tabloidpulsa.id – Dalam kesempatan penyerahan penghargaan PULSA Editors’ Choice 2021 kepada pihak POCO Indonesia secara simbolis beberapa hari lalu, kami berkesempatan ngobrol dengan Head of Marketing POCO Indonesia, Andri Renreng. Membahas perjalanan POCO Indonesia sepanjang 2021 dan rencana mereka yang penuh kejutan di tahun 2022 mendatang.

Seperti yang telah Anda ketahui, POCO Indonesia telah menjadi brand independen di awal tahun 2021. Berpisah dari sister company mereka, Xiaomi dan sedikit banyak memberi mereka keleluasaan untuk menentukan sikap dan strategi.
Salah satunya adalah keputusan untuk mendirikan toko offline, yang sejatinya berbeda dengan strategi POCO secara global.
“Secara global, strategi (Red: pemasaran) POCO adalah online,” jelas Andi. “Tapi kita tahu bahwa di Indonesia toko offline masih berpengaruh secara besar. Makanya kita membuat gebrakan mendirikan POCO store pertama di Dunia”.
Pada bulan Agustus 2021, POCO telah membuka secara resmi gerai offline pertamanya, mengusung konsep pop-up di lokasi yang sangat tematik. Menyesuaikan dengan target pasar produk-produk POCO yang terdiri dari Gen Z dan Milenial yang melek teknologi, suka ngegame dan mampu menginspirasi orang-orang yang ada di sekitar mereka.
Toko offline perdana ini menawarkan penjualan produk POCO dengan pembayaran yang bisa disesuaikan, juga pusat service dan penjualan aksesoris.
Tahun 2022, POCO menargetkan 10 POCO Store baru yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan tema yang mungkin akan berbeda antar satu store dengan store lainnya.
Jayapura dan Makassar adalah dua kota yang disebut Andi bakal menjadi target POCO Store berikutnya di tahun 2022 ini.
Kejutan di Tahun 2022
Selain membangun 10 Gerai Resmi POCO di seluruh Indonesia, POCO Indoneisa juga tetap bakal merilis produk-produk Smartphone yang mengusung janji “Extreme Performance, Extreme Price”.
Di Tahun 2022, produk POCO seri sebelumnya yang telah hadir akan tetap diperbaharui dengan seri yang sama. Semisal seri M, F dan X mereka.
“Yang pasti seri M, F dan X akan tetap ada suksesornya,” kata Andi. “Lalu bakal ada juga seri-seri baru di tahun depan. Yang pasti akan lebih banyak produk baru kita nanti.”
Soal harga, Andi tetap menyebut janji company POCO, yakni “Extreme Performance, Extreme Price”.
“Extreme Price di sini bukan harganya murah banget ya, namun kalau dibandingkan dengan spesifikasi dan performa yang dibawa, harganya bisa lebih bersaing (dari produk lain)”, terang Andi.

Lalu ketika ditanya apakah tahun 2022 POCO akan merilis produk-produk gadget di luar ponsel atau kejutan lainnya, Andi menjawab dengan satu kalimat, bahwa “When nothing is sure, everything is possible (ketika belum ada yang pasti, maka semuanya MUNGKIN (bisa saja terjadi)”.