Home Blog Page 454

MariSilicon X, Hadirkan Peningkatan Signifikan untuk Fotografi Smartphone

tabloidpulsa.id – Akhir 2021 lalu, OPPO resmi mengenalkanchip khusus untuk menghadirkan teknologi pencitraan terbaik ke sebuah perangkat smartphone, yakni Marisilicon X.

Inovasi terbaru OPPO ini merupakan komitmen dalam menghadirkan pengalaman terbaik fotografi smartphone kepada penggunanya.

“MariSilicon X merupakan jawaban OPPO atas persepsi perbedaan hasil dan kualitas antara perangkat smartphone OPPO ketika menggunakan NPU yang berbeda-beda dari produsen chipset. Proses menghasilkan sebuah gambar dari perangkat smartphone acap kali menimbulkan permasalahan konsumsi daya. Oleh karena itu, NPU MariSilicon X diciptakan untuk berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi kecerdasan buatan. Tidak hanya itu, NPU ini hadir untuk memberikan peningkatan kemampuan pencitraan smartphone baik untuk foto maupun video,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X menjadi solusi atas kesenjangan konsumsi daya, kekuatan pemrosesan, dan hasil dan kualitas pencitraan yang disesuaikan melalui fotografi komputasional melalui kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dihadirkan oleh para produsen chipset.

NPU pada dasarnya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Central Processing Unit (CPU) dan juga Graphic Processing Unit (GPU), satu kesatuan ini biasa disebut sebagai System-on-a-Chip (SoC)

Untuk mendukung kinerja sebuah SoC, para pengembang chipset akan menambahkan sebuah memori shared DDR Bandwith. Sistem shared DDR Bandwith sesungguhnya dapat membuat proses pengolahan gambar berlangsung jauh lebih lama dan tentunya boros daya, memori akan bekerja untuk ketiga bagian dalam SoC.

Dengan kehadiran MariSilicon X pada perangkat smartphone OPPO akan membuat pemrosesan pencitraan dapat berlangsung jauh lebih cepat. Hal ini karena adanya Extra DDR Bandwith Dedicated dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 GB/s yang dibuat eksklusif untuk chipset ini. 

Manfaat SAMONO Humidifier SW-HU250 untuk Atasi Polusi Udara

SAMONO Humidifier SW-HU250

tabloidpulsa.id – Musim kemarau sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim kemarau tahun 2022 di Indonesia terjadi pada Agustus mendatang yaitu sebanyak 52,9 persen zona musim. 

Saat kemarau melanda dengan udara terasa panas dan matahari sedang terik, menyalakan AC menjadi salah satu cara untuk mendinginkan ruangan dan tubuh. Padahal penggunaan AC dalam waktu lama pun tak dapat dihindari meskipun tanpa disadari cukup bersiko karena akan membuat kulit menjadi kering dan rentan terhadap penyakit. 

Sales Manager SAMONO, Edi Gunawan mengatakan dengan teknologi yang terus berkembang saat ini, kondisi tersebut dapat dihindari dengan berbagai perangkat elektronik yang mendukung. Salah satunya adalah penggunaan Humidifier yang memudahkan manusia dalam menjaga kesehatan tubuh, dari luar dan dalam. 

“alat ini bekerja dengan mengeluarkan uap air untuk meningkatkan kadar kelembapan di udara khususnya dalam ruangan. Karena polusi udara dalam ruangan punya potensi berbahaya dengan polusi udara di luar sehingga kehadiran pilihan perangkat elektronik sendiri menjadi penting dalam menunjang gaya hidup mereka,” jelas Edi

Lanjut Edi, perangkat Humidifier membantu kelembapan udara saat menghadapi musim panas dan kering. Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah untuk mencegah penyakit seperti flu, kulit, dan tenggorokan yang kering. 

Dilansir dari Healthline, terapi humidifier akan menambah kelembapan udara untuk mencegah kekeringan yang menyebabkan iritasi. Penggunaan humidifier adalah efektif dalam mengatasi kulit, hidung, tenggorokan, dan bibir kering. Selain itu juga bisa meredakan beberapa gejala yang disebabkan oleh flu.

Menurut Edi pilihan humidifer sekarang sangatlah beragam. Salah satunya Humidifier SW-HU250 yang mampu menetralkan suhu tinggi agar efektif membunuh virus dan bakteri sehingga pernapasan menjadi sehat.

Humidifier SW-HU250 juga memiliki Water Tank yang besar dengan 5.2L Large Capacity. Spesifikasi lainnya yakni 250ml/ jam kabut hangat nyaman, desain kotak aromaterapi individu, dan sempurna untuk penggunaan bayi. 

“Kami akan terus hadirkan inovasi perangkat rumah tangga yang relevan untuk menjawab kebutuhan publik untuk hidup sehat. Saat ini kami fokus kepada produk yang efisinsi, aman dan lebih sehat. Ini adalah jawaban kami untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang cenderung ingin lebih praktis namun tetap berkualitas tinggi” Pungkasnya

Gampang! Bikin Street Photography Anti Gagal Pakai POCO F4

Street Photography POCO F4 VLOG

tabloidpulsa.id – Street Photography merupakan salah satu ‘aliran’ fotografi yang cukup banyak digemari, terutama kawula muda. Aliran fotografi ini umumnya memuat objek yang diambil di ruang terbuka publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan.

Foto-foto dalam street photography dapat mengambil lokasi dari berbagai ruang publik seperti jalan, pasar, mal, terminal, stasiun kereta api, dan sebagainya.

Selain itu, foto-foto yang diambil pada aliran fotografi ini umumnya memakai teknik Straight photography. Foto menggambarkan kondisi apa adanya dengan meminimalkan manipulasi objek.

Namun dalam perkembangannya, fotografi jalanan pun banyak memasukkan unsur-unsur seperti surealisme, humor, dan kejutan dalam komposisinya.

Saat ini, untuk menghasilkan street photography yang mumpuni tidak harus menggunakan kamera professional loh, cukup dengan smartphone pun hasil jepretan fotografi jalanan bisa terlihat keren.

POCO F4 memiliki kemampuan kamera yang bisa mendukung penggunanya untuk membuat street photography. Hal ini berkat sokongan 64 MP Triple Camera yang sudah disokong OIS (Optical Image Stabilization).

Fitur OIS ini untuk pertama kalinya hadir di POCO F4. Dengan fitur ini, foto yang dihasilkan akan benar-benar tampak nyata seperti objek aslinya, meminimalisir blur, dan night mode yang membuat foto yang dihasilkan tampak cerah walaupun dalam kondisi minim cahaya.

POCO F4 juga siap menjadi pocket kamera untuk menghasilkan gambar 4K yang sinematik dengan berbagai fitur, seperti Panoramic Selfie Mode, AI Skyscaping 4.0 untuk edit gambar yang menyenangkan, AI Erase 2.0 untuk menghilangkan gangguan pada foto.

Untuk konfigurasi kameranya sendiri, POCO F4 menyertakan 64MP main camera dengan bukaan ƒ/1.79. Untuk kebutuhan foto dengan hasil panoramic, juga tersedia 8MP ultra-wide camera dengan aperture: ƒ/2.2, dan memiliki sudut bukan lensa hingga 119°. Sementara tersedia juga 2MP macro camera dengan aperture: ƒ/2.4 untuk foto jarak dekat.

Di mode foto, POCO F4 juga menyertakan beragam opsi menarik yang bisa dieksplorasi untuk menghasilkan jepretan fotografi jalanan yang lebih maksimal. Ada pilihan HDR, AI Camera, Tilt-shift hingga filter yang bisa dikombinasikan pula dengan opsi Beauty.

Untuk memperkuat angle foto, filter yang disediakan kamera POCO F4 menurut kami sangat memadai dan juga bisa diaplikasikan dengan sangat mudah. Di sini, POCO menyertakan sekitar 14 filter yang bisa dipilih dan diatur sesuai kebutuhan.

Salah satu yang menurut kami cukup menarik dan paling mudah diterapkan adalah filter B&W. Ini merupakan filter standar dan paling banyak dipakai untuk menghasilkan street photography, yang memfokuskan objek utama dari sebuah foto.

Berikut ini beberapa hasil jepretan street photography menggunakan POCO F4:

Lolos TKDN, OPPO Reno8 Siap Masuk Indonesia

OPPO Reno8

tabloidpulsa.id – Seri Reno merupakan lini seri paling popular OPPO yang dikenal pada kemampuan kameranya terutama pada fitur foto potret dan juga desainnya yang modern dan kekinian. Di Indonesia, OPPO telah meluncurkan perangkat seri Reno7 pada Maret 2022 yang lalu. Kini, telah banyak berita beredar mengenai suksesor perangkat ini, OPPO Reno8.

Nampaknya, perangkat ini juga akan segera beredar di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan melalui sertifikat yang terdapat pada situs Sertifikasi Postel milik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pada situs Sertifikasi Postel, terlihat jelas nama OPPO Reno8 di bagian brand pada sertifikat bernomor 82525/R/SDPPI/2022 yang telah terdaftar dan berlaku hingga Juni 2025 mendatang. Selain itu, setelah ditelusuri menggunakan model perangkat OPPO Reno8 yakni CPH2359, ditemukan sertifikat TKDN yang telah terdaftar pada situs P3DN Kemenperin.

Pada situs tersebut didapatkan informasi bahwa perangkat Reno8 telah memiliki sertifikat TKDN sejak 3 Juni 2022 dan telah diuji tingkat kandungan dalam negrinya dan mendapatkan nilai TKDN sebesar 35,10%. Dengan dirilisnya kedua sertifikat dari dua otoritas pemerintah Republik Indonesia, menandakan bahwa perangkat OPPO Reno8 telah mendapatkan rerstu untuk dijual di Indonesia.

Diperkirakan tidak lama lagi perangkat OPPO Reno8 akan diperkenalkan di Indonesia. Namun yang menjadi pertanyaan berapa seri perangkat Reno8 yang akan diperkenalkan di Indonesia belum dapat diungkap. Sebelumnya, OPPO Reno7 memiliki 3 seri yakni OPPO Reno7, OPPO Reno7 Z 5G dan OPPO Reno7 5G. Memang pada situs Sertifikiasi Postel terdapat beberapa model perangkat OPPO baru, sayangnya tidak diungkap nama perangkatnya.

Sebagai informasi, OPPO Reno8 merupakan suksesor dari perangkat Reno7 yang sudah diperkenalkan di Indonesia. Perangkat ini memang sudah memulai debutnya secara global di India dan Malaysia pada pekan lalu. Reno8 diketahui membawa banyak perubahan yang signifikan, dari gambar yang beredar dapat terlihat Reno8 memiliki tampilan yang sangat berbeda.

Reno8 membawa desain dengan lekukan dinamis pada bingkai kamera seperti yang diterapkan pada perangkat serin Find X. Patut diacungi jempol mengenai komitmen OPPO untuk membawa setiap teknologi terbaru yang ada pada perangkat level flagship untuk berada pada perangkat dibawahnya, seperti kehadiran NPU MariSilicon X pada perangkat Reno8.

Adu Fitur | OPPO A55 vs OPPO A57, Apa yang Berubah?

adu fitur oppo a55 vs oppo a57

tabloidpulsa.id – Untuk segmen yang lebih luas, OPPO menghadirkan produk kelas entry dengan harga yang jauh lebih bersahabat. Diantaranya adalah Oppo A55 dan Oppo A57. OPPO A55 mengusung kemampuan kamera yang bisa menghasilkan foto hingga 50MP. Tentunya ponsel ini cocok dijadikan ponsel Android pertama. Sedangkan OPPO A57 membawa berbagai predikat yang pertama pada lini seri A5 terkait banyak fitur baru yang dibawanya. Beberapa predikat tersebut bahkan menjadikan perangkat ini jauh mengungguli pesaingnya. Nah, supaya gak bingung, berikut perbedaan fitur yang ada antara keduanya.

Seperti yang Anda ketahui, OPPO A55 hadir terlebih dahulu di bulan Maret 2022. Anda bisa baca reviewnya di link berikut (https://tabloidpulsa.id/review-oppo-a55-2022/). Lalu 4 bulan berikutnya hadirlah OPPO A57 dengan beberapa peningkatan, namun harga yang relatif lebih murah. Anda akan pilih yang mana?

Harga
Hadir beberapa bulan lebih awal, OPPO A55 bisa didapat dengan harga Rp 2.699.000 dengan RAM 4GB dan ROM 64GB plus kartu ekspansi hingga 256GB. Sementara OPPO A57 mengusung RAM 4GB dengan ekspansi 1GB, 2GB dan 4GB dan ROM 64GB dengan ekspansi memori hingga 1TB. Ponsel ini bisa didapat dengan harga Rp 2.3999.000 (tiga ratus ribu rupiah lebih murah). Keduanya menyediakan 2 pilihan warna namun OPPO A55 tersedia dalam warna Rainbow Blue & Starry Black dan OPPO A57 tersedia dalam warna Glowing Black & Glowing Green.

Desain dan Layar
Dari sisi desain, OPPO A55 tampil sederhana, tanpa pendekatan tekstur, namun tetap dengan gradasi (rainbow blue) dan efek buliran pasir di bagian dalam seperti pada varian berwarna hitam berbintang (Starry Black). Sedangkan OPPO A57 menjadi yang pertama menggunakan desain retro modern dengan finishing OPPO Glow. Desain retro modern menghadirkan bingkai dengan tepian rata meng-kotak hanya 7.99 mm yang membuat OPPO A57 mudah digengam. Desain A57 mengingatkan kita pada desain Reno7 4G dan ini merupakan pertam akalinya desaian seperti ini hadir di perangkat seri A OPPO.

Di bagian depan, OPPO A55 menampilkan layar ber-punch hole dengan bentangan 6,51 inci. Membawa panel LCD, resolusi yang dipancarkan ada di kategori HD+, yakni 1600 x 720 pixel. Sedangkan OPPO A57 menampilkan layar waterdrop 6,56 inci IPS LCD HD+ dengan 96% NTSC Color Gammut. Keduanya mendukung AI Eye Comfort dengan refresh rate 60Hz.

Untuk urusan sertifikasi, OPPO A55 bersertifikasi IPX4 Splash – Waterproof sedangkan OPPO A57 sudah bersertifikasi IPX4 & IP5X.

Kamera
Dari sisi inilah perbedaan mencolok terlihat. OPPO A55 lebih unggul dengan 3 kamera utama yang terdiri dari kamera utama 50MP, kamera 2MP untuk makro dan kamera 2MP untuk bokeh. Sementara OPPO A57 hanya membawa 2 kamera utama, yakni kamera 13MP dan 2MP untuk bokeh. Kamera depan OPPO A55 juga unggul dengan 16MP F/2.0 sedangkan OPPO A57 hanya menyematkan 8MP F/2.0. Hal ini diakui oleh pihak OPPO bahwa berdasarkan feedback pengguna seri A5X sebelumnya, kamera bukanlah hal yang banyak di cari oleh mereka. Tetapi lebih ke kenyamanan berponsel dengan performa lebih baik.

Chipset, OS dan Baterai
Kedua produk menggunakan chipset yang sama yaitu Mediatek Helio G35 2,3 GHz. Meskipun dibanderol lebih mahal sedikit, ternyata OPPO A55 menggunakan ColorOS 11.1 (Based On Android 11) sedangkan OPPO A57 sudah menggunakan ColorOS 12.1 (Based On Android 12). Ini merupakan salah satu penjelasan mengapa A57 memiliki penurunan di kamera.

Karena selain membawa banyak fitur bawaan yang lebih up to date, di ColorOS 12.1 berbasis Android 12 ini A57 juga membawa lebih banyak fitur tambahan yang bakal dibutuhkan target pasarnya. Salah satunya adalah speaker stereo. Dengan kemampuan untuk meningkatkan volume hingga 200%, alias 2X lipat lebih tinggi dari volume maksimum biasanya. Mempermudah mereka yang mengalami penurunan kualitas pendengaran semisal pengguna lanjut usia, atau mereka yang harus menerima atau menikmati konten di tengah tempat bising, semisal pasar.

Meskipun keduanya menggunakan daya berkapasitas 5000mAh Long Lasting Battery namun untuk charging, OPPO A55 hanya menggunakan fitur 18 Watt Fast Charging sedangkan OPPO A57 didukung teknologi pengisian daya cepat 33W SUPERVOOC. Hal ini mempengaruhi kenyamanan saat kita melakukan pengisian daya ulang dan penggunaan ponsel secara umum.

Dukung Pendidikan Perfilman Dalam Negeri, Sony Indonesia Donasikan 3 Kamera Canggih

Sony Indonesia Donasi Kamera

tabloidpulsa.id – Sony Indonesia mendonasikan tiga kamera canggih Sony kepada Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ), yaitu 1 buah kamera Sony Alpha Mirrorless dan 2 buah 4K Super 35mm Camcorders. Kamera yang didonasikan ini akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan praktik mahasiswa FFTV-IKJ dalam pembuatan tugas praktik, tugas akhir mahasiswa, hingga produksi konten podcast FFTV-IKJ.

Ketiga kamera yang didonasikan ini telah diserahkan kepada pihak FFTV-IKJ pada tanggal 22 Juli 2022, di Institut Kesenian Jakarta. Kamera tersebut diserahkan langsung oleh President Director Sony Indonesia, Koji Sekiguchi dan diterima oleh pihak FFTV-IKJ, Hanief Jerry, M.Sn, selaku Dekan FFTV -IKJ.

Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Kami sangat senang dapat berkontribusi untuk mendukung kegiatan pendidikan perfilman di Indonesia melalui FFTV-IKJ. Dengan teknologi pencitraan canggih yang dimiliki kamera Sony, para mahasiswa FFTV-IKJ dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dan menghasilkan karya yang luar biasa.” 

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Sony yang telah membantu melengkapi fasilitas pendidikan FFTV-IKJ. Dukungan yang diberikan oleh Sony ini akan kami maksimalkan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan mahasiswa FFTV-IKJ dalam menghasilkan karya yang berkualitas, sehingga mereka dapat bersaing secara global. Kami harap kolaborasi ini dapat terus berjalan guna semakin memajukan industri perfilman Indonesia,” ungkap Hanief Jerry, M.Sn, Dekan FFTV-IKJ.

Selain donasi, sebelumnya Sony Indonesia dan FFTV-IKJ telah melakukan kerja sama dalam proyek “Kolaborasi Dunia Pendidikan dengan Teknologi Pencitraan”. Kegiatan dari kolaborasi tersebut meliputi Program Masterclass bersama para praktisi dalam bidang perfilman seperti Fajar Bustomi, Sutradara dan Andhy Pulung, Film Editor, peminjaman unit kamera dan lensa Sony untuk kelas praktik perfilman, serta mengajak mahasiswa FFTV-IKJ untuk menghasilkan karya dan berpartisipasi dalam ajang festival film “World of Film by Sony Asia Pacific”.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung FFTV-IKJ sebagai pusat pendidikan serta pengembangan kreasi film yang mengedepankan teknologi dan mengikuti dinamika industri, memperkenalkan teknologi terkini untuk pembuatan film kepada mahasiswa FFTV-IKJ, serta mendorong mahasiswa dalam menghasilkan karya kreatif dalam bidang film dan bersama-sama mengembangkan industri perfilman di Indonesia. Selain itu, kolaborasi ini juga menjadi sebuah inisiatif dalam membangun komunitas perfilman antara Sony Indonesia dan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ).

FFTV-IKJ merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan yang menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) berkaitan dengan ilmu film dan televisi. FFTV-IKJ memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan film, televisi dan fotografi terkemuka yang mengarah pada seni urban dengan mengakar pada kebudayaan daerah di Indonesia.

OPPO Brand Store Virtual Pertama Resmi Diluncurkan

OPPO Brand Store Virtual

tabloidpulsa.id – Pada 21 Juli 2022 lalu, OPPO Indonesia meluncurkan OPPO Brand Store Virtual pertama di Indonesia yang merupakan sebuah platform penjualan daring yang didirikan dengan tujuan memberikan pengalaman baru kepada konsumen digital untuk berbelanja secara daring namun tetap merasakan suasana berbelanja dalam toko luring OPPO. Konsep ini juga menyajikan interaksi layaknya di toko luring dengan para frontliner OPPO untuk bertanya dan mendapat penjelasan detail produk.

“Kami meluncurkan OPPO Brand Store Virtual sebagai bentuk keseriusan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja daring yang nyaman dari rumah dengan konsep virtual shopping. Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus memperluas pasar virtual shopping di Indonesia.” Ujar Jim Zhang, CEO OPPO Indonesia

Kehadiran OPPO Brand Store Virtual merupakan salah satu bentuk strategi OPPO Indonesia untuk memberikan respon terhadap tren virtual shopping. OPPO berpandangan bahwa tren virtual shopping akan menjadi cara baru konsumen untuk berbelanja dengan menggabungkan teknologi dan sosial media melalui konsep belanja di rumah interaktif.

Yang menjadi catatan bagi OPPO Indonesia adalah bagaimana menyajikan sebuah pengalaman berbelanja layaknya berada di toko secara langsung. Pada konsep ini, konsumen dapat mencoba secara langsung pengalaman berbelanja melalui akun resmi Tiktok baik pada akun OPPO Indonesia maupun OPPO Store Indonesia. Tidak terbatas pada media sosial, OPPO juga melebarkan konsep toko virtual ini melalui aplikasi E-commerce terkemuka di Indonesia.

Peluncuran OPPO Brand Store Virtual akan semakin memudahkan konsumen untuk membeli berbagai produk terbaik OPPO di Indonesia, salah satunya perangkat terbaru dengan desain keren, OPPO A57. Smartphone terbaru di keluarga OPPO A Series ini membawa banyak pembaharuan, terutama pada segi desain hingga performa yang lebih tinggi jika dibandingkan pendahulunya.

Bahkan, beberapa pembaharuan dan peningkatan ini menjadi pionir di lini seri A5. Sebut saja, desain OPPO Glow, pengisian kilat 33W SUPERVOOCTM , ultra-linear stereo speaker dan charging heat technology. OPPO A57 tersedia di Indonesia dalam dua pilihan warna, glowing black dan glowing green dengan harga Rp 2.399.000.

Telkom University dan SAS Bermitra Kembangkan Talent Analytics Indonesia

Telkom University dan SAS

tabloidpulsa.id – SAS bermitra dengan Telkom University untuk mengembangkan talenta baru yang berbakat dalam bidang analitik di Indonesia. Melalui Nota Kesepahaman (MoU) ini, SAS dan universitas swasta di Bandung, Jawa Barat, memperkuat komitmen mereka untuk membina para analis data yang ada di republik ini sekaligus menghubungkan mereka dengan para pengusaha.

“Kemitraan ini memberikan batu loncatan yang sangat baik bagi siswa Indonesia untuk meningkatkan prospek karir mereka dengan sertifikat SAS,” kata Febrianto Siboro, Managing Director (Indonesia), SAS Institute. “Indonesia telah siap menjadi pasar digital terbesar di Asia Pasifik, oleh karena itu literasi data akan menjadi pendorong bagi nilai bisnis berikutnya, sehingga mengasah keterampilan anak muda yang ingin bekerja di bidang data sangatlah penting. Dengan kemampuan teknologi  yang dimiliki serta didukung dengan pola pikir yang maju, kolaborasi kami dengan Telkom University akan mempersiapkan generasi berikutnya dari tenaga kerja terampil Indonesia, menyediakan bisnis dengan bakat dibidang data yang tepat untuk kesuksesan mereka.”

Sertifikasi SAS saat ini tersedia untuk mahasiswa Jurusan Data Science di Fakultas Informatika. Selama bertahun-tahun, SAS telah berkolaborasi dengan institusi pendidikan tinggi untuk membantu menjembatani kesenjangan keterampilan di Indonesia dan di seluruh dunia.

“Kami telah bekerja sama dengan SAS dan kami merasa terhormat dapat menawarkan siswa kami untuk berkesempatan menjadi SAS Certified. Dengan kemampuan analitik data yang penting untuk tujuan transformasi digital bangsa, kami yakin bahwa siswa kami akan cukup siap untuk menghadapi dunia Industri 4.0,” ujar Prof. Dr. Adiwijaya – President Telkom University.

Sertifikasi SAS untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

Selama bertahun-tahun, SAS telah berkolaborasi dengan institusi pendidikan tinggi untuk membantu menjembatani kesenjangan keterampilan dan mengasah bakat generasi berikutnya. Saat ini Indonesia menghadapi kekurangan untuk talenta di bidang digital yang berkualitas, Indoensia menempati peringkat 125 dari 132 negara dalam Indeks Inovasi Global 2020, program seperti Program Spesialisasi Akademik SAS akan meningkatkan literasi digital di Indoensia. Pelajar Indonesia dapat menerima bantuan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan keterampilan yang relevan untuk mendapatkan pekerjaan ilmu data melalui:

☐        Akses bahan ajar gratis dan kembangkan koneksi industri

☐        Terima instruksi mendalam tentang Teknologi SAS

☐        Akses Perangkat Lunak SAS Gratis untuk pengajaran dan pembelajaran

☐        Akses webinar eksklusif yang mendalami analitik dan wawasan

Memenuhi Tuntutan Ilmu Data

Menurut Indeks Inovasi Global 2020, pertumbuhan digital yang pesat dapat menciptakan peluang kerja baru antara 27 hingga 46 juta pekerjaan, keahlian di bidang analitik data menjadi sesuatu yang penting dalam pertumumbuhan digital, seperti diketahui dalam bisnis menggunakan data adalah tindakan preventif yang perlu di jaga.

Melalui kerjasama dengan Telkom University ini, SAS menindaklanjuti komitmennya untuk menciptakan perubahan positif melalui inovasi kolaboratif. Upaya ini akan mempersiapkan dan mengembangkan talenta digital masa depan untuk membantu percepatan ekonomi digital di Indonesia. Dengan meningkatnya permintaan akan profesional data, kebutuhan akan analitik menjadi lebih jelas. Sementara Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk membina talenta digital, paling tidak melalui Beasiswa Bakat Digital untuk calon siswa, SAS berharap dapat memainkan peran yang lebih besar dalam membentuk tenaga kerja masa depan Indonesia dengan kemitraan berkelanjutan dan program akademik lainnya.

Penuhi Batas Tenggat Waktu BI, DANA Menjadi Pionir Penerapan SNAP

Ilustrasi Penggunaan Dompet Digital DANA
Ilustrasi Penggunaan Dompet Digital DANA

TabloidPulsa.id – Melanjutkan komitmen dan keterlibatan DANA sebagai first mover pada Working Group Nasional Open API dalam rangka mengimplementasikan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang dicanangkan Bank Indonesia, kini DANA berhasil menjadi salah satu perusahaan teknologi keuangan pertama yang menerapkan SNAP. Adapun produk Open API Pembayaran DANA telah berhasil mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia pada 30 Juni 2022 lalu.

“Sejak awal gagasan SNAP BI diluncurkan, DANA terus memberikan dukungannya dengan terlibat aktif dalam perumusan pedoman teknis dan tata kelola Open API. Pasalnya, kami percaya bahwa implementasi SNAP mampu menghilangkan fragmentasi dan mendatangkan kesempatan kolaborasi yang lebih besar antar pelaku industri guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Indonesia. Penerapan SNAP juga sejalan dengan komitmen DANA yang selalu mengusung konsep open platform untuk memudahkan integrasi dengan berbagai ekosistem ekonomi digital,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA Indonesia.

Standardisasi melalui SNAP yang dibahas melalui pembaruan kebijakan Bank Indonesia dalam Blue Print Sistem Pembayaran Indonesia 2025 menjadi bukti pentingnya standar nasional untuk menyeragamkan bahasa, protokol, instruksi dan lain sebagainya yang memfasilitasi interkoneksi antar aplikasi sehingga mampu mendorong percepatan pelaku sistem pembayaran dalam melakukan kerja sama digital dan ke depannya mampu menekan biaya transaksi konsumen. Kehadiran SNAP juga mampu mendorong integrasi, interkoneksi, dan interoperabilitas, sehingga meningkatkan efisiensi sekaligus interlinkage antara penyedia jasa pembayaran (PJP) bank dan PJP non-bank, maupun pelaku ekonomi digital lainnya.

Dengan penerapan SNAP pada produk Open API Pembayaran DANA, seluruh ekosistem DANA mampu merasakan proses integrasi yang lebih mudah serta pengalaman transaksi digital yang makin menyeluruh, sebagai berikut:

  1. Untuk PJP baik bank maupun non-bank, integrasi dan interkoneksi yang dilakukan dengan merchant maupun PJP lainnya akan semakin efektif dan efisien, karena menggunakan standar umum yang telah ditetapkan secara nasional dan dipahami oleh seluruh pelaku sistem pembayaran.
  2. Untuk merchant, hadirnya SNAP dapat memudahkan pelaku usaha untuk menjadi bagian dari ekosistem pembayaran digital sehingga mampu memperluas kesempatan bagi lebih banyak usaha untuk merasakan manfaat pembayaran digital. Merchant juga dapat memiliki pilihan PJP untuk integrasi yang lebih luas melalui satu API yang sama sehingga mampu berdampak positif untuk meningkatkan usahanya agar lebih mandiri dan berdaya saing.
  3. Sementara untuk pengguna, berkat keterikatan antara semua PJP dan merchant, maka akan tercipta layanan keuangan digital yang makin inklusif, efisien dan aman. Imbas positifnya, SNAP mampu menciptakan pertumbuhan industri pembayaran yang lebih sehat, aman dan mendorong industri pembayaran untuk terus berinovasi dan memberikan pengalaman bertransaksi digital terbaik untuk pengguna.

DANA merupakan first mover pada Working Group Nasional Open API bersama 14 first mover lainnya, yang terdiri dari pelaku perbankan, ecommerce, dan PJP lainnya. Penerapan ini selaras dengan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) SNAP di mana first mover wajib menerapkan SNAP pada Open API Pembayaran yang sudah digunakan sebelum PADG SNAP berlaku yaitu paling lambat 30 Juni 2022. Berkat kolaborasi dan kerja sama yang baik antara DANA dengan Bank Indonesia, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dan partner DANA baik yang merupakan first mover maupun non first mover, maka DANA berhasil secara tepat waktu menerapkan SNAP sesuai aturan PADG SNAP.

“Menyempurnakan implementasi SNAP Open API ini, kami tetap mengedepankan perlindungan pengguna dan menjaga keamanan maupun perlindungan data melalui teknologi yang kami miliki. Besar harapan kami berbagai terobosan yang dibawa Bank Indonesia sekaligus dukungan dari seluruh industri pembayaran, benar-benar mampu mempercepat digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia,” tutup Vince.

Telkomsel dan BKKBN Jalin Kolaborasi Strategis Terkait Stunting

Kolaborasi Telkomsel dan BKKBN
Kolaborasi Telkomsel dan BKKBN

TabloidPulsa.id – Sebagai salah satu upaya dalam mengakselerasi transformasi digital yang berdampak positif pada kemajuan bangsa, Telkomsel terus membangun kolaborasi bersama lembaga pemerintahan dalam mendorong kemajuan melalui pemanfaatan teknologi digital. Mempertegas komitmen tersebut, Telkomsel menjalin kolaborasi strategis bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam mendukung berbagai program pencegahan stunting di Indonesia. Kolaborasi tersebut ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang bersamaan dengan digelarnya webinar terkait digitalisasi penanganan program percepatan penurunan stunting di Indonesia, (20/7).

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, “Melalui kolaborasi ini, Telkomsel akan mengoptimalkan seluruh kapabilitas teknologi dan ekosistem digital yang dimiliki untuk dapat mendukung BKKBN dalam menjalankan berbagai program dari Strategi Percepatan Penurunan Stunting yang dicanangkan oleh pemerintah. Berbekal pengalaman sebelumnya dalam membantu pencegahan stunting di Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Telkomsel optimis dapat mendukung digitalisasi layanan institusi pemerintahan untuk menekan angka stunting setiap tahunnya sehingga dapat mencapai target prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen melalui pemanfaatan solusi teknologi digital terdepan dari Telkomsel.

Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso menyampaikan, “BKKBN menjalankan berbagai strategi untuk dapat mempercepat prevalensi stunting, salah satunya dengan membentuk 200.000 Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang salah satu tugasnya mendampingi calon pengantin (3 bulan sebelum menikah) melalui pendekatan digital, dengan menggunakan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL). Berbagai kendala tentu dialami di lapangan, termasuk permasalahan sinyal, server, dan teknis lainnya seiring dengan luasnya kondisi geografis Indonesia. Karena itu, kami menyambut baik kolaborasi bersama Telkomsel dalam upaya percepatan prevalensi stunting dengan harapan dukungan jaringan internet serta layanan telekomunikasi terdepan Telkomsel dapat mengatasi berbagai tantangan tersebut.”

Melalui inisiatif strategis ini, Telkomsel akan mengoptimalkan ekosistem Telkomsel Enterprise untuk menghadirkan solusi digital yang dapat mendukung Program Pencegahan Stunting yang dijalankan oleh BKKBN. Salah satunya melalui Telkomsel CloudX contact center yang dapat membantu mengintegrasikan sistem layanan BKKBN untuk masyarakat. Melalui dukungan tersebut, Telkomsel berharap dapat mendukung pemerintah dan masyarakat dalam menekan angka prevalensi stunting di setiap tahunnya, guna mewujudkan keluarga yang lebih sehat dan produktif untuk generasi berkualitas.

Sebagai bentuk dukungan yang lebih komprehensif, pada kolaborasi ini Telkomsel akan menghadirkan paket data khusus, dimana BKKBN dapat membeli data secara bulk yang dapat dibagikan sesuai kebutuhan dalam mendukung operasional seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan BKKBN dan tim Tenaga Pendamping Keluarga (TPK) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Telkomsel turut mengoptimalkan pemanfaatan Telkomsel Orbit untuk menghadirkan konektivitas broadband andal di seluruh kantor operasional BKKBN. Berbagai dukungan tambahan tersebut diberikan Telkomsel guna menunjang kenyamanan dan pemenuhan operasional komunikasi seluruh kegiatan BKKBN.

Bersamaan dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman tersebut, Telkomsel dan BKKBN turut menggelar webinar dengan tema “Digitalisasi Penanganan Program Percepatan Penurunan Stunting Bagi Organisasi Perangkat Daerah Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (OPD PPKB) Kabupaten/Kota”. Webinar tersebut menghadirkan para pakar di bidangnya untuk menyampaikan materi mengenai sistem akuntabilitas hingga manajemen data untuk mendukung program Percepatan Penurunan Stunting.

“Sebagai leading digital telco, Telkomsel senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan solusi teknologi digital yang tepat guna dan berdampak bagi kemajuan bangsa melalui sinergi dan kolaborasi bersama berbagai pihak. Dengan adanya inisiatif kolaborasi ini, Telkomsel dapat mengakselerasi transformasi digital di lembaga-lembaga pemerintahan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada berbagai program yang dijalankan. Kami optimis, sejumlah inisiatif strategis yang telah diramu dalam kolaborasi ini akan membuka lebih banyak peluang bangsa untuk mencetak generasi emas di masa depan seiring dengan semakin turunnya angka stunting di Indonesia,” tandas Sigit.

Editor's Pick