Home GADGET Sony Rilis 3 Lensa E-Mount APS-C Wide-Angle Terbaru

Sony Rilis 3 Lensa E-Mount APS-C Wide-Angle Terbaru

Lensa E-Mount terbaru Sony

tabloidpulsa.id Sony semakin memperluas jajaran lensanya menjadi total 70 lensa E-Mount dengan memperkenalkan lensa power zoom G E PZ 10-20mm F4 G (model SELP1020G), lensa G serbaguna E 15mm F1.4 G (model SEL15F14G), serta memperkenalkan ultra-wide prime E 11mm F1.8 (model SEL11F18).

Lensa E-Mount baru pertama, E PZ 10-20mm F4 G adalah lensa power zoom F4 APS-C konstan dengan ultra-wide angle teringan dan terkecil di dunia yang memiliki focal length 10-20mm pada APS-C atau 15-30mm dalam focal length setara 35mm. Pencitraan Lensa G yang luar biasa, performa autofokus (AF) yang sempurna, dan power zoom serbaguna digabungkan dalam lensa zoom ringkas yang panjangnya tetap konstan di seluruh rentang zoom, serta menawarkan visual yang lebih ekspresif dan pengoperasian yang disempurnakan untuk video maupun foto. Oleh karenanya, lensa ini sangat cocok untuk dokumentasi perjalanan, lanskap, dan acara; karena keserbagunaannya.

E 15mm F1.4 G, setara full-frame 35mm: 22,5 mm, menghadirkan bokeh F1.4 yang indah dan resolusi Lensa G yang luar biasa dalam lensa APS-C serbaguna dengan potensi kreatif yang luas. Lensa prime yang ringkas dan ringan ini menghadirkan pencitraan dinamis, AF dan kontrol yang luar biasa, serta baik digunakan untuk video dan foto dengan pengoperasian tinggi. Lensa ini cocok untuk para kreator kreatif dalam memproduksi hasil sinematik dengan bokeh yang Indah.

Dengan aperture yang besar, APS-C prime ultra-wide, E 11mm F1.8, setara dengan 35mm full-frame: 16,5mm, menghadirkan resolusi corner-to-corner yang luar biasa, bokeh indah, dan AF cepat dan andal untuk ekspresi dramatis serta selfie yang memukau dengan latar belakang yang luas. Lensa ini ringkas dan ringan, sehingga cocok bagi vlogger untuk merekam video di mana pun.

Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Ketiga lensa terbaru ini sangatlah fantastis secara individual. Pengalaman bertahun-tahun dan pengetahuan desain lensa yang ekstensif telah digabungkan dalam E PZ 10-20mm F4 G untuk menghasilkan lensa G power zoom luar biasa yang menghadirkan performa dan pengoperasian yang luar biasa. Dengan bokeh indah dan kemampuan autofokus yang luar biasa, E 15mm F1.4 G benar-benar memberikan hasil yang luar biasa bagi para kreator foto dan video sekaligus menjadi lensa yang ringkas dan ringan untuk penanganan yang mudah. E 11mm F1.8 juga memberikan resolusi gambar tinggi dan ringan untuk dibawa kemana-mana, sehingga sempurna untuk vlogging.”

E PZ 10-20mm F4 G

Lensa Terkecil dan Teringan di Dunia1 untuk Mobilitas dan Penanganan Tiada Banding

E PZ 10-20mm F4 G 20% lebih ringan dari seri pendahulunya (SEL1018), menjadikannya sebagai lensa terkecil dan teringan dalam kelasnya dengan total berat hanya 178 gram, bahkan dengan power zoom. Terlebih lagi, lensa ini menggunakan mekanisme zoom dan fokus internal, yang membuat panjang lensa tidak berubah saat melakukan zoom atau pemfokusan. Lensa ini merupakan pilihan yang tepat untuk pembuatan video menggunakan gimbal berkat pergeseran yang minimal pada pusat gravitasi lensa.

Kualitas Gambar Luar Biasa dan Perspektif Dinamis yang Hanya Dapat Diberikan oleh Zoom Ultra-Wide-Angle

E PZ 10-20mm F4 G memberikan sudut pandang yang sangat lebar dengan rentang zoom 10-20mm dan dirancang untuk menghadirkan kinerja optik yang sangat baik secara konsisten dari tengah hingga ke sudut pada setiap gambar di semua pengaturan zoom. Tiga elemen aspherical diposisikan secara ideal untuk menekan kelengkungan bidang dan astigmatisme, yang keduanya merupakan masalah umum pada lensa ultra-wide-angle. Susunan optik juga mencakup dua elemen kaca ED (Extra-low Dispersion) yang secara efektif meredam aberasi kromatik. Elemen aspherical ED berkontribusi lebih lanjut pada resolusi tinggi hingga ke tepi gambar. Selain itu, karena aperture maksimum dari lensa ini adalah F4 yang konstan dalam semua pengaturan fokus, lensa ini dapat mempertahankan kualitas gambar yang stabil saat merekam video dan menghasilkan shutter speed yang dapat diatur saat senja atau di dalam ruangan di mana cahaya menjadi terbatas.

Lingkar aperture dan spherical aberration dirancang dengan cermat, bekerja sama untuk menghasilkan bokeh Lensa G yang tampak alami sehingga dapat berkontribusi pada gambar yang mengesankan. Jarak autofokus minimum adalah 0,2 meter dengan perbesaran maksimum 0,14x, sedangkan jarak fokus manual minimum adalah 0,13 ~ 0,17 meter dengan perbesaran maksimum 0,18x.

Ekspresi dan Kontrol yang Disempurnakan untuk Video

E PZ 10-20mm F4 G menghadirkan sistem power zoom elektronik baru untuk memastikan kontrol langsung, responsif, dan kecepatan zoom yang dapat disesuaikan. Lebih lagi, rotasi zoom ring yang paling halus pun dapat terdeteksi dengan tepat dan segera dikonversi ke pengoperasian zoom yang tepat. Pengguna dapat memiliki jumlah kontrol yang besar dalam berbagai skenario pengambilan gambar dengan tuas zoom. Power zoom meminimalisir guncangan kamera sehingga mengambil gambar seorang diri dapat tetap menghasilkan gambar yang halus dan stabil, serta tombol dapat digunakan pada bodi yang kompatibel untuk kontrol zoom yang nyaman. Hal ini selalu mempertahankan keseimbangan dan menjadikannya pilihan tepat untuk vlogging yang stabil serta pembuatan video menggunakan gimbal.

Manfaat Performa AF Canggih untuk Foto dan Video

Dengan performa AF menakjubkan yang memberikan kebebasan yang belum pernah ada sebelumnya bagi para kreator foto dan video, lensa ini menggunakan dua motor linear untuk focus drive, menghasilkan AF yang cepat dan senyap. Selain itu, lensa ini memiliki mekanisme fokus internal, sehingga menjaga panjang lensa agar tetap konstan selama pemfokusan.

AF yang cepat dan andal dapat melacak subjek dengan mulus saat merekam video dengan frame-rate yang tinggi, serta dengan andal mengikuti subjek yang bergerak cepat saat merekam gambar secara terus-menerus dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat mengurangi focus breathing dan meminimalisir variasi sudut pandang untuk gambar video yang halus dan stabil.

Mobilitas, Pengoperasian, dan Keandalan untuk segala Situasi

Lensa power zoom E PZ 10-20mm F4 G yang ringkas didesain untuk memaksimalkan kontrol dan keserbagunaan untuk video dan foto dengan focus ring, zoom ring dan tuas zoom. Tombol focus hold yang dapat disesuaikan dan tombol mode fokus telah digabungkan dengan hati-hati agar mudah beradaptasi dalam perubahan kondisi pengambilan gambar.

Pengguna dapat memasang filter screw-on 62mm, seperti filter variable ND, untuk kontrol yang lebih kreatif. Kemudian, lensa ini telah dirancang agar tahan terhadap debu dan kelembapan untuk memberikan keandalan ekstra saat penggunaan di luar ruangan.

E 15mm F1.4 G

Resolusi Lensa G dan Bokeh yang Indah

Lensa E 15mm F1.4 G memiliki tampilan lebar 15 mm, setara full-frame 35mm: 22,5mm, dengan resolusi Lensa G yang mengesankan. Tiga elemen aspherical dalam desain optik canggih secara efektif mengompensasi distorsi dan menghasilkan resolusi corner-to-corner yang sangat baik, meskipun lensa memiliki tampilan lebar 15 mm. Kemudian, penambahan satu elemen kaca ED (Extra-low Dispersion) dan satu elemen kaca Super ED menekan aberasi kromatik.

Aperture maksimum F1.4 yang besar, spherical aberration yang dikontrol dengan tepat, dan mekanisme lingkar aperture memudahkan untuk menghasilkan latar belakang bokeh yang halus untuk efek artistik. Latar belakang dapat diburamkan sehingga subjek terlihat jelas, atau untuk menciptakan bola bokeh yang indah dalam pemandangan dengan cahaya redup.

Dengan jarak pemfokusan minimum 0,17 meter dan perbesaran maksimum 0,15x saat fokus manual digunakan, close-up yang mengesankan dapat dicapai baik untuk foto maupun video.

Ringkas dan Ringan untuk Mobilitas Luar Biasa

Penggunaan elemen aspherical dan desain yang efektif, aperture besar serta resolusi tinggi telah dicapai dalam lensa ringan seberat 219 gram yang dimana memiliki diameter hanya 66,6mm serta panjang 69,5mm. Sudut yang lebar, dimensi yang ringkas, serta ringan membuatnya ideal untuk pengambilan gambar langit berbintang, lanskap, arsitektur, dan di dalam ruangan.

Terlebih lagi, lensa ini menggunakan mekanisme fokus internal yang membuat panjang lensa tidak berubah saat melakukan fokus, sehingga meningkatkan keseimbangan dan penanganan secara keseluruhan. Panjang lensa yang tidak berubah serta pusat gravitasi yang stabil menjadikan lensa ini pilihan yang cocok untuk digunakan dengan gimbal.

Performa AF yang Memaksimalkan Potensi Kecepatan Bodi secara Penuh

AF serta pelacakan yang cepat, tepat, dan senyap untuk foto dan video dicapai dengan dua motor linear canggih. Hal ini memaksimalkan potensi kecepatan dari bodi kamera yang digunakan untuk mempertahankan fokus yang akurat, bahkan pada subjek yang bergerak.

E 15mm F1.4 G menggunakan teknologi lensa terbaru Sony untuk mengurangi focus breathing, meminimalisir variasi angle-of-view untuk gambar video yang halus dan stabil. Hal ini juga mendukung fungsi breathing compensation yang tersedia dalam bodi seri α yang kompatibel, meminimalkan breathing yang dapat menghalangi pengeditan pasca pengambilan gambar.

Kontrol Terbaik dan Keandalan untuk Foto dan Video

Linear Response MF memastikan bahwa focus ring merespons secara langsung dan linier terhadap kontrol yang halus saat pemfokusan secara manual. Rotasi focus ring dikonversi langsung ke perubahan fokus yang sesuai, sehingga kontrol terasa langsung dan tepat.

Terlepas dari dimensinya yang ringkas, E 15mm F1.4 G menyertakan aperture ring untuk kontrol langsung dan intuitif dengan tombol klik aperture yang dapat dinyalakan atau dimatikan: ON untuk feedback taktil yang memungkinkan pengguna “merasakan” penghentian, atau OFF untuk kontrol aperture yang halus, terus menerus, dan senyap. Pengaturan OFF memungkinkan kontrol gambar video yang halus dan stabil serta ideal saat memerlukan keheningan.

Tombol focus hold dan focus mode juga tersedia untuk fleksibilitas ekstra. Tombol mode fokus memungkinkan untuk beralih dengan cepat antara AF dan MF sesuai kebutuhan.

Terakhir, E 15mm F1.4 G dirancang dengan ketahanan terhadap debu dan kelembapan yang memberikan keandalan ekstra untuk penggunaan di luar ruangan dalam kondisi yang menantang.

E 11mm F1.8

Resolusi Luar Biasa dan Bokeh yang Indah

Sudut pandang ultra-wide E 11mm F1.8 ideal untuk pengambilan gambar interior dan gambar yang memanfaatkan kedalaman bidang secara ekspresif. Tiga elemen aspherical dan tiga elemen kaca ED (Extra-low Dispersion), mencapai resolusi tinggi secara konsisten dari tengah gambar hingga ke sudut, meskipun lensa memiliki sudut pandang ultra-wide 11 mm, setara full-frame 35mm: 16,5 mm. Lensa aspherical diposisikan secara hati-hati untuk mengimbangi distorsi dan menghasilkan resolusi sudut ke sudut yang sangat baik bahkan dengan aperture terbuka lebar. Penambahan kaca ED semakin menekan aberasi kromatik dan secara efektif mengurangi color fringing yang dapat terjadi di pinggiran gambar.

Aperture maksimum F1.8 yang besar dari lensa ini memudahkan untuk mencapai latar belakang bokeh yang dalam. Pengguna dapat memburamkan latar belakang, sehingga subjek terlihat jelas saat vlogging, atau membuat lingkaran bokeh yang indah dalam pemandangan malam yang sangat lebar. Spherical aberration yang dikontrol dengan tepat dan mekanisme aperture melingkar semakin berkontribusi pada bokeh halus yang dihasilkan oleh lensa unik ini.

Dengan jarak pemfokusan minimum 0,12 meter dan perbesaran maksimum 0,2x, lensa dapat menghasilkan close-up yang mengesankan baik untuk foto maupun video.

Ringkas dan Ringan untuk Pengambilan Gambar di Perjalanan

E 11mm F1.8 membanggakan aperture maksimum F1.8 yang besar dalam lensa yang ringkas dan ringan. Lensa ini memiliki berat 181 g dan hanya berdiameter 66 mm dengan panjang 57,5 mm – sangat cocok untuk bodi format APS-C yang ringkas.

Dioptimalkan untuk Perekaman Video

Dua motor linier canggih menyediakan AF dan pelacakan yang cepat, tepat, serta senyap untuk foto dan video, memaksimalkan potensi kecepatan bodi kamera yang digunakan untuk mempertahankan fokus akurat secara andal bahkan pada subjek yang bergerak.

Teknologi lensa terbaru Sony sangat mengurangi focus breathing dan variasi angle-of-view diminimalkan untuk gambar video yang halus dan stabil. Terlebih lagi, dengan mekanisme fokus internal, panjang lensa tidak berubah saat pemfokusan, sehingga membuatnya lebih mudah untuk bergerak di dekat subjek dan bekerja di ruang terbatas untuk mengembangkan ide kreatif baru.

Sudut pandang ultra-wide 11 mm dari E 11mm F1.8, setara full-frame 35mm: 16,5 mm, membuat vlogging dengan latar belakang lebar lebih mudah dari sebelumnya. Ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan sangat baik untuk mobilitas dan penanganan untuk sesi perekaman sambil berjalan-jalan dengan cukup panjang.

Linear Response MF memastikan bahwa focus ring merespons secara langsung dan linier terhadap kontrol yang halus saat pemfokusan secara manual, sehingga terasa langsung dan tepat.

Kontrol dan Keandalan yang Luar Biasa

Meskipun dimensinya ringkas, lensa ini menawarkan kontrol intuitif yang fleksibel dengan fitur-fitur seperti tombol focus hold dan tombol mode fokus. Fungsi alternatif yang dipilih oleh pengguna dapat ditetapkan ke tombol focus hold dari menu bodi. Desain tahan debu dan kelembapan memberikan keandalan ekstra untuk penggunaan di luar ruangan dalam kondisi yang menantang.

E 11mm F1.8 juga memiliki filter depan, yang merupakan fitur yang jarang dimiliki oleh lensa ultra-wide-angle.

Harga & Ketersediaan Ketiga lensa terbaru Sony akan mulai tersedia di Indonesia pada bulan Juni 2022 dengan harga Rp10.999.000 untuk Lensa E PZ 10-20mm F4 G dan E 15mm F1.4 G. Sedangkan untuk E 11mm F1.8 bisa didapatkan dengan harga Rp7.599.000.

Previous articleKeren! Kamera Microlens OPPO Reno7 Punya Kemampuan Layaknya Mikroskop
Next articleInfinix Hot 12 Resmi Meluncur ke Pasar Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan 
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here