Home NEWS Tips Temani Anak Belajar dengan Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wifi

Tips Temani Anak Belajar dengan Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wifi

Tips temani anak belajar samsung galaxy tab

tabloidpulsa.id – Menemani anak-anak belajar ternyata tidak selalu mudah, bahkan dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Pertama, tugas sekolah anak saat ini, sungguh berbeda dari masa sekolah orang tua di masa lalu. Tak jarang, kreativitas orang tua perlu dimaksimalkan untuk menyelesaikan tugas sekolah anak. Kemudian, orang tua juga perlu menyisihkan waktu khusus, di samping mengurus rumah tangga atau bekerja. Dan dengan karakter serta motivasi belajar anak yang beragam, orang tua perlu menjaga kesabaran dan mengelola emosi dengan tepat, agar suasana belajar tidak menimbulkan ‘drama’ tapi tetap kondusif dan menyenangkan.

Salah satu solusinya adalah memanfaatkan perangkat teknologi seperti tablet. Baru-baru ini, Samsung memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi yang cocok digunakan oleh anak maupun dipakai bersama dengan orang tua. Orang tua bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang dimiliki oleh Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi untuk mengelola kegiatan mendampingi anak belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan dan produktif.

“Samsung menghadirkan tablet sejutaan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi dengan berbagai keunggulan untuk mendukung edukasi anak dan memudahkan orang tua, mulai dari layar 8,7 inci untuk membantu anak mencari informasi yang dibutuhkan untuk melengkapi PR mereka, baterai besar 5100mAh dan EyeComfort Shield yang membuat tablet ini nyaman digunakan lebih lama, juga kapasitas storage yang bisa diperluas hingga 1TB untuk menyimpan berbagai file sekolah. Tablet ini juga dilengkapi parental control untuk membatasi penggunaan gadget supaya anak punya cukup waktu untuk istirahat yang penting bagi perkembangan mereka,” kata Annisa Maulina, MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi agar parents dapat menemani anak belajar dengan menyenangkan dan bebas drama:

Baca Juga:  Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang SheHacks 2021

Fasilitasi rasa ingin tahu anak

Saat belajar, kadang anak akan mengajukan banyak sekali pertanyaan. Orang tua tak perlu merasa terbebani atau malah merasa terganggu dengan berbagai pertanyaan mereka. Ini adalah tanda anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu itu penting karena akan membantu mereka belajar dan memecahkan masalah.

Orang tua perlu meladeni pertanyaan anak dengan sabar sebab dengan begitu mereka tidak merasa diabaikan. Berusahalah menjawab setiap pertanyaan. Jika tidak memahami jawaban dari pertanyaan anak, orang tua bisa memanfaatkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi untuk browsing mencari jawabannya bersama-sama.

Orang tua juga bisa mengarahkan dan mendampingi anak mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka sehingga terlatih berpikir kreatif. Dampingi mereka mencari berbagai informasi yang mereka butuhkan dengan menggunakan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Tablet ini dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah dengan cepat. Layar 8,7 incinya yang luas juga nyaman digunakan untuk browsing tapi tetap portabel. 

Informasi-informasi ditemukan bisa disimpan di Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi untuk referensi mendatang, baik dalam bentuk teks, foto, maupun video. Tak usah takut kehabisan tempat penyimpanan, tablet ini sudah dilengkapi memori internal 32GB yang bisa diperluas hingga 1TB dengan kartu memori eksternal. 

Hadirkan suasana belajar yang lebih interaktif

Anak-anak yang lebih besar, seperti yang sudah duduk di kelas 4-6 SD, biasanya mereka mulai memilih untuk belajar mandiri. Tapi belajar mandiri kadang bisa berlangsung monoton dan membosankan, sehingga tanpa pengawasan dan pendampingan orang tua mereka lekas bosan atau terdistraksi.

Baca Juga:  PT Denka Pratama Indonesia Luncurkan 3 Mikrofon Saramonic

Di sinilah orang tua bisa membuat suasana belajar yang lebih interaktif. Saat belajar IPA misalnya, ketimbang hanya membaca dan menghafal buku pelajaran, dampingi anak browsing tutorial eksperimen sains di Internet atau di YouTube, lalu dampingi mereka melakukan eksperimennya.

Dengan layar yang luas 8,7 inci, aktivitas browsing dan menonton tutorial juga terasa nyaman. Layar ini sudah dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Shield berteknologi blue light filter sehingga mata anak tetap nyaman dan terlindungi meski menggunakan tablet ini lebih lama.

Untuk mengaktifkan Eye Comfort Shield, tarik turun panel Quick Setting >> tap ikon Eye Comfort untuk mengaktifkan. Cahaya layar akan langsung berubah menjadi lebih lembut di mata.

Belajar sambil mengembangkan talenta diri

Orang tua juga dapat mengatasi kebosanan belajar anak sembari mengasah minat, hobi, atau talenta mereka. Contohnya, bagi anak suka atau berbakat menggambar, saat belajar SBDP (Seni Budaya dan Prakarya), ajak anak menggambar dengan meniru gambar yang diambil dari internet dan ditampilkan di layar Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi, sementara anak bisa menggambar di sketchbook atau buku gambar mereka. Di sini anak bisa belajar mengenai bentuk, warna, dan aspek artistik.

Anak tertarik belajar memasak? Ajak mereka memasak bersama dengan menonton tutorial memasak dari chef terkenal. Saat memasak, orang tua bisa mengenalkan berbagai bahan dan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang terkait dengan pelajaran food science.

Mengajak anak belajar di luar ruangan juga metode belajar yang menarik, sekalian berganti suasana. Di luar ruangan anak bisa belajar biologi sambil berkebun di halaman belakang atau sambil berkunjung ke kebun binatang. Sambil mendiskusikan mengenai berbagai macam makhluk hidup, Anda dan anak bisa mencari berbagai informasi tambahan melalui Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi.

Baca Juga:  TECNO Raih TOP 10 Global Brands Smartphone di CES 2023

Tak usah khawatir kehabisan baterai saat berkegiatan di luar ruangan, sebab tablet ini didukung baterai berkapasitas besar 5100mAh yang mendukung aktivitas lebih lama. Bila baterai sudah lowbatt, 15W Adaptive Fast Charging  akan membuat pengisian ulang baterai menjadi lebih cepat.

Berikan anak waktu untuk bermain dan istirahat 

Jangan forsir anak untuk terus belajar, karena mereka juga membutuhkan waktu untuk relaksasi dan memulihkan pikirannya. Agar anak dan orang tua sama-sama tercapai tujuannya, ajak anak untuk menyelesaikan satu tugas atau aktivitas, kemudian berikan reward yang disukai, seperti screen time untuk bermain game atau menikmati channel favorit mereka di YouTube dengan menggunakan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Tablet ini juga memiliki aplikasi Samsung Kids yang berisi aneka konten interaktif yang menyenangkan.

Batasi durasi screen time dengan menggunakan fitur parental controls yang ada di Samsung Kids. Pada fitur ini, orang tua dapat memberikan waktu screen time yang sama untuk setiap hari, maupun mengatur waktu spesifik untuk masing-masing harinya, misalnya ekstra 1 jam di akhir pekan. Jangan lupa bimbing anak untuk istirahat atau tidur siang agar energi mereka dapat pulih dan mood mereka tetap positif.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi #MakinManTAB untuk membantu mendampingi anak saat belajar, telah tersedia pada harga Rp1.999.000 dalam warna Gray yang elegan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: https://www.samsung.com/id/tablets/galaxy-tab-a/galaxy-tab-a7-lite-gray-32gb-sm-t220nzaaxid/.

Previous articleOfero Kenalkan 3 Produk Sepeda Listrik Modis dan Terjangkau
Next articleLaporan IDC: OPPO Kuasai Pasar Smartphone Indonesia di 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here