Home GADGET Review Amazfit BIP 3 | Layar Lebar, Ringan, Penuh Fitur

Review Amazfit BIP 3 | Layar Lebar, Ringan, Penuh Fitur

amazfit BIP 3

tabloidpulsa.id – Amazfit selalu dikenal sebagai produsen jam tangan digital yang pintar, membawa desain menarik dengan harga relatif terjangkau. Hampir semua pendekatan desain telah ditempuh oleh Amazfit, mulai dari bentukan klasik bak jam analog, hingga desain yang mendekati watch band dengan bobot dan feel yang lebih ringan seperti pada seri BIP mereka terbaru, BIP 3.

Produk dengan desain mendekati smart band ini memiliki keunggulan utama pada daya tahan baterai yang terbilang lama. Bisa mencapai 2 Minggu dalam sekali charging. Tanpa harus mengurangi fitur pintar yang dimiliki.

Jujur kami penasaran bakal seperti apa penerimaan pasar terhadap produk ini, mengingat harganya tidak begitu tinggi dengan sejumlah fitur yang performanya tidak jauh dari kemampuan smartwatch yang dijual lebih mahal.

Harga: Rp 599.000
Pilihan Warna: hitam, biru muda, merah muda
Paket Penjualan: jam tangan pintar (sudah dipasangkan strap dengan warna pilihan), charger, kartu garansi, buku manual

Spesifikasi

Dimensi & Berat (mm&gram)44.12 x 36.49 x 9.65 mm/ 33 gram (tanpa tali)
SensorBioTracker 2 PPG biometric (support SpO2), 3-axis acceleration, Bluetooth 5.0 BLE
StrapSilicone, 20mm, 153 -218mm wrist, classic pin buckle
AppZEPP
Layar inci – Tipe Screen1.69 inci TFT LCD, 240 x 280 pixels (~218 ppi); Tempered glass 2.5D anti-fingerptint coating
Prosesor/ CPU
RAM & Internal Storage
Support DeviceAndroid 7.0 above, iOS 12.0 and above
Baterai jenis (jenis)Li-ion 280 mAh (non-removable)
KELEBIHANKEKURANGAN
Layar lebar di kelasnyaCrown tidak bisa digunakan untuk navigasi
Layar mudah dibaca dengan kecerahan tinggiKapasitas memori internal kecil sehingga tidak bisa menyimpan watch face
Ringan dan banyak fitur
Daya tahan baterai hingga 14 hari 

Desain dan Layar
Membawa desain head unit dengan layar berbetuk kotak bujur sangkar, fix smartwatch ini mengingatkan saya pada smartwatch generasi pertama dari Apple. Cocok digunakan untuk mereka yang bertangan besar sekalipun.

Bagian jam tangan ini diberi warna dengan porsi yang cukup besar. Meskipun bagian permukaannya didominasi oleh layar yang cenderung berwarna hitam, namun pewarnaan pada jam tangan terlihat cukup jelas dari berbagai sisi. Sesuai dengan warna pada tali jam alias strap nya.

Hal ini cukup tricky, mengingat ketika kita berniat untuk mengganti strap, kita harus memadupadankan warna strap baru dengan warna pada bagian inti jam tangan. Ngomong-ngomong tentang strap, bahan strap BIP 3 terbuat dari silikon dengan mekanisme pin buckle, alias mirip sabuk jaman dulu menggunakan lubang dan jarum pengunci. Memiliki lebar 20mm dan cocok untuk mereka yang memiliki lingkar pergelangan tangan maksimal di 218 mm.

Membawa layar jenis TFT LCD berukuran 1.69 inci, jam tangan pintar ini mampu memperlihatkan informasi akurat dengan lebih besar dan tetap dapat terlihat dengan jelas meskipun dibawah sinar matahari.

Berdasarkan hasil penerawangan kami, layar yang dibawa oleh Amazfit BIP 3 ini termasuk yang besar di kelasnya. Cukup lega bagi penggunannya untuk melakukan gerakan gesture untuk kembali ke menu utama atau menutup fitur yang tengah dibuka. Karena usapan pada layar akan menjadi satu-satunya cara kita berinteraksi dengan smartwatch ini.

Sebenarnya ada satu tombol dengan desain crown yang hadir di bagian kanan jam tangan ini. Tapi meski berbentuk crown dan dapat diputar seperti jam tangan klasik, fungsinya hanya satum yakni sebagai tombol power dan menu. Alias hanya bisa dipencet ke dalam, tidak untuk diputar.

UI dan Software
Layaknya produk Amazfit lainnya, BIP 3 dapat terhubung dengan perangkat smartphone Anda melalui aplikasi Zepp Health. Dengan sejumlah sensor yang dibawa, dan software yang telah disiapkan untuk berbagai kebutuhan sebagai berikut.

Sudah barang tentu ada sensor detak jantung optikal yang akan menghasilkan data detak jantung permenit dan kadar oksigen dalam darah. Dengan sensor yang sama dibantu dengan sensor gerak dan dukungan software yang tepat, BIP 3 pun dapat digunakan untuk memonitor tingkat stress, jam tidur, aktivitas pribadi hingga bantuan untk berolah raga dengan lebih baik.

Ada sekitar 60 mode olah raga yang didukung oleh BIP 3. Termasuk olah raga air karena BIP 3 bisa digunakan menyelam hingga tekanan 5 ATM, atau setara dengan kedalaman 50 meter di air tawar.

Semua informasi yang dihasilkan melalui sensor dan aplikasi terinstal ini kemudian bisa ditampilkan dalam bentuk data yang mudah dimengerti, baik lewat layar jam tangan yang cukup besar ini, atau lewat aplikasi Zepp yang terinstal di ponsel Anda.

Ada sekitar 50 lebih watch face atau tampilan jam yang bisa Anda pilih. Namun sayang saat pertama kali diaktifkan, Anda hanya akan mendapatkan dua pilihan saja. Selanjutnya Anda bisa mencarinya melalui aplikasi Zepp. Cara mendowload dan menguploadnya ke jam tangan pun bisa dilakukan dengan mudah. Tapi sekali lagi sungguh disayangkan, kita hanya bisa menyimpan 2 watchface saja di jam tangan ini. Jadi, Anda mungkin akan perlu melakukan pergantian watchface via Zepp app ketika bosan melanda.

Zepp App adn watchfaces

Oh iya, seperti halnya smartwatch lain, BIP 3 juga bisa berfungsi sebagai kepanjangan ponsel kita. Saat ponsel di dalam tas atau saku celana misalnya, notifikasi akan bisa masuk ke dalam jam pintar ini, mulai dari panggilan masuk, notifikasi sms, dan notifikasi dari aplikasi-aplikasi tertentu.

Selain itu, BIP 3 juga bisa digunakan untuk mengontrol aplikasi musik, dan kamera. Jadi bisa digunakan sebagai remote saat menedengarkan musik melalui bluetooth TWS misalnya, dan ketika berselfie dengan jarak ponsel yang di luar jangkauan.

Baterai dan Daya Tahan
Tidak ada informasi mengenai chipset ataupun besaran RAM + ROM di jam tangan ini, namun yang pasti jam tangan ini membawa baterai dengan kapasitas 280 mAh dengan charger magnetic yang telah disediakan dalam paket penjualan.

Besaran baterai segini, akan memungkinkan jam tangan bertahan selama 7 hari ketika digunakan secara maksimum. Dan mampu bertahan selama 14 hari saat kita menggunakannya secara normal tanpa memaksakan beberapa fitur untuk bekerja keras 24 jam misalnya.

Durasi ini bisa kita dapatkan setelah melakukan charging dari nol sampai 100% yang dalam kondisi optimal bisa dilakukan hanya dalam waktu 2 jam saja.

Kesimpulan
Dengan harganya yang hanya berkisar di angka 500 ribuan Rupiah saja, maka BIP 3 memiliki dua keunggulan utama, yakni daya tahan baterai dan ukuran layar yang lega. Di kisaran harga segini Anda biasanya hanya menemukan produk dengan layar yang cenderung sempit, layaknya smartband. Ditambah dengan semua fitur yang dimiliki, dan desain yang menarik hati, BIP 3 merupakan salah satu smartwatch bagi pemula yang ingin tampil trendi dan sehat.

Produk ini sudah dijual sejak 16 Juni 2022 lalu di Shopee.

Previous articleReview Infinix Hot 12: Smartphone Gaming Mumpuni di Harga 2 Jutaan
Next articleASUS Tawarkan Diskon Rp 6 Juta di Hari Terakhir Indocomtech
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here