Home REKOMENDASI 7 Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Baru dari Zenius

7 Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Baru dari Zenius

Rekomendasi Buku

tabloidpulsa.id – Ketika menjadi mahasiswa baru, biasanya Anda perlu mendalami suatu hal atau materi dengan lebih mendalam.

Apakah cara belajar Anda selama SMA sudah cukup efektif untuk diterapkan di kuliah? Atau apakah memang hal tersebut adalah sesuatu yang masih bisa ditingkatkan? 

Membaca buku bisa menjadi salah satu cara agar Anda bisa memiliki pemahaman yang utuh dan mendalam tentang suatu hal.

Termasuk untuk mengevaluasi bagaimana cara Anda belajar. 

Founder dan CEO Zenius Sabda PS mengatakan, “Membaca adalah salah satu cara agar siswa memiliki pemahaman yang utuh dan mendalam tentang suatu hal. Dengan membaca buku, siswa juga bisa mendapatkan perspektif baru yang akan memperkaya pola pikir mereka.” 

Untuk para mahasiswa baru, Zenius punya tujuh rekomendasi buku agar Anda bisa melewati masa-masa awal kuliah dengan lebih baik.

Topik bukunya beragam, mulai dari miskonsepsi tentang belajar, cara efektif untuk belajar, membangun kebiasaan, hingga cara time management yang efektif. 

Berikut rekomendasi buku dari Zenius untuk para mahasiswa baru: 

Baca Juga:  PULSA AWARDS Mid Year 2022 | Layanan Purna Jual Terbaik

1. Make it Stick – Peter C. Brown 

Buku ini akan memberikan Anda best practice dalam meningkatkan efektifitas belajar yang sudah terbukti secara psikologis, Anda juga akan mengerti cara otak menyerap dan menyimpan sebuah informasi, dan mendapatkan insight jika kecerdasan bukan takdir, tapi sesuatu yang dapat dilatih. Intinya, buku ini akan membuat Anda belajar dengan lebih mudah. 

2. A Mind for Numbers – Barbara Oakley

Cocok untuk Anda yang mau masuk jurusan yang memiliki banyak materi matematika dan sains. Buku ini akan mengajarkan kita bagaimana belajar matematika dan sains secara efektif. Bertentangan dengan kepercayaan banyak orang, buku ini memberikan pandangan jika matematika dan sains juga membutuhkan kreativitas dan pemikiran analitik. 

3. Learning How to Learn – Barbara Oakley

Dengan buku ini, kalian bisa belajar gimana cara belajar. Ya, buku ini akan membicarakan miskonsepsi dalam belajar, dan memberikan solusi belajar yang efektif. Buku ini bagus banget untuk dibaca sebelum kuliah karena bisa memperbaiki cara belajar kita agar lebih efektif, efisien, dan maksimal.  

Baca Juga:  Say with Xiaomi, Hadirkan Produk Unggulan di Hari Kasih Sayang

4. Deep Work – Cal Newport 

Buku ini cocok banget buat Anda yang baru belajar 15 menit tapi udah ngga tahan mau cek hape terus. Buku ini akan memperkenalkan konsep deep work. Konsep deep work ini akan membantu Anda untuk fokus pada apa yang Anda kerjakan atau pelajari dalam waktu tertentu. Ini akan membantu Anda untuk bisa berlatih fokus dalam mengerjakan sesuatu, termasuk belajar. 

5. Building a Second Brain – Tiago Forte

Di era informasi seperti saat ini, sayang banget jika otak Anda digunakan terlalu banyak untuk menyimpan informasi. Buku ini akan mengajarkan Anda bagaimana menggunakan otak lebih banyak untuk berpikir, daripada hanya digunakan untuk menyimpan informasi. Intinya, buku ini akan mengajarkan Anda gimana cara membuat catatan di otak yang efektif agar hal tersebut bisa menjadi otak kedua Anda. Penasaran kan gimana caranya? 

Baca Juga:  Rekomendasi Tools Menulis Skrip Film untuk Pemula: Pilihan yang Mudah dan Efektif

6. Atomic Habits – James Clear 

Banyak yang bilang jika hal-hal kecil yang dilakukan terus menerus akan jadi hal yang besar dan luar biasa. Dengan buku ini, Anda akan bisa mengubah kebiasan buruk Anda dan menjadikannya kebiasaan baik, yang meskipun hal-hal kecil, itu akan tetap efektif untuk meraih tujuan-tujuan Anda. 

7. How to Become a Straight-A student – Cal Newport

Ambisius atau bukan, kunci terpenting di dunia perkuliahan adalah study smarter, bukan study harder. Buku ini akan mengajarkan Anda untuk melakukan time management yang baik, mencatat materi kuliah secara efektif, latihan materi pelajaran dengan lebih maksimal, dll. 

Nah, itu dia tujuh rekomendasi buku dari Zenius yang pastinya wajib banget masuk ke must-read list Anda!

Buku-buku tersebut akan menambah wawasan dan membantu Anda belajar untuk belajar yang baik.

So, buku yang mana nih yang mau Anda baca duluan? Happy reading!

Previous articleSeagate FireCuda 540 PCIe Gen5 NVMe SSD Kini Tersedia di Indonesia
Next articleJ&T Express Buru Penerima Paket Mobil Listrik di Sarinah
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here