Home NEWS Begini Milestone Pengembangan Bertahap 5G Telkomsel

Begini Milestone Pengembangan Bertahap 5G Telkomsel

Pengembangan 5G Telkomsel
Pengembangan 5G Telkomsel

TabloidPulsa.id – Dimulai dengan berganti logo, Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler memiliki trifecta digital yang terdiri dari Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services. Trifecta digital tersebut akan selalu hadir dalam memperkuat ekosistem digital Telkomsel yang komprehensif, terintegrasi, dan inklusif. Tidak hanya itu, ragam inovasi produk dan layanan yang customer-centric, pengembangan jaringan berteknologi terkini yang berkelanjutan, serta kolaborasi yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan ditujukan untuk memaksimalkan potensi di segala aspek kehidupan.

Peluncuran Telkomsel 5G pada 26 Mei 2021 selain menegaskan posisinya sebagai operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia. Melalui peluncuran ini Telkomsel memastikan layanan 5G sudah dapat digunakan secara komersial di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan. Direktur Utama Telkomsel saat itu, Setyanto Hantoro mengatakan, “Hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel, namun juga menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal. Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di Tanah Air akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital.”

Baca Juga:  Telkomsel Hadirkan 5G Experience Center di Peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0

Pada 7 Juni 2021, Telkomsel melanjutkan kehadiran 5G dengan meluncurkan layanan di lima kota lainnya yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar. Keberlanjutan perluasan layanan Telkomsel 5G secara bertahap dan terukur ini sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital. Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

Untuk kota Batam, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Batam Center. Sedangkan di kota Makassar, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pettarani Makassar. Kemudian untuk kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya. Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G tersedia di GraPARI Renon Bali. Masyarakat juga kini dapat mengunjungi GraPARI tersebut untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital terkini seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access). Bersamaan dengan peluncuran layanan 5G serentak di lima kota ini, Telkomsel juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Schneider Electric untuk memperkuat kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan Industri 4.0 dengan melaksanakan 5G trial joint collaboration melalui berbagai program.

Baca Juga:  Telkomsel Kembali Dukung MotoGP 2023 Mandalika

Telkomsel terus mengakselerasi pembangunan dan pengembangan ekosistem 5G di Indonesia. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan menghadirkan jaringan 5G melalui layanan Telkomsel Orbit (21 September 2021) yang memiliki keunggulan dalam penyediaan pengalaman internet rumahan bagi seluruh lapisan masyarakat. Langkah progresif ini menjadi bagian dari kelanjutan peta jalan perluasan jangkauan layanan Telkomsel 5G yang dilakukan secara bertahap dan terukur di Indonesia. Ini juga berguna untuk memperkuat kapabilitas ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Untuk lebih memastikan akselerasi pengalaman digital 5G, Telkomsel menggelar jaringan 5G di Papua dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Selama PON tersebut, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Stadion Lucas Enembe, Papua.

Baca Juga:  Telkomsel Sukses Kawal Kenyamanan Pelanggan Selama NARU

Ke depannya, Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru yang mampu mentransformasi kehidupan dan mengimplementasikan keunggulan jaringan 5G. Tujuannya untuk lebih mendorong pertumbuhan digital connectivity, digital platform, dan digital services di Indonesia serta pengembangan solusi teknologi masa depan seperti artificial intelligence, cloud computing, dan Internet of Things.

5G dari Telkomsel juga akan mengubah cara masyarakat belajar, bekerja, berbelanja, menikmati hiburan digital, hingga mengakses layanan kesehatan berbasis teknologi menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain, melalui solusi yang dapat memungkinkan cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi. membuat produktivitas yang lebih tinggi dan inovasi yang lebih besar.

Previous articleTips Memotret Produk dengan Ponsel ala Gentanala x OPPO A95
Next articleKompak Utamakan Kenyamanan, Ini Dia Kesamaan OPPO A95 dan Sekat
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here