Home Blog Page 497

Gojek Edukasi Mitra Driver untuk Jadi Pelopor Ciptakan Ruang Publik Aman

Ruang Publik Aman

tabloidpulsa.id – Tidak dapat dipungkiri bahwa kekerasan seksual masih saja terjadi di tengah masyarakat kita. Gojek, sebagai platform on-demand terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara terus memperkuat standar keamanan layanan melalui inisiatif #AmanBersamaGojek. Upaya komprehensif ini tak terbatas pada keamanan ekosistemnya saja, namun juga untuk dapat berkontribusi menciptakan ruang publik aman, terbebas dari kekerasan seksual.

Dalam momentum Hari Perempuan Sedunia yang diperingati setiap bulan Maret, komitmen Gojek terhadap keamanan diwujudkan secara konkret salah satunya melalui peningkatan pelatihan anti-kekerasan seksual bagi mitra driver yang akan kembali berlangsung secara tatap muka. Sebelum pandemi pelatihan sejenis telah berjalan di 8 kota operasional utama dan di tahun 2022 ini Gojek menargetkan akan melangsungkan pelatihan bagi mitra driver di 10 kota, dengan Makassar sebagai kota pertama.

Teuku Parvinanda VP Corporate Affairs Gojek mengatakan, “Melalui edukasi, kami ingin membangun kesadaran serta pemahaman individu khususnya para mitra driver Gojek mengenai pentingnya bergerak bersama menciptakan ruang aman yang bebas dari kekerasan seksual. Gojek ingin membangun budaya aman dan mendorong mitra-mitranya untuk secara konsisten menjadi pelopor penciptaan ruang publik yang aman, misalnya dengan sigap membantu atau mengambil tindakan ketika menemui kasus kekerasan seksual di ruang publik.”


“Edukasi kepada mitra driver terkait topik anti-kekerasan seksual selama ini juga telah berlangsung secara online melalui Tips Pintar di aplikasi dan telah diikuti oleh ratusan ribu mitra driver dari seluruh Indonesia. Saat ini kami juga telah meluncurkan Pusat Edukasi dan Bantuan yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui gjk.id/lawankekerasanseksual. Di sini masyarakat dapat mempelajari langkah-langkah pencegahan kekerasan seksual maupun cara melaporkannya. Informasi dikemas dalam bahasa yang sederhana serta format yang ringan, misalnya dengan bentuk kuis, sehingga mudah dipahami,” tambah Teuku.

Inisiatif Gojek dalam upayanya melawan kekerasan seksual di ruang publik turut diapresiasi dan didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA). Dalam diskusi media Indra Gunawan, Plt Deputi bidang Partisipasi Masyarakat KPPPA mengatakan, “Kami mengapresiasi Gojek yang ikut ambil bagian dalam upaya mengatasi kekerasan seksual dengan senantiasa mengedukasi mitranya untuk menjadi pelopor ruang publik aman. Saya mengikuti upaya Gojek tersebut selama 2 tahun terakhir dan menilai apa yang  Gojek lakukan sebagai upaya kita bersama untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam mencegah tindak kekerasan khususnya pada perempuan dan anak. Pencegahan ini sangat penting dan merupakan salah satu program prioritas dari Bapak Presiden.”

Pelatihan anti-kekerasan seksual yang Gojek lakukan difasilitasi olehorganisasi Di Jalan Aman Tanpa Pelecehan (DEMAND) bagian dari Koalisi Ruang Publik Aman dan LBH APIK Sulawesi Selatan. Pelatihan menyasar mitra-mitra yang merupakan perwakilan komunitas, sehingga diharapkan ilmu yang mereka dapat melalui pelatihan ini dapat turut disebarkan kepada anggota-anggota komunitas yang lain.

Chrisant Raisha, Training Director DEMAND (Di Jalan Aman Tanpa Pelecehan Seksual) menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif yang dilakukan Gojek untuk mengajak mitra drivernya berperan aktif bila melihat tindak kekerasan seksual di sekitarnya. “Pada pelatihan tatap muka, mitra driver berkesempatan mengenal apa yang dimaksud dengan kekerasan seksual, jenis kekerasan seksual, serta dampak kekerasan seksual secara mendalam. Mitra juga dilatih untuk mempraktikkan cara membantu korban kekerasan seksual dengan menggunakan metode intervensi saksi (active bystander)[1].”

Langkah edukasi yang Gojek lakukan tidak hanya menyasar mitra driver. Pelatihan berkelanjutan terkait penanganan pelaporan kekerasan seksual juga diberikan bagi Tim Unit Darurat, baik tim yang bertugas menerima laporan melalui tombol darurat, maupun tim yang menangani laporan di lapangan sehingga mereka dapat senantiasa mengadopsi perspektif korban dalam menjalankan tugasnya.

Tiga Pilar #AmanBersamaGojek: Upaya Keamanan Menyeluruh

Serangkaian inisiatif di pilar edukasi yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan bagian dari inisiatif #AmanBersamaGojek, yang juga terdiri dari dua pilar lainnya yakni pilar teknologi dan proteksi. Inisiatif ini membuat Gojek dapat menghadirkan keamanan baik di dalam aplikasi, maupun di luar aplikasi (ruang publik).

Pilar Teknologi Gojek SHIELD yang terdapat pada aplikasi Gojek berfungsi memastikan keamanan konsumen dari sebelum memulai perjalanan, selama perjalanan, dan pada situasi darurat. Fitur tersebut diantaranya; verifikasi muka dan identitas driver, penyamaran nomor telepon, bagikan perjalanan, serta tombol darurat yang terhubung dengan Customer Care dan Tim Unit Darurat yang siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban.

Pilar selanjutnya yakni proteksi, salah satunya dijalankan dengan membuat Zona #AmanBersamaGojek yang merupakan ruang tunggu ramah perempuan, berlokasi di shelter atau titik jemput milik Gojek dan tersebar di lokasi strategis, dekat keramaian atau pun berada di titik transportasi publik. Zona #AmanbersamaGojek mengacu pada kajian After Dark: Encouraging Safe Transit for Women Travelling at Night dari UN Women dan Pulse Lab Jakarta, untuk memahami keamanan dan mobilitas perempuan di wilayah perkotaan khususnya malam hari.

Dengan dilengkapi materi edukasi publik yang menyosialisasikan ruang publik aman, fasilitas ini tak hanya menjadi ruang tunggu yang aman, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat luas, khususnya yang beraktivitas di sekitar area Zona #AmanBersamaGojek ini.

Di Makassar, Zona #AmanBersamaGojek sudah hadir di Titik Jemput Gojek yang berada di Trans Studio Mall Makassar, Nipah Mall, Mal Ratu Indah, dan Mall Panakkukang. Zona #AmanBersamaGojek sebelumnya telah tersedia di beberapa titik di Jakarta, Bogor, Bandung dan Surabaya, serta terus diperluas keberadaannya seiring perluasan fasilitas titik jemput yang dimiliki oleh Gojek.

IM3 Ajak Generasi Muda #KembaliSilaturahmi di Ramadan dengan Kuota Besar Freedom Internet

#KembaliSilaturahmi

tabloidpulsa.id – Setelah dua Ramadan dilalui dengan banyak keterbatasan, tahun ini masyarakat Indonesia memiliki harapan dan kesempatan untuk dapat bertatap muka dan kembali bersilaturahmi dengan teman dan kerabat. Menyambut momen penuh kerinduan dan kegembiraan ini, IM3 menghadirkan kampanye #KembaliSilaturahmi yang mengajak masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda untuk kembali terhubung dengan bertemu orang-orang terdekatnya.

Sebagai brand yang terus memberikan kemudahan dalam layanan telekomunikasi dan digital, IM3 menghadirkan paket Freedom Internet dengan kuota besar 50GB serta nelpon sepuasnya ke sesama pengguna IM3 dan Tri dengan harga Rp100.000 (harga normal Rp150.000) dalam promo Sensasi Ramadan. Paket ini bertujuan untuk mendukung kegembiraan seluruh pelanggan dalam menjalani kegiatan selama bulan Ramadan dan menikmati hiburan dengan pengalaman internet yang maksimal.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, menyampaikan, “Pada Ramadan tahun ini, IM3 hadir untuk mendukung para generasi muda di Indonesia bersama merayakan #KembaliSilaturahmi setelah tahun-tahun sebelumnya sempat terhenti. Sebagai brand untuk anak muda, kami selalu berupaya memenuhi kebutuhan komunikasi digital mereka terlebih selama bulan Ramadan ini melalui paket Freedom Internet dengan kuota besar 50GB. Harapannya ini dapat semakin melengkapi kegembiraan yang dirasakan pelanggan saat menikmati momen kembali berkumpul bersama di Ramadan tahun ini.”

Untuk memperkuat semangat kampanye #KembaliSilaturahmi, IM3 berkolaborasi dengan beberapa musisi muda untuk menghadirkan lagu berjudul ‘Alunan Temu’ yang diciptakan oleh Iga Massardi, Bilal Indrajaya, Vega Antares, dan Enrico Octaviano. Lagu yang dibawakan oleh Isyana Sarasvati, Hindia, dan Bilal Indrajaya ini menuangkan semangat kegembiraan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia karena akhirnya dapat bertemu lagi untuk menyambung silaturahmi.

Hal senada pun turut dirasakan oleh para musisi ini saat pertama kalinya mereka dipertemukan untuk berkolaborasi. Yang juga menjadi keunikan dari lagu ini adalah lantunan instrumennya diwarnai dengan suara detak jantung para musisi yang membawakan lagu tersebut sebagai bentuk gambaran perasaan bahagia dapat berkumpul lagi dengan orang terdekat mereka.

Kampanye #KembaliSilaturahmi pun didukung dengan peluncuran video kampanye yang menceritakan kegembiraan tiga orang sahabat yang akhirnya dapat bertemu dan kembali bersilaturahmi setelah sekian lama terpisah, dimana sosok-sosok tersebut juga menggambarkan segmentasi baru dari target pengguna IM3 yaitu generasi muda yang sudah lebih dewasa dan selalu ingin terhubung dengan sesamanya.

Selama bulan Ramadan, IM3 juga ingin berinteraksi lebih dekat dengan para pelanggan melalui rangkaian kegiatan di beberapa kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, hingga Makassar dengan menghadirkan Zona Ramadan IM3 #KembaliSilaturahmi, program visit outlet (SIDAK IM3) dengan Ramadan Bus, serta akan diselenggarakannya konser Ramadan sebagai puncak perayaan kembalinya silaturahmi.

Melalui paket Freedom Internet yang simple, jujur, dan transparan, pelanggan dapat kembali bersilaturahmi dan internetan sepuasnya 24 jam dengan 100% kuota utama selama bulan Ramadan, tanpa khawatir pulsa terpotong saat kuota habis karena dilengkapi dengan Pulsa Safe. Paket Freedom Internet kuota besar 50GB serta nelpon sepuasnya ke sesama IM3 dan Tri dengan harga Rp100.000 bisa didapatkan dengan mudah di aplikasi myIM3, *123#, IM3 Official WhatsApp (08551000185), e-commerce, convenient store, dan outlet terdekat.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Freedom Internet kuota besar 50GB dengan harga Rp100.000, dapat mengunjungi im3.do/freedominternet.

Xiaomi Uji Coba Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi untuk Pengguna di Indonesia

Peringatan Dini Gempa Bumi

tabloidpulsa.id Xiaomi mengumumkan fase uji coba dari fitur peringatan dini gempa bumi (EEW). Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia akan mendapatkan pemberitahuan saat terjadi gempa bumi di sekitarnya, menjadikan sistem peringatan dini gempa bumi berperan penting dalam memberi waktu bagi pengguna untuk menyelamatkan diri.

Apa itu EEW dan bagaimana cara mengaktifkan fungsinya?

Fitur peringatan dini gempa akan memperingatkan pengguna hingga belasan detik sebelumnya sebelum gelombang sekunder tiba dengan memanfaatkan kecepatan gelombang listrik lebih cepat ketimbang gelombang sekunder. Begitu fiturnya diaktifkan di smartphone Xiaomi, setelah badan pemantau mendeteksi gempa bumi, mereka akan mensinkronisasi informasi peringatan dini ke server Xiaomi melalui channel khusus, dan Xiaomi akan menggunakan channel prioritas untuk mendorong informasi peringatan dini kepada pengguna di daerah terdampak.

Setiap pemberitahuan dalam EEW akan menampilkan magnitudo dari gempa bumi terkait, estimasi datang, dan intensitasnya yang nantinya diperingatkan ke layar smartphone berupa hitung mundur. Syarat agar smartphone bisa memicu peringatan gempa tergantung pada intensitasnya dan lokasi, dan waktu serta penunjuk intensitas yang terlihat oleh pengguna di berbagai wilayah akan berbeda. Peringatan yang nantinya diterima oleh pengguna di Indonesia terjadi bila intensitas gempa mencapai IV atau lebih berdasarkan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) yang digunakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Fitur ini membutuhkan koneksi data untuk berfungsi.

Fitur EEW ini kompatibel dengan smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 12, MIUI 12.5, dan MIUI 13. Xiaomi Indonesia telah merampungkan fase beta testing untuk perangkat yang mendukung sebelum memutuskan untuk memboyong fitur ini ke Indonesia. Fitur ini membutuhkan otorisasi dari pengguna untuk diaktifkan dengan pertimbangan privasi pengguna. Smartphone akan membunyikan nada peringatan saat gempa bumi terjadi, Xiaomi menyarankan para pengguna untuk membiasakan diri dengan bunyinya. Xiaomi menyambut masukan dari pengguna selama fase uji coba ini dengan memberikan masukan melalui link ini.

Bagaimana fitur EEW hadir untuk smartphone Xiaomi di Indonesia?

Teknologi EEW dikembangkan oleh Institute of Care-life (ICL) di Chengdu, China, sejak tahun 2008. Lembaga ini berhasil mengirimkan peringatan dari gempa yang merusak hingga 65 kali tanpa ada kesalahan hingga kini pada operasionalnya di wilayah China.

Di tahun 2019, ICL dan BMKG dari Indonesia melakukan kerja sama untuk memperkenalkan teknologi ini di Indonesia. Teknologi ini dihadirkan dengan harapan untuk membantu lebih banyak pengguna Indonesia untuk bisa menerima peringatan dini dan mencegah hilangnya harta dan nyawa.

Sementara itu, Xiaomi bekerja sama dengan ICL selama bertahun-tahun, memimpin inisiatif untuk implementasi fitur EEW dari ICL untuk smartphone Xiaomi. Xiaomi menjadi brand smartphone pertama di dunia dengan fungsi EEW di tingkat sistem operasi. Saat ini, EEW bekerja dengan baik di China.

Dengan kerja sama ICL dan BMKG, Xiaomi juga mengawali proyek yang memungkinkan fungsi ini untuk smartphone di Indonesia, yang menjadikannya pasar kedua di dunia yang menerima fitur EEW di smartphone Xiaomi.

“Kami menyambut baik implementasi lanjutan dari uji coba sistem peringatan dini gempa untuk smartphone Xiaomi. Evaluasi akan terus dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilannya di Indonesia. Kami berharap fitur ini bermanfaat bagi warga Indonesia,” kata Kepala Pusat Seismologi Teknik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono.

Kenapa proyek ini dilaksanakan?

Direktur ICL, Wang Tun, menjelaskan bahwa Indonesia terletak pada sabuk gunung berapi paling aktif di dunia – sirkum-Pasifik, yang menjadikannya sangat rentan dengan kejadian gempa bumi. “Kehadiran fitur EEW untuk smartphone Xiaomi di Indonesia akan membantu warga Indonesia dalam menerima peringatan dini gempa bumi lebih mudah melalui perangkat mereka dan membantu mereka.” 

“Xiaomi mengapresiasi dukungan yang sudah diberikan oleh pemerintah Indonesia dalam proyek ini. Xiaomi Fans dan pengguna di Indonesia hingga kini selalu mendukung terhadap brand kami, sesuatu yang selalu kami banggakan. Melalui inisiatif ini, kami berharap untuk bisa membantu warga Indonesia melalui kegiatan CSR selaku perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Zhu Xi dari Xiaomi Corporation Technology Committee menjelaskan, “Sebuah kehormatan bagi Xiaomi untuk dapat berpartisipasi dalam inisiatif yang bermakna ini setelah bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan selama lebih dari satu tahun. Selama masa uji coba ini, kami berharap pengguna Xiaomi bisa mengaktifkan fitur ini dan ikut berkontribusi dalam memberi masukan berharga.”

Ini 3 Cara Terbaik untuk Backup Data sesuai Kebutuhan

Backup Data

tabloidpulsa.id – Setiap tahunnya, tanggal 31 Maret diperingati sebagai World Backup Day atau Hari Backup Sedunia, untuk mengingatkan kita tentang pentingnya memiliki data backup untuk kehidupan sehari-hari. Perayaan ini jatuh  pada tanggal 31 Maret, supaya kita tidak sampai berbuat kesalahan dan kehilangan data-data berharga hanya karena lupa backup data, rasanya seperti ketika di-prank pada April Mop.

Apalagi, selama pandemi berlangsung, dimana selama dua tahun terakhir hampir semua menjalani periode Work from Home (WFH) dan sekolah online, jumlah konten dan data-data digital sudah meningkat sangat pesat. 

Pada tahun 2020, jumlah data yang dibuat di seluruh dunia mencapai 54.2B (zettabytes), meningkat 56.6% dari tahun sebelumnya. Angka ini diperkirakan akan naik hingga lebih dari 180 ZB pada tahun 2025. Sebagai gambaran 1 zettabytes sama dengan 1 trilliun gigabyte. 

Seiring dengan banyaknya konten digital yang dihasilkan, baik di PC, laptop, tablet, maupun smartphone, maka backup data menjadi hal krusial yang tidak boleh dilupakan. Faktanya, data digital yang kita miliki sekarang bukan lagi hanya foto dan video kasual, tapi justru file pekerjaan, dokumen penting, dan konten berharga lainnya. 

Maka dari itu, di Hari Backup Sedunia ini, sangatlah penting untuk menciptakan kebiasaan baru untuk backup data secara teratur. Berikut ini adalah beberapa cara dari Western Digital, pemimpin global di industri solusi penyimpanan:  

  1. Gunakan USB flash drive.

USB Flash drive adalah solusi simpel, cepat dan terjangkau dengan plug-and-play untuk mengarsipkan file, foto dan video langsung dari smartphone-mu. Bahkan sekarang sudah ada USB dual-connector seperti SanDisk Ultra Dual Drive Luxe, yang bisa mentransfer file dengan mudah antara smartphone, tablet, Mac, dan komputer/laptop dengan colokan Type-A.

Untuk pengguna Iphone yang biasanya tidak memiliki opsi untuk menambah penyimpanan memori internal ponsel, kini Sandisk iXpand Luxe Flash Drive juga hadir dengan dua konektor agar bisa memudahkan perpindahan & backup file di iPhone, iPad Pro, Mac, dan perangkat lain yang menggunakan USB Type-C, termasuk ponsel Android.

  1. Siapkan Eksternal Drive Untuk Kapasitas Extra

Seiring dengan meningkatnya jumlah konten digital di dunia (240.000 foto diunggah ke Facebook dan 65.000 foto diunggah ke Instagram setiap menitnya), penyimpanan sebesar 1TB mungkin sudah tidak memadai untuk sebagian pengguna. Para pekerja profesional di bidang digital, seperti fotografer, kreator kontenvideographer, dan desainer, mungkin membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan file mereka.

Untuk kapasitas ekstra besar, kamu bisa menggunakan drive eksternal. Saat ini driveeksternal terbagi menjadi dua opsi: Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Masing-masing opsi tersebut memiliki keunggulan tersendiri, jadi kamu bisa memilih opsi yang paling cocok untuk kebutuhanmu. HDD biasanya memiliki harga lebih terjangkau dengan kapasitas penyimpanan lebih besar dan SSD unggul dari segi kecepatan dan durabilitasnya yang lebih tinggi.   

Untuk memanfaatkan drive eksternal ini, kamu bisa membuat jadwal reminder teratur setiap bulan ataupun tiap 3 bulan, untuk mem-backup foto dan video di smartphone ke dalam hard drive eksternal. Supaya lebih mudah, Western Digital menyediakan software backup untuk perangkat HDD & SSD-nya, yang akan membantu backup file berkapasitas tinggi secara otomatis, baik ke perangkat atau ke akun cloud yang kita miliki. Backup ini berjalan secara otomatis sesuai dengan preferensi (harian, mingguan, bulanan, atau jadwal lain yang kamu inginkan). Dengan begitu, pengguna tidak perlu melakukan backup file secara manual.

  1. Untuk sinkronisasi otomatis, Cloud adalah pilihan tepat

Penyimpanan di drive dan USB memang bagus, tapi kadang kamu menginginkan penyimpanan Cloud untuk mengumpulkan semua data digital di satu tempat. Salah satu opsinya adalah WD My Cloud Home, perangkat penyimpanan cloud pribadi yang mudah digunakan dengan menghubungkannya ke router Wi-Fi di rumah.

Tidak seperti Network-Attached Storage (NAS), WD Cloud Home lebih simpel dan bisa menjadi penyimpanan sentral sebagai solusi untuk backup file foto, video dan dokumen lainnya. Semua pengguna bisa mengakses file tersebut dimanapun dan kapanpun, asal ada akses internet.

Backup konten digital adalah hal yang harus konsisten untuk dilakukan. Karena kita hanya menyadari pentingnya melakukan backup ketika sudah merasakan kehilangan file digital penting atau foto dan video yang berharga. Faktanya, berdasarkan penelitian dari Western Digital dan Deka pada tahun 2019, dua dari tiga orang Indonesia pernah mengalami kehilangan data di smartphone mereka.

PPN 11% Resmi Berlaku, Harga Perangkat OPPO Tidak Naik

Harga Perangkat OPPO

tabloidpulsa.id – OPPO memiliki pencapaian yang luar biasa di tahun 2021. Lembaga riset Canalys dan IDC Indonesia mengklaim OPPO menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia sepanjang tahun 2021. IDC Indonesia mencatat pangsa pasar perangkat OPPO sebesar 20,8% dan pertumbuhan year-on-year (YoY) sebesar 3%, sementara Canalys mencatat pangsa pasar sebesar 22% selama 12 bulan di tahun 2021.

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak di antaranya media, situs e-dagang, peritel, Ofans serta konsumen setia OPPO di Indonesia. Oleh karena itu, OPPO Indonesia mengungkapkan rasa terima kasih dengan tidak menaikkan harga perangkat OPPO terkait kebijakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11%.

“Terkait dengan ketetapan pemerintah atas kenaikan tarif PPN 11% yang berlaku mulai 1 April 2022, OPPO Indonesia memutuskan untuk tidak mengubah harga produk sebagai bentuk kepedulian kepada Ofans dan konsumen setia kami. Melalui keputusan ini, OPPO Indonesia berharap bahwa teknologi yang dipersembahkan oleh OPPO dapat dinikmati oleh semua kalangan, terlebih sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan dan Idulfitri sehingga kebutuhan masyarakat untuk terhubung dengan orang-orang terkasih akan semakin tinggi,” ujar Aryo Meidianto Aji, PR Manager OPPO Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah menetapkan kenaikan tarif PPN 11% yang merupakan bagian program pemerintah untuk menaikkan penerimaan perpajakan dan yang lebih khusus adalah persiapan pemerintah dalam melakukan konsolidasi fiskal tahun 2023. OPPO sangat mendukung program yang direncanakan pemerintah Indonesia. Namun demikian, OPPO berpendapat kenaikan PPN ini jika dibebankan kepada pengguna perangkat smartphone OPPO khususnya akan membatasi tujuan perusahaan untuk dapat memberikan teknologi dan inovasi terbaru yang terjangkau masyarakat.

Oleh karena itu, setelah melakukan perhitungan yang matang, OPPO berpendapat untuk mengurangi keuntungan yang diperoleh dan mengonversinya ke beban kenaikan tarif PPN. Calon konsumen dan konsumen setia OPPO tidak perlu khawatir karena mereka tetap akan mendapatkan harga perangkat smartphone OPPO sama seperti sebelum kenaikan tarif PPN.

Berikut merupakan harga retail perangkat OPPO yang akan berlaku mulai 1 April 2022 tanpa adanya kenaikan:

ModelJaringanHarga Retail
A16 3+324G1.999.000
A16e 3+32 (online)4G1.799.000
A16 4+644G2.499.000
A53 4+1284G2.699.000
A55 4+644G2.699.000
A54 6+1284G3.099.000
A76 6+1284G3.399.000
A95 8+1284G3.799.000
RENO6 4G4G4.999.000
RENO74G5.199.000
RENO7 Z 5G5G5.999.000
RENO6 5G5G6.999.000
RENO7 5G5G7.499.000
RENO6 Pro 5G5G10.999.000
FIND X3 Pro5G15.999.000

Telkomsel Siaga #SambungkanSenyuman Sepanjang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2022

Telkomsel Siaga #SambungkanSenyuman
Telkomsel Siaga #SambungkanSenyuman

TabloidPulsa.id – Telkomsel konsisten memperkuat perannya sebagai society enabler melalui kepemimpinan teknologi terdepan dalam memaksimalkan pengalaman digital bagi seluruh pelanggan di setiap aktivitas digital dan ibadah di bulan suci Ramadan 1443 H. Penguatan peran tersebut dilakukan melalui sejumlah program perusahaan yang fokus kepada upaya pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan broadband, jaminan ketersediaan produk dan layanan unggulan, program loyalitas pelanggan, ragam pilihan platform dan layanan digital terdepan, serta berbagi lebih banyak kebaikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Melalui inisiatif tersebut, Telkomsel mendorong semangat ‘Sambungkan Senyuman’ kebaikan di dalam menjaga optimisme masyarakat sepanjang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) di tengah tantangan masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga tahun ini.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, “Ramadan selalu menjadi bulan suci yang paling dinanti kehadirannya oleh seluruh umat muslim, terutama di Indonesia. Untuk itu, sebagai upaya membuka peluang lebih luas bagi seluruh pelanggan agar lebih optimal dalam menjalankan berbagai aktivitas digital untuk berbuat kebaikan dan mendukung ibadah, Telkomsel sebagai leading digital telco di Indonesia, melalui kepemimpinan teknologi dan solusi digital inovatif akan mengambil peran terdepan menghadirkan semangat #SambungkanSenyuman untuk merayakan bulan Ramadan dan Idul Fitri dengan penuh optimisme. Melalui inisiatif ini, kami ingin terus mendampingi masyarakat dalam melewati berbagai tantangan di tiap fase kehidupan melalui pemanfaatan teknologi terdepan.”

Untuk memastikan seluruh jaringan broadband yang telah dipersiapkan dapat berjalan prima dan ketersediaan seluruh produk dan layanan tetap terjaga, Telkomsel menghadirkan Posko Virtual untuk mendukung aktivitas pengamatan dan penanganan jaringan serta pengamanan distribusi produk dan layanan, yang dilakukan baik secara hybrid. Implementasi virtual monitoring ini merupakan bentuk implementasi keberlanjutan dari transformasi digital Telkomsel melalui penerapan cara kerja baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan di momen RAFI 2022.

Jaringan Broadband yang Andal untuk Pengalaman Konektivitas Digital Berkualitas
Pada momen RAFI tahun ini, dengan harapan masa pandemi COVID-19 semakin membaik, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas mudik dengan sejumlah persyaratan pendukung. Untuk itu, Telkomsel berupaya untuk melakukan pengamanan operasional jaringan yang difokuskan di beberapa wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital yang tinggi di sejumlah wilayah, seiring dengan pemberlakuan kebijakan tersebut.

Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2022 jika dibandingkan dengan hari normal di 2022. Trafik layanan data/broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4%, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3% dan SMS tumbuh sekira 4,1%. Sedangkan untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan juga akan meningkat selama RAFI 2022, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3%, layanan streaming video meningkat sekira 15,3%, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9%, akses browsing naik 17,8%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 18,4%.

Mengantisipasi hal tersebut, secara keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya. Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.

Secara proaktif Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) seluruh wilayah POI RAFI 2022, melengkapi total lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE dan menjangkau 96% wilayah populasi di Indonesia. Hingga Maret 2022 ini, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga telah merampung pembangunan sekira 2750 BTS USO berteknologi 4G/LTE dari target pembangunan 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE sepanjang tahun ini.

Di samping itu, guna memastikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi maupun mengakses layanan data selama Ramadan tahun ini, Telkomsel turut menambah kapasitas sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total kapasitas menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps.

“Telkomsel sendiri mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun. Proses telah dilakukan secara bertahap, dimulai Maret 2022 ini. Hal tersebut dilakukan guna memastikan aktivitas secara digital masyarakat, terutama di menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri untuk kebutuhan silaturahmi, berbagi kebaikan, hingga kegiatan ibadah secara optimal dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terkini dari Telkomsel. Selain itu, untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone,” tegas Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Komitmen Telkomsel dalam mengoptimalkan kapabilitas jaringan broadband terdepan bagi pelanggan juga telah mendapatkan empat penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2021. Telkomsel meraih empat penghargaan untuk performansi selama kuartal Q3-Q4 2020 pada kategori Fastest Mobile Network (akses mobile broadband tercepat), Best Mobile Coverage (jangkauan jaringan broadband terluas), Top-Rated (operator yang paling favorit pengguna), dan Best Mobile Network (kecepatan mobile broadband terbaik dengan jangkauan terluas).

Jaminan Ketersediaan Produk, Promo Layanan Digital dan Program Loyalitas Bernilai Lebih
Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan “Dalam rangka menambah keseruan untuk membangun optimisme masyarakat agar dapat #SambungkanSenyuman di setiap fase kehidupan, Telkomsel memastikan ketersediaan produk dan layanan, menghadirkan berbagai program loyalitas serta promo produk unggulan yang customer-centric untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus keseruan dalam mendukung gaya hidup digital selama momen RAFI tahun ini.”

Telkomsel memastikan ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan akan tetap terjaga, baik secara online maupun offline. Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka dan GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiagakan 394 GraPARI dan lebih dari 420.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in) selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Untuk pelanggan setia, Telkomsel menghadirkan program loyalitas meliputi beragam program penawaran seperti promo pembelian paket dengan cashback di aplikasi MyTelkomsel melalui beragam mitra pembayaran digital, Telkomsel Poin Flash Sale bekerja sama dengan sejumlah mitra device yang dikemas di dalam program bundling smartphone BundlingMAX, diskon belanja online yang berkolaborasi bersama para mitra e-commerce, penukaran Telkomsel Poin untuk merchandise menarik di sejumlah titik Posko Siaga Telkomsel, program Kejutan Poin extra 27GB, Undi Undi Hepi special Ramadhan berhadiah 1 unit Honda HRV, 1 unit Honda City Hatchback, 11 Sepeda Motor serta pulsa dan LinkAja serta pulsa dengan total jutaan rupiah, hingga reward spesial 27 tahun Telkomsel khusus bagi pelanggan setia. Telkomsel membuka kesempatan kepada seluruh pelanggan untuk berbagi pulsa hingga memanfaatkan Telkomsel Poin yang dimiliki untuk ditukar dengan nominal tertentu untuk didonasikan ke lembaga amal terpercaya.

Telkomsel juga menghadirkan promo layanan khusus untuk beragam layanan digital demi menemani keseruan pelanggan melewati momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Promo tersebut meliputi paket kuota data MAXstream dengan bundling berlangganan akses layanan Video-on-Demand (VOD) seperti Netflix, HBO Go, Disney+ Hotstar, dan mitra penyedia layanan VOD lainnya, menyajikan keseruan menonton lebih dari 300 film serta konten original dari Maxstream seperti Baby Blues, Kolak Express, dan Hayya, yang dapat disaksikan di bioskop dan di platform MAXstream.

Bagi pengguna layanan mobile gaming, Telkomsel juga memberikan paket kuota tambahan, diskon spesial untuk setiap pembelian voucher game hingga 20%, penawaran item spesial Ramadan untuk setiap transaksi, serta ragam kompetisi game online berhadiah menarik yang dihadirkan selama Ramadan. Semua layanan di atas bisa dinikmati melalui aplikasi Dunia Games dan MyTelkomsel yang dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Telkomsel Orbit juga menawarkan sejumlah promo menarik bagi para pelanggan dengan kebutuhan internet rumah nirkabel. Pelanggan bisa mendapatkan modem Orbit – yang juga bisa digunakan di luar rumah – dengan harga spesial dari rangkaian promo Tokopedia Ramadan Ekstra. Selain itu, pelanggan dapat menikmati promo cicilan 0% menggunakan kartu kredit Bank BCA, BNI, dan Mandiri, serta cicilan tanpa kartu dengan Akulaku di www.myorbit.id. Setiap pembelian modem Orbit baru sudah termasuk paket data sejumlah total 150 GB selama 6 bulan.

Berbagi melalui Program Corporate Social Responsibility Telkomsel
Telkomsel selalu berupaya mengoptimalkan kemanfaatan perusahaan untuk dapat membantu mengatasi masalah sosial ekonomi dan menciptakan nilai tambah bagi bangsa Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan di sepanjang Ramadan dan Idul Fitri 1443 H. Mengusung semangat #YangKitaBisa, pada tahun ini Telkomsel akan melakukan serangkaian momen berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan memberikan bantuan kepada 270 masyarakat duafa kondisi sakit, 2.700 masyarakat duafa yang mendapatkan paket buka puasa/sahur gratis, 2.700 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 270 guru honorer, 27 masjid raya, serta 270 yayasan, panti jompo, disabilitas dan tunanetra. Bantuan yang diberikan oleh Telkomsel di antaranya makanan buka puasa dan sahur gratis, dana sosial, bantuan alat ibadah, serta paket sembako.

“Sebagai upaya memberikan kebermanfaatan yang lebih berdampak dan menyeluruh, pada tahun ini Telkomsel mengusung konsep sharing economy dalam memenuhi bantuan makanan dan sembako yang diberikan. Melalui konsep tersebut, Telkomsel akan memenuhi kebutuhan bantuan makanan buka puasa dan sahur, serta sembako melalui pemberdayaan UMKM di sekitar lokasi. Inisiatif tersebut sekaligus menjadi bagian dari upaya Telkomsel dalam mendukung UMKM di tengah kondisi yang masih menantang akibat pandemi COVID-19 saat ini,” pungkas Hendri.

Ini Deretan Fitur Utama OPPO A96 di Indonesia

Fitur Utama OPPO A96

tabloidpulsa.id – Setelah sebelumnya mengumumkan kehadiran perangkat A Series terbarunya, kali ini OPPO mengenalkan deretan fitur utama OPPO A96 untuk pasar Indonesia.

Seperti diketahui, seri pendahulunya yakni OPPO A95 yang diperkenalkan pada akhir tahun lalu mampu mencetak kesuksesan kala itu berkat performa yang ditawarkan kepada penggunanya.

“Hari ini kami memperkenalkan beberapa spesifikasi kunci yang juga menjadi unggulan pada perangkat terbaru kami, OPPO A96. Perangkat ini sejatinya akan meluncur secara resmi di Indonesia pada 7 April 2022 mendatang. OPPO A96 hadir sebagai penutup dari rangkaian produk yang kami perkenalkan pada kuartal pertama 2022 untuk memberikan pilihan kepada konsumen agar dapat leluasa menyesuaikan spesifikasi smartphone OPPO dengan kebutuhannya,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

OPPO selalu berkomitmen untuk dapat menghadirkan perangkat smartphone dengan teknologi terbaik yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Berikut ini deretan fitur utama OPPO A96 di Indonesia diantaranya teknologi pengisian 33W SUPERVOOC, sebuah teknologi pengisian daya ekstra cepat yang dahulu hanya terdapat pada seri high-end seperti seri Reno dan seri flagship Find X. Pengisian daya cepat ini berpadu dengan baterai ekstra besar 5.000mAh yang akan mencukupi kebutuhan tinggi penggunanya.

Selain menawarkan ekstra pada baterai dan pengisian daya, OPPO A96 juga membawa kapasitas ekstra luas pada RAM dan penyimpanan internal. A96 menjadi perangkat pertama pada lini seri A yang membawa kapasitas penyimpanan ekstra besar 256GB. Jika dirasa kurang, OPPO menawarkan ekstra perluasan dengan microSD hingga 1TB. Untuk memberikan performa sistem operasi yang gegas, RAM ekstra besar dihadirkan pada perangkat ini ditambah dengan teknologi ekspansi RAM. Kapasitas RAM 8GB yang tersedia di OPPO A96 dapat diperluas dengan pilihan hingga 5GB, menghasilkan total RAM sebesar 13GB jika dibutuhkan.

A96 menawarkan OPPO Enduring Quality berupa serangkaian pengujian yang memastikan perangkat ekstra aman jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Termasuk di dalamnya perlindungan IPX4, sebuah sertifikasi yang menyatakan perangkat ini tahan terhadap cipratan air normal. Fitur ini membantu menghilangkan rasa kekhawatiran pengguna ketika menggunakan perangkat pada situasi hujan gerimis.

Pada bagian multimedia, OPPO A96 menawarkan pengalaman hiburan dan bermain game yang imersif berkat kehadiran layar besar 6,59 inci. Layar ini juga menghadirkan 95% NTSC Wide Color Gamut dengan standar kualitas warna yang ramah untuk ditangkap mata manusia. Semakin memanjakan hiburan, OPPO A96 juga dilengkapi dengan keberadaan speaker ganda bersuara stereo dan berkualitas audio tinggi. OPPO A96 menjadi perangkat seri A pertama yang mengusung speaker ganda.

Di sisi eksterior, OPPO A96 hadir dengan desain memukau melalui OPPO Glow. Teknologi ini membuat perangkat A96 dapat menghadirkan pancaran warna berkilau, sekaligus memberikan perlindungan terhadap goresan, noda, dan sidik jari. OPPO A96 akan hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna, Pearl Pink dan Starry Black.

JD.ID Konsisten Suguhkan Pengalaman Berbelanja Berkualitas

Pengalaman Berbelanja JD.ID

tabloidpulsa.id – Merayakan ulang tahun ke-6, JD.ID sebagai perusahaan e-commerce terpercaya di Indonesia konsisten dalam memanjakan konsumen melalui pengalaman berbelanja yang menyenangkan, kali ini, mengusung tema JD.ID BI6 Anniversary Sale. Beroperasi di Indonesia sejak tahun 2016, JD.ID terus membawa misi “Make Joy Happen” dan “Menyediakan Produk Asli dan Berkualitas Tinggi dengan Harga Sangat Terjangkau” bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

“Pandemi dua tahun belakangan ini telah memberi dampak signifikan terhadap perekonomian termasuk e-commerce di Indonesia, dan menapak tilas enam tahun perjalanan JD.ID di Indonesia bukanlah hal yang singkat dan mudah. Kami selalu optimis dalam menjalankan program-program kami, menjalin kerjasama dengan brand terpercaya, memberikan beragam promosi terbaik dengan tentunya mengutamakan originalitas dan kualitas produk & layanan kami untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Termasuk juga dalam menyambut bulan Ramadhan yang sudah di depan mata, dimana JD.ID turut menyediakan barang-barang kebutuhan pelanggan, dengan harga terbaik bagi konsumen,” ujar Jenie Simon, Director of General Management JD.ID.

Lalu bagaimana dengan tren belanja e-commerce di Indonesia selama pandemi dan menjelang endemi (pasca pandemi)? Oscar Simamora, Research Manager of Neurosensum menyampaikan terjadi peningkatan penetrasi konsumen baru di digital hingga 72% sejak awal pandemi. Platform belanja online atau e-commerce juga masih mendominasi journey dari consumers shopping, yang menjadi indikasi sustainability dari e-commerce di dunia digital. “Terlebih lagi pada momen Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas, peningkatan transaksi belanja online hingga 135% terjadi tidak hanya di kota-kota besar melainkan juga di pelosok luar Jawa dan Bali, diiringi dengan kenaikan pengguna atau konsumen baru sebesar 164%. Dalam memilih toko, konsumen mengutamakan toko dengan peringkat baik dan ulasan baik. Dari sini kita dapat menarik kesimpulan pentingnya membangun kepercayaan publik secara konsisten terhadap layanan yang diberikan perusahaan e-commerce,” imbuhnya.

Menyadari hal tersebut, selama 6 tahun di Indonesia JD.ID berusaha untuk secara berkelanjutan membawa inovasi bagi masyarakat, dan membangun kapabilitas perusahaan yang bermuara pada upaya meningkatkan kepercayaan dan loyalitas publik. “Pada tahun 2021 lalu JD.ID berhasil menjual 50% lebih banyak produk dibandingkan tahun 2020 dan dalam pelaksanaan Harjoynas 10.10, 11.11, dan 12.12 tahun 2021, 3 (tiga) kategori produk andalan JD.ID kembali menempati posisi teratas sebagai target utama pelanggan, antara lain produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan alat kesehatan. Selain itu, kami sangat bangga bahwa riset MarkPlus menganugerahkan kami sebagai The Most Trustworthy E-commerce to buy original Products,“ ungkap Irwan Nursyirwan, Director of 3C Electronic Business Unit JD.ID.

Saat ini kita sangat dimudahkan dengan teknologi, hingga berbelanja pun dapat dilakukan secara real time, tanpa ribet. Pengalaman berbelanja online tentu memberikan nilai tambah tersendiri, seperti yang dialami Cinta Laura Kiehl, Brand Ambassador JD.ID. “Tidak terasa sudah setahun dipercaya menjadi brand ambassador, saya bangga bisa menjadi bagian dari keluarga JD.ID. Bersama-sama dengan JD.ID memberikan inspirasi kepada para pelanggan setia, khususnya generasi muda. Cuma di JD.ID, kita bisa belanja produk #DijaminOri dengan kualitas terbaik, dan harga yang terjangkau. Belum lagi penawaran promo menarik dan proses kirim yang cepat, dan tentunya free ongkir. Aku pribadi selalu menikmati program promo dari JD.ID, seperti rangkaian promo last-call BI6 Anniversary Sale JD.ID, seperti gratis ongkir, flash sale, tebus murah – bayar 6% dari harga asli, voucher belanja dengan potongan harga hingga 50%, dan banyak lainnya.”

JD.ID mengajak seluruh pelanggan setianya untuk bersama-sama menikmati kemeriahan promo last-call JD.ID BI6 Anniversary Sale yang berlangsung hingga akhir bulan ini, sekaligus menyambut bulan Ramadhan dengan serangkaian promo menarik dan menikmati layanan JD.ID yang andal dengan pilihan produk berkualitas dan #DijaminOri.

“JD.ID akan terus memberikan pengalaman berbelanja online terbaik bagi pelanggan serta terus meningkatkan layanannya untuk memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat. Ulang tahun ke-6 menandai pencapaian, tantangan, dedikasi, dan upaya kolektif kami dari pelanggan dan klien kami untuk terus berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia,” tutup Irwan.

Harrisma Perkenalkan Hytera, Solusi Komunikasi Masa Depan

harrisma hytera

tabloidpulsa.id – Teknologi Push to Talk over Cellular atau disebut PoC memang terdengar masih asing bagi telinga kita pengguna ponsel di Indonesia. Model berkomunikasi yang sempat diperkenalkan di awal-awal tahun 2000-an ini memberikan peluang untuk terjadinya percakapan half duplex (seperti walkie talkie/handie talkie) berlangsung menggunakan data dari operator. Dalam prakteknya, teknologi ini banyak digunakan oleh Industri keamanan, Search and Rescue, pelayanan publik, yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan mode komunikasi yang serupa. Hytera dari Harrisma.

Hari ini, Harrisma Informatika Jaya, menghadirkan solusi tersebut ke Indonesia. Memperkenalkan Hytera, brand perangkat mobile berbasis teknologi Push-to-Talk over Cellular (PoC) untuk solusi komunikasi yang efektif dan efisien. Dengan kemampuannya dalam menghadirkan solusi komunikasi dengan kualitas suara yang jernih dan koneksi yang tak pernah putus di lingkungan kerja yang ekstrem sekalipun, Hytera sangat cocok bagi para pekerja lapangan di berbagai sektor, mulai dari manufaktur, konstruksi, transportasi, rumah sakit, bandara, sampai dengan sektor keamanan di perbankan dan properti.

Saat ini, teknologi menjadi salah satu strategi perusahaan untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis, terutama teknologi komunikasi yang bisa secara mulus menghubungkan perusahaan dengan para karyawan yang bekerja di lokasi-lokasi berbeda atau bahkan selalu mobile seperti pekerja lapangan. Tapi tak semua perangkat komunikasi bisa dengan mudah menghubungkan perusahaan dengan para pekerjanya, terutama mereka yang bekerja di medan yang sulit, seperti area dengan jumlah pekerja yang banyak, di tengah deru mesin-mesin berat, berdebu, atau dengan curah hujan dan kelembaban yang tinggi.

“Untuk menjawab kebutuhan pekerja lapangan dan bisnis ini, Harrisma menghadirkan jajaran perangkat Hytera. Berbasis teknologi PoC, Hytera dirancang sebagai one stop solution yang reliable, tangguh, terjangkau, dan powerful namun mudah dioperasikan, dan tentunya didukung oleh support yang kuat dari Harrisma, sehingga dapat menjadi solusi komunikasi yang efektif,” kata Selvie Wijaya, Sales Director PT Harrisma Informatika Jaya.

Push-to-talk over Cellular (PoC) adalah solusi komunikasi yang menggabungkan teknologi Push-to-talk (PTT) dengan jaringan nirkabel GSM (4G) dan Wi-Fi. Teknologi komunikasi merupakan perangkat berbasis PTT seperti yang handie talkie namun memiliki slot kartu SIM untuk menghubungkannya ke jaringan selular dan nirkabel, melalui sebuah PoC platform berupa server yang berlokasi di Indonesia.

Dengan berkembangnya infrastruktur komunikasi di Indonesia terutama untuk jaringan 4G/LTE yang sudah menyebar hingga ke wilayah-wilayah terpencil Indonesia, telah meningkatkan performa dan jangkauan perangkat POC Hytera. Dengan demikian, komunikasi perusahaan dengan pekerja di lapangan maupun komunikasi antara kantor pusat dengan kantor cabang di provinsi dan pulau di Indonesia dapat terjalin dengan lancar tanpa perlu membangun antena tinggi untuk meningkatkan jangkauan.

Harrisma Informatika Jaya juga berkomitmen untuk menyediakan performa komunikasi terbaik bagi para pengguna Hytera di Indonesia dan patuh terhadap kebijakan privasi yang berlaku di Indonesia sehingga berinvenstasi khusus untuk dedicated server untuk Hytera/Hytalk yang di-hosting di Indonesia dan dikelola langsung oleh Harrisma.

Teknologi PoC memungkinkan pengguna terhubung langsung ke pengguna lain secara one-to-one atau one-to-many, tanpa perlu melakukan dialing, menunggu nada dering, atau menjawab. Semua komunikasi bisa dinikmati dengan suara yang jelas dan jernih melalui perangkat dan infrastruktur yang tak membutuhkan biaya tinggi untuk pemasangannya.

Sebagai distributor tepercaya di industri teknologi selama 36 tahun, Harrisma menghadirkan solusi Hytera dengan berbagai benefit dan kemudahan untuk perusahaan dari berbagai sektor di Indonesia. Harrisma sendiri menyediakan engineer lokal dengan skill dan dedikasi tinggi untuk melakukan training produk, troubleshooting dan maintenance yang tepat dan cepat.

Hytera dari Harrisma menyediakan solusi PoC yang mudah dioperasikan dan lengkap melalui platform HyTalk, platform yang dirancang dengan arsitektur sederhana, cepat diinstalasi, mudah dioperasikan dan dapat diekspansi tanpa kerumitan berarti. Pemasangannya tersedia dalam mode privat atau publik serta didukung On-Cloud Deployment untuk kemudahan pemasangan di mana saja dan kapan saja. Terminal Hytera telah memiliki sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Portofolio Solusi Hytera dari Harrisma:

Hytera PNC370
Merupakan perangkat Hytera entry level. Memiliki desain yang padat dan mungil sehingga memiliki mobilitas yang tinggi, sebab mudah dibawa ke mana-mana serta tangguh dan tahan lama untuk penggunaan di berbagai lingkungan yang menantang. Dengan speaker 2W memberikan jaminan kualitas audio yang mumpuni. Penggunaannya juga lebih lama berkat baterai 3100mAh. Dengan dukungan jaringan LTE dan Wi-Fi, perangkat ini sudah di lengkapi dengan built-in GPS tracker sehingga bisa digunakan di berbagai medan kerja, indoor maupun outdoor.

Hytera PNC380
Merupakan perangkat mid-end. Memiliki desain keypad dan keyboard yang lengkap untuk kemudahan pengoperasian sehari-hari, serta input dan panggilan darurat di mana saja dan kapan saja. Dilengkapi dengan fitur GPS tracker dan kamera belakang untuk memudahkan pengiriman data berupa video dan foto, serta konektivitas LTE dan Wi-Fi untuk panggilan telepon dan transfer data. Perangkat ini juga memiliki ketangguhan berstandar militer (MIL-STD-810 G) dan IP68 untuk antiair sedalam sampai 2 meter selama 4 jam.

Hytera PNC550
Perangkat ini adalah perangkat flagship dari Hytera, PNC550 didesain dengan prosesor 8-core, RAM 3GB dan ROM 32GB (Bisa diperluas sampai 64GB dengan kartu memori eksternal) dan baterai 4.000mAh, Berbasis OS Android dan dilengkapi GPS tracker untuk menunjang performa tinggi yang dibutuhkan bisnis. Perangkat berlayar 5 inci yang mendukung dual SIM card ini juga memiliki glove-mode sehingga bisa dioperasikan walau pengguna memakai sarung tangan. Dengan dual camera, pengguna bisa mengirimkan multimedia atau menginisiasi video call dalam grup. Durabilitasnya tak perlu diragukan lagi, dengan ketangguhan standar militer (MIL-STD-810G) dan IP68 untuk antiair sampai 2 meter selama 4 jam.

GoPlay Creator Fund Siapkan Rp 15 Miliar untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif

GoPlay Creator Fund

tabloidpulsa.id – Untuk mendorong kreator lebih dekat dengan penggemar setia atau true fans, GoPlay, platform livestreaming interaktif dari Gojek resmi meluncurkan program GoPlay Creator Fund. Dengan dana lebih dari Rp15 miliar, program yang ditujukan bagi kreator konten lokal pada platform GoPlay ini bertujuan untuk membuka akses  pendapatan berkelanjutan bagi para kreator dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif di Indonesia. Dengan demikian, kreator berkesempatan mendapat bonus bulanan dengan proses pencairan yang instandan seamless, potensi peningkatan virtual gift, pelatihan, hingga keuntungan khusus untuk meningkatkan skala program live show mereka. 

Terbuka bagi seluruh kreator di Indonesia dari berbagai genre bagi kreator di GoPlay termasuk kreator pemula yang belum memiliki penonton dan follower, program GoPlay Creator Fund akan berlangsung sepanjang tahun. Tak hanya itu, lewat fitur instant withdrawal yang dimiliki GoPlay sebelumnya kreator dapat menikmati proses pencairan dana yang cepat bahkan setelah liveshow berakhir. Sehingga program GoPlay Creator Fund ini diharapkan dapat meningkatkan skala dari program pembinaan konten kreator yang dilakukan selama ini oleh GoPlay. 

Chief Executive Officer (CEO) GoPlay Edy Sulistyo menjelaskan, “Semakin fokus pada layanan livestream interaktif sejak 2021, GoPlay terus memperkuat posisi kami sebagai rumah kreator lokal Indonesia. Kami terus berupaya  mendorong tumbuhnya kreator baru, dengan menjalankan skema Professional User Generated Content (PUGC) yang membuka pintu selebar-lebarnya pada konten kreator baru untuk berkreasi lewat tayangan livestream dengan kualitas konten yang terus kami jaga. Dengan demikian, mereka berkesempatan untuk menemukan komunitas penggemar setia di GoPlay. Lewat GoPlay Creator Fund, GoPlay berkomitmen mendukung keberlangsungan konten kreator di Indonesia untuk memperoleh pendapatan yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan misi Gojek untuk memberikan dampak sosial bagi para pemangku kepentingan terkait.”

Dengan syarat dan ketentuan berlaku, masing-masing kreator akan mendapat jumlah bonus yang berkorelasi dengan performa dari sisi frekuensi live di GoPlay, jumlah penonton hingga bagaimana kreator dapat menemukan penggemar setia atau true fans dari komunitas penonton. Untuk mendukung transparansi dan inovasi, kreator pun akan memperoleh rapor bulanan performa yang dikirimkan secara langsung kepada tiap kreator serta akses untuk instant withdrawal setiap bulan atau ketika show berakhir. GoPlay juga akan menyelenggarakan beragam special mission maupun pelatihan pembuatan konten livestreaming bagi seluruh kreator untuk memastikan kualitas konten yang dihadirkan sehingga  semakin interaktif dan mendekatkan mereka dengan para penonton.

Sebelumnya, GoPlay telah memudahkan fans untuk lebih dekat dengan kreator lewat ragam fitur interaktif seperti chat, live quiz, trivia, live games, dan lainnya. Lebih jauh, fans dapat langsung mengapresiasi konten kreator favorit mereka secara finansial dengan fitur virtual gift. Dalam perjalanannya, virtual gift ini terus menarik minat penonton dan konten kreator karena kemudahan bagi kreator pemula yang bisa langsung mengadakan liveshow dan mendapatkan pendapatan langsung sesudahnya. Edy menambahkan “Berangkat dari pemahaman serta interaksi kami yang intens bersama kreator lokal, GoPlay melihat semakin banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan konten kreator sebagai profesi utama. Sehingga akses hasil virtual gift sebagai pendapatan setelah event atau liveshow yang dapat diandalkan secara cepat menjadi sangat krusial karena menjadi sumber pemasukan utama sehari-hari mereka. Berbeda dengan platform lainnya, sejak awal GoPlay juga menghadirkan fitur instant withdrawal bagi para konten kreator dimana mereka memiliki akses pencairan langsung pendapatan mereka secara instan dan seamless dalam hitungan menit. Melalui GoPlay, konten kreator pemula dapat fokus sepenuhnya untuk membuat konten positif dengan dukungan penuh dari ragam fitur GoPlay.”  

Tercatat, berbagai kreator di GoPlay telah mampu kumpulkan pendapatan lebih dari puluhan hingga bahkan ratusan juta tiap bulannya melalui fitur virtual gift yang dikumpulkan dari penonton selama streaming di GoPlay. Chief Strategic Officer GoPlay Martinus Faisal menambahkan, “Berbeda dengan dengan platform lainnya dimana kreator sangat bergantung pada sponsor dari brand untuk memperoleh pendapatan, GoPlay mendorong skema creators economy sejak awal berdiri. Creator economy mensyaratkan pendapatan yang diperoleh kreator tidak hanya dari brand, namun utamanya dari fans. Sejak pertama kali layanan livestream GoPlay hadir, kreator pemula telah berkesempatan tanpa kriteria minimum tertentu memperoleh pendapatan langsung dari penonton, melalui fitur virtual gift. Lewat GoPlay Creator Fund, para kreatortidak hanya mengakses bonus bulanan, namun juga virtual gift dari true fans yang berpotensi semakin meningkat seiring dengan kedekatan kreator dengan para true fans mereka, bahkan true fans potensial lainnya.“ 

Selain mendapat bonus bulanan dan potensi peningkatan virtual gift, kreator berkesempatan memperoleh berbagai keuntungan dalam  meningkatkan skala program live show. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Dukungan promosi kreator maupun iklan berbayar pada berbagai media channel GoPlay 
  2. Edisi spesial virtual gift dengan desain khusus pada liveshow yang diselenggarakan kreator
  3. Dapat menggunakan studio rekaman GoPlay di Jakarta untuk kebutuhan livestreaming
  4. Dapat tampil dalam acara liveshow rutin GoPlay, seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay, atau GoPlay Playground, penampilan spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator unggulan GoPlay
  5. Kesempatan mendapat sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay
  6. Mentorship khusus dari tim GoPlay

“Dari awal kami beraspirasi agar GoPlay dapat berkontribusi bagi masa depan Indonesia melalui konten-konten positif namun  menghibur, dan kami juga melihat demand terhadap tayangan tersebut dari pengguna GoPlay. Lewat program ini, lebih banyak lagi kreator dapat berkreasi sepenuhnya dalam menghadirkan tayangan yang interaktif, edukatif, dan menghibur para true fans mereka, jadi bukan sekedar konten yang viral. Membuat konten livestreaming tidak semudah membuat konten video biasa yang dapat di-edit atau cut, ditambahkan filter, atau cara-cara lain untuk mempercantik hasil akhirnya. Tapi di livestreaming, kreator bisa menunjukkan potensi mereka untuk bisa lebih akrab dan berinteraksi dengan penonton. Sehingga pada akhirnya penonton dapat mengapresiasi lebih dari sekedar skill editing video-nya, namun kualitas karya kreator yang bersangkutan.” tutup Edy.

Editor's Pick