Home NEWS Capai Nilai TKDN Tinggi, SPC Raih Penghargaan P3DN Kemenperin

Capai Nilai TKDN Tinggi, SPC Raih Penghargaan P3DN Kemenperin

Penghargaan P3DN Kemenperin

tabloidpulsa.id – PT Supertone (SPC) menjadi satu-satunya perusahaan elektronik lokal bersakala besar yang menerima penghargaan P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian, atas pencapaian nilai tinggi TKDN pada berbagai produknya serta kampanye perusahaan yang konsisten menggalakkan penggunaan produk buatan dalam negeri.

Di usianya yang ke-34, SPC adalah salah satu perusahaan teknologi manufaktur dan elektronik asli Indonesia tertua saat ini. Salah satu misi utamanya adalah memastikan lebih banyak produk dibuat di dalam negeri dan melibatkan talenta dan infrastruktur lokal. Perusahaan sempat menargetkan 80% jajaran produknya diproduksi di Indonesia, dan ini sudah tercapai saat ini. Di saat yang sama, SPC berpartisipasi aktif dan memberikan masukan yang membangun bagi pemerintah, bahkan secara independen membuat kampanye yang mendukung regulasi, peraturan, serta kebijakan pemerintah pusat yang masih terkait industri di mana SPC terlibat.

Raymond Tedjokusumo, Direktur PT Supertone mengatakan, “SPC berterima kasih kepada Kemenperin dan Pusat P3DN atas kesempatan dan kepercayaan untuk berkolaborasi memasifkan penggunaan produk buatan dalam negeri, sehingga perusahaan serta merek lokal terus memiliki ruang untuk bertumbuh melayani masyarakat dengan produk-produk dalam negeri yang inovatif.” Menurut Raymond, semakin banyak konsumen membuktikan bahwa kualitas produk lokal buatan SPC menyamai bahkan melebihi produk-produk impor. Ia menambahkan bahwa tantangan terbesar yang masih terus diupayakan adalah peningkatan aspek branding, pun pengalaman purnajual pengguna.

Baca Juga:  Ini 5 Rekomendasi Hotel untuk Nobar dari tiket.com

Klaim SPC atas kualitas produk lokalnya didukung oleh fakta bahwa CCTV, laptop serta Chromebook mereknya menjadi fondasi yang membantu perusahaan meraih posisi 3 Besar di penghargaan P3DN. SPC pun memiliki sertifikasi untuk 33 produk unggulannya di berbagai kategori hingga hari ini. Produk CCTV merek SPC digunakan pada proyek-proyek Smart City di seluruh Indonesia, sementara Chromebook SPC disalurkan ke sekolah-sekolah negeri.

Penghargaan P3DN yang diraih SPC tak lepas dari baiknya implementasi peraturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP), yang berdampak positik bagi pelaku industri lokal dan memiliki efek multiplikasi pada ekonomi dan tingkat ketenagakerjaan di Indonesia. SPC juga meminta pemerintah meningkatkan batas bawah TKDN menjadi 30% dari 25% saat ini, sebagai insentif tambahan bagi peningkatan investasi pada industri dalam negeri.

Baca Juga:  First Impression Xiaomi Redmi Note 12 Pro 4G, Apa Kelebihannya?

Raymond menggarisbawahi bahwa SPC akan terus membuktikan komitmennya bagi industri lokal, dan membangun merek lokal yang membanggakan. “Inovasi adalah kunci pertumbuhan kami di masa depan, dan kami ingin memperbanyak lagi produk-produk yang relevan serta memiliki nilai lebih bagi masyarakat”.

Menuju Setengah Abad PT Supertone dan Merek SPC

PT Supertone senantiasa mengembangkan merek SPC, dan secara konsisten membangun ekosistem produk TI dan elektronik yang dibuat di dalam negeri. Saat ini, masyarakat Indonesia bisa memilih merek SPC untuk produk-produk TI (termasuk laptop, chromebook, PC AIO, desktop, printer Dot Matrix, proyektor), CCTV dan Perangkat Keamanan (termasuk kamera CCTV, perangkat NVR, kamera IP), layar komersil (indoor videotron display, interactive flat panel). Kategori termuda dengan perkembangan pesat pada jajaran produk SPC Health, termasuk masker 3 lapis, KN95, dan KF95. Ekosistem dan daftar produk lengkap SPC pun tersedia di situs resminya: www.spc-indo.com.

Dengan peningkatan pendapatan hingga 30%, bisnis PT Supertone mengalami pertumbuhan pesat. Ini juga didukung oleh pemberlakuan Instruksi Presiden (INPRES) No.2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. PT Supertone juga berhasil membuka lapangan pekerjaan lebih, dan kini jumlah tenaga kerjanya bertambah dua kali lipat.

SPC hadir di semua kota-kota besar di Indonesia, dengan jumlah gabungan reseller mencapai 10.000 rekanan untuk berbagai kategori produknya. Menanggapi layanan purnajual dengan serius, perusahaan menyediakan hotline layanan pelanggan SPC (081992115555) untuk mengarahkan para pelanggan ke pusat layanan pelanggan terdekat, dan jika berada di cakupan wilayah layanan, SPC menyediakan layanan gratis untuk penjemputan dan pengiriman produk yang ingin diperbaiki atau produk defect.

Ke depannya, PT Supertone senantiasa menjalankan komitmennya dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan produk lokal. Perusahaan juga menargetkan lebih banyak produk yang dibuat di dalam negeri, dari sebelumnya 80% menuju ke 95%, sekaligus meningkatkan persentase nilai TKDN produknya. SPC terus mengembangkan diri menjadi merek elektronik dan TI terpercaya, dan setiap produknya bisa diandalkan masyarakat untuk digunakan hingga 10 tahun mendatang.

Baca Juga:  Kemenperin Luncurkan Startup4Industry Investment Summit
Previous articleOPPO Buka Early Pre-order Find N2 Flip di Indonesia
Next article3 Cara Konsultasi Online untuk Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here