Home SOFTWARE APPS Pentingnya Fitur Smart Driving di Reno8 5G

Pentingnya Fitur Smart Driving di Reno8 5G

smart driving oppo reno8 5g

tabloidpulsa.id – Harus diakui bahwasannya penggunaan ponsel sambil berkendara memiliki andil yang tidak kecil sebagai salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Hal ini menjadi perhatian para pelaku industri, termasuk Google dan pabrikan ponsel yang memberikan solusi berupa mode berkendara. Semisal di ColorOS milik OPPO, di sini tersedia fitur Smart Driving yang lebih unik, seperti yang biasa kami gunakan di OPPO Reno8 5G.

Fitur ini digadang mampu meningkatkan fokus pengendara, baik secara manual ataupun otomatis, sehingga tidak teralihkan oleh notifikasi tidak penting dan panggilan telepon yang membutuhkan perhatian lebih. Dengan cara yang tepat guna, karena kita bisa memilih panggilan telepon siapa saja yang bisa diangkat ketika berkendara. Dengan kata lain, masih dapat dikustomisasi untuk hal-hal bersifat emergency.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh fitur ini? Cek pembahasan berikut ini.

Smart Driving

Fitur ini merupakan solusi yang lebih pintar dari driving mode yang selama ini hadir di perangkat Android dan iOS. Dengan sedikit penambahan fitur yang memungkinkan fungsi ini jadi lebih pintar, bahkan aktif ketika kita lupa mengaktifkannya.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh fitur ini? Pertama ia akan membatasi panggilan telepon. Anda bisa mengaturnya untuk menerima telepon dari 3 pilihan tersedia. Yaitu Anyone jika Anda bermaksud menerima semua panggilan tanpa batasan, Contact Only jika Anda berpikir telepon dari kontak Anda harus Anda terima dan Starred contacts only atau khusus kontak favorit yang Anda kasih tanda bintang, semisal istri, pacar atau klien.

Kemudian app ini bisa mengalihkan panggilan ke speaker secara otomatis. Hal ini untuk mengurangi interaksi Anda dengan layar ponsel. Anda hanya perlu melihat siapa yang menelepon dengan melirik layar dan tekan tombol angkat. Sudah, itu saja.

Fitur Smart Driving juga bisa mengatur agar sistem bisa memby-pass panggilan yang dilakukan berulang-ulang oleh nomor yang sama. Biasanya kejadian ini terkait dengan urgensi si penelepon alias apa yang ingin dibicarakan bisa jadi sangat penting, bahkan bisa jadi bersifat darurat. Kan tidak lucu jika teman Anda terjebak di kamar mandi tapi tidak bisa menghubungi Anda.

Berikutnya, fitur ini juga bisa mengirimkan pesan otomatis untuk si penelepon. Anda bisa mengatur isi pesan dengan bahasa Anda sendiri atau menggunakan pesan default yang berbunyi “Sorry , can’t talk now. I’m driving”.

Selanjutnya, Smart driving akan menghalangi pesan voice dan video call dari aplikasi-aplikasi pihak ketiga, semisal WeChat. Ini sangat penting, tertama bagi pengguna WeChat. Tanpa bermaksud melucu.

Dengan fitur smart driving ini juga, kita bisa menghalangi notifikasi banner. Seringkali pandangan kita teralihkan ke layar ponsel ketika ada notifikasi masuk berupa banner notification. Tulisannya kecil, dan kadang misleading, seperti notifikasi capcut yang isinya seakan-akan dari teman yang sudah kenal lama. Ya kan?

Dan terakhir dengan Smart driving kita bisa mengatur Car Bluetooth yang digunakan. Kita bisa mendaftarkannya di daftar Car Bluetooth. Terutama bagi Anda yang kerap membawa mobil berbeda setiap harinya. Sehingga setiap kali bertemu kembali dengan mobil yang sama, Anda tidak perlu melakukan pengaturan lagi.

Cara Menggunakan

Anda bisa masuk ke settings, lalu ke menu Smart Services, kemudian masuk ke Smart Driving. Pengaturan lebih lanjut bisa Anda lakukan lewat halaman ini, atau masuk ke do not disturn while driving untuk mendapatkan pengaturan lanjutan. Mudah, bukan?

Oh iya fitur Smart driving bukan satu-satunya fitur Drive mode di ColorOS. Bagi pengendara motor juga ada Riding Mode. Kurang lebih fiturnya sama, hanya saja terdapat pengurangan di beberapa fungsi terutama yang ada hubungannya dengan Car Bluetooth.

Tapi kembali lagi, semua ini hanyalah fitur yang diupayakan hadir untuk mengurangi angka kecelakaan. Soal efektif tidaknya akan bergantung pada Anda si Pengendara. Selama Anda berlaku sopan santun di jalan. Berhenti ketika di setiap kita masuk belokan, entah itu pertigaan maupun perempatan, berhenti di tempat aman ketika harus menerima telepon, membalas chat dan melihat maps, tetap fokus pada kondisi jalan, setidaknya Anda sudah berupaya menyelamatkan diri dan orang-orang yang Anda kasihi serta mereka yang berada di radius 10 meter dari diri Anda. Salam satu aspal. Jaya jaya jaya!

Previous articleSeagate Hadirkan FireCuda HDD Eksternal Bertema Spiderman
Next articleCipset Kompanio 520 dan Kompanio 528 Hadirkan Pengalaman Komputasi yang Cepat dan Andal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here