Home NEWS Adu Fitur: OPPO A54 Adalah Penerus A31, Inilah Perbedaanya!

Adu Fitur: OPPO A54 Adalah Penerus A31, Inilah Perbedaanya!

oppo a54 vs a31

tabloidpulsa.id – Kita sepakat bahwa OPPO A54 merupakan produk OPPO A series yang berhasil menawarkan “wajah baru” untuk kelas OPPO Segmen harga terjangkau. Sebelumnya kami menyebutkan bahwa OPPO A54 merupakan pembaharu A53, tidak salah sih, karena memang A54 hadir lebih fresh. Tapi kalau dilihat dari spek yang dibawa, A54 lebih dekat ke OPPO A31 yang dirilis setahun sebelumnya.

Saat ini OPPO A31 memang sudah tidak lagi dijual secara resmi oleh OPPO. Wajar karena produk ini dirilis sudah setahun yang lalu, dan sudah digantikan dengan produk-produk A series OPPO generasi terbaru. Tapi kalau Anda cari di e-commerce kisaran harganya ada di 2,4 sampai 2,9 Juta Rupiah. Masih cukup tinggi tapi sekali lagi ini bukan harga resmi yang disarankan OPPO Indonesia.

Seharusnya sih harga OPPO A31 ada di angka Rp 2.599.000. Jadi hanya terpaut seratus ribu rupiah dari harga resmi OPPO A54.

OPPO A54

Desain Lebih Glowing dan Penempatan Sensor Sidik Jari

Sebelum membahas sejumlah perbedaan di sisi “jeroan”, kita akan bahas perubahannya di sisi tampilan. OPPO A54 memiliki desain yang lebih up to date. Menawarkan teknik pewarnaan yang menarik, dengan gradasi dan finishing yang glowing karena ada lapisan kaca. Berbeda dengan OPPO A31 yang saat itu didesain dengan gradasi dua warna tanpa efek glossy.

OPPO A54 tersedia dalam dua warna Crystal Black dan Starry Blue, sementara OPPO A31 juga tersedia dalam dua warna yakni Mystery Black dan Fantasy White.

Baca Juga:  OPPO A58 varian RAM 8GB Resmi Hadir di Indonesia

Perbedaan berikutnya ada pada tata letak sensor sidik jari. Di mana OPPO A31 meletakkannya di bagian belakang atau back cover, sementara OPPO A54 menggesernya ke bagian samping, atau tombol power.

Memberikan efek yang cukup signifikan pada pengurangan suhu. Menjadikan kita lebih nyaman saat berlama-lama dengan ponsel. Juga pada ketebalan ponsel yang tetap terjaga di angka 8mm-an saja. Tidak jauh berbeda dari A31, tapi ingat A54 membawa baterai berkapasitas lebih besar loh. Akan kita bahas nanti.

Selain pada bagian back cover, perubahan juga terjadi di bagian depan. Terutama pada penggunaan layar punch Hole di A54 vs poni super kecil di A31, atau biasa disebut dengan Waterdrop. 

Menggunakan desain kekinian, kamera selfie OPPO A54 disematkan dalam desain lubang di bagian kiri atas layar. Sehingga tidak mengurangi area pandang dari layar yang dibawa. Nyaman untuk bermain game, juga maksimal untuk menonton film bioskop yang ditampilkan dalam bentang rasio yang lebar.

Masih di sisi desain, satu perubah lain yang bisa kita temukan adalah penggunaan port data/daya. Di mana OPPO A54 sudah menggunakan jenis USB Type C, alias standar terkini, sementara OPPO A31 masih menggunakan standar lawas berupa MicroUSB.

OPPO A31

Panel Layar Lebih Up to Date

Dari sisi resolusi, kepadatan gambar, aspek rasio bahkan ukuran layar, kedua ponsel ini membawa spesifikasi yang setara. Sama-sama HD+ 720 x 1600 pixel, sama-sama 6.5 inci, dengan A54 lebih besar 0,01 inci (6,51 inci), sama-sama menggunakan panel IPS, tapi.. dengan teknologi yang berbeda.

Baca Juga:  30 Tahun di Industri, Hytera Kembali Luncurkan Produk DMR

OPPO A31 masih menggunakan panel layar IPS tradisional. Tidak ada yang salah dengan itu, hanya saja A54 sudah mengupdatenya dengan teknologi LTPS atau Low Temperature Polysilicon, dimana subtrat utama panel layar terbuat dari bahan silikon polycrystaline.

Dengan perubahan dari substrat silikon amorphus di generasi lama menjadi silikon polycrystaline ini, maka terjadi kepadatan pixel yang besar namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dengan rentang suhu yang terkontrol.

Sistem Operasi yang Lebih Efisien

OPPO A54 hadir bukan dengan ColorOS paling baru. Yakni membawa ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10. Tapi ini keputusan yang tepat mengingat dari sisi hardware OPPO A54 juga tidak terlalu powerful. Bahkan jika dibandingkan dengan OPPO A31 yang masih menggunakan ColorOS 6.12 berbasis Android 9, maka A54 masih bisa dibilang tidak ketinggalan.

Kenyataannya, saat tulisan ini dibuat, masih banyak juga kok ponsel menengah ke atas hingga flagship yang masih menggunakan OS custom yang setara dengan Android 10. Dan menariknya, tetap mendapatkan update security patch Google terbaru.

Kamera yang Ditingkatkan

Sejatinya OPPO A54 dan A31 sama-sama membawa konfigurasi 3 kamera utama. Dan satu kamera selfie di bagian depan. Namun dengan kekuatan resolusi yang berbeda, tentu saja.

OPPO A31 membawa konfigurasi 3 kamera yang terdiri dari 1 kamera 12MP dengan bukaan f/1.8, ditemani dengan 2 kamera 2MP dengan bukaan f/2.4, yang masing-masing mempunyai tugas sebagai kamera Macro dan depth.

Tidak berbeda jauh, OPPO A54 hanya mengubah lensa utamanya saja, dengan membawa kamera 13MP dengan bukaan f/2.2 dan ditemani dengan dua kamera 2MP f/2.4 untuk kebutuhan Makro dan Depth.

Baca Juga:  Bermain-Main dengan Dual Orbit Light di Reno8 Z 5G

Sementara itu, untuk kamera selfie, perubahannya cukup signifikan. Jika dibandingkan dengan OPPO A31 yang membawa kamera selfi 8MP, maka OPPO A54 menyediakan kamera 16MP di depan dengan bukaan f/2.0.

Baterai Lebih Besar, Pengisian Daya Ditingkatkan

OPPO A31 membawa baterai berkapasitas 4230 mAh. Dengan sistem pengisian daya 5V2A alias 10W. Sementara OPPO A54 membawa baterai 5000 mAh dengan pengisian daya standar fast charging awal di 9V2A alias 18W.

Meskipun tidak bisa secara pasti apakah yang satu bisa mengisi daya lebih cepat dari yang lain, karena perbedaan kapasitas tersebut, yang pasti keduanya telah dilengkapi dengan perlindungan suhu agar aman saat diisi daya dalam keadaan sambil tidur.

PERSAMAAN DAN KESIMPULAN

Selain sejumlah perbedaan di atas, OPPO A31 dan OPPO A54 memiliki persamaan. Terutama di sisi SoC yang dibawa, juga dengan besaran RAM dan ROM yang disediakan.

Kedua ponsel ini sama-sama menggunakan Chipset besutan Mediatek Helio P35 yang membawa CPU octacore dengan konfigurasi 4×2.3 GHz Cortex-A53 dan 4×1.8 GHz Cortex A-53. Dengan GPU yang tentu saja sama, yakni PowerVR GE8320.

Namun dengan ColorOS yang lebih baru, maka efisiensi daya, serta performa dan semua kemampuan chipset ini sudah bisa dirasakan lebih optimal di OPPO A54. 

Selamat berbelanja, selamat berlibur dan jangan sampai tertukar ya!

 OPPO A31OPPO A54
   
SOCMEDIATEK HELIO P35MEDIATEK HELIO P35
LAYAR6.5 INCI6.51 INCI
TIPE LAYARIPS LCDIPS LCD LTPS
REFRESH RATE60HZ60HZ
JENIS LAYARWATERDROPPUNCH HOLE
PROTEKSIGORILLA GLASS 3GORILLA GLASS 3
RAM4GB4GB
ROM128GB128GB
EXP MAX (MICROSD)256GB256GB
SIM CARDTRIPLE SLOTTRIPLE SLOT
SENSOR SIDIK JARIDI BELAKANGDI SAMPING
NFCTIDAK ADATIDAK ADA
JACK AUDIO 3.5 MMADAADA
KAMERA DEPAN8MP16MP
KAMERA BELAKANG12MP + 2MP + 2MP13MP + 2MP + 2MP
BATERAI4230 MAH5000 MAH
PENGISIAN DAYA10W18W
TIPE CHARGERMICROUSBUSB TYPE C
WARNAMYSTERY BLACK, FANTASY WHITECRYSTAL BLACK, STARRY BLUE
SISTEM OPERASICOLOROS 6.12 (ANDROID 9)COLOROS 7.2 (ANDROID 10)
UPDATE COLOROS 11NO INFONO INFO
Previous articleOASE Horizon W1 Bisa Cek Suhu Tubuh dengan Sekali Swipe
Next articleJenius Luncurkan Program Month of Women
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here