Home Blog Page 383

Turnitin Punya Teknologi AI Deteksi Tulisan Hasil ChatGPT

turnitin chatgpt
PR

tabloidpulsa.id – Hadirnya tool AI di tengah-tengah kita tentu akan mempermudah dan mempercepat workflow yang selama ini dibutuhkan untuk bekerja. Namun di kalangan akademik, hal ini menimbulkan keresahan tersendiri. Penyalahgunaan tool AI semisal ChatGPT bikinan OpenAI, dimana penggunaannya kerap dijadikan solusi yang justru bisa menghilangkan sejumlah effort penting dalam metode pembelajaran. Sejumlah “Obat Penangkal” ChatGPT pun diketahui telah muncul, salah satunya dari Turnitin yang baru saja mengirim rilis kepada kami mengenai hal ini.

Penyedia solusi integritas akademik Turnitin hari ini (5/4) akan mengaktifkan kemampuan kecerdasan buatannya (artificial intelligence/AI) dalam mengidentifikasi penggunaan peranti penulisan berbasis AI (termasuk ChatGPT), dengan tingkat kepercayaan 98 persen sehingga memungkinkan para pengajar menganalisis dan meninjau keaslian sebuah karya akademik.

Turnitin mulai menggarap kemampuan deteksi untuk GPT3, teknologi yang mendasari banyak aplikasi penulisan berbasis AI, sejak sekitar dua tahun sebelum ChatGPT dirilis. Dikembangkan untuk membantu pengajar dan lembaga akademik mengidentifikasi keberadaan teks yang dihasilkan AI dalam tulisan siswa, kemampuan Turnitin mendeteksi tulisan AI diintegrasikan ke dalam sistem Turnitin yang dapat diakses melalui sistem manajemen pembelajaran. Para tenaga pengajar yang telah menggunakan Turnitin tidak memerlukan langkah tambahan untuk mengaktifkannya. Lebih dari 10.700 lembaga pendidikan dan lebih dari 2,1 juta pengajar akan dapat dengan cepat dan mudah mengevaluasi keberadaan teks yang dihasilkan AI.

Detektor AI Turnitin memberikan ukuran evaluatif tentang berapa banyak kalimat dalam tulisan yang dikirim yang bisa jadi dihasilkan oleh kecerdasan buatan, yang dapat digunakan pengajar untuk menentukan apakah peninjauan, penyelidikan, atau diskusi lebih lanjut dengan siswa diperlukan. Kemampuan deteksi tulisan AI Turnitin tersedia dalam produk dan solusi yang sudah ada, termasuk Turnitin Feedback Studio (TFS), TFS with Originality, Turnitin Originality, Turnitin Similarity, Simcheck, Originality Check, dan Originality Check+.

“Para pengajar mengatakan pada kami bahwa kemampuan mendeteksi teks tertulis buatan AI secara akurat adalah prioritas pertama mereka saat ini. Mereka harus dapat mendeteksi AI dengan kepastian yang sangat tinggi untuk menilai keaslian karya siswa dan menentukan cara terbaik untuk langkah penanganannya,” kata CEO Turnitin, Chris Caren.

“Sama pentingnya bagi mereka agar teknologi pendeteksian itu menjadi bagian dari alur kerja yang sudah ada, yang telah kami tindak lanjuti dengan mengintegrasikan kemampuan pendeteksian AI ke dalam solusi Turnitin.”

Menurut James Thorley, Wakil Presiden Regional Turnitin Asia Pasifik, akademisi, pengajar, dan administrator universitas di Asia Tenggara sangat menyadari potensi dampak peranti AI seperti ChatGPT di wilayah tersebut.

“Para pengajar di Indonesia menyadari peranti AI dapat berdampak terhadap kualitas pekerjaan siswa dan pengalaman belajar. Namun, sementara komunitas menganggap bahwa peranti AI juga dapat menjadi kekuatan untuk kebaikan, ketergantungan yang tinggi pada teknologi dapat menghambat pemikiran kritis dan integritas akademik yang merupakan nilai inti untuk pengembangan masyarakat,” jelas Thorley.

Untuk membantu komunitas pendidikan menavigasi dan mengelola teknologi baru ini di kelas, Turnitin telah menerbitkan halaman sumber daya penulisan AI. Halaman web yang tersedia untuk umum diperbarui secara berkala dengan sumber daya praktis dari Tim Pengajaran dan Pembelajaran perusahaan, yang terdiri dari mantan pengajar maupun yang masih aktif. Sumber daya saat ini mencakup glosarium istilah AI, panduan untuk memperbarui kebijakan integritas akademik di era AI, dan rubrik penyalahgunaan AI yang dapat diunduh untuk membantu pengajar secara proaktif mengantisipasi potensi penggunaan AI dalam tugas menulis yang diberikan. Halaman ini juga melaporkan kemajuan dalam penyempurnaan kemampuan deteksi seiring dengan teknologi penulisan AI yang terus berkembang.

Selama 25 tahun, Turnitin telah menjadi mitra tepercaya para pengajar, memberikan masukan tentang tulisan siswa, dan membantu menegakkan standar integritas akademik bagi lebih dari 16.000 lembaga pendidikan di 140 negara di seluruh dunia.

Melalui Event Unbox & Discover, Samsung Ungkap Lini TV Terbaru

Samsung Unbox Discover 2023

tabloidpulsa.id – Seperti apa yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, Samsung electronics kembali menggelar acara virtual berskala global, bertajuk Unbox & Discover yang kali ini bertujuan untuk menyingkap semua lini produk TV dan Audio Samsung di 2023. Lini produk Neo QLED 8K terbaru, jajaran TV OLED terkini dan juga perangkat audio paling update dipamerkan membawa inovasi terkini berupa konektivitas cerdas, inisiatif keberlanjutan, pengalaman menonton premium, dan gaming.

“Di Samsung, kami memahami bahwa teknologi harus bisa memberdayakan dan mendukung kehidupan manusia, bukan mempersulit mereka,” kata Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO & Head of DX (Device eXperience), Samsung Electronics. “Dengan memilih Samsung, konsumen dapat bersiap untuk menikmati wow factor yang tak tertandingi, sembari berpartisipasi dalam praktik sadar lingkungan untuk masa depan yang berkelanjutan.”

Solusi yang Dibuat Khusus untuk Hidup Anda: Lima Fondasi SmartThings

JH Han menggarisbawahi komitmen perusahaan pada calm tech dan inovasi, menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup lebih baik. Secara khusus, dia memperkenalkan lima fondasi inti SmartThings, yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen saat merancang smart home mereka.

•             Instant Connection: SmartThings memungkinkan pengguna menghubungkan berbagai perangkat mereka dengan mudah hanya dengan satu langkah, memudahkan mereka dalam menikmati sinergi yang diciptakan berbagai perangkat Samsung.

•             Automated Connection: SmartThings secara otomatis menghubungkan perangkat seperti TV atau smartphone, dengan perangkat Samsung lain seperti AC, dryer, kulkas, dan mesin cuci, meniadakan kebutuhan untuk menghubungkan secara manual.

•             Hub Everywhere: IoT hub telah ditanamkan ke dalam berbagai produk Samsung, termasuk Samsung Smart TV, sehingga pengaturan IoT menjadi lebih mudah.

•             Kompatibilitas yang luas: SmartThings mencakup lebih dari sekadar ekosistem Samsung, memungkinkan perangkat dari brand apapun untuk bekerja bersama dengan mulus berkat Home Connectivity Alliance dan standar komunikasi IoT internasional, MATTER.

•             Keamanan: Dengan sertifikasi CC EAL 6+, chip hardware terbaru Samsung Knox Vault mengenkripsi semua informasi yang ada di perangkat terhubung, memastikan keamanan tingkat tertinggi dan memberikan ketenangan pikiran bagi pengguna.

Berkat lima fondasi ini, pengguna bisa membangun jaringan perangkat terhubung yang akan membuat rumah mereka semakin pintar dan hidup mereka semakin mudah.

Mengutamakan Manusia dan Bumi: Everyday Sustainability dan Relumino

Samsung berkomitmen untuk menghadirkan calm tech dan praktik sadar lingkungan yang membuat hidup para penggunanya menjadi lebih mudah dan lebih baik. Di setiap tahap siklus hidup produk, mulai dari pengumpulan bahan hingga produksi, distribusi, penggunaan, dan daur ulang, Samsung mengutamakan keberlanjutan, memanfaatkan berbagai teknologi untuk menciptakan produk berkelanjutan yang berkontribusi dalam membangun planet yang lebih sehat untuk generasi mendatang.

•             Samsung membuka jalan dengan tiga pendekatan inovatif terkait keberlanjutan: Mengubah CO2 menjadi bahan daur ulang, menggunakan lebih sedikit material, dan melakukan upcycling pada produk dan kemasan. Produk TV dan remote control Samsung pada tahun 2023 menggunakan resin daur ulang yang terbuat dari setidaknya 50% bahan daur ulang.  Selain itu, Samsung telah melakukan upaya signifikan untuk memastikan penggunaan kemasan yang berkelanjutan, mulai dari kotak kemasan hingga semua pembungkus produk di dalamnya.

•             Samsung juga telah mengembangkan AI Energy Mode yang membantu pengguna memantau konsumsi daya dan pola penggunaannya, memberikan kendali di tangan pengguna. Fitur ini bahkan mampu menganalisis konten yang diputar di layar TV untuk mengurangi konsumsi daya tanpa mengganggu pemutaran konten tersebut.

•             Samsung SolarCell Remote generasi ketiga menggunakan lebih sedikit material dan desainnya lebih ringkas. Remote ini juga bebas lisensi, sehingga produsen mana pun bisa bergabung dengan Samsung dalam upaya bersama menjadikan dunia tempat yang lebih sadar lingkungan.

Samsung juga menggarisbawahi komitmennya untuk menciptakan pengalaman menonton yang lebih baik dan lebih inklusif untuk semua orang dengan Relumino mode terbarunya. Relumino mode dirancang untuk membantu orang yang memiliki gangguan penglihatan untuk menonton konten dengan lebih mudah dan telah dianugerahi 2023 CES Innovation Award.

Dengan memilih Samsung, pengguna dapat menikmati teknologi mutakhir sembari ikut ambil bagian dalam praktik berkelanjutan dan inklusif yang sejalan dengan nilai inti ESG.

Lebih Banyak Pilihan Layar Premium: Neo QLED 8K dan Samsung OLED

Di Unbox & Discover 2023, Samsung memperkenalkan produk dan fitur yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman 8K yang inovatif. QN900C berada di puncak jajaran premium Samsung Neo QLED 8K dan merupakan model yang menonjol dalam kategori TV premium, dengan teknologi inovatif seperti Auto HDR Remastering dan 8K AI Upscaling.

Dari kualitas gambar yang seolah nyata hingga audio yang imersif, Samsung sekali lagi menetapkan standar yang tinggi dengan Neo QLED 8K. Samsung juga menambahkan model 98 inci ke jajaran Neo QLED 8K, dengan kemampuan reproduksi warna yang sempurna dan detail yang tampak hidup yang menghadirkan pengalaman sinematik yang sebenarnya. TV ini menawarkan peningkatan audio dengan Dolby Atmos dan Q-Symphony 3.0 yang semakin menyelimuti penonton untuk larut dalam setiap adegan yang ditampilkan.

Samsung juga menyampaikan tentang berbagai upaya yang dilakukan untuk memperluas ekosistem 8K melalui kerja sama dengan berbagai mitra, termasuk 8K Association. Bersama-sama, Samsung memperkenalkan lebih banyak cara untuk menikmati konten native 8K.

Samsung juga menyoroti jajaran Samsung OLED 2023, yang menawarkan akurasi warna tanpa cela melalui pemetaan warna persepsional Neural Quantum Processor 4K – menjadikan Samsung OLED sebagai “HDR OLED yang Divalidasi Pantone Pertama di Dunia”.

Faktanya, Samsung OLED menampilkan warna hitam yang sebenarnya dan gambar yang sangat alami dengan kontras dan ekspresi warna yang sempurna. Model S95C menyajikan desain Infinity One khas Samsung, dan desain LaserSlim pada model S90C menambahkan sentuhan metal finish yang elegan.

Fokus pada Gaming

Layar premium, mulai dari Neo QLED 8K hingga OLED dan seterusnya, tidak hanya menghidupkan konten video dan foto dalam resolusi ultratinggi, tetapi juga dapat membuat pengalaman seperti gaming ke tingkat yang benar-benar baru. Gaming di Neo QLED 8K 98 inci menghadirkan gameplay yang benar-benar imersif tak tertandingi, mulai dari layar besarnya hingga kartu grafis performa tinggi yang mendukung resolusi 8K dengan kecepatan tinggi.

Selain fitur-fitur canggih untuk pengalaman menonton, lini produk 2023 juga menawarkan fitur-fitur yang bermanfaat untuk para gamer seperti Game Bar, yang menempatkan kontrol game di tempat yang mudah ditemukan, bersama dengan Mini Map Zoom dan Virtual Aim Point, yang akan memberikan bantuan untuk kemenangan dalam gameplay yang kompetitif.

Bersiaplah untuk kehadiran Wow factor di Indonesia

Unbox & Discover 2023 telah dapat disaksikan di Youtube Samsung Indonesia mulai hari ini. Konsumen Indonesia yang berminat dengan jajaran Neo QLED dan Samsung OLED dapat mengunjungi https://www.samsung.com/id/firstlook/ hingga 11 April 2023 dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan voucher potongan harga Rp 1.500.000, yang dapat digunakan saat periode pemesanan Samsung TV 2023 dibuka.

realme 10 Pro 5G Edisi Coca-Cola Segera Hadir 11 April

realme coca-cola

tabloidpulsa.id – Setelah beberapa bulan lalu dirilis untuk pasar India, kolaborasi realme dan Coca-Cola berupa produk realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition kini dipastikan akan hadir di tengah kehangatan suasana Ramadan di Indonesia. Menjadi bagian dari kampanye Ramadan realme Indonesia “Capture Ramadan Moment”, realme menyatakan akan segera menghadirkan produk edisi terbatas ini di hari Selasa Minggu depan, atau lebih tepatnya di tanggal 11 April 2023.

Produk Coca-Cola yang identik dengan minuman segar anak muda nampaknya memang sesuai dengan target pasar realme selama ini, maka ini merupakan kolaborasi yang menarik untuk dinantikan. Mengusung slogan ‘Cheers For Real’, realme 10 Pro 5G Coca-Cola® Edition menunjukkan semangat dua brand besar yang sejalan dan sama-sama menyasar kalangan anak muda sebagai audiensnya. Khususnya di bulan Ramadan ini, realme ingin menumbuhkan semangat baru di kalangan anak muda agar mereka dapat menjalani berbagai kegiatan dengan semangat yang positif.

“Anak muda adalah generasi yang dinamis, terus berkembang, dan berambisi untuk menjadi yang terdepan. Karakter ini sesuai dengan komitmen realme untuk terus memberikan dampak positif melalui produk-produk yang inovatif. Sejalan dengan citra Coca-Cola® yang positif, berjiwa muda, dan berenergi, kami dengan bangga mengumumkan akan membawa realme 10 Pro 5G Coca-Cola® Edition ke Indonesia. Tidak hanya sekedar elemen kecil, namun kami merancang kerja sama dengan Coca-Cola® melalui smartphone ini secara penuh agar dapat menjadi perangkat yang dapat diandalkan dan membawa nilai tambah bagi anak muda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari menggunakan smartphone, serta menjadi sebuah koleksi yang menarik,” ujar Michonne Wang – Marketing Director realme Indonesia.

Sebagai kolaborasi terkeren yang pernah ada, smartphone edisi khusus ini secara total menampilkan elemen desain klasik Coca-Cola® dan tentunya akan meningkatkan gaya dan penampilan para penggunanya dengan keunikannya yang trendi. realme mengikuti desain smartphone yang sedang tren melalui desain bagian belakang terinspirasi dari elemen desain klasik Coca-Cola® yaitu kombinasi warna merah dan hitam dengan logo Coca-Cola®. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone ini akan tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas. Hal ini berarti anak muda perlu memberikan perhatian penuh agar tidak ketinggalan informasi mengenai kehadiran smartphone realme 10 Pro 5G Coca-Cola® Edition. Sebab, realme telah mempersiapkan sesuatu yang besar saat peluncuran nanti dengan dekorasi dan konsep paling keren yang pernah ada.

Hadir sebagai perangkat smartphone yang dapat diandalkan dalam berbagai aktivitas, realme 10 Pro 5G Coca-Cola® Edition juga tetap menghadirkan 120Hz Boundless Display untuk presentasi visual yang mengagumkan. Panel layar tanpa batas ini dapat memberikan pengalaman tampilan yang mewah dan premium karena bezel sampingnya yang setipis 1mm berkat teknologi RAZR terbaru. Selain itu, smartphone ini akan tetap menghadirkan pengalaman fotografi premium melalui 108MP ProLight Camera, performa terbaik di kelasnya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G, dan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 33W SUPERVOOC.

Melalui tampilan yang stylish dan tetap menghadirkan keandalan dari sisi kamera serta performa, realme 10 Pro 5G Coca-Cola® Edition siap untuk menjadi kolaborasi paling keren di tahun ini. Ikuti @realmeIndonesia di media sosial untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kedatangan realme 10 Pro 5G Coca-Cola® Edition di Indonesia pada Selasa, 11 April 2023 mendatang, dan kunjungi www.realme.com/id untuk mendapatkan informasi terbaru tentang promosi yang sedang berlangsung.

UR Festival 2023 Hadir Lebih Meriah, Ada Apa Saja?

UR Festival 2023

tabloidpulsa.idErajaya Active Lifestyle menggelar UR Festival 2023, sebuah festival gadget lifestyle dan IoT terbesar di Indonesia yang menghadirkan merek peserta, promo dan ragam aktivitas yang lebih banyak meriah.

Berlangsung di Mall Kota Kasablanka dari tanggal 3 hingga 9 April 2023, acara ini digelar bertepatan dengan ulang tahun ke-7 Urban Republic.

UR Festival 2023 diharapkan menjadi ajang bergembira bersama pelanggan setia melalui serangkaian promo dan aktivitas menarik secara offline maupun online. 

Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle mengatakan “Perhelatan UR Festival 2023 digelar untuk mensyukuri perjalanan yang sudah ditempuh oleh Urban Republic hingga tahun ke-tujuh dan juga bentuk ucapan terima kasih atas dukungan dari para pelanggan setia kami. Melalui the first and biggest O2O lifestyle gadget festival ini, kami ingin berbagi kebahagiaan lewat berbagai promo dan rangkaian aktivitas menarik, yang bisa dinikmati secara online maupun offline. Kami mengharapkan dukungan masyarakat pada Urban Republic di tahun mendatang, sebagai one stop solution untuk mendapatkan produk-produk penunjang gaya hidup aktif dan produktifitas.” 

Selain hadir langsung ke lokasi, kemeriahan festival ini juga dapat dinikmati secara online dengan mengunjungi tautan https://bit.ly/URFest2023, serta di Urban Republic Official Store di platform Shopee dan Tokopedia.

Pelanggan bisa menikmati layanan O2O seperti Home Delivery Service dengan produk yang langsung diantar ke rumah, atau Click n Pickup untuk nantinya mengambil langsung produknya ke salah satu gerai Urban Republic yang sudah ditentukan.   

Sejumlah promo telah disiapkan di UR Festival 2023, seperti potongan harga hingga 85%, harga khusus Rp1, Buy 1 Get 1 Free untuk produk tertentu dan program flash sale.

Tidak hanya itu, pelanggan juga berkesempatan untuk menikmati kemudahan berbelanja dengan opsi cicilan 0% hingga 24 bulan dari perbankan dan mitra pembiayaan. 

Puncak acara perayaan ulang tahun ke-7 Urban Republic akan diselenggarakan pada tanggal 7 April 2023, dengan promo khusus serta penampilan dari musisi Dikta Wicaksono, untuk menghibur pengunjung UR Festival 2023 dan pelanggan setia Urban Republic. 

UR Festival 2023 menghadirkan sejumlah brand ternama dengan promo terbaiknya, seperti Acefast, Adidas, ASUS ROG, Aukey, BOSE, Casemate, DJI, ESR, Feeltek, GARMIN, GoPro, Harman Kardon, Hecate, Huawei, ibacks, Indosat, Insta360, IT (Immersive Tech), JBL, LAMINA, LG, Logitech G, LOOPS, Marshall, Mazer, Microsoft, Nothing, OPPO, PlayStation, Razer, SAMSUNG, SanDisk, Segway-Ninebot, SHOKZ, Tech 21, Trade In, Xiaomi dan Yookkie. 

Gandeng Tokopedia, TWS Soundcore A20i Dibanderol Rp 100 Ribuan

Soundcore A20i

tabloidpulsa.id – Produk Audio nirkabel masih menjadi perhatian dan produk yang diburu oleh pengguna smartphone dan para gadget savvy. Salah satu produsen audio nirkabel Soundcore memperkenalkan produk audio nirkabel TWS (True Wireless Stereo) yang memiliki suara handal dengan dibekali kemampuan Super Bass namun memiliki harga bersahabat.

Soundcore A20i, perangkat TWS ini memiliki kemampuan suara super bass, yang menariknya lagi suara super bass dari TWS ini memiliki kemampuan yang bisa diatur melalui equalizer yang tersedia pada aplikasi Soundcore, tentu saja dengan cara melakukan instalasi aplikasi Soundcore pada smartphone pengguna. Aplikasi Soundcore memiliki berbagai macam pilihan setting equalizer yang telah disediakan namun pengguna juga dapat melakukan penyesuaian equalizer sesuai dengan selera yang diinginkan. Ada sekitar 22 tipe setting suara equalizer yang disediakan untuk diaplikasikan sesuai dengan selera pengguna. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, Anda harus sudah mengupdate versi terbaru yaitu versi  3.2.1.

Soundcore A20i ini memang bisa terhubung dengan aplikasi soundcore kendatipun harga dari produk ini sangat terjangkau. Kebanyakan produk-produk TWS Soundcore yang memiliki kemampuan terhubung dengan aplikasi Soundcore memiliki harga diatas 200 ribuan. Namun, TWS tipe A20i ini memiliki kemampuan handal yang bisa terhubung dengan aplikasi Soundcore. Seperti diketahui aplikasi Soundore bisa diunduh secara gratis di apple store bagi pengguna IOS dan play store untuk pengguna Android.

Selain suara super bass yang handal, produk TWS soundcore A20i ini juga memiliki tingkat ketahanan terhadap air dengan tingkat ketahanan IPX5. Seperti yang diketahui kemampuan IPX5 adalah ketahanan sebuah produk terhadap cipratan air. Sehingga kedua produk ini sangat tepat digunakan untuk olahraga dan aktivitas outdoor lainnya, namun tentunya tidak disarankan berenang karena IPX 5 tidak tahan dengan rendaman dan cipratan air nya pun masih sifatnya cipratan air yang tekanannya tidak begitu tinggi.

Menurut Jennifer Elvira, Manager Marketing Soundcore Indonesia, perangkat TWS  A20i dari Soundcore kali ini adalah produk yang memiliki harga bersahabat namun memiliki kapasitas yang handal.

“Produk TWS Soundcore A20i ini memiliki kapasitas suara yang bisa diandalkan dan juga memiliki ketahanan terhadap air hingga IPX5 namun harganya tetap terjangkau. Tidak hanya itu saja dua mic yang dimiliki oleh A20i juga memiliki kepekaan Ketika digunakan untuk melakukan panggilan telepon” terang Jennifer.

Seperti yang disampaikan Jennifer TWS A20i walaupun memiliki harga terjangkau namun tidak membuat perangkat ini kehilangan banyak kualitas, demikian sebaliknya tetap mengusung kualitas yang tak kalah dibandingkan TWS soundcore tipe sebelumnya. Dikemas dengan bentuk Ear Buds Soundcore A20i memiliki kenyamanan dan bentuk yang ergonomis dengan pilihan ukuran Buds yang bisa disesuaikan dengan ukuran telinga pengguna. Selain itu kemampuan daya yang ditanamkan dari A20i memiliki kemampuan daya memutar musik hingga 9 jam dan mampu memutar music hingga 28 jam dengan 3 kali pengisian melalui kotak pengisian atau charger box. Rata-rata lama pengisian dengan charger box membutuhkan waktu selama 2 jam.

Dari sisi kualitas suara ketika digunakan untuk melakukan panggilan, A20i memiliki kualitas yang tidak kalah kejernihan dan patut diandalkan. Hal disebabkan ditanamkannya 2 mic dengan kemampuan AI yang mampu memproses suara yang diterima dan memaksimalkan sensitivitas dari suara yang masuk.

Soundcore memperkenalkan TWS handal yang memiliki harga bersahabat ini dengan menggandeng marketplace online Tokopedia sebagai mitra dalam penjualan perdana A20i yang dimulai awal  atau minggu pertama April 2023. Selama penjualan perdana TWS A20i dibandrol dengan harga 185 ribu rupiah dari harga normal sebesar 199 ribu rupiah. Tunggu apalagi rasakan sensasi produk soundcore dengan fitur-fitur handal dari soundcore.

Catat! OnePlus Bakal Kembali Hadir di Indonesia

OnePlus Indonesia

tabloidpulsa.id – Untuk menyambut kehadirannya kembali di Indonesia, OnePlus Indonesia juga meluncurkan akun media sosial dan situs web resmi yang menyediakan berbagai informasi mengenai produk dan layanan untuk konsumen Indonesia. Situs web resmi www.oneoplus.com/id juga diciptakan sebagai wadah interaksi bagi komunitas OnePlus di Indonesia.  

Perusahaan asal China yang berdiri pada tahun 2013 ini senantiasa berupaya untuk menciptakan teknologi terbaru untuk smartphone. Sesuai dengan motto perusahaan ‘Never Settle’, OnePlus berkomitmen untuk menghadirkan varian produk smartphone berkualitas di Indonesia yang dinantikan para pelanggan OnePlus. Sebagai brand yang senantiasa mendobrak keterbatasan dalam industri teknologi, OnePlus akan menghadirkan berbagai fitur canggih dengan harga produk yang terjangkau dan bersaing dengan pengembang smartphone di kelasnya dengan desain yang aistetik dan penggunaan teknologi terkini. OnePlus juga selalu berupaya untuk membangun ekosistem smart device 5G sesuai dengan keunggulannya sebagai smartphone yang ‘Fast and Smooth’.

“Kami tidak pernah berhenti untuk menciptakan smartphone andalan, dan selalu berupaya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Kami percaya dalam melibatkan pengguna untuk mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan pada smartphone mereka, bekerjasama dengan para ahli untuk menghadirkan teknologi terkini dan tidak berhenti melakukan inovasi atau berkompromi pada kualitas tertentu. Ini adalah upaya kami untuk mewujudkan identitas OnePlus, ‘Never Settle’,” ujar Chief Marketing Office OnePlus Indonesia, Patrick Owen.

OnePlus telah dipasarkan di lebih dari 50 negara dan dikenal sebagai brand smartphone yang unik dengan komunitas online dan offline teraktif di seluruh dunia. OnePlus memiliki lebih dari 6,6 juta anggota terdaftar yang telah membuat lebih dari 22 juta thread di dunia maya. OnePlus memiliki komunitas ‘Red Cable Club’ serta forum-forum lainnya yang ditujukan sepenuhnya kepada pengguna.

“Kami memberikan komitmen lebih tinggi dan lebih serius untuk pasar Indonesia. Selain meluncurkan akun media sosial dan website OnePlus, pada tahap awal, OnePlus Indonesia akan menyeleksi pasar untuk dapat melayani penggunanya secara maksimal. Selain itu strategi global OnePlus yang menyasar pada komunitas juga akan diterapkan di Indonesia, Kami menghargai bentuk interaksi dengan para pelanggan untuk memberikan pengalaman digital yang memuaskan melalui setiap produk OnePlus yang dihadirkan sekarang dan di masa mendatang,” tutup Patrick.

OPPO Buka Pre-order Find N2 Flip di Lazada

OPPO Find N2 Flip

tabloidpulsa.id – Seperti tahun-tahun sebelumnya, antusiasme masyarakat untuk mempersiapkan segala kebutuhan di hari raya Lebaran tercatat sangat meningkat. Hal ini ditandai dengan minat dan aktivitas belanja online masyarakat yang terus berkembang selama dua tahun terakhir menurut survei “Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadhan 2023” oleh lembaga riset Snapcart.

“Dengan melihat perkembangan tren belanja online konsumen yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, OPPO bekerja sama dengan e-commerce di Indonesia untuk menjangkau konsumen premium di platform online lebih luas, dimulai dengan Lazada yang termasuk dalam lima e-commerce terbesar Indonesia. Dengan menggandeng Lazada sebagai mitra, OPPO berharap konsumen premium di tanah air dapat semakin mudah mendapatkan perangkat smartphone lipat yang paling ditunggu di Indonesia,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

Hari ini, OPPO kembali membuka early pre-order Find N2 Flip secara online melalui platform Lazada sebagai e-commerce eksklusif pada 4-10 April 2023. Pada exclusive early pre-order online ini konsumen akan mendapatkan total benefit senilai 4 Juta Rupiah berupa layanan OPPO Premium Service termasuk layanan OPPO Care+ selama satu tahun yang akan memberikan perlindungan berupa 1 tahun asuransi kerusakan atau asuransi garansi penggantian unit baru dan gratis dua kali penggantian anti gores original UV/AR setiap tahun dan Portable PU Case secara cuma-cuma.

Menanggapi kerjasama eksklusif ini, Intan Ayu Kartika, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia berkata, “Kami senang sekali Lazada Indonesia dapat menjadi platform eCommerce eksklusif pertama yang ambil bagian dalam peluncuran OPPO Find N2 Flip yang sudah sangat ditunggu oleh konsumen setia OPPO. Di Periode 4 – 10 April nanti, konsumen setia OPPO dan juga konsumen setia Lazada di seluruh Indonesia akan dengan mudah mendapatkan kesempatan early pre order OPPO Find N2 Flip dengan nyaman melalui aplikasi Lazada di smartphone mereka masing-masing dan darimana pun mereka berada.”

OPPO Find N2 Flip menghadirkan era baru ketahanan smartphone lipat, terutama pada bagian engsel dengan New Generation Flexion Hinge untuk menampilkan layar tanpa bekas lipatan pertama kalinya pada perangkat smartphone foldable yang resmi dipasarkan di Indonesia. Engsel terbaru ini juga menghadirkan fitur FlexForm Mode yang memberikan kebebasan sudut ketika mengambil foto. Hadir dalam 2 pilihan warna menarik, Astral Black dan Moonlit Purple, Find N2 Flip menjadi smartphone flip dengan baterai terbesar saat ini 4300mAh dan pengisian daya paling cepat 44W SUPERVOOCTM yang menghapus keresahan daya tahan smartphone pada konsumen dengan mobilitas tinggi.

Untuk informasi exclusive early pre-order Find N2 Flip di Lazada dapat menuju tautanberikut: https://s.lazada.co.id/l.brjG

Inilah Perilaku Konsumen Selama Ramadan Menurut tSurvey.id

tsurvey ramadan behavior 2023

tabloidpulsa.id – Telkomsel Enterprise melalui solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbarunya terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda untuk dapat memahami pola perilaku masyarakat selama momen Ramadan. Berdasarkan hasil survei tersebut, tSurvey.id menemukan beberapa valuable insights, utamanya terkait pola mudik lebaran masyarakat. Sebanyak 72 persen responden lebih memilih mudik untuk libur lebaran, di mana sebagian besar responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 28 persen responden memilih untuk berlibur ke kota lain. Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, sebanyak 81 persen di antaranya mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari lebaran. Kemudian, reponden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sebagian besar menyiapkan anggaran untuk servis kendaraan, di mana sebanyak 64 persen responden menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp 1 juta, serta 60 persen reponden lebih memilih bengkel resmi yang terpercaya untuk servis kendaraannya.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan, “Dengan dirilisnya hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program marketing Ramadan-nya, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2023. Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel berkomitmen untuk selalu dapat memberikan layanan terdepan dan bernilai tambah melalui berbagai layanan digital dan inisiatifnya, sehingga bisa membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku bisnis dan masyarakat dengan memaksimalkan potensinya melalui pemanfaatan teknologi digital.”

Berdasarkan hasil riset dan survei lebih dalam terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023, ditemukenali bahwa 40 persen responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat agar bisa menikmati waktu menunggu berbuka di rumah, di mana 45 persen responden melakukan persiapan memasak untuk berbuka dan 36 persen lebih memilih menonton tayangan streaming untuk menunggu waktu berbuka. Sekira 60 persen responden juga lebih suka memasak makanan mereka sendiri untuk sahur dan berbuka. Namun, terdapat insight lain terkait makanan alternatif untuk sahur dan berbuka, frozen food menjadi alternatif favorit untuk sahur dengan persentase 23 persen, sedangkan food delivery menjadi alternatif favorit untuk makanan berbuka dengan persentase 30 persen.

Alfian lebih lanjut menambahkan, bersamaan dengan pemerintah yang sudah membuka kemudahan pembatasan aktivitas masyarakat pasca masa pandemi COVID-19 yang semakin mereda, aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah mulai meningkat, seperti berbuka puasa bersama dengan teman dan kerabat hingga mudik libur lebaran ke luar kota. Berbuka puasa bersama di restoran menjadi preferensi favorit responden, diikuti dengan berbuka puasa bersama di rumah kerabat, di mana sebanyak 45 persen responden lebih memilih restoran dan kafe sebagai tempat berbuka puasa bersama, serta anggaran yang disiapkan berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Terkait pengeluaran selama Ramadan, hampir 20 persen responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp 2,5 juta untuk berbelanja, di mana makanan dan minuman menjadi kategori produk dengan kenaikan anggaran tertinggi yang kemudian disusul untuk fashion, seperti pakaian dan sepatu. Tiga kategori teratas yang dibeli responden secara impulsif dengan mencakup untuk fashion (74 persen), makanan/minuman (48 persen), dan barang elektronik (24 persen). Berbagi hampers (parsel atau bingkisan) kini juga semakin menjadi tren khususnya menjelang momen Idul Fitri, di mana sebanyak 52 persen responden telah menyiapkan anggaran khusus untuk hampers dengan rerata anggaran sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu/bungkus.

Melalui hasil survei tersebut, menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan lebaran bagi masyarakat Indonesia, di mana masyarakat akan berusaha untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman. Insight Ramadan dan mudik lebaran tersebut juga merupakan informasi terbaru tentang insight dari pasar yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk lebih memahami pola perilaku dan preferensi dari potensi market-nya. Informasi lebih lanjut mengenai detail hasil survei Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 dari Telkomsel Enterprise melalui Solusi tSurvey.id dapat diakses pada tautan tsel.id/ramadaninsight.

“Solusi tSurvey.id dari Telkomsel Enterprise hadir sebagai solusi yang mampu mengoptimalkan program marketing pelaku bisnis dari awal hingga akhir. tSurvey.id mampu membantu kebutuhan riset, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas untuk mendapatkan wawasan berharga dari market dan pelanggan. Melalui beragam solusi yang dihadirkan Telkomsel Enterprise, diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis untuk dapat meningkatkan performansi dan memperkuat posisi mereka di pasar selama momen Ramadan dan Idul Fitri dengan memahami perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan dari perspektif responden,” pungkas Alfian.

Informasi lengkap mengenai kapabilitas Telkomsel Enterprise sebagai penyedia solusi digital berbasis teknologi terbesar di Indonesia yang dapat mentransformasi dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis dapat diakses pada laman www.telkomsel.com/enterprise.

iQOO Z7x 5G Resmi Diboyong ke Indonesia, Dijual Mulai 3 Jutaan

iqoo z7x 5g

tabloidpulsa.id – Selain iQOO Z7 5G, iQOO Indonesia juga resmi memboyong produk lini kedua mereka yakni iQOO Z7x 5G. Memberikan angin segar bagi kaum mendang-mending, namun juga cukup menarik karena penamaannya cukup aneh. Biasanya dengan penambahan huruf, produk yang hadir menjadi seri terbaik. Namun sebaliknya di Z7x, justru produk ini menjadi produk lini kedua dengan dukungan chipset 695 5G.

Disokong oleh 80-Watt Flash Charge dengan kapasitas baterai 6000 mAH, kapasitas penyimpanan sebesar 8+8GB Extended RAM, dan 5-Layer Liquid Cooling System ditambah lagi prosesor Snapdragon 695 5G, Z7x menjadi smartphone yang unggul di kelasnya dan mampu membawa semangat #PowerUp bagi pengguna dalam menjalani kegiatan mereka sehari-hari.

Praditya Putra, Head of Product, iQOO Indonesia, mengatakan, “Tidak tanggung-tanggung, kami turut menghadirkan iQOO Z7x 5G di pasar Indonesia untuk menambah pilihan power optimizer dalam menemukan smartphone yang tepat. Kami selalu berusaha mendengarkan suara dari konsumen untuk membantu #PowerUp kehidupan sehari-hari mereka melalui smartphone. Fitur yang dihadirkan tentu menggambarkan performa luar biasa iQOO yang sangat cocok bagi teman-teman Gen Z dan Milenial yang memiliki segudang kreativitas.”

Performa Tangguh di Kelasnya

iQOO selalu mempersiapkan teknologi terbaik di setiap produknya. Pada dapur pacunya, iQOO Z7x 5G disokong oleh chipset dari Snapdragon 695 5G. Tidak main-main, iQOO memberikan 8GB + 8GB Extended RAM yang akan mampu memberikan pengalaman bermain game, menonton hiburan, ataupun mendukung aktivitas sehari-hari lainnya dengan mulus dan lancar. Selain itu, konsumen juga tidak perlu khawatir dengan daya baterai karena iQOO Z7x 5G hadir dengan kapasitas baterai sebesar 6000 mAH dan teknologi 80-Watt Flash Charge. Sedangkan, untuk ruang pendingin, iQOO Z7x 5G dibekali dengan 5-Layer Liquid Cooling sehingga mampu menurunkan panas inti CPU hingga 10 derajat celcius. 

Pengalaman Hiburan yang Imersif dan Gaming yang Dipersonalisasi

iQOO paham bahwa hiburan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terlepaskan bagi para Gen Z dan Milenial. Untuk itu, iQOO Z7x 5G didesain dengan layar seluas 6.64 inci dengan 120Hz Refresh Rate dan teknologi Eye Protection yang akan memberikan sensasi lancar dan nyaman saat bermain secara intens. iQOO Z7x 5G juga memastikan fitur gaming flagship iQOO tetap melekat sebagai salah satu komponen smartphone ini. Dengan fitur Motion Control, layar smartphone dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna saat bermain, 4G Game Vibration dapat memberikan sensasi melalui getaran yang nyata, dan Audio Booster yang akan memuaskan power optimizer melalui suara yang menggelegar saat bermain.

#PowerUp dan Nyalakan Semangat Power Optimizers

iQOO Z7x 5G hadir dengan dua pilihan warna yaitu Metallic Grey dan Tropical Blue yang dapat dipilih sesuai selera Power Optimizer. Ukurannya juga sangat pas di genggaman yaitu 164,63 x 75,80 x 9,10 mm. Selain itu, mengikuti karakter Gen Z dan Milenial yang aktif dan cekatan, konektivitas iQOO Z7x 5G juga sudah mumpuni untuk mengakses jaringan 5G. Untuk budaya anak muda yang dunianya dalam satu genggaman, iQOO Z7x 5G juga memiliki fitur NFC Multifunction. Tidak lupa, fitur fotografi yang disematkan memiliki kamera belakang sebesar 50MP + 2MP in-depth camera dan 8MP pada kamera depan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai brand iQOO dan produk iQOO Z7x 5G, silakan kunjungi website iQOO Indonesia  atau di akun media sosial resmi di platform Instagram, Twitter, Facebook, YouTube dan TikTok.

Ponsel ini juga hadir dalam 2 varian, yakni 8/128GB dan 8/256GB. Masing-masing dibanderol Rp 3.099.000,- dan Rp 3.499.000,- di masa pre-order 3 – 9 April 2023.

iQOO Z7 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Harga 4 Jutaan

iqoo z7 5g indonesia

tabloidpulsa.id – Sesuai jadwal yang telah kami sebutkan di tulisan beberapa waktu lalu, iQOO Z7 5G hari Senin kemarin (03/04) secara resmi diperkenalkan untuk pasar Indonesia. Membawa prosesor anyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 782G, chipset yang baru saja diluncurkan bulan November 2022 lalu, ponsel ini menyasar pasar kelas menenbgah ke atas dengan tawaran performa yang digadang mampu mengungguli kompetitor di kelas yang sama.

Setidaknya ada beberapa fitur kunci yang membuat produk ini menarik. Selain chipset, juga ada baterai 5000 mAh dengan flash charge 120 Watt, fitur Extended RAM 3.0 dan 3K VC Cooling System. Fitur-fitur yang biasanya hadir dalam sebuah produk yang diciptakan untuk memenuhikebutuhan gaming penggunanya. Sesuai dengan tujuan iQOO yang mencoba redefining power alias memberikan satandar baru sebuah ponsel powerful dan mendorong semangat #powerUp di setiap aspek kehidupan penggunanya.

Praditya Putra, Head of Product, iQOO Indonesia, mengatakan, “Ini adalah momen yang kami nantikan. Kami sangat senang akhirnya dapat meluncurkan iQOO Z7 5G sebagai produk kedua kami di Indonesia berdasarkan keinginan dari para trOOpers. Kami konsisten untuk selalu membawa performa tinggi pada smartphone, mengikuti kebutuhan konsumen. Dengan tagline ‘Redefining Power’, iQOO Z7 5G dilengkapi dengan teknologi terbaik di kelasnya yang siap untuk meningkatkan performa dan pengalaman gaming pengguna. Sebagai brand yang berfokus untuk mendorong batasan teknologi, kami percaya iQOO Z7 5G akan memantapkan keseharian para ‘Power Optimizer’—konsumen yang mencari smartphone dengan performa terbaik di kelasnya.”

Smartphone Pertama di Indonesia dengan Snapdragon 782G

iQOO Z7 5G adalah smartphone kelas menengah dengan performa unggulan. Smartphone ini mewarisi gen performa tinggi iQOO dengan teknologi terbaru. iQOO Z7 5G menjadi smartphone pertama di Indonesia yang ditenagai oleh Snapdragon 782G. Sebagai chipset berperforma tinggi dengan peningkatan pada GPU sebesar 13% dan 10% pada CPU dari pendahulunya, iQOO Z7 5G akan memberikan pengguna tampilan grafis berkualitas dan pengalaman lebih lancar dalam bermain game, hiburan, dan meningkatkan produktivitas pengguna.

Peningkatan Pada Pengalaman Bermain Game

Menjawab permintaan gamers untuk mendukung permainan game dengan intensitas tinggi, iQOO Z7 5G dilengkapi dengan baterai 5000 mAH dan didukung teknologi 120 Watt Dual-Cell Flash Charge, menjadikannya smartphone pertama dengan teknologi tersebut di kelasnya. Teknologi dua sel ini membantu pengisian daya lebih cepat, menghasilkan panas yang lebih sedikit, dan merupakan solusi yang lebih aman dibandingkan sistem sel tunggal pada umumnya. Smartphone ini hanya membutuhkan waktu 9 menit untuk mengisi baterai hingga 50%. Dengan membawa teknologi flagship ini, pengalaman bermain game dan menikmati konten hiburan setiap detiknya dapat dinikmati sepenuhnya tanpa hambatan.

Untuk pengalaman yang lebih lancar dalam melakukan multitugas dan bermain game, iQOO Z7 5G dilengkapi dengan Kapasitas RAM Tinggi dan Extended RAM 3.0 yang dapat meningkatkan kapasitas RAM hingga 8GB. iQOO Z7 5G menawarkan dua pilihan kapasitas penyimpanan memori mengikuti kebutuhan konsumen, yaitu 12GB RAM + 256GB ROM dan 8GB RAM + 128GB ROM. Dengan kapasitas besar ini, pengguna dapat menyimpan banyak file dan mengunduh banyak game, film, dan musik di ponsel.

Performa dengan intensitas tinggi memerlukan smartphone untuk memakai kapasitas secara optimal. Untuk itu, iQOO menyematkan 3K VC Cooling System pada bagian belakang smartphone untuk membantu mengontrol panas saat puncak permainan game. Vapor Chamber Liquid Cooling system ini dibuat seluas 3002 mm2 yang akan membantu mengurangi suhu ponsel hingga 15 derajat Celsius pada CPU.

Layar ponsel ini membawa teknologi 120Hz refresh rate display yang disertai Eye Protection untuk menampilkan visual yang lancar dan nyaman walaupun digunakan secara intens saat bermain game. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati pengalaman yang superior dengan fitur gaming andalan iQOO dengan melakukan gerakan swipe dan summon. iQOO memasukkan teknologi X Axis Linear Motor, 4D Game Vibration dan Motion Control, serta membawa Dual Stereo Speaker dan Sound Field Expansion Algorithm untuk menghasilkan suara menyeluruh yang membuat Anda seperti berada di tengah medan perang.

Menghadirkan Fitur Kamera Super Moon.

Sebagai smartphone all-rounded in performance, iQOO Z7 5G juga dilengkapi dengan kamera depan 16MP dan kamera belakang 64MP OIS Ultra-Sensing dan 2MP Bokeh camera. Dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) ini, smartphone dapat menciptakan gambar yang lebih jelas dengan detail yang lebih tajam, bahkan dalam kondisi malam/minim cahaya. Selain itu, dengan Hybrid Image Stabilization (OIS + EIS) dalam mode video, smartphone dapat merekam gambar stabil profesional bahkan dengan hand-held shooting. Fitur fotografi menarik lainnya adalah fitur flagship Super Moon untuk mengambil foto bulan.

“iQOO Z7 5G dirancang dengan menempatkan ‘Power Optimizer’ sebagai inti dari inovasi kami. Kami berusaha untuk memasukkan fitur terbaik dan membuka peluang untuk pengguna menjalani kehidupan dinamis mereka di dunia kerja atau pun untuk bersantai menikmati hidup sepenuhnya. iQOO Z7 5G adalah smartphone serba guna yang memimpin konsumen untuk selalu aktif dan produktif tanpa perlu lagi mengkhawatirkan kemampuan smartphone mereka. iQOO Z7 5G mendorong semangat #PowerUp dalam hidup tanpa harus mengorbankan karakter, kebutuhan, dan keinginan individu – memberikan kesempatan untuk menggapai aspirasi Anda dalam mengeksplorasi hal baru yang menyenangkan,” tutup Praditya.

iQOO Z7 5G dapat dibeli mulai dari 3 April 2023 dalam dua varian memori:  8GB RAM + 128GB ROM and 12GB RAM + 256GB ROM di Tokopedia dan Blibli. Perangkat ini juga tersedia dalam beberapa varian warna, seperti Metallic Grey, dan Tropical Blue.

Ponsel ini dengan harga rilis Rp 4.099.000,- untuk varian 8/128GB dan Rp 4.699.000,- untuk varian 12/256GB. Perlu diketahui bahwa harga ini berlaku untuk masa pre-order dan bisa naik di masa penjualan normal.

Editor's Pick