Home TIPS & TRICK Kupas Tuntas ColorOS 11 di OPPO Find X2 Pro

Kupas Tuntas ColorOS 11 di OPPO Find X2 Pro

Kupas Tuntas ColorOS 11

tabloidpulsa.id – Selain spesifikasi dan harga, faktor lain yang kerap dijadikan  pertimbangan konsumen dalam memilih smartphone adalah user interface (antarmuka). Semakin mudah digunakan, serta makin banyak fitur pendukung yang disediakan, jadi poin menarik bagi konsumen untuk menentukan pilihannya.

Di OPPO, pertimbangan kenyamanan dalam menghadirkan experience atau pengalaman penggunaan perangkat menjadi salah satu poin penting yang ditawarkan ke konsumen. Tak heran jika OPPO sangat serius menggarap sektor ini, bahkan rela menggelontorkan investasi yang cukup besar untuk mengembangkan sistem operasi kustom besutannya, ColorOS.

Saat ini, evolusi ColorOS sudah mencapai ke tingkat yang cukup advanced dengan hadirnya ColorOS 11. Antarmuka terbaru ini merupakan loncatan terbesar dari OPPO setelah sebelumnya menggarap ColorOS hingga versi 7.2.

Di ColorOS 11 ini OPPO menghadirkan sejumlah fitur unggulan serta personalisasi yang tidak ditemukan pada antarmuka kustom vendor lain.

Menariknya lagi, ColorOS 11 yang ditanamkan OPPO ke perangkat besutannya sendiri pun ternyata memiliki sejumlah perbedaan. Misalnya saja, ColorOS 11 di Reno5 akan sedikit berbeda dibanding ColorOS 11 di Find X2 Pro.

Untuk perangkat flagship seperti Find X2 Pro, ColorOS 11 yang ditanamkan OPPO menawarkan opsi paling lengkap.

Penasaran sekeren apa sih ColorOS 11 ini? Berikut PULSA mencoba mengulasnya dengan menggunakan OPPO Find X2 Pro.

Personalisasi UI dan UX yang Lebih Komplit

Untuk yang hobi mencocokan tampilan smartphone dengan gaya fesyen, ColorOS 11 ini menawarkan segudang personalisasi yang pastinya sangat berguna.

Tidak seperti di ColorOS versi sebelumnya, opsi untuk mempersonalisasikan tampilan perangkat di ColorOS 11 ini jauh lebih komplit dan beragam.

Untuk wallpaper dan tema misalnya, OPPO menghadirkan berbagai pilihan menarik. Secara default, OPPO telah menyediakan sejumlah pilihan yang bisa langsung diterapkan. Bahkan, Anda juga dapat mencari wallpaper atau tema yang lebih unik dan menarik di toko yang terintegrasi dengan perangkat.

Bahkan, Anda juga dapat melakukan kustom wallpaper yang lebih personal menggunakan katalog foto yang tersimpan di galeri. Di opsi Customizable Wallpaper ini, Anda tinggal memilih sebuah foto di galeri dan tap ikon khusus untuk mendapatkan pilihan wallpaper yang unik sesuai karakter warna di foto.

Di ColorOS 11 ini, OPPO juga menggandeng sejumlah seniman terkenal dunia untuk mendesain wallpaper khusus yang akan ditampilkan pada katalog Artist Wallpaper Project. Di Indonesia sendiri, sejumlah seniman kenamaan telah ikut bergabung dan menampilkan personal wallpaper yang keren dan unik.

Bagi Anda yang bosan dengan wallpaper statis, di ColorOS 11 ini OPPO juga menghadirkan katalog Live Wallpaper yang lebih beragam. Anda bisa mendapatkannya secara gratis, atau membeli yang lebih unik lagi di toko (theme store).

Tidak hanya wallpaper dan tema, Anda juga bisa merubah setiap aspek layar supaya tampil lebih personal. Mulai dari tata letak widget, tampilan ikon, warna, fontasi hingga ukuran display.

Satu lagi yang cukup menarik dan kerap menjadi pertanyaan para pengguna smartphone, yakni LED notification. Hampir sebagian besar perangkat OPPO memang tidak dibekali LED notification mungil yang biasa ada di bagian atas layar.

Untuk yang satu ini, OPPO menghadirkan opsi Edge Lightning yakni opsi untuk menampilkan notifikasi berupa pendaran cahaya yang akan muncul di sisi layar. Di opsi ini, Anda bisa mengatur tampilan warna sesuai keinginan dan bisa diterapkan untuk panggilan masuk atau pun notifikasi saat layar mati (off).

Dark Mode

Sejak Google menghadirkan update Android ke versi yang lebih baru (Android 10), Sejumlah perangkat bisa menampilkan tema gelap (Dark Mode) yang juga kabarnya dapat menghemat konsumsi baterai plus memberikan kkenyamanan yang lebih baik bagi mata.

Di OPPO, tema gelap juga telah ditambahkan secara default di ColorOS 7. Hanya saja, pengaturannya masih terbilang standar.

Dan di ColorOS 11 ini, opsi untuk mempersonalisasikan Dark Mode jauh lebih maksimal. Bahkan, untuk aplikasi yang belum mendukung fungsi dark mode juga bisa diterapkan.

Pada ColorOS 11 ini, OPPO menawarkan tiga skema warna dengan tingkat kontras berbeda. Anda bisa mengaturnya sesuai preferensi yang dibutuhkan. Bisa mengaturnya secara manual maupun otomatis, bahkan dapat diset sesuai waktu pagi dan malam hari.

Untuk menemukan pengaturan Dark Mode di ColorOS 11 ini, Anda tinggal membuka Display & Brightness Settings > Dark Mode.

Always-On Display

Fitur satu ini sejatinya sudah tersedia di versi ColorOS sebelumnya. Namun, di ColorOS 11.1 ini ada peningkatan yang cukup signifikan berupa opsi yang lebih beragam.

Lewat Always-On Display (AOD) ini, Anda dapat mengatur tampilan layar yang selalu aktif dan mempersonalisasi konteks, font (ukuran/warna), dan tata letak tampilan untuk menonjolkan kepribadian melalui kreasi AOD.

Panel berwarna hitam menjadi ciri khas dari AOD. Beragam opsi menarik tersedia dan bisa langsung dipilih. Tercatat, ada sekitar lima kategori pilihan yang disediakan di pengaturan AOD. Anda tinggal memilih salah satunya untuk diterapkan menjadi tampilan AOD.

UI First 2.0 

ColorOS 11 memperkenalkan UI First 2.0, yang menggabungkan teknologi pengurang lag dengan Quantum Animation. Dengan melakukan itu, penggunaan RAM ditingkatkan sebesar 45%, tingkat respons ditingkatkan sebesar 32%, dan stabilitas frame rate sebesar 17%.*

Untuk mengurangi waktu pemuatan aplikasi, AI App Preloading akan mempelajari perilaku penggunaan dan kemudian lebih dahulu melakukan pemuatan aplikasi tersebut untuk pengguna.

Untuk meningkatkan kelancaran sistem, SuperTouch dengan cerdas mengidentifikasi skenario pengguna utama dan mengoptimalkan kecepatan respons sentuh yang sesuai.

Ringtone Maker

Di ColorOS 11 yang ada pada OPPO Find X2 Pro, Anda akan menjumpai fitur unik yang disebut Ringtone Maker. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat nada dering pribadi, memilih nada dering hingga mengkustomisasi nada dering sesuai keinginan.

Anda juga biisaa mengatur tempo nada dering, jenis mood dan lain sebagainya. Untuk mengkustomasi pengguna hanya perlu menggeser-geser pada menu yang tersedia.

Untuk bunyi notifikasi, Anda juga bisa mendapatkan suara nada yang beragam dari notifikasi yang masuk. Bisa untuk mengurangi kebosanan juga loh. Ringtone Maker sendiri terintegrasi dengan OPPO Lab.

OPPO Relax

Selain Ringtone Maker, ada juga fungsi lain yang terintegrasi dengan OPPO Lab, yakni OPPO Relax. Fitur ini pertama kali dikenalkan pada ColorOS 7 sebagai aplikasi yang dapat menyediakan suara alam gratis untuk menenangkan hati dan pikiran.

Di ColorOS 11, OPPO Relax hadir dengan fitur baru – Sound Mix. Anda dapat memilih dari berbagai pilihan suara (termasuk suara alami, perkotaan, ASMR, dan sehari-hari) yang dikombinasikan dari seluruh dunia.

OPPO Relax 2.0 ini juga bekerjasama dengan Music City dan memungkinkan Anda untuk membuat white noise mix sesuai keinginan.

3-Finger Translate

Fitur untuk melakukan screenshot menggunakan tiga jari sejatinya telah ada di ColorOS versi sebelumnya. Hanya saja, di pembaharuan yang hadir di ColorOS 11 ini kemampuannya ditingkatkan.

Tidak lagi hanya sebatas untuk melakukan screenshot layar secara keseluruhan, tapi juga bisa untuk melakukan perekaman layar sebagian saja.

Menariknya, dengan dukungan Google Lens, kemampuan screenshot 3 jari ini pun bahkan bisa dimanfaatkan untuk menterjemahkan tulisan yang langsung terkoneksi dengan Google Translate.

Hanya dengan mentap dan menahan layar beberapa saat dengan tiga jari, Anda bisa menentukan area mana saja yang ingin direkam dan mengirimkan screenshot teks tersebut ke aplikasi translate untuk diterjemahkan ke bahasa tertentu.

Anda bisa melakukannya untuk halaman website bahkan gambar, dengan cepat dan tentu saja cukup mudah dilakukan.

Device Control

Disesuaikan dengan Android 11, ColorOS versi terbaru menyertakan quick menu dimana pengguna dapat beralih antar aplikasi dan mengontrol perangkat rumah pintar yang berbeda.

Anda juga bisa mengintegrasikan fitur ini dengan aplikasi Google Home dan menghubungkannya ke perangkat cerdas yang ada di rumah seperti mobil pintar, smart TV, AC, lampu pintar, home teather, camera dan sebagainya, tanpa perlu mengunduh aplikasi baru.

Gamer Mode

Pengembangan fitur Game Mode di ColorOS 11.1 ini memungkinkan pengguna untuk benar-benar fokus dalam permainan dengan memblokir pesan dan menonaktifkan layar dan tombol telepon yang sebenarnya.

Mode ini juga akan menyembunyikan bilah status; tombol navigasi dan gesture; menonaktifkan layar mati, menonaktifkan floating windows, Assistive Ball, Quick Return Button, dan Smart Sidebar untuk memastikan pengalaman bermain game tanpa gangguan.

Adjustable Gaming Touch

Panel sentuh dan pengoptimalan algoritma sentuh, dikombinasikan dengan TouchBoost, memungkinkan pemain mengubah parameter sentuh (seperti daya respon, kehalusan, dan sensitivitas giroskop). Fitur ini juga memberi pengguna konfirgurasi yang digunakan oleh pemain profesional.

Information Security Certificate

Metode enkripsi terkemuka di industri diadopsi untuk menyimpan dan mentransfer data pribadi pengguna. Upaya telah diakui oleh organisasi pihak ketiga termasuk ISO, ePrivacy, dan TrsustArc.

Itu lah fitur keren di OPPO yang merupakan hasil pengembangan dari ColorOS 11. Untuk Anda yang penasaran dan ingin mendapatkan produk OPPO terbaru, bisa langsung mengakses laman resmi OPPO Indonesia.

Nearby Share

Di ColorOS 11, pengguna OPPO juga kini mendapat kemudahan baru untuk berbagi file dengan cepat dan tanpa menggunakan data ke smartphone lain yang telah menggunakan versi Android 11 via fitur Nearby Share.

Untuk filenya sendiri bisa berupa foto, video maupun aplikasi. Dan fitur ini sendiri terintegrasi langsung dengan galeri.

Flex Drop

Fitur ini merupakan pengembangan dari Floating Windows. Di ColorOS 11.1 ini, aplikasi dapat ditampilkan dalam keadaan layar penuh, layar kecil (interaktif), dan layar mini (hanya tampilan).

Melalui kombinasi layar penuh dan kecil/mini dapat mewujudkan kemampuan multi-tasking dan memberikan peralihan yang mulus antar layar.

People – Bubbles

Untuk yang kerap merasa terganggu dengan banyaknya pesan masuk dari berbagai aplikasi media sosial, People Bubbles bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikannya.

Fitur Android 11 ini mengintegrasikan pesan yang dikirim dari teman Anda di berbagai aplikasi di bagian atas kolom notifikasi untuk membantu Anda membalasnya dengan cepat.

Anda bisa melakukan pengaturan People – Bubbles ini dari menu settings > Notifications & status bar – Manage notifications – Bubbles

Battery Guard

Fungsi ini sangat bermanfaat untuk Anda yang hobi mengisi daya pada malam hari yang umumnya akan ditinggal tidur. Kekhawatiran akan merusak kondisi baterai menjadi salah satu alasan utamanya.

Dan di ColorOS 11 ini, Battery Guard akan mengatasi masalah tersebut dengan mempelajari kebiasaan pengisian daya pengguna – berhenti mengisi daya hingga 80% di malam hari dan mengisi ulang hingga 100% pada saat pengguna bangun. Pengguna tidak perlu lagi khawatir tentang bahaya pengisian yang berkepanjangan.

Anda bisa mengaktifkan fungsi ini dengan cukup mudah lewat pengaturan baterai yang ada di menu setting, dan selanjutnya tinggal mengaktifkan pilihan “Optimalkan pengisian daya malam hari”.

Hyper Boost 3.0

Hyper Boost 3.0 membuat sejumlah peningkatan, terutama dalam mengatasi masalah panas berlebih dan pengurasan baterai. Hyper Boost terbaru menjaga penggunaan baterai tetap terkendali tanpa mengorbankan kinerja sistem secara keseluruhan, sehingga pengguna dapat menikmati permainan mereka tanpa khawatir kehabisan baterai.

The Smart Resource Allocation di Hyper Boost memiliki ukuran pengoptimalan yang mencakup strategi alokasi cerdas, kontrol sumber daya terpadu, dan pengoptimalan dalam skenario daya khusus dan rendah. Hasilnya, pemakaian CPU meningkat hingga 30% dan konsumsi daya ponsel turun sebanyak 12%. Untuk semakin melengkapi, ini semua dilakukan tanpa mempengaruhi kinerja ponsel Anda secara keseluruhan.

Previous articleTelkomsel Pulihkan Jaringan Telekomunikasi di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju yang Terdampak Bencana Gempa
Next articleAwali 2021, realme Konfirmasi Akan Luncurkan realme Watch S Pro
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here