Home Blog Page 534

Strategi OPPO di 2022, Akan Banyak Smartphone 5G

Strategi OPPO

tabloidpulsa.id – Kinerja yang baik di tahun 2021 menjadi landasan untuk merumuskan strategi OPPO di 2022 mendatang, apalagi merek ini dapat menguasai market share di urutan teratas pada kuartal 3 tahun 2021 yang dikonfirmasi langsung oleh dua firma besar IDC dan Counterpoint. Menurut kedua laporan tersebut OPPO memiliki market share diatas 22%. OPPO disebut menguasai pasar perangkat smartphone dengan rentan harga antara 100 – 300 USD.

Selain itu, menurut data yang dihimpun melalui internal, ternyata perangkat A95 memberikan kontribusi market share OPPO di Indonesia sebesar 30%, angka yang cukup besar untuk perangkat smartphone yang dijual dengan harga hampir 4 juta rupiah. Berbagai macam kolaborasi seperti dengan game developer, UMKM hingga sponsorship dalam perhelatan akbar AFF Suzuki Cup dituding menjadi penyebab tingginya respon konsumen Indonesia terhadap perangkat ini.

“Berbagai pencapaian di tahun 2021 membuktikan bagaimana strategi kami semakin lama semakin baik dalam mengenal pasar smartphone di Indonesia. Kedepan, di tahun 2022 kami menjadikan 5G sebagai landasan pengembangan strategi di Indonesia seiring komitmen pemerintah terhadap perkembangan layanan ini yang mulai terlihat semakin serius, apalagi didukung beberapa event berskala internasional seperti MotoGP 2022 dan KTT G20 yang akan jadi pembuktian jaringan 5G di Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Di 2022, strategi OPPO terutama pada produk akan lebih berfokus pada 5G. Apalagi, OPPO merupakan pionir panggilan video dengan jaringan 5G pertama di Indonesia. Tahun depan akan banyak smartphone 5G yang menarik untuk dihadirkan tentunya dengan teknologi baru yang mebuatnya dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Kehadiran berbagai prosesor 5G baru membuat kompetisi pasar 5G semakin tinggi yang membawa keuntungan untuk memungkinkan produsen smartphone membuat harga perangkat 5G menjadi lebih terjangkau lagi. Perkembangan jaringan 5G juga akan membuat peningkatan konsumsi perangkat – perangkat Internet of Things (IoT) di sisi masyarakat. OPPO akan lebih leluasa untuk memasarkan perangkat IoT yang lebih beragam seiring tumbuhnya jaringan 5G di Indonesia.

“Di kuartal pertama tahun 2022, kami sudah menyiapkan beberapa perangkat 5G dan IoT yang akan meluncur di Indonesia, begitupula di kuartal kedua. Kurang lebih produksi perangkat 5G akan memakan porsi yang lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya. Yang terpenting, OPPO akan menyediakan perangkat 5G yang sesuai dengan jaringan yang digunakan di Indonesia dan perangkat – perangkat ini dapat secara otomatis langsung digunakan pada jaringan 5G jika menggunakan kartu teregistrasi 5G dan berada di jaringan 5G dengan operator yang telah melakukan komersialisasi layanan ini,” tambah Aryo.

Selain itu, di tahun depan, OPPO bertujuan untuk dapat kembali memenangkan hati konsumen Indonesia dengan mendekatkan diri melalui pelayanan kepada konsumen baik melalui layanan penjualan maupun layanan purna jual secara lebih profesional. OPPO juga akan menginisiasi semua yang terlibat dalam ekosistemnya termasuk para dealer dan frontilner dalam memanfaatkan layanan digital untuk edukasi produk kepada konsumennya. Beberapa penghargaan di 2021 seperti Superbrand untuk kategori smartphone & SWA Customer Experience Champions 2021 menjadi landasan OPPO di Indonesia untuk meningkatkan kembali loyalitas dan pengalaman konsumen yang lebih menyenangkan terhadap produk – produknya.

Walaupun OPPO tidak terpengaruh permasalahan kelangkaan chipset, namun OPPO tetap berkomitmen untuk menjamin ketersediaan produk dan juga kemudahan mendapatkannya melalui jaringan luring mapun daring, toko resmi OPPO Store, toko – toko yang menjual perangkat OPPO, situs e-dagang baik situs terkemuka di Indonesia ataupun yang dikelola mandiri seperti pada aplikasi OPPO Store yang sudah otomatis terpasang di setiap smartphone OPPO.

“Konsumen akan menjadi pusat pengembangan OPPO di tahun depan. Teknologi dan Inovasi baru akan terus digali dengan tujuan membawa kebaikan bagi seluruh umat manusia di dunia.” tutup Aryo.

Digitalisasi Dukung Kreativitas UMKM Manfaatkan Momen Nataru

Digitalisasi

tabloidpulsa.id – Pandemi COVID-19 yang sudah hampir dua tahun melanda dunia telah menuntut pelaku UMKM seperti Ramona Marisi, pemilik usaha kuliner rumahan please.inc, untuk memutar otak mencari berbagai cara untuk mempertahankan usaha mereka. Digitalisasi, kreativitas dalam mengolah produk, hingga kejelian memanfaatkan momen-momen tertentu seperti perayaan Natal dan pergantian tahun menjadi pendorong mereka bangkit dari kesulitan ekonomi.

“Banyak masyarakat yang rindu mengirimkan hampers kepada kerabat mereka saat Natal dan tahun baru karena tidak dapat bertemu akibat pandemi, namun juga terbentur keterbatasan dana. Saya terpikir untuk menawarkan hampers yang terjangkau namun kemasannya tetap terlihat apik bahkan juga ramah,” tutur Ramona, yang dulu bekerja di bidang advertising.

Para pelanggan please.inc dapat memesan hampers cantik berbagai makanan Asia, mulai dari masakan khas Korea hingga China, hanya dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp. 77.000 Uniknya, kemasan yang digunakan Ramona bukan hanya menarik dipandang, namun juga terbuat dari pelepah, yaitu produk  ramah lingkungan non kayu hutan.

Semangat dan kreativitas pelaku UMKM seperti Ramona ini membuahkan hasil bagi usaha mereka. Menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), pada penghujung tahun ini, industri ritel diprediksi tumbuh sekitar 3 persen sampai 3,5 persen secara tahunan (yoy) pada periode Oktober hingga Desember 2021, meningkat positif dibanding tahun sebelumnya.

Di tengah meningkatnya penjualan, Ramona tidak khawatir keluarganya akan berisiko terpapar COVID-19. “Transaksi mudah dan aman secara prokes karena saya sudah digitalisasi, jadi para pelanggan tinggal scan QRIS yang saya kirimkan melalui ponsel. Pesan jasa ojol untuk pengiriman pun saya bayar dengan uang elektronik seperti OVO,” tutur ibu dua anak ini.

Awalnya, Ramona mengadopsi pembayaran digital untuk memudahkan proses pencatatan penjualan. Saat itu, usaha yang dirintisnya di tahun 2016 dengan menawarkan pesanan ke sanak saudara maupun kerabat mulai menarik minat pelanggan lainnya.

“Pesanan yang mulai banyak berdatangan membuat saya agak kewalahan. Digitalisasi membantu saya mengelola pemasukan maupun pengeluaran untuk modal usaha,” kenang Ramona.

Saat ini survei Mandiri Institute di kuartal II 2021 menemukan bahwa baru 24 persen usaha yang menggunakan e-wallet dalam bertransaksi usaha, walau pembayaran digital terbukti mampu meningkatkan penjualan UMKM. Hal ini penting mengingat ada lebih dari 60 juta UMKM yang menyumbangkan lebih dari 60 persen PDB Indonesia.

“Jeli melihat peluang dan mengasah kreativitas usaha itu penting, tapi tanpa digitalisasi, tidak terbayang bagaimana caranya bisa menjangkau pelanggan baru dan melakukan transaksi secara aman di tengah pandemi. Platform e-commerce, media sosial, dan uang elektronik sangat membantu menopang usaha saya,” tutur Ramona.

Ramona bersyukur usahanya masih dapat bertahan hingga saat ini. Besar harapannya bahwa pelaku UMKM lainnya pun dapat tetap melangsungkan usaha mereka.

“Semoga teman-teman pejuang UMKM lainnya juga dapat terus bertahan dan bangkit di tahun 2022,” doa Ramona.

Digitalisasi Dukung Kreativitas UMKM Manfaatkan Momen Nataru

tabloidpulsa.id – Pandemi COVID-19 yang sudah hampir dua tahun melanda dunia telah menuntut pelaku UMKM seperti Ramona Marisi, pemilik usaha kuliner rumahan please.inc, untuk memutar otak mencari berbagai cara untuk mempertahankan usaha mereka. Digitalisasi, kreativitas dalam mengolah produk, hingga kejelian memanfaatkan momen-momen tertentu seperti perayaan Natal dan pergantian tahun menjadi pendorong mereka bangkit dari kesulitan ekonomi.

“Banyak masyarakat yang rindu mengirimkan hampers kepada kerabat mereka saat Natal dan tahun baru karena tidak dapat bertemu akibat pandemi, namun juga terbentur keterbatasan dana. Saya terpikir untuk menawarkan hampers yang terjangkau namun kemasannya tetap terlihat apik bahkan juga ramah,” tutur Ramona, yang dulu bekerja di bidang advertising.

Para pelanggan please.inc dapat memesan hampers cantik berbagai makanan Asia, mulai dari masakan khas Korea hingga China, hanya dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp. 77.000 Uniknya, kemasan yang digunakan Ramona bukan hanya menarik dipandang, namun juga terbuat dari pelepah, yaitu produk  ramah lingkungan non kayu hutan.

Semangat dan kreativitas pelaku UMKM seperti Ramona ini membuahkan hasil bagi usaha mereka. Menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), pada penghujung tahun ini, industri ritel diprediksi tumbuh sekitar 3 persen sampai 3,5 persen secara tahunan (yoy) pada periode Oktober hingga Desember 2021, meningkat positif dibanding tahun sebelumnya.

Di tengah meningkatnya penjualan, Ramona tidak khawatir keluarganya akan berisiko terpapar COVID-19. “Transaksi mudah dan aman secara prokes karena saya sudah digitalisasi, jadi para pelanggan tinggal scan QRIS yang saya kirimkan melalui ponsel. Pesan jasa ojol untuk pengiriman pun saya bayar dengan uang elektronik seperti OVO,” tutur ibu dua anak ini.

Awalnya, Ramona mengadopsi pembayaran digital untuk memudahkan proses pencatatan penjualan. Saat itu, usaha yang dirintisnya di tahun 2016 dengan menawarkan pesanan ke sanak saudara maupun kerabat mulai menarik minat pelanggan lainnya.

“Pesanan yang mulai banyak berdatangan membuat saya agak kewalahan. Digitalisasi membantu saya mengelola pemasukan maupun pengeluaran untuk modal usaha,” kenang Ramona.

Saat ini survei Mandiri Institute di kuartal II 2021 menemukan bahwa baru 24 persen usaha yang menggunakan e-wallet dalam bertransaksi usaha, walau pembayaran digital terbukti mampu meningkatkan penjualan UMKM. Hal ini penting mengingat ada lebih dari 60 juta UMKM yang menyumbangkan lebih dari 60 persen PDB Indonesia.

“Jeli melihat peluang dan mengasah kreativitas usaha itu penting, tapi tanpa digitalisasi, tidak terbayang bagaimana caranya bisa menjangkau pelanggan baru dan melakukan transaksi secara aman di tengah pandemi. Platform e-commerce, media sosial, dan uang elektronik sangat membantu menopang usaha saya,” tutur Ramona.

Ramona bersyukur usahanya masih dapat bertahan hingga saat ini. Besar harapannya bahwa pelaku UMKM lainnya pun dapat tetap melangsungkan usaha mereka.

“Semoga teman-teman pejuang UMKM lainnya juga dapat terus bertahan dan bangkit di tahun 2022,” doa Ramona.

Kilas Balik Reno Series dan Flagship OPPO yang Hadir di 2021

rekomendasi reno6 reno series oppo

tabloidpulsa.id – Tulisan ini merupakan lanjutan dari pembahasan mengenai OPPO A Series yang hadir sepanjang tahun 2021. Hanya sekitar 6 dari total 14 produk OPPO yang hadir tahun ini. Sebagai sebuah pengingat di penghujung tahun, kali ini kami juga akan menyebutkan beberapa produk OPPO lainnya dari Reno Series dan Flagship mereka di 2021.

OPPO Reno5 – Membuka Roadmap OPPO di 2021

Harga Terkini: *Discontinued dengan harga terakhir Rp 4.999.000

Pada Januari 2021, OPPO menggebrak pasar ponsel Tanah Air dengan produk menarik OPPO Reno5 yang mengandalkan kamera apik dengan fitur AI yang menarik, lengkap dengan chipset mumpuni untuk melibas game yang ada ditemani layar AMOLED 90Hz dan fitur NFC, yang membuatnya produk midrange menjanjikan di masanya.

Memiliki baterai 4010 mAh dengan pengisian daya cepat 50W, sehingga akan membuat penggunaan ponsel jadi makin efisien karen atidak banyak waktu terbuang hanya untuk megisi daya ponsel hingga penuh.

Ponsel ini membawa SoC Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Pihak OPPO juga telah mengkonfirmasi bahwa produk ini bakal mendapatkan update ke ColorOS 12 dalam waktu dekat.

OPPO Reno5 Marvel Edition – Versi Kolaborasi nan Menjanjikan

Harga Terkini: *Discontinued dengan harga terakhir Rp 5.699.000

Ponsel ini merupakan ponsel limited Edition satu-satunya yang masuk ke pasar Indonesia dan mampu menarik perharian pengguna ponsel, pecinta Marvel universe dan juga para kolektor. Dengan desain yang dipikirkan masak-masak, ponsel yang jeroannya sama dengan OPPO Reno5 ini dijual hanya dalam waktu dan jumlah terbatas.

OPPO Reno5 5G – Pertama Tawarkan 5G di OPPO Midrange

Harga Terkini: *Discontinued dengan harga terakhir Rp 5.999.000

Memiliki banderol lebih mahal 1 juta dari varian 4G, OPPO Reno5 5G hadir sebagai perangkat midrange OPPO pertama yang menawarkan kemampuan jaringan 5G di 2021. Meskipun saat itu pemerintah masih berwacana soal komersialisasi 5G di Tanah Air, ponsel ini dirilis dengan tetap berkoordinasi denga pihak regulator sehingga menjadi contoh bagi ponsel-ponsel 5G ready yang hadir setelahnya.

Berbeda dengan OPPO Reno5 4G, ponsel ini membawa chipset Qualcomm 765G, yang merupakan chipset kelas midrange generasi terbaru di masanya. Tetap membawa RAM 8GB dan ROM 128GB namun tanpa slot memori eksternal.

Seperti halnya OPPO Reno5 4G ponsel ini juga menjalankan ColorOS 11.1 yang dapat diupgrade ke ColorOS 12.

OPPO Reno5 F – Versi Alternatif, Paling Ramah di Kantong

Harga Terkini: Rp 4.099.000

Di Reno5 Series, OPPO juga menawarkan satu produk yang harganya paling ringan, yakni OPPO Reno5 F. Membawa chipset besutan Mediatek, Helio P95, RAM tetap di 8GB dan ROM 128GB, ada beberapa fitur yang tidak dihadirkan di Reno5 F, semisal NFC. Tapi selebihnya, ponsle ini tetaplah ponsle tipis nan stylish dengan fitur kamera yang bisa diandalkan.

OPPO Reno6 – Bukan Ponsel Gaming tapi Nyaman untuk Ngegame

Harga Terkini: Rp 5.199.000

Seri Reno terbaru yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2021 ini menjadi standar baru bagi produk-produk OPPO Reno Series. Selain membawa sejumlah fitur apik di sisi kamera, ponsel ini juga memiliki performa yang dapat diandalakan, lengkap dengan sistem operasi yang mendukung pengalaman ekstrim tersebut. Untuk itu tidak heran jika OPPO Reno6 juga digunakan sebagai ponsel resmi dalam sejumlah turnamen game mobile.

Mengandalkan sejumlah fitur pada videografi, ponsel yang membawa chipset Snapdragon 720G ini juga dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan ColorOS 11.1 yang kini sudah bergulir untuk update ke ColorOS 12, maka ponsel ini termasuk produk Reno yang bakal menjalakan OS anyar tersebut pertama kali di Indonesia, sebelum Reno7 masuk secara resmi.

OPPO Reno6 5G – Varian 5G dengan Dimensity 900

Harga Terkini: Rp 7.999.000

Reno6 Series juga memiliki sejumlah varian lain, salah satunya adalah OPPO Reno6 5G yang desainnya mengotak klasik seperti ponsel-ponsel pintar jaman dulu. Selain berbeda pada desain tulang samping, ponsel ini juga membawa chipset 5G milik Mediatek, yakni Dimensity 900. Dengan RAM 8GB dan ROM 128GB tanpa slot memori eksternal.

Ponsel ini membawa baterai berkapasitas 4300 mAh dengan SuperVOOC 2.0 yang menghantarkan listrik sebesar 65Watt.

OPPO Reno6 5G Pro – Reno Seharga Flagship

Harga Terkini: Rp 10.999.000

Nah ini dia varian tertinggi dari Reno6 Series. Adalah OPPO Reno6 5G Pro yang dibanderol dengan harga lebih dari 10 juta Rupiah. Kalau kita membandingkannya dengan seri Reno3, 4 dan 5, nampaknya harga ini agak asing untuk dibanderolkan pada sebuah ponsle Reno. Tapi ingat, dulu ponsel Reno di awal-awal memang memilki harga premium. Dan Reno6 5G Pro ini mengingatkan pada prdouk-produk Reno awal tersebut.

Berbeda dengan OPPO Reno6 5G, varian pro ini membawa desain tulang ponsel yang tidak terlalu kotak. Memberikan sudut yang landai pada tiap permukaan layaknya OPPO Reno6 4G. Ini sih hanya soal selera ya.

Tapi yang pasti produk Reno premium ini membawa chipset Snapdragon 870. Chipset 5G seri 8 nya Qualcomm yang memang sudah masuk dalam kategori affordable flagship. Dengan RAM 12GB dan ROM 256GB. Tanpa memori eksternal. Ponsel ini juga membawa baterai berkapasitas 4500 mAh dengan SuperVOOC 2.0 65Watt

OPPO Find X3 Pro – Produk Flagship yang Kompetitif

Harga Terkini: Rp 15.999.000

Dulu, mungkin ketika Anda bersiap melepas uang 16 juta untuk sebuah ponsel, OPPO tidak terlintas di benak Anda. Namun berkat reputasi OPPO Find X dan Find X2 Series yang mendapatkan respon positif, maka seri OPPO Find X3 pun tidak lagi malu-malu hadir sebagai ponsel flagship yang mampu bersaing dengan ponsel dengan harga yang sama.

Selain desain yang dibuat sedemikian rupa hingga terlihat elegan dan mahal sejak pandangan pertama, ponsel ini telah diisi dengan sejumlah fitur mutakhir di dunia ponsel saat ini. Chipset Snapdragon 888, RAM 12GB, ROM 256GB, ColorOS 12 sejak diluncurkan, dan sejumlah kemampuan kamera yang tidak sekedar hadir untuk sebuah gimik, menjadi fitur unggulan dan sekali lagi bisa diadu dengan produk berharga setara.

Demikian, sudah kita bahas sekitar 14 produk OPPO dari yang termurah di A series hingga termahal di Reno Series dan Find X3 Pro yang masuk ke Indonesia secara resmi sepanjang tahun 2021. Semoga tahun depan, kita bisa melihat produk yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan anggara, bisa memperoleh produk incaran, jika ada, dan semoga susana pandemi ini segera membaik. Tetap semangat dan selamat tahun baru 2022.

Ikuti Keseruan Road to Nimo TV Gala 2021

NimoTV Gala 2021
NimoTV Gala 2021

TabloidPulsa.id – Platform streaming global terkemuka, Nimo TV akan menghadirkan malam penghargaan bagi individu, organisasi, dan partner terbaik di dunia game dan liveshow dalam Nimo TV Gala 2021. Mulai pada tanggal 23 Desember hingga 10 Januari 2022, seluruh penggemar dapat memberikan dukungan kepada insan eSports dan liveshow baik itu streamer, content creator, pro player dan beragam nominasi lainnya untuk menjadi pemenang di malam penghargaan Nimo TV Gala 2021.

Penentuan pemenang dari setiap kategori akan berdasarkan jumlah vote terbanyak yang diberikan oleh penggemar atau masyarakat umum. Untuk berpartisipasi memberikan voting kepada individu dapat diakses pada aplikasi Nimo TV atau dapat mengunjungi https://bit.ly/NimoTVGala2021. Terdapat 8 kategori diantaranya 5 kategori game dan 3 kategori liveshow yang akan dipersembahkan kepada streamer, gamer, dan content creator paling favorit, berprestasi, dan paling populer. Berikut daftar lengkap kategori yang terbuka untuk dukungan suara seluruh masyarakat.

Award Categories
Kategori Game
Top Mobile Legends Streamer 2021
Top PUBG Mobile Streamer 2021
Top GTA V Streamer 2021
The New Rising Star 2021
Top Streamer 2021

Kategori Liveshow
Most Popular Liveshow Female Streamer 2021
Most Popular Liveshow Male Streamer 2021
New Rising Liveshow Streamer 2021

“Jutaan pengguna Nimo TV telah disuguhkan permainan terbaik yang menghibur dari sejumlah streamer terbaik. Ribuan game dan puluhan sesi game yang dipersembahkan kepada viewers telah menjadi bagian sejarah perjalanan Nimo TV hingga sekarang. Nimo TV Gala 2021 yang akan diselenggarakan di awal tahun 2022 ini akan menjadi malam puncak perayaan dan apresiasi kepada seluruh streamer serta gamer dan partner atas kontribusi mereka terhadap ekosistem game, esports dan hiburan sepanjang tahun 2021,” ujar Veronica, Local Manager Nimo TV Indonesia.

Penghargaan Nimo TV Gala 2021 mencakup sejumlah kategori besar dengan popularitas terbesar di Indonesia, mulai dari titel game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG MOBILE, GTA V, hingga individu berprestasi nan populer seperti pro player pria dan pro player wanita. Tercatat beberapa nama populer masuk nominasi seperti pemain profesional PUBG MOBILE BTR Ryzen dan BTR Mute yang sudah tidak asing terpampang di berbagai penghargaan kompetisi profesional baik nasional bahkan penghargaan internasional sekalipun.

Selain mendukung insan eSports dan streamer terbaik di Indonesia, masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam aktivitas seru yang dihadirkan Nimo TV. Setiap minggunya akan ada permainan sederhana dalam tajuk “Weekly Games” mulai dari Quiz “Tebak Pemenang Nominasi? ” dan “Cari Perbedaan Trophy Nimo TV Gala 2021?” di media sosial Instagram yang berhadiahkan merchandise Nimo TV.

Selain quiz, ada pula IG Filter Challenge dan Streamer Challenge yang mengundang seluruh penggemar untuk berbagi konten menggunakan filter Instagram dari Nimo TV. Unggahan konten terbaik dengan tagar khusus #NIMOTVGALA2021 #UNIMOVERSE akan dipilih menjadi pemenang dan berhak atas hadiah merchandise Nimo TV. Kemeriahan tidak sampai disitu saja, Nimo TV juga akan membagikan tiket nonton langsung Nimo TV Gala 2021 kepada pengguna setia Nimo TV. Jadi wajib stay tune di instagram @nimotv_id.

Dukung streamer favoritmu di ajang penganugerahan Nimo TV Gala 2021 sekarang juga! Kalian dapat memberikan voting sebanyak-banyaknya dengan melakukan misi-misi yang telah ditentukan. Ikuti informasi terupdate dan keseruan lain yang akan hadir melalui kanal resmi media sosial Nimo TV di Instagram @nimotv_id. Akan ada banyak kejutan yang dihadirkan Nimo TV sebagai gebrakan kontribusi kepada industri game di Indonesia.

Sharp Gunakan Artificial Intelligence untuk Layanan Purna Jual

Artificial Intelligence

tabloidpulsa.id – Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan salah satu primadona yang digaungkan pada masa pandemi. Dianggap menjadi solusi, kehadirannya dapat menjawab permasalahan ruang dan waktu yang dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya dikala pembatasan sosial ketat diberlakukan sejak akhir Juli hingga Oktober 2021 lalu.

Haus akan perkembangan teknologi tercermin pada data Digital Economy Summit 2020 lalu,  dimana Indonesia menempati negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan yang paling cepat. PT Sharp Electronics Indonesia yang tanggap pada kebutuhan masyarakat, secara resmi meluncurkan layanan service center berbasis sistem Artificial Intelligence di tahun 2021. Layanan yang dinamakan Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) berfungsi untuk memberikan layanan informasi 24 jam kepada konsumen.

“SALLI dapat diakses dengan menghubungi Whatsapp Bisnis Sharp pada nomor 0811 – 8205 – 666. Konsumen cukup mengirimkan chat, lalu SALLI akan merespon dengan mengirimkan jawaban berupa opsi layanan seperti purna jual, informasi mengenai program penjualan terkini, hingga layanan customer service”, jelas Rita Sulistyani, Customer Care Center Head PT Sharp Electronics Indonesia.

Layaknya customer service yang dikelola oleh manusia, SALLI juga dapat memberikan informasi mendetail mengenai layanan purna jual seperti permintaan layanan service, informasi lokasi service center Sharp, hingga jadwal kunjungan teknisi. Sistem dapat mencatat pendataan konsumen, produk yang digunakan, kebutuhan purnajual yang dibutuhkan oleh konsumen.

“Hadirnya layanan ini menjadi jawaban dari kebutuhan konsumen yang kesulitan untuk meluangkan waktunya pada jam kerja. Respon instan dan pendataan yang akurat menjadi poin penting pada fitur ini, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan komunikasi”, terang Rita. Menurutnya efisiensi tidak hanya dirasakan dari sisi konsumen saja, namun juga manajemen.

Mengadopsi sistem kecerdasan buatan ditengarai dapat mengurangi biaya operasional, baik dari segi teknis maupun non teknis. Alur kerja yang semakin ringkas dan sederhana juga membantu perusahaan untuk memberikan layanan prima bagi para konsumen. Sejak awal peluncurannya layanan ini telah digunakan oleh lebih dari 30.000 pelanggan di Indonesia yang menanyakan beragam informasi seputar fitur, proses perbaikan produk dan titik layanan offline.

Guna memenuhi kebutuhan, Sharp Indonesia juga telah menyediakan layanan dalam bentuk digital, yang dapat diakses pada situs website, hotline, dan juga aplikasi Sharp.id.

“Layanan servis melalui digital ini memperkuat layanan purna jual yang sudah dimiliki Sharp sebelumnya yaitu dengan menghadirkan pusat perbaikan secara offline yang dapat dikunjungi konsumen di 24 kantor Service Center, 47 SHARP Direct Service Station (SDSS), 328 SHARP Authorized Service Station (SASS), dan 46 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentunya di siapkan oleh Sharp Indonesia guna untuk memuaskan konsumen setianya di seluruh Indonesia agar selalu merasa aman dan nyaman saat menggunakan produk-produk Sharp,” tutup Rita.

Erajaya Peduli Bangsa Kembangkan Program Agroforestry

Erajaya Peduli Bangsa

tabloidpulsa.id– Erajaya Group mengumumkan didirikannya Yayasan Erajaya Peduli Bangsa, yang merupakan lembaga non-profit yang didirikan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dan kepedulian sosial Erajaya Group. Yayasan ini sekaligus merupakan wadah untuk mengelola aktivitas sosial perusahaan secara terpadu, terintegrasi, fokus, dan berdampak luas yang berkesinambungan. Kontribusi yang dilakukan juga termasuk dalam kegiatan-kegiatan di bidang sosial, kemanusiaan, dan keagamaan dengan cakupan wilayah dari lokal, regional, hingga nasional.

Jimmy Perangin Angin, Chief Human Capital, Legal dan CSR mengatakan, “Terbentuknya Yayasan Erajaya Peduli Bangsa merupakan wujud dari komitmen kami dalam menjalankan kegiatan di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan, setelah sebelumnya kami melakukan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui kegiatan filantrophy dan Corporate Social Responsibility perusahaan. Saat ini, kami hadir dalam wadah Yayasan guna membuka lebih luas keterlibatan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan maupun kegiatan yang akan kami lakukan kedepan.”

Yayasan Erajaya Peduli Bangsa LENTERA Erajaya Peduli memiliki 4 pilar, yaitu Lentera Sehat, Lentera Cerdas, Lentera Hijau, dan Lentera Kasih. Program-program ini bertujuan untuk dapat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) yang berfokus pada kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak jangka panjang dan berkelanjutan.

Salah satu perwujudan pilar Lentera Kasih adalah program pengembangan masyarakat berbasis agroforestry/wanatani di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Kelompok Tani Binaan ini diberikan akses dan kesempatan untuk mengelola tanaman hortikultura dengan metode tumpang sari di kawasan penghijauan “Wana Erajaya”. Berbagai komoditas seperti jagung, kacang tanah, lengkuas, terong, cabai, dan tanaman produktif lainnya ditanam oleh kelompok tani yang hasilnya digunakan untuk keperluan pangan rumah tangga dan menambah pendapatan dari hasil panen. Saat ini, sekitar kurang lebih 20 petani secara aktif terlibat mengelola lahan tumpang sari ini dan beberapa komoditas tani sudah berhasil  dipanen  sejak program ini dimulai pada tahun 2019.

Program ini sejalan dengan misi Yayasan Erajaya Peduli Bangsa yakni memberdayakan komunitas lokal/masyarakat mitra binaan untuk mencapai kemandirian melalui inovasi sosial, pengembangan ekonomi kreatif dan kewirausahaan. 

Ini Dia Produk OPPO A Series Sepanjang 2021, Mana yang Paling Oke?

oppo a74 5g a series
OPPO - PR

tabloidpulsa.id – Tahun 2021 ini berjalan layaknya sebuah roller coaster. Diawali dengan optimisme untuk bangkit dari pandemi, pesimisme yang muncul karena angka kematian akibat Covid 19 yang tiba-tiba meningkat, kemudian melandai kembali karena efektivitas vaksinasi sehingga muncul optimisme yang mengembalikan kondisi jalanan ibu Kota kembali macet seperti tidak ada pandemi lagi. Hal ini pun berlaku bagi industri ponsel, terutama bagi OPPO di pasar Indonesia. Sepanjang tahun 2021 ini OPPO merilis setidaknya 14 model ponsel yang tersebar dari A Series, Reno hingga seri Find X. Menjangkau semua kalangan, dari yang flagship hingga yang paling terjangkau.

Berikut ini sebagai sebuah pengingat, kami akan kembali membahas seluruh produk tersebut, dilengkapi dengan informasi harga terkini, status produksi dan juga dukungan OS terbaru.

Di tulisan ini kita mulai dari OPPO A Series.

OPPO A16 – Termurah dengan Durabilitas Tinggi

Harga Terkini: Rp 1.999.000 (3/32 GB), Rp 2.499.000 (4/64 GB)

Tahun 2021 ini OPPO menawarkan produk termurah di angka 2 jutaan dengan sejumlah fitur menarik. Chipset gaming kelas budget, Helio G35, desain yang kekinian dengan layar memenuhi bagian permukaan dalam bentangan 6.52 inci dan perlindungan Gorilla Glass 3.

OPPO A16 membawa sertifikasi IPX4, ponsel ini tahan percikan air sehingga aman ketika digunakan di musim penghujan seperti sekarang ini. Dilengkapi dengan daya tahan baterai yang terbukti “bandel” karena efektivitas ColorOS 11.1 yang dibawanya.

Sayangnya pihak OPPO tidak berencana untuk meningkatkan versi OS produk yang dirilis akhir September ini di masa mendatang ke ColorOS 12. Tapi jangan khawatir, karena produk ini tetap akan mendapatkan update security patch secara berkala, namun tetap di ColorOS 11.1.

OPPO A53 (4/128) – Varian ROM Terbaru, Menjawab Permintaan Pasar

Harga Terkini: Rp 2.699.000

Pernah menjadi produk OPPO paling laris di tahun 2020, Oktober 2021 kemarin OPPO Indonesia memutuskan untuk kembali merilis OPPO A53 varian 4/128 sebagai versi penerus bercita rasa klasik.

Membawa chipset Snapdragon 460, layar 90Hz dengan panel LTPS-LCD, baterai 5000 mAh dan kamera selfie 16MP ditemani kamera utama 13MP+2MP+2MP, ponsel ini menawarkan pengalaman ponsel A53 dengan pewarnaan baru dan juga keleluasaan yang ditingkatkan untuk berkreasi.

Sama halnya dengan OPPO A16, ponsel ini juga kabarnya tidak mendapat perbaruan ke ColorOS 12. Bahkan meskipun meluncur di bulan Oktober 2021, OS ponsel ini masih ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

OPPO A54 – Versi Pembaharu A53, dengan Helio P35

Harga Terkini: Rp 2.699.000

Membawa harga dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari A53 4/128, OPPO A54 menjadi produk pembaharu sekaligus menjadi alternatif ketika Anda membutuhkan varian dengan chipset yang berbeda.

Dari sisi desain, OPPO A54 menawarkan tata letak sensor sidik jari yang berbeda. Menggesernya ke sisi kanan, bersatu dengan tombol power, menjadikan ponsel ini terasa lebih ramping meskipun membawa baterai dengan kapasitas yang sama.

Ponsel ini juga menjalankan ColorOS 7.2 berbasis Android 10, dan tidak mendapat versi pembaharu ColorOS 12.

OPPO A74 – Produk Pertama dengan RAM Expansion

Harga Terkini: Rp 3.399.000

Saat diluncurkan, produk ini adalah bagian dari surprise OPPO Indonesia, karena diperkenalkan di saat mereka memperkenalkan OPPO A74 5G. Awalnya menjadi produk alternatif ketika Anda masih belum terlalu membutuhkan fitur 5G ready dalam sebuah ponsel A series.

Membawa chipset Snapdragon 662, layar AMOLED dengan punch hole 6,43 inci, RAM 6GB dan ROM 128GB, NFC, triple camera 48+2+2 MP, baterai berkapasitas besar 5000 mAh, dan pengisian daya 33W, ponsel ini juga dilengkapi dengan ColorOS 11.1 yang membawa fitur RAM expansion untuk pertama kali.

Saat ini fitur RAM expansion sudah menjadi fitur “biasa” di ColorOS 11.1 dengan ROM besar (di atas 128GB), namun dalam catatan kami, OPPO A74 inilah awal kami merasakan fitur tersebut.

Tapi sayangnya, ponsel ini juga termasuk produk yang tidak mendapatkan update ColorOS 12 di kemudian hari. Setidaknya sampai tulisan ini dibuat, OPPO belum mengumumkan.

OPPO A74 5G – Siap Menjalankan Jaringan 5G di A series Premium

Harga Terkini: Rp 3.999.000

Dirilis bersamaan dengan OPPO A74, yakni pada bulan April 2021, OPPO A74 5G menarik perhatian karena membawa chipset 5G terbaru untuk level low to mid, Snapdragon 480 5G. Sepanjang proses perkenalannya pun, porsi mengenai chipset anyar ini menjadi cukup besar karena meskipun berada di kelas Seri 4xx, namun dipercaya menawarkan performa yang jauh lebih baik, bahkan setara dengan kelas 6xx di generasi sebelumnya.

Menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, dengan RAM 6GB dan ROM 128GB, ponsel ini menawarkan performa gaming yang mumpuni dengan teknologi keamanan baterai dan pembuangan panas yang efektif sehingga tetap nyaman ketika digunakan bermain game sambil dicharge.

Menariknya, OPPO telah mengumumkan bahwa produk ini akan kebagian update ke ColorOS 12, yang akan meningkatkan efisiensi penggunaan dayanya. Ketika jaringan 5G sudah stabil, nampaknya efisiensi penggunaan daya ini harus dipenuhi agar tidak mudah kehabisan baterai di tengah jalan.

Ponsel ini membawa kapasitas baterai 5000 mAh.

OPPO A95 – Penutup A Series di 2021 Sekaligus yang Paling Premium

Harga Terkini: Rp 3.999.000

Produk ini hadir di bulan November 2021, dan menjadi A series penutup tahun sekaligus menjadi pilihan paling premium di kelas A series-nya OPPO. Sejumlah hal positif bisa kami ceritakan mengenai produk ini. Dimulai dari kemampuan kamera dengan sensor anyar yang menjadikan setiap jepretan iseng jadi terlihat dramatis. Cocok banget buat liburan akhir tahun ke daerah pantai ataupun pegunungan.

Di samping itu, OPPO A95 juga membawa teknologi yang memberikan kenyamanan. Nyaman pertama, saat ponsel tak mudah tergores benda tajam ketika diletakkan di saku celana. Yang ada justru plastik pelindung layarnya duluan yang bakal baret-baret. Nyaman kedua saat ponsel tidak mudah terbakar dan memiliki teknologi keamanan saat mengisi baterai sambil tidur.

Nyaman berikutnya ada di efisiensi penggunaan power dan daya tahan baterai yang kuat sehingga tidak melulu membawa kita ke sudut ruangan yang ada colokan listriknya.

Ponsel ini menjalankan ColorOS 11.1, namun belum ada informasi apakah ke depannya akan kebagian update ke ColorOS 12. Akan kami update jika ada perubahan info di masa mendatang.

(bersambung)

Blibli Raih Tiga Penghargaan di TOP DIGITAL Awards 2021

TOP DIGITAL Awards 2021

tabloidpulsa.id – Blibli berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dalam TOP DIGITAL Awards 2021, ajang penghargaan tahunan di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan teknologi digital. Blibli dinilai mampu memanfaatkan teknologi informasi dan digital terbarukan secara strategis untuk menjalankan perusahaan dengan pendekatan bisnis yang lebih modern.

Ketiga penghargaan yang diraih Blibli meliputi:

  • TOP DIGITAL Implementation 2021 # Level Stars 5 untuk PT Global Digital Niaga (Blibli)
  • TOP Leader on Digital Implementation 2021 untuk Kusumo Martanto (CEO Blibli)
  • TOP IT Manager on Digital Implementation 2021 untuk Rendra Perdana (IT Manager Blibli)

“Blibli mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Apresiasi ini memberikan optimisme lebih baik bagi segenap tim Blibli untuk terus memaksimalkan infrastruktur teknologi terkini dan mengembangkan kapabilitas digital karyawan dalam menghadirkan layanan dan solusi inovatif di tahun-tahun berikutnya demi menjaga kepuasan pelanggan dan mitra secara berkelanjutan,” ujar Rendra Perdana Satria, Cybersecurity Architect Blibli.

Saat ini, Blibli telah mengimplementasi teknologi terdepan di berbagai lini operasional untuk memastikan perusahaan berjalan secara terintegrasi di tiap inti bisnisnya. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Menjadi e-commerce pertama yang meraih sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2013 untuk memastikan keamanan data perusahaan, pelanggan, dan mitra;
  • Menjadi e-commerce pertama yang menggunakan SAP Commerce Cloud untuk memperkuat posisi perusahaan dalam menghadirkan one stop solution di segmen B2B;
  • Mengoperasikan Fulfillment By Blibli, tech-driven in-house fulfillment yang mencakup warehouse, hubs dan mobile hubs, serta solusi logistik BES untuk last mile delivery yang seamless.

TOP DIGITAL Awards 2021 sendiri merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah IT Works dan didukung oleh asosiasi serta perusahaan konsultan di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan digital. Penilaian dilakukan berdasarkan wawancara penjurian yang dilakukan secara objektif dan independen, di mana hasilnya ditentukan dalam Sidang Pleno Dewan Juri yang kredibel.

Jajal ColorOS 12 Beta di OPPO Reno6 (Bagian 2)

beta 12 reno6

tabloidpulsa.id – Telah diberitakan sebelumnya di tulisan tips berikut ini (LINK), bahwa kami telah berhasil mendaftarkan diri dalam program Trial ColorOS 12 di perangkat OPPO Reno6 (4G). Nah, tulisan ini akan melanjutkan pembahasan tersebut. Dimana kami akan menginstal versi beta dari coloros 12 di Reno6 dan melihat pengalaman apa yang berubah. Sebelum versi resminya rilis dalam beberapa hari ke depan.

Tidak beberapa lama dari pendaftaran program trial, kita akan segera menerima update di halaman Software Update. Download segera menggunakan koneksi andalan Anda. Lalu setelah selesai didownload, Anda hanya perlu menyentuh tombol update yang ada di bagian bawah dan berwarna hijau. Lalu tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah selesai, tampilan di aplikasi settings akan terlihat berbeda. Tidak ada lagi pilihan Software Update, namun berganti menjadi About Phone. Yang kalau kita buka akan tampak tiga kolom muncul di bagian atas tampilan. Yang tertumpuk satu kolom besar di atas dua kolom yang menopangnya.

Satu kolom di atas memuat informasi versi software terkini, up to date atau tidak. Lalu satu kolom bawah kiri berisi informasi produk dan di sebelahnya da kolom yang akan memperlihatkan status Media penyimpanan.

Sementara informasi lain mengenai produk ini masih tertampil sebagai baris-baris kecil dua kolom seperti yang ada di versi sebelumnya. Tapi, sudah dipisahkan anatara parameter di sebelah kiri dengan informasi device di sebelah kanan. Tidak bertumpuk seperti versi sebelumnya.

Di bagian battery, kini juga terlihat grafis yang jelas. Memperlihatkan fluktuasi penggunaan daya sepanjang 24 jam terakhir. Mungkin akan dibutuhkan ketika Anda akan berstrategi membawa OPPO Reno6 berlibur agak jauh.

Dan sejumlah peningkatan di sisi performa. Semisal stabilitas tampilan game, lalu perubahan ke flexible windows dan fitur Background Stream yang menjadi ciri khas ColorOS 12 akan hadir di versi Beta ini.

Termasuk di sisi kamera. Bagian ini mendapat polesan yang cukup menarik. Akan kita bahas selengkapnya di tulisan-tulisan lain. OPPO Reno6 series merupakan salah satu ponsel OPPO yang mendapatkan versi beta ColorOS 12 di 2021 ini. Dan kabarnya akan mendapatkan versi resmi hari ini, atau 28 Desember 2021.

Lebih Dekat dengan OPPO Reno7 Pro LoL Wild Rift Edition

reno7 pro wild rift

tabloidpulsa.id – Awal Desember lalu OPPO Cina mengumumkan sebuah produk kolaborasi yang lagi-lagi menarik perhatian kami. Sebuah produk Reno7 Pro yang didesain dan dikemas dengan tampilan apik bekerja sama dengan game mobile besutan Riot Games yang tengah digandrungi penggemar game ponsel di sana, yakni League of Legends Wild Rift.

Sayangnya produk ini tidak dijual di Indonesia, setidaknya tidak secara resmi. Oleh karena itu, kami beruntung bisa melihat dari dekat dan merasakan performa ponsel ini secara langsung. Dan tulisan ini akan merangkum pengalaman kami dengan produk menarik tersebut, yang juga berhasil membuat kami tidak sabar ketemu dengan produk Reno7 resmi versi Indonesia.

Unboxing dan Kemasan yang Unik

Keunikan pertama yang bisa kami lihat adalah kemasan ponsel ini yang berbentuk roket yang merupakan salah satu senjata atau tipe serangan milik karakter JINX dari game LoL Wild Rift. Cukup besar dan dengan tali yang membuatnya bisa digunakan sebagai tas.

Bagian bawah dari roket ini kemudian dapat diputar untuk membuka sebuah kemasan berbentuk tabung, yang sisinya adalah ponsel OPPO Reno7 Pro special edition ini, dengan back cover yang telah disesuaikan dengan tema. Lalu juga ada sejumlah pernak-pernik, semisal hard case yang bertuliskan JINX, charger adapter dengan logo roket dan tulisan hahaha, gantungan ponsel, pin ejector berbentuk kalung peluru serta sejumlah stiker.

box

Pernak-pernik yang ada, membuat Edisi kolaborasi ini terlihat layak untuk menjadi edisi kolektor. Entah itu Anda menyukai ponselnya, gamenya, karakter JINX nya, atau bahkan tidak sama sekali, tidak masalah. Karena semua item yang dibawa memiliki kualitas apik sekelas produk-produk yang sering menyertai Blu-Ray game Collector Edition di Playstation ataupun Xbox.

Tema League of Legend wild Rift

Ponselnya sendiri membawa sudut tegas, alias mengotak seperti Reno6 5G. Dan dibuat tipis sehingga nyaman ketika digenggam. Membawa layar AMOLED 90Hz yang menampilkan warna dengan apik, terutama di tema bawaan yang serba JINX. Dengan warna dominan di biru muda, senada dengan warna rambut karakter League of Legend Wild Rift, JINX.

theme

Meskipun sudah dilakukan pada produk-produk kolaborasi lainnya, upaya OPPO untuk menyediakan sentuhan yang lebih mendalam ke sisi tampilan UI senafas dengan tema kolaborasi ini patut diacungi jempol.

Jeroan dan Performa

Meski pertemuan kami dengan Reno7 Pro League of Legends LoL Wild Rift kali ini tergolong singkat. Kami berkesempatan untuk mencoba performa ponsel ini, baik yang bersifat kosmetik, maupun di sisi performa hardware yang dibawanya.

hard case

Di sisi kosmetik, kita bisa melihat bagaimana OPPO Reno7 Pro memberikan sentuhan menarik, dengan meletakkan Lampu LED di sekeliling area lensa kamera belakang. Sehingga ketika ponsel dalam kondisi tertelungkup di atas meja, lampu LED ini bisa menyala sebagai lampu notifikasi ketika ada panggilan masuk, atau sekedar pesan WA dan notifikasi dari aplikasi lain.

Dengan desain yang kotak, maka kemungkinan kita untuk melihat edge lighting saat ponsel dalam kondisi tertelungkup (layar di bawah) akan semakin kecil. Dan sentuhan apik di sisi LED yang mengelilingi bagian kamera ini menjadi solusi menarik yang harusnya sih bisa menjadi tren ponsel dengan desain kotak seperti ini ke depannya.

Di sisi performa, OPPO Reno7 Pro telah membawa chipset kelas atas besutan Mediatek, yakni Dimensity 1200 Max 5G. Chipset ini membawa CPU dan GPU yang disebut-sebut memiliki kemampuan setara seri 8xx-nya Qualcomm Snapdragon. Lengkap dengan RAM 12GB dan ROM 256GB.

Untuk bermain game, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Nilai Antutu yang mencapai 690ribu hingga 700ribuan, menjadi salah satu parameter awal yang bisa kita pegang. Tapi untuk tahu bagaimana efektifnya penggunaan chipset ini sih, Anda harus benar-benar merasakan kemampuan gamingnya langsung.

OPPO Reno7 Pro LOL Wild Rift Edition ini dijual dengan harga 3999 Yuan atau sekitar Rp 8.999.000. Sudah tersedia di Cina sejak tanggal 10 Desember 2021. Tapi sekali lagi, sayangnya produk ini tidak dijual secara resmi di Indonesia. Setidaknya sampai tulisan ini kami buat pun pihak OPPO Indonesia telah menyatakan bahwa ponsel ini tidak akan hadir di Tanah Air. Kalau Anda tertarik, mungkin Anda bisa mencarinya di e-commerce kesayangan, siapa tahu ada yang membawanya dari Cina untuk dijual di sini via toko online. Bisa jadi kan?

Editor's Pick