tabloidpulsa.id – Untuk menyokong produk dalam negeri dan UMKM sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI),Blibli akan memperluas kurasi produk lokal dengan menjangkau lebih banyak daerah.
Salah satu langkah awal yang dilakukan oleh Blibli adalah dengan meluncurkan laman khusus #BeliKreatifDanauToba.
Andreas A Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli mengatakan, “Sepanjang tahun lalu, Blibli menjalankan berbagai inisiatif untuk membantu para pelaku UMKM agar terus bergerak dan bangkit melalui platform digital, sebagai bentuk dukungan nyata kami terhadap program Gernas BBI. Hadirnya kurasi produk di #BeliKreatifDanauToba ini merupakan usaha kami untuk terus mengangkat kekayaan Indonesia dan UMKM lokal agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas.”
Laman khusus #BeliKreatifDanauToba merupakan bentuk dukungan Blibli terhadap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang memperkenalkan kampanye bertajuk sama pada 20 Februari 2021, sebagai turunan dari program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).
Laman khusus ini pun akan menampilkanlebih dari 700 ragam produk asal Sumatera Utara, mulai dari kriya, kuliner seperti kopi, makanan khas daerah, hingga pakaian dan aksesoris. Pelanggan dapat mengakses laman khusus #BeliKreatifDanauToba pada tautan sebagai berikut: Blibli.com/BanggaBuatanIndonesia
Sektor UMKM berperan besar dalam mendorong pemulihan perekonomian nasional di masa pandemi. E-commerce membuka peluang bagi UMKM dalam hal mengakselerasi transformasi digital mereka. Dengan mengadopsi platform teknologi, termasuk e-commerce, UMKM dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah dan lebih luas, sehingga bisnisnya pun bisa berkembang walau di tengah pandemi.
Andreas menambahkan, Blibli pada kesempatan Gernas BBI #BeliKreatifDanauToba juga merangkul para seller yang menjual produk khas Sumatera Utara meskipun tidak berdomisili di wilayah tersebut.
“Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM lokal dengan mengembangkan seller di banyak daerah untuk memperluas pasar. Dengan ekosistem dan fasilitas yang kami miliki, seperti adanya warehouse Blibli di 20 kota besar termasuk di Jabodetabek dan Medan, harapannya Blibli bisa membantu pemerintah dalam mencapai target 30 juta unit UMKM untuk masuk ke platformdigital hingga tahun 2023,” lanjut Andreas.
Hingga saat ini, terdapat lebih dari 75.000 pelaku UMKM yang telah bergabung di Blibli dan menjadi seller di kategori Galeri Indonesia. Melalui program #KarenaLokalNo1 yang diluncurkan tahun lalu, Blibli menghadirkan berbagai kegiatan untuk pengembangan dan pemberdayaan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.