Home Blog Page 59

OPPO Find N5 Segera Diluncurkan Secara Global 20 Februari

OPPO Find N5 Global launch

tabloidpulsa.id – OPPO akan meluncurkan perangkat Find N5 dalam acara peluncuran global yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 20 Februari 2025 di Singapura. Dengan desain yang ramping namun bertenaga, Find N5 siap membuka babak baru yang menarik untuk smartphone lipat gaya buku dan mendefinisikan ulang apa yang mungkin dapat dicapai oleh sebuah smartphone.

“Seri Find N milik OPPO telah mengungkap potensi smartphone lipat selama beberapa generasi. Find N mengatasi kekurangan pada engsel untuk pertama kalinya, Find N2 memiliki bobot yang lebih ringan daripada flagship tradisional, dan Find N3 tetap menjadi smartphone serba bisa yang paling disukai oleh media dan pengguna. Find N5 akan menggabungkan desain yang sangat tipis dengan fitur-fitur yang tidak mengorbankan performa serta teknologi inovatif, dan kami sangat antusias untuk memperkenalkan babak baru ini bagi smartphone lipat dan smartphone secara umum.” jelas Pete Lau, SVP dan Chief Product Officer OPPO.

Find N5 akan mendorong ekspektasi terhadap smartphone lipat gaya buku ke tingkat yang lebih tinggi, mengingatkan pengguna untuk mengharapkan lebih banyak inovasi dan menerima lebih sedikit kompromi melalui perpaduan desain ultra tipis dengan gaya premium khas OPPO dan teknologi revolusioner.

Ikuti informasi lebih lanjut tentang babak baru dalam keunggulan teknologi lipat pada acara peluncuran global OPPO Find N5 yang akan datang. Kunjungi sosial media dan situs resmi OPPO Indonesia untuk informasi selengkapnya: https://www.oppo.com/id/

Samsung Ungkap Rahasia di Balik Inovasi Teknologi di Galaxy

Rahasia Di Balik Inovasi Samsung Galaxy

tabloidpulsa.idSamsung kembali menarik perhatian dunia dengan mengungkap rahasia di balik kesuksesan seri Galaxy yang telah menjadi salah satu lini smartphone paling populer dan inovatif di pasar global.

Dengan teknologi canggih dan fitur yang selalu relevan dengan kebutuhan pengguna, Samsung terus menetapkan standar baru di industri teknologi yang menjadi rahasia di balik kecanggihan Samsung Galaxy.

Dalam pengembangan One UI 7, Samsung menggabungkan riset pasar mendalam dan feedback pengguna, termasuk dari Indonesia, serta bekerja sama dengan developer lokal untuk menciptakan fitur yang relevan dengan kebutuhan pasar agar produk tetap adaptif dan berkelanjutan.

Keamanan data pengguna juga menjadi prioritas utama, di mana Samsung berkolaborasi dengan Google untuk menghadirkan solusi perlindungan yang kuat, memproses data baik di perangkat maupun cloud demi memberikan keamanan optimal tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna.

Dalam wawancara eksklusif, Sally, EVP and Head of the Framework R&D Team at Samsung Mobile eXperience, menjelaskan bagaimana tim development berkolaborasi dengan tim customer experience untuk memahami langsung masukan dari pengguna dan memastikan setiap fitur yang dihadirkan selaras dengan tren terkini.

Desain Futuristik yang Selalu Memukau

Salah satu rahasia terbesar dari kesuksesan Galaxy adalah komitmen Samsung dalam menghadirkan desain futuristik yang selalu memukau.

Setiap perangkat Galaxy dirancang dengan estetika modern yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga nyaman digunakan.

Mulai dari layar tanpa bezel hingga material premium, semua elemen dipertimbangkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Inovasi Kamera Terdepan

Samsung Galaxy dikenal dengan teknologi kamera terdepan yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan video berkualitas profesional.

Fitur seperti Nightography, AI-enhanced photography, dan kemampuan zoom yang luar biasa telah membuat perangkat Galaxy menjadi pilihan utama bagi pecinta fotografi.

Teknologi kamera Samsung terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan konten kreator yang semakin meningkat.

Performa yang Tak Tertandingi

Ditenagai oleh prosesor terbaru dan RAM yang besar, perangkat Galaxy menawarkan performa yang sangat cepat dan responsif.

Samsung juga telah mengintegrasikan teknologi 5G untuk memberikan koneksi internet super cepat yang mendukung produktivitas pengguna di mana saja dan kapan saja.

Ekosistem Terintegrasi

Samsung tidak hanya fokus pada smartphone, tetapi juga membangun ekosistem perangkat yang terintegrasi dengan baik.

Dengan Galaxy Ecosystem, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan perangkat seperti Galaxy Watch, Galaxy Buds, dan SmartThings untuk menciptakan pengalaman digital yang mulus dan efisien.

Keamanan Data yang Maksimal

Privasi dan keamanan data pengguna adalah prioritas utama bagi Samsung.

Teknologi keamanan Knox yang tersemat di setiap perangkat Galaxy memastikan bahwa data pengguna tetap terlindungi dari ancaman siber.

Dengan lapisan keamanan berlapis, Samsung memastikan bahwa perangkat Galaxy aman digunakan dalam berbagai aktivitas digital.

Komitmen pada Keberlanjutan

Samsung juga memiliki komitmen kuat terhadap keberlanjutan lingkungan.

Dengan inisiatif ramah lingkungan seperti penggunaan material daur ulang dan pengurangan limbah elektronik, Samsung berusaha untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Dengan inovasi yang tiada henti dan komitmen pada kebutuhan pengguna, tidak mengherankan jika Samsung Galaxy terus menjadi pilihan utama bagi banyak orang di seluruh dunia.

Dengan desain futuristik, teknologi kamera terdepan, performa maksimal, serta ekosistem yang terintegrasi, Samsung telah mengungkap rahasia di balik kesuksesan Samsung Galaxy yang menginspirasi dunia.

iQOO dan Bigetron Esports Berkolaborasi dalam “A Quest To Win”

A Quest to WIn iQOO Bigetron
Roshinna Erawaty dan Edwin Chia

tabloidpulsa.id – iQOO, brand smartphone berperforma tinggi dari vivo, dengan bangga mengumumkan kolaborasi dengan Bigetron Esports, salah satu tim papan atas di Indonesia, bertajuk A Quest to Win.

Kolaborasi ini resmi diumumkan dalam acara BTR Con 25 pada Sabtu, 1 Februari, menandai iQOO sebagai smartphone resmi sekaligus sponsor utama Bigetron Esports. Dengan performa tinggi, iQOO mendukung para pro-player Bigetron Esports dengan teknologi canggih untuk mengasah keterampilan dan meraih prestasi tertinggi. Kemitraan ini juga menjadi awal dari berbagai kolaborasi menarik iQOO di dunia esports.

“Kolaborasi ini merupakan kerja sama pertama iQOO dengan tim esports sekaligus langkah strategis dalam menunjukkan komitmen kami dalam mendukung perkembangan ekosistem esports di Indonesia. iQOO dan Bigetron berbagi visi dan misi yang sama, yaitu memiliki ambisi yang besar untuk menjadi pemenang di setiap pertandingan. Dengan performa tinggi yang ditawarkan, perangkat iQOO dapat mendukung Bigetron dalam sesi latihan maupun saat bertanding di kompetisi esports. Melalui kolaborasi bertajuk A Quest to Win ini, iQOO dan Bigetron diharapkan dapat meraih kemenangan bersama,” ujar Roshinna Erawaty, iQOO Brand Manager.

Bigetron Esports, yang dikenal dengan prestasi gemilang di kancah internasional, khususnya di game PUBG Mobile, merupakan mitra yang tepat bagi iQOO. Kedua brand memiliki DNA yang sama, yaitu mengejar performa terbaik dan meraih kemenangan. iQOO dan Bigetron Esports juga telah menyiapkan berbagai kegiatan menarik yang akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

“Kami sangat senang iQOO memilih dan mempercayakan Bigetron Esports sebagai mitra kolaborasi sekaligus sponsor utama. Kami berharap kerjasama ini dapat menciptakan sesuatu yang baru dan fresh, dengan dukungan dari iQOO, Bigetron dapat terus berusaha menorehkan prestasi di kancah esports. Ini merupakan langkah penting dalam mendorong perkembangan esports di Indonesia,” ujar Edwin Chia, CEO Bigetron Esports.

Ikuti perjalanan iQOO dan Bigetron Esports dalam kampanye “A Quest to Win” melalui media sosial iQOO Indonesia dan Bigetron Esports untuk informasi lebih lanjut tentang kolaborasi ini dan berbagai kegiatan menarik yang akan datang. Saksikan sinergi antara performa tinggi iQOO dan semangat juara Bigetron Esports bersatu untuk menjadi juara di kompetisi-kompetisi esports Indonesia selanjutnya.

Telkomsel Dukung Pemerintah Sukseskan Perayaan Cap Go Meh

Telkomsel cap go meh

tabloidpulsa.id – Telkomsel, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kembali menegaskan komitmennya dalam menyediakan jaringan dan layanan broadband berkualitas untuk mendukung kelancaran perayaan Cap Go Meh di kota Singkawang dan kota Pontianak, Kalimantan Barat yang puncaknya digelar pada 12 Februari 2025.

Perayaan Cap Go Meh —yang pada 2024 lalu mencatatkan lebih dari 1,6 juta wisatawan yang berkunjung ke Singkawang[1][1]— tahun ini didukung oleh Telkomsel dengan menghadirkan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), 21 unit iMacro, 4 unit massive MIMO, tambahan 5 BTS 4G baru, serta pengoptimalan jaringan 4G di 180 existing site guna memastikan kelancaran komunikasi dan memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat.

Telkomsel juga telah melakukan upaya penguatan dan optimalisasi kapasitas, serta kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung acara, seperti Kantor Walikota Singkawang, Panggung Kehormatan, Stadion Kridasana, Bandara Pangmilang, Altar, Pekong Tua, Vihara Thai Pak Kung, lokasi bazar kuliner, rute pawai, dan beberapa tempat penginapan di kota Singkawang. Serta di Jalan Diponegoro dan Gajah Mada Pontianak, Bandara Supadio, beberapa tempat penginapan di Kota Pontianak, dan area strategis lainnya di dua kota tersebut.

Dari sisi produk, Telkomsel menghadirkan Paket Spesial Cap Go Meh mulai tanggal 5 hingga 13 Februari 2025 dengan kuota 8 GB hanya 8 ribu rupiah yang berlaku selama 8 hari khusus bagi pelanggan Prabayar Telkomsel dengan kriteria tertentu yang pembeliannya dilakukan di kota Singkawang. Pelanggan hanya dapat melakukan pembelian sebanyak satu kali melalui *363*50# dan aplikasi MyTelkomsel dengan jumlah transaksi pelanggan terbatas setiap harinya.

Vice President Area Network Operations Pamasuka Telkomsel, Aris Setyo Utomo, menyampaikan, “Telkomsel berkomitmen mendukung kesuksesan Cap Go Meh di Singkawang dan Pontianak dengan memastikan optimalisasi jaringan broadband serta ketersediaan produk dan layanan unggulan. Kami memprioritaskan kualitas jaringan demi kenyamanan pelanggan dan wisatawan lokal maupun mancanegara dalam menikmati akses komunikasi yang lancar, sehingga turut memperkuat citra pariwisata Indonesia di tingkat global. Kami berharap dukungan Telkomsel dapat menyukseskan perayaan ini serta mendorong ekosistem digital guna meningkatkan industri pariwisata di Kalimantan Barat secara khusus dan memperkuat ekosistem digital dan pariwisata nasional.”

Ragam upaya yang dilakukan Telkomsel di Perayaan Cap Go Meh kali ini sekaligus dukungan terhadap pemerintah, karena termasuk dalam salah satu agenda kalender event nasional Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2025 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan kunjungan wisatawan, pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

POCO M7 5G Terdaftar di Google Play Console, Ini Bocoran Spesifikasinya

POCO M7 5G

tabloidpulsa.id – Setelah POCO M7 Pro 5G diluncurkan pada Desember lalu, kini giliran versi regulernya, POCO M7 5G, yang mulai mencuri perhatian.

Perangkat ini baru saja terdaftar di Google Play Console, yang sekaligus memberikan bocoran terkait spesifikasi dan tampilan depannya.

Mengandalkan Snapdragon 4 Gen 2

Berdasarkan informasi dari Google Play Console, smartphone ini akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 4 Gen 2.

Varian yang terdaftar dilengkapi dengan RAM 4GB, meskipun besar kemungkinan akan ada opsi RAM lainnya saat peluncurannya nanti.

Layar Resolusi HD+

Perangkat ini membawa layar dengan resolusi 720 x 1640 piksel.

Dari segi desain, smartphone ini memiliki bezel yang cukup tipis di bagian atas dan samping layar, sementara dagunya terlihat sedikit lebih tebal.

Di bagian atas tengah layar terdapat punch-hole yang menjadi tempat kamera selfie.

Sistem Operasi Android 14

Sayangnya, meskipun Android 15 sudah resmi dirilis beberapa bulan lalu, smartphone ini masih akan menjalankan sistem operasi Android 14 saat pertama kali diluncurkan.

Siap Diluncurkan dalam Waktu Dekat

Dengan munculnya perangkat ini di Google Play Console, besar kemungkinan POCO M7 5G akan segera diumumkan secara resmi oleh POCO dalam waktu dekat.

Meski detail lainnya belum terungkap, bocoran ini sudah cukup memberikan gambaran awal mengenai smartphone terbaru dari POCO tersebut.

Di Indonesia sendiri, POCO terus mengukuhkan posisinya  sebagai  brand smartphone yang fokus pada performa tinggi,  khususnya  untuk  memenuhi  hasrat  gaming  para  penggunanya, termasuk di tahun 2025 ini

Segera Diluncurkan, vivo T4x Hadir dengan Baterai Super Besar

Fotografi Malam vivo V30e

tabloidpulsa.id – Kabar terbaru menyebutkan bahwa vivo T4x akan segera hadir dalam beberapa minggu ke depan.

Setelah sebelumnya ramai diperbincangkan sejak bulan lalu, kini bocoran informasi terbaru memberikan gambaran lebih jelas mengenai perangkat terbaru ini.

vivo T4x dikabarkan akan diluncurkan di India pada bulan Maret dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 6.500 mAh.

Kapasitas baterai vivo T4x ini akan menjadi yang terbesar di segmennya, unggul 500 mAh dibandingkan pendahulunya, vivo T3x.

Perangkat ini disebut-sebut akan menjadi model pertama dari seri T4 yang resmi dirilis.

Dari sisi harga, vivo T4x diperkirakan tetap terjangkau dengan banderol di bawah INR 15.000 atau sekitar Rp 2,8 jutaan.

Selain itu, smartphone ini akan tersedia dalam dua varian warna menarik: Pronto Purple dan Marine Blue.

Salah satu fitur menarik yang akan dihadirkan vivo T4x adalah “Dynamic Light,” fitur serupa yang sebelumnya ditemukan pada vivo Y58.

Fitur ini memungkinkan cahaya notifikasi yang berbeda untuk berbagai jenis pemberitahuan, memberikan pengalaman pengguna yang lebih dinamis.

Hingga saat ini, informasi tentang vivo T4x masih terbatas pada bocoran tersebut.

Namun, dengan peluncurannya yang semakin dekat, diperkirakan akan ada lebih banyak detail yang terungkap dalam waktu dekat.

Informasi sebelumnya, vivo T4x terdeteksi dalam sertifikasi Bureau of Indian Standards (BIS), yang mengindikasikan bahwa peluncurannya di India akan segera berlangsung.

vivo T4x terdaftar dengan nomor model V2437, bersamaan dengan vivo Y59 yang memiliki nomor model V2443.

Meskipun detail spesifikasi vivo T4x dan vivo Y59 masih menjadi misteri, para penggemar vivo tentunya dapat menantikan berbagai pembaruan menarik dari seri terbaru ini.

Sebagai referensi, vivo T3x yang sebelumnya dirilis di India hadir dengan harga sekitar 13.499 INR untuk varian RAM 4GB + 128GB.

Ponsel ini dibekali chipset Snapdragon 695 serta layar IPS LCD berukuran 6,72 inci dengan resolusi FHD+, refresh rate 120Hz, dan tingkat kecerahan puncak 1000 nits.

realme GT 7 Pro Racing Edition Meluncur 13 Februari, Intip Bocoran Speknya!

realme GT 7 Pro Racing Edition

tabloidpulsa.idrealme secara resmi mengungkapkan peluncuran ponsel flagship terbaru mereka, realme GT 7 Pro Racing Edition, yang dijadwalkan rilis pada 13 Februari 2025.

Ini akan menjadi peluncuran flagship pertama realme setelah Tahun Baru Imlek 2025.

Diperkirakan, perangkat ini akan hadir sebagai versi yang lebih terjangkau dari realme GT 7 Pro dan berpotensi mengalahkan OnePlus Ace 5 Pro sebagai ponsel Snapdragon 8 Elite dengan harga paling bersahabat.

Warna Neptune Exploration Edition yang Unik

Realme telah merilis poster resmi yang menampilkan varian warna unik dari GT 7 Pro Racing Edition, yaitu “Neptune Exploration.”

Terinspirasi dari badai biru yang dahsyat di planet Neptunus, panel belakang ponsel ini memiliki tekstur khas yang dihasilkan melalui proses eksklusif Realme bernama “Zero-degree Storm AG.”

Dari segi desain, GT 7 Pro Racing Edition tampak sebagai versi yang sedikit dimodifikasi dari GT 7 Pro.

Jika model standar hadir dengan konfigurasi tiga kamera di bagian belakang, varian Racing Edition hanya memiliki setup dua kamera.

Bocoran Spesifikasi

Dari sisi performa, Realme GT 7 Pro Racing Edition akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Elite.

Berdasarkan bocoran skor AnTuTu yang baru-baru ini muncul, perangkat ini mencatat skor lebih dari 3 juta poin, menunjukkan kemampuannya sebagai perangkat gaming berperforma tinggi.

Untuk penyimpanan, ponsel ini diperkirakan akan menggunakan teknologi UFS 4.1, yang memberikan kecepatan transfer data lebih cepat.

Selain itu, layar yang digunakan adalah Samsung 8T LTPO OLED micro-quad-curved berukuran 6,78 inci dengan refresh rate 120Hz dan resolusi 1.5K.

Dari segi memori, GT 7 Pro Racing Edition kemungkinan akan dilengkapi dengan RAM LPDDR5x hingga 24 GB dan kapasitas penyimpanan internal mencapai 1 TB.

Untuk mendukung kebutuhan daya, perangkat ini diperkirakan memiliki baterai berkapasitas 6.500mAh dengan dukungan pengisian cepat 120W.

Perbedaan dengan Realme GT 7 Pro Standar

Salah satu perbedaan utama antara Racing Edition dan GT 7 Pro standar adalah ketiadaan kamera periskop telefoto pada varian Racing Edition.

Sebagai gantinya, terdapat kemungkinan perangkat ini akan dilengkapi dengan pemindai sidik jari optik di layar, bukan pemindai ultrasonik seperti yang ada pada GT 7 Pro.

Dengan spesifikasi yang mengesankan dan harga yang diperkirakan lebih terjangkau, realme GT 7 Pro Racing Edition berpotensi menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang mencari ponsel flagship dengan performa tinggi namun tetap ramah kantong.

Jangan lewatkan peluncurannya pada 13 Februari mendatang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Laba Bersih Indosat di 2024 Tumbuh 38,1% dan Peningkatan EBITDA 10,2%

Kinerja Keuangan Indosat

tabloidpulsa.id – Indosat menutup tahun 2024 dengan pencapaian luar biasa, mempertahankan pertumbuhan yang kokoh pada kinerja keuangan dan keunggulan operasional.

Total pendapatan meningkat 9,1% Year-on-Year (YoY) menjadi Rp55,9 triliun, didorong oleh peningkatan kualitas layanan pelanggan dan kontribusi positif dari semua lini bisnis.

Pendapatan dari layanan seluler tumbuh 7,5% YoY, seiring dengan peningkatan pendapatan dari Data dan Interkoneksi.

Sementara itu, pendapatan dari segmen Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) melonjak 23,4% YoY yang datang peningkatan pendapatan dari layanan IT.

EBITDA  Indosat tumbuh lebih cepat daripada pendapatan, meningkat 10,2% YoY menjadi Rp26,4 triliun, dengan EBITDA margin mencapai 47,2%. Peningkatan ini mencerminkan tingkat efisiensi Indosat dalam mengubah pendapatan menjadi profitabilitas yang berkelanjutan.

Di sisi lain, Laba Bersih Indosat di 2024 yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk yang dinormalisasi tumbuh 38,1% menjadi Rp4,916 triliun.

Sementara Laba Bersih Indosat di 2024 yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk yang dilaporkan tumbuh sebesar 9% menjadi Rp4,910 triliun,  menunjukkan keuangan yang kuat dan sehat, serta komitmen Perusahaan dalam memberikan nilai yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan, “Tahun 2024 merupakan tahun yang penuh tantangan, namun kami berhasil mempertahankan kinerja yang kuat sebagai bukti komitmen kami untuk terus memberikan nilai maksimal kepada pemangku kepentingan. Kinerja keuangan dan operasional yang solid ini juga menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia.”

Sepanjang tahun 2024, trafik data mengalami lonjakan signifikan sebesar 12,2% YoY, mencerminkan tingginya permintaan akan layanan Indosat.

Guna mengakomodasi pertumbuhan ini, perusahaan secara agresif memperluas infrastruktur jaringan dengan menambah jumlah BTS 4G hingga mencapai 196.000, memastikan pengalaman pelanggan yang mulus dan unggul.

Peningkatan jaringan yang signifikan ini telah berdampak langsung pada kualitas layanan, terutama bagi pelanggan Indosat yang menggunakan merek IM3 dan Tri, yang berkontribusi pada kenaikan 6,6% sehingga menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) menjadi mendekati Rp40 ribu.

Pencapaian ini menegaskan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan memantapkan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan.

Menghadirkan AI dalam Setiap Langkah Operasional

Pada kuartal terakhir tahun 2024, Indosat melalui brand IM3, menghadirkan layanan pascabayar terbaru dengan sentuhan premium: IM3 PLATINUM.

Layanan premium ini menghadirkan sentuhan baru di dunia telekomunikasi dengan memadukan kecerdasan artifisial (AI) dan interaksi personal dalam satu layanan: Platinum Experience.

Mengusung konsep “Simple, Next Level”, IM3 PLATINUM dirancang untuk mereka yang siap melampaui batas dan mengejar ambisi untuk mencapai level lebih tinggi, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Lebih dari sekadar meningkatkan pengalaman pelanggan, Indosat menghadirkan terobosan produk dengan mengintegrasikan AI ke dalam operasional jaringannya, memastikan konektivitas unggul dan layanan terbaik di seluruh Indonesia.

Sebagai bagian dari transformasi ini, Indosat menjalin kemitraan strategis dengan Nokia untuk memperluas jaringan 4G dan 5G, memanfaatkan optimasi berbasis AI guna meningkatkan cakupan dan efisiensi.

Didukung teknologi radio multiband dan solusi baseband dari Nokia, Indosat menghadirkan jaringan yang lebih cerdas dan adaptif, memperkuat komitmennya dalam memanfaatkan teknologi AI terkini untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Indosat tak hanya fokus memperluas jaringan, tetapi juga menyiapkan sumber daya manusia unggul untuk masa depan.

Berkolaborasi dengan UiPath, Indosat memiliki target memberdayakan 100.000 orang Indonesia dengan keterampilan otomasi hingga 2027, membekali mereka pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkompetisi di era ekonomi digital berbasis AI.

Inisiatif ini menjadi bukti nyata misi besar Indosat dalam mendorong transformasi digital dan menciptakan talenta muda yang siap bersaing di era AI.

Transformasi berbasis AI ini didukung oleh investasi yang signifikan. Pada tahun 2024, belanja modal (Capex) Indosat mencapai Rp9,937 triliun, dengan 82,7% dialokasikan untuk peningkatan jaringan seluler guna memenuhi kebutuhan yang terus meningkat terhadap layanan digital berbasis AI.

Sisa belanja modal dialokasikan untuk MIDI dan IT demi memperkokoh posisi Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis AI (AI-Native TelCo).

“Dengan mengintegrasikan AI di setiap lini operasional dan menjalin kolaborasi yang berakar pada semangat gotong royong, semakin cepat kami mencapai tujuan besar Indosat untuk memberdayakan Indonesia,” ujar Vikram Sinha.

Lelang Spektrum Jadi Solusi Peningkatan Kecepatan Internet?

Selular Business Forum Lelang Spektrum

tabloidpulsa.id – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) berkomitmen untuk meningkatkan kecepatan internet di Indonesia hingga 100 megabyte per second (Mbps) dengan tetap menjaga harga internet yang terjangkau.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah melakukan lelang spektrum pita frekuensi.

Namun, keputusan Komdigi yang mendahulukan lelang pita frekuensi 1,4 GHz dibandingkan 700 MHz dan 26 GHz menuai banyak pertanyaan.

Pasalnya, pita 700 MHz dan 26 GHz dikenal memiliki potensi besar dalam mendukung pemerataan jaringan 5G yang hingga kini belum maksimal di Indonesia.

Urgensi Pita Frekuensi 1,4 GHz

Pada kuartal pertama 2025, Komdigi berencana mengalokasikan pita frekuensi 1,4 GHz untuk keperluan Broadband Wireless Access (BWA).

Meskipun langkah ini dinilai mampu meningkatkan layanan internet fixed broadband, banyak pihak yang mempertanyakan efektivitasnya dalam mendukung target kecepatan internet 100 Mbps.

Dalam acara diskusi Selular Business Forum (SBF) bertema “Lelang Spektrum: Lebih Cepat Mana 700 MHz & 26 GHz atau 1,4 GHz?” yang digelar pada Senin (9/2/2025), berbagai pandangan disampaikan oleh para ahli, termasuk Rudi Purwanto (Chairman of Working Group Spectrum ATSI), Adis Alfiawan (Plt Direktur Penataan Spektrum Frekuensi Radio Komdigi), dan Agung Harsoyo (Pengamat Telekomunikasi ITB).

Tantangan Penggunaan Pita 1,4 GHz

Rudi Purwanto menyoroti sejumlah tantangan dalam penggunaan pita frekuensi 1,4 GHz.

Ia menjelaskan bahwa meskipun pita ini cepat untuk menggelar jaringan internet, ekosistem perangkat yang mendukung masih sangat minim.

“Perangkat Base Station dan CPE indoor saat ini belum banyak didukung oleh vendor teknologi seperti Huawei, ZTE, hingga Ericsson. Vendor utama seperti Qualcomm masih memerlukan waktu sekitar 1 hingga 1,5 tahun untuk melakukan pengembangan perangkat,” ujar Rudi.

Ia juga menambahkan bahwa CPE (Customer Premise Equipment) kemungkinan akan terintegrasi dengan Wi-Fi dan menggunakan RedCap CPE untuk menekan biaya.

Fokus Tidak Hanya pada Fixed Broadband

Adis Alfiawan menjelaskan bahwa Komdigi fokus meningkatkan kualitas layanan internet fixed broadband karena penetrasinya masih relatif rendah, sekitar 21,31% rumah tangga.

Selain itu, tarif internet fixed broadband di Indonesia masih tinggi.

Namun, ia menegaskan bahwa Komdigi tidak hanya akan berfokus pada pita frekuensi 1,4 GHz. “Jika semua kajian selesai, kami juga akan melelang pita 700 MHz, 2,6 GHz, dan 26 GHz yang sangat dibutuhkan untuk pemerataan jaringan 5G bagi layanan internet mobile,” jelas Adis.

Adis memastikan bahwa proses lelang spektrum tidak akan dilakukan sembarangan.

Pemerintah akan memastikan spektrum juga dimanfaatkan untuk pelayanan publik seperti sekolah dan puskesmas.

Pembelajaran dari Gagalnya BWA di Masa Lalu

Pengamat Telekomunikasi ITB, Agung Harsoyo, mengingatkan bahwa layanan Broadband Wireless Access (BWA) pernah gagal di Indonesia.

Ia menekankan perlunya kajian mendalam terkait penerapan BWA, termasuk aspek efisiensi, koordinasi, integrasi, interferensi, dan biaya hak penggunaan frekuensi.

“Jika BWA diterapkan kembali, perlu adanya persaingan usaha yang sehat dengan minimal dua operator per wilayah. Selain itu, harus mempertimbangkan aspek wilayah kurus dan wilayah gemuk,” tegas Agung.

Lelang pita frekuensi harus dilakukan dengan cermat dan mempertimbangkan berbagai aspek teknis serta kebutuhan masyarakat.

Keputusan mendahulukan pita 1,4 GHz patut dikaji ulang agar Indonesia dapat mengejar ketertinggalan kecepatan internet dari negara-negara tetangga.

Pemerintah juga perlu memastikan adanya persaingan usaha yang sehat untuk memberikan layanan internet yang cepat dan terjangkau bagi masyarakat.

Samsung Galaxy S25 Series Hadir di Pasar Global

Samsung S25 global launch

tabloidpulsa.id – Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini mengumumkan bahwa Galaxy S25 Series terbaru telah tersedia secara global. Bersama One UI7, Gemini resmi tersedia dalam 46 bahasa,1 membuat interaksi antara aplikasi Samsung dan Google menjadi lebih mudah dan tak terhambat.

▲ New York 500 Broadway, Galaxy Experience Space

 “Galaxy S25 Series merupakan suatu perubahan besar dalam cara kita berinteraksi dengan ponsel kiia,” ujar TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business, Samsung Electronics. “Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana pengguna kami akan menikmati partner AI sejati yang menawarkan solusi mulus dan intuitif dalam kehidupan sehari-hari.”

▲ Dubai The Bay Festival City Mall, Galaxy Experience Space

Pada Galaxy S25 Series, agen AI multimodal yang terintegrasi dalam platform One UI 72 memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas kompleks dengan mudah di berbagai aplikasi serta berinteraksi secara alami melalui suara, teks, video, dan gambar. Fitur Now Brief3 memberikan berbagai rekomendasi yang telah disesuaikan untuk membantu pengguna menjalani hari dan Now Bar4 menjadi fitur baru untuk mengakses kegiatan yang tengah berlangsung. Mulai dari peningkatan produktivitas dengan Writing Assist hingga kretivitas tanpa batas yang difasilitasi Drawing Assist,5 kemampuan luas Galaxy AI terus memfasilitasi pengguna di berbagai aspek kehidupan mereka.

Interaksi dengan Galaxy S25 Series juga semakin intuitif. Hanya dengan sekali perintah, Gemini7 dapat dengan mudah menemukan jadwal olahraga favorit pengguna dan menambahkannya ke Samsung Calender. Tak hanya itu, upgrade pada fitur Circle to Search5 Google juga dapat memberikan informasi yang lebih bermanfaat bagi pengguna hanya dengan sekali tap dan AI Overviews.

▲ Vietnam Ho Chi Minh City, Galaxy AI Sai Gon Terminal

Galaxy S25 Series semakin meningkatkan keunggulan utama yang menjadi dasar dari pengalaman Galaxy. Didukung oleh Snapdragon® 8 Elite Mobile Platform for Galaxy, perangkat ini memberikan pemrosesan yang lebih responsif demi pengalaman AI yang lebih baik. Dirancang khusus untuk Galaxy, termasuk ProScaler9 dan mobile Digital Natural Image engine (mDNIe) Samsung, Galaxy S25 Series menawarkan pemrosesan gambar AI dan efisiensi daya tampilan yang lebih optimal. Selain itu, upgrade sensor kamera UltraWide 50MP pada Galaxy S25 Ultra memungkinkan device ini menghasilkan gambar yang epik dari berbagai sudut dengan kejernihan luar biasa. Berbagai foto dan video bisa menjadi pengalaman visual yang memukau dengan dukungan kontrol tingkat profesional, seperti Virtual Aperture dan Samsung Log.

▲ Indonesia Jakarta Kota Kasablanka, Galaxy Experience Space

Galaxy S25 Series menjadi jajaran smartphone pertama di industri yang mendukung Content Credential berdasarkan pada standar teknis terbuka Koalisi Content Provenance and Authenticity (C2PA). Samsung juga telah tergabung sebagai anggota C2PA, bersama dengan para pemimpin industri lainnya, seperti Adobe, Microsoft, OpenAI, Google, Publicis Groupe, dan masih banyak lagi, yang berkolaborasi menjadikan Content Credentials sebagai standar universal keaslian konten digital. Selaras dengan komitmennya dalam inovasi AI yang bertanggung jawab, Samsung mengadopsi standar ini untuk meningkatkan transparasi atas konten yang dibuat dan diedit menggunakan AI.

Galaxy S25 Ultra tersedia dalam 4 warna, yaitu Titanium Silverblue, Titanium Black, Titanium Whitesilver dan Titanium Gray. Di samping itu, Galaxy S25 dan Galaxy S25+ juga tersedia dalam empat warna, yaitu Navy, Silver Shadow, Icyblue dan Mint. Warna unik lainnya tersedia secara eksklusif di Samsung.com,10 yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack and Titanium Jadegreen untuk Galaxy S25 Ultra, serta Blueblack, Coralred, dan Pinkgold untuk Galaxy S25+ dan Galaxy S25  

Seluruh perangkat Galaxy S25 Series akan dilengkapi dengan Gemini Advanced dan ruang penyimpanan cloud sebesar 2 TB selama enam bulan tanpa biaya tambahan. Gemini Advanced dilengkapi dengan model AI tercanggih dari Samsung dan akses prioritas ke fitur baru, seperti Gems (pakar AI kustom untuk berbagi topik), dan Deep Research, AI yang perperan sebagai asisten penelitian pribadi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Galaxy S25 Series, silakan kunjungi Samsung Newsroom, Samsungmobilepress.com, dan Samsung.com.

Editor's Pick