Home Blog Page 415

Pengguna POCO C40: Baterai Gede Bikin Traveling Gak Boring!

Promo Akhir Bulan POCO C40

tabloidpulsa.id – POCO C40 terbukti mendobrak segmen entry level. Smartphone #SiPalingSejutaan ini berhasil memberi kepuasan dalam mengakses berbagai hiburan lewat layar yang lega, dan kemampuannya menemani aktivitas pengguna sepanjang hari berkat baterai berdaya paling besar dibanding seluruh lini produk POCO.

Seorang POCO Fans pemilik akun Rio VRainhart P berkomentar di postingan tentang POCO C40 di Facebook Fanpage POCO Indonesia, “Hape lowbat pas lagi diperjalanan? Duh ga enak banget yak. Entertainment-nya #POCOC40 mah santuy, layar gede, baterai gede, bikin perjalanan loe ga pake boring.”

Jelas banget kalau baterai jadi keunggulan mutlak POCO C40 dibanding smartphone lain di kelasnya. POCO C40 hadir dengan baterai paling besar daripada seluruh lini produk POCO, yaitu 6000mAh. Baterai sebesar ini bikin POCO C40 mampu bertahan di kondisi standby selama 357 jam, memutar musik selama 86 jam, streaming video selama 20 jam, memainkan game selama 14 jam, menelepon selama 32 jam, dan merekam video selama 10 jam.

Buat pengisian daya baterainya, POCO sudah menyediakan 10W in-box charger yang tersedia dalam paket penjualan sehingga tidak perlu membeli unit charger terpisah. Asyiknya lagi, kalau punya charger yang dayanya lebih besar, smartphone ini juga sudah mendukung 18W fast charging, jadinya semakin cepat buat mengisi daya dan juga terhindar dari kecemasan karena kehabisan baterai.

Selain baterai, keunggulan utama POCO C40 lainnya terletak pada layar yang menggunakan LCD Dot Drop Display yang sanggup menampilkan gambar berkualitas HD+ dan telah mendukung Sunlight Display dan Reading Mode demi kenyamanan mata. Berkat layar besar berukuran 6.71 inci, pengalaman streaming video serta berselancar di dunia maya maupun media sosial bakal makin imersif. 

“Selain punya baterai ukuran besar, POCO C40 punya ukuran layar yang besar juga dengan 6.71 inch sudah dilapisi pula dengan Corning Gorilla Glass. Dengan layar yang besar bikin nyaman banget buat sosmed-an atau nonton film sih. Dari sisi kamera, POCO C40 dibekali dengan kamera utama 13MP. Gak POCO namanya kalo gak ngasih sesuatu yang baru. POCO C40 punya dapur pacu JLQ JK510. Main PUBG lancar jaya bosque!” Tulis seorang POCO Fans bernama Al Maulana di Facebook.

Sementara untuk audionya, smartphone ini punya loudspeaker 1.5W yang powerful, mampu mengeluarkan suara yang vibrant dan jernih saat mendengarkan musik maupun menerima telepon.

Dobrakan dan kepuasan yang diberikan oleh POCO C40 ngasih bukti kalau POCO nyata-nyata menghadirkan smartphone dengan extreme performance dan extreme price.

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia, menyebut, “Dengan harganya yang ekstrem, POCO C40 adalah pilihan paling pas buat Gen-Z maupun first jobber yang ingin punya smartphone dengan performa ekstrem di kelasnya tapi nggak mau kelamaan nabung. Soalnya keseharian mereka juga nggak bisa dipisahkan dari smartphone, mulai dari bermain game, streaming video, bermedia sosial, dan berbagai aktivitas lainnya.”

Menurut Bung Andi, sekarang ini merupakan salah satu momen yang paling tepat buat membeli atau mengganti smartphone. “Seperti kita tahu, di bulan Januari dan sekitarnya, masyarakat telah menerima bonus akhir tahun.” Ia menambahkan, “Dan spesialnya lagi, kini menjelang Imlek, yang identik dengan tradisi angpao pastinya.”

Riset online berskala nasional, yang diadakan oleh Neurosensum pada 2021, menunjukkan animo masyarakat Indonesia untuk bertransaksi, dalam hal ini secara online, menjelang Imlek tercatat mengalami kenaikan sebesar 93% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini selaras dengan proyeksi International Data Corporation (IDC), pada tahun 2023 ini jumlah pengiriman smartphone di dunia akan meningkat mencapai 2,8% menjadi 1,27 miliar unit. Secara khusus, IDC memperkirakan sebanyak 1,04 miliar smartphone yang terkirim pada 2023 menggunakan sistem operasi Android. Jumlahnya meningkat 3,1% dibandingkan proyeksi sepanjang tahun ini.

“Nah, mumpung ‘anginnya’ lagi berhembus ke kantong, langsung sikat POCO C40!” sergahnya. Cuma dengan Rp1.599.000 pengguna sudah bisa membawa pulang POCO C40 varian 3/32 GB, dan Rp1.799.000 buat yang varian 4/64GB. Ekstrem banget!

Smartphone #SiPalingSejutaan ini bisa didapatkan di PO.CO.ID dan official store POCO Indonesia di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan Akulaku. Selain itu, smartphone ini tersedia pula secara offline khusus di POCO Store.

Pasar IoT di Indonesia Masih Miliki Banyak Peluang

IoT Indonesia antares telkom

tabloidpulsa.id – Teknologi Internet of Things (IoT) perlahan mulai banyak diterapkan di Indonesia. Perkembangannya telah terbukti memberikan manfaat bagi berbagai sektor, semisal sektor manufaktur, pertanian, kesehatan, dan berbagai industri lainnya. Berkat penggunaan IoT, kinerja berbagai sektor tersebut terdorong semakin positif.

Melihat ke belakang sebelum masuk ke Indonesia, kemunculan IoT pertama kali dilontarkan oleh Kevin Ashton pada saat presentasi di hadapan Procter & Gamble di tahun 1999. Kevin merupakan salah satu pendiri Auto-ID Labs, sebuah grup riset identifikasi frekuensi radio berjaringan dan teknologi penginderaan baru (Radio-Frequency Identification/RFID) di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

Memasuki abad ke-21, IoT semakin dikenal luas karena disinggung ataupun dibahas secara mendalam melalui artikel di berbagai media massa dari dalam maupun luar negeri. Pada laporan situs IoT-Analytics yang dikeluarkan pada Mei 2022, konektivitas IoT di seluruh dunia sepanjang 2021 tumbuh sebesar 8% menjadi 12,2 miliar pengguna aktif. Namun, angka pertumbuhan tersebut tergolong lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, teknologi IoT tetap mendapat sentimen positif dan permintaan penggunaan solusi IoT juga terus meningkat. Menurut situs Statista, jumlah perangkat yang terkoneksi dengan IoT pada 2030 diperkirakan akan meningkat hingga tiga kali lipat. Dari 9,7 miliar Perangkat pada 2020 menjadi 29 miliar perangkat pada 2030.

Perkembangan IoT di Indonesia

Sementara di tanah air, berdasarkan data Indonesia IoT Forum, kemungkinan ada sekitar 400 juta perangkat sensor di Indonesia yang telah terpasang IoT. Sebesar 16% di antaranya digunakan di sektor manufaktur, 15% di sektor kesehatan, 11% di sektor asuransi, 10% di sektor perbankan dan sekuritas, dan sisanya terbagi di berbagai sektor-sektor lainnya.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga menyatakan, sepanjang tahun 2021 jumlah pengguna IoT di tanah air lebih banyak dibandingkan pengguna smartphone yang terkoneksi. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan IoT semakin menjamur dan bertumbuh di Indonesia.

IoT memang menjadi teknologi yang berpotensi digunakan secara luas di masa mendatang. Laporan World Economic Forum bertajuk ‘The Future of Jobs Report 2020’ menyebutkan, sebanyak 9% perusahaan di seluruh dunia pada 2025 sudah memanfaatkan teknologi IoT.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah bertransformasi menjadi perusahaan digital telekomunikasi, juga mengambil peran dalam memasifkan penggunaan IoT di Indonesia. Melalui produk Antares yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital, Telkom masuk ke dunia IoT sebagai upaya mempercepat implementasi IoT di Indonesia dengan cara mendukung ekosistem IoT. Antares adalah IoT platform yang menyediakan solusi dan konektivitas IoT berbasis Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

Dari sisi bisnis, pasar IoT di Indonesia juga masih sangat seksi dan memiliki banyak peluang. Menurut Ibnu Alinursafa Tribe Leader IoT Platform & Service Telkom, dalam beberapa tahun terakhir perkembangan IoT di tanah air cukup pesat, khususnya bagi sektor logistik dan smartcity karena memberikan efisiensi yang lebih besar.

“Laman https://leap.digitalbisa.id/our-product/antares menjelaskan lebih lengkap mengenai berbagai informasi yang dibutuhkan terkait Antares IoT dari Leap-Telkom Digital. Ke depannya, Antares berupaya mewujudkan cita-cita untuk dapat menjadi akselerator pengembangan dan implementasi IoT di Indonesia,” kata Ibnu.

Sejauh ini dari segi konektivitas, lanjutnya, LoRaWAN milik Antares telah berada di lebih dari 700 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan dari sisi platform, Antares sebagai platform horizontal IoT terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya.

“Antares juga terus melakukan iterasi dalam pengembangan solusi IoT yang berfokus pada sektor utilitas, manufaktur, logistik, pertanian, dan juga peternakan,” ujar Ibnu.

Manfaat IoT dari Antares

Teknologi IoT yang dibawa oleh Antares dari Leap-Telkom Digital berhasil diimplementasikan untuk Instalasi Pengelolaan Air (IPA) sehingga menjadi Smart IPA. Menerapkan sistem SmartWater Meter, perusahaan pengelola air minum yang menggunakan Antares dimudahkan dalam memantau kualitas air dengan media portal sistem informasi yang terpusat sehingga standar K3 air lebih terjaga.

Penagihan yang dilakukan perusahaan juga lebih akurat, konsisten, dan terpercaya. Pelayanan kepada pelanggan juga lebih meningkat berkat transparansi konsumsi air secara periodik sehingga mengurangi risiko keluhan dari pelanggan. Memanfaatkan aplikasi secara daring, pelanggan juga bisa lebih mandiri melakukan deteksi dini jika terjadi anomali dalam pemakaian air.

Di sektor logistik, IoT dari Antares juga telah dimanfaatkan untuk memantau kontainer secara real-time, melalui visibilitas data pergerakan setiap kontainer saat masuk ataupun keluar depo dan saat di perjalanan.

“Selain itu, teknologi IoT Antares dari Leap-Telkom Digital juga dapat digunakan sebagai fleet management system, cold chain monitoring, dan live tracking lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna,” tambah Ibnu.

Sedangkan dari sektor manufaktur, Antares memberikan manfaat melalui teknologi IoT yang diterapkan untuk mengidentifikasi dan mengkalkulasi biaya produksi dari aspek daya konsumsi perusahaan yang menggunakan. Teknologi IoT ini juga dapat digunakan untuk memonitoring proses pemurnian air di perusahaan serta mampu memaksimalkan pendeteksian gas yang ada di perusahaan sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

“Antares juga mampu membantu perusahaan untuk mengukur nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) yang dapat dipantau secara real-time sehingga memudahkan tim planning dan engineering mempunyai gambaran perbaikan dan continuous improvement,” tandas Ibnu.

Indosat Business Luncurkan Layanan Indosat Digital Analytics

Indosat Digital Analytics

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), melalui Indosat Business, bekerjasama dengan Google meluncurkan layanan Indosat Digital Analytics (iDA).

iDA merupakan sebuah platform yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis dan perusahaan untuk berbagai kebutuhan seperti digital advertising, advance analytics solutions, fraud mitigation, dan identity management.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena, mengatakan “Indosat Business memahami bahwa data merupakan hal yang sangat berharga saat ini dan merupakan bagian dari perusahaan yang harus dianalisa untuk mendapatkan insight. Kami yakin layanan iDA akan menjadi solusi pengolahan data pelanggan yang andal untuk membantu pemilik bisnis mengambil keputusan yang cepat dan tepat.”

Solusi Indosat Digital Analytics ini menawarkan berbagai layanan yang dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan operasional dan pendapatan bisnis yang lebih baik melalui:

• AdTech. Dengan menggunakan big data platform iDA, layanan Smart Digital Advertising (SDA) ini memberikan insight terhadap profil pelanggan yang berguna untuk aktivitas pemasaran dan periklanan. Pelanggan bisa memanfaatkan dashboard digital untuk merencanakan, menyiapkan, dan mengevaluasi kampanye dengan menggunakan salah satu fitur dari SDA berupa target yang disasar berbasis lokasi (ALBA/ Advanced Location Based Analytics) dan triggered event seperti app-access melalui berbagai jenis media komunikasi.

• Layanan Analitik. Analisa Big Data IOH dan teknologi Google ini dapat memecahkan berbagai masalah bisnis. Layanan yang diberikan mulai dari solusi market insight, location optimizer, data analytics sandbox, telecom/credit score scoring, dan Point of Interest (POI) analytics, dan banyak lagi. Layanan ini juga memberikan analisa data untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya itu, perusahaan besar pun bisa melakukan pemodelan data secara mandiri.

• Manajemen Identitas. Lewat layanan ini, pengguna bisa meningkatkan keamanan verifikasi pelanggan mereka, sehingga cocok untuk industri sensitif seperti perbankan dan layanan keuangan. Dengan manajemen identitas, pengguna bisa mengidentifikasi potensi penipuan, verifikasi lokasi, dan melakukan pemberitahuan kepada pelanggan jika ada aktivitas yang mencurigakan.

“Perusahaan kami mengandalkan sistem analisis data milik iDA untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat, secara lebih cepat dan hemat biaya” ujar Novan Hartadi selaku Direktur Datains yang menceritakan pengalamannya saat menggunakan berbagai layanan dari platform iDA.

Pada acara peluncuran iDA, terdapat 3 pembicara yang membagikan pengalamannya terkait data insight dan analitik kepada hadirin. Avinav Trigunait, sebagai Google APAC Transformation Lead, menceritakan bagaimana kolaborasi Google and IOH membantu memecahkan permasalahan bisnis dengan tetap memprioritaskan keamanan data dalam platform iDA. Sementara itu, Head of Pricing Data Analytics dari Maybank, Sonny Supriyadi, membagikan pengalamannya tentang mengapa platform iDA merupakan bagian integral dari bisnis, terutama untuk industri perbankan dan keuangan.

Terakhir, SVP Data Analytics Indosat Ooredoo Hutchison, Pulkit Khanna, menjelaskan bagaimana iDA menawarkan layanan end-to-end dengan interface yang user-friendly serta didukung oleh teknologi mutakhir

“Membawa tema ‘Delivering data driven growth for everyone’ platform iDA ini menyasar semua lini bisnis, mulai dari UMKM, perusahaan berbasis digital, perbankan dan layanan finansial, pemerintah, ritel, hingga FMCG. iDA merupakan bagian dari misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Bayu.

Informasi lebih lanjut mengenai solusi Indosat Digital Analytics (iDA) dapat diakses melalui ida.ioh.id.

Rekam Video ala Sutradara Film dengan OPPO Reno8 5G

video oppo reno8 5g

tabloidpulsa.id – Untuk kebutuhan menciptakan konten foto dan video, OPPO Reno8 5G merupakan salah satu anggota Reno series terbaru yang bisa melakukan dua hal ini dengan apik. Pasalnya selain membawa fitur portrait photo yang menarik, mulai produk ini kamera OPPO Reno8 5G sudah bisa merekam video dengan resolusi 4K 30fps, atau 1080p di 60fps. Sebuah standar untuk merekam video baik bagi content creator pemula atau mereka yang pro.

Selain kemampuan merekam video dengan resolusi yang mumpuni di atas, ponsel ini juga membawa fitur menarik untuk meningkatkan hasil foto dan rekaman video. Di sisi fotografi salah satu fitur andalannya adalah Night Portrait yang menghasilkan foto bersinar meski dalam suasana gelap. Melalui algoritma Turbo RAW yang dimilikinya, Reno8 5G bisa mengurangi noise berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk menjaga setiap wajah tetap terang dan detail latar belakang tetap jelas.

Fitur Artificial Intelligence (AI) di Reno8 5G memungkinkan Anda untuk menangkap gambar potret menakjubkan dengan bokeh favorit dan untuk transisi mulus antara subjek juga latar belakang, serta kamera belakang 50MP f/1.56. Selain itu masih ada Kamera Makro 2MP dan Kamera Sudut Lebar 2MP, untuk menghasilkan foto-foto lain yang tak kalah menarik.

Pada OPPO Reno8 5G, Anda juga bisa menggunakan Portrait Mode untuk menghasilkan foto potret. Fitur ini berguna untuk mengatur keseimbangan yang sempurna antara latar belakang yang bokeh dan fokus yang tajam pada subjek dengan aperture yang mudah untuk digunakan dan dapat disesuaikan. Anda bisa menciptakan poster film versi Anda sendiri.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah Hyperlapse. Lewat fitur ini Anda dapat membuat konten yang unik untuk media sosial dengan video Hyperlapse kelas film. Momen yang lebih panjang dapat diceritakan dalam waktu yang lebih singkat dengan cara baru yang menyenangkan.

Selain itu, Anda juga dapat membuat video dengan efek slow motion alias gerakan melambat. Fitur 960fps AI Slow-Motion ini akan menciptakan momen keajaiban ada di ujung jarimu, yakni efek pembekuan waktu ala-ala sinematik yang akan membuat penonton videomu bakal terpukau.

DANA dan Women’s World Banking Lanjutkan Program Edukasi Digital Nasional

tabloidpulsa.id – Berkolaborasi bersama Women’s World Banking dan JALA PRT, DANA memberikan serangkaian pelatihan intensif keuangan digital kepada lebih dari 12,000 anggota komunitas Pekerja Rumah Tangga (PRT). Dibuka dengan pelatihan pertama tanggal 8 Januari 2023, Pelatihan keuangan digital ini akan diadakan sebanyak empat kali dengan menghadirkan berbagai narasumber profesional yang akan mengupas dan mengajarkan praktek praktis keuangan digital kepada PRT agar semakin cakap dalam mengelola keuangan mereka sehari-hari.

Sebelumnya, DANA bersama Women’s World Banking telah menyelenggarakan pilot project Edukasi Digital Finansial bagi para PRT dan pemberi kerjanya. Menggunakan pendekatan desain yang berfokus pada perempuan, Women’s World Banking bekerja sama dengan DANA melakukan penelitian, melakukan pengujian lapangan, dan mengembangkan solusi untuk mempromosikan pengiriman uang sebagai contoh transaksi yang dapat diaplikasikan di kalangan pekerja domestik migran. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital bagi pekerja rumah tangga serta memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan tantangan yang ada untuk menyejahterakan keluarga mereka. Hasilnya, sepanjang Program Edukasi Digital Finansial dari bulan Agustus 2021 hingga Maret 2022 tercatat lebih dari 90.000 pengguna DANA mengikuti program ini dan 56% transaksi berasal dari pemberi kerja. 

“Kami berupaya menjangkau masyarakat yang lebih luas dengan mengajak komunitas PRT untuk semakin cakap menggunakan teknologi finansial dalam kehidupan hariannya. Melalui rangkaian pelatihan ini diharapkan para peserta dapat semakin mengenal berbagai kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang ditawarkan DANA dalam menghadirkan berbagai layanan keuangan untuk membantu aktivitas harian.” ungkap Agustina Samara, Chief of People & Corporate Strategy DANA.

Melihat tanggapan positif dari program Edukasi Digital Finansial, DANA dan Women’s World Banking memutuskan menghadirkan rangkaian pelatihan keuangan digital lainnya untuk memperluas jangkauannya di masyarakat. Memulai rangkaian pelatihan keuangan digital, pelatihan sesi pertama diisi oleh Jahotman  dan Munawir yang akan membahas mengenai perkenalan profil perusahaan DANA, demo singkat atas fitur-fitur yang ada di dalam Aplikasi DANA dan pemaparan atas pengelolaan keuangan pribadi. Sementara Pelatihan kedua hingga empat akan diadakan di sepanjang bulan Februari hingga Maret 2023. Setelah pelatihan keuangan digital ini selesai, para peserta akan akan dimonitoring untuk mengetahui kecakapan mereka dalam melakukan berbagai transaksi di DANA dan akan mendapatkan insentif, sehingga diharapkan mereka akan terbiasa menggunakan keuangan digital dalam kesehariannya yang dapat meningkatkan literasi keuangan pada segmentasi PRT.

Tina menambahkan, “Program ini merupakan wujud kontribusi DANA sebagai dompet digital yang memiliki dampak sosial dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui literasi digital dan inklusi keuangan yang mempengaruhi kemajuan ekonomi. Sebagai jembatan literasi dan inklusi keuangan Indonesia, kami berkomitmen untuk memperluas akses layanan keuangan bagi semua orang, terutama perempuan, pemuda dan UMKM. Hasil pilot project kami bersama Women’s World Banking menunjukkan intervensi solusi digital efektif dalam mendorong transaksi Kirim Uang antara PRT dan pemberi kerja.” 

Edukasi mengenai keuangan digital tidak pernah berhenti dilakukan berbagai pihak dan menghasilkan peningkatan literasi keuangan tiap tahunnya. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen. Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10 persen meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 persen.

Ekonomi digital merupakan hal penting di masa depan, transformasi digital pun turut menjadi fokus dalam gelaran G20. Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga fokus isu transformasi digital yang perlu diperhatikan, antara lain kesetaraan akses digital, literasi digital untuk semua, dan lingkungan digital yang aman.

Memahami literasi digital adalah suatu kebutuhan dan harus menjangkau semua kalangan,  DANA sebagai dompet digital Indonesia kembali memberikan edukasi finansial kepada masyarakat, khususnya di segmentasi Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan perempuan. PRT merupakan salah satu jenis pekerjaan yang dibutuhkan, terutama di era modern seperti saat ini, namun pekerjaan ini sepertinya masih dipandang sebelah mata oleh berbagai pihak. Padahal, berdasarkan data lebih dari separuh angkatan kerja nasional atau sekitar 70,49 juta orang bekerja pada sektor informal dan 61% di antaranya adalah pekerja perempuan (Sakernas dan BPS,2019). Data terakhir tahun 2015 menunjukkan jumlah PRT di Indonesia diperkirakan 4 juta orang. Sementara itu 60-70% dari total perkiraan 9 juta pekerja migran Indonesia adalah perempuan yang bekerja sebagai PRT di luar negeri.

“Kami mengapresiasi inisiatif DANA dalam mengedukasi masyarakat khususnya segmen pekerja migran perempuan terhadap ekonomi digital. Adanya kemitraan dengan DANA, salah satu penyedia e-wallet terbesar di Indonesia, dalam menyelenggarakan program pelatihan  peningkatan literasi keuangan digital, diharapkan dapat mendorong penggunaan e-wallet untuk pengiriman uang yang aman dan cepat ke keluarga mereka.Sejalan dengan visi Women’s World Banking, semoga kedepannya kemitraan ini akan mendorong peningkatan inklusi keuangan, khususnya pekerja migran, untuk pemberdayaan perempuan. ”  ujar Elwyn Panggabean, Director of SEA Advisory Services and Indonesian Policy.

“Selama ini PRT merupakan bagian dari soko guru perekonomian lokal nasional dan global tetapi luput dari perhatian. Adanya pelatihan keuangan digital yang diberikan oleh DANA dan Women’s World Banking diharapkan dapat menjadi semangat bagi PRT sebagai bagian dari pembangunan. Kami harap kedepannya pihak-pihak terkait juga akan tergerak untuk melihat PRT sebagai bagian dari masyarakat yang perlu diberdayakan dan diberikan perlindungan haknya sebagai pekerja di Indonesia. ”ungkap  Lita Anggraini – Koordinator Nasional JALA PRT.

Samsung Umumkan Pembaruan Software Galaxy Buds2 Pro dan Galaxy Watch Series

Pembaruan Software Galaxy Buds2 Pro dan Galaxy Watch Series

tabloidpulsa.id – Samsung Electronics Co., Ltd, mengumumkan pembaruan software untuk Galaxy Buds2 Pro dan Galaxy Watch Series guna meningkatkan kualitas pengambilan konten bagi pengguna Galaxy di mana saja. Dari waktu ke waktu, smartphone Galaxy terus menghadirkan pengalaman fotografi dan videografi terdepan yang memungkinkan pengguna untuk mengkreasikan, mengabadikan, dan membagikan momen terbaiknya.

Kini, dipasangkan dengan wearables terbaru, kamera di smartphone Galaxy menjadi semakin powerful dengan hadirnya 360 Audio Recording, fitur unik yang menghadirkan suara imersif pada konten video, serta peningkatan pada Camera Controller yang membuat zoom in dan zoom out dari jarak jauh menjadi lebih mudah. Pembaruan software ini menjadi bukti komitmen Samsung yang tidak terputus untuk terus memberi pengalaman terkini ke perangkat yang ada. 

360 Audio Recording: Rekam Dunia Seperti yang Anda Dengar 

Fitur baru 360 Audio Recording memungkinkan pengguna untuk menangkap suara pada video persis seperti apa yang mereka dengar. Cukup pasangkan Galaxy Buds2 Pro dengan smartphone Galaxy, setiap orang dapat membuat film layaknya profesional dan menangkap audio berkualitas tinggi yang realistis pada video kapanpun dan di manapun dengan mudah tanpa membutuhkan peralatan profesional yang besar. Fitur ini merekam suara 360 derajatmenggunakan mikrofon di setiap earbud, menempatkan penonton video di tengah festival musik yang menggelegar ataupun di tepi aliran sungai di tengah hutan. Pengguna bisa menggunakan headphone yang terhubung dan memutar ulang video di ponsel atau media sosial untuk menikmati suara yang begitu hidup dan imersif layaknya mendengarkan langsung di tempat suara direkam.  

360 Audio Recording merupakan fitur pertama di jajaran perangkat Galaxy yang memanfaatkan LE Audio, standar audio Bluetooth baru yang canggih. Teknologi baru ini menghadirkan kualitas audio yang lebih baik serta peningkatan pada latensi dan daya tahan baterai. Tidak hanya mampu menciptakan musik dengan suara lebih baik, LE Audio juga hadir dengan peningkatan spektrum pengalaman audio untuk suara yang lebih kompleks dan kaya saat dibagikan ke orang lain. Kini, LE Audio menghadirkan binaural recording pada Galaxy Buds2 Pro yang memanfaatkan mikrofon kiri dan kanan bersamaan. Saat memasangkan Galaxy Buds2 Pro dengan Galaxy Z Flip4 5G atau Z Fold4 5G, pengguna akan terhanyut di tiap momen berkat audio stereo dan video berkualitas tinggi. 

Camera Controller: Ambil Foto Sempurna Langsung dari Pergelangan Tangan Anda 

Aspek fotografi dan videografi di smartphone Galaxy adalah soal mempertahankan kontrol akan kreativitas dalam situasi apapun. Hal tersebut salah satunya dibuktikan dengan Camera Controller di Galaxy Watch Series yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol kamera pada smartphone cukup dari pergelangan tangan. Pembaruan yang akan segera tersedia di Galaxy Watch5 Series dan Watch4 Series, menambahkan kemampuan zoom pada Camera Controller, memperkaya pengalaman kamera di perangkat Galaxy berkat konektivitas antara smartphone Galaxy dengan Galaxy Watch.

Dengan pembaruan software, kini pengguna bisa mengontrol zoom kamera smartphone dari jarak jauh dengan satu sentuhan pada watchface atau putaran pada rotating bezel–sempurna untuk mengambil foto grup atau selfie dari jarak jauh tanpa bolak balik ke smartphone untuk mengaturnya. 

Ketersediaan

Fitur baru360 Audio Recording akan dirilis secara bertahap di Galaxy Buds2 Pro dan Galaxy Z Flip4 5G serta Z Fold4 5G lewat software update mulai hari ini. Fitur Camera Controller terbaru akan tersedia di Galaxy Watch5, Watch5 Pro, Watch4, dan Watch4 Classic mulai Februari. Fitur wearables baru ini diharapkan menghadirkan sinergi yang lebih mumpuni dengan kemampuan kamera terbaru di smartphone Galaxy, menawarkan pengalaman baru yang belum pernah dilihat sebelumnya.  

Jangan lewatkan Galaxy Unpacked pada 2 Februari mendatang untuk mengetahui detail lebih lanjut tentang smartphone canggih Samsung Galaxy yang diumumkan di acara tersebut. 

SD Shin Kamen Rider Rumble akan Hadir untuk Switch dan Steam

shin kamen rider SD rumble

tabloidpulsa.id – Penggemar film tokusatsu di Tanah Air mungkin sudah pernah mendengar berita bahwa sebuah film tengah disiapkan untuk diputar pada bulan Maret mendatang di Jepang. Ya betul, film yang berjudul Shin Kamen Rider the Movie yang disutradai oleh Hideaki Anno ini akan menceritakan kembali Kamen Rider pertama alias Ichigo (1) dan Nigo (2) dalam menghadapi sekelompok penjahat dalam kumpulan SHOCKER.

Buat yang baru dengar, mungkin sejumlah trailer yang hadir di beberapa platform video akan membuat Anda penasaran. Karena sejatinya film ini merupakan film percobaan yang kedua setelah Kamen Rider The Next yang disutradai oleh Ryuta Tasaki pada tahun 2007 silam.

Nah, untuk menyambut hadirnya Shin Kamen Rider ini, Bandai Namco Entertainment telah menyiapkan satu game hack and slash yang menampilkan karakter kamen rider 1, 2 dan shocker dalam tampilan SD atau Super Deformed. Tipe tampilan yang membuat karakter Kamen rider jadi terlihat chibi-chibi.

Melalui sejumlah material pers yang dikirmkan kepada kami, terlihat bahwa game ini akan mengingatkan kita pada game Teenage Ninja Turtle atau semacamnya. Bakal membawa kita ke nuansa rumble game Double Dragon, dengan sentuhan tendangan khas kamen rider dan sejumlah monster anggota SHOCKER yang menarik.

Belum ada kabar kapan game ini dirilis secara pasti. Tapi sampai tulisan ini dibuat, game ini hanya diperuntukkan di dua platform, yakni Nintendo Switch dan Steam. Kalau boleh menduga sih, hadirnya game ini akan tergantung pada jadwal rilis film Shin Kamen Rider. APakah itu sebelum Maret atau bahkan sesudah Maret.

Hal ini akan terkait jalan cerita dalam game yang bisa jadi bersinggungan dengan cerita dalam film. Setidaknya garis besarnya sama. Kecuali, kalau tidak ada hubungannya dan game SD Shin Kamen Rider Rumble ini lebih condong di aksi ketimbang story, maka ada kemungkinan game ini hadir sebelum rilisnya film.

Waktu lah yang akan menjawab. Kami akan terus berupaya mengabarkan update beritanya di halaman ini.

Judul: SD Shin Kamen Rider Rumble
Tanggal Rilis: TBA
Platform: Nintendo Switch, Steam
Publisher: Bandai Namco Entertainment Inc
Harga: N/A

One Piece Odyssey, Hadirkan Karakter Anime di Game RPG

one piece odyssey

tabloidpulsa.id – Sebenarnya mau kasih judul yang lebih informatif, tapi ini bukan tabloid cetak, jadi kami harus menyesuaikan jumlah karakter. Weekend ini para pemain game konsol dan Steam di PC bisa memainkan sebuah karya baru dari Bandai Namco Asia yang menghadirkan karakter anime One Piece ke dalam petualangan game RPG dengan dunia yang sudah pasti telah Anda kenal selama ini. Menariknya game ini tersedia dalam bahasa Indonesia juga, jadi bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

One Piece Odyssey untuk konsol Playstation 4, Playstation 5, dan Xbox Series X|S telah dirilis tanggal 12 Januari lalu, sementara untuk Steam tersedia satu hari setelahnya di tanggal 13 januari 2023. Jadi tidak terlalu jauh sebenarnya. Dan untuk versi bahasa Indonesia, kami baru menemukan di store Playstation yang juga menyediakan demo untuk mencoba apakah game ini sesuai dengan ekspektasi kita atau tidak.

Mengingat sepak terjang game Bandai Namco Entertainment Asia, yang terkadang menggunakan engine yang sama untuk game-game berbeda, kayaknya Anda harus cobain demonya dulu deh. Tapi menurut kami sih sudah oke. Selain teks dan subtitel berbahasa Indonesia, yang mempermudah lebih banyak gamer untuk mengerti tentang jalan ceritanya, ada 3 aspek menarik yang bisa kita temukan di game ini.

Story

Kami baru beberapa jam memainkannya. Tapi dari story yang dibawa, rasanya masuk akal. Penggunaan dunia realm berupa dunia mimpi yang harus dijelajahi untuk mengambil kembali kekuatan para anggota kelompok Topi Jerami akan membawa kita ke beberapa area dan bertemu dengan karakter-karakter klasik yang mungkin sudah kita temui saat awal-awal membaca manga atau menonton anime karya Eiichiro Oda Sensei ini.

Pihak pengembang sendiri menyebutnya sebagai DRAMA. Yang membawa kita lebih dalam ke dalam konflik dan cerita yang melatarbelakangi perjalanan para anggota kelompok bajak laut Topi Jerami ini.

Adventure

Sesuai dengan judul game, sesuai dengan cerita di manga dan anime, One Piece dan One Piece Odyssey adalah sebuah perjalanan menjelajahi banyak dunia. Dengan latar belakang, tantangan dan juga Bos level yang unik. Sama halnya dengan karakter bajak laut di kelompok Topi Jerami. Masing-masing memiliki kemampuan yang unik.

Kemampuan unik tiap karakter jagoan di One Piece Odyssey ini akan menjadi kunci untuk melawati area tertentu, dan menemukan item-item berbeda karena akan membutuhkan pendekatan yang beragam di setiap kesempatan.

Luffy misalnya, dengan kemampuannya meraih tempat-tempat tinggi dengan memanjangkan tangan, ia bisa membawa party ini ke area-area yang lebih tinggi. Usopp di sisi lain, mampu menjatuhkan beberapa item yang tersimpan di area ta terjangkau dengan menggunakan ketapel miliknya.

Sanji, dia bisa menemukan item-item penting yang bisa dijadikan bahan makanan. Sebaliknya Nami, mampu menemukan koin atau uang dalam perjalanan kita. Chopper akan membawa kita memasuki area yang pendek dan sempit, semisal terowongan kecil. Zoro mampu menebas besi tebal sehingga cocok untuk membuka peti besi yang ditemukan di jalan atau menghancurkan pintu gerbang yang tak bisa dihancurkan oleh karakter lain. Dan seterusnya.

Dengan mekanik seperti ini, kita bisa melalui satu perjalanan tanpa merasa bosan, karena harus berganti karakter untuk menyelesaikan masalah atau menemukan sesuatu di perjalanan taau di dalam dungeon.

Battle

Seperti halnya game RPG klasik, One Piece Odyssey membawa mekanisme pertarungan turn base alias bergiliran menyerang. Sekali lagi pihak developer tidak ingin kita bosan dalam meainkan pertarungan turn based ini. Jadi mereka menyiapkan sejumlah mini challenge, dan beberapa karakter musuh dengan value yang lebih tinggi baik di sisi EXP maupun koin yang dihasilkan ketika kita berhasil mengalahkannya sesuai dengan persyaratan yang ada.

Hmmm… terdengar seperti Ni No Kuni : Wrath of the White Witch, kan ya? Mungkin bagian valuable foe-nya saja ya? Hal yang biasa dilakukan oleh Bandai Namco Entertainment.

Grafis

Menggunakan gambar 3D dengan pendekatan yang lebih up to date, menjadikan karakter dan area di game One Piece Odyssey ini terlihat lebih baik dari pendekatan di game-game sebelumnya. Mungkin agak aneh buat penggemar animenya yang terbiasa dengan tampilan Luffy dan kawan-kawan dalam format 2D. Mengingatkan kita pada game Jump force? Namun dengan perkawinan yang apik antara karakter utama dan gambar latar belakang.

INFO

Judul: One Piece Odyssey
Tanggal Rilis: 12 Januari 2023 untuk PlayStation 4/5/Xbox Series X|S; 13 Januari 2023 untuk Steam
Platform: Playstation 4, Plasytation 5, Xbox Series X|S, Steam
Publisher: Bandai Namco Entertainment Inc
Harga: Rp 599.000 (Steam reguler ed), Rp 899.000 (Steam Deluxe ed), Rp 749.000 (PS4+PS5 Reg), Rp 1.079.000 (PS4+PS5 Deluxe), 59.99 USD (XBOX Reg), 84.99 USD (XBOX Deluxe)

Soundcore VR P10, Earbuds Spesial Untuk Meta Quest 2

Soundcore VR P10

tabloidpulsa.id – Pernah mendengar istilah “Meta Universe” alias Metamesta (singkatan dari Meta Semesta alias jagat Meta)? Hal tersebut merujuk pada bagian internet dari realitas virtual (VR) bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap kedua.

Metamesta adalah ruang virtual yang dapat diciptakan dan dijelajahi dengan pengguna lain tanpa bertemu di ruang yang sama, memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Di Semesta Meta, pengguna dapat seolah-olah berinteraksi secara nyata dalam dunia virtual.

Teknologi digital ini mampu menciptakan dunia virtual 3D dengan Metaverse sebagai sebuah media baru tentu memiliki potensi yang sangat luas untuk masa depan. Karena itu, sebagai perusahaan yang fokus pada teknologi, ANKER melalui Soundcore adaptif dengan perkembangan tersebut.

Business Manager ANKER Indonesia mewakili Soundcore, Ridwan Hidayat, mengatakan bahwa kita harus mempersiapkan segala kemungkinan teknologi di masa mendatang, tak peduli teknologi tersebut akan gagal atau berhasil.

“Teknologi sebagai buah dari imajinasi manusia memang tak melulu sukses. Meski begitu, mempersiapkan diri – dalam hal ini adalah produk teknologi yang sejalan, perlu dilakukan agar kita tidak tertinggal saat teknologi tersebut sudah diterima sepenuhnya di masa mendatang,” ujarnya.

Tak heran jika Soundcore memperkenalkan sebuah TWS earbuds yang tersertifikasi Meta sehingga dapat disandingkan dengan Meta Quest 2. Warna yang dimiliki pun senada, yakni putih dengan beberapa aksen ungu nan elegan. “Pokoknya matching deh!” ungkap Ridwan.

Tentu saja ada banyak fitur dan teknologi yang disuntikkan oleh Soundcore, selain kualitas suara yang tak perlu diragukan lagi karena memang merupakan spesialisasi ANKER lewat sub-brand-nya tersebut. “Kami tidak berkompromi dengan kualitas – dengan harga yang pantas!” sambung Ridwan.

Nyaris tanpa jeda, di bawah 30ms

Sebagai sebuah perangkat nirkabel, data audio yang dikirimkan oleh perangkat pemancar tentunya akan memiliki jeda yang biasa kita sebut dengan latency. Semakin lama latency maka akan semakin tak nyaman didengarnya karena menjadi tidak sinkron.

Ridwan menyingkap bahwa, “Untuk Soundcore VR P10 punya ultra-low latency yang tak sampai 30 milidetik. Bagi indera manusia pada umumnya, waktu tersebut berarti tak berjeda. Sangat nyaman digunakan terutama untuk gaming yang membutuhkan keakuratan tingkat tinggi.”

Hal tersebut berkat teknologi nirkabel LightningSync yang memadukan koneksi di frekuensi 2.4GHz, chipset khusus, serta codec LC3 yang superior dalam mengirimkan data Audio secara cepat. Tak hanya itu, Soundcore VR P10 juga memiliki fitur koneksi ganda yang aktif bersamaan.

Koneksi pertama menggunakan dongle USB-C berjaringan 2.4GHz seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dongle ini dicolokkan langsung dengan kaca mata VR Meta Quest 2. Sementara koneksi kedua via Bluetooth ke ponsel Anda. Sehingga Anda bisa tetap menerima telepon tanpa jeda.

Selain itu berkat dongle USB-C yang universal, Anda juga bisa menggunakan Soundcore VR P10 ke beberapa perangkat gaming yang mendukung. Sebut saja PlayStation 4, PlayStation 5, Nintendo Switch hingga ke PC. Bahkan smartphone yang hanya memiliki USB-C tanpa jack 3.5mm pun bisa.

Anda yang ingin menggunakan Soundcore VR P10 untuk mendengarkan berbagai koleksi audio favorit tersimpan di ponsel pun tak perlu ragu dengan kualitas suaranya. Dengan teknologi BassUp yang berbekal driver berukuran 11mm, dentuman bass pun akan meningkatkan mood Anda.

Untuk membawa pulang produk keren ini Anda harus bersabar, kabarnya pihak Soundcore Indonesia masih memproses kedatangannya di Indonesia. diperkirakan soundcore memberikan harga yang cukup bersahabat di kantong, berkisar  Rp1.999.000.

IOH Hadirkan Gerai IM3 dengan Konsep Baru yang Lebih “Comfy”

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meluncurkan konsep baru untuk Gerai IM3 yang dimulai hari ini di KPPTI (Kantor Pusat PT Indosat). Membawa semangat yang lebih memudahkan, lebih cepat, dan makin membuat pelanggan nyaman saat berkunjung ke Gerai IM3, penyegaran ini merupakan salah satu upaya IOH dalam mewujudkan pengalaman yang mengesankan (marvelous experience) kepada para pelanggan IM3 di era baru hidup yang lebih simpel ini. Hal ini juga sejalan dengan visi IOH untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia.

Gerai IM3 baru membawa konsep pelayanan yang simpel dan fleksibel, dilengkapi dengan perangkat dan sistem baru, serta menghadirkan solusi lebih cepat melalui pelayanan digital untuk setiap kebutuhan pelanggan.

Lebih dari itu dengan konsep agent in service desk dan agent in express counter yang disediakan, pelanggan akan merasakan kemudahan dan pengalaman baru saat melakukan aktivitas di Gerai IM3.

Di gerai tersebut, pengunjung juga bisa merasakan pengalaman jaringan digital terbaik dengan koneksi 5G bekecepatan hingga 1 Gbps menggunakan IM3 di beberapa perangkat yang terdapat di device corner.

Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan “Penyegaran beberapa Gerai IM3 yang dimulai di KPPTI hari ini merupakan sebuah awal yang baik untuk menunjukkan komitmen IOH melalui IM3 dalam memberikan marvelous experience kepada para pelanggan. Kami memahami betul apa yang menjadi kebutuhan pelanggan kami, karenanya gerai-gerai ini kami yakini dapat memfasilitasi kebutuhan mereka. Untuk selanjutnya, perluasannya secara bertahap dapat dirasakan oleh 135 gerai lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.”

Gerai IM3 yang telah tampil lebih segar ini dibalut dalam konsep Redefining Customer Journey dengan mengusung misi bring Fast, Simple & Flexible Services in Gerai.

Peningkatan yang dilakukan berfokus pada pengalaman digital terbaik untuk pelanggan IM3, di mana termasuk di dalamnya adalah mendapatkan nomor antrian secara online, Product & Information Center yang bisa diakses melalui QR Code, serta fasilitas WiFi dengan kecepatan tinggi hingga 500 Mbps untuk menjamin kepuasan dan kenyamanan pengunjung.

Pelanggan juga dapat melakukan pembelian dan penggantian eSIM secara gratis sebagai salah satu pengalaman digital yang disediakan Gerai baru ini.

Editor's Pick