Home Blog Page 435

Fokus #MetaID2023 Untuk Dukung Pelaku Bisnis dan Komunitas

#MetaID2023

tabloidpulsa.id – Membangun komunitas dan membantu bisnis untuk dapat terus tumbuh dan berkembang di atas teknologi-teknologi Meta merupakan inti dari apa yang Meta lakukan. Sepanjang tahun 2022, Meta di Indonesia meluncurkan beragam program dan inisiatif agar orang-orang dapat mengambil manfaat dari kekuatan teknologi digital. Menjelang akhir tahun, Meta membagikan fokus #MetaID2023 untuk memberikan wawasan serta tren di tahun depan yang bermanfaat bagi pelaku bisnis dan komunitas agar dapat tumbuh dan berkembang di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

“Kami di Meta bekerja didasari misi dan fokus untuk memampukan orang-orang di Indonesia, untuk membangun masa depan dan maju dalam kehidupannya. Sepanjang tahun 2022, kami melihat inovasi teknologi telah berperan dalam membantu pelaku bisnis untuk terus tumbuh, serta membantu komunitas untuk terus terhubung dengan lebih banyak orang dan saling berbagi inspirasi. Di tahun 2023 mendatang, fokus #MetaID2023 untuk mendukung orang-orang di atas Facebook, Instagram dan WhatsApp, mengadopsi kekuatan teknologi digital untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada komunitas,” ujar Pieter Lydian, Country Director, Meta di Indonesia.

Di tahun 2023, #MetaID2023 akan berfokus pada 3 hal utama: membantu pelaku bisnis melalui kekuatan teknologi digital, mendukung akselerasi digital melalui serangkaian kemitraan dan program, serta mendorong tren dan inspirasi bagi kreator dan komunitas yang menggunakan platform-platform Meta.

Dari sektor bisnis, #MetaID2023 melihat di tahun 2023 aktivitas bisnis di ranah online akan semakin erat dengan penggunaan layanan perpesanan bisnis atau business messaging, terutama melalui layanan WhatsApp yang begitu populer di Indonesia. Studi yang diluncurkan oleh Kantar di tahun 2022 menunjukkan, 7 dari 10 orang di Indonesia lebih suka menggunakan layanan business messaging untuk terhubung dengan bisnis daripada melalui telepon atau email.

“Pertumbuhan penggunaan business messaging mengalami peningkatan sepanjang tahun ini. Artinya, bisnis dan konsumen sudah menempatkan hal tersebut sebagai cara yang signifikan untuk memperoleh barang atau jasa dari bisnis secara personal. Hal ini juga didorong dengan lebih banyaknya kelompok Milenial dan Gen-Z yang terus menciptakan tren dan inovasi di ranah digital, termasuk menentukan bagaimana perjalanan belanja online dengan metode perpesanan. Kami melihat kesempatan yang besar kedepannya mengingat Indonesia juga adalah salah satu negara dengan pengguna teknologi digital terbesar di dunia,” ujar Aldo Rambie, Kepala Industri, Meta di Indonesia.

Salah satu bisnis yang telah memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan konsumen adalah Tokopedia. Tokopedia menggunakan WhatsApp untuk memberikan berbagai informasi terkini yang memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi konsumennya.

“Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk Meta, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Praktiknya misal, kami memanfaatkan platform business messaging WhatsApp untuk memberikan informasi terkait kampanye atau promosi yang relevan dengan pengguna agar membantu mereka berbelanja produk kebutuhan harian dengan lebih efisien. Selain itu, WhatsApp juga membantu kami untuk menjangkau para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, dan mengedukasi mereka terkait deretan fitur atau layanan terbaru di Tokopedia untuk mendorong penjualan hingga mengembangkan bisnis mereka lebih jauh.”kata Maisyalina Agustina, Growth Marketing Senior Lead Tokopedia.

Agar pelaku bisnis dapat terus tumbuh dan berkembang untuk bisa memanfaatkan teknologi digital secara maksimal, Meta juga akan melanjutkan beragam program pelatihan untuk pelaku bisnis diantaranya Meta Boost yang sepanjang 2021-2022 telah melatih 14.860 UKM dan #Shemeansbusiness, program untuk memberdayakan pengusaha perempuan, yang tahun 2022 ini sudah melatih 15.349 pelaku usaha perempuan.

Selain pelaku bisnis, #MetaID2023 juga akan berfokus untuk melanjutkan program-program yang ditujukan untuk berbagai komunitas yang tumbuh di atas platform. Tahun ini, Meta juga melihat bagaimana komunitas yang ada di Facebook dan Instagram telah mengadopsi pengalaman awal metaverse untuk dapat terhubung dengan lebih banyak orang dengan cara yang unik dan berbeda, salah satunya melalui pengalaman Augmented Reality (AR).

Bulan September tahun ini, Meta meluncurkan Akademi Pembelajaran Virtual, sebuah program pelatihan untuk kreator-kreator Spark AR di seluruh Indonesia dari berbagai latar belakang dan tingkatan yang bertujuan memberikan mereka kemampuan dari tingkat dasar hingga lanjut, untuk menciptakan pengalaman Augmented Reality (AR) yang menarik dan membawa dampak ekonomi.

“Kami di Meta percaya bahwa metaverse merupakan masa depan teknologi sosial dan komunitas Spark AR ini merupakan komunitas yang akan menentukan bagaimana orang-orang saling terhubung di atas platform kami melalui kekuatan teknologi digital. Akademi Pembelajaran Virtual merupakan upaya kami untuk mendukung anak-anak muda di Indonesia yang tertarik belajar Spark AR dan menjadi kreator-kreator masa depan sebagai tulang punggung dari masa depan metaverse dan evolusi teknologi secara umum,” ujar Noudhy Valdryno, Kepala Kebijakan Publik, Meta di Indonesia.

Pengalaman awal metaverse dan Web3 menjadi evolusi teknologi menarik bagi kelompok muda di Indonesia, khususnya Gen-Z, dalam menciptakan tren dan inspirasi di atas platform Meta, dan inilah yang menjadi fokus Meta selanjutnya. Untuk melihat bagaimana tren dan inovasi yang dilakukan kelompok muda di atas platform, Instagram bersama dengan Populix merilis laporan “Yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram” untuk pertama kalinya. Melalui laporan ini, Instagram menyoroti hal-hal yang paling diminati Gen Z tahun ini, serta tren dan topik yang mereka ikuti di Instagram.

Laporan ini menunjukkan, kelompok Gen-Z ternyata tidak hanya kelompok yang menikmati konten hiburan, namun mereka juga cenderung ingin lebih terhubung dengan orang-orang yang ada di dalam lingkaran pertemanan mereka. Salah satu temuan menarik di Indonesia adalah bagaimana kelompok Gen-Z di Instagram menjadikan tren hashtag #PesonaIndonesia dan #Kuliner sebagai top hashtag di tahun 2022 dengan masing-masing masing-masing 37% dan 40% Gen-Z menggunakan dua hashtag ini. #PesonaIndonesia dan #kuliner akan terus menjadi tren di tahun 2023.

“3,2 miliar atau 41% dari populasi dunia adalah Gen Z, menjadikan mereka generasi yang sangat penting bagi industri digital. Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer. Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya. Kami berharap laporan ini dapat menjadi panduan bagi komunitas dan pelaku bisnis mengenai tren yang akan hadir di tahun mendatang, sehingga mereka bisa lebih terhubung dengan hal-hal yang bermakna dan inspiratif di Instagram, serta dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi yang lebih besar,” ujar Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator Asia Tenggara, Meta.

Dukung Nasabah Kejar Passion, FWD Insurance Gelar Press Play

FWD Insurance Press Play Music

tabloidpulsa.idFWD Insurance mengajak nasabah untuk mengejar passion yang tertunda melalui kampanye Press play yang telah dimulai sejak September hingga Desember 2022. Melalui rangkaian kampanye ini, FWD Insurance melanjutkan komitmennya dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi, sebagai wujud komitmen untuk mendorong dan membantu memberdayakan masyarakat di Asia untuk bebaskan langkah.

Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance mengatakan, “FWD Insurance percaya passion adalah hal yang sangat penting dalam hidup setiap orang. Dengan memiliki passion, seseorang dapat bebaskan langkah menjalani hidup dengan lebih semangat, lebih positif, serta memiliki suasana hati yang lebih menyenangkan. Sehingga, kami ingin menginspirasi konsumen untuk dapat mengejar passion, dan bebaskan langkah dengan Press play, dimana asuransi berperan sebagai pendukung untuk meraih passion yang diinginkan.”

Pada Oktober lalu, FWD Insurance meluncurkan kampanye Press play yang terinspirasi dari kisah nyata orang-orang yang berani mengejar passion hidup mereka. Selain itu, FWD Insurance juga mendorong masyarakat untuk mengejar passion melalui pencarian #FWDPressPlayHunt, yakni mencari sosok dengan cerita inspiratif dalam kehidupan sehari-hari yang terbagi menjadi enam kategori yaitu: Press play untuk semangat baru, Press play untuk harapan baru, Press play untuk keluarga, Press play untuk keberanian, Press play untuk kebahagiaan dan Press play untuk kesejahteraan. Pencarian ini dilakukan secara digital melalui akun Instagram dengan menominasikan diri sendiri ataupun orang lain yang memiliki cerita inspiratif dalam mengejar passion-nya. Akan ada 14 orang yang berkesempatan memenangkan hadiah iPhone 14, Kamera Sony ZV-14, Voucher Traveloka senilai Rp 4.000.000,-, Voucher Traveloka senilai Rp 2.000.000,- dan 10 Voucher OVO masing-masing senilai Rp 200.000,- untuk cerita yang paling inspiratif dari 6 kategori Press Play.

Mengangkat kisah inspiratif #FWDPressPlayHunt di Bandung, FWD Insurance memperkenalkan

Shasya Pashatama atau dikenal dengan Pemilik dari Restoran Cici Claypot, “Awalnya saya hanya seorang penikmat makanan. Kemudian mencoba peruntungan untuk memulai usaha kuliner. Berkali-kali mencoba namun belum berhasil. Sehingga muncul rasa insecure, dan hal ini membuat saya menunda passion dan melanjutkan untuk bekerja kantoran. Suatu ketika saya dipertemukan dengan orang yang menyewakan tempat untuk berjualan. Disitu saya mulai mencoba, dan ternyata Cici Claypot mendapat sambutan luar biasa. Itu memberi saya keberanian untuk mulai percaya pada diri saya lagi.”

Sebagai perusahaan asuransi yang didukung teknologi digital, FWD Insurance memiliki berbagai jenis produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, hingga asuransi yang dilengkapi dengan investasi (unit link). “Dengan berbagai jenis produk asuransi yang dimiliki, kami percaya FWD Insurance dapat menjadi salah satu sumber daya untuk mendorong masyarakat dalam mengejar passion-nya,” tutup Anantharaman Sridharan.

Oleh karenanya, sebagai salah satu dukungan, FWD Insurance juga memberikan perlindungan diri berupa produk “Asuransi Bebas Handal’, dimana Shasya bisa mendapatkan manfaat lengkap perawatan rumah sakit hingga perawatan setelah rawat inap, biaya dokter serta cek lab, hingga layanan bantuan medis darurat.

Untuk menggaungkan kampanye ini, FWD Insurance menghadirkan kegiatan #FWDPressPlayMusic, dimana musik merupakan bahasa universal yang dipahami dan menyatukan berbagai kalangan dan acara ini dikemas dengan format karaoke yang menggabungkan kolaborasi penyanyi dan DJ/influencer di empat kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Medan, Bandung dan Jakarta. Di kota Bandung, FWD Press Play Music akan menghadirkan DJ Ucup Pop dan Rian D’Masiv yang akan mengajak masyarakat Bandung untuk bebaskan langkah merayakan hidup.

Apple Mempercepat Perpindahan Produksi dari China

tabloidpulsa.id – Apple meningkatkan langkah untuk memindahkan beberapa produksi dari China. Serta menyarankan pemasok untuk merakit produk di pasar lain termasuk India dan Vietnam. Tujuannya untuk mendiversifikasi rantai pasokan mereka, yang telah diguncang oleh protes luas yang dipicu oleh kebijakan nol-Covid 19 (virus corona) negara itu, The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan.

Dikutip dari Mobile World Live, sebuah sumber mengatakan bahwa beberapa klien yang tidak disebutkan namanya meminta produsen kontrak Luxshare Precision Industry untuk menangani lebih banyak perakitan di luar China daratan.

Apple juga ingin mengurangi ketergantungannya pada Hon Hai Precision (Foxconn) dengan menyebarkan pekerjaan di antara pemasok yang lebih besar, tulis WSJ.

Produksi iPhone terlambat karena masalah yang terjadi di fasilitas terbesar Foxconn di China, yang merupakan fasilitas perakitan utama untuk model iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Kuo Ming-Chi, seorang analis Apple dengan TF International Securities, memperkirakan produksi kedua model akan menjadi 15 juta hingga 20 juta lebih sedikit di Q4 dari perkiraan.

Laporan pada bulan Agustus menyebutkan bahwa Foxconn mempercepat pengalihan beberapa produksi unggulan terbaru Apple dari China ke India.

Kuo menyatakan Apple bertujuan untuk memindahkan 40 persen hingga 45 persen perakitan iPhone ke India, dari 2 persen menjadi 4 persen saat ini.

Pada bulan Mei, dia meminta kepada vendor untuk beralih ke Vietnam ketika memproduksi AirPods terbaru.

Klien AS termasuk Apple mencari komponen dari sumber lokal karena meningkatnya gesekan perdagangan dengan China. Bloomberg melaporkan pekan lalu pembuat chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Co berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi dan menghasilkan chip yang lebih canggih di fasilitas senilai $12 miliar yang dijadwalkan dibuka pada tahun 2024.

tiket.com Resmi Menjadi Mitra PT ASDP Indonesia Ferry

tabloidpulsa.id – tiket.com, resmi bermitra dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk bekerjasama dalam pengembangan digitalisasi produk dan layanan pada moda transportasi penyeberangan. Kemitraan yang diresmikan dalam penandatanganan nota kesepahaman pada 5 Desember 2022 ini merupakan wujud dari peraturan Menhub RI nomor 19 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan tiket angkutan penyeberangan secara elektronik dan arahan Presiden RI perihal sosialisasi masif penggunaan tiket online. 

Ferry telah menjadi moda transportasi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin bepergian menyeberangi lautan di Indonesia. Negara kita adalah negara kepulauan dan Ferry telah menjadi bagian penting dalam menghubungkan perjalanan masyarakat dari satu pulau ke pulau yang lain. 

Dengan kerja sama ini nantinya tiket penyeberangan Ferry akan tersedia di tiket.com. Hal ini akan semakin menambah jajaran opsi moda transportasi yang kini diisi oleh pesawat, kereta api, jemputan bandara hingga sewa mobil. Melalui tiket.com masyarakat nantinya dapat membeli tiket Ferry sekaligus dengan pelengkap perjalanan yang lain seperti sewa mobil, berbagai pilihan akomodasi tempat menginap, hingga aktivitas di berbagai destinasi yang semuanya dapat diakses di gadget dengan jangkauan ujung jari. 

Andi Hendrawan, Director of Transport, tiket.com, mengatakan, “Komitmen kami di tiket.com adalah untuk selalu menyediakan solusi lengkap untuk  kebutuhan perjalanan customer. Kami yakin penandatanganan MoU ini adalah sebuah awal yang baik dari banyak kolaborasi yang dapat kita lakukan di masa depan untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat serta mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia.”

Corporate Secretary, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, “Gaya hidup masyarakat saat ini lebih banyak bertransaksi secara cashless, sehingga digitalisasi e-ticketing menjadi suatu solusi yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa kapal ferry. Kerja sama dengan tiket.com ini merupakan langkah lanjutan dari program digitalisasi ASDP yang diharapkan dapat mengubah budaya pengguna jasa penyeberangan untuk dapat melakukan reservasi dan pembelian tiket secara daring dengan cepat dan mudah,” ujar Shelvy.

Masyarakat nantinya juga dapat mengakses berbagai informasi dan edukasi mengenai layanan Ferry melalui tiket.com. Terlebih, masyarakat pun akan dapat menikmati berbagai manfaat seperti loyalty program dan beragam metode pembayaran seperti tiket PayLater, serta menikmati harga spesial dalam berbagai program diskon yang diselenggarakan oleh tiket.com. 

5 Alasan OPPO A17 Series Pilihan Terbaik untuk Para Pejuang Subuh

OPPO A17 Series

tabloidpulsa.id – Hidup di tengah perkotaan padat memberikan penuh tantangan, mulai bangun lebih pagi untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas pada jam sibuk, hingga harus mencoba untuk memanfaatkan waktu luang selama perjalanan menuju tempat kerja.

Tentunya, smartphone akan memiliki peran yang sangat besar untuk mendukung aktivitas keseharian penggunanya, seperti memudahkan akses saat berpergian, sebagai sarana hiburan di perjalanan, bahkan untuk bekerja secara mobile.

Berkat teknologi smartphone yang semakin canggih, kita dapat menggunakan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan, salah satunya pada perangkat terbaru OPPO A17 series yang memudahkan aktivitas harian para penggunanya. Lalu, apa yang membuat perangkat ini sebagai partner tepat pejuang subuh? Yuk simak alasannya!

1. HP Tahan Seharian untuk Aktivitas Nonstop

OPPO A17 Series dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang tahan lama, kamu dapat menggunakan smartphone kamu dengan bebas tanpa khawatir kehabisan daya. Terlebih, jika kamu termasuk orang yang mobile dan sering beraktivitas di luar ruangan, maka OPPO A17 Series dapat mendukung semua kegiatan kamu seharian penuh tanpa perlu isi ulang daya. Baterai super besar ini dapat digunakan untuk panggilan telepon hingga 20 jam atau menonton video YouTube selama 20 jam tanpa henti dengan sekali pengisian penuh.

2. Naik Transportasi Umum Lebih Praktis

Akses yang mudah, cepat dan terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa transportasi umum menjadi teman baik para pejuang subuh. Kamu dapat menjalankan berbagai aplikasi harian dengan lancar di OPPO A17 Series, seperti aplikasi transportasi online, memesan tiket kereta dan bus, hingga menggunakan fitur scan QR untuk membeli tiket transportasi umum. Semua fitur ini tentunya akan memudahkan kamu untuk menggunakan transportasi umum dan lebih menghemat waktu dengan cara yang lebih praktis.

3. Teknologi GPS yang Akurat

Tingkat keakuratan GPS yang tinggi akan memudahkan kamu untuk mendapatkan lokasi yang akurat dan berada di posisi yang tepat, terlebih apabila kamu memanfaatkan transportasi online untuk menentukan titik penjemputan. Keakuratan teknologi GPS di OPPO A17 Series, selain membantu kamu juga dapat membantu para driver online untuk mendapatkan pelanggan lebih mudah dan tingkat presisi tinggi saat menggunakan peta di perjalanan. Fitur lokasi yang canggih di OPPO A17 Series hadir berkat dukungan GNSS dengan sistem pemosisian GPS, A-GPS, BeiDou, GLONASS, Galileo, kompas elektronik, pemosisian berbasis Wi-Fi dan jaringan seluler, serta dukungan Amap dan Google Maps.

4. Teman Hiburan Seru Saat di Perjalanan

Perjalanan yang panjang di tengah jam sibuk akan tidak akan terasa jika kamu menikmati hiburan favorit. OPPO A17 Series dilengkapi layar lebar baterai super besar dan performa yang mumpuni untuk dukung segala hiburan selama perjalanan, mulai dari gaming, browsing hingga streaming film favorit. Untuk gaming, perangkat ini juga dilengkapi dengan multi-cooling system yang hadir pertama kalinya pada lini seri ini, padahal prosesor yang digunakan pun tergolong dingin dan sangat irit daya walau dapat memberikan performa yang sangat baik. Kamu tidak perlu khawatir lagi jadi mati gaya karena baterai habis dan performa smartphone yang lambat.

5. Bebas Khawatir di Cuaca Apapun

Cuaca tidak pernah menghentikan pejuang subuh untuk pergi bekerja di pagi hari, terlebih ketika musim penghujan dimana kamu harus melindungi smartphone kamu dari rintik hujan. Lupakan masalah itu, karena OPPO A17 Series sudah memiliki desain anti cipratan air normal dengan sertifikasi IPX4. Dengan proteksi ekstra di OPPO A17 Series, kamu bisa lebih bebas untuk beraktivitas dan terus produktif di dalam ruangan maupun di luar ruangan, baik saat panas terik atau hujan.

Itulah 5 alasan mengapa OPPO A17 Series dapat menjadi partner yang tepat dan dapat diandalkan bagi para pejuang subuh. Dengan semua teknologi dan fitur yang canggih di OPPO A17 Series, kamu dapat lebih mudah untuk menjalani segala aktivitas harian lebih praktis.

OPPO A17 sudah tersedia di Indonesia dengan 2 varian warna, Lake Blue dan Midnight Black. A17 hadir dalam varian 4GB RAM + 64GB ROM dibanderol dengan harga Rp2.099.000. Sedangkan OPPO A17k akan tersedia dalam warna Emas dan Biru Laut mulai 10 November 2022 di Indonesia. A17k hadir dalam varian 3GB RAM + 64GB ROM dibanderol dengan harga Rp1.799.000,-.

Inovasi dan Kolaborasi Jadi Kunci Sukses Industri Telko Menghadapi Resesi

Industri Telko Menghadapi Resesi

tabloidpulsa.id – Pada acara BUMN Startup Day Tahun 2022 beberapa waktu lalu, Presiden RI, Joko Widodo menyebut pertumbuhan ekonomi dunia akan gelap pada tahun 2023 akibat adanya resesi global.

Meski isu resesi global melanda dunia, namun menurut catatan Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan di atas 5 persen atau 5,2 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak hanya dari kinerja ekspor, namun juga dari sisi konsumsi dalam negeri yang terus mendukung pemulihan ekonomi.

BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2023, di kisaran 4,6 persen hingga 5,3 persen melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Bahkan jauh lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi negara berkembang.

Meski demikian, sejumlah perusahaan termasuk BUMN harus melakukan inovasi untuk menghadapi tantangan resesi global yang bisa saja berdampak ke Indonesia. Apalagi perang Rusia Ukraina yang belum kunjung usai dan lonjakan inflasi juga bisa sewaktu-waktu mengancam ekonomi Indonesia.

“Seperti gelaran sebelumnya, Digital Telco Outlook 2023, akan menampilkan beragam presentasi yang menggugah pemikiran dari para pemimpin industri. Para pemimpin industri ini akan berbagi pengalaman tentang upaya transformasi dan kolaborasi, menggarap new business sesuai dengan ekosistem digital yang berkembang saat ini,” kata CEO Selular Media Network, Uday Rayana, di sela-sela acara Selular Digital Telco Outlook (SDTO) tahun 2023.

Uday menjelaskan banyak gagasan yang menarik dari para pemimpin industri untuk menghadapi tantang tahun 2023 di tengah resesi global. Pemikiran-pemikiran tersebut membuahkan inovasi dari beragam industri untuk tetap kuat meski adanya badai resesi global.

Pada acara Selular Digital Telco Outlook (SDTO) 2023 ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama ada sembilan narasumber yakni Direktur Penataan Sumber Daya Kemenkominfo RI, Dr. Denny Setiawan; Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu; GH Solutions Architect & Development XL Axiata, Aun Abdul Wadud; President Director ZTE Indonesia, Richard Liang. Lalu Country Director Ciena Communication, Judi Hartono; Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga, Lusiana Saleh; Chief Strategy Officer Erajaya Digital, Eric Lee; EVP Cloud & Data Center Telkomsigma, Navyta M. Siregar Malonda; Direktrur Utama FWD Insurance, Anantharaman Sridharan. Diskusi sesi pertama dimoderatori oleh Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi.

Direktur Penataan Sumber Daya Kemenkominfo RI, Dr Denny Setiawan mengatakan pada tahun 2023, tantangan bangsa Indonesia akan semakin kompleks dengan kondisi perekonomian global yang masih tidak pasti. Meski demikian pemerintah optimis bangsa ini mampu melewatinya.

“Kami optimis dengan kolaborasi dan sinergi dari para stakeholder serta inovasi dari anak bangsa yang kreatif bisa jadi solusi. Selain akan memperkuat lokal konten Indonesia, juga akan membantu kondisi perekonomian Indonesia untuk terus bertumbuh,” ujarnya.

Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu mengatakan memasuki tahun 2023 ada banyak tantangan di berbagai sektor industri utamanya Telekomunikasi karena adanya perubahan iklim ekonomi. Telkomsel mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai tantangan dan peluang di tahun depan.

“Telkomsel mengedepankan komitmen yang sama untuk terus lampaui batas dan bergerak maju dalam memberdayakan Indonesia di tahun 2023. Telkomsel telah memastikan keberlanjutan roadmap perusahaan untuk menghadapi seluruh tantangan dan peluang tersebut dengan terus berinovasi menghadirkan ragam solusi produk dan layanan yang customer centric melalui penguatan tiga pilar digitalnya, yakni sebagai penyedia Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Service,” kata Samuel.

“Sebagai penyedia Digital connectivity Telkomsel akan terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas hingga kualitas jaringan dengan menghadirkan konektivitas digital 4G/LTE dan 5G yang merata dan setara hingga pelosok negeri. Kemudian menghadirkan ragam paket broadband yang sesuai dengan kebutuhan dan katakter pelanggan, serta memberikan value lebih yang ditunjang dengan layanan bernilai tambah yang semakin mendukung kebutuhan konektivitas digital masyarakat dalam mundukung ragam aktivitas kesehariannya,” sambungnya.

“Sebagai penyedia Digital Platform, Telkomsel tak henti untuk terus berinovasi memberikan pengalaman seamless bagi pelanggan dalam mengakses produk dan layanan unggulan. Kemudian sebagai penyedia Digital Service Telkomsel akan terus memperluas portofolio lini bisnis digitalnya dengan menghadirkan inovasi layanan lintas sektor industri untuk mengakselerasi terbukanya lebih banyak peluang serta kemudahan inovasi dalam pemanfaatan teknologi digital terkini, yang akan memperkuat ekosistem dan industri digital Indonesia dan dapat memberi dampak signifikan dalam penguatan perekonomian digital bangsa,” jelas Samuel.

Sementara itu, Group Head Solutions Architect & Development, Aun Abdul Wadud mengatakan selama lima tahun ke belakang, XL Axiata berhasil mempertahankan pertumbuhan bisnisnya di tengah banyaknya tantangan. Baik secara industri maupun secara global seperti adanya Pandemi Covid-19 yang berlangsung dari tahun 2020 hingga saat ini.

“Untuk dapat terus bertumbuh, di tahun 2023 perusahaan akan fokus kepada tiga pilar pertumbuhan. Kami akan terus meningkatkan penawaran Convergence sesuai dengan visi perusahaan,” ujar Aun.

“Convergence kami akan berfokus pada dua segmen yaitu keluarga dan bisnis (solusi terpadu untuk SME). Kami juga akan terus mengembangkan infrastruktur jaringan demi mendukung kualitas layanan yang lebih baik lagi. Kepuasan pelanggan tetap menjadi salah satu fokus utama kami sebagai hal yang membedakan kami dengan operator lain,” sambungnya.

Menurut IDC, Suramnya Pasar Tablet dan PC Masih Berlanjut

tabloidpulsa.id – Ketidakpastian ekonomi dan turunnya permintaan konsumen berdampak pada pasar tablet dan PC. Hikmahnya bagi pembeli adalah bahwa kelebihan persediaan memaksa produsen untuk memberikan potongan harga yang besar.

Menurut perkiraan IDC baru-baru ini, pasar PC dan tablet diperkirakan akan menyusut. Pengiriman untuk tablet dan PC akan menurun hampir 12% pada tahun 2022, perusahaan riset melaporkan, dan diperkirakan akan menurun terus pada tahun 2023.

Di sisi lain, laporan tersebut menyatakan bahwa pengapalan tablet dan PC akan terus berada di atas tingkat pra-pandemi. Tetapi kondisi ekonomi yang tidak pasti akan mengancam persediaan dan meningkatkan kejenuhan pasar tahun depan.

“Kenyataannya adalah pembuat PC dan tablet akan kesulitan dalam beberapa bulan mendatang karena tidak hanya volume yang diperkirakan akan menurun, tetapi juga harga jual rata-rata,” kata Jitesh Ubrani, Manajer Riset IDC for Mobility and Consumer Device Trackers, dalam sebuah rilis.

Dia juga mengatakan bahwa kelebihan persediaan PC dan tablet memaksa produsen untuk memberikan potongan harga yang besar. Dan selama ada perselisihan ekonomi, produk akan menyimpang dari fungsi premium ke produk kelas menengah.

Pada bulan Oktober tahun ini, IDC melaporkan bahwa pengiriman tablet turun 8,8%, menandakan penurunan pasar tablet selama lima kuartal berturut-turut. Kontraksi pasar ini mengikuti pertumbuhan besar-besaran selama dua tahun, yang sebagian besar dapat dikaitkan dengan faktor ekonomi.

“Pasar sekarang tidak hanya mengalami penurunan permintaan, tetapi juga beberapa hambatan ekonomi makro yang kuat. Meskipun sebagian besar tablet (Android) dan Chromebook dibanderol lebih rendah, kami sekarang melihat kekhawatiran pembeli bahkan di kelas bawah. Sebagian besar didorong oleh kekhawatiran ekonomi yang meningkat ini,” ujar Anuroopa Nataraj, Analis Riset Senior IDC dalam siaran persnya.

Mencoba ColorOS 13 Beta di OPPO Find X2 Pro

coloros 13 oppo find x2 pro

tabloidpulsa.id – Kabar gembira bagi pengguna OPPO kelas mid-high hingga flagship, akhir tahun ini beberapa ponsel OPPO di kelas tersebut mendapatkan update ColorOS 13 berbasis Android 13, baik berupa program trial alias Beta, ataupun official alias resmi. Salah satu produk yang beruntung mendapatkan update ColorOS 13 adalah OPPO Find X2 Pro, apa saja yang berubah?

Sesuai dengan timeline ColorOS yang pernah kami sampaikan di tulisan beberapa bulan lalu (baca di sini), OPPO find X2 series bersama Reno8 bakal mendapatkan beta version ColorOS 13 di Desember 2022. Saat tulisan ini dibuat, baru Find X2 Pro kami yang sudah bisa menerapkannya. Untuk device lain mungkin perlu menunggu lebih lama.

Seperti biasa, kami mendapatkan notifikasi bahwa ada program beta yang bergulir. Menawarkan kita untuk mendaftarkan diri, kemudian sistem akan mempertimbangkan ketertarikan kita. Waktu yang dibutuhkan untuk mereview pendaftaran kita bisa bervariasi, ada yang hanya beberapa jam, tapi ada juga yan membutuhkan waktu berhari-hari. Sabar ya.

Ketika minat kita untuk terlibat di program beta version ColorOS 13 ini disetujui, kita akan diarahkan untuk mendownload file instalasi. Setelah terdownload kita bisa menginstalnya di ponsel kita.

Jika di ponsel Anda banyak file penting, kami sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dari menu settings, lalu menyimpan file back up di sistem atau dipindahkan ke memori eksternal supaya lebih aman.

Setelah selesai terinstal, kami merasakan beberapa perubahan yang mencolok. Apa saja?

  1. Tambahan RAM Expansion hingga 12 GB

OPPO Find X2 Pro membawa RAM sebesar 12 GB. Dengan ROM 512 GB. Saat masih menggunakan ColorOS 12.1 ponsel ini hanya menyediakan RAM expansion paling tinggi di angka 7 GB saja. Sehingga maksimum RAM ponsel bisa mencapai 19 GB. Nah setelah terinstal ColorOS 13, besaran RAM tambahan yang maksimum yang bisa kita dapat ada di angka 12 GB. Memungkinkan kita merasakan besaran RAM maksimum di angka 24 GB. Dengan ROM sebesar 512 GB ini sih aman banget.

  1. Omoji yang lebih baik

Di sisi Omoji, OPPO melakukan upgrade dengan penambahan fitur. Semisal tambahan pilihan rambut, pilihan wajah dengan kategori umur yang lebih banyak, juga bentuk wajah baru, tambahan di bentuk alis, mata, hidung, mulut, telinga, pilihan aksesoris untuk kepala, kacamata dan leher berupa dasi, bandana dan pilihan kerah sesuai dengan profesi.

  1. Tampilan notifikasi saat layar terkunci lebih atraktif

OPPO Find X2 Pro dengan ColorOS 13 beta, memiliki setingan ukuran display terpisah dari Fontasi. Sebelumnya di ColorOS 12 setingan ini ada di bagian yang sama dengan fontasi. Terdiri dari 3 pilihan ukuran yang lebih jelas tidak lagi berupa slider: terdiri dari kecil, sedang dan besar. Secara default semua diatur ke dalam ukuran sedang alias standard. Dan dengan setingan ukuran standard ini notifikasi yang muncul saat layar terkunci atau lock screen notification terlihat lebih informatif, mudah dibaca daan tampil atraktif.

Meskipun bersifat kosmetik, tak bisa dipungkiri ini merupakan hal yang bisa kami rasakan cukup membantu di tampilan ColorOS terbaru ini.

  1. AOD yang lebih kaya

Masih ada hubungannya dengan layar terkunci, di ColorOS 13 juga ada peningkatan di sisi Always On Display. Di sini kita tidak hanya bisa menampilkan Omoji seperti di versi sebelumnya, namun juga bisa menggunakan bitmoji. Bagi pengguna Snapchat tentu saja Bitmoji sudah bukan hal yang asing. Nah dengan ColorOS 13, Anda bisa menghubungkan bitmoji Anda dengan AOD.

Selain bitmoji, juga ada widget AOD khusus untuk Spotify, juga beberapa keperluan dari sistem semisal Home, dan Insight.

  1. Desain Control Center (Quick Settings Menu) yang Lebih Menarik

Saat Anda belum terlalu ngulik ColorOS 13, hal pertama yang mungkin bisa membantu kita adalah tampilan menu quick settings yang lebih informatif. Beberapa bagian semisal Wifi dan Celular data, dibuat berukuran lebih besar dari yang lain. Mempermudah kita untuk melihat kita tengah terhubung dengan jaringan apa saja.

Selain 5 hal di atas, sebenarnya kami menemukan sejumlah fitur menarik yang bisa dibahas terutama di sisi kamera. Tapi akan kita lanjutkan di tulisan berikutnya ya.

Permintaan Korporasi akan Smartphone Lipat Samsung Meningkat

samsung lipat

tabloidpulsa.id – Samsung Electronics Co. Ltd hari ini mengumumkan penjualan smartphone Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip untuk penggunaan perusahaan telah meningkat lebih dari dua kali lipat year on year. Dari Januari hingga Oktober 2022, jumlah smartphone lipat yang dikirimkan Samsung ke pelanggan perusaan naik 105% dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Dengan perkiraan pengiriman smartphone lipat mencapai 16 juta unit di seluruh dunia  – meningkat 73% YoY – membuat form factor smartphone ini menjadi mainstream dengan cepat, dan pengirimannya diperkirakan akan tumbuh menjadi 26 juta unit pada 2023. Kemudahan multitasking di layar besar dan pengoptimalan aplikasi yang powerful untuk perangkat foldable, ikut mendorong smartphone lipat Samsung diadopsi dengan baik untuk para pengguna di perusahaan.

Manfaat Foldable untuk Pengguna Enterprise

Saat perusahaan kini menerapkan kebijakan work from anywhere, mereka mencari cara baru untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi. Perangkat foldable alias smartphone lipat menarik perhatian industri layanan keuangan, di mana 74%  dari sample group yang terdiri dari para penasihat keuangan mengatakan sangat penting untuk senantiasa terhubung melalui aplikasi seluler.

“Foldable smartphone Samsung Galaxy diciptakan untuk membuka berbagai peluang dari cara baru kita untuk bekerja dan mengeksplorasi kreativitas,” kata KC Choi, EVP dan Head of Global Mobile B2B Team, MX Business Samsung Electronics. “Pertumbuhan investasi yang pesat ini menunjukkan pelanggan korporasi membutuhkan inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja mereka.”

Galaxy Z Fold4 – smartphone lipat generasi keempat Samsung – adalah perangkat yang powerful untuk multi-tasking sehingga sangat ideal untuk penggunaan bisnis. Terlepas dari dimensinya yang pocket-friendly, smartphone ini memiliki layar yang berukuran besar dan ekspansif, sehingga lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan dibandingkan dengan layar smartphone biasa.

Layar yang ekspansif pada Galaxy Z Fold4 menawarkan area kerja yang lebih besar, sangat cocok untuk memaksimalkan fitur-fitur dari komputer desktop. Perangkat yang sempurna untuk melakukan berbagai task dan menjalankan berbagai aplikasi, PC-like Taskbar pada smartphone ini memungkinkan pengguna untuk mengelola, menjalankan, dan beralih antar aplikasi, tanpa mengganggu pekerjaan.

Ukuran layar yang besar juga cocok untuk menjalankan fitur Multi Windows. Galaxy Z Fold4 dapat membuka hingga tiga aplikasi sekaligus, termasuk dua aplikasi yang sama untuk perbandingan berdampingan. Misalnya, pengguna dapat membalas Gmail sambil melihat dua tab di browser Chrome, seperti bekerja di meja dengan lebih dari satu layar.

Galaxy Z Fold4 juga bisa beradaptasi dengan kebutuhan alur kerja. Flex Mode tidak hanya membuat pengguna merasakan pengalaman hands-free untuk sebagian besar tools konferensi video, tetapi sekarang juga mendukung pemberian e-signature khusus atau membuat catatan pada aplikasi mitra menggunakan S Pen.

Kemitraan Powerful yang Meningkatkan Pengalaman Perangkat Foldable

Pengalaman-pengalaman ini sangat populer di berbagai sektor bisnis dan industri. Di pasar saat ini, persaingan sangat ketat, terutama di sektor layanan keuangan. Para profesional membutuhkan perangkat terbaik untuk membantu mereka menjaga konsistensi dan rutinitas, bahkan saat bekerja dari jarak jauh.

Perangkat mereka harus mendukung alur kerja yang kompleks, termasuk untuk mendapatkan alert, melakukan riset, membuat bagan, dan portofolio, serta memberikan kekuatan dan produktivitas yang mereka perlukan untuk tetap kompetitif. Bekerja dengan mitra industri terkemuka, Samsung telah meningkatkan utilitas Galaxy Z Fold4 dengan cara yang unik, sehingga pengadopsian perangkat lipat untuk penggunaan perusahaan semakin luas.

Menurut survei terbaru, aplikasi Bloomberg Professional  adalah aplikasi layanan keuangan yang paling banyak digunakan oleh para profesional di bidang investasi, seperti para trader, analis, dan manajer portofolio . Aplikasi ini memanfaatkan form factor yang unik dari Galaxy Z Fold untuk memungkinkan para profesional keuangan mengakses data pasar, analitik, berita, dan komunikasi yang ada di aplikasi Bloomberg saat on-the-go, dengan cara yang lebih intuitif dan imersif, sambil mempertahankan pengalaman pengguna dan fungsionalitas yang dikenali oleh para penggunanya. Dengan layout aplikasi Bloomberg Professional yang adaptif di Samsung Galaxy Z Fold4 memberikan kesinambungan dan multitasking yang mudah saat on-the-go. Pengguna dapat dengan mudah beralih dari cover screen, sehingga ideal untuk melakukan percakapan Instant Bloomberg (IB) dengan cepat, beralih ke layar besar untuk membaca berita dengan lebih mudah, memantau data pasar secara real-time, menelusuri portofolio, atau melakukan analisis bagan. Hal ini memungkinkan para profesional keuangan melakukan pekerjaan sehari-hari dengan cara yang disempurnakan di foldable smartphone mereka.

DocuSign,  yang menawarkan solusi e-signature terkemuka di dunia dan digunakan oleh 24 dari 25 perusahaan teratas dalam list Fortune 500 Financial juga telah dioptimalkan untuk Android 12L. Galaxy Z Fold4 memudahkan penandatanganan perjanjian di layar besar. Pengguna sekarang dapat melakukan drag and drop dengan cepat pada lampiran email dalam mode multi-view langsung ke DocuSign eSignature, sehingga kesepakatan bisa diambil dengan cepat saat on-the-go dengan Samsung S Pen dan tanda tangan Flex Mode.

Dan, untuk profesional keuangan yang memiliki mobilitas tinggi, DocuSign akan menciptakan pengalaman seperti menggunakan PC saat mengaktifkan mode Samsung DeX. Cukup sambungkan perangkat ke monitor dan berkat dukungan resolusi tinggi dan pendekatan desain adaptif pada DocuSign, para profesional akan merasakan pengalaman yang sama, apapun ukuran atau orientasi layarnya.

Samsung juga berkolaborasi dengan IBM  untuk mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi para profesional keuangan dalam membantu klien saat bekerja dari mana saja. IBM iX, mitra desain berpengalaman di IBM Consulting, bekerja dengan lembaga keuangan terkemuka untuk mengembangkan pengalaman seluler, membantu wealth advisor mengakses dan mengelola informasi pasar dan portofolio dengan cepat. Integrasi Samsung DeX dan S Pen  memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan data, melakukan drag and drop file antar aplikasi, mengubah tulisan tangan menjadi teks dan bahkan merekam tanda tangan digital seperti di desktop pada perangkat foldable mereka. Filosofi keterbukaan yang dianut oleh Samsung juga memungkinkan penggabungan aplikasi-aplikasi populer lainnya untuk melakukan konferensi video, kontak klien, email, dan jadwal dalam sebuah multi-app interface.

Samsung berkomitmen untuk bekerja dengan mitra industri terkemuka untuk menciptakan pengalaman seluler yang baru, dan berkolaborasi lebih erat dalam beberapa bulan mendatang untuk memanfaatkan teknologi terobosan seperti foldable smartphone.

F5 Bantu Pengguna AWS Lindungi Perusahaan dari Serangan Bot Canggih

F5 dan AWS

tabloidpulsa.id – F5 hari ini mengumumkan bahwa pengguna AWS kini memiliki akses ke F5 Distributed Cloud Bot Defense yang sangat efektif dan digerakkan oleh AI melalui konektor yang mudah diintegrasi.

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot, yang mendatangkan permasalahan bagi pelanggan dan perusahaan serta menimbulkan biaya ekstra terhadap operasional perusahaan. Saat dihadapkan dengan upaya untuk menghentikannya, bot dengan mudah menyerang kembali.

“Masalah bot terus-menerus ada setiap saat dan setiap kali kami mempersiapkan proses mitigasi, bot selalu berkembang terus. F5 membuat kami harus selangkah lebih maju dengan terus beradaptasi terhadap perubahan dalam pola serangan bot,” kata Kamal Kalra, Direktur Operasi perusahaan e-commerce VegNonVeg, salah satu perusahaan yang menggunakan F5 Distributed Cloud Bot Defense di AWS.

Sekarang  pelanggan Amazon CloudFront  dapat melindungi aplikasi mereka dengan salah satu solusi pendeteksi bot yang paling akurat di dunia yaitu menggunakan konektor yang terintegrasi secara bawaan ke F5 Distributed Cloud Bot Defense. Dengan menggunakan analisis sinyal yang kuat, AI, dan keahlian domain manusia, pelanggan mendapatkan keamanan mitigasi bot dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. 

“Saat organisasi terus menciptakan major workloads dan proses bisnis di cloud yang terus berkembang, mereka membutuhkan solusi keamanan yang terintegrasi dengan lebih baik ke dalam sistem teknologi mereka, dan mereka membutuhkan mitigasi yang lebih cerdas yang dapat bekerja otomatis untuk melindungi sistem mereka dari serangan bot yang terus berkembang,” kata Haiyan Song , Wakil Presiden Eksekutif, Security dan Distributed Cloud, F5.

“Itulah layanan yang diberikan Bot Defense kami untuk pelanggan AWS dengan penawaran yang terintegrasi.”

F5 Distributed Cloud Bot Defense menyediakan fungsi penting untuk CloudFront, mencegah Account Takeover (ATO), credential stuffing, inventory hoarding, dan gift card cracking serta menghentikan serangan bot otomatis yang membahayakan sekaligus mempertahankan akses untuk pelanggan dan bot agar dapat terus menjalankan bisnis mereka.

Hasilnya, para pengguna/perusahaan dapat meningkatkan keamanan untuk aplikasi mereka tanpa adanya perubahan.

Selain itu, mereka juga dapat mengurangi jumlah penipuan dan penyalahgunaan yang terjadi saat akun palsu dibuat, atau mengurangi jumlah akun yang digunakan untuk melakukan penipuan.

Pelanggan tidak hanya dapat mempertahankan brand atau perusahaan mereka dengan lebih baik, tetapi mereka juga dapat memberikan pengalaman yang aman, seamless, dan terjamin kepada pengguna dengan waktu dan kinerja aplikasi yang lebih baik.

“Kami mengetahui adanya bot traffic di jaringan kami, tetapi F5 membantu kami melihat seberapa banyak traffic kami yang berasal dari bot dan bagaimana pengaruhnya terhadap perusahaan kami. Dengan memiliki bot ini, tidak akan mempengaruhi pelanggan sedikit pun, dan mereka telah membantu kami menurunkan biaya infrastruktur secara signifikan,” kata Kalra.

“Di AWS, kami sangat berfokus pada konsumen, maka dari itu sangat penting bagi kami untuk menyediakan solusi yang aman, andal, berkualitas, dan dapat diukur kesuksesannya,” kata Nishit Sawhney, Direktur Manajemen Produk untuk Amazon CloudFront di AWS.

“ISV seperti F5, menyediakan layanan keamanan ter-update di area manajemen bot, yang jika digabungkan dengan Amazon CloudFront akan memberi pelanggan kami solusi keamanan berlapis.”

Editor's Pick