Home NEWS Review realme 11 Pro+ 5G Bawa Kamera 200MP & Desain Premium

Review realme 11 Pro+ 5G Bawa Kamera 200MP & Desain Premium

realme 11 pro+ 5G review

tabloidpulsa.id – Tidak butuh waktu lama untuk realme Indonesia membawa seri number terbaru tahun ini yang baru saja diperkenalkan secara global beberapa waktu lalu (realme). Beruntung PULSA mendapat kesempatan mereview produk realme 11 Pro+ 5G yang terlihat cantik ini sehingga dapat memberikan gambaran lebih mendalam pada pembaca akan seperti apa ponsel ini saat dipasarkan secara resmi di Indonesia.

realme 11 Pro+ 5G membawa kamera 200MP dengan kemampuan 4x Lossless Zoom, dan yang menarik bagi kami adalah desainnya yang mencolok. Ponsel ini merupakan hasil karya realme Design Studio bersama dengan Matteo Menotto, seorang designer sekaligus konsultan kreatif di bidang kain dan print asal Milan, Italia.

Harga: Rp 6.899.000 (12+12 GB RAM, 512 GB ROM)
Pilihan Warna: Sunrise Beige, Oasis Green
Paket Penjualan: Smartphone realme 11 Pro+ 5G, Charger adapter dan kabel data USB Type C SUPERVOOC 100W, Silicon case, buku manual, pin ejector, kartu garansi.

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)163.7 x 74.2 x 8.1 mm/ 190 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)realme UI 4.0 berbasis Android 13
Supported storage eksternalNo
Layar inci – Tipe Screen6.7 inci, ~90.5% screen-to-body ratio, 1080 x 2412 pixels, 20:9 ratio; OLED 120Hz
Prosesor/ CPUMediatek Dimensity 7050 5G (6nm); CPU Octa-core (2×2.2 GHz Cortex A78 + 6×2.0 GHz Cortex A55), GPU: Mali-G68 MC4
RAM & Internal Storage12 GB RAM (+12GB) / 512 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
200 MP Main Camera F/1.7
8 MP Depth Camera F/2.2
2 MP F/2.4
Video: 4K@30fps, 1080p@60/30/120/480fps, Gyro EIS

Depan Single: 32MP F/2.5
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 100W
Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak
KELEBIHANKEKURANGAN
Bahan kulit vegan di back cover meningkatkan penampilanTidak ada slot memori tambahan
Dua pilihan warna apik, keduanya memberikan efek menarik bagi kepercayaan diri penggunanyaBahan kulit berpotensi mudah kotor akibat penggunaan lama
Chipset Mid-HighFungsi Zoom kurang efektif untuk menangkap gambar di kondisi cahaya redup
Layar OLED, nyaman bagi mata, enak buat nonton konten berlama-lama dengan refresh rate 120 Hz. 
SuperVOOC 100W 
Kamera 200MP dengan banyak fitur menarik, termasuk street photography dan SuperZOOM 4X yang bisa diandalkan 
 

Kamera 200MP 4x SuperZoom

Banyak hal yang bisa kita bahas di bagian kamera. Mulai dari hardwarenya, fitur khas realme, kemampuan zoom, mode bulan, dan masih banyak lagi yang lain.

Baca Juga:  Alodokter dan FWD Insurance Berikan Kenyamanan Bagi Nasabah

Pelan-pelan kita mulai dengan membahas sensor kamera yang dibawa smartphone ini.

penampang kamera realme 11 pro+

Kamera realme 11 Pro+ 5G menggunakan sensor anyar besutan Samsung, yakni ISOCELL HP3 SuperZoom yang menawarkan kemampuan proses gambar solid hingga besaran 200MP. Dengan ukuran sensor yang besar, yakni 1/1.4 inci dan bukaan f/1.69, teknologi yang dibawa memungkinkannya untuk dapat memberikan hasil gambar yang stabil, detil hingga perbesaran yang tinggi.

Lensa kameranya sendiri terdiri dari 200MP main camera, 8MP kamera ultrawide, dan 2MP kamera makro. Salah satunya menggunakan sensor ISOCELL HP3 yang disebutkan di atas, sementara selebihnya merupakan gabungan IMX355 dan GC02M1.

Masih di sisi hardware, ada teknologi Tetra2pixel di sensor ISOCELL HP3, yang memungkinkan hingga 16 pixel menjadi satu pixel solid sehingga bisa mengkonversi segala jenis ukuran gambar mulai dari 12.5MP, 50MP hingga 200MP tergantung kondisi pencahayaan. Semakin optimal, akan semakin besar tentunya.

Kemampuan fitur 4x SuperZoom di realme 11 Pro+ 5G ini dapat menghasilkan foto zoom 4x jadi 242% lebih tinggi dan detail daripada model 200MP lain di pasaran. Kalaupun tidak membandingkan, hasil Zoom 4x nya memang terlihat solid. Penuh dengan detil dan tidak mengurangi kualitas gambar. Hanya saja, pastikan di cahaya yang optimal ya.

Ini disebabkan oleh makin stabilnya pengambilan gambar. Oleh realme teknologinya disebut SuperOIS. Dibantu oleh Gyroscope dan sensor accelerometer, jadi bukan sepenuhnya merupakan optikal. Tapi tetap dibantu secara hardware, dan terbukti fungsi ini cukup membantu ketika kita melakukan perbesaran gambar, mengambil gambar di shutter speed yang rendah, memotret malam, hingga mengambil video.

Beralih ke bagian software, realme seperti biasa mengandalkan mode street photography yang memungkinkan penggunanya untuk memotret dengan cepat dan hasilnya tidak mengecewakan. Di sisi ini realme sudah menyiapkan mode khusus dengan teknologi Auto-zoom. Di mana saat kita memotret serampangan, lensa akan melakukan zooming otomatis dan menempatkan komposisi obyek di posisi yang lebih estetis.

Selanjutnya dibantu dengan arsitektur Hypershot Imaging 2.0 pemrosesan gambar dapat melalui 4 engine utama, terdiri dari Quickshot Acceleration Engine, Image Engine, Anti-Shake Engine, dan Color Boost Engine.

Mode street photography ini sudah masuk ke versi ke-4. Kali ini realme juga bekerja sama dengan Lonely Planet, perusahaan media yang membahas soal traveling di seluruh dunia, termasuk guidebooks, website dan produk-produk travel dengan dukungan komunitas yang masif sebagai Global Photography Partner.

Kolaborasi ini terlihat melalui beberapa hal unik, semisal filter di street mode (cinematic, crisp, tranquil) dan watermark eksklusif. Seperti pada hasil foto Kami berikut ini.

Baca Juga:  realme 10 Pro Series Resmi Diluncurkan di Tiongkok
superwide (kiri) vs normal 1 X (kanan)
Zoom 2X (kiri bawah) Zoom 4X (kanan bawah)

Selain Street Photography, kamera realme juga menyediakan moon mode, dan handheld starry sky mode yang pertama di smartphone realme, yang memungkinkan kita memotret bulan dan pergerakan bintang tanpa memerlukan tripod. Berkat OIS dan AI yang terintegrasi, maka hal ini bisa menjanjikan di kemudian hari.

Sementara itu untuk kemampuan rekam video, kamera realme 11 Pro+ 5G bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal di 4K dan framerate 30 fps. Untuk merekam video dengan framerate yang lebih tinggi, Anda bisa memanfaatkan resolusi 1080p di 60fps.

Oh iya, kamera depan ponsel ini merupakan kamera 32MP dengan sensor IMX615, dan mampu menangkap gambar dalam sudut pandang 90º. Kita bisa berselfie dengan banyak orang tanpa harus menggunakan mode panorama.

Desain Premium dengan Bahan Kulit Vegan

Upaya ini bukan kali pertama dilakukan oleh realme. Sebelumnya realme pernah memperkenalkan pemilihan bahan yang serupa saat memperkenalkan GT Master Edition, juga dengan kolaborasi bersama desainer fashion. Dan sempat mencoba membawa material unik lainnya di seri GT 2 Pro.

Maka hadirnya tekstur kulit di atas bahan Premium Lychee Vegan Leather dengan visual jahitan 3D menarik yang hadir di realme 11 Pro+ 5G kali ini seakan menggabungkan semangat yang sama, untuk menghadirkan produk anak muda yang mewah, modis, elegan namun tetap smart dan penuh dengan fitur.

Ada dua pilihan warna tersedia, yakni Sunrise Beige yang memadukan warna putih krim dan rajutan benang emas yang membelah dua bagian pada back cover ponsel ini. Juga warna Oasis Green dengan benang berwarna hijau tua yang membentuk jahitan 3D di posisi yang sama. Keduanya mengusung tekstur kulit vegan lychee yang unik. Tidak kesat, namun juga tidak terlalu licin. 

Secara umum, ponsel ini terbilang tipis, khas ponsel-ponsel kekinian. Nyaman ketika digunakan dengan satu tangan dan tidak akan menjadi beban saat diletakkan di saku celana.

Masih di bagian back cover, kita juga akan menemukan sebuah lingkaran besar, yang merupakan tempat bersemayamnya 3 lensa kamera dan satu flashlight. Sedemikian rupa sehingga membentuk kesan menyerupai lensa kamera Pocket, dengan sebuah lingkaran kecil di tengah yang mengelilingi kamera utama dan tulisan 200MP OIS Camera di bagian bawahnya.

Selebihnya ponsel ini membawa tulang bezel bernuansa metalik yang warnanya disesuaikan dengan warna jahitan di back cover. Dengan layar melengkung di kedua tepi untuk mempermudah pengguna ketika berinteraksi dengan layar ponsel.

Layaknya smartphone premium lain, realme 11 Pro+ 5G ini pun sudah tidak menyertakan lubang colokan audio 3.5 mm.

Layar dan UI

realme 11 Pro+ 5G menghadirkan layar OLED curved, yang melengkung di kedua sisi kanan dan kiri. Sama dengan produk generasi sebelumnya, hanya saja sudah lebih ditingkatkan lagi kecerahannya hingga 950 nits. Berkat hadirnya teknologi baru yang memungkinkan Layar bisa diatur hingga 2000 tingkat kecerahan secara otomatis.

Baca Juga:  Rayakan Hari Jadi ke-5, realme Community Gelar Turnamen Esports

Dengan bentukan layar seperti ini membuat bagian depan ponsel terasa lebih lega, dimulai sejak awal membuka layar hingga saat menonton konten ataupun bermain game.

Layar ini berukuran 6.7 inci, memuat resolusi 1080 x 2412 pixel dalam ratio 20:9. Memiliki refresh rate 120Hz dan sampling rate cepat 1260Hz dan sertifikasi HDR 10+ serta 100% P3 Wide Color Range.

Sebuah spesifikasi layar yang akan membuat nyaman penggunanya saat digunakan dalam waktu lama. Terlebih realme 11 Pro+ 5G juga telah mendapatkan sertifikasi Eye Protection dari TÜV Rheinland yang akan menjaga mata kita dari efek flicker dan sinar biru dari layar.

Sementara di sisi software, realme 11 Pro+ 5G membawa realme UI 4.0 berbasis Android 13. Merupakan custom UI yang sama dengan yang dibawa pada produk sebelumnya namun dengan sejumlah peningkatan di sisi efisiensi.

Sejumlah fitur penting dihadirkan oleh UI ini, termasuk fitur adaptive sleep, di mana layar akan tetap aktif ketika mata kita masih tertuju padanya. Dan sebaliknya akan meredup dan mati ketika kita tidak lagi melihat ke arah layar.

Juga sejumlah fitur yang akan membantu kita merekam meeting online dengan lebih baik, integrasi dengan desktop, tampilan AOD yang makin menarik, dan fitur bermanfaat lain.

Chipset dan Memori

Smartphone realme series number anyar ini membawa chipset besutan Mediatek, yakni Dimensity 7050 5G. Chipset kelas mid-high dengan fabrikasi 6nm yang membawa CPU 8 inti, terdiri dari 2 inti Cortex A78 dan 6 inti Cortex A55 dan GPU Mali-G68 MC4.

Chipset ini sangat identik dengan model lain, yakni Dimensity 1080. Dimana 7050 merupakan versi penyempurnanya yang mendukung pengambilan gambar hingga besaran 200MP. Dan video di 4K 30 fps. Ibarat canvas, maka chipset ini membawa ISP yang siap dengan kebutuhan realme untuk mengangkat kemampuan kamera 200MP nya.

Membawa kombinasi memori RAM 12 GB dan ROM 512 GB, smartphone ini berjalan mulus saat menghadapi penggunaan yang cukup ekstrim. Semisal membuka banyak halaman, mengedit video, foto dan bermain game. Bahkan dengan fitur Dynamic RAM, besaran RAM bisa ditingkatkan menjadi total 24 GB. Menjadikan proses multitasking bisa berjalan dengan lebih lancar.

Skor Antutu 9 mencapai angka di atas 500000 dalam kondisi suhu yang optimal. Artinya cukup menjanjikan, melihat banyak fungsi yang dibawa smartphone ini. Terutama kebutuhan menangkap gambar dalam resolusi besar.

Baterai dan Fast Charging

Smartphone realme 11 Pro+ 5G dibekali baterai dengan kapasitas besar, yakni 5000 mAh. Merupakan standar kenyamanan berponsel masa kini. Dengan kapasitas segini, kami merasakan ponsel bisa bertahan cukup lama, bahkan seharian ketika dibawa keluar kota tanpa perlu melakukan pengisian daya.

Dengan kondisi internet berjalan, Instagram dan penggunaan kamera yang cukup intens. Memang tidak sampai untuk menonton video ataupun mendengarkan musik, namun daya tahan segini sudah cukup membantu kami sebagai editor berita.

Kalaupun harus mengisi daya di tengah jalan, kita tidak perlu khawatir. Karena ponsel ini membawa teknologi pengisian daya cepat SUPERVOOC 100W. Daya yang cukup besar, untuk bisa mengisi daya penuh hanya dalam waktu 26 menit saja. Atau kita bisa mengisi hingga 17% dalam waktu 3 menit. 

Kesimpulan

realme 11 Pro+ 5G merupakan produk smartphone anak muda yang berdesain modis, tidak malu-maluin saat dibawa nongkrong dan yang paling penting memiliki kamera yang mampu menghasilkan gambar yang baik dan detail tanpa kehilangan detail.

Anda bisa mencetaknya ke dalam kertas tanpa khawatir akan pecah, apalagi kalau hanya untuk menghiasi timeline sosial media Anda. Dengan 200MP dan 4x Lossless Zoom, smartphone ini cocok digunakan oleh anak muda yang mapan tanpa harus mengorbankan fitur kamera dan performa ponsel yang cukup menawan.

Smartphone realme 11 Pro+ 5G (12GB+12GB* | 512GB) tersedia dalam dua pilihan warna Sunrise Beige dan Oasis Green, akan dijual dengan harga Rp6.899.000 secara online eksklusif di Shopee, Akulaku dan realme.com.

realme 11 Pro Series 5G akan tersedia secara resmi di seluruh Indonesia dengan harga khusus dan promo menarik seperti bundling kuota 50GB post-paid Indosat, realme Buds T100, dan realme Care+ melalui Flash Sale pada 25 Juli 2023*.

Previous articleOlike Luncurkan Horizon W12C Pro, Smartwatch High End Kaum Urban
Next article4 Keunggulan Infinix Hot 30 Play Bikin Gaming Gak Pernah Padam
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here