Home Blog Page 60

ASUS ROG Hadirkan Laptop Gaming Paling Canggih di 2025, Apa Saja?

Laptop Gaming ASUS ROG Paling Canggih di 2025

tabloidpulsa.id – Menyambut tahun 2025, ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan jajaran laptop gaming terbaru paling canggih serta aktivitas bersama para gamers.

Sebagai brand Gaming nomor satu di Indonesia dengan ekosistem paling lengkap dan komprehensif, ROG kembali menjadi yang pertama di Indonesia dalam mengumumkan jajaran laptop gaming paling canggih yang ditenagai CPU dan GPU generasi terbaru.  

Selain itu, ROG bersama RRQ juga menghadirkan event untuk para gamers di kota Bandung.

Di acara bertajuk GODA x RRQ tersebut, gamers diberi kesempatan untuk mencoba langsung berbagai laptop gaming paling canggih dari ROG, mulai dari bermain game hingga berintaraksi dengan AI.

Gamers juga diajak berkompetisi melalui aktivitas TEKKEN 8 Competition dengan berbagai hadiah menarik. 

No.1 Gaming Brand dengan Ekosistem Terlengkap 

ASUS ROG kembali menunjukkan dominasinya sebagai No.1 Gaming Brand dengan memperkenalkan jajaran laptop dan perangkat gaming terbaru di Indonesia.

ROG menjadi brand gaming pertama yang menghadirkan perangkat dengan CPU Intel Core Ultra (Series 2) “Arrow Lake”, AMD Ryzen AI Max+ Series “Strix Halo”, serta GPU NVIDIA GeForce RTX 50 Series.

Inovasi ini menetapkan standar baru dalam industri gaming, memberikan performa tinggi bagi para gamer dan kreator. 

Dalam jajaran terbaru ini, ROG Strix SCAR 16/18 (2025) hadir dengan Intel Core Ultra 9 275HX dan NVIDIA GeForce RTX 5090 Laptop GPU untuk pengalaman gaming yang maksimal, terutama dengan adanya AniMe Vision dan Tool-less Access design yang memungkinkan kustomisasi optimal pada laptop gaming Anda.

Sementara ROG Strix G16/G18 menawarkan opsi prosesor AMD Ryzen 9 atau Intel Core Ultra 9 275HX untuk gaming AAA dan pembuatan konten.

Tidak hanya itu, ROG Zephyrus G14/G16 (2025) menawarkan portabilitas tanpa mengorbankan performa.  

Sedangkan, favorit para gamer / kreator profesional ataupun ilustrator, ROG Flow Z13 (2025) hadir sebagai tablet gaming 2-in-1 dengan AMD Ryzen AI Max+ 395 dan Radeon 8060S Graphics, sebagai tablet / laptop gaming pertama dengan inovasi Unified Quad Channel RAM, memastikan ROGers dapat menggunakan laptop ini secara optimal sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan.

Untuk meningkatkan performa grafis, ROG XG Mobile tersedia sebagai GPU eksternal yang memberikan pengalaman gaming setara desktop. Semua perangkat gaming tersebut juga akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat! 

ROG di Acara GODA x RRQ 

ASUS ROG berkolaborasi dengan RRQ dalam event GODA x RRQ Crosspeak 2025, yang berlangsung di El Dorado Dome, Bandung, pada 7 Januari 2025.

Acara ini menjadi ajang perayaan awal tahun sekaligus pameran teknologi gaming, di mana ASUS menghadirkan lini produk terbaru dari ROG dan TUF Gaming.

Pengunjung dapat merasakan langsung pengalaman bermain game seperti Horizon Zero Dawn dan Cyberpunk, serta mencoba teknologi berbasis AI seperti NVIDIA Canvas dan Microsoft Copilot

 Selain pameran produk, acara ini juga menghadirkan TEKKEN 8 Competition yang sangat menarik. Kompetisi ini menawarkan hadiah eksklusif berupa merchandise exclusive dari ROG bagi para pemenang.

Dengan menggabungkan elemen gaming, teknologi, dan eSports, event ini tidak hanya menjadi ajang promosi tetapi juga wadah interaksi antara gamer, kreator digital, dan komunitas penggemar ASUS ROG. 

Bocoran Spesifikasi dan Desain realme C75x Terungkap via Poster Promo

Bocoran Spesifikasi realme C75x
Foto: Miiyo

tabloidpulsa.id – Setelah sukses merilis realme C75 di Vietnam pada November lalu, realme kini tampaknya bersiap meluncurkan varian baru bernama realme C75x di Malaysia.

Informasi mengenai perangkat ini muncul melalui database sertifikasi SIRIM Malaysia dengan nomor model RMX5020.

Tak hanya itu, sebuah poster promo yang bocor secara online turut mengungkap desain dan spesifikasi kunci dari smartphone tersebut.

Desain dan Fitur Utama realme C75x

Dari poster yang beredar, terlihat bahwa smartphone ini memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, realme C75.

Smartphone ini hadir dengan bodi datar di bagian depan dan belakang, serta dilengkapi dengan fitur ketahanan yang tangguh.

Perangkat ini diklaim memiliki sertifikasi IP69 yang membuatnya tahan terhadap debu, air, bahkan benturan, serta telah mengantongi sertifikasi standar militer.

Spesifikasi Layar dan Baterai

Salah satu peningkatan yang menarik adalah pada bagian layar. realme C75x akan hadir dengan refresh rate 120Hz, yang memberikan pengalaman scrolling dan animasi yang lebih mulus dibandingkan model sebelumnya.

Untuk baterai, perangkat ini dibekali kapasitas 5.600mAh, sedikit lebih kecil dibandingkan varian standar, namun tetap cukup besar untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Kapasitas RAM dan Penyimpanan

Meski belum ada informasi resmi mengenai jenis prosesor yang digunakan, realme C75x diperkirakan akan hadir dengan konfigurasi RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Menariknya, pengguna dapat memperluas RAM secara virtual hingga total 24GB, sehingga meningkatkan performa multitasking.

Kamera dan Pilihan Warna

Detail mengenai kamera masih belum jelas. Namun, jika mengacu pada spesifikasi realme C75, kemungkinan besar C75x akan mempertahankan kamera belakang 50MP dan kamera depan 8MP.

Dari segi pilihan warna, smartphone ini akan tersedia dalam dua varian menarik, yaitu Coral Pink dan Oceanic Blue.

Perkiraan Peluncuran

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi terkait harga maupun tanggal peluncuran Realme C75x di Malaysia.

Namun, dengan sertifikasi yang telah didapatkan dan materi promo yang sudah tersebar, kemungkinan peluncuran resminya akan segera dilakukan.

Nubia V70 Max Siap Diluncurkan, Intip Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Nubia V70 Max

tabloidpulsa.idNubia Filipina telah mengonfirmasi bahwa Nubia V70 Max akan diluncurkan pada 15 Februari. Berkat bocoran dari platform e-commerce Shopee dan Lazada, spesifikasi lengkap smartphone ini telah terungkap.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Nubia V70 Design yang dirilis pada November tahun lalu, versi Max ini membawa peningkatan di sektor baterai, RAM, dan kapasitas penyimpanan.

Spesifikasi Nubia V70 Max

Layar Besar dengan Refresh Rate Tinggi

Smartphone ini hadir dengan layar LCD besar berukuran 6,9 inci yang memiliki resolusi HD+ dan mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Dengan ukuran layar yang luas dan refresh rate tinggi, pengguna dapat menikmati pengalaman visual yang lebih mulus.

Performa yang Cukup Andal untuk Kebutuhan Harian

Dapur pacu perangkat ini ditenagai oleh chipset Unisoc T606 yang dibangun dengan proses fabrikasi 12nm.

Meski bukan prosesor flagship, kinerjanya sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan harian.

Nubia V70 Max juga dilengkapi dengan RAM 6GB (meningkat dari 4GB pada V70 Design) dan penyimpanan internal 128GB.

Ada kemungkinan varian dengan kapasitas penyimpanan 256GB juga akan tersedia, mengingat opsi tersebut ada pada model sebelumnya.

Kamera dengan Resolusi Tinggi

Di sektor fotografi, V70 Max dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 50MP, lensa tambahan 2MP, serta kamera selfie 8MP.

Kombinasi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan fotografi pengguna untuk berbagai situasi.

Baterai Jumbo dan Pengisian Cepat

Salah satu daya tarik utama perangkat ini adalah kapasitas baterai yang besar, yakni 6.000mAh, lebih besar dari 5.000mAh yang dimiliki V70 Design.

Dengan kapasitas tersebut, pengguna dapat menggunakan perangkat lebih lama tanpa khawatir kehabisan daya.

V70 Max juga mendukung pengisian cepat 22,5W yang dapat mengisi daya dalam waktu relatif singkat.

Fitur Keamanan dan Sistem Operasi Terbaru

Untuk keamanan, Nubia V70 Max dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang dipasang di sisi perangkat.

Mengingat layarnya menggunakan panel IPS, fitur ini menjadi solusi yang tepat karena teknologi pemindai sidik jari dalam layar tidak dapat diterapkan pada jenis layar tersebut.

Perangkat ini menjalankan MyOS 15 berbasis Android 15 dan akan tersedia dalam tiga pilihan warna menarik: abu-abu, pink, dan hijau.

Harga Nubia V70 Max

Hingga saat ini, Nubia belum mengungkap harga resmi Nubia V70 Max. Sebagai referensi, Nubia V70 Design diluncurkan pada November tahun lalu dengan harga sekitar PHP 5.299 (sekitar Rp 1,6 juta atau USD 91).

Dengan peningkatan spesifikasi yang ditawarkan, Nubia V70 Max kemungkinan akan hadir dengan harga yang sedikit lebih tinggi namun tetap ramah di kantong.

Dengan peningkatan signifikan di sektor baterai, RAM, dan penyimpanan, Nubia V70 Max siap menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang mencari smartphone entry-level dengan spesifikasi mumpuni.

Jangan lewatkan peluncurannya pada 15 Februari mendatang untuk mengetahui lebih lanjut tentang harga dan ketersediaan perangkat ini.

Sambut Valentine, Soundcore Hadirkan Paket Bundling Spesial

valentine Soundcore paket bundling

tabloidpulsa.id – Dalam rangka merayakan Hari Valentine, Soundcore menawarkan paket bundling eksklusif yang terdiri dari produk unggulan mereka, yaitu R50i NC dan A30i NC, dengan harga yang sangat menarik.

Paket Valentine Soundcore ini menawarkan kombinasi sempurna antara kualitas audio tinggi dan desain elegan yang cocok untuk dijadikan hadiah istimewa.

Dengan membeli paket ini, pelanggan akan mendapatkan R50i NC dan A30i NC yang dikemas sekaligus, sehingga cocok untuk dijadikan hadiah Valentine.

Soundcore menghadirkan paket spesial Valentine yang menawarkan kombinasi produk unggulan mereka, yaitu R50i NC dan A30i NC, dengan harga yang sangat menarik.

Dengan membeli paket ini, pelanggan hanya perlu membayar Rp 525.000 untuk mendapatkan kedua produk tersebut, yang biasanya dijual secara terpisah dengan harga Rp 299.000. Total harga 588.000. Sehingga konsumen bisa berhemat hingga 39.000. 

Sebagai informasi, Soundcore R50i NC dan A30i NC adalah dua produk andalan Soundcore yang telah dikenal karena kualitas suara yang jernih, fitur noise cancellation yang canggih, dan harga yang bersahabat, serta desain yang nyaman digunakan sehari-hari.

Kedua produk ini sangat cocok untuk menemani momen-momen romantis bersama pasangan, baik saat mendengarkan musik, menonton film, atau sekadar berbagi cerita.

Ridwan Hidayat, Country Manager Anker Indonesia, menyatakan, “Kami sangat senang bisa menghadirkan paket spesial ini untuk menyambut Hari Valentine. Soundcore selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman audio terbaik kepada pelanggan, dan kami yakin paket ini akan menjadi hadiah yang sangat berarti bagi pasangan maupun orang terkasih. Dengan harga yang lebih hemat dan kemasan eksklusif, kami berharap paket ini bisa menjadi pilihan tepat untuk merayakan momen kasih sayang.”

Sedikit mengulas kembali beberapa keunggulan fitur-fitur yang dimiliki oleh kedua produk dari Soundcore ini.

Soundcore R50i NC dilengkapi dengan teknologi Noise Cancellation yang memungkinkan pengguna menikmati musik tanpa gangguan suara sekitar.

Dengan fitur ini, Anda dapat fokus sepenuhnya pada momen romantis bersama pasangan, baik saat mendengarkan musik favorit atau menonton film bersama.

Desainnya yang ergonomis juga membuatnya nyaman digunakan dalam waktu lama, tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman di telinga.

Selain itu, R50i NC menawarkan kualitas suara yang jernih dengan bass yang dalam, cocok untuk berbagai genre musik, mulai dari lagu-lagu romantis hingga musik upbeat yang semangat.

Sedangkan untuk Soundcore A30i NC, selain memiliki fitur peredam bising, produk ini juga dilengkapi dengan fitur Environmental Noise Cancellation (ENC) yang memastikan kualitas panggilan lebih jelas, bahkan di lingkungan yang bising.

Ini membuatnya ideal untuk pasangan yang sering berkomunikasi jarak jauh.

Selain itu, A30i NC didukung oleh baterai tahan lama yang mampu bertahan hingga 20 jam penggunaan, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah momen spesial.

Yang lebih menarik lagi dan cocok untuk hadiah Valentine, Desainnya yang compact dan berbentuk mirip lipstick sehingga cocok jika disimpan dalam tas dan mudah dibawa bepergian.

Periode promo ini hanya berlaku 10 hari, dimulai tanggal 10 hingga 20 Februari 2025.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memberikan hadiah istimewa kepada pasangan Anda.

Dengan paket Valentine Soundcore, Anda tidak hanya memberikan hadiah yang berharga, tetapi juga menciptakan momen berharga, dengan menikmati musik bersama orang terkasih di hari kasih sayang.

Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, Anda bisa mendapatkannya di beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia: Soundcore by anker, dan Tiktok Anker.indonesia.

Indosat dan TREBEL Music Hadirkan Fitur Download Musik Berbasis AI

IOHxTREBEL

tabloidpulsa.id – Indosat menjalin kemitraan strategis dengan TREBEL Music, platform digital yang menghadirkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih canggih dan personal.

Kolaborasi ini sejalan dengan transformasi Indosat menjadi AI TechCo, menghadirkan fitur AI terbaru dari TREBEL Music sebagai layanan inovatif bagi pengguna IM3 dan Tri.

Melalui kerja sama ini, IM3 dan Tri semakin memperkuat ekosistem digitalnya dengan menghadirkan platform musik berbasis AI yang inovatif.

Kini, pelanggan IM3 dan Tri dapat menikmati pengalaman eksplorasi musik yang lebih mudah dan sesuai dengan preferensi mereka melalui aplikasi myIM3 dan bima+.

Vivek Mahendiratta, Chief Marketing Officer dari Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Kami sangat antusias menyambut kolaborasi bersama TREBEL Music untuk menghadirkan pengalaman musik yang lebih personal bagi pelanggan. Melalui aplikasi myIM3, pengguna kini bisa menjelajahi, menikmati, dan menyesuaikan musik favorit sesuai preferensi mereka dengan cara yang lebih kreatif. Dengan semangat gotong royong, Indosat membuka kolaborasi lintas industri guna mempercepat transformasi digital. Langkah ini bertujuan untuk membangun ekosistem digital yang lebih inklusif.”

Tutorial Menggunakan TREBEL MAX dan Fitur AI:

  1. Buka aplikasi myIM3 atau bima+, lalu masuk ke bagian Lifestyle.
  2. Ketuk ikon TREBEL dan ikuti langkah-langkah untuk membeli paket TREBEL MAX.
  3. Setelah pembelian berhasil, pelanggan akan menerima SMS konfirmasi berisi tautan ke TREBEL MAX.
  4. Klik tautan tersebut untuk mengakses halaman TREBEL MAX, di mana pelanggan bisa mengunduh lagu favorit atau menjelajahi berbagai fitur TREBEL AI.
  5. Coba fitur TREBEL AI untuk mencari informasi seputar musik dan mendapatkan rekomendasi yang lebih beragam.

Toto Widjojo, Country Head dari TREBEL Music Indonesia, menambahkan, “Bersama Indosat, TREBEL Music menghadirkan cara baru yang lebih mudah dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati musik, dilengkapi dengan berbagai keuntungan, termasuk paket data eksklusif. Sebagai satu-satunya aplikasi musik berbasis AI di Indonesia, TREBEL Music menawarkan pengalaman mendengarkan yang lebih personal, mulai dari playlist yang disesuaikan dengan suasana hati, rekomendasi AI, hingga fitur untuk menciptakan lagu sendiri. Dengan teknologi AI, pengalaman musik digital menjadi lebih inklusif, interaktif, dan dapat diakses oleh semua pengguna.”

3 Cara Kreatif Gen Z Bikin Konten, Pakai AI di Galaxy S25 Series

AI Galaxy S25 Series Gen Z Bikin Konten

tabloidpulsa.id — Sebuah studi terbaru dari Kantar mengungkap bahwa 70% populasi internet di Indonesia kini menggunakan AI untuk mendukung kreativitas, terutama dalam pembuatan konten. Generasi Z menjadi salah satu pengguna yang paling aktif memanfaatkan teknologi ini. Melihat tren tersebut, Samsung menghadirkan inovasi terbaru di Galaxy S25 Series dengan integrasi AI yang lebih canggih dan terpersonalisasi, sehingga memudahkan Gen Z untuk menghasilkan konten yang kreatif dengan lebih cepat dan mudah.

Riset Kantar juga mencatat 71% responden menggunakan AI untuk meminimalkan waktu dan usaha, sementara 69% menyebut AI membantu proses kreatif menjadi lebih efisien. Sebanyak 65% responden bahkan mengaku AI meningkatkan kreativitas dalam menghasilkan ide yang lebih inovatif.

Menurut Ummu Hanni, Associate Director Kantar Indonesia, “Sebagian besar populasi digital di Indonesia telah berinteraksi dengan AI, terutama dalam aktivitas pencarian dan kreasi. AI tidak hanya meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu, tetapi juga menjadi kolaborator kreatif yang membantu merancang eksekusi secara lebih optimal.”

Anjas Maradita, seorang AI Expert dan Content Creator, adalah salah satu kreator yang aktif memanfaatkan AI dalam proses kreatifnya. Ia memilih Galaxy S25 Series sebagai perangkat utama dalam pembuatan kontennya.

“Saya pilih Galaxy S25 Ultra sebagai partner berkreasi karena dua alasan utama: teknologi AI yang terintegrasi antar aplikasi dan kualitas kamera yang nggak ada tandingannya. AI di perangkat ini benar-benar mempercepat proses yang sebelumnya memakan waktu lama. Karena semuanya ada di satu perangkat, saya bisa bebas explore ide dan bereksperimen dengan cara baru dalam membuat konten,” ujar Anjas.

Tiga Cara Kreatif Menggunakan AI di Galaxy S25 Series ala Anjas Maradita

1. Brainstorming Ide Konten Lebih Seru dengan AI

Dalam membuat konten, ide kreatif sangat penting agar hasilnya unik dan menarik. Kantar mencatat bahwa 61% pengguna AI memanfaatkannya untuk brainstorming dan menulis konten.

Galaxy S25 Series dilengkapi fitur Gemini Live yang memudahkan proses riset dan brainstorming. Anjas biasanya menonton video panjang di YouTube sebagai bagian dari riset. Dengan Gemini Live, ia tidak perlu lagi menonton video secara penuh.

Fitur ini dapat merangkum poin-poin penting dalam video dan memberikan informasi tambahan berdasarkan topik yang dibahas.

“Gemini Live membuat proses brainstorming jadi lebih efektif. Saya bisa ngobrol dua arah dengan AI yang memahami bahasa sehari-hari. Rasanya seperti punya rekan kerja digital yang selalu siap membantu,” jelas Anjas.

2. Editing Sekelas Profesional dengan Audio Eraser

Editing adalah salah satu tahapan paling memakan waktu dalam pembuatan konten. Berdasarkan data Kantar, 75% pengguna AI memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas foto dan 60% untuk editing video.

Fitur Audio Eraser di Galaxy S25 Series menjadi solusi untuk mengatasi noise dalam video. Teknologi AI-nya mampu mendeteksi hingga enam jenis suara, seperti ucapan, musik, angin, dan keramaian, yang dapat diatur volumenya sesuai kebutuhan.

“Editing suara jadi gampang banget pakai Galaxy S25 Ultra! Fitur ini built-in di Gallery, jadi nggak perlu aplikasi tambahan. Generative Edit juga bikin editing foto jadi seamless dengan AI yang semakin pintar mendeteksi objek dan mengisi background,” tambah Anjas.

3. Promosi Konten Lebih Maksimal dengan AI Select

Bagi Anjas, promosi konten sama pentingnya dengan proses pembuatannya. Kreator YouTube misalnya, harus memikirkan thumbnail yang menarik dan menyiapkan cuplikan konten untuk promosi di Instagram Story dan Reels.

Galaxy S25 Series menghadirkan fitur AI Select yang memungkinkan pengguna membuat GIF dari berbagai gambar atau video. Fitur ini memudahkan kreator untuk membuat konten promosi secara instan.

“AI Select sangat membantu! Saya bisa langsung capture frame dari video dan mengubahnya jadi GIF untuk diposting di media sosial. Bahkan, Generative Edit bisa membuat karakter AI dari konten yang sudah dibuat untuk thumbnail yang lebih unik,” ujar Anjas.

Pre-order Galaxy S25 Series dan Rasakan Teknologi AI yang Lebih Cerdas

Dengan AI yang terintegrasi, kualitas kamera unggulan, dan performa terbaik, Galaxy S25 Series menjadi pilihan tepat bagi kreator konten dan pengguna yang ingin meningkatkan kreativitas mereka.

Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, menyatakan, “Gemini Live dengan AI yang terintegrasi memungkinkan pengguna mengolah ide kreatif secara seamless. Audio Eraser dan AI Select memudahkan editing konten layaknya profesional tanpa perlu aplikasi tambahan. Dengan Snapdragon® 8 Elite for Galaxy, performanya semakin andal.”

Samsung juga menghadirkan penawaran spesial bagi pengguna yang ingin upgrade ke Galaxy S25 Ultra. Dengan trade-in Galaxy S24 Ultra 256GB, pengguna bisa mendapatkan Galaxy S25 Ultra 1TB dengan harga mulai dari Rp10.999.000. Penawaran ini tersedia di www.samsung.com/id atau Samsung Store di seluruh Indonesia.

Manfaatkan cicilan 0% selama 12 bulan dengan cashback hingga Rp1,5 juta. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan bonus eksklusif seperti Free Memory Upgrade hingga Rp4 juta dan cashback bank hingga Rp1,5 juta. Tersedia juga trade-in cashback sampai Rp2,5 juta serta free Telkomsel eSIM 150GB senilai Rp900 ribu.

Jangan lewatkan kesempatan ini! Pre-order Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, atau Galaxy S25 selama periode 23 Januari – 13 Februari 2025 di www.samsung.com/id dan jadilah yang pertama berkreasi dengan AI yang lebih cerdas!

Harga Rp 1 Jutaan, Infinix SMART 9 HD Punya Durabilitas Tinggi

Infinix Smart 9 HD Indonesia

tabloidpulsa.idInfinix mengumumkan peluncuran keluarga baru varian entry-level Infinix SMART Series dengan hadirnya Infinix SMART 9 HD di Indonesia.

Hadir dengan durabilitas produk yang telah tersertifikasi Infinix SMART 9 HD dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang semakin optimal melalui kombinasi memori besar, baterai tahan lama, serta layar 90Hz yang menawarkan visual lebih mulus.

Hadir dalam dua opsi RAM 3GB dan 4GB, Infinix SMART 9 HD tersedia mulai harga Rp1.049.000 untuk varian 3GB RAM (ekstensi RAM hingga 6GB) dan sudah dapat dibeli melalui Infinix online store serta mitra gerai fisik Infinix Indonesia. 

Sergio Ticoalu, Head of Marketing Infinix Indonesia, menyatakan, “Infinix SMART 9 HD menjadi produk ekstensi dari seri SMART 9 yang hadir dengan harga sangat kompetitif di segmen entry level namun unggul dengan durabilitas yang telah teruji oleh lab R&D Infinix global. Integrasi fitur durabilitas, baterai besar, dan refresh rate yang mumpuni. Di harga Rp1.1 Jutaan, SMART 9 HD menawarkan perpaduan ketahanan serta performa yang optimal dan sangat worth-it di kelasnya”.

Daya Baterai Besar dengan Durabilitas Lebih Optimal

Infinix SMART 9 HD dirancang dengan standar durabilitas tinggi melalui lebih dari 200 pengujian kualitas ketat oleh tim R&D Infinix Global.

Perangkat ini telah melewati drop test hingga 250.000 kali, perlindungan jatuh dari enam sisi hingga ketinggian 1,5 meter, serta uji penyimpanan pada suhu ekstrem hingga 70°C.

Melalui serangkaian pengujian ini, Infinix SMART 9 HD menghadirkan ketahanan yang lebih baik dalam berbagai kondisi, mengurangi risiko kerusakan dan memberikan rasa aman bagi pengguna.

Dilengkapi sertifikasi IP54, perangkat ini memiliki ketahanan terhadap percikan air dan durabilitas yang lebih baik untuk penggunaan sehari-hari.

Dengan dimensi 165,7 x 77,1 x 8,35mm dan bobot 188 gram, Infinix SMART 9 HD tetap nyaman digunakan.

Layar IPS LCD 6.7 inci dengan refresh rate 90Hz memberikan tampilan yang lebih mulus, memastikan pengalaman grafis optimal baik untuk menikmati konten multimedia maupun aktivitas produktif.

Performa Infinix SMART 9 HD semakin optimal dengan Dynamic Bar, yang memungkinkan akses informasi lebih cepat dan praktis.

Dukungan DTS Dual Stereo Speaker dengan 300% Ultra Volume menghasilkan suara yang lebih lantang dan jernih, memberikan pengalaman audio yang lebih imersif.

Ditenagai baterai 5000mAh, perangkat ini menawarkan daya tahan sepanjang hari untuk berbagai aktivitas. Type-C Charging memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat dan efisien.

Dalam Dua Varian RAM, Harga Infinix SMART 9 HD

Infinix SMART 9 HD hadir dengan empat pilihan warna stylish, yaitu Metallic Black, Neo Titanium, Mint Green, dan Coral Gold, serta tersedia dalam dua varian RAM dan ROM, yaitu 3GB/64GB dan 4GB/64GB.

Smartphone ini dapat dibeli dengan harga Rp1.049.000 untuk varian 3GB/64GB dan Rp1.149.000 untuk varian 4GB/64GB.

Kedua varian ini tersedia secara online melalui Infinix Online Shop, sementara varian 4GB/64GB juga dapat dibeli secara offline di gerai mitra resmi Infinix Indonesia.

Indosat Lanjutkan Program GenSi ke Maumere

Indosat GenSi Maumere

tabloidpulsa.id – Indosat bersama Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Komdigi kembali memperluas program Generasi Terkoneksi (GenSi) di wilayah Indonesia Timur, tepatnya di Maumere.

Pada program kali ini, Indosat mengangkat tema “Saatnya GenSi Beraksi” yang digelar di Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 4 Februari 2025.

Sebelumnya, acara serupa telah sukses dilaksanakan di Papua, Solo dan Minahasa Utara, yang diikuti oleh lebih dari seribu peserta untuk memperkuat keterampilan digital generasi muda.

Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Indosat berkomitmen mendukung pemerataan akses hingga ke Indonesia Timur. Kami percaya literasi digital yang inklusif adalah kunci bagi Gen Z untuk menghadapi tantangan era digital. Program GenSi sejalan dengan langkah kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk memberdayakan Indonesia. Dengan membekali keterampilan yang tepat, kami optimis dapat membuka peluang baru dan mempersiapkan generasi muda untuk berkompetisi di pasar global.”

Acara ini menghadirkan para ahli dari berbagai sektor, seperti Hamdani Pratama (Kepala BPPTIK dari Kementerian Komunikasi & Digital), Adri Gautama (Area Academy Manager Cisco Networking Academy PT Cisco Systems Indonesia), Fuadit Muhammad (Programmer dan Tech Influencer), Anjas Maradita (AI Content Creator & Developer), dan Apriani V.E.K. Dangga (Edu & Self Development Content Creator NTT).

Mereka akan berbagi keterampilan pada pengembangan kompetensi keamanan siber, pemahaman etika digital, cara penggunaan teknologi yang aman dan bertanggung jawab.

Dalam kegiatan GenSi Talks, peserta akan mengikuti tiga sesi diskusi menarik yang mengangkat sejumlah tema terkini, seperti ‘AI, Teman atau Lawan?’, ‘Jaringan yang Terhubung, Peluang yang Tak Terbatas’, dan ‘Transformasi Gen Z: Dari Cerdas Digital ke Aman Digital.’

Dengan berfokus pada tiga topik tersebut, Indosat berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan digital, mengembangkan keterampilan digital dan keamanan siber di kalangan generasi muda di Maumere.

Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya,  Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia, mengatakan, “Kami mengapresiasi langkah Indosat dalam menginisiasi lintas kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta guna mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Literasi digital yang kuat adalah kunci dalam menghadapi tantangan di era digital. Dengan memahami teknologi secara mendalam dan menerapkan etika digital yang baik, program ini akan menjadi langkah nyata dalam membangun ekosistem digital secara lebih inklusif dan memperkuat transformasi digital di Indonesia.”

GenSi berupaya meningkatkan keterampilan digital dan memperluas akses bagi masyarakat yang belum terlayani secara optimal di Nusa Tenggara Timur.

Meski jumlah penetrasi internet telah mencapai 67,75% di NTT, tetapi kontribusinya terhadap total penggunaan internet di Indonesia masih rendah, yakni hanya 1,70%.

Untuk memperkuat, GenSi juga menekankan AI Sovereignty melalui kolaborasi dengan International Telecommunication Union (ITU) dan Digital Transformation Center (DTC).

Melalui GenSi, Indosat berharap generasi muda di Indonesia Timur dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan di era digital dan lebih bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.

Kinerja XL Axiata Tahun 2024 Pendapatan Naik 6%, Laba Bersih Naik 45%

Optimalisasi Jaringan 4G XL Axiata Surabaya

tabloidpulsa.idXL Axiata berhasil meraih pertumbuhan positif kinerja yang solid di sepanjang tahun 2024.

Perusahaan mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang meningkat sebesar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY), mencapai Rp 34,40 triliun.

Peningkatan pendapatan tersebut kemudian mendorong pertumbuhan EBITDA mencapai Rp 17,88 triliun, tumbuh 13% YoY, dengan EBITDA margin yang meningkat menjadi 52%.

Laba bersih XL Axiata pun ikut terdorong mencapai Rp 1,85 triliun, naik 45% YOY. 

Hingga periode akhir 2024 ini, XL Axiata juga berhasil meningkatan Average Revenue Per User (ARPU) naik menjadi Rp 43 ribu.

Kenaikan ARPU ini seiring dengan pertumbuhan trafik data yang meningkat 9% YoY, mencapai 10.547 Petabytes, yang juga ikut mendorong kenaikan kontribusi pendapatan layanan Data dan Digital hingga mencapai sebesar 92% dari total pendapatan.

Sementara itu, peningkatan trafik tidak terlepas dari kuatnya basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 58,8 juta. 

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “Kami berhasil melalui tahun 2024 yang penuh tantangan ekonomi secara nasional dan global dengan kinerja yang cukup solid, dengan pendapatan yang terus meningkat, serta EBITDA dan laba bersih yang tumbuh double digit. Peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis telah menjadi kunci keberhasilan kami. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga mendorong peningkatan trafik data yang signifikan.”

Dian menambahkan, keberhasilan kinerja sepanjang tahun 2024 tidak terlepas dari upaya perusahaan dalam meningkatkan efisiensi di setiap lini bisnis dengan cermat.

Salah satu langkah yang diambil adalah mengoptimalkan pengeluaran untuk keperluan penjualan dan pemasaran, yang berhasil ditekan hingga 15%.

Selain itu, biaya infrastruktur bisa diturunkan hingga 2%, dengan perusahaan lebih berfokus untuk meningkatkan site profitability serta menerapkan strategi jaringan yang lebih efisien dan efektif.

Dengan demikian, perusahaan mampu mengendalikan kenaikan OPEX, sehingga tetap lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan. Ini adalah langkah positif untuk melanjutkan inovasi dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan.

Terkait keberhasilan penurunan beban dalam penjualan dan pemasaran, XL Axiata mendorong peningkatan penggunaan aplikasi digital, khususnya aplikasi MyXL dan AxisNet.

Hingga akhir tahun 2024, kedua aplikasi ini mencapai total pengguna aktif bulanan hingga sebanyak 33,1 juta atau meningkat lebih dari 100% dalam tiga tahun terakhir.

Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan MyXL dan AxisNet merupakan hasil positif dari upaya XL Axiata untuk tak henti berinovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menerapkan strategi yang fokus pada pengalaman pelanggan (CX) berbasis digital melalui data analytics.

Pendekatan dengan memaksimalkan aplikasi digital ini tidak hanya memungkinkan XL Axiata untuk berinvestasi di area yang memiliki nilai tinggi, tetapi juga untuk membangun jaringan yang kuat guna memenuhi permintaan dari berbagai segmen pelanggan.

Dengan memanfaatkan data analytics, XL Axiata dapat secara efektif mengevaluasi key performance indicator (KPI) di seluruh aspek yang berkaitan dengan pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas.

Hal ini memberikan perusahaan kemampuan untuk merancang strategi yang tepat, sehingga dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi MyXL dan AxisNet, perusahaan berhasil untuk bisa lebih memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan.

Hal ini memungkinkan XL Axiata untuk memberikan penawaran yang lebih tepat kepada pelanggan, pada waktu yang tepat, dengan cara yang lebih efektif.

Data Net Promoter Score (NPS) XL Axiata masih meningkat secara signifikan. Peningkatan ini tidak hanya mendorong penggunaan layanan, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan.

XL Axiata berkomitmen melanjutkan penerapan strategi ini sepanjang tahun 2025 dan kedepan.

Posisi keuangan XL Axiata menunjukkan sehat per akhir Desember 2024, utang kotor perusahaan tercatat sebesar Rp 12,5 triliun, sementara utang bersih mencapai Rp 11,1 triliun.

Rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) berada pada angka 2,5x, mencerminkan manajemen utang yang prudent.

XL Axiata tidak memiliki utang berdenominasi valuta asing, yang memberikan stabilitas lebih dalam pengelolaan keuangan.

Dari total pinjaman yang ada, 53% memiliki suku bunga tetap (fixed), sementara 47% lainnya menggunakan suku bunga mengambang (floating), menunjukkan diversifikasi yang bijaksana dalam struktur pembiayaan.

Kemudian, free cash flow (FCF) perusahaan berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 20%, mencapai Rp 10,5 triliun.

Hal ini sebagai komitmen XL Axiata untuk menjaga likuiditas dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan di masa depan.

Percepatan Layanan FMC

Tahun 2024 telah menjadi tahun yang monumental bagi XL Axiata untuk memperkuat bisnis layanan Fixed Mobile Convergence (FMC), yang ditandai dengan masih tumbuhnya pelanggan layanan XL Satu dan juga masuknya pelanggan layanan fixed broadband (FBB) First Media sebagai salah satu layanan XL Axiata, pasca akuisisi Link Net pada 2022 silam.

Proses pembentukan XL Axiata sebagai ServeCo dan Link Net sebagai FiberCo telah berjalan dengan baik.

Dalam langkah strategis ini, XL Axiata telah mengakuisisi sekitar 750 ribu pelanggan residensial Link Net.

Pengambilalihan ini meningkatkan basis jumlah pelanggan FBB Axiata, sehingga saat ini mencapai lebih dari satu juta pelanggan, dan menempatkan XL Axiata sebagai pemain FBB terbesar kedua di Indonesia.

Kolaborasi XL Axiata – Link Net juga menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam upaya mendorong dan memperkuat bisnis layanan FMC ini., termasuk komitmen untuk memperluas cakupan layanan.

Selain itu, XL Axiata bertekad untuk mendorong percepatan penetrasi konvergensi layanan FMC dan meningkatkan kualitas pengalaman bagi pelanggan.

Saat ini, XL Axiata telah memperluas cakupan jaringan layanan FMC di 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta.

XL Axiata kini juga masih mengembangkan produk ke segmen korporasi dan usaha kecil menengah (UKM).

Pengembangan layanan ke kedua segmen tersebut juga diselaraskan dengan semakin meningkatnya kebutuhan atas layanan Information and Communication Technology (ICT), Internet of Things (IoT), dan Big Data. 

Perluas Infrastruktur Jaringan

XL Axiata memperluas infrastruktur jaringan hingga akhir 2024, XL Axiata telah menambah jumlah base transceiver station (BTS) sebanyak 5.740 unit.

Dengan demikian total BTS saat ini mencapai 165.864 unit, meningkat sebesar 4% YOY. Dari total tersebut, hampir 111 ribu di antaranya merupakan BTS 4G. 

Sementara itu, proses fiberisasi jaringan telah mencapai 63% dari total site BTS yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

Fiberisasi adalah langkah modernisasi yang dilakukan dengan menghubungkan BTS melalui jalur fiber, serta melakukan pembaruan perangkat-perangkat BTS.

Ini termasuk penggantian perangkat yang sebelumnya menggunakan microwave menjadi perangkat berbasis fiber.

Inisiatif fiberisasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan data 4G, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan untuk memberikan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat.

XL Axiata terus melakukan langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan kualitas jaringan, yang menjadi fondasi utama dalam memberikan pengalaman pelanggan.

Komitmen XL Axiata untuk memperkuat jaringan tercermin dari pengeluaran belanja modal (Capex) sebesar Rp 7,4 triliun.

XL Axiata akan terus melanjutkan inisiatif investasi dalam pengembangan jaringan dengan pendekatan yang cermat, guna memastikan bahwa layanan yang ditawarkan semakin berkualitas dan mampu mendukung pertumbuhan penggunaan jaringan yang terus meningkat.

XL Axiata dan Smartfren Merger Strategis

Perusahaan juga melakukan aksi korporasi merger.

XL Axiata dan Smartfren telah mencapai kesepakatan definitif untuk melakukan merger, dengan nilai gabungan pra-sinergi mencapai lebih dari Rp 104 triliun.

Penggabungan ini akan melahirkan entitas telekomunikasi baru yang disebut XLSmart, yang akan menjadi kekuatan baru di sektor telekomunikasi Indonesia. Kolaborasi ini akan mendorong inovasi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, merger ini diharapkan menghasilkan sinergi biaya yang signifikan, dengan estimasi sinergi sebelum pajak sebesar USD 300-400 juta setelah selesainya proses integrasi jaringan strategis serta optimalisasi sumber daya.

Kolaborasi ini akan menempatkan XLSmart sebagai kekuatan transformatif di industri telekomunikasi, yang membuka jalan bagi pertumbuhan dan inovasi berkelanjutan di sektor ini.

Merger ini merupakan langkah strategis yang menggabungkan dua entitas yang saling melengkapi, dengan tujuan untuk memberikan layanan terbaik di pasar telekomunikasi Indonesia.

Dengan bergabungnya XLSmart, akan memiliki skala yang lebih besar, kekuatan finansial yang solid, dan keahlian yang mendalam.

Hal ini akan memungkinkan untuk mendorong investasi dalam infrastruktur digital, memperluas jangkauan layanan, dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi pelanggan.

Kolaborasi ini akan menciptakan pasar yang lebih sehat dan kompetitif, memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat.

OPPO Campus Ambassador Batch 1 Lulus dan Siap Menginspirasi

OPPO Campus Ambassador batch 1 lulus

tabloidpulsa.id – Setelah melewati berbagai tantangan dan pengalaman berharga selama tiga bulan, OPPO Indonesia merayakan kelulusan OPPO Campus Ambassador (OCA) Batch 1 dalam Wrap-Up & Ceremony Event. Acara yang digelar di OPPO Gallery Gandaria City Mall pada 1 Februari ini menjadi momen puncak bagi para mahasiswa terpilih, menandai langkah baru mereka untuk terus menginspirasi generasi muda.


Mengusung tagline “Connect, Create, Impact, Build the Future with OPPO”, program OPPO Campus Ambassador dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman, keterampilan, dan wawasan yang bermanfaat bagi masa depan mereka. Salah satu highlight dari program ini adalah Event Challenge, di mana para peserta dibagi dalam lima kelompok untuk mengadakan acara di berbagai lokasi seperti Depok, Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Setiap event dirancang agar mampu menjangkau serta melibatkan audiens mahasiswa secara langsung, memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan.

Selain itu, peserta OPPO Campus Ambassador juga diberikan tugas untuk mengelola media sosial hingga membuat konten yang menarik, serta merancang ide marketing kreatif yang akan berguna dalam perjalanan karir mereka di masa depan. Melalui rangkaian kegiatan ini, program OPPO Campus Ambassador telah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk pengembangan diri.

Dukungan OPPO untuk Masa Depan Mahasiswa

Melalui program ini, OPPO Indonesia ingin berkontribusi dalam persiapan karier mahasiswa dengan berbagai pelatihan, workshop, serta career talk. Sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi mereka, OPPO juga memberikan berbagai reward bagi para peserta yang menunjukkan performa terbaik.

Dalam acara ini, Nira Kania Wulandari dinobatkan sebagai Best of the Batch, sementara Keisha Salsabilla meraih penghargaan sebagai Best Student Creator. Keduanya mendapatkan hadiah berupa OPPO Reno13 F 5G. Selain itu, Kelompok 5 yang berhasil menyelenggarakan event “OPPO Gen-Z, Chill & Skill” di OPPO Experience Store Bintaro Xchange juga mendapatkan penghargaan.

“Tidak hanya sekadar pengalaman, tapi kita juga dibekali dengan ilmu-ilmu baru, sehingga kita jadi lebih siap dan lebih berani untuk menghadapi tantangan ke depannya”, jelas Nira Kania Wulandari, OPPO Campus Ambassador.

“Aku jadi lebih tau tentang fotografi dan itu sangat membantu aku banget sebagai content creator”, tambah Keisha Salsabilla, OPPO Campus Ambassador.

Serangkaian Acara Inspiratif

Wrap-Up & Ceremony Event di OPPO Gallery Gandaria City Mall menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk Talkshow, Journey Recap, Awarding, dan Closing Ceremony untuk Batch 1. Para peserta juga berkesempatan untuk menjelajahi OPPO Experience Store, menikmati hidangan dari Finders Cafe, serta mencoba langsung fitur terbaru dari OPPO Reno13 Series.

Dua sesi talkshow inspiratif turut mengisi acara ini yaitu sesi “Strategic Selling: Elevating Communication for Impactful Connections” oleh Henry Manampiring, penulis buku Winning Awarding dan Filosofi Teras. Serta sesi “Understanding the FYP Algorithm: Content that Connects” oleh Arnoldus Yansen, Human Capital Development OPPO Indonesia. Setiap peserta juga mendapatkan buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring, yang diharapkan dapat menjadi bekal dalam pengembangan diri mereka.

“Materi yang diberikan superduper insightful dan impactful banget buat aku, karena aku bisa belajar untuk how to improve untuk jadi lebih baik”, jelas Kevinia Ruth Nathasya, OPPO Campus Ambassador

Apresiasi dan Penghargaan untuk Para Peserta

Selain penghargaan individu dan kelompok, seluruh peserta OPPO Campus Ambassador Batch 1 juga menerima rapor, sertifikat, serta plakat sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian mereka selama tiga bulan terakhir. OPPO Indonesia berharap bahwa pengalaman ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi para mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.

Dengan berakhirnya Batch 1, OPPO Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi mahasiswa di Indonesia melalui berbagai inisiatif dan program pengembangan diri. Nantikan OPPO Campus Ambassador Batch berikutnya dan jadilah bagian dari perubahan!

Editor's Pick