Home Blog Page 354

Kiprah OPPO di Perhelatan Mobile World Congress (MWC)

OPPO MWC 2023

tabloidpulsa.id – OPPO telah mengumumkan keikutsertaannya dalam perhelatan akbar Mobile World Congress (MWC) 2023, di Barcelona pada 27 Februari hingga 2 Maret 2023. OPPO mengusung tema “Inspire to Believe”, sejumlah perangkat unggulan akan dipamerkan seperti smartphone foldable terbarunya OPPO Find N2 Flip, perangkat IoT baru dan berbagai terobosan R&D terbaru seperti pengembangan chip, smart health, AR, dan pengisian daya cepat.

Ini bukan pertama kalinya OPPO hadir dalam ajang MWC, terhitung 10 kali OPPO hadir pada setiap perhelatan termasuk pada MWC Shanghai. Pada setiap ajang, OPPO selalu memperkenalkan beberapa terobosan dan kemajuan teknologi terbarunya ke dunia.

Awal keikutsertaan OPPO di MWC adalah pada tahun 2013, dimana OPPO memperkenalkan pertama kalinya perangkat flagship Find 5 yang dilengkapi layar Full HD dengan kerapatan pixel tinggi 441 ppi. Perangkat ini di kemudian hari resmi diperkenalkan di Indonesia pada akhir 2013.

Pada beberapa perhelatan selanjutnya, OPPO tidak hanya memperkenalkan perangkat, namun juga teknologi terdepan dalam industri smartphone seperti SUPERVOOC, 5x Dual Camera Zoom, 10x Loseless Zoom, pengembangan jaringan 5G hingga konsep Under Screen Camera. Yang terbaru pada MWC 2022, OPPO memperkenalkan konsep smartphone dengan layar gulung, OPPO X 2021.

Pada perhelatan MWC 2023, OPPO akan memamerkan berbagai terobosan teknologi yang sebelumnya telah diperkenalkan pada ajang INNO DAY 2022 seperti OPPO Air Glass 2, kacamata pintar assisted reality generasi terbaru, chipset kedua OPPO hasil pengembangan mandiri untuk bluetooth audio, Marisilicon Y dan juga sebuah perangkat pemantauan kesehatan, OHealth H1. Tidak lupa, setelah diluncurkan secara global pada 15 Februari yang lalu, smartphone lipat unggulan, OPPO Find N2 Flip akan hadir dan siap untuk dicoba oleh para pengunjung.

Booth OPPO pada MWC 2023 dapat ditemukan di Hall 3, 3M10, di Fira Gran Via, Barcelona mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2023. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keikutsertaan OPPO di MWC 2023, silahkan kunjungi situs web OPPO MWC23.

Ini Sisi Epic Galaxy S23 Series 5G Menurut Team Galaxy

Sisi Epic Galaxy S23 Series 5G

tabloidpulsa.id – Sukses menggelar Pre-order beberapa waktu lalu, Samsung Electronics Indonesia resmi menghadirkan Galaxy S23 Series 5G ke Tanah Air di mana masyarakat sudah bisa mendapatkannya langsung mulai 24 Februari 2023 di toko daring dan gerai retail terdekat. Galaxy S23 Series 5G membawa standar baru akan smartphone flagship berkat dukungan kamera dan prosesor paling powerful di industri demi memenuhi kebutuhan konsumen untuk share sisi epic dengan lebih mudah, kapan pun dan di mana pun.

Smartphone dan media sosial membuat siapa pun bisa menjadi content creator untuk berbagi ide dan cerita menarik. Inovasi di Galaxy S23 Series 5G yang memungkinkan siapa saja bisa menciptakan foto dan video yang lebih epic termasuk untuk sosial media, dan menginspirasi orang lain memiliki foto/video tersebut. Lebih dari itu, Galaxy S23 series 5G ini didesain untuk kehidupan yang lebih baik, kini dan nanti, dengan peningkatan menjadi 12 komponen yang terbuat dari material daur ulang dibanding pendahulunya,” ujar Simon Lee, President Samsung Electronics Indonesia.

Siap temukan Galaxy S23 Series 5G terbaik yang paling epic buat Anda? Simak terlebih dahulu pengalaman Raisa Andriana, Dian Sastrowardoyo, Vonzy, Jerome Polin, dan Lyodra dalam membagikan sisi epic menggunakan Galaxy S23 Series 5G berikut ini:

Bikin konten epic di segala kondisi

Bagi Raisa Andriana, bikin konten telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kesehariannya. Maka dari itu, kualitas kamera menjadi pertimbangan utama Raisa dalam memilih smartphone. Dalam hal ini, Galaxy S23 Ultra 5G hadir dengan inovasi kamera terdepan di industri yang memastikan Raisa bisa bikin konten dengan hasil yang lebih epic apa pun kegiatan yang sedang dilakukannya dalam kesehariannya.

Galaxy S23 Ultra 5G mengusung Adaptive Pixel 200MP yang mampu menangkap foto dan video dengan detail luar biasa, bahkan di kondisi sulit seperti di bawah terik matahari dan di tempat dengan pencahayaan yang minim. Hal ini tak lepas dari dukungan teknologi Tetra2pixel yang membuat perangkat mampu menghadapi berbagai situasi pencahayaan dengan lebih baik untuk menciptakan konten yang lebih vivid di kondisi terang maupun konten yang lebih cerah dan detail di kondisi low light. Selain itu, Raisa juga bisa bebas explore ketika ingin mengambil foto dan video dengan lebih mudah berkat fitur Space Zoom hingga 100X yang didukung teknologi AI Super Resolution. Jadi, ketika Raisa ingin capture objek yang jaraknya jauh, hasilnya tetap detail dan minim blur.

“Di tahun 2023 aku mau mengawali dengan melakukan suatu hal yang epic. Joining team galaxy is one of my epic dream comes true.  Aku udah buktiin/ zoom 100 kali/ pake Galaxy S23 Ultra. Galaxy S23 Ultra 5G bikin aku takjub saat lihat detail foto hasil 100x zoom dan sukses banget merekam momen-momen behind the scene konser aku jadi makin epic. Galaxy S23 ini concert-pro smartphone banget!, wajib dibawa untuk konser musik. Buat penonton yang jauh dari stage, fitur 100x zoom dengan 200MP yang didukung dengan kemampuan nightography yang epic, bisa langsung posting ke sosial media,” ucap Raisa.

Bagikan visi sutradara yang epic 

Lain halnya bagi Dian Sastrowardoyo yang belakangan semakin serius dalam menggeluti peran barunya sebagai sutradara. Untuk mengembangkan skill directing, Dian perlu smartphone yang mengakomodasi kebutuhannya untuk merekam hal-hal yang terjadi di kesehariannya hingga menjahit hasil video yang didapatnya demi memperkaya inspirasi dan mempertajam kreativitas.

Galaxy S23 Ultra 5G hadir dengan kemampuan perekaman terbarukan yang memungkinkan Dian membuat video yang lebih cinematic di berbagai kondisi. Berkat perekaman 8K pada 30fps, Dian bisa mendapatkan video dengan resolusi yang tinggi dan pergerakan yang smooth. Hal ini pun didukung dengan penggandaan OIS 2x dibanding generasi pendahulunya serta hadirnya Adaptive VDIS, di mana hasil video jadi lebih stabil dan minim blur, khususnya saat merekam sambil bergerak dan merekam objek yang bergerak.

“Galaxy S23 Ultra 5G jadi smartphone yang paling sesuai dengan kebutuhan aku dalam hal personal maupun profesional. Yang paling fenomenal dari smartphone ini adalah resolusi kamera 200MP yang didukung 2x OIS, VDIS, sensor gambar dan chipset paling canggih bikin auto focus lebih cepat, lebih akurat, dan gambar lebih tajam, bahkan di kondisi gelap bisa bikin video yang tajam, stabil, dan less noise. Jadi epic banget. Mau edit foto maupun video pun lebih gampang karena ada S Pen. Dari bikin konten di socmed sampai recce untuk memperkaya sudut pandang sebagai director dalam mengambil gambar, semua bisa aku lakukan dari satu device, Galaxy S23 Ultra 5G,” tutur Dian.

Share tiap epic victory saat main game 

Vonzy dikenal akan passion-nya terhadap mobile gaming. Dengan kebutuhannya untuk main game dengan nyaman, Vonzy memerlukan smartphone dengan performa yang powerful, layar yang responsif, hingga baterai yang tahan lama. Dari situ, Vonzy menilai bahwa Galaxy S23 Ultra 5G menjadi smartphone yang mampu memenuhi tiap kriterianya untuk main berbagai judul game dengan pengalaman yang paling epic.

Galaxy S23 Ultra 5G hadir dengan performa powerful untuk pengalaman mobile gaming yang epic bahkan pada game yang membutuhkan pemrosesan grafis tinggi. Hal ini berkat Snapdragon® 8 Gen 2 for Galaxy yang dilengkapi GPU generasi terbaru dengan kecepatan 41% tinggi dari pendahulunya. Hal ini didukung dengan kehadiran layar Dynamic AMOLED 2X QHD+ 6,8 inci yang lapang dan vivid serta touch sampling rate 240Hz yang responsif untuk pengalaman gaming yang smooth dan memanjakan mata.

“Snapdragon® 8 Gen 2 for Galaxy sebagai prosesor paling kuat dan paling cepat bikin semua ke-upgrade, dari performa sampai daya tahan baterai jadi lebih gokil. Setiap hari aku bisa mabar, edit konten, buka socmed, pindah-pindah aplikasi, semua terasa lebih cepat, gak pake ngelag, dan gak overheat. Baterai 5.000mAh pun bikin aku bisa mabar berkali-kali tanpa takut lowbat. Yang aku juga suka dari Galaxy S23 Ultra 5G itu touch latency-nya yang super duper responsif berkat 240Hz touch sampling rate, jadi smooth buat attack waktu gaming. Yang lebih epic, Galaxy S23 Ultra 5G punya layar luas dengan grafis yang epic, warna vibrant, dan udah auto contrast, jadi mau gaming di indoor atau outdoor tetep nyaman. Let’s level up your epic game with Galaxy S23 Ultra 5G!” ujar Vonzy.

Buat konten sambil jalani rutinitas

Sebagai content creator, kemampuan membuat konten jadi perhatian utama Jerome Polin ketika memilih smartphone. Selain itu, dengan berbagai bisnis yang dimiliki, Jerome juga butuh smartphone yang mampu menemaninya menjalani berbagai rutinitas sepanjang hari. Maka dari itu, kamera berkualitas tinggi dengan baterai yang dapat diandalkan jadi aspek penting bagi Jerome dalam menentukan smartphone pilihannya, di mana Galaxy S23+ 5G mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Galaxy S23+ 5G hadir dengan sistem kamera belakang mumpuni berkat 50MP wide angle camera, 12MP ultra wide camera, dan 10MP telephoto camera. Hal ini pun didukung teknologi Dual Pixel yang membuat perangkat mampu menampilkan lebih banyak warna, fokus yang lebih akurat, hingga detail yang lebih berkualitas, termasuk di kondisi low light. Galaxy S23+ 5G juga dibekali baterai 4.700mAh yang tahan seharian berkat konsumsi daya yang lebih hemat dari Snapdragon® 8 Gen 2 for Galaxy.

“Aku personally appreciate banget sama Wider OIS dan Adaptive VDIS yang anti shaky untuk hasil konten yang gak blur dan tetap stabil, cocok buat aku yang suka ngevlog sambil jalan dan joget-joget. Ngevlog juga jadi lebih enak berkat Galaxy Buds2 Pro yang punya 360 audio recording untuk rekam suara yang jernih dan immersive tanpa bawa perangkat yang gede-gede. Hasil Night Video Selfie pun bikin vlog makin epic di malam hari. Baterai Galaxy S23+ 5G yang lebih besar dari seri sebelumnya juga udah cukup banget buat meetingngontengaming, sama streaming lebih dari satu hari,” ujar Jerome.

Bagikan inspirasi epic Anda

Lyodra merupakan penyanyi muda yang sedang naik daun. Tak cuma tenar di belantika musik, Lyodra pun eksis di media sosial, di mana ia sering sharing kesehariannya yang aktif. Maka dari itu, Lyodra tak pernah lupa untuk capture berbagai momen tak terlupakan di tiap kegiatannya. Kini, Lyodra bisa capture tiap momen seru dalam kesehariannya dengan lebih epic berkat Galaxy S23 5G yang dibekali pro-grade camera 50MP untuk hasil foto dan video berkualitas tinggi kapan pun dan di mana pun. Adanya fitur Night Selfie pun membuat Lyodra bisa mendapat foto selfie yang epic baik siang maupun malam.

Lyodra dan Galaxy S23 5G pun tak ubahnya a match made in heaven karena Lyodra yang peduli akan eco-conscious living bisa mengekspresikan passion tersebut lewat Galaxy S23 5G yang memanfaatkan material daur ulang ramah lingkungan. Tak hanya itu, desain perangkat yang sleek dan premium serta pilihan warna yang kekinian, khususnya warna Lavender yang menjadi favoritnya, benar-benar cocok dengan personality Lyodra. Memiliki smartphone berkualitas tinggi untuk create and share content dengan bebas sekaligus ramah lingkungan pun tak lagi mimpi bagi Lyodra.

For me, Galaxy S23 5G is the best nightography smartphone ever karena aku bisa foto seharian dari pagi sampe malem dengan hasil yang epic banget! Karena aku sering foto atau video segala hal di keseharian, fitur Curated Story secara otomatis akan kurasi semua footage di galeri lalu dibuat jadi video yang siap di-uploadas simple as thatI also got an epic experience with the One UI 5.1 di Galaxy S23 5G, di mana aku bisa pakai video sebagai wallpaper dan banyak hal lain yang bikin smartphone aku personalized banget dan beda dari smartphone lain. Galaxy S23 Ultra 5G  jadi smartphone yang nggak cuma kasih aku konten epic tiap hari, tapi juga ikut kasih impact untuk masa depan bumi kita karena 12 komponennya dibuat pakai bahan daur ulang plastik, jaring ikan, metalkaca sampai box-nya pun 100% recycled paper,” kata Lyodra.

Anda Team Galaxy S23 Series 5G yang mana?

Hobi gaming atau mau jadi pro-gamer, bikin konten seharian atau video profesional, semua bisa Anda explore dengan Galaxy S23 Series 5G seperti Raisa, Dian, Vonzy, Jerome dan Lyodra. “Galaxy S23 Series 5G didesain khusus untuk memberi kebebasan dan keleluasaan bagi pengguna untuk berbagi hal yang epic. Dengan inovasi kamera, performance, dan personalisasi desain, kini kita bisa mengirim foto berkualitas tinggi hingga streaming tanpa lagging yang seluruhnya dilengkapi perlindungan paling transparan dan aksesibel bagi pengguna dengan Samsung KnoxSharing menjadi lebih nyaman dan aman dari sebelumnya dengan Galaxy S23 Series 5G,” tutup Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia.

Sekarang konsumen tidak perlu menunggu lagi karena dengan berakhirnya masa pre-order untuk Galaxy S23 Series 5G, konsumen bisa langsung mendapatkan tiap varian dari smartphone flagship terbaru dari Samsung mulai 24 Februari 2023, baik di toko daring maupun gerai retail. Konsumen juga bisa merasakan pengalaman langsung menggunakan Galaxy S23 Series 5G dengan mengunjungi consumer launch pertama yang akan hadir di Central Park Mall, Jakarta, pada 24-26 Februari 2023.

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G. Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), cashback dari mitra bank hingga Rp750.000. Ditambah lagi mendapatkan fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai 899.000 dan free casing senilai 499.000. Dan bagi konsumen yang beruntung akan mendapatkan special gift hasil kolaborasi Samsung dengan VARYAN dan Exacoat  berbahan ramah lingkungan dengan persediaan terbatas.

Konsumen bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB). Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Republikorp Adopsi Teknologi dari UEA untuk Produksi Drone Tempur di Indonesia

Drone Tempur Republikorp

tabloidpulsa.id – Perusahaan industri pertahanan dari Indonesia Republikorp resmi bekerjasama dengan perusahaan yang berbasis di Uni Emirat Arab, Milkor, untuk pengembangan dan produksi bersama drone tempur Unmanned Combatant Aerial Vehicle (UCAV) 380. Rencananya, teknologi ini akan diadopsi di Indonesia dan siap diproduksi dalam waktu 12 bulan ke depan.

Menurut pendiri Republikorp Indonesia Norman Joesoef, pihaknya sangat antusias membawa teknologi strategis tersebut ke tanah air untuk menyasar pasar dalam negeri dan Asia Tenggara. Apalagi, tambahnya, sebagai pemain di industri pertahanan, memproduksi peralatan tempur seperti UCAV Kombatan merupakan salah satu bagian dari strategi nasional untuk pertahanan negara.

“Kerjasama ini tentunya akan memperluas kapabilitas industri pertahanan Indonesia di bidang drone tempur, sekaligus meningkatkan daya saing kita di bidang militer. Ke depannya industri pertahanan nasional dapat turut berkontribusi lebih besar dari pertumbuhan ekonomi kita,” ungkapnya saat ditemui di sela acara pameran pertahanan International Defence Expo (IDEX) 2023 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Rabu (22/2).

UCAV 380 adalah varian drone tempur Medium Altitude Long Endurance (MALE) yang dapat terbang lebih dari 36 jam, dengan jarak jangkau 2000km, dan dengan wingspan 19m. Keunggulannya antara lain untuk aksi intelijen, pengawasan, akuisisi target, pengintaian serta membawa persenjataan seperti rudal presisi udara ke darat

“Berbeda dengan pesawat pengintai tak berawak, UCAV digunaakan untuk serangan drone dan intelijen medan perang. Teknologi ini kita kembangkan bersama dengan Milkor agar Indonesia mampu memproduksi secara mandiri”

Pameran pertahanan International Defence Expo (IDEX) 2023 diikuti oleh 60 negara dan lebih dari 1500 exhibitor. Pameran yang berlangsung sejak tanggal 20 hingga 24 Februari 2023 merupakan pameran pertahanan terbesar di Timur Tengah yang diselenggarakan setiap dua tahun. Pameran ini bertujuan untuk menampilkan inovasi dan teknologi terbarukan, termasuk teknologi canggih terkini yang telah dikembangkan oleh industri pertahanan di seluruh dunia.

IDEX 2023 menawarkan kesempatan bagi para pesertanya untuk membangun kemitraan strategis berskala internasional di bidang industri dan pertahanan militer.

Ini Alasan Fixed–mobile Convergence Tidak Dapat Ditolak

Fixed–mobile Convergence

tabloidpulsa.id – Seiring dengan makin besarnya kebutuhan pengguna telekomunikasi (Telko) di Indonesia, maka konvergensi layanan telekomunikasi pun tidak dapat ditolak. Cepat atau lambat, masyarakat membutuhkan layanan telekomunikasi yang lebih cepat, lebih lancar hingga minim blank spot. 

Untuk itulah, wacana mengenai teknologi Fixed–mobile convergence (FMC) kembali mengemuka. Teknologi ini secara ide yakni menggabungkan layanan fixed broadband dan seluler dalam satu genggaman.

Wacana ini sudah sejak 2005 berkembang dan secara global banyak perusahaan telekomunikasi yang melakukannya. 

FMC tidak dapat ditolak

Menurut Founder IndoTelko Forum Doni Ismanto Darwin kedatangan konvergensi layanan fixed dan mobile di Indonesia tak bisa ditolak karena teknologi sudah mendukung dan ada kebutuhan di sisi pengguna. 

“Fixed-Mobile Convergence  (FMC) sudah menjadi topik sejak dua dekade lalu secara teknologi, hal ini karena pelaku usaha sadar kebutuhan pasar pasti mengarah ke konvergensi seiring digitalisasi kian kencang,” kata Doni, dalam acara diskusi IndoTelko Forum bertajuk “Entering Telecommunication Convergence Era, How to Respond?” di Jakarta, Kamis (23/02/2023). 

Dikatakan Doni, sekarang tuntutan pengguna adalah tak ingin komunikasi terputus tanpa melihat layanan akses yang digunakan. 

“Misalnya, ada segmen pelanggan yang ingin tetap terkoneksi dari awalnya memanfaatkan telepon rumah, berpindah keluar tetap bisa komunikasi tanpa harus ganti perangkat. FMC bisa menjawab kebutuhan ini,” ujarnya.

Doni menambahkan, dari sisi teknologi operator terlihat serius menggarap FMC dengan menggeber 5G dan fiberisasi jaringan. Belum lagi sejumlah aksi korporasi dilakukan yang mengarah pada konsolidasi layanan.

“Kalau di pasar global, 23 dari 25 pemain sudah memiliki kapabiltas Fixed dan Mobile di dalam entitas yang dikuasai 100%. Gejala sama terjadi di Indonesia, lihat saja XL Axiata yang mengakuisisi LinkNet atau MyRepublic, Smartfren, dan Moratelindo yang sahamnya dikuasai  Grup Sinar Mas.  Jika kontrol dalam satu entitas akan memudahkan untuk menggelar FMC. Saya yakin FMC akan menjadi produk yang layak dijual ke pasar oleh operator untuk beberapa tahun mendatang,” paparnya.

Doni berharap, regulator mulai mengantisipasi era Fixed–mobile Convergence (FMC) yang sudah di depan mata dengan mulai memikirkan regulasi yang sesuai kondisi pasar. 

“Indonesia masih memiliki aturan soal telepon tetap, saya rasa ini salah satu yang harus diubah terutama masalah kewajiban penggelaran jaringan jika nanti ada konvergensi FMC,” ulasnya. 

Bertahap

Direktur Eksekutif Segara Research Institute dan Dosen Perbanas Institute Piter Abdullah mengatakan, konvergensi layanan fixed dan mobile broadband harus dilakukan secara bertahap karena jika dilakukan sekaligus, biayanya besar. 

Piter menambahkan, ia setuju jika konvergensi layanan telko tidak dapat ditolak. Sebab dengan telko melakukan konvergensi fixed dan mobile di usaha atau bisnisnya dulu, akan membuka peluang konvergensi di bidang lainnya. 

Ia juga mendukung adanya konvergensi layanan telko lantaran yakin layanan FMC yang dihasilkan tidak akan membenani konsumen, terutama dari sisi harga. 

“Yang namanya bisnis akan utamakan customer, kalau enggak harga yang murah ya layanan yang bagus,” kata Piter dalam diskusi tersebut.

“Yang lakukan konvergensi kan ada beberapa perusahaan, jadi mereka pasti enggak mau lakukan sesuatu yang rugikan konsumen hingga buat konsumennya pindah,” lanjutnya. 

Beragam 

Beberapa inisiasi menuju Fixed–mobile Convergence (FMC) sudah dilakukan operator seperti XL Axiata, Smartfren, hingga TelkomGrup. 

Analis BRI Danareksa Niko Margaronis mengatakan, untuk pemain seperti TelkomGrup di sisi konsumer mobile sama fixed mau tidak mau harus digabung. “Karena kalau tidak dilakukan Telkom ya operator lain akan lakukan,” kata Niko. 

Menurut dia, operator telko ke depannya harus menjalankan layanan 5G dan FMC secara bersama-sama, bukan memilih salah satu di antara keduanya. Layanan fixed sendiri lebih menghasilkan revenue dibanding 5G. 

Layanan 5G mungkin akan lebih luas ada 2024, namun dengan penggabungan layanan ini operator bisa pasarkan layanan internet, OTT, IoT untuk rumah. “FMC basisnya, supaya operator bisa jualan, offering (layanan) harus komprehensif,” lanjut Niko. 

Diprerdiksinya, 5G mungkin akan lebih luas ada 2024, namun dengan penggabungan layanan ini operator bisa pasarkan layanan internet, OTT, IoT untuk rumah. “FMC basisnya, supaya operator bisa jualan, offering (layanan) harus komprehensif,” lanjut Niko.

Direktur Eksekutif ICT Institute yang juga  Anggota Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI, Heru Sutadi menjelaskan, pada dasarnya tren telekomunikasi adalah transformasi yang arahnya efisiensi, sehingga operator fokus berikan layanan yang semakin baik ke masyarakat. 

Saat ini, penetrasi layanan mobile mulai turun sementara pasar fixed boradband masih berpeluang tumbuh. Pasar rumah tangga Indonesia sekitar 45 juta sementara layanan fixed braodband baru menjangkau 10 juta subscriber sehingga masih bisa bertumbuh hingga 20 juta subscriber dalam beberapa waktu mendatang. 

“Apa yang menguntungkan konsumen kami di BNKP akan dukung, tapi ada catatan kalau FMC diimplementasikan, misal apakah kualitasnya akan seperti apa dan jangan sampai ini hanya vendor driven saja bukan didorong dari kebutuhan konsumen,” katanya. 

Kemudian, penyatuan layanan fixed dan mobile ini jangan sampai doble cost network, yang mana saat ini sejumlah operator kembangkan layanan 5G untuk mobile. 

“Pasar global FMC diperkirakan naik cukup besar pada 2023-2028 terutama di Eropa, Asia Pasifik dan Amerika Utara. Banyak negara sekadar satukan fixed dan mobile hanya karena faktor kompetisi,  selain itu di banyak negara lain yag pemain telkonya enggak begitu, banyak mereka bermain di sisi diskon (harga),” katanya. 

Dengan demikian, cost jadi salah satu tantangan FMC selain penyatuan jaringan. Heru berpendapat, jangan sampai saat konsumen berlangganan layanan Fixed–mobile Convergence (FMC) ini, jangan harganya jadi lebih mahal. Atau, ada diskon yang jadi faktor kompetisi misal dengan layanan bundling. 

“Langkah awal penyatuan agar operator telko dapat dua pendapatan dari mobile dan fixed. Dari sisi konsumen, dari sisi yang fixed tarif yang langganan ini harus beri manfaat, harga lebih mahal ya orang enggak mau,” katanya. 

Di banyak negara yang jadi faktor kompetisi ya diskon, misal kalau pengguna gunakan 1 operator sama ya diskon lebih besar. “Harga harus reasonable, tapi arahnya konsolidasi bisnis,” lanjutnya. 

Menurut Heru, konektivitas 5G sudah mulai 2021, namun dengan adanya FMC bisa memungkinkan one phone, one number, one bill. “Kalau sekarang ini satukan layanan, layanan fixed di rumah dengan layanan mobile, ada peluang yang bisa dikembangkan, terlihat beberapa perusahaan telko mulai cari peluang implementasikan FMC,” lanjutnya. 

Praktisi Digital Guntur S Siboro mengatakan FMC mencakup 4 sudut pandang yakni integrasi jaringan dan servis, integrasi customer device, integrasi kepelangganan, integrasi layanan dan aplikasi. 

Menurut Guntur, secara konsep FMC akan membuka semua peluang namun ada new cost dan new investment, dan butuh strategi cost baru. “Selalu ada trade off untuk sesuatu yang baru. Tinggal hati-hati di tahap eksekusi. Semua (FMC) telah dimulai dengan ada integrasi di level service bundling.

5 Tips Penggunaan Gadget Aman Bersama HUAWEI MatePad SE Kids Edition

Tips Penggunaan Gadget

tabloidpulsa.id– Setelah memperkenalkan Huawei MatePad SE Kids sebagai tablet yang aman untuk sahabat belajar dan bermain anak, tablet ini menuai respon positif dari pasar Indonesia. Selama kurang dari sepekan semenjak hari pertama penjualan, tablet ini telah menjadi salah satu pilihan utama para orang tua melalui platform online Tokopedia serta platform ritel Erafone.

HUAWEI MatePad SE Kids Edition telah menjadi tablet anak paling dicari, dimana tablet ramah anak ini berhasil meraih peringkat nomor 1 di pencarian kata kunci terkait Gadget Anak di Kategori Handphone & Gadget Tokopedia pada tanggal 17 – 19 Februari 2023.

Antusiasme tersebut juga ditunjukkan para Tokopedia Parents pada momen webinar di hari peluncuran HUAWEI MatePad SE Kids tanggal 17 September 2023 lalu.

Para orangtua yang hadir menyukai fitur ramah anak dari Huawei ini mulai dari adanya manajemen waktu penggunaan yang dapat di atur oleh orangtua, layar dan fitur yang aman seperti perlindungan mata dan postur tubuh yang memberikan notifikasi jika bermain tablet tidak pada posisi yang seharusnya, konten yang sesuai dengan usia anak untuk dapat belajar sambil bermain, hingga aksesoris dan design yang ramah untuk si kecil.

Dengan begitu, orang tua akan merasa lebih tenang saat meninggalkan anaknya bermain gadget sendiri.

Jong Woon Kim selaku Deputy CEO Erajaya Digital menyampaikan apresiasinya untuk penjualan HUAWEI MatePad SE Kids Edition karena telah mencapai penjualan yang sangat bagus untuk kategori produk gadget anak, “Sejak dijual pertama kali di Erafone, HUAWEI MatePad SE Kids Edition termasuk salah satu produk gadget anak yang mencapai penjualan luar biasa,” ujar beliau.

Selain dilengkapi oleh spesifikasi dan fitur keamanan yang ramah bagi anak, tablet ini didukung oleh aplikasi Kids Corner yang dapat di atur oleh orang tua dalam memberikan durasi waktu pemakaian dan konten apa saja yang dapat di akses oleh anak, sehingga orang tua tidak perlu khawatir lagi dalam memberikan gadget yang aman untuk anak. 

Terdapat juga aplikasi yang edukatif dari Azoomee dan beragam permainan anak yang menarik dari Babybus sehingga tablet ini menjadi solusi yang bijak dalam mendampingi sekaligus memaksimalkan potensi anak. Lewat aplikasi-aplikasi ini, anak-anak dapat belajar perilaku baik, logika, warna, hingga mengasah kreativitas.

Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia mengatakan, “Kami senang bahwa HUAWEI MatePad SE Kids dapat diterima baik oleh para konsumen, terutama orang tua di Indonesia. Tablet yang khusus dirancang untuk anak ini menjadi komitmen lanjutan Huawei dalam menghadirkan teknologi terbaik yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga.”

HUAWEI MatePad Kids Edition sudah dapat di beli melalui  Huawei Official Store di Tokopedia maupun offline melalui HUAWEI Authorized Experience Store dan erafone. Selama periode first sale berlangsung sampai dengan tanggal 28 Februari, pelanggan akan mendapatkan gratis HUAWEI FreeBuds SE (persediaan terbatas),  keanggotaan VIP BabyBus selama 3 bulan, dan keanggotaan VIP Azoomee selama 1 tahun dengan total hadiah senilai Rp1.700.000.

Dengan keuntungan tersebut, pelanggan dapat memaksimalkan kegiatan belajar maupun bermain bagi anak-anak melalui aplikasi BabyBus dan Azoomee yang menghadirkan konten beragam yang edukatif dan menyenangkan untuk anak-anak. 

Pemberian gadget bagi anak dapat menjadi dilema bagi sebagian orang tua. Khawatir anak menjadi kecanduan gadget, kehilangan fokus, dan ketidakstabilan emosi adalah beberapa hal yang ditakuti para orang tua saat memutuskan untuk memperkenalkan gadget kepada anak.

Pemberian gadget dapat membantu dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak, jika orang tua memilih gadget yang tepat dan menerapkan lima tips ini! Apa saja tipsnya?

  • Pilih gadget yang didesain khusus untuk anak

Di era digital ini, sulit bagi kita untuk menghindari teknologi untuk anak, terutama setelah melalui masa pandemi yang mengharuskan anak melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Hal itu memicu perusahaan teknologi untuk berinovasi dan menghadirkan gadget yang ramah bagi anak. Salah satunya adalah Huawei, perusahaan teknologi terkemuka yang baru saja meluncurkan produk terbarunya HUAWEI MatePad SE Kids Edition yang ditujukan khusus untuk anak. Tablet anak ini didesain khusus agar nyaman dalam genggaman anak, sehingga meminimalisir kemungkinan jatuh. Hand-grip yang multifungsional membuat tablet ini lebih mudah dibawa ke mana-mana, sekaligus dapat menjadi penyangga yang kokoh untuk berbagai sudut peletakan. Dilengkapi dengan casing berbahan food grade yang sudah lolos tes standar FDA dan LFGB, sehingga aman digigit. Ini membuat tablet ini pilihan yang aman dan tepat bagi anak.

  • Terapkan metode screen time yang sudah disepakati dengan anak

Salah satu cara paling jitu untuk menghindari anak kecanduan gadget adalah dengan menetapkan screen time yang sudah disepakati dengan anak. Menurut Saskhya Aulia Prima, Psikolog Anak, ada dua metode screen time yang dapat diterapkan oleh orang tua. “Selain menetapkan durasi screen time, orang tua juga dapat memecah waktu screen time menjadi 3-4 kali per hari. Dengan ini, anak tidak merasa dirinya dikekang dan memberikan anak kemampuan untuk mengingat jatah  screen time yang mereka punya.” Untuk memastikan bahwa anak tidak kebablasan saat bermain gadget, penting bagi orang tua untuk mencari gadget yang memiliki fitur screen time management. Hal ini dapat ditemukan di HUAWEI MatePad SE Kids Edition, yang dilengkapi oleh aplikasi parental control, yang memungkinkan orang tua untuk mengatur screen time anak secara konsisten. Selain screen-time dan penggunaan aplikasi, asisten personal ini juga bisa membatasi anak dalam mengakses aplikasi, foto dan video tertentu. Jadi, anak tetap nyaman untuk belajar maupun menikmati hiburan, serta orang tua merasa tenang karena dapat mengontrol penggunaan gadget dengan mudah. 

  • Tawarkan Permainan yang Dapat Mengasah Hobi dan Minat Anak

Jadikan gadget sebagai sarana bagi anak untuk menyalurkan hobi dan minatnya di waktu senggang. Sebagai orang tua cerdas, sangat penting untuk mengenal potensi dan minat anak, sehingga orang tua dapat menawarkan anak dengan permainan yang dapat menstimulasi kepintarannya. Saat Anda mencari gadget untuk anak, pastikan Anda telah melakukan riset tentang aplikasi dan permainan yang tepat bagi anak. Seperti contohnya HUAWEI MatePad SE Kids Edition yang bekerja sama dengan Azoomee dan Babybus dengan menyediakan konten edukatif sehingga dapat membantu anak belajar mulai dari logika, warna, matematika, dan sebagainya dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Ada pula HUAWEI Video yang hadir dengan berbagai acara ramah anak, misalnya serial kartun My Talking Tom.

  • Gunakan gadget untuk mengembangkan kreativitas dan motorik anak

Selain memilah aplikasi dan permainan yang tepat bagi anak, orang tua juga dapat mencari aktifitas yang bisa dikombinasikan antara stimulasi kreatifitas dan perkembangan motorik anak melalui gadget. Contohnya ketika anak ingin menggambar, orang tua dapat mencari referensi dan tutorial menggambar melalui aplikasi Youtube / Azoomee, sehingga anak dapat mengikutinya saat menggambar di buku gambar.

orang tua juga dapat mengawasi anak ketika bermain gadget dan tetap berinteraksi seperti bertanya tentang apa yang anak lakukan saat bermain gadget atau meminta anak bercerita tentang pengalamannya setelah bermain gadget.

  • Pastikan gadget yang Anda pilih tidak merogoh kocek yang dalam!

Orang tua pasti selalu ingin memberi yang terbaik bagi anak. Terutama saat memberikan gadget yang diharapkan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, jangan sampai orang tua menjadi overspending! Lakukan riset dan perbandingan spesifikasi antar gadget. Ingat, banyak keperluan primer anak yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, pastikan gadget yang anda pilih nantinya memiliki harga yang pantas untuk diberikan kepada anak. HUAWEI MatePad SE Kids Edition menjadi pilihan yang tepat untuk teman belajar dan bermain yang aman untuk anak. Memiliki fitur dan spesifikasi yang ramah dan aman bagi anak, tablet ini hanya dibanderol 3 jutaan, tentu saja angka yang sangat terjangkau untuk fitur dan spesifikasi yang ditawarkan.

Nah, itu dia lima tips yang orang tua dapat terapkan saat mencari gadget yang tepat dan aman bagi anak. Sudah tidak khawatir lagi kan?

Samsung Pimpin Pasar TV Global 17 Tahun Berturut-turut

samsung tv 17 tahun

tabloidpulsa.id – Berdasarkan data dari firma riset Omdia, Samsung kembali menempati posisi puncak di pasar TV pada tahun 2022 kemarin. Ini merupakan kali ke- 17 secara berturut-turut perusahaan ini berhasil menduduki peringkat pertama di industri TV. Pencapaian yang diakui oleh pihak Samsung sebagai hasil komitmen perusahaan untuk menghadirkan pengalaman menonton yang premium dan desain yang berpusat pada pengguna.

Dengan memprioritaskan lini produk premiumnya, Samsung telah mempertahankan kepemimpinannya yang tak tertandingi dalam industri TV selama 17 tahun yang impresif, dan hal ini paling tepat ditunjukkan oleh jajaran Neo QLED TV. Pada tahun 2022, Samsung berhasil menjual 9,65 juta unit QLED dan Neo QLED TV secara mengagumkan, sehingga mencetak penjualan kumulatif sebanyak 35 juta unit sejak peluncurannya pada tahun 2017. Samsung juga mendominasi segmen pasar TV ultra-besar pada tahun 2022, dengan pangsa pasar 36,1% dan 42,9% masing-masing untuk produk-produk TV di atas 75 inci dan 80 inci. Untuk pasar TV premium dengan harga di atas US$2.500, Samsung mempertahankan pangsa pasar terbesar berdasarkan revenue pada 48,6%.

“Rekam jejak kepemimpinan kami di industri selama 17 tahun terakhir dimungkinkan oleh loyalitas dan kepercayaan konsumen yang terus diberikan kepada produk-produk kami,” kata Cheolgi Kim, Executive Vice President of Visual Display Business, Samsung Electronics. “Kami akan terus membuka jalan untuk menciptakan pengalaman perangkat paling premium yang tidak hanya terpaku pada kualitas gambar premium.”

Kepemimpinan Samsung di pasar TV selama 17 tahun berturut-turut merupakan bukti komitmen perusahaan untuk menyediakan produk paling inovatif dengan desain yang berpusat pada konsumen dan pengalaman pengguna yang terus ditingkatkan. Peluncuran Bordeaux TV pada tahun 2006 menandai adopsi mainstream bagi LCD TV dengan desain yang canggih dan form factor yang ringan. Itu juga menandai pertama kalinya Samsung menduduki peringkat nomor satu di pasar TV global. Perusahaan terus menghadirkan teknologi-teknologi terobosan yang makin dekat kepada konsumen dengan meluncurkan LED TV pertamanya pada tahun 2009 dan Smart TV pada tahun 2011, memegang posisi teratas di pasar pada peluncuran kedua TV tersebut dan setelahnya.

Samsung juga terus mendorong batasan kualitas gambar dan inovasi layar dengan memperkenalkan produk-produk berteknologi terbaru. Pada tahun 2017, Samsung memberi definisi pada istilah “layar masa depan” dengan meluncurkan QLED TV pertama, yang menggunakan teknologi quantum dot untuk mencapai volume warna 100 persen untuk pertama kalinya di industri. Pada tahun 2018, perusahaan meluncurkan QLED 8K yang inovatif, diikuti oleh Neo QLED berbasis Quantum Mini LED dan MICRO LED yang self-illuminating pada tahun 2021. Rangkaian teknologi inovatif ini mendefinisikan ulang standar bagi kualitas gambar TV dan terus menerus menetapkan tolok ukur industri yang baru.

Selain itu, Samsung berada di lini terdepan dalam merintis kategori-kategori baru, seperti seri Lifestyle TV. Dimulai dengan desain The Serif yang ikonik pada tahun 2016, Samsung terus mengembangkan jajaran produknya dengan desain yang dapat mendukung pengalaman pengguna melalui produk seperti The Frame, The Sero, The Terrace, The Premiere, dan The Freestyle.

Pada tahun 2023, komitmen Samsung terhadap inovasi terus berlanjut dengan pengembangan teknologi yang intuitif, dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. SmartThings akan memungkinkan terjadinya integrasi dan konektivitas multi perangkat yang mulus, dengan keamanan tetap berada di prioritas utama, memberdayakan pengguna untuk menciptakan pengalaman yang sangat dipersonalisasi, yang mengakomodasi preferensi sekaligus kebutuhan unik masing-masing.

D-Link Rilis D-View 8 Network Management System

D-View 8 D-Link

tabloidpulsa.idD-Link telah meluncurkan dua versi baru D-View 8 Network Management System, yang menawarkan monitoring jaringan dan traffic management yang scalable dan berpresisi tinggi.

“Ketika jaringan menjadi lebih besar dan lebih kompleks untuk dikelola, D-View 8 memberi network administrator pilihan yang jelas dengan fitur-fitur canggihnya dan representasi visual terbaik dibandingkan produk serupa dari penerapan jaringan pribadi, lokal, atau global Anda.”, kata Direktur Pelaksana Lokal D-Link , Felix Gao.

“Menyediakan solusi manajemen yang disesuaikan untuk multi-site network, D-View 8 menawarkan pengelolaan infrastruktur jaringan bisnis yang end-to-end dalam berbagai ukuran.”

Standart Edition dirancang untuk manajemen jaringan pada tingkat yang lebih kecil, sementara Enterprise Edition diperkuat dengan dukungan untuk 5000 node sedangkan Edisi Standard Edition yang hanya mendukung 500 — multi-server dan multi-probe deployment, High Availability, REST API, sFlow Analyzer, dan lain sebagainya.

“D View 8 memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan perangkat pihak ketiga dengan mulus dengan template untuk manajemen perangkat, konfigurasi, kategori dan panel yang disesuaikan,” jelas D-Link.

Baik Standart Edition maupun Enterprise Edition mampu menyediakan intelligent management untuk jaringan pribadi dan memungkinkan Anda untuk memantau perangkat multi-vendor mulai dari server hingga aplikasi.

D-View 8 juga menyediakan manajemen yang sederhana dan hemat biaya untuk meningkatkan keamanan jaringan, keandalan, dan kinerja yang optimal menjadikannya platform yang harus dimiliki oleh organisasi dengan traffic dan kebutuhan bandwidth yang tinggi untuk aplikasi seperti multimedia, seluler, dan cloud.”

Telkomsel Dukung F1 Powerboat World Championship 2023

Telkomsel F1 Powerboat

tabloidpulsa.id – Telkomsel bersama TelkomGroup mendukung ketersediaan konektivitas digital melalui penguatan kapasitas dan kualitas jaringan broadband berteknologi 4G/LTE dan 5G di kawasan Danau Toba, guna mendukung perhelatan F1 Powerboat World Championship 2023 yang berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

Melalui inistaitif tersebut, Telkomsel berupaya memastikan seluruh peserta pembalap, official team, panitia penyelenggara, jurnalis, pengunjung dan turis mancanegara, hingga masyarakat di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, bisa mendapatkan pengalaman aktivitas digital optimal yang didukung konektivitas, ragam produk, dan layanan unggulan Telkomsel.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, “Melanjutkan dukungan terhadap berbagai perhelatan event internasional di Indonesia, Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE dan 5G Telkomsel di Kawasan Danau Toba. Kami berharap dukungan ini dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat yang hadir untuk menikmati dan mengabadikan keseruan perhelatan event olahraga perahu motor terbesar dunia tersebut, sekaligus mendukung kemajuan sektor pariwisata Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah.”

Nugroho lebih lanjut menambahkan, dengan mengandalkan pengalaman sebelumnya yang sukses mendukung berbagai perhelatan event internasional, kami telah memastikan kesiapan dukungan yang lebih maksimal, khususnya dalam memberikan pengalaman terbaik bagi turis mancanegara yang datang ke Danau Toba, Sumatera Utara, baik untuk menikmati keseruan perhelatan F1 Powerboat World Championship 2023 maupun mengeksplorasi keindahan alam wilayah setempat.

Dalam memastikan dukungan yang optimal, Telkomsel telah melakukan penambahan kapasitas dan kualitas jaringan di 45 BTS 4G/LTE, serta tambahan 2 unit Compact Mobile BTS (Combat) di Kawasan Danau Toba guna memastikan kelancaran aktivitas komunikasi dan digital tim operasional Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan panitia, pengunjung, dan tim peserta F1 Powerboat World Championship 2023. Sejumlah titik yang menjadi fokus peningkatan jaringan di antaranya area penginapan, lokasi wisata, medical center, titik transit transportasi, serta venue F1 Powerboat World Championship 2023. Selain itu, guna menghadirkan pengalaman aktivitas digital terdepan bagi para pengunjung, Telkomsel menggelar jaringan Hyper 5G yang dapat dinikmati di tiga titik, yakni kawasan venue utama, Kawasan Hotel Labersa, dan Kawasan Bandara Silangit.

Sebagai upaya mengoptimalkan pengalaman aktivitas digital seluruh pengunjung, Telkomsel juga menghadirkan ragam program, produk, dan layanan yang dapat melengkapi sekaligus menunjang berbagai kebutuhan gaya hidup digital pelanggan selama berada di sekitar Kawasan Danau Toba. Telkomsel telah menghadirkan booth pelayanan di sejumlah lokasi sekitar venue utama dan juga berkolaborasi dengan para mitra reseller/outlet di sekitar Kawasan Danau Toba, guna memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan, seperti Kartu Perdana Telkomsel Prabayar Tourist, paket data dan voucher fisik internet dengan harga terjangkau, isi ulang pulsa, upgrade/ganti kartu ke USIM 4G, Telkomsel Orbit, beragam layanan hiburan digital, hingga membantu kemudahan wisatawan asing yang hadir di Danau Toba untuk melakukan registrasi Telkomsel Prabayar Tourist dan aktivasi Paket RoaMAX.

“Dengan semangat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan terkait, kesiapan kualitas dan kapabilitas jaringan mobile broadband untuk mendukung perhelatan F1 Powerboat World Championship 2023, kami mengambil peran terdepan untuk dapat menghadirkan pengalaman digital yang optimal bagi seluruh masyarakat dan pengunjung, sehingga dapat membuka lebih banyak peluang kemajuan di berbagai sektor, khususnya dalam meningkatkan ekonomi digital masyarakat di Kawasan Danau Toba hingga sektor pariwisatanya agar dapat tumbuh melalui pemanfaatan teknologi terdepan,” pungkas Nugroho.

Hidup Berkualitas dengan Screen Time di OPPO Reno8 T

OPPO Reno8 T dengan Helio G99 screen time

tabloidpulsa.id – Sebagai manusia modern, kehidupan kita sekarang tidak bisa lepas dari perangkat smartphone. Digunakan untuk beragam kebutuhan, mulai dari fungsi ponsel menghubungi keluarga dan kerabat, untuk bekerja, belajar, transaksi keuangan, hingga mengisi waktu luang dengan game serta hiburan digital, maka ad akemungkinan mata kita bakal tertuju pada layar ponsel lebih lama dari yang kita pikirkan. Untuk itulah fitur Screen Time yang ada di ponsel Android, terutama OPPO Reno8 T menjadi penting agar kita bisa mengetahui se-bucin apa kita sama ponsel dan mampu mengaturnya agar tidak terlalu berlebihan.

Fitur Screen Time yang tersedia di ponsel Oppo adalah alat yang sangat berguna untuk mengelola waktu layar Anda dan meningkatkan kesadaran tentang pola penggunaan ponsel. Dengan fitur ini, Anda dapat melacak berapa lama Anda menghabiskan waktu di aplikasi, berapa kali Anda membuka ponsel, dan berapa banyak notifikasi yang diterima. Fitur Screen Time memberikan informasi yang komprehensif tentang kebiasaan penggunaan ponsel Anda, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak mengenai penggunaan waktu Anda.

Salah satu keunggulan fitur Screen Time adalah kemampuannya untuk mengatur batasan waktu pada aplikasi tertentu. Jika Anda ingin mengurangi waktu yang dihabiskan di aplikasi media sosial atau game, Anda dapat mengatur waktu yang ditetapkan untuk penggunaan harian. Setelah waktu yang ditentukan tercapai, ponsel akan memberikan peringatan dan menghentikan akses ke aplikasi tersebut. Ini membantu Anda menjaga keseimbangan antara waktu yang dihabiskan di dunia digital dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Selain itu, fitur Screen Time juga menyediakan laporan harian dan mingguan yang memperlihatkan statistik penggunaan ponsel Anda. Anda dapat melihat waktu rata-rata yang dihabiskan di berbagai kategori aplikasi, seperti media sosial, hiburan, dan produktivitas. Informasi ini sangat berharga untuk mengidentifikasi kebiasaan penggunaan yang tidak produktif dan memungkinkan Anda membuat perubahan yang lebih baik untuk meningkatkan efisiensi dan fokus Anda.

Fitur Screen Time Oppo juga memungkinkan Anda mengatur mode “tidak mengganggu” atau “waktu tidur” yang secara otomatis memblokir notifikasi dan panggilan masuk pada waktu tertentu. Ini memungkinkan Anda untuk menghindari gangguan dan menjaga konsentrasi saat bekerja, belajar, atau tidur.

Dengan fitur Screen Time Oppo, Anda dapat menjadi lebih sadar akan kebiasaan penggunaan ponsel Anda, mengelola waktu dengan lebih efektif, dan menciptakan keseimbangan yang sehat antara kehidupan digital dan kehidupan nyata. Ini adalah fitur yang sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengontrol penggunaan ponsel mereka dan meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan keseluruhan.

Fitur ini terletak di Settings > Digital Wellbeing & Parental Controls. Di sini kita bisa melihat preview screen time dalam diagram lingkaran. Kita klik diagram ini akan masuk ke diagram yang lebih komprehensif dengan info jam per jam.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga kualitas hidup kita, dari layar yang sama kita bisa mengatur jam tidur, supaya ponsel masuk ke mode “bedtime” atau ke mode “focus”. Bisa juga dengan mengatur jadwal agar terhindar dari penggunaan ponsle yang berlebihan, termasuk parental control buat orang tua yang memiliki anak.

POCO X5 5G Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan

POCO X5 5G Indonesia

tabloidpulsa.id – POCO kembali menggebrak industri smartphone Indonesia dengan menghadirkan, POCO X5 5G. Kehadiran smartphone terbaru dari POCO akan menjawab kebutuhan Gen Z untuk memaksimalkan Faktor X mereka supaya aktivitas yang dilakukan #XcitingAsAlways.

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia mengatakan, “POCO itu brand yang selalu dengar kebutuhan pengguna dan POCO harus bikin mereka selalu excited dalam beraktivitas. Ini yang bakal dihadirkan oleh POCO X5 5G, karena smartphone ini jelas untuk anak muda, khususnya Gen Z yang ingin performa ekstrem untuk membantu mereka melakukan berbagai kegiatan yang sesuai dengan karakter dan hobi, seperti bermain game, menikmati hiburan, bahkan multitasking.”

Hadirkan performa ekstrem, tercepat, dan paling stabil

Performa ekstrem POCO X5 5G lebih dari sekedar ngebut! Nggak tanggung-tanggung smartphone ini menggunakan salah satu chipset 5G terbaik yaitu Snapdragon 695 5G. Chipset dengan CPU Qualcomm Kryo 660 yang punya kecepatan hingga 2,2GHz dan fabrikasi 6nm ini memang telah teruji dapat menghasilkan performa yang lebih smooth, stabil, dan efisien. Kemampuan GPU Adreno 619 juga mampu menghasilkan grafis yang lebih smooth meski settingan game rata kanan. Dibekali kemampuan untuk berada di jaringan 5G, pengguna POCO X5 5G dapat menikmati pengalaman bermain anti lemot ataupun streaming video tanpa buffer dengan tingkat latensi yang rendah.

“Platform Mobile Snapdragon 695 5G menawarkan produktivitas dan hiburan tanpa batas melalui peningkatan kinerja yang kuat dari pendahulunya, seperti CPU Kryo 660, GPU Adreno 619, dan proses 6 nm. Ini akan meningkatkan setiap interaksi pada perangkat, termasuk permainan yang lancar, streaming yang andal, dan juga fotografi pro-level dengan Spectra 346T Triple ISP-nya,” ungkap Shannedy Ong, Country Director, Qualcomm Indonesia.

Smartphone ini juga telah mendukung memori LPDDR4x dengan expandable RAM hingga 13 GB untuk pertama kalinya, sehingga POCO X5 5G bakal mudah nyikat berbagai jenis game dengan mudah. Nggak cuma itu, karena kapasitas RAM yang besar, POCO X5 5G sanggup digunakan pas lagi multitasking seperti saat bermain game sambil membuka banyak aplikasi sekaligus.

Semakin Exciting dengan super slim 120Hz AMOLED Display

Salah satu hal yang membuat POCO X5 5G jadi lebih exciting adalah layar AMOLED yang mempesona. Untuk menghadirkan pengalaman visual yang ekstrem, smartphone ini menggunakan layar 6.67” super slim AMOLED Dot Display, ditambah kemampuan refresh rate tinggi hingga 120Hz, sehingga perpindahan gambar saat nge-game, atau streaming video akan terasa smooth. Dan dengan hadirnya super resolution touch,  POCO X5 5G memiliki tingkat presisi 10 kali lipat lebih baik.

Gambar yang dihasilkan POCO X5 5G juga kelihatan real dengan akurasi warna yang tajam berkat 100% DCI-P3 wide color gamut, dan resolusi yang besar 2400 x 1080 px yang mampu menampilkan gambar berkualitas FHD+. Sementara untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada mata, smartphone ini telah memiliki sertifikat SGS, termasuk Eye Care Display dan Seamless Pro, sehingga mata tetap terproteksi walaupun digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Nikmati pengalaman ekstrem kapanpun dan dimanapun!

Urusan daya tahan baterai, POCO X5 5G dilengkapi dengan baterai 5000mAh. Nikmati pengalaman ekstrem non-stop saat 20 jam menelepon, 21 jam streaming video, 13 jam video recording, hingga 192 jam mendengarkan musik. Nggak perlu menunggu lama buat nge-cas! Dengan 33W fast charging, baterai dapat terisi penuh hanya dalam 68 menit saja. 

Smartphone ini dapat selalu menghadirkan pengalaman yang #XcitingAsAlways, dengan 48MP AI Triple Camera, kapanpun dan dimanapun, POCO X5 5G mampu menangkap berbagai momen memorable. Kehadiran 48MP main camera yang dilengkapi teknologi AI serta pilihan 12 filter mampu memberikan kebebasan bagi para Gen-Z yang doyan hunting foto dan video buat konten. Buat variasi foto, smartphone ini juga telah dilengkapi 8MP ultra wide camera dengan POV 118° untuk foto panoramik yang indah, 2MP macro camera untuk foto jarak dekat, dan 13MP front camera bagi pecinta selfie.

“Menurut hasil riset dan feedback dari POCO Fans, desain yang lagi digemari pengguna adalah desain yang tipis, slim, dan pas di genggaman. Dengan pilihan warna yang menonjol, POCO pede bisa membuat penggunanya tampil lebih keren dan berani,” tambah Andi.

Smartphone ini tampil dengan desain paling kece dan stylish melalui 3 pilihan warna (Green, Blue, dan Black). Dengan performa ekstrem, layar super slim AMOLED display, dan desain compact yang hanya memiliki ketebalan 7.98 mm dan berat hanya 189 gram, mendukung NFC, POCO X5 5G bakal jadi smartphone wajib buat anak muda, khususnya Gen Z.

Harga dan Ketersediaan

POCO X5 5G ditawarkan dengan dua varian, yaitu 6GB+5GB | 128GB dengan harga Rp3.499.000 dan varian tinggi 8GB+5GB | 256GB dengan harga Rp3.999.000. Penjualan perdana akan dilakukan mulai 24 Februari 2023 dengan adanya penawaran potongan khusus di online platform sebesar Rp100.000,- hingga tanggal 3 Maret 2023, dan bisa didapatkan melalui di PO.CO.ID dan secara eksklusif di Shopee Indonesia. Selain itu juga bisa didapatkan secara offline di mitra penjualan resmi POCO di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan  Erafone.

Kedua varian ini dilengkapi dengan perlindungan garansi selama 12 bulan dan ekstra 3 bulan dengan jaminan pembaruan software Android selama dua tahun dan pembaruan keamanan selama tiga tahun.

Editor's Pick