Home Blog Page 522

VIDA Outlook 2022: Tren Penggunaan Identitas Digital Dorong Transformasi Digital Nasional

VIDA Outlook 2022

tabloidpulsa.id – Seiring pertumbuhan ekonomi digital yang terus meningkat, kepercayaan pengguna dalam berinteraksi dan melakukan transaksi secara digital (digital trust) menjadi hal yang fundamental. Digital trust sebagai dasar bagi masyarakat untuk menggunakan teknologi dan membangun kepercayaan terhadap industri digital diyakini dapat menjadi kunci pertumbuhan ekonomi digital di 2022. Demikianlah tema utama dari diskusi “VIDA Outlook 2022: Tren Penggunaan Identitas Digital Dalam Mendorong Transformasi Digital Nasional”. Diskusi yang diikuti oleh regulator, pelaku industri digital, dan ekonom ini membahas mengenai peran identitas digital dan pengelolaan data pribadi  yang terjamin keamanannya saat melakukan interaksi digital. 

Digital trust memiliki peran penting bagi pertumbuhan industri digital. Semakin pelaku industri digital mampu menjamin keamanan data pengguna, maka akan semakin besar dampak positif yang ditimbulkan untuk keberlangsungan industri. Jaminan atas digital trust ini semakin relevan dengan diagendakannya tiga isu prioritas di sektor digital yang akan dibahas dalam Presidensi G20 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tiga isu prioritas Digital Economy Working Group adalah pemulihan dan konektivitas pasca COVID-19, literasi dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara yang terpercaya (Cross-Border Data Flow and Data Free Flow with Trust), di mana identitas digital yang aman sebagai komponen dari digital trust menjadi benang merah isu tersebut. 

Dalam keynote speech di VIDA Outlook 2022, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika memaparkan bahwa, “Memasuki ruangan digital itu harus membangun trust. Sertifikat elektronik telah menjadi pendorong kemajuan ekosistem digital nasional, karena menjadi penanda bukti keabsahan bagi layanan digital. Seperti untuk digunakan dalam dokumen dan transaksi digital, maupun menjadi penanda identitas digital, yang memberi kemudahan pada layanan digital masyarakat Indonesia. Studi kami dari beberapa negara, sertifikat elektronik menjadi sebuah keniscayaan untuk direalisasikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Identitas digital tersebut dapat digunakan dalam berbagai  transaksi seperti dalam pembelian barang secara online, membuka rekening Bank atau industri keuangan lainnya. Inovasi seperti identitas digital ini tentunya selaras dengan apa yang diangkat Indonesia dalam Presidensi G20. Ke depannya, Kominfo akan terus menyiapkan regulasi yang berkaitan dengan pertumbuhan identitas digital Indonesia, membangun ekosistem digital berbasis digital trust, dan juga melakukan penguatan SDM digital dalam negeri.”

Sati Rasuanto – Co-Founder dan CEO VIDA “Di balik ragam global best practice terkait keamanan data, terdapat beberapa prinsip digital trust yang lebih mendasar dari kepatuhan semata (beyond compliance), yakni Speed, Scale dan Secure. Tiga hal ini menjadi value yang VIDA hadirkan kepada para konsumen melalui layanan yang kami tawarkan. Sebagai salah satu Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), VIDA siap mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia melalui penyediaan layanan sertifikat elektronik untuk menjamin pengelolaan identitas digital yang aman dan mudah digunakan. Dengan menjadi digital trust provider, VIDAdapat memberikan solusi atas tantangan dari sisi keamanan siber pada masa sekarang.“ 

Menurut VIDA, terdapat beberapa bentuk manifestasi yang dapat dilakukan untuk memberikan digital trust. Beberapa di antaranya yakni identity proofing service, authentication service hingga digital signature. Hal ini terlihat dari benchmark yang dilakukan di berbagai negara, di mana ketika platform digital yang digunakan dilengkapi dengan layanan tersebut, konsumen tidak ragu akan keamanan data atau identitas digital yang mereka gunakan. Di Indonesia, manifestasi tersebut terwujud dengan keberadaan PSrE, yang menyediakan layanan verifikasi, otentikasi hingga tanda tangan elektronik tersertifikasi. Hal ini pun sudah diatur oleh pemerintah dalam PP No. 71 tahun 2019.

Sati menambahkan “Sertifikat elektronik dapat mendorong percepatan transformasi digital nasional karena membuat identitas digital lebih aman dan sah secara hukum serta dapat digunakan untuk melakukan tanda tangan elektronik. Sesuai manifestasi digital trust, VIDA menawarkan pengalaman tanpa batas dengan teknologi biometrik kelas dunia yang dilengkapi layanan verifikasi dan otentikasi identitas, manajemen akses, serta tanda tangan elektronik tersertifikasi, yang tentunya berguna untuk mendukung mitra bisnis mengembangkan bisnisnya secara cepat dan efisien. Dengan ragam produk berbasis sertifikat elektronik tersebut, VIDA hadir sebagai partner terpercaya bagi para entitas ekosistem digital dalam melindungi identitas digital pengguna.”

Adanya kepercayaan konsumen terhadap perusahaan digital akan berdampak pada minat mereka untuk terus menggunakan layanan dari perusahaan tersebut. Salah satu contoh yang terlihat yakni fenomena bank digital, di mana melakukan verifikasi pengguna secara online tapi aman harus menjadi prasyarat penggunaan layanan perbankan tertentu. Selain itu, proses onboarding pengguna, penghitungan skor kredit hingga persetujuan pinjaman yang lebih cepat adalah beberapa contoh bagaimana digital trust dapat mendukung pertumbuhan bisnis. 

Perwakilan industri digital, Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA menambahkan “Membangun digital trust telah menjadi komitmen kami sebagai penyedia layanan keuangan digital. Komitmen ini selaras dengan salah satu pilar kami yaitu trusted, friendly, dan accessible. Oleh karena itu, kepercayaan pengguna dan mitra terus kami jaga dengan memberikan jaminan keamanan berlapis lewat teknologi inovasi yang kami miliki. Misalnya, menerapkan zero data sharing policy, memitigasi risiko dengan risk engine, mengadopsi sistem berstandar internasional seperti sertifikasi ISO 27001:2013 maupun PCI-DSS, hingga memberikan jaminan keamanan bertransaksi 100% dengan DANA Protection. Dengan mendorong terciptanya digital trust, DANA berharap terjadi percepatan inklusi keuangan digital di seluruh kalangan masyarakat Indonesia sebagaimana yang diagendakan Pemerintah di G20 untuk menghadirkan ekonomi digital yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan.”

Bhima Yudhistira – Ekonom dan Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) menjelaskan dalam VIDA Outlook 2022, “Perkembangan transformasi digital dan tren pertumbuhan ekonomi digital yang terjadi selama pandemi COVID-19 kami yakini akan terus berlanjut dan menjadi transformasi menuju ekonomi baru tahun 2022. Namun di samping added value yang diberikan bagi ekonomi Indonesia, teknologi digital juga sangat bergantung pada kepercayaan masyarakat dan konsumen dari sisi keamanan. Apalagi isu keamanan digital seperti kebocoran data digital masih menjadi ancaman di tengah akselerasi transformasi digital yang terjadi. Untuk itu, pertumbuhan ekonomi digital yang aman menjadi sangat krusial untuk Indonesia dapat melewati fase recovery ini. Di sinilah keberadaan digital trust provider seperti VIDA menjadi solusi sebagai jaminan atas kepercayaan digital kepada konsumen dan ekonomi digital.”

OPPO Reno7 Siap Hadir di Indonesia

OPPO Reno7
OPPO Reno6 Pro

tabloidpulsa.id – Di awal tahun, OPPO sempat membocorkan calon perangkat barunya yang didukung jaringan 5G dan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Tidak hanya itu, perangkat barunya tersebut juga digadang-gadang membawa fitur portrait yang nantinya akan menjadi unggulan. Rupanya perangkat baru tersebut adalah suksesor dari Reno6 yakni OPPO Reno7. Perangkat ini sudah tercatat pada situs sertifikasi Postel dengan model CPH 2371. Selain itu, OPPO Reno7 telah tercatat pada situs TKDN Kemenperin sejak 22 Desember 2021 dan memperoleh nilai TKDN sebesar 31.15%.

“Saat ini kami dalam masa persiapan untuk segera memperkenalkan secara resmi perangkat Reno7 di Indonesia. Namun, perangkat Reno7 yang nantinya kami perkenalkan di Indonesia akan jauh berbeda baik dari sisi penampilan dan juga perangkat keras yang diusung jika dibandingkan dengan perangkat sejenis yang sudah meluncur di beberapa negara. Pastinya Reno7 akan dihadirkan dengan membawa berbagai fitur dan keunggulan baru yang telah disesuaikan dengan penggunanya di Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

OPPO Reno series merupakan perangkat kelas menengah yang tergolong sukses di pasar Indonesia. Transformasi perangkat R series ini nyatanya masih banyak memikat konsumen Indonesia, terutama dari sisi desain yang banyak mengusung teknologi terbaru di industri dan juga keunggulan fitur kamera, baik kamera depan maupun kamera utamanya. Semenjak Reno4, OPPO mulai memfokuskan perangkat seri Reno untuk mengusung fitur portrait sebagai fitur unggulan. Selain menghadirkan beberapa fitur portrait baru mulai dari AI Color Potrait, AI Night Flare, hingga terbaru AI Bokeh Flare, kedepannya OPPO akan melakukan peningkatan fitur portrait pada perangkat Reno7 dengan mengusung perangkat keras baru. Bocoran yang beredar, perangkat Reno7 selanjutnya akan mengusung sensor hasil pengembangan bersama, SONY IMX 709, yang membawa 60% peningkatan sensitifitas cahaya dan 35% lebih rendah noise jika dibandingkan sensor yang terdapat pada perangkat Reno6.

Selain portrait, tentunya Reno7 akan membawa kapabilitas dalam jaringan generasi ke 5. OPPO sendiri sudah melakukan berbagai uji jaringan 5G dengan beberapa operator lokal yang telah menggelar teknologi 5G. Sehingga, dapat dipastikan bahwa perangkat Reno7 nantinya akan memiliki kompartibilitas terbaik dengan jaringan 5G di Indonesia. Sayangnya belum banyak bocoran yang beredar mengenai perangkat Reno7 yang akan meluncur di Indonesia, terutama pada desain dan perangkat keras yang diusungnya. Namun, OPPO menjanjikan perangkat Reno7 akan menjadi perangkat smartphone 5G yang memiliki kemampuan foto portrait terbaik di kelasnya.

IOH Gandeng Cisco Hadirkan Solusi Konektivitas yang Lebih Cerdas

Solusi Konektivitas

tabloidpulsa.id – Setelah menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada November 2021 lalu, Indosat Ooredoo Hutchison bermitra dengan Cisco untuk menyediakan solusi konektivitas yang aman dan sederhana untuk pelaku bisnis dari semua level dan pelanggannya.

Berkomitmen untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison berupaya untuk menghadirkan solusi Software-Defined Wide Area Networking (SD-WAN) yang inovatif, dengan didukung oleh Cisco, untuk menghubungkan pengguna secara lancar di platform cloud apa pun dan mengoptimalkan performa operasional.

Pelanggan bisnis Indosat Ooredoo Hutchison kini dapat memanfaatkan Managed SD-WAN untuk menyederhanakan operasional jaringan mereka melalui kendali sistem manajemen jaringan terpusat, keamanan yang terintegrasi, konektivitas yang andal, dengan biaya yang efisien.

Hadirkan solusi konektivitas yang berbasis cloud, Managed SD-WAN memberikan layanan one stop solution dalam menghubungkan pusat data, kantor cabang, kampus, dan fasilitas colocation untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, dan efisiensi jaringan, yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses aplikasi bisnis secara optimal dan aman atas pengalaman digital mereka baik di cloud maupun berbasis on-premise di mana pun mereka berada.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena, mengatakan, “Dunia bisnis yang hybrid dan hyper-connected saat ini sangat bergantung pada konektivitas lebih dari pada sebelumnya. Kondisi ini memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis dalam menghubungkan para pengguna yang menggunakan beragam perangkat dan lokasi yang berbeda di lingkungan yang multi-cloud. Dengan menawarkan solusi Managed SD-WAN, kami berkomitmen untuk menyediakan arsitektur konektivitas yang mengutamakan cloud kepada pelanggan bisnis dalam meningkatkan pengalaman mereka didukung oleh jaringan yang cerdas dan otomatis. Sebagai bagian dari perjalanan transformasi digital kami, dengan bangga kami bermitra dengan Cisco dalam menghadirkan layanan inovatif kepada lebih banyak pelanggan dan pelaku bisnis untuk mendukung kinerja mereka yang semakin agile dan hybrid. Hal ini juga sejalan dengan misi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia.”

“Seiring dengan ekonomi Indonesia yang terus berkembang dan konektivitas menjadi hal yang krusial, kerangka keamanan dan jaringan tradisional tidak dapat lagi mengimbangi cara baru dalam berbisnis. Saat ini merupakan waktu yang tepat dalam menghadirkan sesuatu yang sangat berbeda, unik, dan fleksibel, seperti Cisco SD-WAN, dalam membantu pelaku bisnis memastikan efisiensi operasional. Dalam hal transformasi, tidak ada pendekatan yang one-size-fits-all, tetapi kolaborasi antara Indosat Ooredoo Hutchison dan Cisco dalam menghadirkan teknologi inovatif ini diharapkan dapat mendorong evolusi digital yang semakin lancar,” kata Sanjay Kaul, President, APJ Service Provider, Cisco. “Indosat Ooredoo Hutchison dan Cisco berkomitmen untuk menghadirkan teknologi dan layanan terbaik di kelasnya demi mengatasi kesenjangan digital di perkotaan dan pedesaan.”

Melalui kemitraan bersama Cisco, solusi Managed SD-WAN Indosat Ooredoo Hutchison menawarkan beragam manfaat bagi pelanggan bisnis:

  1. Solusi SD-WAN hadir dengan harga yang kompetitif seiring Indosat Ooredoo Hutchison menjadi partner strategis Cisco.
  2. Kemitraan ini menjadikan Indosat Ooredoo Hutchison dapat menyediakan one-stop solution untuk semua layanan yang berkaitan dengan managed SD WAN didukung dengan cakupan jaringan yang luas.
  3. Solusi SD-WAN akan mengefisiensikan biaya operasional seiring solusi ini akan mengoptimalkan akses aplikasi bisnis dan kemudahan kendali melalui single dashboard berbasis cloud.
  4. Kemitraan ini memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghadirkan solusi Managed SD-WAN kelas dunia, dengan Cisco yang diakui oleh Gartner sebagai Pemimpin dalam Gartner Magic Quadrant 2021 untuk Infrastruktur WAN Edge.

Mulai dari keandalan akses aplikasi bisnis berbasis cloud atau pun on-premise, hingga mengamankan jaringan dari lanskap ancaman yang terus berkembang, Managed SD-WAN Indosat Ooredoo Hutchison, yang didukung oleh Cisco, merupakan solusi yang tepat bagi pelaku bisnis untuk menghadirkan konektivitas dan akses yang handal, efisien, dan aman ke aplikasi atau cloud lewat jaringan apa pun, di mana pun berada.

Menebak Fitur Portrait yang Bakal Hadir di Reno Berikutnya

reno portrait
oppo

tabloidpulsa.id – Seri Reno milik OPPO sering disebut sebagai kanvas bagi para developer OPPO dalam mengembangkan fitur foto dan videografi anyar yang atraktif. Beberapa kali produk seri Reno membawa fitur unik yang bahkan tidak dihadirkan di perangkat flagship milik mereka. Diantaranya adalah foto dan video portrait, yang kini menjadi fitur khas seri tersebut.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa OPPO akan segera meluncurkan seri Reno terbaru di awal tahun 2022 ini yang kembali mengusung fitur portrait sebagai salah satu fungsi penting pada kamera ponsel tersebut. Bekerja sama dengan Sony, OPPO mengembangkan sebuah sensor yang mampu meningkatkan kualitas hasil kamera ponsel ke tingkat yang lebih baik lagi.

Belum ada informasi, apakah OPPO hanya akan memunculkan kembali fitur portrait yang sudah ada di seri sebelumnya dengan perbaikan di sana-sini, atau OPPO akan benar-benar memperkenalkan fitur portrait baru di perangkat Reno anyar ini. Tapi, melihat sepak terjang OPPO Reno selama ini, kayaknya boleh sih kita berharap banyak.

Meski belum dikonfirmasi oleh pihak OPPO Indonesia, nampaknya seri Reno berikutnya akan menjadi seri Reno ganjil kedua yang bakal membawa fitur portrait. Sebelumnya sudah ada OPPO Reno4 series, OPPO Reno5 Series dan OPPO Reno6 Series. Ketiganya membawa fitur Portrait dan pengembangannya yang signifikan.

Dengan penggunaan Sony IMX709 yang baru, nampaknya seri Reno berikutnya akan memunculkan fitur portrait yang bakal tak kalah menarik dari yang sudah ada.

Untuk menyegarkan ingatan kita, yuk kita cek fitur portrait apa saja yang dibawa sebagai fitur unik produk-produk OPPO Reno sebelumnya.

Kita mulai dari Reno4 Series: Seri ini menjadi awal kemunculan fitur AI Color Portrait. Di mana dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI, kamera akan memisahkan warna obyek foto dengan warna-warna lain di belakang atau background. Lalu secara cerdas mampu mengisolasi warna pada obyek dan background, untuk kemudian mempertahankan warna pada obyek dan menghapus warna pada background.

OPPO

Lalu berikutnya di Reno4 Series ini juga OPPO memperkenalkan Night Flare Portrait. Di mana sistem akan menambahkan efek blur pada background, lalu melakukan modifikasi pada bulatan-bulatan cahaya di background sehingga terlihat lebih terang dan dramatis.

OPPO

Berikutnya di Reno5 Series: OPPO untuk pertama kali memperkenalkan AI Highlight Video. Menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda. Semisal dalam cahaya redup, Kamera akan mengaktifkan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari terlihat cerah, tajam, dan alami.

OPPO

Atau ketika dalam keadaan dengan cahaya latar belakang kuat, HDR Live otomatis bekerja menghasilkan subjek dan latar belakang yang dapat terlihat sama jelasnya melakukan optimalisasi khusus untuk potret saat mendeteksi subjek manusia.

OPPO

Reno5 juga memiliki kemampuan menggabungkan video portrait dengan video latar belakang melalui fitur AI Mixed Portrait. Menghadirkan efek video dengan eksposur ganda pada smartphone untuk pertama kalinya.

Lalu di OPPO Reno6 Series: OPPO mulai memperkenalkan Bokeh Flare Portrait Video. Dengan menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

OPPO

Titik cahaya pada background dibuat membulat dan terang dengan memisahkannya dari obyek video yang juga bergerak.

Nah, bagiamana dengan di OPPO Reno berikutnya? Setelah melihat kemampuan sensor anyarnya yang sudah dibahas di sini, lalu melihat hasilnya di tulisan ini, nampaknya kita bisa berharap bakal bertemu dengan fitur portrait yang lebih menarik di OPPO anyar ini.

Tetap di tabloidpulsa.id untuk mendapatkan info menarik terkait produk-produk OPPO reno berikutnya.

Acer Luncurkan Acer Aspire 7 Ryzen 5000, Laptop Performance Untuk Creator

Acer Aspire 7 Ryzen 5000
Acer Aspire 7 Ryzen 5000

TabloidPulsa.id – Acer menghadirkan Aspire 7 Ryzen 5000, model terbaru dari lini produk laptop penuh performa yang ditujukan untuk para mobile creator. Laptop ini ditenagai AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processor dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050.

Menyasar profesional dan kreator konten, Acer menghadirkan Acer Aspire 7 Ryzen 5000, laptop penuh performa yang merupakan pilihan teratas dari lini popular Acer Aspire. Acer Aspire 7 Ryzen 5000 memiliki prosesor yang kuat yaitu AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processor yang mampu melaksanakan segala aplikasi dan software dengan ringkas, serta dukungan NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 dengan grafis yang sangat memuaskan.

“Acer Aspire 7 Ryzen 5000 merupakan pilihan tertinggi dari seri Acer Aspire performance laptop. Laptop ini menghadirkan performa yang dapat diandalkan oleh para mobile creator dengan dukungan AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processor dan NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050. Kami berharap laptop Aspire 7 Ryzen 5000 dapat menjawab kebutuhan para pekerja kreatif profesional atau pengguna yang membutuhkan performa tinggi secara umum,” ujar Theresia Hanydawati, Head of Consumer Products, Acer Indonesia.

Produktivitas Powerful dengan AMD Ryzen™ 5000 dan NVIDIA® GeForce RTX 3050

Acer Aspire 7 Ryzen 5000 merupakan laptop penuh performa dengan AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processor, yang mampu menjalankan berbagai aplikasi/software berat dengan mudah. Hal ini dimungkinkan berkat adanya 6 cores dan 12 threads yang membantu laptop menjalankan berbagai jenis kegiatan secara lebih efisien. Untuk melengkapi kekuatan prosesor, kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 memberikan dorongan grafis yang lebih baik untuk kebutuhan kreatif seperti editing foto, video, desain 3D, atau untuk bermain game dengan kecanggihan visual terbaik ray tracing.

Konektivitas Lengkap dan Laptop yang Mudah Di-upgrade

Untuk menunjang performa tinggi, Acer memberikan port konektivitas lengkap pada Acer Aspire 7 Ryzen 5000. Laptop ini dibekali dengan 4 port USB beragam yang mendukung integrasi penggunaan perangkat dengan perangkat lain mulai dari USB Type-A hingga port USB-C SuperSpeed USB dengan bandwidth hingga 5Gbps.

Acer Aspire 7 Ryzen 5000 memberikan konfigurasi penyimpanan SSD M.2 PCIe yang dapat di-upgrade hingga 1TB. Tidak hanya media penyimpanan, konfigurasi RAM juga dapat di-upgrade dengan mudah oleh pengguna hingga 2 slot untuk total kapasitas 32GB DDR4 SODIMM. RAM yang lapang membuat laptop ini dapat mengakses segala aplikasi tanpa perlu khawatir kekurangan kapasitas.

Untuk memaksimalkan performa laptop, Acer Aspire 7 Ryzen 5000 telah mengadopsi teknologi koneksi dual-band Wi-Fi 6 (802.11ax) sehingga terjadi peningkatan kestabilan dan kecepatan rata-rata hingga 3 kali lipat dibanding Wi-Fi 5 atau generasi sebelumnya.

Desain Bodi Elegan dan Profesional

Pada sisi estetika, Acer Aspire 7 Ryzen 5000 memiliki desain elegan dengan gaya profesional. Untuk mempermudah akses pekerjaan di mana saja dan kapan saja, keyboard laptop telah dilengkapi dengan backlit sehingga memudahkan penggunaan pada lingkungan minim cahaya sekalipun.

Laptop ini mengusung layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi FHD dan teknologi panel IPS, memberikan visual yang dapat dinikmati dari seluruh sudut pandang dengan kecerahan warna yang menawan. Kontras layar yang baik dan kecerahan warna semakin baik berkat dukungan Acer Color Intelligence dan Acer ExaColor untuk tuning temperatur warna, saturasi, dan gamma secara real-time. Bingkai layar atau bezel yang tipis hingga 81,61% pada rasio screen-to-body tidak hanya memberikan Aspire 7 bentuk ringkas, namun juga pengalaman menonton yang lapang dan imersif.

Harga dan Ketersediaan

Acer Aspire 7 Ryzen 5000 (A715-42G) ditawarkan mulai dari harga Rp13.999.000 dan bisa didapatkan melalui Pre-Order Online secara eksklusif hanya di Acer eStore https://store.acer.com/en-id/ pada 29 Januari – 6 Februari 2022. Untuk memastikan produktivitas kerja secara maksimal, Acer memberikan penawaran menarik berupa preinstalled Microsoft Office Home and Student 2021 yang bisa digunakan seumur hidup.

Acer juga memberikan promo cashback 3% hingga Rp420.000 selama Pre-Order Online di Acer eStore, serta memberikan bundling menarik seperti headset Predator Galea 350 atau mouse Predator Cestus 330 (sesuai stok dan selama persediaan masih ada). Melalui pembelian di Acer eStore, pelanggan bisa mendapatkan kemudahan cicilan dengan bunga 0% dan bebas ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Kunjungi Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ untuk mendapatkan laptop performa Aspire 7 Ryzen 5000 dan informasi promo produk Acer lainnya yang berlangsung.

Begini Proses Foto Portrait Dihasilkan Oleh Smartphone OPPO

Foto Portrait

tabloidpulsa.id – Tren foto portrait khususnya di mobile photography, kian berkembang setelah bermunculannya perangkat-perangkat yang didukung teknologi fotografi canggih. Mulai dari dukungan sensor kamera yang kian mumpuni, hingga sokongan kecerdasan buatan (AI).

Kedua komponen penting ini menjadi motor utama dalam menghasilkan foto portrait berkualitas tinggi, dan tentunya pula dibumbui oleh beragam sentuhan artistik.

Tidak lagi hanya sebatas untuk menciptakan foto dengan gambar latar yang buram, tapi kombinasi teknologi fotografi terkini pun bisa membuat foto portrait memiliki nilai seni, dengan kualitas yang lebih natural dan tingkat akurasi lebih tinggi terutama di bagian-bagian yang umumnya sulit ditangkap oleh kamera smartphone.

OPPO menjadi salah satu vendor smartphone yang sangat getol mengembangkan inovasi-inovasi baru di industri mobile photography, termasuk juga dengan mendaftarkan puluhan hingga ratusan paten baru.

Tak heran jika perangkat-perangkat OPPO mampu menghasilkan foto portrait yang mumpuni dan berbeda dari perangkat sejenis keluaran vendor lain.

Lantas, gimana sih caranya smartphone OPPO mengasilkan foto portrait yang the best?

3 Komponen Penting Foto Portrait di OPPO Reno Series

Di Reno Series, OPPO menerapkan algoritma khusus dan berbeda dari smartphone standar, yang rata-rata hanya mengandalkan sensor kamera (Optical sensor) dan dikombinasikan dengan pengolahan gambar (Computational vision) berbasiskan sistem operasi bawaan perangkat.

Selain dua komponen tersebut, OPPO menambahkan satu komponen penting lain yakni Computer Graphics yang bersumber dari Prosesor Pengolah Gambar (NPU). Untuk komponen ini, OPPO bekerjasama dengan pabrikan chipset dunia seperti Qualcomm. Bahkan kabar terbaru, OPPO sendiri tengah mengembangkan prosesor pengolah gambar buatannya sendiri.

Pemrosesan Foto Portrait yang Kompleks

Di OPPO Reno Series, penggabungan dari ketiga komponen tersebut (Optical Sensor, Computational vision dan Computer Graphics) menghasilkan sebuah sistem pemrosesan baru dengan algoritma khusus.

Pertama adalah Adaptive Brightness Enhancement. Di langkah ini, sistem akan menggunakan Exposure Otomatis (AE) Adaptive Gain untuk memastikan rasio sinyal terhadap noise berada di level optimal. Bahasa sederhananya, tahap ini baru dilakukan proses peningkatan kecerahan foto.

Lalu yang kedua adalah Adaptive Dynamic Range. Di tahap ini, sistem akan melakukan penggabungan beberapa tingkat frame baik yang under exposure maupun over exposure menjadi satu foto akhir dengan mengandalkan teknologi HDR.

Proses kedua ini dilakukan untuk mengatur agar tidak hanya bagian wajah saja yang terlihat terang, tapi juga gambar latarnya.

Nah yang terakhir adalah Adaptive Noise reduction. Proses ini dilakukan untuk mengurangi noise dari rangkaian proses yang sudah dilakukan dengan cara memisahkan gambar, dan akhirnya menghasilkan foto portrait yang benar-benar natural serta detail super tajam.  

Demikian cara OPPO untuk menghasilkan foto portrait yang berbeda untuk mengakomodasi tren yang berkembang di masyarakat. Sebagai informasi, kedepannya OPPO akan terus mengembangkan teknik-teknik baru mobile photography, termasuk menghadirkan sensor kamera generasi teranyar di OPPO Reno yang akan datang.

OPPO Gunakan Sensor Sony IMX709 di Reno 2022, Portrait Makin Apik

OPPO Reno IMX709 portrait
oppo

tabloidpulsa.id – Kerja sama eksklusif antar produsen ponsel dengan pelaku industri kamera digital sudah banyak dilakukan dalam berbagai bentuk. Mulai dari sekedar merancang fitur yang bisa menghasilkan foto serupa hasil kamera profesional, menyediakan template warna yang mendekati profil warna khas hingga kerja sama menciptakan sensor seperti yang dilakukan OPPO dan Sony dengan IMX709-nya.

Melanjutkan ambisi sebagai jagonya selfie, OPPO kembali akan menawarkan fotografi portrait di seri Reno berikutnya, yang bakal dirilis tahun 2022 ini. Menariknya, OPPO melakukan pendekatan revolusioner, melalui hardware yang dirancang bersama produsen sensor kamera mobile, Sony.

OPPO telah mengumumkan bahwa produk Reno selanjutnya akan menggunakan sensor kamera yang memiliki nama serial IMX709. Sensor ini merupakan hasil kerja sama eksklusif OPPO dengan Sony, dikembangkan selama kurang lebih 3 tahun dengan melibatkan lebih dari 300 insinyur.

Selama pengembangannya, sensor Sony IMX709 juga mencatatkan 97 paten dengan biaya pengembangan sekitar 15 Juta USD atau sekitar 215,6 miliar dalam Rupiah.

Sony IMX709 mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 60% dari sensor kamera seri Reno sebelumnya. Juga tercatat mampu mengurangi noise pada hasil jepretan hingga 35% dibandingkan dengan kamera selfie Reno6 Pro.

Desain Baru dengan RGBW dan Kompatibiltas yang Luas

Perubahan pada desain sensor RGBW generasi baru merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab pada peningkatan kecerahan dan ketajaman pada foto yang dihasilkan oleh kamera dengan sensor IMX709 ini.

Dimana terdapat dua pixel putih yang disematkan dalam setiap empat pixel RGB (Red/merah, Green/hijau, Blue/biru), dinamakan dengan Quadra Binning Algorithm. Sehingga setiap pixel sensor dapat mendeteksi dan mengenali sinyal merah, hijau, biru dan putih.

Selain itu, Sony IMX709 juga menyematkan algoritma AI langsung ke dalam sensor. Dimana hal ini merupakan yang pertama dilakukan dalam industri sensor kamera ponsel. Dengan demikian sensor ini mampu melakukan efisiensi penggunaan daya yang jauh lebih baik, membutuhkan waktu dalam pemrosesan gambar yang jauh lebih sedikit dan efisien, juga sudah didesain agar mampu disematkan bersama Chipset dari Qualcomm dan MediaTek.

OPPO Reno 2022 akan segera diluncurkan dalam waktu dekat dengan membawa sejumlah peningkatan fitur, namun yang pasti ponsle tersebut juga membawa fitur portrait yang kembali ditingkatkan.

Apabila Anda tidak sabar melihat bagaimana sensor ini mampu meningkatkan kecerahan dan detil gambar, kami telah membuat tulisan mengenai perbandingan kamera dengan Sony IMX709 dengan produk Reno6 di tulisan berikut ini.

Hypefast Gandeng Brightspot Market, Dukung Pertumbuhan Brand Lokal di Tanah Air

Hypefast

tabloidpulsa.id – Hypefast, kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dengan berpartisipasi menjadi salah satu sponsor dan mitra resmi acara Brightspot Convergence 2021. Setelah diselenggarakan secara online selama sebulan lebih, Brightspot Market yang merupakan pelopor festival industri kreatif kini diselenggarakan secara offline pada 26 – 30 Januari 2022 di Senayan Park, Jakarta.

Achmad Alkatiri, Founder dan CEO Hypefast, mengatakan, “Bentuk dukungan Hypefast tidak hanya memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi para pemilik brand lokal dengan memberikan akses permodalan, tim retail dan ekosistem dan infrastruktur retail yang terintegrasi, tetapi kami juga memberikan dukungan penuh atas kegiatan-kegiatan yang melibatkan brand-brand lokal, salah satunya seperti acara Brightspot Convergence 2021.”

Achmad menambahkan, “Beberapa tahun ke belakang, kesadaran masyarakat untuk menggunakan serta banggga akan produk buatan negeri mulai meningkat. Pemerintah pun sangat aktif untuk menggalakkan berbagai inisiatif demi membawa produk industri kreatif dalam negeri ke pasar internasional. Melihat kesempatan ini, Hypefast akan terus membantu kemajuan brand lokaldan bekerja sama dengan pihak-pihak seperti Brightspot Market untuk menciptakan wadah baru bagi pertumbuhan industri ekonomi kreatif. Masyarakat urban pun bisa merasakan pengalaman teknologi dan kreativitas manusia yang beriringan sesuai tema Brightspot Convergence 2021 kali ini.”

Selain itu, di acara offline Brightspot Convergence 2021 ini, Hypefast juga membawa serta lima brand portfolio-nya, seperti  WearstatuquoSidelineNooreLuxcrime, dan Nona, dalam sebuah retail experience di boothEtalashe yang terdapat di area 03 lantai 1 Senayan Park. Kelima brand lokal ini menghadirkan koleksi terbaru dengan promo spesial di acara offline Brightspot Convergence 2021. Pengunjung booth Etalashe juga bisa menikmati pengalaman berbelanja lewat ragam kegiatan yang seru mulai dari Etalashe Treasure Hunt, Mix and Match Dress, dan Booth Touring.

Dengan berpartisipasi sebagai sponsor serta menjadi mitra dari acara ini, Hypefast juga ingin ikut menyatukan para pelaku industri kreatif dalam ekosistem yang diciptakannya. Bagi para brand lokal yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih jauh, Hypefast menyelenggarakan Talk Show “How to Scale Up Your Brand” dengan mengundang narasumber Tinton Ardian selaku Chief Retail Operations Hypefast dan Andani Agni Putri selaku Brand Founder, Nona Loose Wear untuk berbagi kisah suksesnya menaikkan skala bisnis dengan mendapatkan dukungan Hypefast.

Sejalan dengan misi Brightspot Market yang mengusung tema baru “Convergence” dalam memperlihatkan adanya keselarasan dari ide-ide kreatif dengan perkembangan teknologi. Hypefast berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan perhatian masyarakat dalam mendukung brand-brand lokal dan para kreator di Indonesia dengan mulai menggunakan produk atau brand berkualitas di Indonesia.

Pentingnya Aksesoris Resmi untuk OPPO VOOC Beserta Harga

oppo aksesoris harga

tabloidpulsa.id – Dalam rangka peresmian toko baru OPPO dengan konsep anyar, OPPO eXperience Store di BEC, Bandung, Jawa Barat, kami menemui satu sudut yang menarik yang mungkin akan menjawab pertanyaan Anda selama ini. Sebuah sudut yang disebut POWER ini memperlihatkan harga aksesoris OPPO. Beberapa ponsel OPPO yang telah mengadopsi teknologi pengisian daya dengan kecepatan tinggi VOOC dan super VOOC, membutuhkan aksesoris yang tepat, terkait optimalisasi fungsi, keamanan dan durabilitas.

Artinya kita tidak boleh sembarangan membeli atau menggantinya dengan aksesoris pihak ketiga, bahkan ketika mereka mengaku-ngaku bahwa aksesoris buatan mereka sudah kompatibel dengan perangkat OPPO sekalipun.

Aksesoris resmi merupakan satu-satunya solusi yang bisa kita manfaatkan ketika kita membutuhkan pengganti, semisal ketika aksesoris bawaan hilang atau tertinggal di rumah saat anda membutuhkannya di kantor. Selain tentu saja berfungsi secara optimal, sesuai dengan harapan dan cocok dengan spesifikasi ponsel, semisal menghantarkan daya sebesar 65Watt atau berapapun yang didukung oleh SuperVooC yang didukung ponsel OPPO Anda, juga ada jaminan keamanan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, semisal kebakaran yang disebabkan oleh shortcircuit.

Selain itu, memilih aksesoris resmi akan menjamin umur ponsel dan baterai sesuai dengan harapan produsen. Tidak lebih pendek karena kesalahan akibat penggunaan aksesoris yang tidak tepat.

Dalam kunjungan kami ke Bandung dalam rangka meresmikan OPPO eXperience Store di kawasan BEC, kami menemukan update harga aksesoris OPPO yang ada kaitannya dengan power dan VOOC.

Berikut adalah daftar harga aksesoris yang terkait power ponsel OPPO yang kami rekam saat kami berada di OPPO eXperience Store BEC.

Kabel Data OPPO Type C : Rp 80.000

Kabel Data OPPO VOOC : Rp 200.000

OPPO Adapter 2A : Rp 200.000

OPPO Adapter 3A : Rp 250.000

OPPO Adapter 6.5A : Rp 500.000

OPPO AirVOOC : Rp 1.299.000

GoSend Perkuat Inovasi Logistik Online di 2022

GoSend

tabloidpulsa.id – Layanan logistik GoSend telah menjadi andalan jutaan pelaku usaha mulai dari UMKM hingga social seller agar dapat tetap tangguh dan tumbuh selama pandemi. Memasuki tahun 2022, GoSend menyiapkan rangkaian inovasi terdepan yang akan makin mengoptimalkan layanan logistik online baik untuk pelaku usaha maupun konsumen. 

Dengan tren e-commerce dan peningkatan kebutuhan pengiriman, kolaborasi GoSend dan Tokopedia terus memberikan dampak positif terhadap ekosistem.

Head of Logistics Gojek, Steven Halim, mengatakan, “Pada periode awal 2021, kami mencatatkan peningkatan 116% jumlah seller pengguna GoSend di platform partner e-commerce dibandingkan awal pandemi.Selain itu,  rata-rata jumlah order mitra driver Gojek naik 70% kali lipat di 2021. Melalui ragam inisiatif tersebut, GoSend dapat menghadirkan layanan yang cepat, aman, dan hemat bagi para pengguna dan pelaku usaha serta mendukung pendapatan mitra driver.”

Menerapkan ekosistem berbasis pengiriman hyperlocal-on-demand, GoSend terbukti mampu menjadi yang terdepan dalam pengiriman cepat on-demand dan menjadi kepercayaan jutaan pelaku usaha dan konsumen.

Steven menambahkan, “Kebutuhan akan pengiriman cepat di era pandemi sangat dirasakan oleh para pelaku usaha, dimana melalui GoSend API (Application Programming Interface), ribuan partner dan jutaan sellers dapat menggunakan layanan kami dengan mudah langsung melalui integrasi platform usaha. Data internal kami mencatat bahwa jumlah total transaksi GoSend API melalui top partners bahkan meningkat 41% pada H1 2021.

Seperti kebutuhan pengiriman paket dan ekspektasi pengguna yang terus bertambah, kami juga akan terus gesit seperti para mitra driver GoSend untuk menjemput peluang layanan logistik masa depan lewat berbagai inovasi dan mengantar layanan logistik terbaik kepada masyarakat.”

Memasuki tahun 2022, Gojek melihat bahwa saat ini masyarakat memiliki ekspektasi tinggi terhadap kecepatan dan keandalan pengiriman. Selain itu, makin banyak masyarakat yang menggunakan layanan logistik untuk pengiriman barang kebutuhan sehari-hari, termasuk diantaranya sembako, perlengkapan kantor, serta peralatan kesehatan. Di samping itu, penggunaan layanan pengiriman untuk menunjang bisnis online juga kian menjadi prioritas dan minat terhadap kemudahan pengiriman last-mile pun ikut meningkat. 

Guna menjawab kebutuhan tersebut, GoSend telah menyiapkan beragam gebrakan di tahun 2022 yang berfokus pada pilar Inovasi dan Inklusivitas

  • Inovasi Layanan Pengiriman Khusus untuk Partner E-Commerce

GoSend akan menghadirkan inovasi layanan yang disesuaikan bagi kebutuhan partner e-commerce.  Salah satu kolaborasi yang nanti dapat dirasakan adalah pengiriman lebih awal, dengan pesanan sebelum jam operasional untuk mempercepat pengiriman oleh partner. 

  • Lebih tenang, paket lebih aman dengan Premium Insurance

GoSend akan makin memperkuat posisinya sebagai layanan logistik terpercaya dengan menghadirkan proteksi ekstra untuk barang yang dikirim. Melengkapi opsi asuransi yang telah diberikan. Premium Insurance akan memberikan perlindungan asuransi dengan nilai tanggungan hingga Rp 20.000.000,-. 

  • Kirim barang lebih besar dengan armada roda empat

Pengguna akan bisa mengirim barang dalam jumlah lebih banyak dengan ukuran lebih besar lewat kehadiran armada mobil GoSend. 

  • Kirim ke banyak alamat sekaligus

Para pelaku usaha kini bisa makin praktis mengirim barang pesanan ke banyak konsumen sekaligus. GoSend Multi-Delivery memungkinkan mitra driver mengambil paket dari satu alamat pengiriman dan mengantarkannya ke hingga 5 lokasi pengiriman yang berbeda. Dengan layanan ini, waktu pengiriman bisa menjadi lebih efisien, hemat biaya pengiriman hingga 30%, mudah dilacak, serta mengurangi jejak karbon. Layanan ini sudah hadir dalam skala nasional. 

  • Bisnis online tanpa ribet

GoSend telah dan akan terus memperkuat kolaborasinya dengan berbagai e-commerce dan memudahkan sinergi GoSend API: Platform Layanan Online Logistik untuk semua.Dengan inisiatif ini, layanan akan makin terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce dan banyak partner usaha lainnya untuk dengan mudah mendapatkan solusi logistik online terpercaya. 

  • Perluas wilayah layanan

Setelah sukses dengan kehadirannya  di wilayah Jadetabek, Bandung & Surabaya untuk layanan Sameday dan Intercity di Jadetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Malang, Sidoarjo & Semarang, GoSend akan mengaspal kembali dengan kedua layanan tersebut di wilayah pulau Jawa. Selain itu, setelah Vietnam, GoSend telah siap melebarkan sayap go international dan menghadirkan GoSend Instant  di negara lain di Asia Tenggara.  

  • Komitmen terhadap UMKM

Pada tahun 2022 ini, GoSend akan meluncurkan ragam inisiatif yang memperkokoh komitmen berkelanjutan untuk mendukung para pelaku usaha.

Direktur Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Yudo Anggoro, yang hadir dalam diskusi Gojek Logistics Outlook 2022 mengungkapkan, “Pandemi tanpa diragukan telah meningkatkan perilaku belanja online dan permintaan masyarakat terhadap layanan pengiriman barang. Hal ini antara lain berdampak pada pertumbuhan eksponensial pengiriman first mile-last mile, serta tuntutan akan teknologi pelacakan barang yang real time dan jaminan keamanan barang yang dapat dipercaya. Di sinilah kami melihat GoSend telah hadir menjawab pergeseran kebutuhan serta tuntutan masyarakat tersebut melalui inovasi layanannya. Hasilnya, GoSend menjadi pilihan top of mind bagi banyak orang untuk mengirimkan barang secara aman, cepat, dan ekonomis.”

Yudo menambahkan bahwa ke depannya, aspek kecepatan dan keandalan pengiriman akan makin menjadi prioritas pengguna layanan dan pelaku usaha online akan menjadi pengguna utama layanan pengiriman. “Melalui berbagai inovasinya yang akan hadir di tahun 2022, saya menilai bahwa GoSend siap menjawab tren layanan logistik online di masa depan dan makin memperkuat posisinya sebagai layanan pengiriman yang dipercaya masyarakat,” tutup Yudo. 

#BangkitBersama UMKM

Fokus GoSend dalam menghadirkan inovasi dan inklusivitas layanan merupakan langkah nyata keterlibatan dalam gerakan #BangkitBersama. Dengan menggabungkan solusi logistik, mobilitas, e-commerce, serta layanan keuangan di dalam ekosistem GoTo dalam membantu masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, diharapkan gerakan ini dapat membantu bangkit kembali saat pandemi COVID-19 mereda, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Berdasarkan survei LD FEB UI tahun 2021, 35% social seller mengalami perbaikan pendapatan pada usaha online mereka sejak mulai menggunakan GoSend. Di mana pada umumnya social seller ini merasa terbantu dengan tiga hal yang ditawarkan yaitu Live Tracking, Fitur chat dengan driver, serta promosi/diskon pengiriman. 

Marsela Renata, Head of Marketing Logistic Gojek menegaskan komitmennya untuk terus hadir mendukung pertumbuhan UMKM, “Lewat kampanye BestSeller, GoSend melangkah jauh dalam memberi dukungan untuk UMKM dan pelaku usaha. Tak berhenti pada inovasi produk yang semakin memudahkan, kami juga menyiapkan serangkaian program yang disiapkan untuk mendukung mereka menjadi penjual-penjual terbaik (Best Seller). Bentuknya beragam mulai dari promo spesial, Grup BestSeller, program loyalty, penghargaan, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi.”

Editor's Pick