realme mengucapkan terima kasih kepada realme Fans dan konsumen atas kepercayaannya membeli realme GT 2 Pro dan juga realme narzo 50A Prime,” ujar Palson Yi.

Bagi anak muda yang tidak sempat mengikuti Early Bird Sale nya, realme narzo 50 akan hadir kembali melalui program Flash Sale tanggal 25 Maret pukul 00:00 WIB di Lazada, akulaku dan realme.com dengan harga khusus Rp 2.299.000. Sementara itu, realme narzo 50A Prime akan hadir kembali melalui program Flash Sale 25 Maret pukul 10:00 WIB dan 27 Maret pukul 12:00 WIB di Shopee, akulaku dan realme.com dengan harga Rp 1.799.000 untuk varian 4GB/64GB dan Rp 1.999.000 untuk varian 4GB/128GB. Di realme Official Store di Shopee juga masih terbuka pemesanan pre-order untuk realme GT 2 Pro hingga 29 maret dan TWS dengan ANC 42dB realme Buds Air 3 akan ditawarkan melalui program Flash Sale esok hari seharga Rp 599.000.

2022 PMPL ID Spring Segera Dimulai

2022 PMPL ID Spring
2022 PMPL ID Spring

TabloidPulsa.id – Turnamen PUBG MOBILE paling bergengsi se-Indonesia musim ini, 2022 PMPL ID Spring, akan berlangsung sebentar lagi mulai dari tanggal 23 Maret hingga 17 April 2022 dengan total hadiah senilai USD 150.000 atau setara Rp 2,1 miliar. Turnamen akbar ini diselenggarakan oleh PUBG MOBILE dan VSPN, didukung oleh realme sebagai Mitra Smartphone Resmi, NIMOTV Indonesia dan Vidio sebagai Mitra Media Resmi, serta Grab Indonesia sebagai Mitra Super app Resmi.

Direktur PUBG MOBILE SEA, Oliver Ye, mengatakan, “Semua orang di PUBG MOBILE bersemangat untuk memulai PMPL ID musim ini, dengan format turnamen baru yang akan membuat penggemar PUBG MOBILE bersitegang di kursinya. Pada setiap turnamen, curahan dukungan dari penggemar menginspirasi setiap pemain untuk mengejar impian mereka dan memberikan segalanya di medan pertempuran. Melalui dukungan komunitas PUBG MOBILE yang terus berkembang, session kali ini pasti akan menjadi tahun terbaik!”

Sebagai Mitra Media Resmi, NIMOTV Indonesia juga mengungkapkan antusiasmenya menyambut 2022 PMPL ID Spring.
“Kami senang dapat berpartisipasi kembali dalam PMPL ID season ini. Menjadi official live streaming platform merupakan wujud komitmen Nimo TV dalam membangun komunitas dan menjaga ekosistem PUBG MOBILE ke arah yang lebih suportif dan positif. Mari kita dukung para tim bertanding dan meraih prestasi,” ujar Veronica Huang, Local Manager NIMOTV Indonesia.

Vidio sebagai mitra media resmi 2022 PMPL ID Spring juga mengungkapkan dukungan yang senada. “Tak dapat dipungkiri bahwa esports merupakan industri yang sangat berkembang di Indonesia, maka dari itu Vidio berkomitmen untuk selalu mengembangkan produk dan layanan kami demi mengedepankan pengalaman pelanggan dalam menyaksikan tayangan live streaming konten esports. Vidio sangat berbangga bermitra dengan Tencent Games sebagai platform resmi yang menayangkan turnamen terkemuka seperti PUBG Mobile Pro League 2022,” ujar Willy Tjahyadi selaku Head of Esports, Vidio.

Kertapradana Subagus, Director of Partnership & Business Development, Grab Indonesia turut menyampaikan dukungannya dengan menjadi mitra SuperApp resmi 2022 PMPL ID Spring.
“Sebagai superapp terkemuka di Indonesia, kami sangat senang dapat menjalin kolaborasi perdana dengan PUBGM untuk mendukung gelaran esports yang telah dinantikan gamers. Melalui sinergi ini, kami akan melengkapi pengalaman bertanding dengan kemudahan memesan makanan dan minuman melalui layanan GrabFood yang dilengkapi dengan berbagai penawaran. Salah satu keuntungan yang dapat dinikmati oleh para gamers adalah dengan paket bundling berlangganan layanan GrabFood dengan item PUBG Mobile. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut untuk mendukung industri esports di Indonesia.” ujar Kertapradana.

Sebanyak 20 tim akan bertanding dalam babak Country League yang berlangsung selama 3 minggu, dengan total 5 match per harinya setiap hari Rabu hingga Minggu. Keduapuluh tim tersebut telah dibagi menjadi 5 grup (Grup A, Grup B, Grup C, Grup D, dan Grup E), yang masing-masing akan tampil dalam 4 match setiap harinya untuk mengamankan penempatan peringkat keseluruhan.

Pada akhir babak Country League, hanya 16 tim teratas yang akan melaju ke Grand Final 2022 PMPL ID Spring, untuk kembali memperebutkan kesempatan melangkah ke 2022 PMPL SEA Championship.

Fase Group Draw yang dilangsungkan pada 13 Maret 2022 lalu, menghasilkan 4 tim yang berada di dalam masing-masing grup, yang mana masing-masing grup memiliki 1 tim dengan total poin tertinggi (Super Weekend & Grand Final) berdasarkan PMPL ID Season 3 dan Season 4.

GRUP A: RRQ RYU dan Alter Ego LIMAX, Pembuktian Bagi Tim Teragresif!
Di musim kemarin, permainan agresif dari Mort dan Asaa berhasil membawa tim RRQ RYU menuju PMPL SEA Championship Season 4. Kali ini, keagresifan mereka akan ditantang oleh Alter Ego LIMAX.

Pada musim sebelumnya, Alter Ego LIMAX memang dikenal sebagai “Tim Rotasi” yang selalu bermain aman di awal permainan, mengejar objektif tanpa mempedulikan perang, dan berfokus pada permainan yang rapi di akhir permainan. Namun, datangnya dua pemain baru dengan gaya agresif (Ponbit dan Fanatic) diyakini akan membawa perubahan besar pada permainan tim Alter Ego LIMAX.

RRQ RYU Vs Alter Ego LIMAX, manakah yang akan menjadi tim teragresif di Grup A?
GRUP B: EVOS Reborn Vs Bigetron RA, Conqueror Derby is Back!
Tahun lalu, EVOS Reborn sempat tergelincir di PMPL ID Season 3, berujung pada absennya tim tersebut di PMPL ID musim berikutnya. Namun, EVOS Reborn telah bangkit, membuktikan performa mereka di babak kualifikasi, dan mengamankan slot mereka di 2022 PMPL ID Spring.

Menempati Grup B, EVOS Reborn akan disambut oleh salah satu saingan terbesarnya, Bigetron RA. Para penggemar pun sudah tidak sabar untuk menantikan keseruan pertandingan di antara kedua tim tersebut, mengingat kedua tim ini memiliki drop zone yang berdekatan. Tidak hanya persaingan antara EVOS Reborn dan Bigetron RA di tengah pertandingan, persaingan antar para penggemar dari kedua tim tersebut di luar pertandingan juga diprediksi akan memeriahkan live chat pada pertandingan 2022 PMPL ID Spring nanti.

Selain Conqueror Derby, antara EVOS Reborn dengan Bigetron RA, para penggemar juga menantikan pembuktian In-Game Leader (IGL) terbaik yang berada di Grup B. Grup yang disebut sebagai “Grup Neraka” ini akan mempertemukan 4 IGL terbaik (BTR Zuxxy sang “Kepala Suku”, EVOS Microboy yang dulu merupakan support Bigetron RA, Katou dari GEEK Fam) yang merupakan pemain senior yang sempat berjaya di kancah PUBG: BATTLEGROUND, serta Kean yang berhasil membawa Victim365 masuk ke top 4 di setiap match PMPL ID musim lalu.

GRUP C: Persaingan Tim-Tim Pencari Objektif
Grup C akan dipenuhi oleh tim-tim yang berorientasi objektif, seperti NFT Esports, BOOM Esports, dan BONAFIDE. NFT Esports berhasil membuktikan konsistensinya di setiap match dan membawa mereka menjadi Runner-Up PMPL ID Season 4, sementara BONAFIDE hampir lolos menuju PMPL SEA Championship Season 4 dengan placement 5 besar.
Di sisi lain, BOOM Esports yang sejak dulu dikenal sebagai tim yang bermain dengan memprioritaskan segi objektif. Pada 2022 PMPL ID Spring, kira-kira siapakah yang akan tetap konsisten dengan permainan objektifnya?

GRUP D: Debut GPX di 2022 PMPL ID Spring
Menjadi nama baru di PMPL ID musim ini, GPX hadir dengan pemain-pemain yang sudah memiliki pengalaman di PMPL ID musim sebelumnya. GPX pun harus memberikan permainan agresif untuk bisa bersaing dengan tim-tim lainnya di Grup D (AURA Esports, VOIN Esports, dan ZONE Esports).

GRUP E: Ajang Pembuktian Bagi BNW88
BNW88 menjadi salah satu tim underdog yang berjuang dari babak kualifikasi 2022 PMPL ID Spring pada Januari lalu. Menempati posisi Runner-Up, tim tersebut berhasil mengamankan slot di PMPL ID selama satu tahun ke depan.
Namun, perjuangan BNW88 masih akan diuji oleh tim-tim Grup E — Genesis Dogma GIDS, ONIC Esports, dan Skylightz Gaming Reverse Blue. Keempatnya dipastikan akan bertemu di setiap match yang mereka lakoni, membuat peluang mereka untuk bertemu ketika sedang berotasi menjadi semakin besar. Mampukah BNW88 memenangkan adu rotasi melawan tim-tim Grup E lainnya dan membuktikan diri mereka sebagai tim yang tidak boleh diremehkan?

2022 PMPL ID Spring akan semakin seru dengan dipandu oleh sejumlah host, caster, maupun analyst ternama seperti El Dogee, Jelly, Junior Jr, Odidieu, Pasta, Resky Boga, Sanskuy, Windy, Wolfy, dan Donna. Apakah kalian sudah tidak sabar untuk menyaksikan keseruan 2022 PMPL ID Spring bersama host, caster, dan analyst favorit kalian?

PUBG MOBILE sekaligus akan merayakan acara 4th Anniversary yang jatuh pada bulan Maret ini. Nantikan keseruan perayaan ulang tahun ke-4 PUBG MOBILE pada 23 Maret 2022, nantikan berbagai macam hadiah dan aktivitas menariknya!

PUBG Mobile Pro League ID Persembahkan Format Turnamen Baru

PUBG Mobile Pro League ID
PUBG Mobile Pro League ID

TabloidPulsa.id – Tencent Games siap menggelar turnamen Player Unknown’s Battleground (PUBG) Mobile terbesar di Tanah Air, yaitu PUBG Mobile Pro League Indonesia (PMPL ID) Spring untuk musim kompetisi tahun 2022. Diorganisir oleh VSPN, 2022 PMPL ID Spring akan mengguncang panggung e-sports di Indonesia dengan menghadirkan format turnamen yang baru.

“Semua orang di PUBG MOBILE bersemangat untuk memulai pembagian PMPL ID berikutnya, dengan format turnamen baru yang akan membuat penggemar PUBG MOBILE bersitegang di kursinya, Pada setiap turnamen, curahan dukungan dari penggemar menginspirasi setiap pemain untuk mengejar impian mereka dan memberikan segalanya di medan pertempuran. Melalui dukungan komunitas PUBG MOBILE kami yang terus berkembang, session kali ini pasti menjadi tahun terbaik!” kata Oliver Ye, Direktur PUBG MOBILE SEA.

Turnamen esports tahunan ini juga semakin meriah dengan hadirnya sejumlah mitra yang bekerja sama di 2022 PMPL ID Spring, seperti realme, merek smartphone dengan pertumbuhan paling cepat di Indonesia, kembali ditunjuk sebagai Official Smartphone Partner di 2022 PMPL ID Spring.

“Sebuah kehormatan bagi realme untuk bekerja sama kembali dengan PUBG MOBILE dan kami sangat senang mempersembahkan realme GT 2 Pro, smartphone flagship paling premium dari realme untuk mendukung gameplay dari para penggemar PUBG MOBILE di Asia Tenggara. Sebagai TechTrendsetter brand, kami berkomitmen untuk mendukung talenta muda di komunitas esports melalui inovasi pada smartphone kami. Pantau terus dan raih pengalaman gaming terbaikmu bersama realme. Sukses untuk semua pemain yang akan bertarung!” ujar Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.

NimoTV dan Vidio yang menjadi partner media official di PMPL ID tahun ini akan menyiarkan rangkaian pertandingan turnamen 2022 PMPL ID Spring secara langsung, untuk menjangkau penonton dan penggemar PUBG Mobile lebih luas.

“Sebagai penyelenggara turnamen, VSPN dengan bangga mempersembahkan aksi yang lebih mendebarkan bagi para penggemar PUBG MOBILE musim semi ini. Kami menantikan untuk melihat apa yang terjadi ketika para pemain terbaik di Asia Tenggara bertarung sekali lagi. Semoga semua tim yang bersaing mencoba yang terbaik, dan memberikan pertunjukan yang luar biasa kepada para penggemar!” kata Chenfan Wang, General Manager Bisnis Global di VSPN.

Menyongsong 2022 PMPL ID Spring, seluruh tim esports yang berkompetisi di turnamen tersebut pun mulai menyiapkan skuad terbaiknya, termasuk dengan mendatangkan sejumlah pemain baru.

TECNO SPARK 8C Akan Hadir dengan Kapasitas RAM Hingga 7GB

TECNO SPARK 8C

tabloidpulsa.id –  Setelah sebelumnya berhasil mengambil hati para penggemar gadget di tanah air dengan beberapa pilihan ponsel dengan performa terbaik, kini TECNO Mobile kembali segera meluncurkan produk terbaru dari seri TECNO SPARK dalam waktu dekat, yakni TECNO SPARK 8C. Seri terbaru ini akan disematkan dengan teknologi teranyar yaitu Memory Fusion.

Teknologi Memory Fusion mampu menawarkan ponsel dengan kapasitas memori terbesar di kelasnya dengan harga terjangkau. TECNO SPARK seri terbaru ini hadir untuk menjawab kebutuhan anak muda, khususnya generasi Z untuk memberikan pengalaman terbaik dalam meningkatkan produktivitas digital mereka.

Seri terbaru TECNO SPARK yang dikenal dengan TECNO SPARK 8C merupakan inovasi terbaru dari TECNO Mobile untuk menghadirkan spesifikasi entry-level smartphone dengan performa terbaik dan ditawarkan hanya dengan harga di kisaran 1,5 juta Rupiah. Mengusung tema “Speed Up!”, TECNO SPARK seri terbaru akan hadir dengan kapasitas RAM yang besar dengan teknologi Memory Fusion mencapai 7GB serta 6.56 HD+ Dot-Notch Display 90Hz Refresh Rate. Spesifikasi yang dimiliki oleh seri ini mampu menghadirkan ponsel berkualitas premium dengan performa terbaik. TECNO SPARK 8C memungkinkan para pengguna menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan seperti membalas email, online meeting, maupun berselancar di media sosial tanpa hambatan.

“Aktivitas dan kegiatan di dunia maya saat ini sangatlah tinggi, khususnya di generasi anak muda saat ini. Kami melihat adanya kebutuhan ponsel pintar dengan kapasitas memori yang besar untuk menyimpan berbagai file mereka, khususnya Generasi Z. Tren Work From Home salah satunya, menjadikan kebutuhan akan ponsel dengan kapasitas memori besar menjadi meningkat, khususnya bagi anak muda untuk menyimpan file belajar online maupun pekerjaan mereka.”, ungkap Anson Xia, Country Manager TECNO Mobile Indonesia.

Kombinasi Kapasitas RAM yang besar didukung dengan teknologi Memori Fusion serta 6.56 HD+ Dot-Notch Display 90Hz Refresh Rate menjadikan TECNO SPARK 8C ini menjadi ponsel terbaik di kelasnya. Digadang sebagai ponsel dengan fast performance with biggest RAM for entry-level smartphone, seri terbaru TECNO SPARK 8C ini akan menjadi ponsel primadona bagi anak muda karena kecepatan teknologi terbaru yang disematkan pada seri terbaru ini. 

“Kecepatan merupakan kunci. Di era disrupsi informasi dan perkembangan teknologi saat ini, kami berharap hadirnya seri terbaru TECNO SPARK dapat memenuhi kebutuhan anak muda terhadap ponsel dengan fast performance untuk kegiatan belajar maupun bekerja saat ini”, tutup Anson. 

Sebagai informasi, produk terbaru dari TECNO Mobile ini akan diluncurkan secara resmi pada 28 Maret 2022 eksklusif melalui Official Store e-commerce di Indonesia yaitu Shopee.

Gandeng Pakuwon Group, Mitra Belanja Anda Akan Buka Gerai Pertama Di Surabaya

Mitra Belanja Anda

tabloidpulsa.id – PT. Mitra Belanja Anda (MBA), perusahaan joint venture antara Erajaya Food & Nourishment (EFN) dan PT Perjuangan Anak Muda (PAM), melakukan groundbreaking outlet-nya yang pertama di Surabaya, supermarket HOKKY di Pakuwon City.

Untuk PT Mitra Belanja Anda (MBA) yang memiliki dan mengoperasikan jaringan ritel supermarket, toko serba ada dan grocery stores, outlet ini sekaligus menggarisbawahi keseriusan perusahaan untuk berekspansi dan mengembangkan bisnis di kota-kota utama di Indonesia.

Acara ground breaking ini dihadiri oleh Rudy Wirawan selaku Direktur Utama MBA, Minarto Basuki selaku Direktur Keuangan Pakuwon Group, dan Te Hui Min selaku Direktur PT Hokky Nusa Jaya sebagai pemilik tanah.

MBA hadir dengan visi untuk membawa perubahan dan revolusi ke industri ritel supermarket dan grocery stores, dengan menyajikan pilihan fresh produce paling segar, koleksi produk-produk premium favorit, terbaik dan terlengkap di kategorinya dan makanan siap saji bercitarasa internasional berkualitas tinggi, dengan pemanfaatan teknologi tepat guna dan konsep multichannel.

Diferensiasi ini diharapkan memenuhi ekspektasi pelanggan yang mendambakan pengalaman belanja kebutuhan sehari-hari yang berbeda dan praktis (under one-roof). Selama ini merek HOKKY di di Surabaya telah dikenal sebagai tempat belanja produk sehari- hari berkualitas dan merupakan grocery store favorit pelanggan setianya.

Rudy Wirawan, Direktur Utama Mitra Belanja Anda, mengutarakan, “Setelah sukses hadir di Jakarta dan Bali, kami melihat Surabaya sebagai pasar yang menjanjikan untuk kategori supermarket premium dan konsep yang kami hadirkan lewat brand HOKKY. Pakuwon City, dengan basis penghuni dan traffic pengunjung yang datang, kami yakini akan menjadi lokasi yang tepat untuk pengembangan HOKKY.”

“HOKKY Pakuwon akan menghadirkan pengalaman berbelanja baru, termasuk pemanfaatan teknologi digital dan pendekatan omnichannel yang memberikan customer journey yang berbeda. Kegiatan belanja kebutuhan sehari-hari dapat menjadi pengalaman menyenangkan dan suatu aktifitas yang ditunggu seluruh anggota keluarga karena dilakukan di tempat yang nyaman, koleksi produk serba ada dan berkualitas tinggi. Kami yakin pendekatan ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat Surabaya dan menjadi benchmark semua cabang HOKKY di kemudian hari,“ imbuh Rudy.

Outlet grocery store Grand Lucky pertama yang dimiliki MBA telah dibuka di Sanur, Bali di awal Juli 2021, dan disusul dengan gerai ke-2 di Mall of Indonesia, Jakarta, dengan nama GrandLucky Superstore. MBA juga telah mengumumkan kerjasama pembangunan outlet di BSD City. Outlet HOKKY di Surabaya ini direncanakan mulai beroperasi di akhir 2022.

ShopeePay Talk Bagikan Tips Jitu Co-Branding dari Pakar dan Pebisnis

ShopeePay Talk

tabloidpulsa.id – ShopeePay Talk kembali hadir mengangkat topik bisnis yang belakangan kian marak, yaitu bagaimana bisnis dapat mengoptimalkan peluang kolaborasi sebagai upaya untuk memikat hati konsumen.

Mengusung tema ‘Kolaborasi Hasilkan Kreasi’, ShopeePay Talk turut dihadiri oleh Stephanie Regina, Brand Enthusiast dan Founder & CEO Haloka Group, yang membagikan pandangannya terkait perumusan strategi kolaborasi yang ideal.

Selain itu, hadir juga dua pebisnis inspiratif dari latar industri yang berbeda, yaitu Sylvia, Co-Founder Kopi Soe dan Nikita Wiradiputri, CEO & Co-Founder Dear Me Beauty membagikan kisah seru dalam menjalankan strategi kolaborasi dengan brand lain dan melahirkan berbagai produk unik yang segar.

Dear Me Beauty dan Kopi Soe merupakan dua brand favorit yang dikenal dengan inovasi serta kolaborasi produknya yang kerap menarik perhatian masyarakat. Bergerak di industri kecantikan, Dear Me Beauty bahkan pernah mengeluarkan produk make up dan skincare unik bersama pemain dari industri lain, mulai dari brand fried chicken populer, penyedap rasa, hingga permen. Di sisi lain, Kopi Soe yang notabene dari kategori F&B pun selalu hadir dengan produk kolaborasi yang segar dan tidak kalah unik, seperti kolaborasi dengan produk pakaian, snack, serta produk minuman lain.

Tak dipungkiri, strategi co-branding memang bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi bisnis yang hendak melebarkan sayapnya. Pasalnya, strategi ini mampu mendorong bisnis untuk menghasilkan ide yang segar serta unik, memperluas jangkauan pasar, hingga meningkatkan brand awareness di mata masyarakat. Namun begitu, diperlukan perencanaan yang matang dan komprehensif mencakup berbagai aspek bisnis agar tujuan dari co-branding dapat tercapai dengan efektif.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “Dalam lanskap industri saat ini, bisnis dihadapkan pada kesempatan yang tak terbatas untuk berinovasi dengan cara yang kreatif dan unik, salah satunya adalah strategi kolaborasi atau yang dikenal sebagai co-branding. Terlepas dari ragam manfaat yang bisa didapatkan dari strategi kolaborasi, ShopeePay menyadari bahwa strategi ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi brand yang belum pernah menerapkannya. Semoga melalui kisah inspiratif dan insight seputar strategi co-branding bersama pembicara hari ini, ShopeePay Talk dapat memberikan jawaban bagi para pebisnis dalam mengusung strategi kolaborasi, memberikan gambaran dan ekspektasi terkait strategi ini, serta menjawab tantangan yang dihadapi dari strategi kolaborasi.”

Mengupas kisah perjalanan kolaborasi dari Kopi Soe bersama Sylvia dan Dear Me Beauty bersama Nikita Wiradiputri, serta pandangan menarik dari kacamata seorang brand enthusiast, Stephanie Regina, berikut adalah tiga kunci yang harus diperhatikan oleh bisnis saat ingin melakukan strategi co-branding:

Memilih mitra kolaborasi dengan nilai dan tujuan yang sejalan

Mengidentifikasi calon mitra kolaborasi yang memiliki nilai dan tujuan serupa dengan brand merupakan langkah penting ketika mengusung strategi kolaborasi. Nilai dan tujuan yang serupa bisa menjadi landasan hubungan kolaborasi yang kuat. Dengan begitu, kedua brand dapat menyamakan ekspektasi antara satu sama lain serta bersama-sama fokus untuk memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen sesuai dengan nilai-nilai yang mereka junjung.

Sylvia, Co-Founder Kopi Soe menuturkan, “Kopi Soe berupaya untuk senantiasa hadir sebagai brand dengan citra lokal yang kental. Berangkat dari situ, kolaborasi yang kami lakukan cenderung melibatkan partner dengan value yang serupa, meski datang dari latar belakang dan industri yang berbeda. Pemilihan mitra kolaborasi yang tepat memudahkan Kopi Soe dalam menyusun strategi co-branding dan memperhitungkan dampak dari kolaborasi itu sendiri. Dalam menghimpun informasi tersebut, tentunya kami melakukan riset dan observasi yang komprehensif menyangkut tren, demografis konsumen, hingga nilai dan karakter yang dibawakan oleh calon partner. Hal tersebut membuat kami mampu menjalankan kolaborasi yang apik namun tetap fleksibel dari segi proses kreatif.”

Kreasi dari konsumen dan untuk konsumen

Ide yang unik serta terobosan baru yang segar memang bisa menjadi tiket keberhasilan strategi co-branding. Namun, perlu diingat, konsumen merupakan poros utama dalam proses formulasi strategi hingga lahirnya produk kolaborasi yang kreatif. Dengan kata lain, output kolaborasi harus menjawab kebutuhan, ketertarikan, atau permasalahan yang berkaitan dengan konsumen.

Nikita Wiradiputri, CEO & Co-Founder Dear Me Beauty mengatakan, “Kolaborasi antarbisnis memang memiliki daya pikatnya tersendiri, salah satunya adalah kebebasan kita sebagai brand untuk mengeksplorasi dan bereksperimen menciptakan inovasi atau produk baru. Terlebih, Dear Me Beauty sebagai people power brand selalu berusaha untuk mendobrak batas industri kecantikan dengan menyuguhkan kombinasi produk berkualitas serta pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumen. Untuk mencapai hal tersebut, kami berupaya untuk melibatkan konsumen dalam tiap proses kreasi produk kolaborasi agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Sebab, kami memahami bahwa strategi ini bukan semata-mata untuk kebutuhan bisnis, tapi bagaimana kolaborasi bisa membawa hal baru dan di saat yang bersamaan juga menjawab kebutuhan konsumen. Tidak hanya produk, hal ini juga kami implementasikan pada layanan yang kami berikan, seperti menyediakan layanan pembayaran digital ShopeePay yang memang sesuai dengan kebutuhan konsumen di era digital ini.”

Tetap konsisten dengan karakteristik brand

Strategi co-branding cukup menjadi tantangan bagi brand dalam mempertahankan jati dirinya di tengah usaha mempersatukan ide dan pendapat dengan brand yang berbeda. Salah satu cara yang dapat diterapkan oleh brand untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan mengenali kelebihan serta ciri khas sehingga mampu menyusun strategi komunikasi yang tepat dan beriringan dengan objektif kolaborasi.

Menutup acara ShopeePay Talk: Kolaborasi Hasilkan Kreasi, Stephanie Regina, Brand Enthusiast dan Founder & CEO Haloka Group mengatakan, “Co-branding secara langsung atau tidak akan mengekspos brand pada jangkauan konsumen yang makin luas. Terkait hal tersebut, tentu brand ingin membuat impresi yang tepat, terukur, dan konsisten. Maka dari itu, citra serta karakteristik yang khas merupakan pondasi yang harus dipegang teguh oleh brand ketika melangsungkan strategi ini. Brand perlu melakukan perencanaan yang matang, bahkan sebelum menjalankan kolaborasi. Dengan mengelaborasikan kebutuhan dan objektif dari kolaborasi, brand dapat memilih mitra kolaborasi yang akan melengkapi kekurangan sekaligus menonjolkan daya pikat dari masing-masing brand sehingga menghasilkan co-branding yang harmonis.” ShopeePay Talk akan terus dihadirkan setiap bulan dengan tema-tema yang menarik untuk berdiskusi dan berbagi informasi dari perspektif bisnis secara ringan, trendy, dan insightful. Nantikan ShopeePay Talk episode berikutnya dengan tema dan narasumber menarik lainnya.

Review realme narzo 50, Smartphone Gaming Pemula Berlayar 120Hz

realme narzo 50 foto utama

tabloidpulsa.id – Bersama dengan diluncurkannya realme GT 2 Pro jelang Ramadhan 2022, realme Indonesia juga memperkenalkan produk yang disasar untuk kelas lebih rendah, yakni seri narzo terbaru, realme narzo 50. Disasar untuk anak muda yang hobi bermain game, ponsel entry level ini dilengkapi dengan chipset mumpuni, desain stylish, kamera lebih dari sekedar ada dan layar yang memanjakan mata.

Kami curiga nama realme narzo 50 diambil dari resolusi kamera kelas flagship-nya realme yang dibawa oleh ponsel ini. Tapi boleh jadi tidak nyambung sama sekali. Namun yang pasti pihak realme mengklaim bahwa sistem kamera yang dibawa adalah sistem yang sama dengan yang digunakan di seri GT 2. Minimal di bagian sensor.

Tapi, bukan soal kamera saja yang menarik perhatian kami. Dengan harga yang disematkan padanya, ponsel ini menyuguhkan performa gaming yang mumpuni dengan dukungan layar berteknologi refresh rate 120Hz.

Harga: Rp 2.499.000
Pilihan Warna: Speed Blue & Speed Black (yang kami review)
Paket Penjualan: Smartphone narzo 50, silicon case, Charger adapter Dart Charge 33W, kabel data USB Type C, buku manual, pin ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)164.1 x 75.5 x 8.5 mm / 194 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)realme UI 2.0 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYes, MicroSD card
Layar inci – Tipe Screen6.6 inci, ~90.8% screen-to-body ratio, 1080 x 2412 pixels, IPS LCD, 120Hz
Prosesor/ CPUMediatek Helio G96 (12nm); Octa-core (2×2.05 GHz Cortex A76 + 6×2.0 GHz Cortex A55), GPU: Mali G57 MC2
RAM & Internal Storage4 GB RAM/ 64 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang triple: 50 MP f/1.8 Main Camera 2 MP f/2.8 B&W 2 MP f/2.4 Super Macro Video: 1080p@30fps, 720p@30fps, Slo-Mo up to 120fps   Depan Single: 16 MP f/2.1 Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable), 33W Dart Charge

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KelebihanKekurangan
*Desain menarik dengan pewarnaan yang baru lagi.
*Back cover glossy namun tidak licin.
*Layar cerah dan menawarkan 6 tingkat refresh rate yang disesuaikan dengan skenario tontonan, up to 120Hz.
*UI enak dilihat dan digunakan, menawarkan banyak fitur optimalisasi.
*Baterai berkapasitas besar.
*Kamera dengan banyak fitur.
*Pengisian daya cepat Dart Charge 33W.
*Tidak ada pilihan rekam video 60 fps.
*Belum ada NFC.

Desain
Tidak terlalu banyak perubahan dari desain narzo dan produk realme lain sebelumnya, realme narzo 50 dibuat dengan konsep yang tetap mempertahankan kerampingan meskipun disebut membawa kapasitas baterai besar. Hal ini akan mempermudah pengguna ketika berinteraksi dengan layar sentuh ponsel, terutama dengan menggunakan satu tangan.

Namun tetap saja ada pembeda yang menjadikan produk ini unik. Di bagian back cover, realme narzo 50 mengusung pewarnaan dan tekstur yang disebut kevlar speed design. Dimana bagian tengah dari belakang smartphone ini diberi aksen mirip tekstur serat karbon, atau carbon fiber. Mengingatkan kita pada desain custom mobil-mobil street racing.

Tesktur ini kemudian dilapisi dengan plastik glossy transparan. Halus, namun terasa tidak licin bahkan cenderung kesat, sehingga memberikan grip saat digunakan meskipun tangan kita dalam keadaan basah berkeringat.

narzo 50 juga membawa fitur keamanan berupa sensor sidik jari yang diletakkan bersama dengan tombol power. Berada di samping kanan ponsel, menjadikannya mudah diakses dan memberikan respon yang cepat ketika digunakan.

Layar
realme narzo 50 membawa layar 6,6 inci dengan resolusi 2412 x 1080 pixel atau masuk dalam kategori FHD+. Membawa panel jenis IPS LCD, tampilan yang disuguhkan terasa sudah cukup memuaskan dengan kecerahan di angka 480 nits dan ratio layar ke body ada di angka 90.8%, mendominasi bagian depan smartphone ini.

Dengan menyelipkan kamera dalam desain single punch hole, layar menjadi terasa lebih luas dan akomodatif terhadap segala jenis kebutuhan. Termasuk buat nge-game ataupun nonton tayangan video dan streaming.

Tapi sejatinya, teknologi pada layar ponsel ini lah yang membuatnya menjadi layak diperhitungkan. Di kelasnya, narzo 50 sanggup memberikan setidaknya 6 pilihan refresh rate layar sesuai dengan kebutuhan, untuk memberikan pilihan pada sistem dalam menghemat baterai.

Kita ingat, fitur ini juga pernah dibawa oleh realme 9 series. Dimana layar smartphone ini membuka semua kemungkinan refresh rate, dari 30 Hz, 45 Hz, 48 Hz, 50 Hz, 60 Hz, 90 Hz dan 120 Hz. Dari standar untuk menonton media di timeline sosial media, tayangan yang setara TV analog, bermain game, hingga kenyamanan saat menggeser-geser layar timeline media sosial.

Software
realme narzo 50 hadir dengan membawa realme UI 2.0 berbasis Android 11. Sekedar mengingatkan, UI ini menawarkan kesederhanaan tampilan dan semua hal yang bersifat efisiensi. Mulai dari penggunaan space hingga ikon yang bisa dipersonalisasi. Namun menariknya, secara default realme UI ini masih menawarkan app tray, itu loh sebuah ruang dimana semua app yang terinstal akan berkumpul, tidak hanya di home screen seperti biasanya.

Sejumlah fitur penting dan bermanfaat dihadirkan oleh realme UI 2.0 ini. Termasuk salah satunya untuk kebutuhan nge-game yang disebut Games (dulu bernama Game Space). Juga untuk pertama kalinya fitur Virtual RAM (DRE) hadir di perangkat narzo. Memungkinkan kita untuk meminjam besaran memori internal untuk dijadikan RAM sementara ketika dibutuhkan.

Menariknya fitur ini pernah disebut tidak bakal hadir di varian yang memori internalnya kecil atau di bawah 128GB. Seperti pada realme 8i yang pernah kami review sebelumnya (link). Saat kami review pun, realme narzo 50 varian 4/64GB yang ada di meja redaksi tidak memiliki fitur ini.

Tapi kabar baiknya, berdasarkan informasi yang kami dapat, realme akan menghadirkan fitur ini di pembaharuan software over the air alias OTA untuk varian 4/64GB, dengan dukungan tambahan RAM bisa sampai 3GB. Menarik untuk ditunggu.

Performa Hardware
Buat urusan performa, narzo 50 nampaknya sudah bisa memberikan performa maksimal di kelas harga yang ia tempati. Untuk mewujudkannya, realme telah menyematkan chipset besutan Mediatek, yakni Helio G96. Sebuah chipset yang sering sekali digunakan oleh ponsel yang mengejar performa pada masanya, terutama di pertengahan akhir 2021.

Chipset ini membawa prosesor 8 inti dengan konfigurasi big.LITTLE 2 berbanding 6. Dimana 2 core untuk performa terdiri dari 2 inti cortex A76 2.05GHz dan 6 core efisiensi terdiri dari 6 inti cortex A55 2GHz. Di atas kertas sih sudah menjanjikan, meskipun dilihat dari tipe inti performance memang tertinggal 2 generasi dari kebanyakan chipset 5G yang hadir di tahun ini. Keputusan yang harus ditempuh dan sangat bisa dimengerti, terutama saat dihadapkan dengan harga perangkat.

Chipset ini pun membawa GPU yang sudah teruji, yakni Mali-G57 MC2. Dan merupakan satu-satunya di kelas ini yang membawa dukungan refresh rate layar hingga 120 Hz.

Varian yang kami review membawa RAM sebesar 4GB, dan ROM atau memori internal 64GB. Seharusnya sih sudah mumpuni, karena toh ponsel ini juga membawa slot memori tambahan yang terpisah dari 2 slot SIM Card yang tersedia.

Nilai Antutu yang mendekati angka 300 ribuan, atau berkisar dari 260 ribu ke atas sudah bisa dibilang mumpuni. Baik untuk harga yang ditawarkan, maupun untuk kebutuhan real-nya. Jadi Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana ponsel ini bisa memberikan kepuasan di sisi performa tersebut.

Baterai
narzo 50 dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan efisiensi yang ditawarkan oleh software alias realme UI 2.0, maka kapasitas ini sudah cukup untuk mendukung kinerja ponsel selama dua harian tanpa harus melakukan pengisian daya ulang.

Namun ketika kita membutuhkan pengisian daya ulang yang efisien, smartphone ini pun menyediakan teknologi pengisian daya cepat in-house milik mereka yakni Dart Charge. Dengan daya maksimum di 33W.

Dengan Dart Charge 33W ini, kita bisa mengisi daya ponsel dari nol hingga 100% hanya dalam waktu 70 menit. Karena merupakan teknologi dalam ekosistem yang tertutup, maka realme telah menjamin keamanan pengisian daya ini, baik secara hardware maupun software.

Kamera
Tibalah kita ke bagian yang nampaknya bakal memberi kesan positif terhadap ponsel narzo 50, kamera! Smartphone ini membawa konfigurasi 3 kamera, terdiri dari kamera utama 50MP dengan aperture besar di f/1.8, bakalan mampu menyerap cahaya lebih banyak dan dengan perbesaran maksimal di 4x, bakal siap mengambil gambar dari jauh tanpa kehilangan kualitas.

Berikutnya ada kamera Makro dengan bukaan f/2.4. Digunakan untuk mengambil gambar dari jarak dekat hingga 4cm. Dan terakhir ada kamera B&W dengan bukaan f/2.8 untuk kebutuhan memberi efek artistik khas foto street yang biasa dibawa oleh ponsel-ponsel realme.

Di sisi software kamera narzo 50 juga menyediakan sejumlah fitur pintar yang dibantu oleh AI, semisal Color Portrait, Dymanic Bokeh, dan sejumlah efek tambahan di bagian mode portrait. Akan sangat familiar bagi para pengguna realme tentunya.

Lalu ada mode pengambilan foto 50MP. Mengabadikan gambar dengan resolusi maksimal yang bisa diraih, menghasilkan sebuah foto dengan kepadatan yang tinggi dan detil. Sehingga aman ketika harus di-crop karena tidak banyak mengurangi kualitas foto hasil crop-an tersebut.

Dalam hal perekaman video, kamera utama ini hanya menyediakan 2 opsi resolusi yakni 1080p (FHD) dan 720p (HD) yang masing-masing dapat merekam dalam framerate 30 fps. Kecuali, kalau kita akses mode slo-mo, maka kita bisa meraih framerate video di 120fps dengan playback di 30fps.

Bagaimana dengan kamera depan? Kamera depan narzo 50 merupakan kamera single 16MP dengan bukaan f/2.1 dan mampu merekam video dalam resolusi 1080p di 30fps.

front camera

Kesimpulan
narzo 50 merupakan ponsel anak muda yang mementingkan performa, terutama untuk bermain game dengan lancar, namun juga sambil belajar membuat konten di sosial media. Baik performa hardware maupun kamera yang disediakan sudah mumpuni dan mudah dipelajari bahkan oleh mereka yang baru saja memiliki smartphone Android.

realme narzo 50 hadir di Lazada dan silakan klik link berikut untuk informasi lebih lanjut: https://bit.ly/narzo50diLazada

Editor's Pick