Home NEWS Sambut Ramadan, Smartfren Lakukan Perluasan Coverage

Sambut Ramadan, Smartfren Lakukan Perluasan Coverage

Perluasan Coverage Smartfren

tabloidpulsa.id – Smartfren melakukan perluasan coverage dan implementasi sejumlah titik Content Delivery Network (CDN) yang memperkuat kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya. Inisiatif dilakukan untuk memastikan pelanggan selalu menikmati layanan telekomunikasi terbaik dari Smartfren, terutama menjelang momen Ramadan, Idul Fitri 1444H dan mudik lebaran.

Perluasan coverage ini dilakukan di tingkat kabupaten dengan penambahan sejumlah BTS yang berfungsi memperkuat  Adapun dari penambahan tersebut coverage dan kapasitas Smartfren secara nasional meningkat 12,3%. Sedangkan di setiap wilayah operasional Smartfren berhasil meningkatkan 10% di Jawa Barat; 3% di Sumatera Utara; 10% di Sumatera Selatan; 3% di Jabodetabek; 9% di Jawa Tengah; 4% di Jawa Timur; dan 7% di Sulawesi serta Kalimantan.

Baca Juga:  Telkom dan IOH Siap Akselerasikan Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia 

Khusus untuk wilayah Bogor, coverage Smartfren ditargetkan mencapai 95% dari total populasi pada 2023 ini. Perluasan tersebut antara lain dilakukan di sejumlah wilayah seperti Dramaga, Ciampea, Puncak-Ciawi, Megamendung, dan jalur menuju Sukabumi/Cianjur.

Untuk menurunkan latency, yaitu tingkat respon jaringan yang sangat menentukan pengalaman pelanggan saat mengakses berbagai konten dan aplikasi menggunakan internet,  Smarfren berinvestasi di core network dengan membangun CDN yang berfungsi sebagai cache sehingga mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengirim serta menerima data. Adapun CDN tersebut diletakkan di 7 kota di Indonesia yang menjadi titik perlintasan data dari berbagai wilayah, yaitu di Medan, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Makassar.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatkan, “Inisiatif penguatan jaringan ini kami lakukan 100% untuk Indonesia dengan mempertimbangkan perilaku serta kebutuhan digital masyarakat. Lewat optimasi jaringan dan perluasan coverage ini akan semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati jaringan internet Smartfren. Kemudian dengan dukungan CDN yang lebih mutakhir ini pelanggan bisa mendapatkan pengalaman latensi yang lebih baik dan andal, terutama menjelang Ramadan, Idul Fitri 1444H dan momen mudik lebaran.”

Baca Juga:  Indosat Terapkan Kerangka Solusi Ericsson Operations Engine Berbasis AI/ML

Optimasi dan perluasan coverage ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, di berbagai kota serta jalur mobilitas masyarakat yang berada di seluruh Indonesia. Dengan optimasi jaringan yang secara rutin dan terus-menerus dilakukan, pelanggan semakin dimanjakan dengan internet yang semakin lancar.

Selain itu khusus untuk musim momen Idul Fitri 1444H dan mudik lebaran, Smartfren juga menyiagakan tim khusus yang siaga 24 jam memantau serta menangani keluhan pelanggan, 337 unit BTS Mobile dan NOC yang terus memantau kondisi jaringan.

Previous articleTri Luncurkan Ramadan Happy dan Paket Rahmat
Next articleTelkomsel Gandeng Volta, Hadirkan Program Bundling Motor Listrik
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here