Home NEWS OPPO Resmi Luncurkan ColorOS 14 Versi Global, Ini Keunggulannya!

OPPO Resmi Luncurkan ColorOS 14 Versi Global, Ini Keunggulannya!

ColorOS 14 OPPO

tabloidpulsa.id – OPPO resmi meluncurkan ColorOS 14 Versi Global. Sebagai salah satu sistem operasi pertama yang berbasis Android 14, ColorOS 14 memperkenalkan Desain Aquamorphic yang dioptimalkan, fitur cerdas bertenaga AI untuk meningkatkan efisiensi, peningkatan teknologi untuk menawarkan performa yang sangat mulus, dan mudah digunakan untuk keselamatan dan perlindungan privasi. Sejak peluncuran ColorOS pada tahun 2013, saat ini ColorOS memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, meningkatkan kehidupan pengguna global melalui pengalaman yang lebih cerdas dan lancar.

UI yang lebih ringkas dan intuitif dengan Desain Aquamorphic yang dioptimalkan

Terinspirasi oleh air, OPPO memperkenalkan bahasa desain baru Aquamorphic Design di ColorOS 13 kepada pengguna, menghadirkan hubungan harmonis antara manusia dan teknologi. Dikembangkan berdasarkan ColorOS 13 yang sukses meraih penghargaan, ColorOS 14 mengoptimalkan Desain Aquamorphic dengan efek suara baru, sistem warna, interaksi, dan masih banyak lagi untuk memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih ringkas dan intuitif.

Suara adalah faktor yang memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman intuitif kepada pengguna. OPPO bermitra dengan akademi profesional untuk mempelajari preferensi audio pengguna dan berkolaborasi dengan tim desain suara terkemuka dunia: Sonic Minds dan epicsound untuk menghadirkan efek suara baru ke ColorOS 14.

Efek suara ini mencakup sepuluh set nada dering bertema Aquamorphic untuk panggilan, alarm, dan notifikasi, termasuk tujuh desain suara UI untuk memberikan pengalaman audio yang harmonis kepada pengguna di seluruh perangkat OPPO.

ColorOS 14 menghadirkan sistem Aquamorphic Colouring yang dapat secara cerdas beradaptasi dengan status dan waktu pada smartphone. Dengan mencocokkan warna dengan konteks secara cerdas, sistem pewarnaan dinamis ini membuat penerimaan dan pemahaman informasi jauh lebih efektif dan intuitif dalam memberikan pengalaman pengguna yang nyaman.

Desain Aqua Dynamics terbaru yang diperkenalkan di ColorOS 14 memungkinkan interaksi yang lebih intuitif bagi pengguna. Fitur ini mengintegrasikan interaksi umum ke dalam bentuk gelembung, kapsul, dan panel –lebih dari sekadar status bar biasa– untuk menyajikan informasi yang mengalir dan menyatu secara alami yang minim gangguan.

Baca Juga:  Portrait, Fitur Unggulan OPPO di Tahun 2022

Sehubungan dengan fitur Always-On Display yang memenangkan penghargaan, yaitu Homeland, yang menggambarkan pemandangan hewan liar di alam yang menakjubkan, ColorOS 14 terus menyempurnakan fitur ini dengan memperkenalkan Always-On Display GO Green baru untuk meningkatkan kesadaran pengguna tentang perubahan iklim dan perlindungan lingkungan, selaras dengan Keyakinan OPPO pada “Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia.” AOD Go Green menampilkan tiga set halaman Visi Lingkungan yang masing-masingnya mencakup lima animasi lingkungan yang dapat berubah berdasarkan jumlah langkah harian pengguna, sehingga menginformasikan pengguna tentang pengurangan emisi karbon dioksida dengan cara berjalan kaki dibandingkan menggunakan transportasi lain.

Meningkatkan Efisiensi dengan Fitur Cerdas Bertenaga AI

Saat ini, AI telah memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi. ColorOS 14 dibekali dengan serangkaian fitur cerdas bertenaga AI yang sangat mumpuni untuk membantu pengguna meningkatkan efisiensi aktivitasnya sehari-hari.

Smart Touch bertenaga AI memungkinkan pengguna untuk memilih konten seperti teks, gambar, dan video dari sistem serta aplikasi pihak ketiga2 dan menyimpannya dalam File Dock, atau bahkan menggabungkannya ke dalam satu catatan secara ringkas, cukup dengan isyarat (gesture) ‘select and drag’ konten tersebut.

File Dock baru di Smart Sidebar memungkinkan pengguna untuk berbagi konten di seluruh aplikasi dengan lebih mudah melalui split screen, floating windows, atau Dock itu sendiri. Konten dapat disimpan secara otomatis di File Dock dan dapat disinkronkan di berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet untuk meningkatkan produktivitas 3.

Smart Image Matting adalah fitur pertama dalam smartphone yang memungkinkan pengguna untuk memotong beberapa subjek seperti orang dan hewan dari satu gambar atau video yang dijeda. Pengguna dapat mengedit potongan konten dalam mode File Pocket, File Dock, dan split screen, berbagi dengan teman, atau menggunakan potongan konten tersebut untuk mempersonalisasi wallpaper atau poster.

Performa Ultra Lancar dengan Trinity Engine yang Ditingkatkan

Baca Juga:  OPPO Find N2 Flip Diluncurkan Secara Global

Performa mulus selalu menjadi pengalaman yang penting bagi pengguna. Trinity Engine di ColorOS 14 meningkatkan kelancaran dan stabilitas smartphone dengan mengelola sumber daya komputasi, memori, dan penyimpanan secara efisien. Tiga fitur utama Trinity Engine termasuk Vitalisasi ROM, Vitalisasi RAM, dan Vitalisasi CPU.

Vitalisasi ROM dapat mengosongkan ruang memori dengan mengompresi data aplikasi dan file melalui App Compression dan File Compression dalam pengaturan Phone Manager. Smartphone yang dilengkapi dengan ROM Vitalization mampu menghemat ruang penyimpanan hingga 21GB.

Vitalisasi RAM dapat mempercepat kinerja memori untuk meningkatkan efisiensi multi aplikasi dan menjaga lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang. Dengan merekonstruksi mekanisme RAM berbasis Android dan menggunakan teknologi milik OPPO, RAM Vitalization dapat menjaga aplikasi yang sering digunakan tetap berjalan di latar belakang hingga 72 jam. Pengguna dapat berpindah aplikasi dengan lebih lancar tanpa hambatan.

CPU Vitalization adalah teknologi penjadwalan daya komputasi tingkat sistem yang terdepan di industri dari OPPO. Teknologi ini mencakup model daya komputasi canggih yang dapat menjadwalkan sumber daya dengan tepat sekaligus menentukan keseimbangan terbaik antara performa dan konsumsi daya. Pengguna dapat menikmati pengalaman penggunaan yang lebih lancar tanpa menguras baterai.

Selain itu, ColorOS 14 menghadirkan Smart Charging yang merupakan algoritma AI yang dapat secara otomatis menyesuaikan arus pengisian daya berdasarkan status penggunaan smartphone untuk membantu mencegah pemakaian baterai yang tidak diperlukan. Arctic Mode memiliki dua opsi untuk dipilih pengguna berdasarkan skenario berbeda.

Perlindungan Keamanan dan Privasi Tingkat Tinggi

Keamanan dan privasi dipertimbangkan dengan cermat dalam setiap aspek. ColorOS telah diakui oleh organisasi pihak ketiga yang berwenang seperti ISO, ePrivacy, TrustArc, dan lainnya. ColorOS 14 mengintegrasikan kemampuan privasi dasar Android 14 dan memperkenalkan fitur baru: Picture Keeper. Fitur ini dirancang untuk mencegah aplikasi menyalahgunakan izin akses foto atau video pribadi Anda. Aplikasi perlu mendapatkan izin untuk mengakses foto atau video yang dipilih setiap kali pengguna mengaktifkan pengelolaan izin baru.

Baca Juga:  Jajal Koneksi 5G, Jadi Tak Sabar Menanti

Jelajahi Pengalaman ColorOS Baru yang Bekerja Sama dengan Mitra Strategis OPPO

OPPO telah bekerja sama dengan mitra strategisnya untuk menghadirkan kemudahan baru pada pengalaman ColorOS. Di ColorOS 14, pengguna kini dapat berinteraksi dengan Grab dan melihat pembaruan perjalanan secara real-time melalui Aqua Dynamics 4. Snapchat kini tersedia melalui shortcut pada lock-screen dan pengguna kini dapat mengubah lock-screen shortcut mereka ke aplikasi Snapchat untuk akses yang lebih cepat. Selain itu, OPPO dan Microsoft menyatukan dunia Windows dan ColorOS yang luar biasa untuk menciptakan ekosistem yang mulus. Pengguna OPPO kini dapat dengan mudah menghubungkan smartphone mereka dengan PC melalui Phone Link 5. Selain itu, dengan penyimpanan cloud gratis hingga 15GB untuk setiap akun Google, pengguna dapat backup foto dan video mereka ke Google Photos dengan aman dan membukanya dari perangkat apa pun.

Jadwal Peluncuran ColorOS 14

Peluncuran global ColorOS 14 dimulai pada perangkat OPPO pada kuartal terakhir tahun 2023 dan lebih dari 20 perangkat telah ditingkatkan. Di Indonesia, OPPO Reno11 Series yang diluncurkan secara resmi minggu lalu menjadi perangkat untuk debut ColorOS 14.

Mengomentari peluncuran tersebut, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, mengatakan, “Kami senang sekali dengan diluncurkannya ColorOS 14 ini secara global, yang juga bertepatan dengan resmi tersedianya OPPO Reno11 Series secara luas di seluruh Indonesia. Keunggulan Reno11 Series sebagai smartphone dengan Ultra-Clear Portrait Camera System dan fitur-fitur fantastic lainnya, berpadu dengan pengalaman lancar menggunakannya berkat sistem operasi cerdas ColorOS 14, menggarisbawahi komitmen kami untuk menghadirkan teknologi yang intuitif, efisien dalam mendukung aktivitas pengguna sehari-hari dan kreativitas mereka dalam berkarya.”

Pada kuartal pertama tahun 2024, akan lebih banyak lagi perangkat OPPO yang diperbarui dengan ColorOS 14 ini.


Cek berita teknologi terkini, review gadget, rekomendasi ponsel, tips & trick, tren lifestyle dan video tabloidpulsa.id di Google News.

Previous articleBawa Teknologi Telefoto Periskop, realme 12 Series 5G Siap Hadir di Indonesia?
Next articleTALON Resmi Bergabung dengan PUBG Mobile Esports
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here