tabloidpulsa.id – Untuk mendukung filmmaker dan kreator muda Indonesia dalam menghasilkan dan menunjukan karya terbaiknya dalam bentuk video, Panasonic Kembali menghadirkan kompetisi Panasonic Young Filmmaker 2022.
Ajang kompetisi yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2022 ini hadir dengan wajah baru, sekaligus menghadirkan kolabroasi baru Bersama Panasonic TV, Panasonic Cooking, Panasonic Beauty dan komunitas kreatif serta para professional dari industri perfilman di tiap kategori.
Hadirnya konsep baru Panasonic Young Filmmaker ini sebagai bentuk penyesuaian Panasonic dengan tren video dan digital yang terjadi saat ini, sekaligus memperluas audience yang tidak hanya dari pembuat film tapi juga pembuat konten video digital dari berbagai latar belakang maupun minat.
Intan Abdams Katoppo, Transformation and Service PT Panasonic Gobel Indonesia mengungkapkan bahwa Panasonic Young Filmmaker merupakan satu upaya dari Panasonic dalam berkolaborasi untuk kemajuan industry kreatif di Indonesia dengan memberikan wadah bagi para kreator muda Indonesia menunjukan karyanya dalam bidang videografi sekaligus memberi kesempatan kepada mereka untuk bertemu dan diskusi dengan para professional di bidangnya.
Dalam rangkaian acara PYFM 2022, para filmmaker dan content creator muda nantinya akan diberikan kesempatan untuk saling belajar dari para ahli dan mendapatkan lebih banyak ilmu mengenai tren serta proses pembuatan film maupun video digital.
“Panasonic Gobel sebagai pelopor industry elektronika dengan pengalaman lebih dari 60 tahun ini, berkomitmen untuk terus menciptakan ‘Live Your Best’ melalusi berbagai inovasi produk serta aktivitas bisnis yang dibuat dan dipasarkan, salah satunya dengan mengadakan PYFM 2022 sebagai kompetisi film pendek dan digital video yang menargetkan filmmaker serta content creator muda di seluruh Indonesia. Hal ini juga merupakan inisiatif Panasonic Lumix untuk tidak hanya menjadi merek kamera yang dicintai oleh penggemar video dan foto dari seluruh dunia, tapi juga dapat mendukung para sineas dan creator muda dalam menghasilkan karya terbaiknya, ungkap Intan.
Sementara Agung Ariefiandi, General Manager Audio Visual & Small Domestic Appliance Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia menyebutkan bahwa ia menyadari kondisi saat ini yang masih dalam masa pasca pandemic dimana kita masih harus terus berjuang. Karenanya, PYFM kali ini mengusung tema STRIVE yang berarti berjuang. PYFM 2022 mengajak para pekerja kreatif muda di Indonesia untuk membuat ataupun mengirimkan karya video dengan tema sesuai untuk terus saling membangkitkan semangat di masa penuh ketidakpastian ini.
Bersama para juri serta komunitas yang memiliki visi dan misi sejalan, Lumix ingin melanjutkan kampanye #KolaborasiTanpaBatas dengan mengajak setiap pemangku kepentingan di industri pembuatan film/video untuk mengambil peran dalam mendidik dan memotivasi filmmaker juga content creator muda bertalenta di seluruh Indonesia, agar berpartisipasi dan memiliki daya saing tinggi dalam ajang film di tingkat local maupun internasional.
“Percepatan perkembangan digitalisasi di Indonesia selama masa pandemi kemarin juga membawa banyak perubahan dalam industry video dan media sosial, maka kali ini PYFM hadir dengan ragam kategori yang disesuaikan dengan tren video saat ini, yang tidak hanya menargetkan filmmaker tetapi juga content creator yang juga sangat kreatif dalam menghasilkan video untuk media sosialnya. Hal ini lah lyang membuat kami percaya bahwa kita semua sebenarnya terlahir untuk menciptakan sesuai dengan kampanye PYFM 2022 #BORNTOCREATE,” ungkap Agung Ariefiandi.
Terdapat tiga kategori yang dikompetisikan dalam PYFM 2022 yaitu Short Movie, Conceptual Video, dan Vertical Video. Kategori Short Movie merupakan produksi film pendek dengan genre Drama, Komedi, Horor, Actionserta Dokumenter berdurasi maksimal 10 menit. Conceptual Video merupakan produksi video yang terbagi dalam empat sub-kategori yaitu Wedding Vide, Pre-wedding Video, Nature & Wildlife Video dan Experimental Video. Kategori terakhir adalah Vertical Video yang merupakan produksi video dengan format 9:19 yang juga terbagi dalam empat sub-kategori yaitu Local Travel Video. Local Food Video, Education Video dan Fashion & Beauty Video dengan durasi minimum 1 menit.
Mengusung kampanye #BornToCreate, PYFM 2022 menggandeng sejumlah juri kenamaan yakni sutradara dan penulis muda seperti Yandy Laurens & Cinematographer Goenrock untuk kategori Short Movie, serta Yudha Rizky & Aldio Ogut mewakili ContentAcademy.id, Bagoes Kresnawan, Babam Bramaditia, Barry Kusuma Pradityaka dan Gary Evan untuk kategori Conceptual Video dan Vertikal Video serta Agung Ariefiandi selaku representative Panasonic Gobel Indonesia untuk seluruh kategori.
PYFM 2022 juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti Hunting Pasar, SWAPP, Content Academy, Kreatif Hub, Wedding Vidgram, DCI dan Kreatif Film School.
Seluruh kegiatan PYFM 2022 akan dilaksanakan selama dua bulan, mulai dari 10 November 2022 hingga 3 Januari 2023. Dalam periode tersebut, Lumix Bersama dengan komunitas akan mengadakan workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek maupun konten video serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera Linux yang dapat mendukung para creator dalam seluruh proses pembuatan konten.
Untuk dapat mengikuti kompetisi ini, peserta dapat mendaftarkan karyanya melalui microsite pfym2022.com sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Setiap peserta berkesempatan memenangkan total hadiah senilai 360 juta untuk seluruh kategori. Pengumuman pemenang PYFM 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 2023.