Home Blog Page 416

IOH Kembali Gelar IDCamp Bootcamp bagi Penyandang Disabilitas

IDCamp Bootcamp 2022

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) kembali menggelar kelas pendampingan coding bagi penyandang disabilitas pada IDCamp Bootcamp 2022. IOH menyelenggarakan kegiatan untuk keempat kalinya tahun ini dengan semangat teknologi digital yang inklusif, terbuka untuk semua orang, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. 

Program IDCamp Bootcamp 2022 for Disabilities ini juga sekaligus diselenggarakan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang bertujuan agar setiap masyarakat Indonesia mendapatkan hak yang sama dalam hal pendidikan.

IDCamp (IOH Digital Camp) merupakan program pelatihan coding secara online untuk meningkatkan kompetensi dan memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia menuju era ekonomi digital. IDCamp yang merupakan program CSR IOH di dalam pilar Pendidikan Digital ini juga bertujuan untuk mendukung rencana pemerintah dalam menyiapkan talenta digital yang siap bersaing di era ekonomi digital.

Sebab, berdasarkan data World Bank, Indonesia saat ini memerlukan 9 juta talenta digital hingga 2030. Dengan demikian, diperlukan 600.000 talenta digital per tahun dengan kebutuhan programming coding sebagai salah satu kompetensi utama yang harus dipenuhi.

SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerangmengatakan,“Program IDCamp yang terbuka bagi semua orang di Indonesia kembali hadir di tahun 2022, untuk terus mendukung talenta digital muda, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, program bootcamp bertujuan untuk mengajak para peserta dapat maju bersama-sama, membuat lompatan ke masa depan, serta menjadi kebanggaan bagi pribadi dan keluarga. Kami yakin para peserta dapat termotivasi untuk lebih berdaya dan bisa meningkatkan kualitas kehidupan mereka di masa depan.”

IOH secara konsisten menyelenggarakan bootcamp-bootcamp IDCamp sejak 2019. Sebanyak 2.200 orang atau 1,2% dari total peserta berkebutuhan khusus sudah mendapat manfaat dari program IDCamp.

IDCamp 2022 sendiri memiliki 8 alur belajar, di antaranya Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, Machine Learning Developer, Back-End Developer, Multi Platform Apps Developer, React Web Developer, dan DevOps Engineer.

MediaTek Helio G99 Jadi Kunci Utama Performa POCO M5

Performa POCO M5

tabloidpulsa.id – Setelah resmi diluncurkan pada bulan November lalu, performa POCO M5 terus menjadi perbincangan karena berada di atas rata-rata dibandingkan smartphone lain di kelasnya.

Chipset ini populer digunakan oleh berbagai vendor smartphone karena mampu menjalankan game kelas berat dengan baik dan POCO membawanya ke lini smartphone M Series dengan harga yang paling ekstrem, hanya di 2 jutaan saja!

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia mengatakan,”Bagi #GenerasiMaksimal yang gemar bermain mobile gaming, mereka menginginkan smartphone dengan performa maksimal sesuai dengan kemampuan mereka sebagai gen Z. Dan POCO M5 dapat menjadi jawabannya, karena POCO M5 merupakan smartphone dengan prosesor berperforma paling ngeGAS dikelasnya.”

Salah satu alasan dibalik ngeGas nya performa POCO M5 adalah penggunaan prosesor terbaru dan salah satu yang terbaik di tahun 2022, yaitu MediaTek Helio G99. Prosesor Octa-core 4G yang dibangun di atas proses manufaktur TSMC 6nm ini diklaim memiliki performa 35% lebih baik dibandingkan chipset 4G berteknologi 6nm lainnya.

Demikian pula berkat konfigurasi 2 Arm Cortex A76 CPU dengan clock speed hingga 2.2GHz dan 6 Arm Cortex A55 dengan clock speed hingga 2.0GHz yang efisien, bersama dengan GPU ARM Mali-G57 MC2, serta proses teknologi 6nm membuat MediaTek G99 memiliki peningkatan performa dan clock rate CPU dan GPU yang lebih tinggi.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan didapatkan performa CPU yang dihasilkan oleh MediaTek Helio G99 tercatat 40% lebih baik dibandingkan chipset 4G berteknologi 6nm lain, sementara 75% lebih baik untuk sektor GPU.

Untuk semakin meningkatkan performa, POCO M5 juga memberikan optimalisasi software melalui MediaTek Hyper Engine 2.0 Lite dan Game Turbo 5, teknologi software yang mampu membuat performa gaming POCO M5 semakin maksimal, serta Msync 1.0 untuk efisiensi daya. Selain itu, LPDDR4X RAM dan UFS2.2 ROM untuk manajemen memori yang maksimal, serta slot micro SD hingga 1TB.

Disamping performa ngeGas, POCO M5 memiliki baterai berkapasitas besar 5000mAh yang mampu digunakan 15 jam bermain game, 21 jam menonton, 42 jam telepon, dan 476 jam dalam kondisi standby, serta mendukung 18W fast charging.

POCO M5 tersedia dalam tiga warna menariknya, yaitu Yellow, Green, dan Black yang memiliki dua varian; 4+1/64GB dengan harga mulai dari Rp. 2.199.000 dan 4+2/128GB dengan harga mulai dari Rp. 2.399.000.

POCO M5 ini sudah bisa didapatkan di POCO Store dan berbagai mitra toko offline, seperti Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Erafone, dan Xiaomi Partner.

Selain itu, juga bisa didapatkan secara online di PO.CO.ID dan berbagai official store di ecommerce terpercaya, termasuk Akulaku, Blibli, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Foxconn Mengklaim Masalah di Pabrik iPhone China Sudah Selesai

tabloidpulsa.id – Hon Hai Precision (Foxconn) mengalami penurunan pendapatan yang jarang terjadi pada November menyusul wabah Covid-19 (virus corona) di fasilitas perakitan iPhone terbesarnya di China, tetapi bersikeras bahwa situasi secara keseluruhan terkendali.

Dalam sebuah pernyataan, pabrikan kontrak mencatat bahwa mereka mulai mengalokasikan kembali kapasitas produksi ke pabrik yang berbeda, mulai merekrut karyawan baru dan secara bertahap bergerak menuju pemulihan kapasitas menjadi normal.

Foxconn menambahkan prospek untuk Q4 diharapkan secara kasar sejalan dengan konsensus pasar.

Penurunan pendapatan 11,4 persen tahun ke tahun di bulan November menjadi TWD55,1 miliar ($1,8 miliar) adalah penurunan bulanan pertama sejak penurunan 2,8 persen di bulan April dan terjadi setelah melaporkan pertumbuhan lebih dari 40 persen di bulan September dan  Oktober.

Meski turun, untuk 11 bulan pertama pendapatan tumbuh 13,6 persen menjadi TWD6 triliun, termasuk rekor bagi perusahaan.

Perusahaan menghubungkan penurunan pendapatan elektronik konsumen pintar dengan produksi yang secara bertahap memasuki musim sepi dan beberapa pengiriman dipengaruhi oleh gangguan di pabriknya di Zhengzhou, China.

Sebulan yang lalu, Foxconn menurunkan ekspektasi pendapatannya untuk Q4 setelah meningkatnya kasus Covid-19 di fasilitas iPhone.

AR&Co dan Celcius Hadirkan Avatar Maestro Seni Lukis Indonesia

AR&Co Maestro Lukis

tabloidpulsa.id – AR&Co, anak perusahaan WIR Group, bersama dengan Celsius, brand fashion lokal Indonesia, menampilkan visual karya seni lukisan yang interaktif dan imersif kepada pengunjung melalui dukungan teknologi AR (Augmented Reality). AR&Co mengembangkan filter Instagram yang dapat memunculkan visual interaktif berupa animasi 3D yang dapat bergerak memberikan pengalaman unik terhadap lukisan bersejarah dari tiga maestro lukis Indonesia, yakni Affandi Koesoma, Basoeki Abdullah, dan Antonio Blanco. Kegiatan eksibisi ini ditampilkan melalui event El-Maestro yang merupakan peluncuran koleksi fashion terbaru dari Celsius dan berlangsung di Sarinah, Jakarta.

Tidak sekedar memamerkan karya lukis dan menuangkan mahakarya seni tersebut dalam item fashion, kolaborasi Art in Fashion “El-Maestro” ini juga menghadirkan ketiga maestro tersebut secara nyata, dalam bentuk figur animasi 3D avatar. Hal ini memberikan pengalaman unik bagi pengunjung dan mendorong generasi muda untuk terus memberikan apresiasi terhadap karya seniman dalam negeri.

Gupta Sitorus, Chief of Sales and Marketing Officer dari WIR Group, mengatakan “Teknologi AR telah memberikan disrupsi dalam berbagai bidang, termasuk dalam hal memberikan apresiasi pada karya seni. Sentuhan teknologi dalam karya seni lukisan berhasil memberikan pengalaman unik bagi pengunjung untuk lebih mengapresiasi karya seni tersebut secara lebih dalam. Sebuah karya seni mampu menggugah emosi, perasaan, pemikiran mendalam pada orang yang melihat, dan dengan dukungan teknologi Augmented Reality, semua sensasi yang dialami indera itu dapat ditingkatkan.”

Di dalam pameran seni El-Maestro, ketiga Maestro ditampilkan dalam bentuk visual interaktif melalui filter Instagram yang mudah diakses oleh pengunjung dan akrab dengan generasi muda. Hal ini juga bertujuan untuk menarik minat mereka sebagai generasi masa depan untuk mengenal legenda dunia seni internasional asal Indonesia tersebut. Selain itu, bagi generasi yang lebih senior, kehadiran Affandi, Basoeki Abdullah dan Antonio Blanco dalam wujud figur AR ini dapat menjadi momen nostalgia.

AR&Co telah berhasil membawa dunia seni ke level baru dan memberikan seniman kemerdekaan untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang berbeda. “Saat ini, telah banyak penampilan karya seni yang telah dikemas dalam bentuk AR di dunia. Untuk itu, kami senang melihat Indonesia menjadi salah satu negara tersebut yang telah selangkah lebih maju untuk mengaplikasikan teknologi AR ke dalam bidang seni. Sebuah transisi bagi dunia seni di Indonesia dalam memasuki era web3.” tambah Gupta.

Pemanfaatan teknologi AR saat ini telah dimanfaatkan di berbagai bidang melihat potensi yang diberikan, terutama dalam bidang pemasaran, konten, pendidikan, dan sebagainya. AR memberikan solusi teknologi melalui pengalaman imersif untuk masyarakat merasakan integrasi dunia online to offline (O2O). “Sesuai dengan filosofi kami yaitu inklusivitas, kami akan terus berupaya untuk mengembangkan solusi teknologi, termasuk metaverse dan web3, yang dapat dinikmati setiap orang.” tutup Gupta.

Diskon Gercep di Puncak Gelaran Blibli Histeria Spektakuler 12.12

blibli histeria spektakuler 12 12

tabloidpulsa.id – Rangkaian promo belanja Blibli Histeria akan segera mencapai gelaran pamungkasnya di Blibli Histeria Spektakuler 12.12. Rangkaian ini bakal dimulai dengan program road to 12.12 pada 5-11 Desember 2022, dan dilanjutkan PUncak Promo 12.12 pada 12-15 Desember 2022. Berbagai penawaran spesial hadir untuk melanjutkan euforia puluhan juta trafik selama gelaran Blibli Histeria Luar Biasa 11.11 pada November lalu.

Berikut isi rilis yang kami terima dari Blibli.

Blibli Histeria Spektakuler 12.12 menjadi kesempatan pelanggan mewujudkan wishlist akhir tahun dan memenuhi berbagai kebutuhan harian melalui beragam penawaran spektakuler mulai dari Cashback hingga jutaan rupiah, Diskon Gercep Serba Rp12 ribu, ekstra diskon dari payment partner hingga Rp1,2 juta, Brand Deals hingga 90%, serta aneka gamification mulai dari Shake Me, Questeria dan  Blibli Lelang.

Ragam produk seperti smartphone, jam tangan, Logam Mulia, hingga mobil listrik Wuling Air ev ditawarkan mulai dari Rp12. Lebih lanjut, pelanggan dapat mengikuti aktivitas lelang spektakuler Blibli lewat:

●            Mini Lelang pada 10-11 Desember 2022 pukul 11:00 dan 20:00 WIB; dan

●            Mega Lelang berlangsung pada 12-15 Desember 2022 pukul 12:00, 18:00, 20:00 dan 22:00 WIB.

SVP of Campaign Blibli Cindy Kalensang mengatakan, “Momen akhir tahun selalu menjadi saat yang dinanti untuk berbagi kebahagiaan dengan kerabat maupun mewujudkan wishlist yang belum tercapai. Hal ini ditegaskan survei terbaru yang mencatat 77% konsumen Indonesia dalam menyambut holiday season berencana berbelanja menggunakan mobile app, di mana 47% dari mereka melihat 12.12 sebagai momen belanja yang paling mereka nantikan .”

“Untuk itu, Blibli mengapresiasi besarnya antusiasme pelanggan sejak rangkaian promo belanja Blibli Histeria digelar Oktober dan November lalu. Maka pada puncak akhir tahun gelaran Blibli Histeria Spektakuler 12.12, kami telah menyiapkan berbagai program spektakuler sambil bermain game agar pelanggan Pasti Puas Pasti di Blibli,” lanjut Cindy.

Rangkaian program yang dihadirkan di Blibli Histeria Spektakuler 12.12 adalah momen yang tepat bagi pelanggan untuk mewujudkan wishlist product-nya, dengan promo gratis ongkir tanpa minimum belanja yang berlaku dari tanggal 12-15 Desember 2022, sehingga pelanggan bisa menikmati pengalaman berbelanja yang pasti puas dan terpercaya sesuai preferensi dan kebutuhan.

Menariknya lagi, semarak promo Harbolnas kali ini juga dapat dirasakan keseruannya oleh para pelanggan setia Blibli di luar Jabodetabek melalui Blibli Go Local Histeria Spektakuler 12.12, yang menjangkau wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Melalui platform khusus ini, pelanggan dapat menemukan berbagai pilihan produk terbaik dan 100% orisinal yang paling dicari di pasar setempat, sekaligus wujud komitmen nyata Blibli untuk mendukung seller lokal dengan memanfaatkan fasilitas warehouse dan logistik yang terintegrasi.

Blibli Histeria Spektakuler 12.12 hadirkan kejutan yang melimpah

Semakin banyak keseruan yang dihadirkan selama berlangsungnya promo Blibli Histeria Spektakuler 12.12, termasuk di antaranya:

  1. Bebas belanja sepuasnya dengan cashback spesial hingga jutaan rupiah

Punya berbagai list belanjaan tapi masih ragu untuk langsung beli semuanya? Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Kamu bisa nikmati serangkaian cashback spesial hingga jutaan rupiah untuk seluruh kategori belanja, termasuk Midnite Sale Cashback 12% pada Puncak Promo Blibli Histeria Spektakuler 12.12. Tidak hanya itu, khusus bagi pengguna baru (new customer) bisa mendapatkan cashback 100% untuk transaksi yang berlangsung antara 12-15 Desember 2022.

  1. Semakin kece dengan Diskon Gercep Serba 12 Ribu untuk borong produk 100% original

Sering merasa sedih karena produk-produk orisinal incaran harganya selangit? Buat kamu yang ingin selalu tampil kece dengan barang-barang orisinal, kamu bisa banget nih memanfaatkan Diskon Gercep Serba 12 Ribu dari Blibli melalui flash sale berkala untuk berbagai produk branded pilihan yang pasti 100% orisinal.

  1. Jadi hebat belanja hemat dengan Non Stop Brand Deals berupa diskon hingga 90%

Selalu jadi yang terdepan dengan barang-barang branded tanpa harus menguras dompetmu. Kamu bisa berbelanja produk-produk dari brand terkemuka seperti Danone, Unilever, Samsung, Philips Electronic, Reckitt Benckiser, Wings, L’oreal, NBA dan banyak merek lainnya dengan harga kompetitif.

  1. Bertransaksi dengan payment partner pilihan bisa ekstra diskon hingga Rp1,2 juta

Setelah menentukan produk apa saja yang ingin kamu bawa pulang, terkadang pilihan pembayaran juga menjadi penentuan akhir yang sangat penting. Tapi jangan khawatir, Blibli berkolaborasi dengan 27 bank dan mitra pembayaran pilihan mulai dari kartu kredit, e-money, virtual account, kartu debit, cicilan tanpa kartu kredit yang memberikan ekstra diskon hingga Rp1,2 juta agar pelanggan semakin hemat saat belanja!

  1. Serunya belanja online di akhir tahun sambil bermain game di aplikasi Blibli

Sambil menunggu waktu promo barang incaranmu mulai, kamu bisa bermain berbagai macam game di aplikasi Blibli, salah satunya game Shake Me berlangsung pada periode 1-9 Desember 2022, dan Questeria yang berlangsung antara 5-15 Desember 2022.  Coba pula ikut gamification Blibli Lelang agar bisa mendapatkan peluang memenangkan kesempatan lelang produk idaman mulai dari Rp 12. Cara ikut gampang, segera download aplikasi Blibli sekarang.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera cari tahu lebih banyak tentang jadwal dan juga keseruan promo Blibli Histeria Spektakuler 12.12 dengan klik link ini, atau pantau melalui akun Instagram @bliblidotcom  

Segera Hadir, iQOO 11 Akan Membawa Performa Monster

1qoo 11 performa monster

tabloidpulsa.id – Beberapa hari lagi, iQOO 11 akan secara resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia. Lebih tepatnya di hari Kamis mendatang 8 Desember 2022, produk pertama iQOO Indonesia ini layak ditunggu, karena bakal menjadi benchmark percobaan pertama iQOO di pasar Tanah Air dan hal itu nampaknya bakal jadi kenyataan, mengingat iQOO 11 bakal hadir membawa performa monster dengan 3 poweful Iron Machine. Terdiri dari apa sajakah 3 mesin ini?

Telah sama-sama kita ketahui bahwa iQOO 11 bakal membawa chipset terkini, yang baru saja diperkenalkan oleh Qualcomm beberapa minggu lalu, yakni Snapdragon 8 Gen 2. Menurut iQOO ini adalah mesin pertama yang menjamin performanya. Lalu berikutnya ponsel ini juga membawa tipe RAM LPDDR5X dan tipe storage UFS 4.0. Keduanya menjadi pelengkap sebagai trisula powerful iron machine iQOO 11.

Praditya Putra, Head of Product iQOO Indonesia mengatakan, “Powerful performance selalu menjadi fondasi dari produk flagship iQOO, karena penting untuk mendukung aktivitas berat pengguna mulai dari multitasking hingga bermain game. Kami mendengar Anda dan kami paham apa yang Anda butuhkan. Maka dari itu dengan serius kami menghadirkan kekuatan 3 Powerful Iron Machine pada iQOO 11 untuk memberikan performa monster dengan kinerja yang mengesankan.”

Chipset flagship Snapdraon 8 Gen 2 yang menyokong iQOO 11 mengadopsi teknologi proses 4nm TSMC dan menawarkan kinerja mengesankan dalam struktur dan efisiensi kinerja hingga 40%. Lebih lagi, Snapdragon 8 Gen 2 juga hadir dengan RAM LPDDR5X terbaru yang dapat menghadirkan start-up dan cache speed yang lebih cepat. Memori LPDDR5X ini memiliki kecepatan teoritis hingga 8.533 Mbps, 33% lebih tinggi dari LPDDR5 generasi sebelumnya, serta konsumsi daya lebih hemat untuk mempercepat pembukaan aplikasi dengan konsumsi daya yang lebih sedikit.

Tidak hanya itu, dibandingkan dengan UFS 3.1 yang menggunakan Solvit Controller, teknologi UFS 4.0 pada iQOO 11 pun telah di-upgrade menggunakan Serra Controller yang akan meningkatkan sequential write speed hingga 100% yang dapat mencapai 4200Mbps, dan semua dapat dieksekusi dengan daya 40% lebih hemat.

“Kami terus berusaha untuk membawa teknologi terbaru dan tercanggih kepada konsumen kami. Sebentar lagi, konsumen di Indonesia akan dapat merasakan secara langsung berbagai terobosan yang dibawa iQOO 11. Dengan 3 Powerful Iron Machine ini, iQOO 11 akan menjadi sebuah monster performance yang akan memberikan pengalaman menakjubkan kepada pengguna,” tutup Praditya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai brand iQOO dan produk iQOO 11 yang berperforma monster, silakan kunjungi akun media sosial resmi iQOO Indonesia di platform Instagram, Twitter, Facebook, YouTube dan TikTok.

Fokus #MetaID2023 Untuk Dukung Pelaku Bisnis dan Komunitas

#MetaID2023

tabloidpulsa.id – Membangun komunitas dan membantu bisnis untuk dapat terus tumbuh dan berkembang di atas teknologi-teknologi Meta merupakan inti dari apa yang Meta lakukan. Sepanjang tahun 2022, Meta di Indonesia meluncurkan beragam program dan inisiatif agar orang-orang dapat mengambil manfaat dari kekuatan teknologi digital. Menjelang akhir tahun, Meta membagikan fokus #MetaID2023 untuk memberikan wawasan serta tren di tahun depan yang bermanfaat bagi pelaku bisnis dan komunitas agar dapat tumbuh dan berkembang di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Kami di Meta bekerja didasari misi dan fokus untuk memampukan orang-orang di Indonesia, untuk membangun masa depan dan maju dalam kehidupannya. Sepanjang tahun 2022, kami melihat inovasi teknologi telah berperan dalam membantu pelaku bisnis untuk terus tumbuh, serta membantu komunitas untuk terus terhubung dengan lebih banyak orang dan saling berbagi inspirasi. Di tahun 2023 mendatang, fokus #MetaID2023 untuk mendukung orang-orang di atas Facebook, Instagram dan WhatsApp, mengadopsi kekuatan teknologi digital untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada komunitas,” ujar Pieter Lydian, Country Director, Meta di Indonesia.

Di tahun 2023, #MetaID2023 akan berfokus pada 3 hal utama: membantu pelaku bisnis melalui kekuatan teknologi digital, mendukung akselerasi digital melalui serangkaian kemitraan dan program, serta mendorong tren dan inspirasi bagi kreator dan komunitas yang menggunakan platform-platform Meta.

Dari sektor bisnis, #MetaID2023 melihat di tahun 2023 aktivitas bisnis di ranah online akan semakin erat dengan penggunaan layanan perpesanan bisnis atau business messaging, terutama melalui layanan WhatsApp yang begitu populer di Indonesia. Studi yang diluncurkan oleh Kantar di tahun 2022 menunjukkan, 7 dari 10 orang di Indonesia lebih suka menggunakan layanan business messaging untuk terhubung dengan bisnis daripada melalui telepon atau email.

“Pertumbuhan penggunaan business messaging mengalami peningkatan sepanjang tahun ini. Artinya, bisnis dan konsumen sudah menempatkan hal tersebut sebagai cara yang signifikan untuk memperoleh barang atau jasa dari bisnis secara personal. Hal ini juga didorong dengan lebih banyaknya kelompok Milenial dan Gen-Z yang terus menciptakan tren dan inovasi di ranah digital, termasuk menentukan bagaimana perjalanan belanja online dengan metode perpesanan. Kami melihat kesempatan yang besar kedepannya mengingat Indonesia juga adalah salah satu negara dengan pengguna teknologi digital terbesar di dunia,” ujar Aldo Rambie, Kepala Industri, Meta di Indonesia.

Salah satu bisnis yang telah memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan konsumen adalah Tokopedia. Tokopedia menggunakan WhatsApp untuk memberikan berbagai informasi terkini yang memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi konsumennya.

“Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk Meta, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Praktiknya misal, kami memanfaatkan platform business messaging WhatsApp untuk memberikan informasi terkait kampanye atau promosi yang relevan dengan pengguna agar membantu mereka berbelanja produk kebutuhan harian dengan lebih efisien. Selain itu, WhatsApp juga membantu kami untuk menjangkau para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, dan mengedukasi mereka terkait deretan fitur atau layanan terbaru di Tokopedia untuk mendorong penjualan hingga mengembangkan bisnis mereka lebih jauh.”kata Maisyalina Agustina, Growth Marketing Senior Lead Tokopedia.

Agar pelaku bisnis dapat terus tumbuh dan berkembang untuk bisa memanfaatkan teknologi digital secara maksimal, Meta juga akan melanjutkan beragam program pelatihan untuk pelaku bisnis diantaranya Meta Boost yang sepanjang 2021-2022 telah melatih 14.860 UKM dan #Shemeansbusiness, program untuk memberdayakan pengusaha perempuan, yang tahun 2022 ini sudah melatih 15.349 pelaku usaha perempuan.

Selain pelaku bisnis, #MetaID2023 juga akan berfokus untuk melanjutkan program-program yang ditujukan untuk berbagai komunitas yang tumbuh di atas platform. Tahun ini, Meta juga melihat bagaimana komunitas yang ada di Facebook dan Instagram telah mengadopsi pengalaman awal metaverse untuk dapat terhubung dengan lebih banyak orang dengan cara yang unik dan berbeda, salah satunya melalui pengalaman Augmented Reality (AR).

Bulan September tahun ini, Meta meluncurkan Akademi Pembelajaran Virtual, sebuah program pelatihan untuk kreator-kreator Spark AR di seluruh Indonesia dari berbagai latar belakang dan tingkatan yang bertujuan memberikan mereka kemampuan dari tingkat dasar hingga lanjut, untuk menciptakan pengalaman Augmented Reality (AR) yang menarik dan membawa dampak ekonomi.

“Kami di Meta percaya bahwa metaverse merupakan masa depan teknologi sosial dan komunitas Spark AR ini merupakan komunitas yang akan menentukan bagaimana orang-orang saling terhubung di atas platform kami melalui kekuatan teknologi digital. Akademi Pembelajaran Virtual merupakan upaya kami untuk mendukung anak-anak muda di Indonesia yang tertarik belajar Spark AR dan menjadi kreator-kreator masa depan sebagai tulang punggung dari masa depan metaverse dan evolusi teknologi secara umum,” ujar Noudhy Valdryno, Kepala Kebijakan Publik, Meta di Indonesia.

Pengalaman awal metaverse dan Web3 menjadi evolusi teknologi menarik bagi kelompok muda di Indonesia, khususnya Gen-Z, dalam menciptakan tren dan inspirasi di atas platform Meta, dan inilah yang menjadi fokus Meta selanjutnya. Untuk melihat bagaimana tren dan inovasi yang dilakukan kelompok muda di atas platform, Instagram bersama dengan Populix merilis laporan “Yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram” untuk pertama kalinya. Melalui laporan ini, Instagram menyoroti hal-hal yang paling diminati Gen Z tahun ini, serta tren dan topik yang mereka ikuti di Instagram.

Laporan ini menunjukkan, kelompok Gen-Z ternyata tidak hanya kelompok yang menikmati konten hiburan, namun mereka juga cenderung ingin lebih terhubung dengan orang-orang yang ada di dalam lingkaran pertemanan mereka. Salah satu temuan menarik di Indonesia adalah bagaimana kelompok Gen-Z di Instagram menjadikan tren hashtag #PesonaIndonesia dan #Kuliner sebagai top hashtag di tahun 2022 dengan masing-masing masing-masing 37% dan 40% Gen-Z menggunakan dua hashtag ini. #PesonaIndonesia dan #kuliner akan terus menjadi tren di tahun 2023.

“3,2 miliar atau 41% dari populasi dunia adalah Gen Z, menjadikan mereka generasi yang sangat penting bagi industri digital. Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer. Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya. Kami berharap laporan ini dapat menjadi panduan bagi komunitas dan pelaku bisnis mengenai tren yang akan hadir di tahun mendatang, sehingga mereka bisa lebih terhubung dengan hal-hal yang bermakna dan inspiratif di Instagram, serta dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi yang lebih besar,” ujar Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator Asia Tenggara, Meta.

Dukung Nasabah Kejar Passion, FWD Insurance Gelar Press Play

FWD Insurance Press Play Music

tabloidpulsa.idFWD Insurance mengajak nasabah untuk mengejar passion yang tertunda melalui kampanye Press play yang telah dimulai sejak September hingga Desember 2022. Melalui rangkaian kampanye ini, FWD Insurance melanjutkan komitmennya dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi, sebagai wujud komitmen untuk mendorong dan membantu memberdayakan masyarakat di Asia untuk bebaskan langkah.

Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance mengatakan, “FWD Insurance percaya passion adalah hal yang sangat penting dalam hidup setiap orang. Dengan memiliki passion, seseorang dapat bebaskan langkah menjalani hidup dengan lebih semangat, lebih positif, serta memiliki suasana hati yang lebih menyenangkan. Sehingga, kami ingin menginspirasi konsumen untuk dapat mengejar passion, dan bebaskan langkah dengan Press play, dimana asuransi berperan sebagai pendukung untuk meraih passion yang diinginkan.”

Pada Oktober lalu, FWD Insurance meluncurkan kampanye Press play yang terinspirasi dari kisah nyata orang-orang yang berani mengejar passion hidup mereka. Selain itu, FWD Insurance juga mendorong masyarakat untuk mengejar passion melalui pencarian #FWDPressPlayHunt, yakni mencari sosok dengan cerita inspiratif dalam kehidupan sehari-hari yang terbagi menjadi enam kategori yaitu: Press play untuk semangat baru, Press play untuk harapan baru, Press play untuk keluarga, Press play untuk keberanian, Press play untuk kebahagiaan dan Press play untuk kesejahteraan. Pencarian ini dilakukan secara digital melalui akun Instagram dengan menominasikan diri sendiri ataupun orang lain yang memiliki cerita inspiratif dalam mengejar passion-nya. Akan ada 14 orang yang berkesempatan memenangkan hadiah iPhone 14, Kamera Sony ZV-14, Voucher Traveloka senilai Rp 4.000.000,-, Voucher Traveloka senilai Rp 2.000.000,- dan 10 Voucher OVO masing-masing senilai Rp 200.000,- untuk cerita yang paling inspiratif dari 6 kategori Press Play.

Mengangkat kisah inspiratif #FWDPressPlayHunt di Bandung, FWD Insurance memperkenalkan

Shasya Pashatama atau dikenal dengan Pemilik dari Restoran Cici Claypot, “Awalnya saya hanya seorang penikmat makanan. Kemudian mencoba peruntungan untuk memulai usaha kuliner. Berkali-kali mencoba namun belum berhasil. Sehingga muncul rasa insecure, dan hal ini membuat saya menunda passion dan melanjutkan untuk bekerja kantoran. Suatu ketika saya dipertemukan dengan orang yang menyewakan tempat untuk berjualan. Disitu saya mulai mencoba, dan ternyata Cici Claypot mendapat sambutan luar biasa. Itu memberi saya keberanian untuk mulai percaya pada diri saya lagi.”

Sebagai perusahaan asuransi yang didukung teknologi digital, FWD Insurance memiliki berbagai jenis produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, hingga asuransi yang dilengkapi dengan investasi (unit link). “Dengan berbagai jenis produk asuransi yang dimiliki, kami percaya FWD Insurance dapat menjadi salah satu sumber daya untuk mendorong masyarakat dalam mengejar passion-nya,” tutup Anantharaman Sridharan.

Oleh karenanya, sebagai salah satu dukungan, FWD Insurance juga memberikan perlindungan diri berupa produk “Asuransi Bebas Handal’, dimana Shasya bisa mendapatkan manfaat lengkap perawatan rumah sakit hingga perawatan setelah rawat inap, biaya dokter serta cek lab, hingga layanan bantuan medis darurat.

Untuk menggaungkan kampanye ini, FWD Insurance menghadirkan kegiatan #FWDPressPlayMusic, dimana musik merupakan bahasa universal yang dipahami dan menyatukan berbagai kalangan dan acara ini dikemas dengan format karaoke yang menggabungkan kolaborasi penyanyi dan DJ/influencer di empat kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Medan, Bandung dan Jakarta. Di kota Bandung, FWD Press Play Music akan menghadirkan DJ Ucup Pop dan Rian D’Masiv yang akan mengajak masyarakat Bandung untuk bebaskan langkah merayakan hidup.

Apple Mempercepat Perpindahan Produksi dari China

tabloidpulsa.id – Apple meningkatkan langkah untuk memindahkan beberapa produksi dari China. Serta menyarankan pemasok untuk merakit produk di pasar lain termasuk India dan Vietnam. Tujuannya untuk mendiversifikasi rantai pasokan mereka, yang telah diguncang oleh protes luas yang dipicu oleh kebijakan nol-Covid 19 (virus corona) negara itu, The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan.

Dikutip dari Mobile World Live, sebuah sumber mengatakan bahwa beberapa klien yang tidak disebutkan namanya meminta produsen kontrak Luxshare Precision Industry untuk menangani lebih banyak perakitan di luar China daratan.

Apple juga ingin mengurangi ketergantungannya pada Hon Hai Precision (Foxconn) dengan menyebarkan pekerjaan di antara pemasok yang lebih besar, tulis WSJ.

Produksi iPhone terlambat karena masalah yang terjadi di fasilitas terbesar Foxconn di China, yang merupakan fasilitas perakitan utama untuk model iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Kuo Ming-Chi, seorang analis Apple dengan TF International Securities, memperkirakan produksi kedua model akan menjadi 15 juta hingga 20 juta lebih sedikit di Q4 dari perkiraan.

Laporan pada bulan Agustus menyebutkan bahwa Foxconn mempercepat pengalihan beberapa produksi unggulan terbaru Apple dari China ke India.

Kuo menyatakan Apple bertujuan untuk memindahkan 40 persen hingga 45 persen perakitan iPhone ke India, dari 2 persen menjadi 4 persen saat ini.

Pada bulan Mei, dia meminta kepada vendor untuk beralih ke Vietnam ketika memproduksi AirPods terbaru.

Klien AS termasuk Apple mencari komponen dari sumber lokal karena meningkatnya gesekan perdagangan dengan China. Bloomberg melaporkan pekan lalu pembuat chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Co berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi dan menghasilkan chip yang lebih canggih di fasilitas senilai $12 miliar yang dijadwalkan dibuka pada tahun 2024.

tiket.com Resmi Menjadi Mitra PT ASDP Indonesia Ferry

tabloidpulsa.id – tiket.com, resmi bermitra dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk bekerjasama dalam pengembangan digitalisasi produk dan layanan pada moda transportasi penyeberangan. Kemitraan yang diresmikan dalam penandatanganan nota kesepahaman pada 5 Desember 2022 ini merupakan wujud dari peraturan Menhub RI nomor 19 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan tiket angkutan penyeberangan secara elektronik dan arahan Presiden RI perihal sosialisasi masif penggunaan tiket online. 

Ferry telah menjadi moda transportasi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin bepergian menyeberangi lautan di Indonesia. Negara kita adalah negara kepulauan dan Ferry telah menjadi bagian penting dalam menghubungkan perjalanan masyarakat dari satu pulau ke pulau yang lain. 

Dengan kerja sama ini nantinya tiket penyeberangan Ferry akan tersedia di tiket.com. Hal ini akan semakin menambah jajaran opsi moda transportasi yang kini diisi oleh pesawat, kereta api, jemputan bandara hingga sewa mobil. Melalui tiket.com masyarakat nantinya dapat membeli tiket Ferry sekaligus dengan pelengkap perjalanan yang lain seperti sewa mobil, berbagai pilihan akomodasi tempat menginap, hingga aktivitas di berbagai destinasi yang semuanya dapat diakses di gadget dengan jangkauan ujung jari. 

Andi Hendrawan, Director of Transport, tiket.com, mengatakan, “Komitmen kami di tiket.com adalah untuk selalu menyediakan solusi lengkap untuk  kebutuhan perjalanan customer. Kami yakin penandatanganan MoU ini adalah sebuah awal yang baik dari banyak kolaborasi yang dapat kita lakukan di masa depan untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat serta mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia.”

Corporate Secretary, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, “Gaya hidup masyarakat saat ini lebih banyak bertransaksi secara cashless, sehingga digitalisasi e-ticketing menjadi suatu solusi yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa kapal ferry. Kerja sama dengan tiket.com ini merupakan langkah lanjutan dari program digitalisasi ASDP yang diharapkan dapat mengubah budaya pengguna jasa penyeberangan untuk dapat melakukan reservasi dan pembelian tiket secara daring dengan cepat dan mudah,” ujar Shelvy.

Masyarakat nantinya juga dapat mengakses berbagai informasi dan edukasi mengenai layanan Ferry melalui tiket.com. Terlebih, masyarakat pun akan dapat menikmati berbagai manfaat seperti loyalty program dan beragam metode pembayaran seperti tiket PayLater, serta menikmati harga spesial dalam berbagai program diskon yang diselenggarakan oleh tiket.com. 

Editor's Pick