Home GADGET ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402), Standar Baru Laptop Ultra-Portable Modern

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402), Standar Baru Laptop Ultra-Portable Modern

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)

tabloidpulsa.id – ASUS resmi memperkenalkan Zenbook 14 OLED (UM3402), laptop ultra-portable terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Tidak hanya itu, laptop ini juga telah berevolusi dan kini tampil dengan desain yang lebih ringkas, ringan, serta berkelas dibandingkan dengan pendahulunya. Ia merupakan standar baru untuk laptop ultra-portable modern.

“Zenbook merupakan laptop yang dirancang untuk menjadi perangkat yang sempurna, tidak terkecuali Zenbook 14 OLED (UM3402),” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. “Selain tampil lebih ringan, ringkas, dan powerful, Zenbook 14 OLED (UM3402) kali ini juga memiliki desain baru yang sangat berkelas. Ini adalah standar baru untuk laptop ultra-portable modern.”

Desain Baru yang Lebih Berkelas

Zenbook 14 OLED (UM3402) kini hadir dengan desain baru yang tetap menggunakan konsep khas Zenbook yaitu elegan, modern, dan tak lekang waktu yang dibalut oleh warna Jade Black yang elegan. Bagian belakang layarnya kini hadir dengan logo monogram “A” yang pertama kali diperkenalkan di Zenbook edisi 30th Anniversary. Logo tersebut diukir secara presisi pada bodi laptop yang berbahan aluminium yang sangat ringan namun tetap tangguh. Sementara desain yang telah lama menjadi ciri khas Zenbook, yaitu Spun Metal Finish, dapat ditemukan di bagian engsel laptop ini.

Laptop ini tidak hanya tampil elegan dan mewah, tetapi juga dibekali fitur-fitur yang dapat mempermudah penggunanya seperti 180° ErgoLift Hinge. Fitur tersebut membantu pengguna untuk dapat mengetik dengan lebih nyaman. Sementara fitur lain seperti NumberPad 2.0 bisa membantu pengguna untuk melakukan input angka secara lebih cepat, dan sensor pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power membuat proses login menjadi lebih cepat dan mudah.

Laptop ini juga merupakan perangkat yang andal untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti halnya online conference call atau video call. Teknologi 3DNR pada kamera di Zenbook 14 OLED (UM3402) memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat melakukan video conference dalam kondisi yang minim cahaya dengan noise yang minim. Ditambah dengan teknologi ASUS AI Noise-Cancelling, pengguna Zenbook 14 OLED (UM3402) tidak perlu khawatir dengan suara bising di sekitarnya saat melakukan online conference call.

ASUS juga memperkenalkan teknologi ErgoSense Keyboard yang hadir untuk membuat pengalaman mengetik di Zenbook 14 OLED (UXM402) menjadi sempurna. ErgoSense Keyboard menggabungkan desain keyboard full-size dengan key pitch 19,05mm dan key travel sejauh 1,4mm sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik layaknya menggunakan keyboard PC desktop dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang tinggi. ErgoSense Keyboard juga ditemani dengan touchpad yang dilapisi oleh lapisan hydrophobic yang membuat permukaannya memiliki sentuhan yang lebih halus dan memudahkan pengguna untuk menggunakan berbagai gesture.

ASUS OLED Manjakan Pengguna

Sebagai produsen laptop dengan layar OLED nomor satu di dunia, ASUS berkomitmen menghadirkan teknologi layar ASUS OLED ke seluruh jajaran Zenbook di tahun 2022 ini. Layar ASUS OLED di laptop ini sendiri menggunakan resolusi 2,8K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Ditambah lagi rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Ringkas dengan Performa Andal

Zenbook 14 OLED (UM3402) didesain sebagai laptop ultra-portable yang sempurna dan mudah serta nyaman untuk dibawa bepergian. Hal tersebut dibuktikan langsung melalui bobotnya yang hanya 1,39Kg serta memiliki ketebalan hanya 16,9mm. Meski sangat ringkas dan ringan, Zenbook 14 OLED (UM3402) tetap tampil dengan port yang lengkap. Port yang ada di laptop ini terdiri dari USB 3.2 Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, serta sebuah SD card reader. Di samping itu, Zenbook 14 OLED (UM3402) juga dibekali dengan dua port USB 3.2 Type-C yang mendukung fitur DisplayPort serta power delivery sehingga penggunanya tidak lagi membutuhkan dongle.

Selain konektivitas melalui port, Zenbook 14 OLED (UM3402) juga dibekali dengan konektivitas nirkabel berteknologi terbaru, salah satunya adalah WiFi 6E yang memungkinkan laptop ini untuk terhubung ke jaringan WiFi 6GHz yang lebih kencang. Selain itu, Zenbook 14 OLED (UM3402) tetap dibekali dengan Bluetooth 5 yang dapat mempermudah penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat mulai dari mouse hingga headphone nirkabel.

Meski ringkas, laptop ini tetap mampu tampil dengan performa komputasi yang dapat diandalkan. Ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AMD Ryzen™ 5 5625U yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 8 thread serta dibekali chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ Graphics, Zenbook 14 OLED (UM3402) dipastikan dapat memenuhi kebutuhan penggunanya sebagai mesin penunjang produktivitas sehari-hari yang sangat portabel. Tidak hanya itu, berkat efisiensi daya prosesor yang digunakan serta dukungan baterai 75Wh, laptop ini mampu bertahan hingga lebih dari 9 jam penggunaan berdasarkan uji baterai menggunakan PCMark 10 Battery Benchmark pada mode Modern Office.


Main Spec.
Zenbook 14 OLED (UM3402)
CPUAMD Ryzen™ 5 5625U Mobile Processor (6-core/12-thread, 16MB cache, up to 4.3 GHz max boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory8GB LPDDR5
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 550nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
GraphicsAMD Radeon™ Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
ConnectivityWi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
CameraUp to 1080p FHD camera
AudioSmart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified
Battery75Wh, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimension31.36 x 22.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight1.39 Kg
ColorsJade Black
PriceRp15.299.000
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Previous articlePengguna Soundcore Life P2 Mini Tembus 20 Juta Lebih
Next articleColorOS Punya Sistem Keamanan Data dan Privasi Tingkat Tinggi
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here