Home Blog Page 247

Lexar Luncurkan Portable SSD SL600, Transfer Data Super Kencang

Lexar SSD SL600

tabloidpulsa.id – Lexar, sebuah perusahaan global yang menyediakan solusi penyimpanan, mengumumkan peluncuran produk SSD portable Lexar Professional SL600. SSD portable ini merupakan solusi yang tepat bagi para fotografer, videografer, dan kreator konten yang membutuhkan media penyimpanan sebagai backup atau menyalin data saat sedang bepergian karena memiliki performa cepat dari USB 3.2 Gen 2×2 yang menghasilkan kecepatan membaca dan menulis hingga 2000MB/s.

Produk SSD Portable ini memiliki casing aluminium yang tahan lama yang membantu melindungi file pengguna dari benturan saat sedang bepergian atau di lokasi sambil juga memberikan ketahanan terhadap guncangan dan getaran. Untuk keamanan lebih lebih tinggi, SSD ini juga dilengkapi dengan Lexar DataShield™, sebuah perangkat lunak enkripsi AES 256-bit yang membuat pengguna dapat memastikan file sensitif mereka tetap terlindungi. Ini termasuk kabel USB Type-C dan USB Type-A, sehingga kompatibel dengan berbagai macam perangkat dan lingkaran karabiner memungkinkan pengguna untuk menyematkan ke tas mereka.

“Kami mengerti banyak pekerja kreatif membutuhkan solusi-solusi yang memperlancar alur kerja yang akhirnya membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Lexar® Professional SL600 Portable SSD menjawab kebutuhan itu dengan menawarkan kecepatan membaca dan menulis yang super cepat, yang membuat para pekerja kreatif dapat mengalokasikan waktu lebih banyak untuk berkarya ketimbang menunggu data yang harus ditransfer,” ujar Joey Lopez, Director of Marketing.

Fitur Penting

  • Performa super kencang hingga 2000MB/s baca dan 2000MB tulis-20GB/s
  • Casing alumunium untuk proteksi terhadap getaran dan guncangan
  • Dilindungi perangkat lunak Lexar® DataShield™ 256-bit AES untuk menjaga keamanan data
  • Termasuk dengan kabel USB Type-C dan Type-A
  • Karabiner sebagai asesoris yang membuat drive ini dapat digantungkan pada tas Anda

SSD portable The Lexar Professional SL600 akan tersedia pada Tokopedia maupun Shopee Indonesia. Produk ini hadir dalam tiga pilihan kapasitas 1TB,  2TB, dan 4TB. SSD ini kompatibel dengan perangkat dengan port Type-A dan Type-C, termasuk Mac dan PC, perangkat Android dan iPhone, serta sistem PlayStation dan Xbox.

iQOO 12 Meluncur, Pertama di Indonesia dengan SD 8 Gen 3

iQOO 12

tabloidpulsa.id – Sudah 3 kali, termasuk produk terbaru ini, iQOO menjadi produsen pertama yang meluncurkan secara resmi ponsel dengan dukungan chipset terbaru yang ada di pasaran dari kubu Qualcomm. Pasalnya iQOO 12 yang diluncurkan hari ini merupakan ponsel pertama yang membawa Snapdragon 8 Gen 3 yang diluncurkan di Indonesia.

Sebagai sub-brand dari vivo, iQOO merilis iQOO 12, smartphone flagship terbarunya yang dirancang untuk mendorong batas performa, kecepatan, dan desain ke tingkat paling tinggi. Berangkat dari slogan “Monster Inside”, iQOO 12 menggabungkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 terbaru dari Qualcomm yang sangat bertenaga, ditambah dengan yaitu Supercomputing Chip Q1 untuk performa monster.

Tidak hanya itu, iQOO 12 juga menghadirkan desain monster yang terinspirasi dari BMW M Motorsport serta kamera monster level flagship untuk menghadirkan pengalaman tanpa batas bagi pengguna dan penggemar di Indonesia.

“iQOO 12 selalu menempatkan keunggulan pada performa dan pengalaman e-sport tanpa batas. Dirancang dengan semangat I Quest On and On, kami terus melakukan inovasi yang berani pada  iQOO 12 untuk menghadirkan perubahan dalam memenuhi permintaan konsumen Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari teknologi yang kami bawa yaitu Supercomputing Chip Q1, kamera periscope telephoto, serta ketahanan terhadap debu dan percikan air berkat sertifikasi IP64 yang belum ada di iQOO 11 sebelumnya,” ucap Praditya Putra, Head of Product, iQOO Indonesia.

Performa Monster

Ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 3 yang diproduksi dengan teknologi terbaru 4nm, iQOO 12 menawarkan performa yang tak tertandingi. Didukung dengan paduan prosesor Cortex-A4 hingga 3,3 GHz, Cortex-A720 berkecepatan 2,3 GHz, serta Cortex-A520 berkecepatan 2,3 GHz membuat iQOO 12 menjadi perangkat dengan performa terkencang di muka bumi untuk saat ini. GPU Adreno 750 yang ada memastikan semua game dapat berjalan dengan maksimal dan memiliki kemampuan menampilkan ray tracing. Semua itu sudah terlindungi dengan teknologi pendinginan 6K Vapor Chamber Four-Zone Cooling System yang bisa lebih mendinginkan 2 derajat celcius dibandingkan pendingin canggih lainnya.

iQOO 12 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 120W. Berbeda dengan perangkat yang ada di pasaran, iQOO 12 menggunakan baterai lithium dengan bahan Graphite yang membuatnya lebih tahan lama. Hal tersebut didukung dengan teknologi pengisian baterai 120W FlashCharge.

Peningkatan Visual Gaming dengan Supercomputing Chip Q1

iQOO 12 diperkuat oleh Supercomputing Chip Q1 tampilan yang disesuaikan yang menawarkan Game Super Resolution, Game Super Frame Rate – fitur yang secara radikal meningkatkan pengalaman gaming yang lancar hingga 144Hz.

Dengan satu sentuhan, pengguna dapat mengaktifkan fitur kelas atas yang mampu meningkatkan kenyamanan bermain seperti Game Frame Interpolation yang meningkatkan FPS pada game hingga 144 FPS sementara banyak game mobile membatasi frame rate pada 60 FPS atau 90 FPS, mencapai 120 FPS. Selain itu, Game Super Resolution juga akan meningkatkan kualitas gambar yang lebih baik dari standar. Contoh bagus dari peningkatan ini adalah kemampuan untuk memainkan game kelas atas pada 144 FPS.

Ada pula fitur Game Super Touch Control yang bakal meningkatkan akurasi dan respon layar saat jari kita berkeringat sewaktu bermain game dalam jangka waktu yang lama.

Kenyamanan dalam bermain juga diperoleh berkat dukungan RAM LPDDR5X berkapasitas 16 GB serta dilengkapi dengan 16 GB Extended RAM. Penyimpanan internal pada perangkat ini sudah berkapasitas 512 GB dengan teknologi UFS 4.0.

Layar Luar Biasa untuk Pengalaman Bermain yang Imersif

iQOO 12 dilengkapi dengan layar 6,78 inci LTPO AMOLED dengan resolusi 2800×1260 atau 1,5K. Layar ini menawarkan refresh rate dinamis 1-144Hz dengan tingkat kecerahan maksimal 3.000 nits, kepadatan piksel 452 PPI, rasio kontras 800,000:1 yang luar biasa, dan dukungan HDR10+. Reproduksi warna yang akurat dijamin dengan kisaran warna NTSC 105% dan akurasi DCI-P3 100%. Untuk lebih meningkatkan pengalaman menonton, iQOO 12 juga mendukung PWM dimming 2,160Hz frekuensi tinggi dan perlindungan mata low blue light.

Kamera Level Flagship

iQOO 12 dilengkapi dengan resolusi kamera utama 50MP dengan sensor OmniVision OV50H berukuran 1/1,3 inch yang memiliki teknologi PureCel Plus-S membuahkan hasil foto yang apik dengan dukungan OIS dan EIS. Kamera ini dipadukan dengan lensa ultra-wide 50MP yang mampu menangkap sisi yang lebih lebar. Tidak lupa sebuah kamera 16 MP untuk melakukan selfie, sudah tersedia pada bagian depannya.

Lalu ada pula kamera periskop 64MP yang bisa melakukan zoom optic 3x tanpa buram dan bisa mencapai 100x secara digital yang juga dapat mengambil makro telefoto.

Perekaman video termasuk dukungan untuk 8K@30 FPS, 4K@30/60 FPS, dan video 720p,1080p hingga 240 FPS untuk gambar gerak lambat yang mengagumkan.

Desain Terinspirasi oleh BMW M Motorsport

iQOO 12 menampilkan desain yang elegan dengan kerjasama BMW M Motorsport dengan chassis aluminium. Smartphone ini hadir dalam edisi Legend dengan warna putih yang dihiasi logo BMW M Motorsport pada bagian belakangnya serta edisi Track dalam warna hitam. Dengan ketebalan 8,1mm, iQOO 12 sangat ramping dan terasa ringan, namun tetap elegan dengan berat hanya 203,7g. iQOO 12 memiliki sertifikasi IP64 tahan debu dan percikan air, menjadikannya ideal untuk para gamer yang selalu bergerak.

Ketersediaan di Pasar Indonesia

“Selama satu tahun hadir di Indonesia, kami senang sekali melihat bagaimana minat penggemar iQOO di indonesia semakin berkembang. Hal ini menjadi semangat bagi kami untuk dapat terus berinovasi dan memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna di seluruh tanah air. iQOO Indonesia berupaya untuk lebih mendekatkan diri kepada penggemar dengan memenuhi kebutuhan teknologi secara lebih personal, dengan menghadirkan produk iQOO secara offline di beberapa vivo store yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Bandar Lampung, Palembang, Medan dan Makassar,” ucap Roshinna Erawaty selaku Brand & Marketing iQOO Indonesia.

Untuk pasar Indonesia, iQOO 12 dijual dengan harga Rp 10.999.000,-. Untuk melengkapi pengalaman tanpa batas bagi penggemar, iQOO 12 juga akan hadir dengan berbagai promo menarik yang bisa didapatkan lewat Tokopedia dan Shopee. Mulai dari 7 hingga 11 Desember 2023 (pre-order), iQOO akan memberikan sejumlah promo di Tokopedia, Shopee, dan iQOO.com dengan mendapatkan iQOO Cooling Pad Neo GRATIS + iQOO wireless active + iQOO finger sleeve + Garansi 24 bulan + Garansi layar 6 bulan + Cicilan 0%. Selain promo online, untuk pembelian pre-order offline juga akan menawarkan berbagai promo menarik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai brand iQOO, silakan kunjungi akun media sosial resmi iQOO Indonesia di platform Instagram, Twitter, Facebook, YouTube dan TikTok.

Pengalaman Fixed Broadband Desember 2023

tabloidpulsa.id – Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis artikel analisis terbaru berjudul “Indonesia, Pengalaman Fixed Broadband, Desember 2023″

Dalam laporan terbaru ini, Opensignal telah menganalisis pengalaman nyata jaringan broadband dari pengguna internet fixed broadband di Indonesia, di seluruh Jawa dan 10 kota — Jakarta, Surabaya, Kota Bandung, Semarang, Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Medan, dan Kota Tangerang. Untuk mencerminkan berbagai cara penggunaan broadband, Opensignal telah menganalisis empat ukuran yang berbeda dari pengalaman para pengguna, yaitu: Pengalaman Video Broadband, Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Puncak Unduhan Broadband, dan Kecepatan Unggahan Broadband.

Berikut beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam artikel tersebut:

  • Pengguna First Media dan Oxygen.ID di Jawa memiliki Pengalaman Video Broadband terbaik di antara penyedia yang Opensignal bandingkan: Pengalaman keduanya ditempatkan dalam kategori ‘Baik’, secara rata-rata dapat melakukan streaming video dengan resolusi 720p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan sedikit penundaan. Dengan skor statistik seimbang sebesar 66,3-66,6 poin pada skala 100 poin. Hal ini membuat mereka unggul tipis sekitar 1,2 poin atas MNC Play, Biznet, CBN, dan MyRepublic, yang seimbang berada di peringkat ketiga dengan skor di kisaran 64,8-65,5 poin. Baik pemenang maupun runner-up menempati kategori ‘Baik’ (58-68)
  • Biznet unggul dalam metrik kecepatan di Jawa:  Biznet mengklaim posisi teratas untuk Kecepatan Unduhan Broadband dan Kecepatan Unggahan Broadband. Sedikit unggul di atas First Media dan keunggulan signifikan atas pesaing lainnya. Biznet memimpin dalam pengalaman Kecepatan Unduhan Broadband dan Kecepatan Unggahan Broadband (baik secara langsung maupun bersama-sama) di seluruh kota yang diteliti. First Media memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering menjadi yang teratas (di 9 dari 10 kota).
  • Biznet berbagi posisi teratas dengan First Media dalam Kecepatan Unduhan Puncak Broadband: Dengan skor statistik seimbang yaitu 99,8-110,9Mbps. Biznet meraih kemenangan langsung untuk Kecepatan Unduhan Broadband dengan kecepatan 29,3Mbps, mengalahkan First Media, pesaing di posisi kedua, dengan selisih tipis sebesar 1Mbps. Keduanya mengalahkan pemegang posisi ketiga yang imbang — Indosat, CBN, MyRepublic, XL, dan Oxygen.ID, yang skornya berada di kisaran 72,5-91,5Mbps — dengan keunggulan sekitar 20,5Mbps.
  • Biznet menduduki peringkat teratas dalam hal kecepatan unduhan dan unggahan: di sebagian besar kota yang diteliti dan memiliki pengalaman terdepan di 29 dari 30 perbandingan yang telah kami buat (untuk Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Unggahan Broadband, dan Pengalaman Video Broadband),  sebagian besar menempati posisi pertama dengan keunggulan yang kuat atas para pesaingnya. First Media memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering berada di antara yang teratas.

Sekian pemaparan singkat dari laporan Opensignal. 

Meizu Hadirkan MYVU Smart Ring dengan Fitur AR

tabloidpulsa.id – Perusahaan elektronik Tiongkok Meizu telah meluncurkan teknologi wearable terbarunya pada Konferensi Ekologi Musim Gugur Tanpa Batas  (Autumn Unbounded Ecological Conference). Merek MYVU mencakup kacamata pintar MYVU Discovery AR dan MYVU Smart Ring, keduanya bertujuan untuk mendefinisikan kembali interaksi augmented reality (AR).

MYVU Smart Ring memiliki eksterior keramik yang ramping, interior baja tahan karat yang kokoh, dan memiliki peringkat tahan air IPX7. Ini menawarkan berbagai pilihan ukuran dan kemampuan kontrol gerakan intuitif, memungkinkan pengguna mengontrol playlist, mengelola video, dan membalas pesan sambil mengenakan kacamata AR. Kacamata MYVU Discovery AR menawarkan kontrol sentuh, interaksi berbasis aplikasi, dan perintah suara Aicy untuk pengalaman AR yang dipersonalisasi. (Sumber: EagleEyeTech)

 Game Turbo di POCO X5 5G dan POCO M5 Bikin Gaming Tambah Ekstrem

tabloidpulsa.id – POCO Fans pastinya paham banget, dong, kalau hape POCO M5 dan POCO X5 5G sanggup ngasih performa gaming yang ekstrem di kelasnya, dengan harga yang ekstrem juga. Nah, sekarang main game di range harga sejutaan dan dua jutaan aja sudah ada ekstrem banget karena ada fitur Game Turbo. Ditambah, sekarang juga bisa didapetin dengan harga yang lebih ekstrem, karena selama Desember 2023 ini bisa hemat hingga Rp. 900 ribu di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Erafone, dan toko offline resmi seluruh Indonesia!!

Buat yang belum tahu, Game Turbo berguna buat meningkatkan performa gaming saat game dimainkan di hape POCO. Asyiknya lagi, Game Turbo dapat bisa meningkatkan kualitas game seperti tampilan visual hingga pemakaian data.

Umumnya Game Turbo sudah tersedia di App Drawer hape POCO. Tapi kalau belum, bisa diaktifkan dulu dengan beberapa langkah ini:

  • Buka Settings
  • Ketuk pada Search Bar dan ketik Game Turbo untuk langsung membukanya.
  • Di Game Turbo akan terlihat semua game yang diinstal di hape.
  • Selanjutnya, kita bisa mengaktifkan kinerja apa pun yang diperlukan buat memperoleh pengalaman bermain game terbaik.
  • Dengan Game Turbo, kita juga bisa mengaktifkan performance optimization untuk mengoptimalkan proses GPU dan CPU. Selain itu, ada pula fitur seperti optimalisasi grafis, kepekaan terhadap ketukan berulang, penambah respon sentuhan, hingga pengoptimalan wi-fi. Bermain game pun jadi lebih mulus dan fun.

Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, mengatakan, “Hadirnya fitur Game Turbo ngasih bukti kalau hape POCO itu cocok banget buat ngegame. Pada dasarnya performa hape POCO, termasuk POCO M5 dan POCO X5 5G, sudah ekstrem di kelasnya buat melibas game-game favorit. Kemudian ditambah Game Turbo dengan beragam fitur gaming lengkapnya yang mengoptimalisasi pengalaman gaming pengguna.”

Jadi, kamu bakal menggunakan Game Turbo di POCO M5 atau POCO X5 5G?

POCO M5

Sebagai smartphone high performance, POCO M5 ditenagai oleh chipset octa-core terbaik di kelas mid-range, yakni MediaTek Helio G99 berkecepatan hingga 2,2 GHz. Chipset ini diklaim punya performa 35% lebih baik dibanding sesama chipset 4G berteknologi 6nm lainnya.

Buat semakin meningkatkan performa, hadir pula MediaTek Hyper Engine 2.0 Lite dan Game Turbo 5, teknologi software yang mampu mengoptimalisasi performa gaming POCO M5. Ditambah extended RAM +3GB, bikin performa gaming POCO M5 makin mantap: gahar sekaligus stabil.

Udah gitu, harga POCO M5 cuma 1 jutaan. Pas banget, nih, buat para #generasimaksimal penggemar mobile gaming yang menginginkan smartphone dengan performa maksimal tapi tetap ramah di kantong.

POCO X5 5G

Walau merupakan ponsel mid-range, POCO X5 5G punya faktor X berupa chipset Snapdragon 695 yang sanggup ngasih performa paling ekstrem di kelasnya. Ini berkat CPU Qualcomm Kryo 660 berkecepatan hingga 2,2GHz dan fabrikasi 6nm. Performanya sudah teruji gahar, stabil, nggak gampang panas, serta proses fabrikasi tersebut punya impact positif berupa efisiensi energi, sehingga lebih irit penggunaan baterai. Ditambah GPU Adreno 619, menjadikan POCO X5 5G mampu menghasilkan grafis yang lebih smooth dengan setingan game rata kanan.

POCO X5 5G juga telah mendukung memori LPDDR4x dengan expandable RAM hingga 13GB berkat teknologi Dynamic RAM Expansion 3.0. Jadinya, kalau main pakai Game Turbo dijamin nggak bikin khawatir nge-lag saat main game.

Harga POCO X5 5G pun nggak kalah ekstrem dibanding performanya. Dengan dua jutaan aja kita sudah bisa memiliki hape yang ngasih jaminan #XcitingAsAlways ini.

Hitachi Vantara Integrasikan Layanan dengan Google Cloud

tabloidpulsa.id – Hitachi Vantara, anak perusahaan dari Hitachi, Ltd. yang fokus pada manajemen penyimpanan data, infrastruktur, dan cloud hybrid, mengumumkan peluncuran Hitachi Unified Compute Platform (UCP) for Google Kubernetes Engine (GKE) Enterprise, sebuah solusi hybrid baru yang terintegrasi, dengan mitra lama Google Cloud. Peluncuran layanan ini bertujuan untuk mendukung para pelanggan Hitachi dalam perjalanan layanan cloud mereka yang terus berkembang. Melalui Google Distributed Cloud Virtual (GDCV), Hitachi UCP for GKE Enterprise menawarkan sebuah platform terpadu bagi perusahaan untuk mengelola operasional hybrid cloud, yang akan meningkatkan efisiensi, skalabilitas, dan fleksibilitas infrastruktur serta aplikasi mereka.

Di tengah adopsi cloud hybrid yang terus melonjak secara global, sebuah laporan pada tahun 2023 menyoroti permintaan yang terus meningkat akan platform cloud-native yang beroperasi di berbagai lingkungan. Pada saat yang sama, kecerdasan buatan (AI) generatif dan teknologi lainnya mendorong pertumbuhan data secara eksponensial, sehingga menciptakan kebutuhan yang lebih besar akan solusi berbasis cloud yang dapat membantu perusahaan menyederhanakan kompleksitas data, yang mengarah pada peningkatan operasi bisnis secara keseluruhan dan percepatan transformasi digital.

GDCV pada Hitachi UCP memberdayakan perusahaan untuk memodernisasi aplikasi, mengoptimalkan infrastruktur, dan meningkatkan keamanan di seluruh lingkungan cloud hybrid dengan menggabungkan infrastruktur cloud yang fleksibel dari Hitachi UCP dengan fleksibilitas dan skalabilitas GDCV. Hasilnya, solusi ini bisa menerapkan dan mengelola beban kerja di dalam pusat data lokal, lingkungan cloud, atau di sejumlah lokasi edge computing. Sebagai bagian dari peluncurannya, GDVC pada Hitachi UCP juga telah disertakan dalam program mitra platform Anthos Ready dari Google, yang memvalidasi perangkat keras yang bekerja secara mulus dengan GDCV.

“Kolaborasi ini menyatukan infrastruktur cloud terintegrasi Hitachi Vantara yang siap pakai dan berkinerja tinggi, dengan kemampuan orkestrasi dan manajemen kontainer yang tangguh dari GDCV. Seiring dengan perubahan lanskap digital yang dilakukan oleh AI, GDCV pada Hitachi UCP memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk secara percaya diri memanfaatkan potensi dari lingkungan hybrid cloud. Solusi siap pakai ini melengkapi mereka untuk berkembang dan memanfaatkan peluang berbasis data yang terus berkembang di era digital,” ujar Dan McConnell, Senior Vice President, Product Management for Storage and Data Infrastructure, Hitachi Vantara.

Solusi ini tersedia bagi seluruh pelanggan Hitachi Vantara dan menawarkan sejumlah keuntungan, seperti:

  • Mobilitas Beban Kerja yang Mudah: Solusi ini menawarkan kerangka kerja tunggal untuk penyebaran dan kontrol yang mudah atas aplikasi pada pengaturan in-house dan cloud, dengan cara yang aman untuk bertransisi ke Google Cloud dengan mendistribusikan beban kerja secara cerdas untuk migrasi data dan infrastruktur yang lancar.
  • Fleksibilitas Konfigurasi: Pelanggan diberikan pilihan untuk mendukung berbagai konfigurasi dan aplikasi dengan kebutuhan kinerja, ketersediaan, dan skalabilitas yang berbeda-beda, termasuk fleksibilitas bagi pelanggan Hitachi Vantara untuk menggunakan solusi GDCV dengan solusi Hitachi Virtual Storage Platform (VSP) berkinerja tinggi sebagai bagian dari driver tersertifikasi dalam Anthos Ready Storage Partnership.
  • Keamanan dan Kepatuhan: Kendali keamanan modern untuk perangkat lunak dan perangkat keras digunakan untuk mengikuti pedoman dan kebutuhan, dikelola secara terpusat di berbagai tempat untuk memastikan keamanan dan kepatuhan terhadap persyaratan kepatuhan bisnis dan peraturan.

“Kemitraan kami dengan Hitachi Vantara merepresentasikan infrastruktur cloud modern terbaru, yang menawarkan kepada para pelanggan sebuah sumber tunggal untuk sistem, solusi, dan layanan. Bersama-sama, kami menyediakan pengalaman cloud hybrid yang andal dan aman, membantu pelanggan mempercepat perjalanan transformasi digital mereka,” kata Sridhar Devarapalli, Product Director, Google Cloud.

“Dalam ekosistem bisnis yang berkembang pesat saat ini, kebutuhan industri akan solusi berbasis cloud dari para mitra strategis telah menjadi lebih dari sekadar tren – ini merupakan strategi bertahan hidup yang sangat penting. Merangkul kolaborasi berbasis cloud bukan hanya masalah untuk tetap menjadi yang terdepan; ini adalah kunci untuk membuka kelincahan yang tak tertandingi bagi pelanggan, dan daya saing saat ini serta di masa depan bagi mereka yang bermitra,” jelas Steve White, Program Vice President, Channels and Alliances, IDC.

Ini Alasan Indonesia Layak Jadi Digital Hub di Asia

tabloidpulsa.id – Indonesia memiliki potensi yang besar menjadi digital hub di Asia jika mampu mengkapitalisasi keunggulan yang dimilikinya di masa depan.

“Indonesia memiliki populasi terbesar keempat di dunia, yaitu sekitar 280 juta jiwa yang menjadikannya sebagai pasar besar bagi industri digital. Belum lagi posisi geografis yang strategis dan infrastruktur digital serta talenta tengah banyak dibangun, yang membuat Indonesia cukup punya modal sebagai digital hub di Asia,” ungkap Founder IndoTelko Forum Doni Ismanto Darwin, kala membuka diskusi “Strategi Indonesia sebagai Digital Hub Asia”  dalam rangka HUT Ke-12 IndoTelko, di Jakarta Rabu (6/12).

Menurutnya, sudah selayaknya Indonesia lebih serius mengambil posisi sebagai digital hub Asia karena  akan memberikan berbagai manfaat bagi negeri ini, antara lain meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing di dunia internasional. 

“Saya berharap pemimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang lebih serius merealisasikan Indonesia sebagai digital hub Asia, karena sudah terbukti ketika masa pandemi lalau, negara-negara yang memiliki infrastruktur digital mumpuni bisa bertahan, bahkan tetap tumbuh ekonominya,” katanya.

Menuruntya, untuk mewujudkan Indonesia sebagai digital hub Asia, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Sudah saatnya pemerintah mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk pembangunan infrastruktur digital,  melakukan simplifikasi regulasi yang menghambat pembangunan infrastruktur digital,  serta mendorong kerja sama antara operator telekomunikasi dan penyedia layanan digital.

Tak lupa, Masyarakat ditingkatkan literasi dan kompetensinya dalam memanfaatkan dunia digital sehingga Indonesia benar-benar  akan semakin siap untuk menjadi digital hub Asia.

Ketua Umum Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Ririek Adriansyah mengingatkan pemiliki pelanggan yang terbesar tidak selalu menjadi hub dari regional, ada hal lain yang diperlukan seperti dukungan infrastruktur yang baik, ease of doing business, serta regulasi yang mendukung pertumbuhan industri yang sehat dan berkelanjutan.

“Diperlukan usaha yang sungguh-sungguh serta dukungan dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan khususnya pemerintah, yaitu berupa kebijakan atau insentif yang dapat mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi, serta meningkatkan kemampuan penyelenggara telekomunikasi untuk melakukan investasi infrastruktur digital, guna meningkatkan daya saing digital indonesia terhadap negara lain, baik di Asia maupun tingkat dunia,” katanya.

Diingatkannya, pemerintah juga perlu mengatur penempatan data di Indoensia, tidak hanya untuk penyelenggara sistem elektronik lingkup publik, namun juga penyelenggara sistem elektronik lingkup privat. Hal ini untuk memastikan pemerintah memiliki kendali terhadap data yang merupakan the new oil, dan sejalan dengan prinsip perlindungan dan pemanfaatan data yang tercantum dalam UU Perlindungan Data Pribadi.

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Wayan Toni Supriyanto menegaskan pemerintah berupaya untuk mendorong kekuatan transformasi digital di berbagai sektor dengan pemanfaatan teknologi komunikasi generasi terkini, yakni melalui perluasan jaringan 4G sampai ke pelosok desa, penerapan teknologi 5G sebagai teknologi telekomunikasi seluler terkini, hingga pemanfaatan low earth orbit satellite.

“Hal yang perlu ditekankan bahwa Kominfo akan menjadi orkestrator di sektor TIK untuk mendorong upaya-upaya penguatan transfomasi digital dan penguatan ekonomi digital untuk mewujudkan Indonesia sebagai digital hub Asia,” kata Wayan Toni.

Semua Berperan

Plt. Direktur Layanan TI Masyarakat dan Pemerintah BAKTI – Kominfo Yulis Widyo Marfiah mengungkapkan peran BAKTI yaitu mempercepat perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan internet.

Kedua persiapan roadmap transformasi digital di sektor strategis yang dimana kita juga berkolaborasi dengan industri telekomunikasi.  Ketiga adalah percepat integrasi pusat data nasional.  Keempat menyiapkan regulasi, skema-skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital secepat-cepatnya, dan langkah kelima menyiapkan kebutuhan SDM talenta digital. 

Sampai saat ini BAKTI membangun program BTS, Satria dan AI sebagai bagian dari Renstras Kominfo.

“Pada tahun 2022-2024 kita merencanakan palapa ring terintegrasi, dan juga tahun 2025 dengan satria di sini tapi melihat kebijakan fiskal pemerintah,” katanya.

CEO CFU Wholesale & International Business Telkom Bogi Witjaksono mengatakan, pihaknya memiliki beberapa inisiatif membangun ekosistem digital sebagai bagian daripada membangun hub digital di Asia.

Pertama, Telkom sangat agresif mengembangkan data center yang ada di luar negeri maupun domestik sampai dengan data center di daerah-daerah.

Kedua, Telkom juga membangun beberapa inisiasi kabel bawah laut yang hubungkan benua barat dan timur untuk jadi satu kesatuan lingkaran (belt) yang terhubung dengan Indonesia.

Bogi menambahkan, Telkom Group inisiatifnya dibagi dua sebagai bagian membentuk value preposition yang unik dalam ekosistem digital.

“Pertama, inisiasi untuk memperkuat konektivitas internasional. Kedua, mengintegrasikan seluruh data center sebagai bagian ekosistem digital dan jadi satu bagian dari ekosistem hub data di Indonesia. Ini semua kami kerjakan dalam satu kesatuan ekosistem untuk membentuk satu hub konektivitas data,” kata Bogi.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan meski kondisi geopolitik dan ekonomi dunia yang kurang menguntungkan, serta digital winter yang berkepanjangan, ekonomi digital RI dalam 5 tahun ke depan diperkirakan terus tumbuh double digit dengan CAGR 11,6 persen didorong oleh berbagai bisnis vertical dan horisontal.

Bisnis vertical yang akan mendorong pertumbuhan adalah yang erat dengan kebutuhan utama pelanggan. Misalnya healthtech, edutech, fintech, e-commerce. logistic, hospitality, leisure economic dan agritech.

Sedangkan bisnis horisontal seperti IoT, Cloud, Big Data, AI, dan cyber security juga tumbuh double digit karena kebutuhan transformasi digital yang cepat diperlukan oleh bisnis agar terus tumbuh.

Pertumbuhan pesat digital economy Indonesia ini didorong oleh beberapa tren konsumen, antara lain pertama adalah modal total populasi di negara kita sekitar 280 juta jiwa yang didominasi digital native.

Pada 2025 kota selain kota besar, atau kota tier 2 dan 3 akan menjadi kekuatan ekonomi baru dan jadi kontributor utama yang memiliki porsi lebih besar dalam ekonomi digital Indonesia yang didukung infrastruktur digital akses internet yang handal.

Pertumbuhan vertikal baru dalam next wave digital yang ditunjang enabler teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan kosumen yang belum dapat dipenuhi terutama di bidang keuangan, pendidikan, kesehatan.

“Hal ini menunjukkan Indonesia memiliki banyak potensi menjadi inti dari ekosistem digital di Asia,” kata Hendri.

Ia menambahkan, secara keseluruhan Telkomsel telah memiliki berbagai bisnis yang siap mentransformasi Indonesia pada setiap layer digital, bisa konektivitas, bisa platform, dan tentunya digital service, cyber security, sustainability, atau green technology, dan future tech capabilities seperti big data dan AI merupakan fondasi Telkomsel menyediakan layanan.

Sementara Director and Chief Business of Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah menyatakan, Indosat menangkap peluang di Asia Tenggara Indonesia punya potensi luar biasa.

Diungkapkannya, strategi Indosat yakni dengan mendominasi pasar lokal dan memaksimalkan 5G, dan cloud computing untuk warga Indonesia.

“Sudah jelas kami punya program connectivity, managed services, security, international channel, international sales, customer experience dan bagaimana kami optimalisasi data center, edge computing, 5G, baik aplikasi maupun services. Indosat will become the most preferred digital network in Indonesia, kita deliver world class experience, kita connecting and empowering every Indonesians dengan cara spirit gotong royong,” katanya.

President Director & CEO XL Axiata Dian Siswarini mewujudkan Indonesia sebagai digital hub Asia sejalan dengan tujuan XL Axiata untuk mendekatkan dunia dengan konektivitas dengan cara yang simpel untuk kehidupan yang lebih baik.

“Untuk mencapai tujuan kami tersebut dimana saat yang bersamaan mendukung mewujudkan Indonesia sebagai digital hub di Asia dan mendukung visi pemerintah Making Indonesia 4.0 kami melakukan berbagai pergelaran infrastruktur untuk layanan seluler dan konvergensi,” katanya.

Strategi tersebut antara lain, penyediaan infrastruktur BTS di berbagai wilayah di Indonesia yang hingga saat ini mencapai lebih dari 160.000 BTS, pembangunan lebih dari 160.000 km jaringan fiber optik.

Kemudian, penggelaran layanan jaringan 5G di berbagai area di Indonesia, saat ini total layanan 5G XL di 80 area. Selanjutnya, mendukung pemerintah untuk penyediaan jaringan di lebih dari 1.300 desa 3T.

“Serta di segmen FTTH XL Axiata telah memiliki 1,5 juta homepassdan menargetkan menambah 5 juta homepass dalam 5 tahun ke depan,” lanjut Dian.

Selanjutnya, XL Axiata juga terus memperluas upaya mendorong adopsi teknologi digital di masyarakat. Antara lain melalui aplikasi, mobile convergence XL Satu, program solusi untuk UMKM, hingga program pemberdayaan masyarakat.

“Program-program yang kami lakukan tersebut merupakan wujud kesiapan dan komitmen kami di PT XL Axiata untuk mendukung pemerintah mewujudkan negara kita sebagai digital nation,” pungkas Dian.

Commerce Director Lintasarta Fitrah Muhammad mengatakan Lintasarta melihat ada tiga fokus yang bisa dikontribusikan untuk mewujudkan kerangka dalam digital roadmap Indonesia, yakni dari sisi infrastruktur, adopsi teknologi dan taleta digital.

“Kami yakin dengan berbagai industri yang berkembang, Lintasarta dapat mengambil andil membentuk masa depan RI dengan membangun dan memberdayakan ekosistem teknologi dan membantu usaha-usaha di Indonesia melayani pelannggannya dengan teknologi terkini,” lanjutnya.

Sedangkan Chief Technology Officer Huawei Mohamad Rosidi percaya perjalanan Indonesia menuju pusat digital di Asia tergantung pada tiga faktor utama. Yaitu, sinergi para pemangku kepentingan digital, infrastruktur jaringan yang berkembang pesan dan inklusif, serta rencana strategik TIK itu sendiri. 

“Rencana strategis di bidang tekologi informatika dan komunikasi, juga berperan penting dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai pusat digital. Dengan mempriortaskan literasi digital, riset and development, serta keamanan langkah-langkah siber, Indonesia terus membangun landasan yang kuat untuk digital masa depan.  Yang terakhir, dan mungkin ini yang paling penting. Indonesia tidak hanya memiliki visi transformasi digital namun juga transformasi ramah lingkungan. Indonesia bertujuan untuk mencapai net zero emisson di tahun 2060, komitmen yang sangat baik dan untuk membangun Indonesia yang lebih digital, terhubung sepenuhnya, dan hijau,” katanya.

Pendiri Indonesia Digital Society Forum (IDSF) Muhammad Awaluddin mengatakan kehadiran infrasturktur digital yang andal akan memberikan banyak manfaat ke sektor lainnya, seperti transportasi.

Menurut Awaluddin, dengan mengintegrasikan moda transportasi dan memanfaatkan teknologi cerdas di dalamnya akan bisa memastikan penciptaan sistem yang interoperabel dan kita bisa membuka pintu menuju masa depan transportasi yang lebih efisien efektif dan berkelanjutan.

“Mari kita bersama-sama berkontribusi pada satu revolusi dan transformasi yang positif dalam konteks transformasi digital di Indonesia dan sekaligus dalam aspek yang lebih mengedepankan bagaimana membuat sistem transportasi yang lebih baik, efektif efisien menuju pencapaian Indonesia Emas di tahun 2045,” pungkas Awaluddin.

Indosat Hadirkan Web Series Kalau Jodoh Takkan Kemana Season 2

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menghadirkan konten serial atau web series berjudul ‘Kalau Jodoh Takkan Kemana (KJTK)’ Season 2. Tayangan yang digarap bersama Ernest Prakasa dan Imajinari production house ini dapat ditonton lewat kanal YouTube Indosat mulai tanggal 6 Desember 2023. 

Serialini terdiri dari delapan episode dan diracik oleh sutradara muda berbakat, Naya Anindita yang memberikan sentuhan berbeda di Season 2. Pengalamannya sebagai sutradara di berbagai film panjang dan web series selama sepuluh tahun terakhir, membuat Season 2 mengedepankan kualitas seni visual dan narasi. Tiap episodenya hadir dengan cerita yang segar dan menghibur dengan alur cerita yang secara sengaja dikemas untuk membuat penonton penasaran. 

Steve Saerang, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Konten serial Kalau Jodoh Takkan Kemana Season 2 kami hadirkan kembali karena tingginya animo penonton. Di season pertama, konten serial ini telah ditonton oleh lebih dari dua juta penonton. Konten serial ini merupakan bentuk dukungan Indosat Ooredoo Hutchison terhadap industri kreatif Tanah Air khususnya dunia perfilman, serta komitmen untuk menyediakan layanan konten digital kelas dunia bagi seluruh pelanggan. Kisah yang disajikan dalam konten serial KJKTK Season 2 ini juga menggambarkan nilai-nilai, budaya, dan lingkungan kerja di Indosat yang progresif, inklusif, serta dinamis. Harapannya, konten serial ini dapat mempertegas posisi Indosat sebagai salah satu digital trendsetter di industri.”

Penayangan sitkom web series ‘Kalau Jodoh Takkan Kemana (KJTK)’ Season 2 ini diharapkan dapat merangkul segmen penonton yang lebih luas.SerialKJTK Season 2 bertujuan sebagai medium omnichannel dari Indosat dalam mempromosikan serangkaian program terbaru ataupun yang sedang berjalan kepada masyarakat luas melalui saluran yang mudah dipahami secara masif.

Menduduki kursi Executive Producer, Manajemen Indosat turut memberikan ide dan masukan dalam penyusunan cerita agar visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan bisa disajikan dalam sebuah karya audio visual yang diapresiasi penonton. 

Ernest Prakasa selaku Produser sekaligus pemilik Imajinari Production House yang menaungi dari KJTK Season 1 menyampaikan kegembiraannya, “Saya berterima kasih kepada Indosat Ooredoo Hutchison, atas kepercayaan dan dukungannya hingga kami sampai di produksi KJTK Season 2 ini. Dalam rangka perayaan ulang tahun Indosat yang ke-56 tahun, kami melakukan inovasi dengan mengubah KJTK dari komedi romantis menjadi sitkom. Dengan perubahan ini, kami ingin menghadirkan kolaborasi yang unik dan menghibur antara Indosat dan Imajinari. Kami berharap penonton menikmati format baru ini.”

Meneruskan keseruan di season pertama, KJTK Season 2 mengisahkan kehidupan percintaan dan tantangan Satha di posisi barunya. Di balik jabatan serta tugas di kantor yang semakin menyenangkan, ada tanggung jawab bisnis yang membuat Satha sulit untuk mengatur waktu dengan Trio.

Penonton juga diperkenalkan dengan beberapa karakter baru di dunia Satha, seperti pacar Bams bernama Miza yang penyayang sekaligus pencemburu, dan Rasya sebagai staf Satha yang pendiam karena malu memiliki aksen bahasa yang mencolok, tetapi sering mengoceh ketika dia marah, serta Stevie, anak magang yang sering muncul dengan ide-ide out of box.

Selain menampilkan karakter lama dari Season 1 seperti Trio (Chicco Kurniawan), Satha (Nadine Alexandra), Bams (Ge Pamungkas), Mail (Yono Bakrie), Laras (Leyla Aderina), dan Dre (Lukas Octavianus), beberapa karakter baru akan diperkenalkan di Season 2.

Deretan pemain yang sudah dikenal lainnya seperti Valen Rewah, Boah Sartika, Desy Genoveva, dan Kezia Aletheia akan menambah keseruan. Jangan lewatkan tawa dan romansa dari KJTK Season 2 di saluran resmi YouTube Indosat Ooredoo Hutchison dan ikuti seluruh akun resmi media sosial Indosat lainnya.

Sharp Boyong AQUOS R8s Series ke Indonesia, Cek Harganya!

tabloidpulsa.id – Tren membuat konten poto maupun video di kalangan anak muda, melatarbelakangi banyak produsen smartphone meluncurkan ponsel cerdas yang dibenamkan fitur kamera canggih. Tidak terkecuali Sharp, produsen elektronik asal Jepang ini pun meluncurkan flagship ponsel terbaru yang memenuhi ekspektasi pengguna akan sebuah ponsel cerdas yang memiliki kemampuan fotografi sekelas kamera mirrorless dan kinerja yang tangguh.

Sukses mencuri perhatian pasar Jepang, Sharp boyong AQUOS R8s series ke pasar Indonesia di penghujung tahun 2023. “Smartphone AQUOS R8s Pro & AQUOS R8s yang kami bawa ke Indonesia tidak memiliki perbedaan sama sekali, baik dari spesifikasi dan fitur maupun desain dengan produk di Jepang. Kami memboyong produk ini ke Indonesia karena kami melihat tingginya minat penduduk Indonesia terhadap dunia fotografi dan videografi”, ungkap Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.

Menggunakan sistem operasi android terbaru, yaitu android 13 atau yang dikenal dengan kode android Tiramisu.  SHARP AQUOS R8s series memiliki beragam kelebihan, seperti :

Tampilan Prima

Pada ponsel AQUOS R8s Prodibenamkan layar Pro IGZO OLED 6,6 inci dengan resolusi 2.730 x 1.260 piksel. Layar R8s Pro mendukung kecepatan refresh variabel mulai dari 1 Hz hingga 240 Hz yang mengesankan. Ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2, AQUOS R8s pro memiliki memori LPDDR5X 12 GB dan penyimpanan UFS 4.0 256 GB. Sedangkan pada R8s mengusung layar Pro IGZO OLED 6,4 inci, dengan resolusi 2.340 x 1.080 piksel dan mendukung kecepatan refresh variabel 1 Hz hingga 240 Hz.

Make it Pro dalam Fotografi dan Videografi

Tangkap dan abadikan berbagai objek foto dan video untuk hasil yang sempurna dengan menggunakan Sharp AQUOS R8s Series. Kamera utama AQUOS R8s Pro memiliki resolusi 47 MP (f/1.9), dengan depth sensor resolusi 1,9 MP.  Dibekali Sensor kamera 1 inch AQUOS R8s Pro dapat menangkap gradasi warna, cahaya, lebih sedikit distorsi dan gambar yang lebih nyata.  Sedangkan pada R8s dibekali kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 13 MP. Selain itu Sharp AQUOS R8s Pro dibenamkan sensor spectrum 14ch saluran yang dapat mendeteksi lebih dari 600 sumber cahaya yang berbeda, sehingga mengabadikan di dalam pencahayaan yang minim hasil foto akan tertangkap lebih terang.

Performa Sempurna

Dapur pacu dari Sharp AQUOS R8s series menggunakan CPU berkinerja tinggi Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform serta dibekali memori penyimpanan berkapasitas 256 GB. variant AQUOS R8s Pro didukung dengan RAM 12GB sedangkan variant AQUOS R8s didukung dengan RAM 8GB, sehingga bermain game, browsing internet, nonton video atau hal produktif lainnya dapat dilakukan secara bersamaan sepuasnya namun tetap nyaman bagi pengguna. Sharp AQUOS R8s series bersertifikat IP68 waterproof yang anti terhadap debu dan air, bahkan dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit.  Agar kenyamanan tidak terganggu saat bermain games, AQUOS R8s Pro terpasang baterai 5.000 mAh. sedangkan pada AQUOS R8s terpasang baterai 4.570 mAh.

New Heat Radiation Design

Kedua ponsel ini dilengkapi dengan cincin kamera terbuat dari material logam yang dapat menyerap dan mengantarkan panas sehingga pengguna dapat 3 kali lebih lama bermain game ataupun 2X  lebih lama menggunakan kamera untuk menangkap gambar ataupun merekam objek bila dibandingkan dengan smartphone lain.

Aksesoris

Membidik taburan cahaya bintang, gemerlap kota Jakarta pada malam hari ataupun pesta kembang api saat perayaan tahun baru nanti akan lebih sempurna dengan lensa filter tambahan pada Sharp AQUOS R8s Pro, yang dilengkapi dengan multi layer – coating filter yang mampu menghasilkan gambar cahaya lebih berkilau.  Aksesoris ini bisa didapatkan secara terpisah dari paket utama smartphone.

Ketersediaan

Sharp AQUOS R8s Series akan mulai tersedia dipasar Indonesia pada tanggal 12 Desember 2023. Tersedia dengan  satu pilihan warna hitam, AQUOS R8s Pro dibanderol harga IDR 15.999.000 sedangkan untuk Sharp AQUOS R8s tersedia dua pilihan yaitu warna biru dan krem dilempar kepasasaran dengan harga IDR 12.999.000.

Pembelian secara pre- order dapat dilakukan mulai tanggal 6 Des – 12 Desember 2023. Selama masa pre-order Sharp Indonesia memberikan penawaran menarik berupa :

Setiap pembelian Sharp AQUOS R8s Pro di Erafone ataupun toko resmi akan mendapatkan voucher Traveloka senilai IDR 3.000.000 ditambah voucher gopay senilai IDR 1.000.000 dan mendapatkan clear case dan filter lensa untuk 100 pembeli pertama sedangkan pembelian melalui Cocoro life atau e-commerce lain akan mendapatkan voucher Traveloka senilai Rp 3.000.000 dan voucher Gopay senilai IDR 500.000 dan cashback senilai IDR 500.000

Setiap pembelian Sharp AQUOS R8s di Erafone ataupun toko resmi akan mendapatkan voucher Traveloka senilai IDR 2.000.000 ditambah dengan voucher Gopay senilai IDR 500.0000 sedangkan pembelian melalui Cocoro life atau  Ecommerce lain akan mendapatkan voucher gopay senilai IDR 300.000 dan cashback sejumlah IDR 200.000.  

Shigeru Kobayashi selaku President of Mobile Communication Business Unit, Sharp Corporation, mengatakan, “Kami berharap ponsel cerdas Sharp dapat menjawab kebutuhan akan sebuah smartphone yang memiliki performa tinggi, fitur cerdas dan kualitas Jepang yang terkenal kokoh dan tahan lama”, tutupnya.

Universal Gestures, Fitur Aksesibilitas Intuitif di Galaxy Watch

Galaxy Watch4

tabloidpulsa.id – Dalam rangka merayakan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati pada 3 Desember, Samsung mengajak konsumen untuk melihat peran teknologi dalam mendorong dunia yang lebih inklusif. Di sini, Samsung memberi sorotan spesial pada Universal Gestures, fitur aksesibilitas inovatif di Galaxy Watch, dalam memperkuat komitmennya untuk menghadirkan pengalaman yang konsisten bagi tiap pengguna Samsung Galaxy. Universal Gesture, yang dirilis sebagai bagian dari pembaruan One UI 5 Watch, telah dirancang untuk memberdayakan pengguna lewat pengalaman penggunaan perangkat yang intuitif dan bebas sentuhan cukup dengan gerakan sederhana.

Universal Gestures menawarkan alternatif yang berharga bagi pengguna dalam melakukan interaksi yang diperlukan untuk mengoperasikan perangkat tanpa perlu menekan tombol. Dengan empat gerakan yang distingtif– Make Fist, Make Fist Twice, Pinch, serta Double Pinch –pengguna bisa menavigasikan Galaxy Watch dengan cara terbaik yang paling sesuai dengan preferensinya.

Cara Mengaktifkan Universal Gestures

Untuk mengaktifkan Universal Gestures di Galaxy Watch, ikuti langkah mudah berikut ini:

Begitu fitur Universal Gestures aktif, Galaxy Watch akan memberi sinyal lewat munculnya visual warna di tepi layar, yang bisa kamu customize sesuai selera. Dari situ, pengguna bisa pakai fitur yang intuitif ini dengan pengalaman yang terpersonalisasi dan mudah diakses.

Make Fist untuk Membuka Action Menu dan Memilih Elemen

Pada fitur Universal Gestures, gerakan Make Fist atau mengepalkan tangan mampu menyederhanakan proses memilih dan membuka elemen-elemen di dalam Galaxy Watch.

Gerakan Make Fist Twice akan membuka menu Action yang menawarkan rangkaian pilihan navigasi perangkat yang praktis. Menu tersebut tak ubahnya kolase dari semua kebutuhan utama akan pemakaian perangkat yang tersedia kapan pun dibutuhkan, jadi pengguna bisa buka menu aplikasi, buka layar sebelumnya, hingga buka aplikasi dengan lebih mudah. Menu Action ini juga dinamis karena bisa menyesuaikan pilihan navigasi yang ditawarkan sesuai tampilan layar yang sedang dibuka saat pengguna mengaktifkan menu Action. Lalu, untuk memilih elemen yang diinginkan, cukup kepalkan tangan dua kali.

Gerakan Pinch untuk Menavigasikan Perangkat

Gerakan Pinch atau mencubit dan Double Pinch atau mencubit dua kali pada Galaxy Watch menawarkan cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan smartwatch tersebut tanpa menyentuhnya, yang tentunya sangat berguna bagi yang memiliki keterbatasan mobilitas. Dengan kedua gerakan tersebut, pengguna bisa menavigasi perangkat dari satu elemen ke elemen lainnya atau kembali ke tampilan layar sebelumnya.

Mulai dari melihat pesan, menelusuri kalender, hingga menjelajahi galeri, semua bisa dilakukan cukup dengan gerakan mencubit dan mencubit dua kali

Samsung memahami bahwa aksesibilitas hadir untuk menghilangkan hambatan bagi tiap orang dalam melakukan berbagai hal dengan pengalaman yang seamless. Karenanya, Universal Gestures menawarkan kontrol yang intuitif bagi pengguna terhadap Galaxy Watch miliknya. Misal, pengguna Samsung Galaxy dapat mengubah fungsi dari keempat gerakan yang dijelaskan sebelumnya dengan mudah, jadi mereka bisa melakukan personalisasi perangkat lebih jauh untuk memenuhi kebutuhannya dengan lebih baik.

Fitur Kontrol Penting Lainnya di Galaxy Watch

Fitur Gestures di Galaxy Watch, yang ada di bagian advanced features di menu pengaturan, merupakan fitur unggulan lainnya yang menawarkan kenyamanan dan kepraktisan lebih untuk melakukan berbagai pengoperasian perangkat, mulai dari menjawab panggilan, mengabaikan peringatan, hingga membuka aplikasi, yang semuanya dapat dilakukan dengan gerakan tangan dan lengan yang sederhana.

Editor's Pick