Home Blog Page 530

realme C25Y, Smartphone untuk Content Creator Muda

realme C25Y brand day

tabloidpulsa.id – Jika Anda ingin belajar menjadi seorang content creator, namun dana membatasi, maka ponsel adalah salah satu alternatif yang masuk akal. Perangkat ini memuat semua kebutuhan berkreasi, mulai dari kamera mumpuni, hingga fitur editing dan sosial media, dimana kita bisa menciptakan dan memanajemen konten tanpa banyak device. Dan itu tak perlu mahal. realme misalnya, produsen ponsel anak muda ini telah merilis smartphone realme C25Y di akhir 2021 lalu, yang mampu memenuhi kebutuhan content creator muda.

Terdapat laporan dari We Are Social yang menyatakan bahwa lebih dari separuh penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial pada Januari 2021. Angka pengguna aktif media sosial di Indonesia tersebut tumbuh sebesar 10 juta atau sekitar 6,3 persen dibandingkan bulan Januari 2020. Dalam periode yang sama, pengguna internet di Indonesia tumbuh 27 juta atau 15,5 persen menjadi 202,6 juta.

Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat pada tahun 2022, apalagi dengan lebih banyak platform media sosial baru yang bermunculan yang berarti akan lebih banyak peluang untuk para content creator. Untuk itu, realme mencoba menjawab kebutuhan para Gen-Z yang ingin menjadi seorang content creator melalui realme C25Y, smartphone 50MP AI Triple Camera pertama di realme C Series.

“realme C Series merupakan lini produk favorit anak muda Indonesia, dan seri ini telah mendapatkan banyak inovasi teknologi spektakuler sepanjang tahun 2021. Kami meluncurkan realme C25Y sebagai tanggapan atas kebutuhan anak muda yang menjadi target audiens kami sebagaimana mereka membutuhkan smartphone dengan baterai besar dan tahan lama yang juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 50MP pertama di seri C. Menjadikan realme C25Y bukan hanya sekadar smartphone entrylevel, namun juga sebagai perangkat penting untuk menunjang potensi mereka sebagai content creator pemula,” ungkap Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.

Lebih Leluasa Membuat Foto Ciamik Dengan 50MP AI Triple Camera

realme C25Y merupakan smartphone pertama dalam seri C yang dilengkapi dengan kamera AI Triple 50MP sehingga dapat menghasilkan foto dengan piksel besar hingga 8160 x 6144 px yang tentunya akan menampilkan lebih banyak detail.

Hadir pula Lensa Makro dengan jarak fokus 4 cm agar pengguna dapat mengeksplorasi fotografi mikro yang kreatif, serta lensa B&W yang memberikan efek artistik khusus potret untuk mereproduksi hasil potret dalam hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

resized for web*

Menciptakan konten tidak lepas dari peranan fitur video. Mode video pada realme C25Y mendukung perekaman hingga resolusi 1080/30fps, memungkinkan content creator membuat video-video pendek berkualitas yang siap diunggah ke media sosial favorit saat ini seperti Instagram dan TikTok.

Dengan kamera yang lengkap seperti ini, dijamin para anak muda akan lebih mudah dalam menciptakan sebuah foto yang estetik untuk di-posting di sosial media mereka.

Bisa Online Seharian Penuh Dengan 5000mAh

Para anak muda yang ingin menjadi content creator pemula tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat membuat konten. Pasalnya, realme C25Y sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yakni 5000mAh. Berdasarkan pengujian di realme Lab, realme C25Y dapat bertahan selama 48 hari dalam mode standby, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa smartphone flagship.

realme C25Y mengadopsi metode pengisian daya 18W melalui adaptor pengisi daya dan kabel micro USB yang disertakan. Dengan OTG reverse charging, realme C25Y juga bisa difungsikan sebagai power bank dan mengisi ulang perangkat lainnya.

Jadi Content Creator Gaming, Kenapa Enggak?

realme C25Y juga dibekali oleh prosesor kuat UNISOC T610 dengan sistem fabrikasi 12nm octa-core yang mampu menyajikan performa kuat dan stabil saat bermain game. Performa multi-core meningkat lebih dari 25% dengan menggunakan teknologi 12nm. Didukung oleh GPU Arm Mali G52 3EE 2-Core GPU performa tinggi, sehingga 30% lebih tinggi dari produk pesaing dan mampu meningkatkan pengalaman bermain game.

Prosesor kuat ini juga didukung oleh RAM yang mencapai 4GB dan penyimpanan internal hingga 64GB yang bisa dimanfaatkan oleh para anak muda untuk menyimpan data game-game populer, sehingga content creator dapat mengeksplorasi dan berkreasi dengan konten-konten ala gamers.

Bikin Konten Petualangan, Bisa Juga

Dengan dukungan baterai besar yang tahan lama serta kemampuan kamera yang mumpuni, bagi penggemar aktivitas outdoor, realme C25Y juga bisa diajak untuk membuat konten-konten petualangan seperti naik gunung dan semacamnya. Apalagi, realme C25Y juga sudah mengantongi Sertifikasi Keandalan Tinggi TÜV Rheinland.

TÜV Rheinland berfokus pada keselamatan dan kualitas di hampir semua bidang bisnis dan kehidupan. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama, termasuk 10 Skenario Tes Penggunaan Harian, seperti jatuh, pemakaian berlebih, dan tekanan. 7 Skenario uji lingkungan ekstrim, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara. Dan 6 Skenario Uji Reliabilitas Komponen. Secara keseluruhan, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Ponsel Cerdas TÜV didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun.

Nikmati Serunya realme Brand Day

Masih dalam euforia tahun baru 2022, realme saat ini tengah menggelar realme Brand Day yang diselenggarakan dari 7 – 13 Januari 2022. Ada banyak smartphone dan AIoT favorit realme yang mendapatkan potongan harga hingga 40%, termasuk realme C25Y.

Ikuti keseruan realme Brand Day melalui Lazada, Shopee, serta official realme online store di event.realme.com. Jangan ketinggalan diskonnya, undang juga teman-teman Anda untuk mendapatkan ekstra voucher dan hadiahnya.

Infinix Siap Luncurkan Laptop Ultra Tipis INBOOK X2 di Indonesia

INBOOK X2

tabloidpulsa.id – Tahun lalu Infinix menghadirkan gebrakan melalui INBOOK X1 yang dalam waktu singkat menjadi favorit konsumen sekaligus merek dengan penjualan terbaik di beberapa e-commerce sebut Lazada, JD.ID pada periode belanja online akbar 11.11 dan 12.12. Antusiasme dan ekspektasi tinggi masyarakat mendorong Infinix untuk mengantarkan generasi terbaru seri INBOOK X2 yang lebih baik, lebih tipis, inovatif, dan siap hadir di bulan Januari ini. 

INBOOK X2 dirancang dengan kebutuhan dan permintaan dari para anak muda yang aktif serta produktif. Mulai dari desain, spesifikasi, fitur inovatif, serta varian warna merupakan representasi kepribadian anak muda yang unik dan berbeda-beda. 

“Keberhasilan INBOOK X1 memberi banyak wawasan berharga bagi kami akan kebutuhan konsumen, khususnya anak muda. Melalui generasi terbaru INBOOK X2 kami menaruh fokus dan perhatian lebih untuk menghadirkan perangkat yang membawa kesan Perfect Style, Amazing Display. Laptop ini menjadi kado tahun baru dari Infinix kepada pelanggan setia maupun masyarakat umum yang penasaran akan tingginya animo laptop Infinix di bulan Januari 2022 nanti,” ujar Sergio Ticoalu sebagai Country Marketing Manager Infinix 

Infinix INBOOK X2 akan mengusung profil ramping dan super tipis yang membuat perangkat mudah dibawa kemana-mana. Hal ini tentunya menjadi nilai lebih bagi pengguna agar selalu siap dengan perangkat mumpuni dan bekerja dimanapun dan kapanpun. Selain tipis, aspek stylish yang ditawarkan Infinix adalah pilihan varian warna unik yang sangat cocok dengan kepribadian anak muda yang berbeda-beda dan mencolok. 

Tidak hanya tampil menarik, Infinix menampilkan layar imersif yang cerah dan kaya warna. Spesifikasi layar yang baik akan membantu pengguna menikmati konten hiburan online serta mendukung lini pekerjaan kreatif yang bergantung pada performa panel. 

Saat menggunakan INBOOK X2, Infinix menaruh perhatian khusus untuk meningkatkan pengalaman bekerja dan berkolaborasi dengan pengguna lain. Dengan teknologi terbaru, kamera INBOOK X2 mampu menampilkan resolusi jernih. Fitur ini akan menjamin kualitas dan kecerahan hasil panggilan video dimanapun dan kapanpun. 

Selain tiga hal di atas, Infinix sudah mempersiapkan serangkaian fitur dan fungsionalitas yang akan mendukung konsumen muda, seperti baterai tahan lama dengan dukungan teknologi pengisian cepat. Serta dukungan prosesor Intel generasi ke-10 untuk menjamin performa maksimal.  

Kehadiran INBOOK X2 akan segera dinanti pasar laptop di Indonesia sebagaimana kepopuleran seri laptop sebelumnya telah mendulang sukses di beragam platform e-commerce. Infinix INBOOK X2 akan segera hadir dan menggugah pasar laptop konsumen pada 20 Januari 2022 nanti. 

Microsoft Tingkatkan Keterampilan Digital 3 Ribu Karyawan Telkom

Microsoft

tabloidpulsa.id – Telkom Indonesia bersama Microsoft Indonesia secara resmi memulai sebuah program pelatihan digital untuk karyawan Telkom guna mendukung transformasi digital korporasi, dengan memaksimalkan berbagai program skilling yang Microsoft miliki. Secara total, sebanyak 3.000 lebih karyawan yang berasal dari empat departemen/anak perusahaan Telkom Indonesia ditargetkan akan mengikuti program ini hingga Maret 2022. Inisiatif ini selanjutnya juga dapat diperluas ke Yayasan Pendidikan Telkom melalui Telkom University.

Melalui program ini, karyawan Telkom memiliki akses ke kelas-kelas Microsoft di level dasar (fundamental) dan lanjut (advanced). Kelas fundamental diselenggarakan secara mandiri, di mana peserta dapat menentukan waktu belajarnya sendiri, dengan berfokus pada modul-modul terkait data dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), keamanan siber, serta arsitektur teknologi Azure. Sementara itu, kelas advanced dipandu oleh Microsoft Technical Trainer dengan fokus pada keterampilan digital berdasarkan jenis pekerjaan, sehingga memberikan nilai tambah bagi karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Adapun jenis pekerjaan ini antara lain AI Engineer, Data Engineer, Data Scientist, Developer, dan Solution Architect. Usai menyelesaikan kelas-kelas yang relevan, seluruh karyawan Telkom yang berpartisipasi dapat mengambil sertifikasi internasional Microsoft.

Jemy V. Confido, Chairman Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) mengatakan, “Sebagai perusahaan penyedia layanan informasi dan telekomunikasi, sudah menjadi tugas kami untuk terus memperbarui produk dan layanan kami agar semakin relevan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tak mungkin terjadi tanpa terlebih dulu memastikan bahwa Telkom memiliki talenta digital yang modern dan unggul dalam keahliannya masing-masing. Untuk itu, program pelatihan keterampilan digital bersama Microsoft dirancang untuk membuat Telkom lebih gesit, fleksibel, dan mengedepankan penciptaan inovasi melalui teknologi cloud dan AI.”

Diselenggarakan sebagai salah satu tindak lanjut dari kolaborasi Telkom Group dan Microsoft yang diresmikan pada 19 Agustus lalu, program ini menjadi awal dari peningkatan pengalaman digitalisasi Telkom. Dimulai dengan keterampilan karyawan, kolaborasi ini akan dilanjutkan dengan transformasi produk/layanan, optimalisasi operasi, serta penciptaan pengalaman baru bagi konsumen. Secara lebih makro, inisiatif ini juga diharapkan dapat mendukung kebutuhan Indonesia terhadap sembilan juta talenta digital hingga 2030 mendatang. Dengan demikian, potensi realisasi percepatan transformasi digital dan perwujudan kedaulatan digital di Indonesia akan semakin besar.

Nina Wirahadikusumah, Business Strategy Director Microsoft Indonesia mengatakan, “Kami di Microsoft percaya bahwa sumber daya manusia adalah aset paling berharga yang dapat sebuah perusahaan miliki. Maka dari itu, kami menyambut baik antusiasme ribuan karyawan Telkom untuk mengikuti program pelatihan keterampilan digital dan mengambil sertifikasi internasional Microsoft, yang dapat mendukung proses transformasi digital Indonesia. Sejalan dengan inisiatif Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia, kami harap inisiatif ini dapat menjadi teladan baik bagi perusahaan lain di seluruh Indonesia untuk memberdayakan tenaga kerja. Menyongsong percepatan perkembangan teknologi informasi di era berbasis cloud saat ini.”

Untuk menjaga antusiasme karyawan Telkom selama mengikuti program, rangkaian pelatihan yang ada juga akan diselingi dengan partisipasi para developer internal Telkom di Microsoft Cloud Skills Challenge dan Code; Without Barriers for Diversity and Branding Telkom Indonesia. Microsoft Cloud Skills Challenge merupakan platform pembelajaran dengan konsep gamifikasi, sehingga membuat belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Sementara itu, Code; Without Barriers merupakan program yang mendukung perempuan untuk memperdalam kemampuan teknologi digital, sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif, mendorong inovasi, dan mengatasi kesenjangan gender di sektor ini.

XL Axiata dan MoEngage Hadirkan Pengalaman Digital yang Dipersonalisasi

MoEngage

tabloidpulsa.id – XL Axiata bekerja sama dengan MoEngage untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan konten yang semakin personal, kontekstual, dan menarik ke lebih dari 57 juta pelanggannya. 

Sebagai bagian dari kemitraan ini, XL Axiata menggunakan MoEngage untuk mendorong keterlibatan pelanggan multi-channel melalui penawaran mereka, AxisNet dan myXL. Platform keterlibatan pelanggan yang berbasis insights dari MoEngage memberikan XL Axiata pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku pelanggan dan analisis yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan retensi di semua titik kontak sepanjang siklus hidup pelanggan. 

Dengan lebih dari 185 juta pengguna aktif, penetrasi pasar 68%, dan konsumsi rata-rata bulanan hingga 30 GB (per pengguna), Indonesia termasuk dalam 10 negara teratas di dunia untuk penggunaan internet. Lanskap telekomunikasi lokal didominasi oleh paket data tak terbatas yang sering membuat segmen pengguna yang paham digital tidak puas dengan penerapan paket data, kecepatan yang tidak stabil, benefit yang terus berubah, dan kurangnya pengingat ketika data yang tersedia semakin menipis. Akibatnya, pelanggan sering menggunakan beberapa kartu SIM dengan berbagai tujuan yang semakin menambah kerumitan. 

Arah ke depannya adalah menyediakan pelanggan dengan apa yang mereka inginkan, baik dalam hal mendefinisikan ulang penggunaan data serta menawarkan pengalaman digital yang dipersonalisasi. Hal inilah yang coba diselesaikan oleh XL Axiata dengan mengimplementasikan MoEngage. 

Dengan menganalisis perjalanan pelanggan, XL Axiata dapat mengidentifikasi titik gesekan pengguna akhir, memperbaikinya, dan pada akhirnya, meningkatkan pengalaman dan menghindari churn. Mereka dapat secara efektif menyapa pelanggan dengan pesan berbasis momen yang relevan serta berfokus pada preferensi, perilaku, bahkan riwayat pembelian. Mesin rekomendasi AI kontekstual milik MoEngage semakin membantu XL Axiata mengoptimalkan komunikasi dengan mengirimkan pesan yang sesuai kepada pelanggan, waktu dan saluran yang tepat.

Berbicara tentang personalisasi pengalaman pelanggan, Reza Mirza, Head Product and Design Services, XL Axiata, mengatakan, “Ekonomi digital Indonesia berada pada titik terpenting karena kami melihat masuknya generasi baru konsumen digital yang menginginkan pengalaman yang dipersonalisasi. Kami bangga dalam memberikan penawaran dan layanan yang tak tertandingi kepada pelanggan kami, dan dengan demikian, telah mencapai tahap di mana kami tidak hanya memberikan penawaran yang dipersonalisasi kepada pelanggan yang menyadari kebutuhan mereka tetapi juga menyelesaikan masalah di luar kebutuhan dan keinginan mereka. Di sinilah tepatnya kami percaya integrasi dengan MoEngage ini akan bermanfaat.”

Selain pengalaman pelanggan yang mengutamakan digital dan dipersonalisasi, keputusan XL Axiata untuk menerapkan platform keterlibatan berbasis wawasan terutama didorong oleh kemampuan integrasinya yang mulus dengan alat yang ada di tumpukan martech,diantaranya platform BI/CRM/CDP. Terlepas dari kemampuan yang berpusat pada pelanggan, kemudahan membuat kampanye yang dipersonalisasi, dukungan ekstensif dalam merampingkan strategi eksekusi, MoEngage terus mengembangkan peningkatan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan XL Axiata.

“Penyedia layanan inovatif seperti XL Axiata menata ulang komunikasi dengan mengadopsi solusi real-time dan terukur untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan sentuhan personal yang sangat dibutuhkan. Kami sangat bangga dapat bermitra dengan XL Axiata dan berharap dapat membantu mereka mencapai keterlibatan terbaik di kelasnya dan membawa hubungan pelanggan mereka ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Raviteja Dodda, Founder dan CEO, MoEngage Inc.

Gebrakan Pertama POCO di 2022, POCO M3 Pro 5G Turun Harga

POCO M3 Pro 5G

tabloidpulsa.id POCO menghadirkan gebrakan perdananya di tahun 2022 dengan mengumumkan harga baru untuk POCO M3 Pro 5G yang kini bisa didapatkan mulai dari harga Rp. 2.599.000 untuk varian 4/64GB dan Rp. 2.899.000 untuk varian 6/128GB. Pengumuman ini merupakan wujud komitmen POCO untuk terus menghadirkan produk-produk dengan performa ekstrem dalam harga ekstrem.

Dengan semakin ekstremnya harga POCO M3 Pro 5G yang ditawarkan POCO, semakin banyak pula pengguna yang bisa menikmati teknologi 5G serta keunggulan-keunggulan lainnya di smartphone ini. Pembelian bisa dilakukan di channel online po.co.id serta official store di e-commerce, yakni Lazada, JD.id, Blibli, Akulaku, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Untuk mendapatkan pengalaman pembelian lebih, pengguna juga bisa mendapatkan harga baru di POCO Store.

Di bawa ke pasar Indonesia sebagai “The Real 5G Killer”, POCO M3 Pro 5G menawarkan peningkatan performa dan kecepatan secara keseluruhan. Chipset Dimensity 700 yang tangguh di dalamnya memberikan performa flagship-level dengan tetap mempertahankan daya konsumsi yang lebih rendah untuk masa pakai baterai yang tahan lama berkat teknologi pemrosesan 7nm. Dengan modem 5G terintegrasi, perangkat ini mendukung dual 5G standby, memberikan pengguna koneksi 5G yang selalu aktif tanpa menukar kartu SIM secara fisik.

Koneksi 5G menawarkan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, sehingga akan memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas pada smartphone mereka, termasuk browsing, bermain game online, mengunduh file, streaming video, dan aktivitas lain yang membutuhkan koneksi jaringan yang sangat cepat. Hal ini dimungkinkan karena kecepatan 5G sepuluh kali lebih cepat dibandingkan 4G, dengan kecepatan rata-rata mencapai hampir 500 Mbps di wilayah yang padat penduduk.

Begini Tantangan, Visibility dan Ekspektasi Teknologi 5G Saat Ini

Teknologi 5G Tantangan, Visibility dan Ekspektasi
Teknologi 5G Tantangan, Visibility dan Ekspektasi

TabloidPulsa.id – Numedia menyelenggarakan sharing session dengan tema “Menapaki Masa Depan Komunikasi Data”. Dalam acara ini, hadir perwakilan operator, vendor, regulator dan praktisi dunia teknologi untuk berbagi informasi mengenai teknologi 5G, dengan topik “Teknologi 5G Tantangan, Visibility dan Ekspektasi”.

Diungkapkan Pemimpin Redaksi Telset.id, Hardianto Bayu Sadewo, teknologi 5G ke depannya akan menjadi game changer atau pengubah permainan yang memiliki dampak yang luas pada konektivitas di Indonesia. Bahkan, jaringan 5G diklaim menjadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Meski begitu, seperti halnya teknologi baru, ada tantangan dan ekspektasi yang datang bersamaan dengan 5G.

“Seperti yang kita tahu, bahwa meskipun klaim 5G telah dilaunching secara komersial, namun layanan 5G tersebut masih digelar dengan sangat terbatas. Hanya di beberapa kota, itupun masih di titik-titik lokasi tertentu. Kalau boleh, mungkin bisa dikatakan launching kemarin itu hanya sebatas seremoni saja, karena jaringan 5G belum bisa dinikmati secara luas oleh para pengguna,” ungkap Bayu.

Tidak dipungkiri, lanjut Bayu, penerapan jaringan 5G sendiri memang bukan hal yang mudah. Butuh belanja modal yang besar, khususnya untuk penyediaan small-cell densification 5G serta ekosistem digital yang canggih. Untuk itu pemerintah pun membuat roadmap 5G Indonesia. “Adanya roadmap 5G ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi industri untuk bisa menentukan strategi dalam menyambut layanan berteknologi terkini tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, dalam paparannya, Indra Utama, Koordinator Standar Telekomunikasi Radio Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia mengatakan, bahwa di tahun 2022 ini pemerintah akan menyiapkan aturan tambahan soal pengelolaan jaringan 5G yang memuat lima aspek, yakni regulasi spektrum frekuensi radio, model bisnis, infrastruktur, ekosistem perangkat, dan talenta digital.

Dia juga mengatakan kolaborasi menjadi sangat penting dalam implementasi 5G, yang meliputi Pemerintah Pusat dan Daerah, Masyarakat, Media, Akademisi, dan Dunia Usaha diperlukan untuk pengembangan 5G.

“Kolaborasi lima elemen (Penta Helix Model), yang meliputi Pemerintah Pusat dan Daerah, Masyarakat, Media, Akademisi, dan Dunia Usaha diperlukan untuk pengembangan 5G. Pemerintah dalam hal ini mendapatkan tata kelola 5G yang efisien dan terarah; Dunia Usaha mendapatkan peluang partisipasi mengembangkan usahanya;

Akademisi mendapatkan ruang inovasi dan studinya dijasikan basis pemerintah dalam mengambil kebijakan; Media mendapatkan akses pada informasi publik secara real-time; sedangkan Masyarakat mendapatkan layanan 5G dengan kualitas terbaik,” ujar Indra Utama, Koordinator Standar Telekomunikasi Radio Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.

Tantangan dan Hambatan Implementasi 5G

Christian G Gustiana, GM Networks Strategy Planning Telkomsel mengatakan, bahwa implementasi jaringan 5G tidak bisa terlepas dari berbagai tantangan dan hambatan. Penggelaran 5G yang ideal bagi industri masih terganjal sejumlah masalah. Salah satunya terkait ketersediaan spektrum.

“Regulator harus berusaha secepat mungkin untuk menetapkan setidaknya (bersebelahan) 100 MHz per operator di mid-bands 5G pertama dan 800 MHz per operator di pita mmWave pertama untuk mendukung layanan 5G yang optimal,” tambah Christian G Gustiana, GM Networks Strategy Planning Telkomsel.

Saat ini, Christian menambahkan, Telkomsel menggunakan spektrum 2,3 dan 2,1 GHz, serta telah tersedia di 9 kota, 10 kluster residensial, 10 hotspot, 4 event nasional dan internasional termasuk World Superbike 2021 dan MotoGP 2022 Mandalika, PON XX Papua 2021, Pusat Industri Digital Indonesia 4.0, dan KTT G20 di Bali tahun 2022 ini.

Selain spektrum, ekosistem – dalam hal ini terkait perangkat dan use cases, juga menjadi tantangan lainnya dalam implementasi 5G di Indonesia. Bukan saja harga perangkat 5G yang masih mahal, isu perlindungan data pribadi juga belum selesai. Belum lagi, langkanya ekosistem dalam negeri.

“Harapannya selain pengadaan spektrum baru, dengan harga yang lebih fleksibel, pertumbuhan perangkat 5G juga bisa terus meningkat, dengan harga yang semakin murah,” imbuh Christian.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Sarwoto Atmosutarno menyoroti kondisi operator saat ini secara global dalam menghadapi 5G. “Bukan saja revenue yang terus turun, operator juga mengalami tekanan pada cahflow, peningkatan CAPEX untuk layanan yang terus meningkat, serta EBITDA margin yang stagnan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, strategi implementasi 5G disebut sangat penting oleh Sarwoto. Berdasarkan kerangka Peta Jalan 5G PokJa Model Bisnis memetakan strategi implementasi 5G dari 2021 sampai 2024. Adapun strategi itu meliputi implementasi 5G di ibu kota provinsi, destinasi wisata super prioritas seperti Borobudur dan Mandalika, ibukota negara baru dan di industri manufaktur.

“Itu belum termasuk strategi implementasi micro operator, dengan sejumlah skenario termasuk kepemilikan jaringan, kerjasama dengan jabersel, kepemilikan frekuensi, operasional jaingan, elemen jaringan, aplikasi platform, dan penomoran,” pungkasnya.

Konsep micro operator sendiri digagas untuk membangun jaringan sel kecil lokal untuk penyampaian layanan yang disesuaikan. Pendekatan ini dapat membuka ekosistem bisnis komunikasi seluler 5G di masa depan untuk memungkinkan masuknya pendatang baru ke pasar.

Micro operator dapat membangun dan mengoperasikan infrastruktur komunikasi sel kecil dalam ruangan dan menawarkan layanan dan konten terkait konteks lokal untuk melayani kebutuhan spesifik berbagai sektor vertikal yang melengkapi penawaran broadband seluler tradisional.

Motion Pillow 3: Apakah Ini yang Saya Butuhkan untuk Tidur Lebih Baik?

motion pillow
from motionpillow.com

tabloidpulsa.id – Ajang CES (Consumer Electronics Shows) 2022 di Las Vegas baru-baru ini memunculkan sejumlah inovasi menarik yang merambah hampir seluruh kehidupan kita. Tidak hanya elektronik untuk bekerja, bermain game atau mewujudkan rumah pintar idaman, juga ada teknologi menarik yang masuk ke ranah ranjang. Adalah Motioon Pillow 3, rancangan dari 10 Minds Co. ltd, menawarkan bantal pintar yang mungkin Anda butuhkan.

Dilansir dari situs resmi produk ini yakni motionpillow.com, produk bantal pintar ini merupakan generasi ketiga dari bantal yang diciptakan untuk membuat tidur Anda jauh lebih baik. Dilengkapi dengan sensor dan AI yang membaca kecenderungan pergerakan pengguna saat tidur, bantal ini akan selalu berupaya memposisikan kepala kita di posisi terbaik agar mendapat kualitas tidur yan maksimal.

from CES.tech

Benar, bahwasannya masalah dalam tidur bisa diakibatkan oleh bermacam faktor. Tidak hanya bersifat fisik, semisal obesitas yang berpotensi menghalangi saluran napas, juga ada faktor-faktor kejiwaan alias psikis. Sehingga mungkin Anda berpikir, akan seefektif itukah bantal ini?

Namun yang pasti, selama kita tidur, pun ketika kita merasa sudah fit saat bangun di kemudian hari, terkadang kita tidak mencapai tidur optimal. Hal ini bisa diukur dengan semisal menggunakan jam tangan pintar yang akan mengenali kapan kita melakukan deep sleep, atau kualitas pernafasan sepanjang tidur.

Tapi karena berlangsung terus menerus, lama-kelamaan tubuh kita akan terlihat seperti terbiasa. Namun tanpa kita sadari justru akan mempengaruhi performa kita di hari-hari berikutnya. Dan parahnya, kadang kebiasaan tidur yang buruk ini dapat mempengaruhi orang di sekitar kita.

Semisal kebiasaan mendengkur yang akan mengganggu siapapun yang tidur di sebelah Anda. Entah itu istri, ataupun teman ketika outing di luar kota. Belum lagi gerakan mencari-cari posisi yang tepat dengan memukul-mukul bantal. Membentuknya dari bantal normal menjadi sebuah mangkok keramik, supayan bisa menopang kepala Anda.

Nah, kalau kita kesampingkan dulu faktor psikis, maka rasanya bantal pintar Motion Pillow 3 ini menawarkan sesuatu yang menjanjikan. Bantal ini membawa sejumlah hal penting untuk mencapai kenyamanan pengguna.

Pertama ada modul noise cancelling. Modul ini dihadirkan untuk mengurangi suara yang dihasilkan oleh airflow, ketika kepala direbahkan dan bagian daun telinga tertekuk ke arah tertentu, tidak lagiakan timbul noise yang mengganggu.

Kemudian modul ini juga akan mengenali ketika kita pengguna bantal mulai mendengkur. Kemudian akan memerintahkan pada bagian compressor, untuk menambah tekanan pada air bag di dalam bantal, sehingga mampu menopang tengkuk ke posisi yang tepat sehingga suara dengkuran tidak lagi terdengar.

from motionpillow.com

Perubahan tekanan pada masing-masing air bag ini berlangsung dengan pelan dan senyap sehingga tidak akan membangunkan pengguna. Dan upaya mengubah tekanan air bag dan memposisikan kepala pengguna ini dimaksudkan untuk membuka saluran napas yang mungkin tertutup akibat posisi tidur yang kurang tepat.

Terdapat 4 airbag di dalam Motion Pillow ini. Yang masing-masing dapat berubah ukuran sesuai dengan perintah AI yang membaca algoritma tidur penggunanya ke posisi paling nyaman. Kadang akan menambah tekanan airbag di sisikanan sehingga kepala Anda menegok ke kiri dan sebaliknya, sesuai dengan kebiasaan yang terbaca oleh sistem.

Sepanjang malam, hasil dari mempelajari posisi tidur penggunanya, Motion Pillow akan terus menerus mengganti posisi kepala, sehingga tubuh kita sebagai pengguna, akan mendapatkan sebuah kebiasaan baru dan menciptakan postur tubuh terbaik selama kita tidur.

Motion Pillow juga dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang akan mereview kualitas tidur penggunanya malam demi malam. Sampai saat ini belum ada harga yang dirilis oleh pihak 10minds, namun kita bisa mendaftarkan ketertarikan diri kita terhadap produk melalui situs resminya di motionpillow.com.

TikTok Hadirkan Kampanye #SerunyadiTikTok

TikTok Hadirkan Kampanye #SerunyadiTikTok
TikTok Hadirkan Kampanye #SerunyadiTikTok

TabloidPulsa.id – Mengawali tahun 2022, platform terdepan untuk destinasi video singkat, TikTok, meluncurkan kampanye terbaru bertajuk #SerunyadiTikTok. Sejalan dengan komitmen TikTok untuk menjadi platform yang mewadahi beragam ekspresi kreatif bagi komunitasnya di Indonesia, kampanye ini ingin mengajak pengguna untuk menikmati keseruan serta merayakan diri mereka secara otentik melalui ragam konten yang hadir di TikTok.

Dalam kampanye ini, TikTok juga menggandeng jurnalis dan figur inspiratif, Najwa Shihab serta sejumlah kreator TikTok untuk membantu menyebarkan semangat #SerunyadiTikTok. Para figur ini juga diharapkan dapat membantu memperkuat misi utama TikTok, yaitu untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan bagi semua pengguna di sepanjang tahun mendatang.

TikTok telah menjadi ‘rumah aman’ di mana para penggunanya dapat merayakan diri mereka secara otentik. Hal ini terlihat dari riset “Global Authenticity Study” yang dilakukan badan riset dunia Nielsen terhadap pengguna TikTok di berbagai negara, termasuk di Indonesia, mengungkapkan bahwa 67% responden dapat dengan bebas mengekspresikan keunikan diri mereka seutuhnya. Selain itu, studi yang sama menunjukan bahwa hampir seluruh pengguna di Indonesia menemukan konten yang relevan dengan mereka dan merasakan kebahagiaan atas sajian konten yang menghibur.

“Semangat untuk saling menghibur melalui berbagai jenis konten ini terus dibawa oleh komunitas TikTok di Indonesia, terlihat dari konten entertainment, komedi, dan edukasi yang menjadi kategori konten paling populer pada tahun 2021 di TikTok. Namun, berkat kreativitas komunitas TikTok yang tidak kenal batas, ketiga elemen ini juga tercermin dalam ragam konten lainnya di TikTok, mulai dari edukasi, kesehatan, kuliner, olahraga, hingga fashion dan beauty. Untuk itu, kami berkomitmen untuk terus mendukung para pengguna menuangkan ekspresi mereka lewat berbagai tools dan inovasi yang diharapkan dapat menambah keseruan berkreasi di TikTok,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok SEA.

TikTok juga bangga menyambut Najwa Shihab, sebagai sosok dan figur publik yang paling berpengaruh dalam dunia jurnalistik. Najwa telah menginspirasi masyarakat Indonesia atas keberaniannya dalam mengekspresikan opini serta pandangannya secara lugas, cermat, namun juga menghibur. Semangat Najwa yang sejalan dengan misi utama TikTok menjadi alasan kampanye #SerunyadiTikTok mengajak Najwa untuk kembali menginspirasi masyarakat Indonesia mengekspresikan diri dan memberikan inspirasi secara otentik lewat konten kreatif yang seru dan positif di TikTok.

“Beberapa tahun terakhir ini, sangat menarik melihat bagaimana masyarakat dapat menuangkan kreativitas mereka dalam berbagai isu dan bidang lewat ragam konten menarik termasuk di TikTok. Untuk itu, saya sangat bersemangat bisa menjadi bagian dalam kampanye #SerunyadiTikTok. Tidak hanya karena saya bisa ikut berekpresi, belajar berbagai hal baru, dan terhibur tapi juga memberi kesempatan bagi saya untuk terlibat dan berinteraksi lebih dekat dengan komunitas Tiktok yang begitu beragam,” jelas Najwa Shihab.

Peluncuran kampanye #SerunyadiTiKTok ini juga dirayakan dengan video kampanye terbaru yang dibintangi oleh Najwa Shihab bersama sejumlah kreator ternama mewakili berbagai kategori teratas yang tidak kalah seru di TikTok, antara lain Tamara Dai, sang fashion diva yang membawa konten fesyen ke tingkat berikutnya lewat permainan transisi yang apik; Dimsthemeatguy, food lover yang menunjukkan kecintaannya pada dunia kuliner melalui resep masakan lezat yang mudah diikuti; Asahpolapikir, yang terus mengedukasi komunitas seputar bisnis dan keuangan melalui pemeragaan yang menghibur dan mudah untuk dipahami; Avanthelove, kreator konten yang membahas kejadian sehari-hari lewat sketsa komedi yang mengundang gelak tawa; serta Sally Tanudjaja, seorang ahli gizi dan health enthusiast yang berkomitmen untuk menyebarkan semangat hidup sehat lewat konten workout reguler di akunnya.

Berbagai aktivitas seru juga disiapkan oleh TikTok untuk memeriahkan kampanye #SerunyadiTikTok, di antaranya sesi livestreaming di aplikasi TikTok bersama Najwa Shihab dan kreator, in-app challenge, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, untuk merayakan kehadiran Najwa Shihab sebagai pengguna baru dan mengajak pengguna lainnya untuk bersama merasakan keseruan di TikTok, video kampanye #SerunyadiTikTok juga akan menghiasi 3D billboard di bilangan Bundaran HI, Jakarta Pusat serta LED terpanjang di Indonesia pada bagian eksterior Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Untuk bergabung dalam keseruan di kampanye #SerunyadiTikTok, kunjungi akun resmi TikTok Official Indonesia di @tiktokIDofficial.

Evolusi Fitur Portrait Kamera di OPPO Reno Series, Apa yang Terbaru?

Portrait Video OPPO Reno6

tabloidpulsa.id – Sejak diluncurkan pertama kali pada April 2019, OPPO Reno Series membawa teknologi kamera yang terbilang canggih. Selain sensor dan dukungan kecerdasan buatan (AI), beragam fitur kamera kekinian pun pertama kali dihadirkan OPPO di Reno Series, salah satunya adalah fitur Portrait.

Tidak hanya sebatas untuk menghasilkan jepretan selfie, fitur Portrait di OPPO Reno Series pun terus mengalami evolusi.

Di Reno generasi pertama hingga Reno3 Series, OPPO menghadirkan fitur Portrait standar untuk menghasilkan jepretan foto yang estetik dengan gambar latar yang ngeblur. Di sini, kecerdasan buatan akan mendeteksi karakter wajah target foto yang selanjutnya diolah dan dipadukan dengan teknik foto bokeh, dengan algoritma khusus untuk memburamkan gambar latar.

Fitur portrait generasi awal ini menjadi tren baru di kalangan para pecinta selfie, dan menjadi lebih maksimal di perangkat Reno Series.

Tidak hanya sampai di situ, OPPO terus menghadirkan pembaharuan di perangkat anyarnya. Dan mulai di Reno4 Series, OPPO menghadirkan gebrakan terkini dengan menghadirkan AI Color Portrait. Fitur ini bisa dibilang sebagai perspektif baru di dunia mobile photography.

Fitur ini mampu menonjolkan warna objek foto dan membuatnya lebih dominan dibanding warna latar. Selain mampu mengisolasi sejumlah warna pada objek foto, fitur ini juga memberikan efek monochrome alias hitam putih pada gambar latar foto.

Masih di OPPO Reno4 Series terutama Reno4 F, OPPO juga menambahkan inovasi baru yakni AI Night Flare Portrait. Fitur eksklusif OPPO ini menggabungkan efek bokeh dan low light-HDR algorithm untuk menghasilkan foto malam yang tajam dengan latar bokeh plus efek neon.

Evolusi lain yang juga dihadirkan OPPO adalah AI Super Night Portrait. Fitur ini sangat cocok untuk yang hobi selfie di malam hari. Fitur ini menggabungkan mode HDR, pengenalan wajah dan teknologi khusus yang menekankan pada highlights saat foto diambil.

Berlanjut di Reno5, OPPO menghadirkan evolusi terbaru yakni AI Mixed Portrait. Secara teknis, fitur yang digadang-gadang menjadi yang pertama di lini perangkat OPPO ini mampu menggabungkan video portrait dengan video latar belakang.

AI Mixed Portrait menghadirkan efek video dengan eksposur ganda pada smartphone untuk pertama kalinya, memungkinkan efek artistik yang sebelumnya tidak ada di perangkat OPPO manapun.

Evolusi fitur Portrait masih berlanjut hingga di Reno6 Series. Di perangkat yang masih tergolong anyar ini OPPO menghadirkan Bokeh Flare Portrait Video yang dapat digunakan pada kamera depan dan kamera belakang. Fitur ini dapat membuat efek bokeh sinematik dimana latar belakang dibuat blur terlebih jika terkena lingkaran cahaya.

Fitur ini merupakan hasil pengembangan dari fitur yang sebelumnya hadir pertama kali di Reno4 Series. Dan sesuai namanya, fitur ini tidak lagi hanya untuk mengambil foto, namun dengan algoritma terbaru, fitur ini dapat digunakan untuk mengambil perekaman video.

OPPO sendiri sepertinya masih akan terus menghadirkan peningkatan-peningkatan baru di kamera perangkatnya. Kabar terbaru, OPPO tengah menyiapkan perangkat anyar di lini Reno Series yang digadang-gadang akan membawa label nama OPPO Reno7. Kira-kira, akan ada evolusi fitur Portrait terbaru apalagi yang akan dihadirkan OPPO di Reno7 Series tersebut?

Xiaomi Umumkan Harga Baru Redmi Note 10 5G

Redmi Note 10 5G

tabloidpulsa.id Xiaomi mengumumkan harga baru untuk Redmi Note 10 5G yang kini bisa didapatkan mulai dari harga Rp 2.699.000. Pengumuman ini menjadi kado menyambut tahun baru dari Xiaomi sekaligus upaya untuk mendorong kehadiran smartphone yang mendukung jaringan 5G di Indonesia.

Harga baru Redmi Note 10 5G ini membuat teknologi 5G makin mudah dinikmati oleh pengguna. Varian 4GB+128GB tersedia mulai dari harga Rp 2.699.000 dari sebelumnya Rp 2.899.000 sementara varian 8GB+128GB bisa didapatkan mulai dengan harga Rp 2.999.000 dari harga semula Rp 3.199.000. Pembelian bisa dilakukan di channel online mi.com serta official store di e-commerce yakni Lazada, JD.id, Blibli, Akulaku, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Smartphone ini juga hadir di channel offline yakni Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Xiaomi Preferred Partner, dan Erafone.

Hadir ke pasar Indonesia sebagai Jawaranya 5G, smartphone ini mendukung jaringan 5G yang sudah tersedia di Indonesia. Performanya andal berkat prosesor MediaTek Dimensity 700 dengan manufaktur 7 nm yang unggul karena konsumsi daya yang lebih efisien. Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang mendukung pengisian daya cepat 18W, Redmi Note 10 5G memberikan kemudahan bagi pengguna untuk tetap aktif sepanjang hari.

Dukungan terhadap jaringan 5G membuka dunia baru untuk lebih produktif menggunakan internet kecepatan sangat tinggi. Untuk mengunduh dokumen sebesar 300MB saja hanya butuh 45 detik, begitu pula 1 episode web series hanya butuh 15 detik saja.

Editor's Pick