Home SOFTWARE APPS SmartThings Find, Evolusi Pelacakan Perangkat Pintar Milik Samsung di Galaxy S21 Series

SmartThings Find, Evolusi Pelacakan Perangkat Pintar Milik Samsung di Galaxy S21 Series

smartthings find
PR

tabloidpulsa.id – Salah satu fitur keamanan yang dimiliki hampir semua pengembang sistem operasi adalah upaya untuk menemukan posisi terkini perangkat pintar yang terdaftar sebagai miliknya hanya dengan satu aplikasi. iOS punya Find My iPhone, Android punya Find My Device, Huawei EMUI punya Find Device dan kini Samsung memperkenalkan SmartThings Find.

Mengingat betapa pentingnya fitur ini, dan mulai beragamnya produk-produk pintar yang dimiliki oleh produsen ponsel, maka fitur yang semula hanya untuk ponsel ini semakin berkembang. Kali ini fitur-fitur tersebut bisa digunakan untuk melacak semua jenis perangkat yang masuk dalam ekosistem pintar mereka, termasuk TWS, Jam tangan pintar maupun perangkat lain dengan tambahan sensor.

Beralih ke Samsung SmartThings Find, fitur ini diluncurkan pada Oktober 2020 lalu. Menggantikan fitur lawas yang dikenal dengan Find My Mobile, dan pertama kali disematkan pada ponsel-ponsel Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Dengannya, pengguna Galaxy S21 Series dapat menemukan semua perangkat-perangkat Galaxy-nya dengan lebih mudah, tidak terbatas pada pencarian smartphone saja.

“Samsung percaya bahwa inovasi harus dibuat untuk meningkatkan kualitas hidup para pengguna. Oleh karena itu kami senantiasa menghadirkan inovasi yang dapat mendukung keseharian para pengguna setiap perangkat Galaxy. Di Galaxy S21 Series 5G kami menyematkan fitur SmartThings Find yang semakin mempermudah pengguna untuk mencari setiap perangkat Galaxy yang mereka miliki dengan lebih mudah sehingga selalu memiliki peaceful mind dan menghemat waktu mereka setiap saat.” Ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

SmartThings Find dapat diakses untuk para pengguna perangkat Galaxy yang menggunakan Android 8 atau lebih baru. Layanan SmartThings Find memanfaatkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra-wideband (UWB) untuk membantu pengguna untuk melacak perangkat Galaxy, mulai dari smartphone, tablet, smartwatch, dan earbuds pengguna yang hilang.

Dengan menggunakan SmartThings Find, pengguna dapat mencari perangkat Galaxy mereka dengan menggunakan Google map, bahkan ketika perangkat tersebut dalam keadaan offline. Hal ini menjadi mungkin karena pengguna SmartThings dapat membantu pengguna lain untuk menemukan perangkat-perangkat mereka yang hilang dengan aman.

Lebih jauh lagi, ketika perangkat pengguna mati selama lebih dari 30 menit, perangkat akan secara otomatis mengeluarkan sinyal BLE yang dapat diterima oleh perangkat lain. Sehingga apabila pengguna mem-flag perangkat mereka hilang pada SmartThings Finds, pengguna dapat menemukan perangkat mereka dengan bantuan dari perangkat Galaxy lainnya.

Selain dari fitur tersebut, SmartThings Find juga memiliki fitur tambahan yang dapat membuat perangkat Galaxy Anda yang hilang mengeluarkan suara sehingga Anda dapat menemukan perangkat yang hilang dengan lebih cepat. Pengguna cukup mengakses SmartThings Find dan memilih perangkat yang akan dicari, kemudian setelah dekat dengan GPS pada Map, pegguna dapat memilih perangkat untuk berdering, atau menggunakan fitur Search Nearby untuk hasil pencarian yang lebih presisi. 

Hal ini sangat berguna apabila pengguna lupa menaruh perangkat Galaxy S21 Series 5G mereka ketika berada di rumah, sehingga pengguna tidak perlu kehilangan banyak waktu untuk mencari perangkat Samsung Galaxy S21 Series mereka yang terselip di kolong tempat tidur atau di balik sofa. Kali ini, SmartThing Find juga dapat terkoneksi dengan perangkat Galaxy lainnya seperti Smartwatch, Buds dan Smart Tag.

Tips Menggunakan SmartThings Find

1. Pastikan pengguna menggunakan Android 8 atau lebih besar.

2. Cari aplikasi SmartThings Find pada perangkat pengguna dan pilih.

3. Masuk ke akun Samsung Member anda atau daftar ulang.

4. Kemudian SmartThings Find akan secara otomatis menunjukkan setiap perangkat Galaxy yang anda miliki.

5. Pengguna dapat memilih perangkat yang ingin mereka cari.

6. Dan pada interface tersebut anda dapat memilih tombol “navigate” dan SmartThings Find akan secara otomatis menampilkan lokasi perangkat.

7. Pada interface tersebut, pengguna juga dapat memilih tombol “Search Nearby” untuk mengaktifkan fungsi pencarian berbasis AR, atau “Ring” untuk membuat perangkat berdering untuk membantu pengguna menemukan perangkat mereka dengan mudah.

Cukup dengan langkah-langkah mudah tersebut, pengguna dapat mengakses setiap perangkat Galaxy yang dimiliki melalui fitur SmartThings Find. Tidak berhenti disana, anda juga dapat menaruh Galaxy Smart Tag pada benda-benda non-Galaxy seperti kunci, sepeda, dan lain-lain untuk semakin memudahkan anda. 

Melalui fitur SmartThings Find pada Samsung Galaxy S21 Series 5G pengguna, tidak perlu merasa takut ketika kelupaan menaruh perangkat-perangkat kecil seperti Galaxy Buds Pro yang anda miliki. Fitur ini juga semakin mempercepat proses pencarian, sehingga anda dapat memfokuskan waktu anda untuk hal- hal yang anda cintai.

Previous articleBillboard Viral Babang Bayu Berbuah Manis
Next articleHUAWEI Resmi Umumkan Kehadiran Mate X2
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here