Home NEWS OPPO Wujudkan Dunia Virtual Melalui CyberReal AR

OPPO Wujudkan Dunia Virtual Melalui CyberReal AR

oppo ar

tabloidpulsa.id – Hari ini OPPO memperkenalkan aplikasi AR terbaru CybeReal, yang didukung oleh teknologi komputasi spasial real-time. Dengan mengadopsi AI Engine internal, OPPO meningkatkan Augmented Reality ke level berikutnya. OPPO CybeReal menghadirkan pengalaman AR yang menarik yang bisa dinikmati saat ini di OPPO Flagship Store, Tiongkok.

Teknologi CybeReal OPPO membuat proses penciptaan dunia virtual digital jauh lebih mudah. Biasanya, proses ini membutuhkan perangkat profesioan dan pengetahun khusus. Terbukti, salah satu staf OPPO di flagship store tanpa melakukan pelatihan formal terlebih dahulu, dapat menyelesaikan pemindaian awal dan pengumpulan data interior toko melalui smartphone untuk menciptakan replika digital toko tersebut.

Didukung oleh AI Engine yang terus berkembang, aplikasi ini dapat memproses interior OPPO flagship store menjadi representasi 3D dalam waktu beberapa jam. Platform AI dapat memproses 12.000 gambar yang dipindai per jam.

Baca Juga:  OPPO Reno6 Bakal Punya Fitur Gaming Lebih Canggih, Apa Saja?

Setelah interior dipindai, aplikasi mendukung rekonstruksi 3D seacara real-time dalam waktu singkat. Dengan alat penyuntingan AR, staf OPPO dapat mengedit materi konten AR kapan saja untuk menciptakan lingkungan AR yang lebih menarik.

Dengan algoritma pemosisian visual RLOCS (Retrieval and Localization with Observation Constraints) milik OPPO, akurasi pemosisian dalam ruangan akan semakin meningkat hingga besaran sentimeter. Algoritma tersebut dikembangkan oleh tim teknologi dari Department of Intelligent Perception and Interaction dan telah diterima secara luas di dunia akademis.

Dalam 2020 European Conference on Computer Vision (ECCV) dan Computer Vision and Pattern Recognition Conference (CVPR 2020), tim ini memenangkan dua penghargaan tempat kedua dalam kategori Long-term Localization.

Untuk memberikan pengalaman AR yang imersif kepada pengguna, OPPO menggunakan estimasi pose 6DoF, yang memberikan pengguna pandangan dari berbagai posisi dan sudut. Pengguna dapat berjalan berputar-putar di sekitar objek target, membungkuk untuk melihat sekilas, atau berjongkok untuk melihat dari bawah ke atas, membuka cara yang lebih nyata untuk berinteraksi.

Baca Juga:  Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan Program Sampah Jadi Pulsa

Saat ini, di OPPO Flagship Store Beijing Wukesong dan Guangzhou Zhengjia Plaza, pengunjung dapat menggunakan aplikasi AR untuk berinteraksi dengan perangkat Find X3 Pro setinggi 4 meter yang turun perlahan dari atas dan berubah menjadi dinding informasi interaktif seperti sebuah layar gulung yang diiringi musik latar ” Colorful Future ” yang khusus dibuat untuk seri Find X3 oleh Hans Zimmer. Di sini setiap orang dapat memperkirakan masa depan dunia digital.

Kembali ke INNO DAY 2020, dimana OPPO pertama kali memperkenalkan ide aplikasi AR dengan komputasi spasial penuh ini. Menjadi tonggak sejarah dalam eksplorasi masa depan yang melibatkan realitas campuran atau mix reality berbentuk AR. OPPO CybeReal inilah yang mengintegrasikan pemodelan digital presisi tinggi, AI, komputasi awan, rendering grafis, 5G, dan teknologi mutakhir lainnya.

Baca Juga:  Acer Kenalkan Conscious Technology, Visi Teknologi Ramah Lingkungan

Sebagai aplikasi AR level platform, CybeReal dapat mereplikasi adegan dan objek dari dunia fisik menjadi replika digital di dunia virtual. Pemandangan dan objek ini dianalisis dan ditampilkan melalui data yang dihasilkan oleh beberapa sensor di dalam perangkat, kemudian disajikan kepada pengguna sebagai perpaduan dunia fisik dan informasi digital dalam bentuk augmented reality.

Lebih lanjut, teknologi CybeReal terbaru dari OPPO akan mengikuti kompetisi di International Conference on Computer Vision (ICCV) Oktober ini. Dalam jangka panjang, OPPO akan melakukan pengembangan lebih dalam ke dunia perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan terkait AR yang sebagian besar masih belum tersentuh dan membuat teknologi ini lebih dapat diakses oleh semua industri.

Previous articleLewat Zoom, Kominfo Luncurkan Kampanye Nasional Makin Cakap Digital 2021
Next articleTelkomsel Resmi Jadi “The First 5G Operator in Indonesia”
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here