Home NEWS Teknologi di Balik Kamera 50 MP OPPO A77s

Teknologi di Balik Kamera 50 MP OPPO A77s

OPPO A77s 50 MP

tabloidpulsa.id – Seiring berkembangnya teknologi kamera pada ponsel, kini kemampuan mendapatkan hasil foto berukuran besar, bahkan mencapai resolusi 50 MP dan 108 MP bisa diraih oleh ponsel dengan harga terjangkau sekalipun. Dan fitur ini yang menjadi highlight pada perangkat OPPO A77s, perangkat OPPO kelas A series yang menawarkan banyak hal, mulai dari desain, hingga kamera mumpuni yang mampu menghasilkan gambar dalam resolusi tinggi.

Lalu apa untungnya jika kita memperoleh foto dengan resolusi tinggi? Selain tidak akan pecah ketika dicetak ke kertas foto untuk dipajang di rumah atau pintu kulkas, dengan ukuran resolusi yang tinggi, maka kita akan mendapatkan fleksibilitas ketika melakukan editing foto.

Ketika kita memotong bagian tertentu atau cropping di salah satu titik, maka hasilnya akan tetap besar. Setidaknya lebih besar daripada ketika kita melakukan hal sama kepada foto dengan resolusi normalnya. Dalam hal ini di OPPO A77s adalah 12.5 MP.  Dengan semakin besar ukuran resolusi foto, maka gambar akan semakin detail, padat dan ketika digunakan di pencahayaan yang optimal dapat berfungsi sebagai fitur zoom, karena tidak banyak mengurangi kualitas ketika gambar diperbesar.

Baca Juga:  Review OPPO Reno8 Pro 5G | Tak Hanya Andalkan MariSilicon X

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa teknologi kamera pada ponsel atau smartphone tidak sebaik kamera DSLR ataupun kamera pocket yang ditujukan hanya untuk mengambil gambar. Selain ukuran sensor yang harus menyesuaikan dengan fungsi ponsel secara keseluruhan, ada juga faktor biaya produksi dan hal-hal yang bersifat kemudahan pengoperasian serta perawatan.

Untuk itu, pabrikan ponsel terus mencari cara untuk bisa menghadirkan foto berkualitas tinggi, setidaknya setara kamera biasa. Melalui 3 jalan Ninja yang terdiri dari pemilihan sensor kamera (hardware), penggunaan software, dan memanfaatkan ISP dari chipset yang tepat (efisiensi kinerja prosesor), kamera ponsel diharapkan mampu menghasilkan gambar dengan kualitas mendekati kamera biasa.

Berdasarkan penyelidikan kami, OPPO A77s memilih sensor kamera besutan Samsung, yakni Isocell JN1. Merupakan sensor yang baru dikenalkan tahun lalu, berukuran kecil dan ringkas, 1/2.76 inci dengan ukuran pixel di 0.64 mikron. Sensor ini dikenal mampu meningkatkan penyerapan cahaya hingga 16 persen lebih baik sehingga kamera ponsel yang menggunakan sensor ini akan menghasilkan foto lowlight yang apik.

Baca Juga:  OPPO A57 Siap Hadir di Indonesia, Seri A dengan Desain Paling Stylish

Sensor ini sendiri memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto 50 MP. Melalui teknologi tetrapixel, di mana tiap empat pixel berukuran 0.64 mikron digabungkan menjadi satu pixel besar berukuran 1.28 mikron. Maka tidak heran jika hasil foto normal OPPO A77s ini akan berukuran 12.5 MP. Dan dengan teknologi yang sama akan mampu menghasilkan foto berukuran 50 MP.

Di sisi lain, selama ini OPPO dikenal dengan pendekatan multi-shot untuk mendapatkan foto-foto yang apik. Teknologi ini biasa digunakan kamera ponsel OPPO lawas untuk mendapatkan efek HDR yang sesuai. Teknik ini merupakan teknik pengambilan gambar untuk menghasilkan banyak foto dan digabungkan dalam satu gambar yang memadukan gambar-gambar tersebut.

Sekadar informasi, HDR adalah teknik untuk menghasilkan banyak foto dengan metering berbeda, kemudian di tingkat akhir software melakukan finalisasi dengan algoritma khusus untuk membuat gambar dengan kualitas dan eksposur yang lebih baik.

Objek yang diambil pada kondisi redup akan mendapatkan pencahayaan yang baik di hasil fotonya. Namun teknik foto HDR akan melakukan pengambilan gambar sedikit lebih lama dari biasanya karena kamera akan mengambil banyak gambar dengan sedikit noise.

Baca Juga:  Pabrik OPPO di Indonesia Buktikan Kekuatan Find N2 Flip

Teknik HDR ini akan mengurangi noise dan bila diterapkan dengan pemotretan multi eksposur tentunya akan menghasilkan banyak foto dalam satu gambar.

Teknologi Multi-Shot juga bisa diterapkan untuk meningkatkan piksel. Satu bidikan menghasilkan banyak foto, piksel membuat penyimpangan, kemudian sintesis perangkat lunak akan memproses gambar tersebut. Hal ini membuat kualitas gambar 50 MP akan meningkat menjadi 108 MP. Maksudnya dibanding piksel aslinya, kualitas gambar akan memiliki piksel yang lebih baik dan lebih besar.

Jadi, Oppo A77s tidak bisa disebut menggunakan metode interpolasi sederhana. Karena kalau hanya melakukan proses interpolasi saja, peningkatan 50 MP menjadi 108 megapiksel hanya akan menghasilkan detail yang sangat kasar. Untuk itu upaya secara software melalui pendekatan multishot dan pendekatan algoritma secara AI ini akan menghasilkan foto yang bebas noise dengan lebih baik lagi.

Intinya OPPO A77s mewujudkan teknologi peningkatan kualitas piksel ini didukung dengan kinerja prosesor, perangkat keras dan perangkat lunak secara bersamaan.

Previous articleLayanan Mobile Center Tri Kini Hadir di Facebook
Next articlePJI dan AWS Menggelar Girls’ Tech Day di Indonesia
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here