tabloidpulsa.id – Setelah mendapatkan sambutan hangat bulan lalu, ShopeePay kembali menghadirkan kampanye Google Play Festival yang memberikan sederet penawaran terbaik bagi masyarakat untuk menikmati hiburan digital original dan berkualitas tinggi. Berlangsung tanggal 12-26 Oktober, ShopeePay menggandeng lebih banyak publisher favorit masyarakat Indonesia seperti Viu, Lords Mobile, WeTV, Mobile Legends Bang Bang, Webtoon, dan PUBG Mobile untuk memberikan cashback hingga 90% s/d 120.000 koin Shopee serta ribuan bonus skin dan item gratis selama periode kampanye.
Cindy Candiawan, Head of Campaigns & Growth Marketing ShopeePay mengatakan, “Kampanye Google Play Festival memfasilitasi pengguna ShopeePay untuk mendapatkan akses terhadap konten hiburan berkualitas tinggi dengan harga yang lebih terjangkau, baik untuk berlangganan video on demand, komik digital, top-up game, hingga pembelian aplikasi. Dengan begitu, masyarakat bisa turut serta mendorong inklusi keuangan digital sekaligus mendukung ekonomi kreatif.”
Adapun secara lebih lengkap, promo-promo menarik yang bisa didapatkan pengguna dengan menggunakan metode pembayaran ShopeePay di Google Play adalah sebagai berikut:
1 – 23 Oktober: Cashback 50% s/d 10.000 koin Shopee bagi pengguna yang menggunakan metode pembayaran ShopeePay di Google Play untuk pertama kali
12 – 23 Oktober: Cashback 80% s/d 15.000 koin Shopee serta bonus skin dan item gratis untuk pengguna yang melakukan transaksi pada aplikasi berikut:
PUBG Mobile
WeTV
Webtoon
Mobile Legends Bang Bang
Viu
Lords Mobile
24 – 26 Oktober (Puncak Kampanye): Cashback 90% s/d 20.000 koin Shopee untuk seluruh transaksi di Google Play termasuk untuk pembelian aplikasi, berlangganan aplikasi, maupun top-up game. Tidak hanya itu, pengguna juga berkesempatan mendapatkan bonus item dan skin gratis dari publisher yang berpartisipasi
“Sebagai pusat konten hiburan Asia, dengan drama-drama hits yang trending dan rating tinggi, seperti Viu Original Lovers of The Red Sky, The Veil dan One The Woman, Viu siap mendukung ShopeePay dengan Google Play Festival untuk menghadirkan pengalaman menonton terbaik bagi masyarakat. Kami percaya kolaborasi ini akan semakin memudahkan para penikmat drama Asia dalam mengakses konten favorit dengan subtitle berbahasa Indonesia di Viu,” kata Head of SVOD Business Indonesia, Viu, Ustav Mukherjee.
TabloidPulsa.id – Layanan 5G secara komersial sudah bisa dinikmati sejak Telkomsel meluncurkannya pada 26 Mei 2021 lalu. Meskipun baru di beberapa kota, dengan hadirnya layanan 5G ini diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dan menunjang kemajuan masyarakat.
Secara bertahap, Telkomsel berjanji akan memperluas jangkauan 5G tersebut dan mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.
Sebagaimana awal munculnya 4G, kehadiran 5G merupakan perubahan baru yang signifikan dan merubah pola hidup atau aktifitas manusia modern saat ini. Kenapa? Dengan kecepatan transfer data tinggi dan latensi yang rendah, implementasi 5G diprediksi tidak hanya akan berimbas pada teknologi yang terkait smartphone saja, melainkan hampir di semua bidang. Berikut ini beberapa bidang atau cakupan dari penerapan teknologi 5G yang sudah bisa Anda nikmati.
Internet of things (IoT) IoT secara sederhana dapat digambarkan dengan terhubungnya multi perangkat yang saling berbagi data atau berbagi akses secara ril dengan memanfaatkan jaringan internet. Teknologi IoT ini sudah diterapkan dalam berbagai bidang seperti militer, transportasi, industri dan masih banyak lagi.
Dengan kehadiran teknologi 5G, teknologi wireless yang selama ini diusung IoT akan semakin berkembang. Kombinasi antara 5G dan IoT diprediksi akan menciptakan berbagai kemajuan teknologi seperti jaringan energi pintar dan meningkatkan kemampuan otomasi mesin pabrik misalnya.
Salah satu contoh akselerasi transformasi digital berbasis teknologi Internet of Things (IoT) dalam sektor industri di Indonesia adalah seperti yang ditunjukkan oleh Telkomsel. Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel IoT menjalin kerjasama dengan PT Barindo Anggun Industri dalam mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air sebagai solusi yang disebut Smart Water Meter.
NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area Network (LPWAN) bagian dari roadmap teknologi 5G yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin semakin masif dengan cakupan jaringan konektivitas yang lebih luas hingga dua kali dari teknologi GSM. Teknologi NB-IoT juga mampu menghasilkan ketahanan baterai dari perangkat hingga 10 tahun dan dapat menghemat cost dengan biaya modul yang rendah.
Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) Teknologi VR dan AR memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan dunia virtual. Saat ini, teknologi AR digunakan untuk efek dan filter khusus pada kamera smartphone, sementara teknologi VR digunakan pada game online. Dengan adanya 5G, peningkatan dan transformasi teknologi VR dan AR diprediksi akan semakin menarik dan semakin mendekati nyata.
Pengaplikasian teknologi ini dapat dilihat melalui penandatanganan nota kesepahaman Telkomsel dengan Schneider Electric terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration yang dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran layanan 5G di Kota Batam pada 7 Juni 2021 lalu.
Kerjasama ini akan mendukung upaya Schneider Electric dalam memastikan pabriknya di Batam dilengkapi dengan teknologi IoT terbaru yang didukung dengan solusi EcoStruxure untuk operasional pabrik yang efisien, hemat energi dan berkelanjutan dalam jangka panjang.
Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, Telkomsel – Schneider Electric akan menjalankan beberapa program pemanfaatan 5G di industri. Pertama, menghadirkan fitur live streaming virtual tour pabrik pintar Schneider Electric di Batam sehingga para mitra global dapat mengunjungi pabrik pintar dari berbagai belahan dunia. Kedua, menghadirkan teknologi EcoStruxure™ Augmented Operator Advisor berupa penerapan augmented reality menggunakan device (tablet) yang terhubung dengan jaringan 5G untuk membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan jarak jauh. Ketiga, pengaplikasian sistem EcoStruxure™ Machine Advisor yang menghubungkan IoT connected product (sensors & drives) dengan online dashboard monitoring machine fleet management, sehingga proses produksi dapat dimonitor secara real-time melalui dashboard yang tersedia.
Mobile Otonom Teknologi mobile otonom (tanpa pengemudi, termasuk drone) akan semakin berkembang. Sebab untuk mewujudkan mobil otonom itu jaringan internet yang cepat dan andal merupakan persyaratan wajib. Sehingga diharapkan pengolahan data dari sensor pada mobil otonom dapat diproses secara simultan dan menghasilkan mobile otonom yang berfungsi sebagaimana mestinya.
Terkait Smartphone Sebenarnya terlalu banyak yang bisa dijadikan contoh terkait 5G buat smartphone seperti halnya yang sudah digunakan pada perangkat dengan jaringan 4G. Namun dengan adanya 5G, konvergensi (penggabungan) layanan baik berupa aplikasi (superapps), layanan over the top maupun layanan streaming dan video on demand akan semakin meningkat dan menghasilkan layanan baru yang belum terpikirkan saat ini.
Salah satu contoh adalah pengembangan layanan pendukung aktivitas perbankan melalui layanan aplikasi Telkomsel REDI. Dengan dukungan jaringan 5G, aplikasi ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam akses menu keuangan dari berbagai layanan perbankan di Indonesia yang lebih terintegrasi dan aman.
Telkomsel REDI merupakan kelanjutan pengembangan dari inovasi solusi layanan m-Banking Telkomsel yang sudah hadir sejak 2002. Tujuannya untuk mengoptimalkan berbagai potensi pemanfaatan teknologi demi kemudahan akses keuangan digital masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.
Dengan pemanfataan layanan aplikasi Telkomsel REDI, berbagai aktivitas keuangan digital yang sebelumnya mungkin harus diakses dengan berbagai platform yang berbeda, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening, transfer uang, hingga transaksi perbankan lainnya, kini semakin dimudahkan dengan akses transaksi cashless yang terintegrasi.
Selain contoh di atas, permainan online yang membutuhkan koneksi stabil dan kecepatan tinggi dapat dilakukan tanpa harus duduk di depan monitor. Dimana kita pun akan punya kesempatan yang sama dengan pemain lain dari sudut dunia lain yang memiliki akses internet lebih baik.
Kedokteran (Kesehatan) Jaringan 5G juga bisa menghilangkan masalah jeda pada video ataupun penundaan kendali jarak jauh. Sehingga dalam ilmu kedokteran, seperti operasi misalnya, seorang dokter ahli dapat melakukan operasi jarak jauh secara ril time.
Ini juga merupakan bagian dari langkah terbaru yang dilakukan Telkomsel yaitu dengan mengajak masyarakat memanfaatkan ekosistem digital Telkomsel untuk dapat saling menolong dimulai dari langkah sederhana #YangKitaBisa lakukan bersama. Beberapa inisiatif yang telah dilakukan diantaranya memberikan akses untuk mendapatkan bantuan melalui Peduli Sesama, akses layanan kesehatan melalui Peduli Sehat, dan dukungan pembelajaran jarak jauh melalui Peduli Belajar.
Selain cakupan di atas sebenarnya masih banyak lagi. Sebagai operator pertama yang menyediakan akses layanan 5G, Telkomsel akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain.
tabloidpulsa.id – Menggeluti pekerjaan atau bisnis yang sejalan dengan hobi adalah impian semua orang. Tak terkecuali bagi dua anak muda yang tergabung menjalankan bisnis berjualan tanaman hias indoor- Innandprops. Anda bisa menemukan mereka di sosial media semisal Instagram dan tiktok (@ innandprops). Mereka adalah dua anak muda yang menyadarkan kami bahwa untuk memulai bisnis kita tidak perlu takut, mulai saja dulu dan manfaatkan alat yang ada, termasuk kamera ponsel.
Keno dan Audrey, dua anak muda yang masih berstatus mahasiswa ini mengawali inn and props untuk memamerkan foto tanaman hias miliknya. Namun seiring dengan berjalannya waktu akhirnya mereka menggunakan akun instagram ini sebagai etalase produk yang ditawarkan dan nantinya bisa dibeli via toko online atau langsung ketemuan di galeri mereka.
Sebagai anak muda yang sudah terbiasa dengan perangkat gadget, termasuk kamera ponsel dan juga online via jaringan internet, maka jalan yang mereka tempuh sebenarnya sangat masuk akal dan bisa dilakukan oleh anak-anak muda seumuran mereka. Hanya saja dengan kemauan, kemampuan mencari celah, ketekunan dan passion kedua anak muda ini berhasil menjadikan hobi mereka sebagai bisnis yang menghasilkan.
Keno dan Audrey- Inn And Props
Saat ditemui di acara Re-Energize Trip With OPPO A16 seminggu yang lalu, ada hal yang menarik diungkapkan oleh Audrey. Kebetulan Audrey ini yang bertugas melakukan pengelolaan konten media sosial. Dia menyatakan bahwa dia lebih suka menggunakan kamera ponsel untuk mengabadikan tanaman hias jualannya di Instagram.
Alasan utamanya adalah tidak mau ribet memindahkan hasil foto dari kamera (DSLR) ke komputer atau ponsel lalu melakukan editing di situ untuk akhirnya bisa diupload di timeline. Dengan Ponsel, ia bisa melakukan semuanya dalam satu waktu tanpa membutuhkan perangkat lain.
Termasuk salah satunya adalah OPPO A16. Dengan memanfaatkan cahaya natural, Audrey mampu mendapatkan pola foto yang ia inginkan.
Audrey menyatakan bahwa tidak semua foto diapresiasi dengan baik oleh follower mereka. Ia membutuhkan waktu untuk mengamati, meniru dan mengaplikasikannya pada foto yang ia upload di instagram. Dan berdasarkan pengalaman, ia mendapati bahwa beberapa foto dengan kontras yang baik, atau dengan background yang ngeblur biasanya lebih menarik perhatian.
Dari situ, ia lalu mengakali cara pemotretan. Semisal dengan OPPO A16 nih, karena ponsel ini juga telah memiliki fitur bokeh dan makro, biasanya Audrey akan menggunakan 2 fitur ini. Ditambah dengan penentuan jam pemotretan karena cahaya yang baik untuk foto dengan cahaya natural seperti ini adalah cahaya matahari di pagi atau sore hari. Dimana intensitasnya sudah berkurang.
Kalau diperhatikan terdapat sejumlah foto yang dihasilkan oleh jepretan Audrey memperlihatkan obyek yang dipegang dengan satu tangan, sementara tangan yang lainnya menekan tombol shutter. Hal ini diakui Audrey dilakukan demi mendapatkan sudut pemotretan yang optimal. Di mana si obyek akan terlihat jelas, dan karena ini adalah tanaman daun, maka dengan sudut yang tepat, ia bisa memperlihatkan warna asli si daun, lengkap dengan pola yang terlukis natural di atasnya.
Kami jadi kepikiran untuk buat tulisan terpisah membahas tips pemotretan produk tanaman seperti ini menggunakan kamera ponsel. Tunggu ya. Sebelumnya kita cek foto-foto Audrey menggunakan OPPO A16 berikut ini.
dokumentasi Inn and Props – taken with OPPO A16 -resize
Oh iya sebagai penutup, Keno yang di sini mengaku bertugas mengatur sisi bisnis dari inn and props menyatakan bahwa mereka masih punya mimpi untuk menambah produk jualan di instagram mereka @innandprops berupa keranjang, atau rak sederhana yang bisa dipadupadankan dengan produk tanaman hias mereka.
Dan ketika ditanya tips bagaimana memulai bisnis oleh wartawan-wartawan yang sudah lebih lama hidup di dunia ini, Keno menjawab, “Harus berani mulai sih. Jangan takut-takut. Asal mau belajar, banyak-banyak riset melihat bagaimana strategi kompetitor dan sebagainya. Pintar-pintar melihat peluang, mulai dulu dan totalitas!”
Berhasil menginspirasi kita di tengah pandemi seperti ini, bukan? Sukses terus untuk Inn and Props dan sampai ketemu di tulisan berikutnya.
tabloidpulsa.id – Hari ini Sony Indonesia resmi meluncurkan TV BRAVIA XR terbaru, yaitu X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED yang merupakan rangkaian TV premium Sony. Keempat TV terbaru ini didukung oleh TeknologiCognitive Processor XR pertama di dunia serta sederet teknologi dan fitur canggih lainnya, sehingga dapat menghadirkan hiburan di rumah yang luar biasa. Lebih lagi, TV terbaru ini dilengkapi dengan fitur khusus yang kompatibel dengan PlayStation®5 dan memiliki teknologi audio terdepan untuk memberikan pengalaman menonton seperti di bioskop.
Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Di tengah kondisi yang mengharuskan kita untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, Sony meluncurkan 4 seri televisi BRAVIA XR terbaru. Didukung oleh Cognitive Processor XR, rangkaian TV ini akan memaksimalkan pengalaman menonton Anda, sebagaimana mata manusia melihat dan telinga manusia mendengarkan hal yang nyata. Kemudian TV ini juga dilengkapi dengan fitur Auto HDR Tone Mapping serta Auto Genre Picture Mode yang secara khusus didesain untuk PlayStation5 agar Anda bisa merasakan pengalaman bermain game yang lebih responsif. Didukung dengan teknologi Sound-from-Picture Reality untuk memberikan kualitas audio yang lebih nyata. Semoga TV BRAVIA XR dapat menjadi sarana hiburan terbaik Anda dalam menjalani aktivitas apapun”.
Ketika AI konvensional hanya dapat sekedar mendeteksi dan menganalisis elemen gambar, Teknologi Cognitive Processor XRmampu menganalisis silang setiap titik fokus dan secara otomatis mempertajam titik tersebut secara simultan, persis seperti cara otak manusia bekerja. Maka dari itu, setiap elemen yang hadir pada layar TV anda akan memiliki hasil akhir yang memukau serta tersinkronisasi dengan baik, membuat elemen-elemen tersebut nampak seperti aslinya. Selain teknologi Cognitive Processor XR yang melampaui kemampuan AI konvensional, rangkaian TV BRAVIA XR juga dilengkapi dengan fitur Sound-from-Picture Reality, yang menyelaraskan posisi suara dengan gambar pada layar dan dapat mengubah suara apapun menjadi surround sound 3D.
Selanjutnya, kehadiran XR Clarity yang didukung teknologi Cognitive Processor XR akan menciptakan tekstur dan detail untuk gambar yang terlihat seperti aslinya. Memaksimalkan pengalaman streaming konten Netflix di rumah dengan resolusi mendekati 4K melalui XR 4K Upscaling pada TV X90J, X95J, dan A80J, serta resolusi 8K melalui XR 8K Upscaling pada TV Z9J. Pengguna juga dapat menonton dari sisi manapun namun tetap mendapatkan kualitas gambar yang baik, karena panel X-Wide Angle pada TV X95J dan Z9J akan memastikan warna tetap asli dari semua sisi. Selain itu untuk semakin mengoptimalkan hiburan di rumah, melalui 3D Surround Upscaling pengguna akan mendapatkan pengalaman audio sinematik dengan format terbaru seperti Dolby Atmos. Rangkaian fitur-fitur pada TV BRAVIA XR akan memberikan pengalaman layaknya menonton bioskop dari rumah.
Satu hal lagi yang menyempurnakan rangkaian TV BRAVIA XR adalah kehadiran fitur spesifik yang didesain untuk menghadirkan pengalaman bermain PlayStation5 yang lebih optimal. Melalui fitur Auto HDR Tone Mapping serta Auto Genre Picture Mode,yang mendukungkompatibilitas HDMI 2.1 untuk resolusi dan frame rate tinggi 4K 120fps, para pengguna akan mendapatkan pengalaman gaming yang lebih nyata.
Fitur Auto HDR Tone Mapping akan mengoptimalkan pengaturan HDR secara otomatis saat melakukan pengaturan awal dengan PlayStation5. Fitur ini akan memberikan gambar optimal yang secara khusus disesuaikan dengan produk TV BRAVIA XR yang digunakan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat detail dan warna krusial, bahkan dalam adegan dengan kontras tinggi. Kemudian, dengan fitur Auto Genre Picture Mode, TV terbaru ini akan secara otomatis beralih ke mode gaming untuk memberikan aksi yang lebih responsif saat bermain game favorit.
Keempat TV BRAVIA XR juga didukung oleh Google TV yang terhubung dengan hands-free Google Assistant untuk mengakses beragam tontonan menarik. Rangkaian TV BRAVIA XR juga tersertifikasi IMAX Enhanced TV, sehingga dapat menghadirkan pengalaman IMAX Theater di rumah dan terhubung dengan seluruh layanan streaming bersertifikat IMAX. Tak hanya itu, TV BRAVIA XR memiliki Netflix Calibrated Mode untuk menghadirkan konten Netflix berkualitas studio bagi para kreator.
Para pengguna setia Sony dapat menikmati keempat seri BRAVIA XR terbaru ini dengan harga mulai dari Rp16.999.000.
tabloidpulsa.id — Sebagian besar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia mengalami dampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat atau PPKM darurat pada tahun ini seperti penurunan permintaan, laba, dan nilai aset pendapatan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat pada tahun ini, demikian hasil survei kinerja masa pandemi dan praktik usaha ramah lingkungan yang diluncurkan hari ini oleh United Nations Development Programme (UNDP), Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, serta Indosat Ooredoo.
Survei kinerja masa pandemi tersebut juga mengungkapkan hasil yang menjanjikan terkait potensi usaha ramah lingkungan di Indonesia. Sekitar 95 persen UMKM menyatakan minatnya pada praktik-praktik usaha ramah lingkungan, dengan usaha milik perempuan menunjukkan minat yang lebih kuat. Sebanyak 90 persen lainnya mengatakan mereka tertarik untuk menerapkan praktik usaha inklusif, yang merupakan komponen penting dari agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).
Survei dilakukan secara daring dengan menyebarkan pesan singkat (SMS) berisi link survei yang dikirimkan oleh Indosat Ooredoo kepada target responden dari sektor UMKM di seluruh Indonesia. Sekitar 3.000 UMKM berpartisipasi dalam survei yang berisi 58 pertanyaan tentang dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor UMKM, khususnya pada bulan-bulan awal pandemi di tahun 2020 dan selama masa pemberlakuan PPKM darurat di Indonesia pada bulan Juli dan Agustus tahun 2021.
Pertanyaan difokuskan pada permintaan terhadap produk, keuntungan selama masa awal pandemi di bulan Maret hingga Juni tahun 2020 dan membandingkan temuan serupa selama periode PPKM darurat yang diterapkan pada bulan Juli dan Agustus tahun 2021. Pertanyaan juga berfokus pada potensi usaha ramah lingkungan dan digitalisasi di Indonesia.
Survei tersebut juga menemukan bahwa beberapa UMKM mengalami kerugian lebih dari 50 persen antara bulan-bulan awal pandemi pada 2020 dan PPKM darurat pada pertengahan tahun 2021, khususnya di provinsi Jawa dan Bali.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki, ikut serta menghadiri acara peluncuran laporan ini secara virtual dan beliau meminta UMKM untuk mengadopsi praktik usaha ramah lingkungan serta berkelanjutan.
“Langkah-langkah mencari keuntungan yang merusak lingkungan harus kita tinggalkan. Kegiatan ekonomi termasuk produksi, konsumsi dan distribusi harus memprioritaskan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembangunan manusia dalam jangka panjang,” kata Menteri Teten yang kemudian menambahkan “Banyak pengusaha muda telah meluncurkan usaha yang menghasilkan barang-barang ramah lingkungan, kita harus terus mendukung usaha-usaha ramah lingkungan ini”
Studi ini juga mengungkapkan manfaat langsung dari digitalisasi. UMKM yang bergabung dengan platform daring untuk memasarkan produk mereka selama pandemi COVID-19 mencatat permintaan yang lebih tinggi terhadap produk mereka dan keuntungan yang lebih besar, dibandingkan dengan UMKM lain yang telah menggunakan platform tersebut sebelum masa pandemi, dan mereka yang usahanya dijalankan sepenuhnya secara luring.
Walaupun pandemi membawa dampak serupa pada UMKM yang dimiliki oleh perempuan dan laki-laki, survei mengungkapkan bahwa perempuan lebih rentan kehilangan pekerjaannya. Selain itu, hanya 19,7 persen UMKM milik perempuan yang melaporkan mencari bantuan dari program bantuan tunai dari Pemerintah (BPUM) dibandingkan dengan 26,9 persen UMKM milik laki-laki.
Berdasarkan survei 45,2 % UMKM masih beroperasi normal, 30.9% UMKM masih beroperasi sebagian dan bahkan tidak ada yang berniat untuk menutup usaha secara permanen ditengah PPKM Darurat. Intervensi pemerintah juga telah mampu meningkatkan ketahanan UMKM meskipun cakupannya masih harus diperluas.
Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura meminta para pemangku kepentingan bekerja sama untuk meningkatkan sektor UMKM seiring dengan pertumbuhan ekonomi negara yang lebih baik.
“Kesempatan sekarang ada tangan kita. Kita harus menangkap peluang untuk transisi yang lebih berani menuju ekonomi hijau dengan praktik-praktik usaha yang lebih inklusif. Rilis penelitian ini menegaskan bahwa sebagian besar pelaku usaha berpengaruh di sektor UMKM sangat menginginkan adanya perubahan. Saya berharap laporan ini—dan dialog kebijakan hari ini—memberikan wawasan yang lebih tajam tentang sektor UMKM dan mendorong diskusi tentang kebijakan yang dapat membantu UMKM mengatasi tantangan mereka saat ini,” kata Shimomura.
Vikram Sinha, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, mencatat pentingnya percepatan transformasi digital di Indonesia.
“Kemitraan kami dengan UNDP dan Kementerian Koperasi dan UKM telah membantu kami memahami manfaat digitalisasi bagi masyarakat. Kolaborasi ini dapat membantu menginformasikan sektor UMKM tentang praktik terbaik untuk menghadapi tantangan di masa depan, berapapun besarnya. Kami bangga mempersembahkan studi bersama ini yang kami harap dapat digunakan oleh para pembuat kebijakan untuk memanfaatkan peluang dalam digitalisasi dan praktik usaha ramah lingkungan,” ujarnya.
Survei tersebut merupakan studi kedua berturut-turut yang dilakukan terhadap dampak pandemi terhadap UMKM. Sebuah studi tahun 2020 tentang dampak bulan-bulan awal pandemi mengungkapkan hasil serupa dengan mayoritas UMKM melaporkan bahwa mereka mengalami dampak parah pada permintaan dan faktor lainnya.
tabloidpulsa.id – Erajaya Active Lifestyle bersama dengan Dahua Technology menghadirkan IMOU Smart IP Cam, melengkapi portofolio produk CCTV dan kamera pengawasan video. Product terbaru yang dihadirkan yaitu Ranger 2 and Cue 2 dengan built in fitur Soft AP (new version). Smart IP Cam ini juga dilengkapi dengan built in hotspot yang memungkinkan koneksi langsung dari smartphone ke perangkat kamera tanpa koneksi internet dalam radius tertentu.
Alat ini juga dilengkapi dengan fitur unggulan terbaru lainnya, seperti: Resolusi 2MP dan chipset H.265 mampu menghemat bandwith hingga 50%, Human Detection, 16x digital zoom, built in SoftAP,full duplex two-way-talk, built in sirene, dilengkapi dengan abnormal sound alarm dan di-support dengan berbagai macam tipe penyimpanan (NVR, SD-card, cloud storage).
Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, menyatakan, “Tak dapat dipungkiri konsumen makin sadar akan pentingnya home security device untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam kehidupan sehari-harinya. Harga yang makin terjangkau, teknologi yang makin user friendly, interoperability dan konektifitas yang membaik mempercepat adopsi perangkat seperti ini. Erajaya Active Lifestyle hadir dengan produk Smart IP Cam dari IMOU yang memiliki design simple, namun kemampuan mumpuni dan kualitas terbaik untuk memenuhi peningkatan minat masyarakat. Hadirnya koleksi terbaru ini menegaskan kembali komitmen EAL untuk menghadirkan produk terkini dan ter-relevan, dan sekaligus melengkapi portofolio perangkat IoT beserta ekosistemnya.”
IMOU Smart IP Cam tipe Ranger 2 Soft AP (new version) dibanderol dengan harga Rp 499.000, sedangkan tipe Cue 2 Soft AP (new version) dibanderol seharga Rp 399.000. Setiap pembelian Ranger 2 and Cue 2 di bulan Oktober 2021 akan mendapatkan free gifts yang dapat dipilih, diantaranya: silicon case, charging cable, mini portable fan, SD card hingga USB flashdisk.
Produk ini telah tersedia di outlet Urban Republic dan Erafone tertentu. Pemesanan produk juga dapat dilakukan secara online melalui laman e-commerce eraspace.com, serta melalui official store IMOU, Urban Republic dan Erafone di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Blibli.
TabloidPulsa.id – Acer meluncurkan jajaran produk ramah lingkungan mereka yaitu seri Vero yang terdiri dari Acer Aspire Vero, laptop untuk para konsumen serta Acer TravelMate Vero yang ditujukan untuk pengguna komersial. Mulai dari PC hingga perangkat periferal, lini Vero mengimplementasikan pedoman ramah lingkungan yang spesifik, seperti memanfaatkan plastik Post-Consumer Recycled (PCR) dan kemasan yang dapat didaur ulang. Mengingat konsep pelestarian tidak hanya menyangkut bagaimana suatu produk dibuat, tetapi juga bagaimana produk setelahnya, lini perangkat Vero dari Acer telah dirancang agar mudah dibongkar, menyederhanakan proses perbaikan atau upgrade, dan pada akhirnya meningkatkan masa pakai perangkat.
Acer Aspire Vero – Laptop Ramah Lingkungan Lebih dari sekedar laptop yang bergaya, Acer Aspire Vero (AV15-51) adalah wujud nyata dari komitmen Acer untuk aktivitas yang lebih berkelanjutan. Sasis dari laptop ini terbuat dari plastik PCR sebanyak 30 persen sehingga mengurasi emisi CO2 sebanyak 21% pada proses produksinya. Tombol pada keyboard Aspire Vero juga mengandung 50% plastik PCR, dan kemasan Aspire Vero yang telah memenangkan perhargaan 100% dapat didaur ulang sekaligus dapat dijadikan sebagai penyangga laptop. Usaha tersebut membuktikan bahwa desain cermat Acer dapat membantu dalam mengurangi limbah yang tidak berguna, bahkan memberikan kemudahan pembongkaran, perbaikan, upgrade komponen, dan proses daur ulang baik komputer ataupun komponennya. Laptop ini juga telah menggunakan sistem operasi Windows 11 yang baru dirilis, yang sangat mudah untuk digunakan.
Green PC alias PC ramah lingkungan ini menggunakan panel IPS FHD 15,6 inci yang 99% dapat daur ulang serta ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke 11 dan Intel® Iris® Xe Graphics. Spesifikasi ini memungkinkan pengguna dapat mengandalkan performa dan produktivitas kelas dunia saat mereka membutuhkannya. Saat mengerjakan tugas yang tidak terlalu berat, perangkat lunak baru VeroSense™ dari Acer memberi pengguna opsi untuk memilih mode penggunaan yang telah dioptimalkan untuk efisiensi energi dan masa pakai baterai. Fitur seperti Wi-Fi 6, port USB Tipe-C, dan dua port USB Tipe-A memberikan pengalaman penggunaan yang lebih andal, sementara Acer TrueHarmony™ dan Acer PurifiedVoice™ dengan AI pengurangan kebisingan memungkinkan kualitas suara sejernih Kristal pada aktivitas conference-call.
Selain itu, konsumen yang tertarik untuk mengambil langkah lebih ramah lingkungan, konsumen dapat memilih paket Vero set lengkap ramah lingkungan yang terdiri dari Mouse Macaron Vero (AMR020), Mousepad Vero (AMP120 / AMP121) dan Vero Eco-sleeve (ABG131 / ABG132).
Acer TravelMate Vero – Laptop Ramah Lingkungan Acer TravelMate Vero (TMV15-51) adalah laptop bisnis eco-friendly (ramah lingkungan) yang menyasar organisasi dengan misi mengedepankan praktik berkelanjutan. Laptop ini dipersenjatai dengan prosesor terbaru Intel® Core™ i7 generasi ke 11, memori DDR4 16GB, serta SSD 1TB, lebih dari cukup untuk mengerjakan tugas-tugas produktivitas berat, kekuatan ini didukung pula dengan standar keamanan tingkat tinggi. TPM yang terdedikasi memberikan keamanan dan pengelolaan kelas perusahaan, dan slot kunci Kensington memberikan perlindungan fisik untuk data yang penting. TravelMate Vero juga dilengkapi dengan Acer ProShield Plus, solusi keamanan lengkap yang mencakup fitur-fitur seperti enkripsi dan dekripsi, ditambah langkah-langkah otentikasi biometrik yang ada di dalam Windows 11 Pro.
TravelMate Vero memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan logo pada proses startup laptop, yang merupakan bagian penting dari branding baik untuk bisnis kecil dan besar. Hal ini dimungkinkan dengan adanya fitur Acer Commercial BIOS, yang juga mampu mengunci serta memperbarui BIOS bahkan pada platform non-Windows, dan memanfaatkan validasi CHIPSEC untuk meningkatkan keamanan sistem lebih lanjut. Sebagai bagian dari lini green-PC, laptop ramah lingkungan, Vero, TravelMate Vero terbuat dari 30% plastik PCR pada bagian sasisnya, serta didesain untuk mudah diperbaiki dan di-upgrade. Laptop ini juga dikemas dengan kemasan yang 100% dapat didaur ulang.
Acer Veriton Vero Mini – Desktop Ramah Lingkungan Acer Veriton Vero Mini (VVN4690G) adalah mini PC ramah lingkungan yang didesain untuk memberikan performa kelas komersial dalam bentuk tower yang ringkas dan dapat dikustomisasi, memberikan pengguna perangkat yang sempurna untuk situasi kerja yang unik. Pengguna bisa memanfaatkan fitur konektivitas yang lengkap pada perangkat ini, mulai dari Wi-Fi 6 (802.11ax) yang cepat dan stabil atau Wi-Fi 6E (802.11ax) serta tambahan USB dan display ports, termasuk USB 3.2 atau generasi ke-2 dari Type-C yang dapat mentransfer data secara cepat dan dapat digunakan untuk pengisian daya. Perangkat ini akan dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ vPro® generasi mendatang, serta dilengkapi seperangkat alat manajemen seperti Acer Office Manager dan Acer Control Center, sehingga staff IT dapat mengelola seluruh komputer yang ada di dalam perusahaan dengan mudah. Sasis pada Acer Veriton Vero Mini terbuat dari 25% plastik PCR, dan dikemas dalam boks yang 100% dapat didaur ulang.
Acer Vero BR277 – Monitor Ramah Lingkungan Sebagai cerminan dari komitmen Acer kepada lingkungan, Acer Vero BR277 merupakan monitor FHD dengan konsep berkelanjutan menggunakan bodi yang terbuat dari 50% plastik PCR, dan telah mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan dari ENERGY STAR®, TCO dan EPEAT. Prioritas selanjutnya adalah kenyamanan, di mana monitor ini berdiri di Ergostand Acer yang memungkinkan pengguna untuk memiringkan, memutar, menyesuaikan ketinggian, dan memutar monitor hingga mencapai sudut pandang yang sempurna, dan juga dilengkapi dengan rangkaian teknologi VisionCare Acer yang membantu mengurangi ketegangan mata. ComfyView pada monitor ini turut memberikan fitur panel non-glare dan flicker-less yang dapat diredupkan hingga 15% persen, secara signifikan lebih redup dibandingkan dengan berbagai monitor yang ada di pasaran, dan juga memanfaatkan Acer BlueLightShield™ untuk mengurangi jumlah cahaya biru yang terpapar ke pengguna. Sebagai sentuhan akhir, monitor ini dibungkus dalam kemasan yang 100% dapat didaur ulang.
Acer Earthion Sebagai puncak usaha berkelanjutan Acer selama lebih dari 10 tahun, platform Earthion menggabungkan kekuatan yang dimiliki Acer, para mitra, karyawan, serta pengguna dalam mengatasi tantangan lingkungan dengan solusi yang inovatif. Hingga saat ini, Acer Group, baik operasi global dan anak perusahaannya, telah berhasil mencapai target yang dicanangkan pada tahun 2020 silam untuk mengurangi emisi karbon sebanyak 60% secara global. Sebagai anggota dari RE100, Acer saat ini tengah membuat pengaturan untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan sepenuhnya pada tahun 2035.
tabloidpulsa.id – Selama pandemi, kenaikan minat masyarakat terhadap produk lokal terus meninggi didukung dengan kemudahan berbelanja konsumen melalui kanal e-commerce. Hal ini diungkap pada riset terbaru “MarkPlus Insight: Peran E-commerce dalam Mendukung Merek Lokal Selama Pandemi” secara virtual melalui Zoom pada Kamis, 14 Oktober 2021.
Acara ini dihadiri oleh Tubagus Fiki Chikara Satari – Staf Khusus Menteri Koperasi UKM Indonesia, Ayu Purnamasari – Owner Dakara Indonesia, dan Rhesa Dwi Prabowo – Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus, Inc sekaligus peneliti dalam riset ini.
Survei melalui penelitian kualitatif dengan kuesioner terstruktur ini mengungkap terdapat peningkatan penjualan produk lokal di kanal online secara signifikan. Meski terdapat angka kenaikan yang fantastis, namun hanya 18% UMKM di Indonesia yang sudah beradaptasi dengan platform penjualan digital.
“Kecenderungan konsumen membeli produk lokal makin meninggi didorong beberapa faktor, di antaranya selama pandemi, pemasaran online menjadi fokus bagi para pelaku usaha produk lokal menggencarkan pemasaran dan mempromosikan produk di media sosial dan ecommerce, mengikuti berbagai program e-commerce, serta membuat berbagai konten yang menarik,” ungkap Rhesa terkait ketertarikan khalayak terhadap merek lokal. Di tengah maraknya globalisasi, persaingan dagang merek lokal dengan merek global kian kompetitif. Tak ayal, kemudahan bertransaksi digital saat ini juga menjadi pendorong mudahnya konsumen berbelanja tanpa melihat batasan ruang dan waktu.
“Selain itu, pelaku usaha juga selalu berinovasi terhadap produknya dengan melakukan pembaharuan model, desain, variasi produk, serta mulai menjual produk yang dibutuhkan saat pandemi seperti masker. Pelaku usaha juga kerap membuat promo, menawarkan sample produk mereka kepada pembeli, bahkan garansi,” lanjut Rhesa.
Dari sudut pandang pihak pemerintah, dukungan yang dilakukan oleh e-commerce untuk pengembangan produk lokal adalah melalui pelatihan & pendampingan serta edukasi terhadap produk lokal.
Tubagus Fikri Chikara Satari, Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM mengungkap target pemerintah pada tahun 2040 yaitu 30 juta UKM akan onboarding untuk digitalisasi.
Hal ini kemudian ditindak lanjuti oleh Kemenkop UKM dengan menggelar beragam program kemitraan dan pendampingan yang melibatkan universitas, asosiasi, online delivery platform, serta jejaring ritel termasuk e-commerce.
“Strategi kita mengkonsolidasi usaha mikro ini adalah dengan mendorong UKM dan juga industri usaha besar agar menjadi mitra, konsolidator, dan aggregator,” ujar Fiki.
Lebih lanjut, tokoh Asosiasi E-commerce Indonesia Ignatius Untung mengatakan, “Sebetulnya, semua e-commerce sudah punya section khusus yang isinya produk lokal. Tapi kalau saya lihat, e-commerce lokal seperti Tokopedia benar-benar punya inisiatif yang baik untuk mendorong perkembangan produk-produk lokal. Bisa dilihat bahwa setidaknya di platform tersebut semua penjualnya dari Indonesia, tidak ada yang dari luar,” ujar Ignatius selaku Dewan Pakar idEA pada sesi interview dengan MarkPlus.
Ayu Purnamasari selaku Owner Dakara Indonesia yang turut hadir memaparkan sudut pandangnya selaku pegiat usaha lokal di bidang fesyen. Meniti usahanya sejak 2017, inisiatif Ayu menggunakan platform digital sebagai sarana penjualan dimulai sejak pandemi COVID19. Setelah omzetnya sempat anjlok hingga 100%, pihaknya mampu kembali meningkatkan omzet dengan memanfaatkan beragam fitur dan program yang dihadirkan platform ecommerce.
“Hampir 100% hampir tidak ada omzet sama sekali. Akhirnya ketika semua toko offline kami tutup, saya berinisiatif membuka toko di marketplace. E-commerce membantu sekali saya untuk berjualan online karena mereka punya banyak campaign dan program yang menguntungkan baik bagi penjual maupun pembeli.” pungkas Ayu.
Peranan e-commerce dinilai penting sebagai penyedia kemudahan berbelanja bagi para konsumen saat ini. “Dari hasil survei ini diungkap bahwasanya 51% responden memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling diminati untuk membeli produk lokal, diikuti Shopee (40,8%), Lazada (4%), Bukalapak (3,4%), JD.ID (0,4%), dan Blibli (0,4%),” jelas Rhesa. Data lain yang ditemukan dari survei ini, ada 5 (lima) produk lokal favorit konsumen e-commerce Indonesia yaitu fesyen (63,8%), makanan & minuman (49,4%), produk rumah tangga (48,2%), mainan & hobi (40,6%), serta produk ibu & bayi (36,2%).
Persentase pembagian alasan responden dalam memilih Tokopedia sebagai platform yang mendukung produk lokal didasarkan pada ragam program yang dinilai menguntungkan pelanggan seperti diskon untuk produk lokal (75,7%) serta sering digelarnya program yang menampilkan berbagai produk lokal (42,7%). Alasan lain yang ditemukan pada e-commerce lainnya, Shopee menjadi pilihan konsumen karena banyaknya ulasan positif pada toko produk lokal (53,4%). Sementara itu, platform e-commerce lainnya tidak dijabarkan karena jumlah responden yang memilih kurang dari 30.
Survei Markplus ini juga menunjukkan sejumlah alasan responden memilih platform e-commerce yang dinilai paling mendukung pertumbuhan produk lokal/UMKM. “Menurut responden, Tokopedia menjadi pilihan utama karena menyediakan kategori khusus toko UMKM pilihan pada ecommerce tersebut (65%) dan banyak mempromosikan produk lokal di berbagai program promosinya (48,6%). Di sisi lain, Lazada dipilih karena berdasarkan pengetahuan responden, platform tersebut menyediakan dukungan secara keuangan dalam bentuk kredit/bantuan modal (42,1%) diikuti Shopee (33,9%). Namun yang perlu menjadi keterangan, untuk Lazada & platform E-commerce lainnya hanya dipilih kurang dari 30 responden.” ujar Rhesa.
tabloidpulsa.id – Setelah sukses mengadakan kompetisi antar kampus selama tiga tahun berturut-turut, tahun ini PUBG Mobile kembali menggelar PUBG Mobile Campus Championship (PMCC) 2021. Melalui gelaran PMCC tahun ke-empat ini, PUBG Mobile ingin mencetak pemain profesional dari kalangan mahasiswa di kampus-kampus layaknya tim dari Universitas Sam Ratulangi Manado yang memenangkan PMCC 2020 lalu.
PUBG Mobile ingin menambah keseruan untuk PMCC 2021 kali ini. Bagi tim kampus yang memenangkan PMCC 2021, mereka berkesempatan untuk mewakili almamaternya atau bahkan Indonesia di ajang PUBG Mobile Campus Championship South-East Asia (PMCC SEA) 2021 pada 4-5 Desember 2021 nanti. Selain itu, PMCC 2021 kali ini juga menyediakan prize pool sebesar Rp273 Juta bagi tim-tim kampus yang berhasil mendapatkan gelar juara.
“Kami percaya pencarian talenta-talenta gaming itu bisa datang dari kampus-kampus yang diisi oleh anak muda dimana mereka sedang gigih-gigihnya belajar namun tetap ingin menggali potensi mereka di bidang mobile gaming. PMCC sendiri telah diadakan 3 tahun berturut-turut dan sukses mendapatkan tim profesional dari kalangan mahasiswa berkat sistem berskala turnamen internasional yang kami terapkan di PMCC. Kami harap PMCC 2021 atau PMCC ke-empat kami dapat mencetak juara kampus yang lebih pro lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena kami akan mengajak mereka ke PMCC SEA 2021 yang tak kalah menantang,” kata Jenny Zhuang – Country Manager PUBG Mobile Indonesia.
Format pertandingan yang akan dijalankan pada PMCC 2021 kali ini adalah mempertandingan kampus-kampus dari bagian barat Indonesia (West) dengan kampus-kampus dari bagian timur Indonesia (East). Kampus-kampus yang masuk dalam kategori West merupakan kampus-kampus dari seluruh provinsi di Sumatera dan Jawa sedangkan kampus kategori East adalah kampus-kampus dari Kalimantan, Bali, Sulawesi, Papua, NTT dan NTB.
Babak Qualifier yang akan dimulai tanggal 1-14 November akan mencari 16 tim masing-masing dari West dan East. Nantinya, seluruh peserta yang mendaftar akan menjalani babak first qualifier untuk menyaring 128 tim terbaik. Lalu, dari 128 tim tersebut akan disaring kembali menjadi 64 tim dan akan menyisikan hingga 32 tim yang masing-masing mewakili West dan East.
Kemudian Qualifier berlanjut dimana babak Qualifier East akan diadakan pada 6-7 November secara live stream untuk mencari 16 tim East terbaik, begitu pula babak Qualifier West yang akan diadakan 13-14 November untuk mencari 16 tim West terbaik. Setelah itu, akan ada babak National Qualifier yangmempertandingkan 32 tim yang terdiri dari 16 tim West dan 16 tim East. Babak Grand Final akan diadakan setelah National Qualifier untuk mencari Top 14 dan 2 tim yang diundang untuk memperebutkan prize pool Rp273 Juta dan gelar juara serta mewakili kampusnya dan Indonesia di ajang PMCC SEA 2021.
Pendaftaran tim untuk mengikuti PMCC 2021 telah dibuka dari tanggal 4 Oktober dan akan ditutup tanggal 30 Oktober. Sementara itu, babak qualifier akan diadakan tanggal 1-14 November sedangkan grand final akan diadakan tanggal 16-17 November 2021. Pendaftaran tim sendiri dapat dilakukan secara online melalui https://pmccsea.com/id/tournament.
PMCC 2021 yang merupakan ajang perlombaan PUBG Mobile terbesar khusus untuk mahasiswa di Indonesia ini telah memasuki tahun ke-empat dimana ajang tahun ini didukung oleh Oppo Reno6, Nimo TV, SanDisk. Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMCC 2021, silakan kunjungi https://pmccsea.com/id/.
tabloidpulsa.id – Gojek dan Xiaomi mengumumkan kerja sama strategis demi memberikan kemudahan aktivitas masyarakat selama pandemi. Kolaborasi tersebut berupa apresiasi ke pelanggan hingga miliaran rupiah lewat akses ke berbagai layanan Gojek, baik itu GoSend, GoCar, GoRide, dan GoPlay secara tak terbatas dari perangkat Xiaomi. Program tersebut diharapkan semakin mampu mendorong produktivitas masyarakat lewat kehadiran teknologi.
Kolaborasi ini terwujud sebagai bentuk apresiasi kedua perusahaan kepada pelanggan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-11 Gojek sekaligus perayaan capaian Xiaomi yang berhasil menorehkan tonggak sejarah menjadi merek smartphone no. 1 untuk pertama kalinya sejak datang ke Indonesia. Berdasarkan laporan Canalys untuk Q2 2021, pangsa pasar Xiaomi adalah 28% dengan pertumbuhan tercepat dibandingkan dengan pesaing tahun-ke-tahun hingga tiga digit: 112%.
Stephanie Sicilia, Head of PR Xiaomi Indonesia menjelaskan, “Kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Xiaomi Fans yang selama ini telah mendukung dan mempercayakan brand kami sejak hari pertama hingga kini menjadi no.1 di Indonesia. Xiaomi secara konsisten menghadirkan produk inovatif dengan harga sebenarnya mulai dari smartphone dengan teknologi terdepan yang mampu mendukung semua aktivitas dan gaya hidup masyarakat berbagai kalangan. Sebagai bentuk rasa syukur, kolaborasi antara Xiaomi dengan Gojek diharapkan bisa menambah pengalaman beraktivitas yang seamless bagi penggemar Xiaomi maupun pengguna aplikasi Gojek dengan akses hiburan yang beragam.”
Program ini berlaku untuk setiap pembelian produk Xiaomi di wilayah Jabodetabek melalui 262 lokasi Xiaomi Store dan Xiaomi Shop, serta official store Xiaomi Indonesia di Tokopedia. Terdapat sebanyak 200.000 voucher Gojek yang tersedia untuk program ini. Nantinya, pembeli akan mendapatkan voucher senilai 239.000 dari Gojek yang terdiri dari diskon sebesar 15% hingga 40.000 dari GoFood, potongan harga sebanyak 4x untuk layanan GoCar dan GoRide, hingga berlangganan 1 bulan penuh dari GoPlay. Periode program berlangsung dari 13 September – 31 Desember 2021.
Dani Oktobianto W, VP Regional Jabodetabek Gojek mengatakan, “Di usia yang hampir menginjak 11 tahun, Gojek terus berinovasi menghadirkan solusi demi memastikan masyarakat tetap dapat beraktivitas secara produktif di tengah pandemi. Sebagai bentuk apresiasi Gojek terhadap kesetiaan para pelanggan, kolaborasi dengan Xiaomi semakin memenuhi kebutuhan harian masyarakat lewat perangkat yang canggih. Kombinasi antara gadget berteknologi tinggi yang memberikan kenyamanan berkomunikasi hingga berinternet dengan solusi kemudahan beraktivitas dari platform on-demand Gojek diharapkan mampu memenuhi kebutuhan operasional hingga menikmati hiburan tanpa hambatan.”
Pelanggan juga tidak perlu khawatir saat menggunakan layanan transportasi Gojek. Lewat penerapan standar kebersihan tertinggi bagi seluruh ekosistem melalui #ProteksiEkstra, Gojek senantiasa mengedepankan layanan yang paling aman dan higienis agar mampu menimbulkan rasa nyaman bagi seluruh pengguna ekosistemnya, termasuk pelanggan, dan mitra driver.