Home Blog Page 352

Campaign Focallure dan Pinkflash via SnackVideo Sukses Besar

tabloidpulsa.id – Campaign komersial melalui konten video pendek terbukti mampu memberi solusi pemasaran terpadu bagi brand-brand yang ingin beriklan maupun menjadi sponsor. Dua brand kecantikan, Focallure dan Pinkflash, berhasil menjangkau lebih banyak pengguna dan memperoleh lebih banyak exposure hingga 10x melebihi target, ketika menggelar campaign Ramadhan belum lama ini di SnackVideo. 

Focallure dan Pinkflash merupakan brand produk kecantikan Indonesia yang populer. Focallure fokus pada segmen kelas atas dan dewasa, sementara Pinkflash menampilkan citra brand yang muda, gaul, dan energik. Keduanya selalu mengikuti tren mode ter-update dan berkomitmen untuk memenuhi beragam kebutuhan makeup konsumennya.

Kampanye komersial oleh keduanya secara garis besar dilakukan dengan membuat mininovela (mini series) dan mini variety show, game, beauty filter, menggelar challenge, memanfaatkan kreator, KOL, bahkan selebriti, serta menyebarkan nilai yang dikandung oleh brand mereka.

Mike Luo, Vice General Manager Focallure dan Pinkflash, mengungkapkan, “Kami gembira karena kampanye marketing yang kami lakukan sanggup mendorong kreativitas para kreator digital dan KOL untuk berkarya di platform video pendek. Program acara mininovela dan mini variety show, serta dukungan di dalamnya, melahirkan konten berkualitas sehingga menciptakan brand image yang positif di dalam benak konsumen. Penampilan para selebriti, contohnya Adul dan Komeng, di mini series Ramadhan 2023 jelas menarik perhatian audiens dan meningkatkan views.”

Ia menambahkan, “Tak ketinggalan, hadiah yang tersedia pada program tersebut dalam format sponsorship melibatkan produk unggulan kami, sehingga menjadi sarana exposure bagi brand kami secara halus. Ini juga berlaku pada kegiatan challenge, yang di sisi lain turut memacu pertumbuhan jumlah follower, sebagai representasi bahwa kami dikenal oleh masyarakat lebih luas lagi.”

Dari campaign Ramadhan yang dilakukan oleh kedua brand tersebut selama periode 30 Maret hingga 23 April 2023, secara keseluruhan berhasil menuai impression sebanyak 890 juta, atau dioptimasi lebih dari 1.116%, dari estimasi sekitar 80 juta. Dengan kata lain, melebihi target sampai 10x. Sementara, jumlah post-nya sebanyak 260 ribu, dan berhasil memperoleh lebih dari 800 juta engagement.

Impact lain dari campaign yang Focallure dan Pinkflash lakukan dengan memanfaatkan konten video pendek di SnackVideo salah satunya membawa mereka menduduki peringkat top 3 pada platform marketplace Shopee.

“Ternyata masyarakat Indonesia lebih menyukai konten-konten dalam bentuk video singkat untuk memperoleh inspirasi makeup sehari-hari,” sambung Mike Luo. Penggunaan produk kami dalam video singkat tersebut pun turut memancing rasa penasaran para viewer, di samping keinginan mereka untuk memperoleh hasil riasan seperti yang ada pada video tersebut.”

Mike Luo juga tertarik akan penggunaan game seputar kecantikan wajah dan beauty filter. “Ini memicu interaksi dan menciptakan hubungan yang dalam antara brand kami dengan pengguna,” tuturnya, “selain sebagai sumber traffic alternatif yang mendukung sarana promosi kami lainnya, seperti iklan eyemax, iklan feed, juga OOH advertising di lokasi distrik bisnis dan gedung perkantoran.”

Teng Yee Kiong, Country Manager SnackVideo Indonesia, menyatakan, “Pencapaian positif dari campaign yang dilakukan oleh brand-brand dengan memanfaatkan konten video pendek tidak lepas dari fakta pesatnya perkembangan tren video pendek di Indonesia. SnackVideo sebagai platform konten video pendek turut gembira sekaligus bangga karena dapat berperan serta sebagai integrated marketing solutions yang memfasilitasi pencapaian tersebut.” 

Hasil dari Indonesia Short Video White Paper 2023 yang diumumkan oleh Ipsos, pemimpin global dalam riset pasar, menyoroti perubahan pada cara masyarakat Indonesia mengakses media ke arah video pendek sebagai pilihan yang menonjol. Laporan resmi ini menyebut SnackVideo sebagai aplikasi video pendek yang berkembang pesat selama tiga tahun beroperasi di Indonesia, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 318% dan memiliki 43 juta pengguna aktif per bulan di tahun 2022.

“Menyambut event di masa mendatang, seperti Hari Kemerdekaan dan sebagainya, SnackVideo membuka peluang bagi brand-brand untuk berkolaborasi,” tutup Teng Yee Kiong.

Program Selling Day vivo Y36 5G Dibuka Online dan Offline

tabloidpulsa.id – vivo Indonesia membuka program selling day vivo Y36 5G mulai Sabtu, 24 Juni 2023, secara online dan offline eksklusif di channel offline vivo store, erafone dan mitra yang bekerja sama dengan vivo serta di channel online vivo.com, mitra e-commerce dan TikTok Shop dari vivo Indonesia. Bagi konsumen yang ingin mendapatkan vivo Y36, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp3.999.000,-.

Selama periode program Selling Day ini, konsumen bisa menikmati ragam benefit yang disediakan untuk setiap pembelian vivo Y36 5G baik secara online maupun offline mulai dari program operator, pilihan sistem pembayaran hingga ragam gift menarik untuk setiap pembelian vivo Y36 5G.

vivo juga membuka program operator bundling berupa SoftBundling XL Axiata untuk setiap pembelian vivo Y36 5G mulai periode 16 Juni. Pembelian smartphone vivo Y36 5G tersedia dengan paket pre-paid bundling XL Axiata tanpa adanya SIM card di dalam kemasan. Konsumen bisa menggunakan SIM card lama atau membeli SIM card baru yang tersedia di outlet atau store XL terdekat.

Setiap pembelian pre-paid bundling XL Axiata ini konsumen berhak mendapatkan Kuota Internet 10GB/ bulan dengan harga Rp25.000,- per bulan selama 12 bulan. Benefit pre-paid bundling XL Axiata ini hanya bisa didapatkan 1 kali per 30 hari (maksimal 12 kali) dan untuk mendapatkan promo bundling, pelanggan bisa melakukan pembelian paket data.

Tak hanya itu, tersedia juga Paket Bundling 2GB per bulan selama satu tahun dengan total kuota 24GB. Pada bulan kedua dan seterusnya, pelanggan diwajibkan untuk mengisi pulsa minimal Rp25.000,- untuk mendapatkan ekstra kuota 2GB.

Tersedia juga Paket Bebas 8GB bulanan selama satu tahun dengan total kuota 96GB. Untuk setiap pembelian kuota promo, periode bundling dan akumulasi transaksi dapat dilihat melalui aplikasi myXL.

Lebih lanjut, vivo juga memberikan pilihan serta kemudahan sistem pembayaran cicilan melalui layanan Kredit Plus, HCI, dan Indodana. Adapun program Kredit Plusdengan penawaran 0% conditional Promo untuk cicilan tenor 7 bulan dengan biaya admin Rp199.000,- dan DP mulai dari 0%.

Selanjutnya, program HCI dengan promo gratis biaya admin dan bunga tetap 1,11% untuk tenor 10 bulan dengan DP 10% dan Indodana dengan 0% conditional promo untuk tenor 6 dan 12 bulan dengan bunga dan DP mulai dari 0%.

Seluruh ragam benefit dan paket penawaran ini dapat dinikmati dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kehadiran vivo Y36 5G diharapkan bisa menemani pengguna agar dapat menikmati momen hidup lebih menyenangkan dan keseruan tanpa batas dengan segala inovasi yang dihadirkan salah satunya dengan jaringan 5G yang dibawa. Kami juga menawarkan berbagai promo menarik yang dapat dinikmati oleh konsumen pada program selling day vivo Y36 5G mulai hari ini,” ungkap Gilang Pamenan, Product Manager vivo Indonesia.

Sejarah Perkembangan Find X Series

tabloidpulsa.id – Sampai tahun 2023, OPPO telah meluncurkan setidaknya 6 produk flagship dalam lini seri Find X. Dikembangkan mulai tahun 2018,  seri Find X mewakili ekplorasi OPPO terhadap masa depan smartphone melalui pengenalan inovasi teknologi terbaru dan pendekatan konsep desain.

Sekedar mengingatkan kita semua, berikut ini kami kembali sampaikan produk-produk flagship OPPO yang selama ini sudah hadir, baik itu yang dirilis resmi di Indonesia, maupun yang hanya diluncurkan untuk pasar domestik (Cina) saja dan kita bisa melihat perubahan apa yang terjadi.

OPPO Find X

Diluncurkan pada 19 Juni 2018 di Museum Louvre, Paris, Find X hadir dengan inovasi terbaru pivot kamera yang menyembunyikan struktur kamera pada bagian atas frame. Di Indonesia sendiri perangkat ini diluncurkan secara resmi pada 18 Juli 2018 dengan harga Rp12.999.000. Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang meluncurkan perangkat ini, setelah Malaysia.

Pivot kamera ini terdiri dari kamera depan 25MP dan kamera belakang 16MP + 20MP, dan juga modul 3D Structured Light yang terdiri atas beberapa komponen berteknologi tinggi, seperti Flood Illuminator, Infrared Camera, Proximity Sensor, Dot Projector, Receiver, dan RGB Camera.

Find X membawa Panoramic Arc Screen, di mana OPPO menggunakan teknologi COP flexible screen untuk menghadirkan rasio layar sebesar 93,8%. OPPO Find X dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 845 sebagai generasi ketiga Qualcomm Mobile AI Platform, dilengkapi sistem operasi Color OS 5.1 yang didasarkan pada Android 8.1 dan 8GB RAM serta 256GB penyimpanan Internal.

OPPO Find X2 Pro

OPPO meluncurkan seri Find X2 Pro pada 6 Maret 2020. Perangkat flagship ini membawa layar terbaik di industri smartphone kala itu. Mengusung sensor SONY IMX689 yang dirancang khusus, Find X2 Pro memberi pengalaman fotografi dan videografi ke tingkat yang berbeda yang akan mengubah cara pengguna mengabadikan momen-momen penting dalam hidup.

Perangkat ini dilengkapi layar 120Hz QHD+ Ultra Vision Screen 240Hz yang mampu memberikan lebih dari satu milyar variasi tampilan warna. Dilengkapi resolusi 3168 x 1440, 513 ppi, daya pemantulan layar rendah dan pencahayaan layar maksimum hingga 1200nit, kualitas layar Find X2 Pro memiliki rating A+ dari DisplayMate, sebuah lembaga pengujian tampilan profesional yang telah menetapkan 12 standar kinerja tampilan smartphone.

OPPO Find X2 Pro juga memiliki teknologi pengisian daya tercepat 65W SuperVOOC 2.0 dan platform prosesor flagship Snapdragon 865. Find X2 Pro juga smartphone pertama yang mendukung fokus omnidirectional semua pixel dan dapat menangkap foto hingga 12 bit. OPPO Find X2 Pro berbasis Android 10 terbaru dari OPPO, ColorOS 7.1. Perangkat ini hingga kini mendapatkan peningkatan hingga ColorOS 13.1 berbasis Android 13.1. Find X2 Pro hadir dengan konfigurasi RAM 12GB dan ROM 512GB.

OPPO Find X3 Pro 5G

OPPO Find X3 Pro 5G meluncur secara global pada Maret 2021 dan diluncurkan di Indonesia pada 3 Juni 2021. OPPO Find X3 menjadi smartphone flagship dengan Full path Color Management System pertama di dunia. Untuk tampilan layar, perangkat ini mendukung 1 Biliion Colour Display.

Pada sektor kamera, OPPO Find X3 Pro 5G dilengkapi struktur punch-hole pada bagian depan yang menampung kamera beresolusi 32 MP. Sementara kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, kamera periskop 13 MP, dan kamera microscope 3 MP yang memiliki perbesaran hingga 60x. 

OPPO Find X3 Pro 5G dilengkapi pengisian cepat 65W SuperVOOC 2.0 flash charging yang dikombinasikan dengan baterai 4500mAh, dan tentunya performa luar biasa dengan dukungan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 888. Dilengkapi dengan RAM 12GB dan Internal 256GB, perangkat ini mengusung sistem operasi ColorOS 11.2 berbasi Android 11 dan masih menerima peningkatan ColorOS 13.1 berbasis Android 13.

OPPO Find X5 Pro 5G

2 Juni 2022, OPPO meluncurkan perangkat Find X5 Pro 5G secara resmi di Indonesia. Keunggulan OPPO Find X5 Pro 5G adalah Neural Processing Unit (NPU) khusus, MariSilicon X, yang mampu mengatasi berbagai keterbatasan saat merekam video pada malam hari. Dengan teknologi MariSilicon X ini, pengguna untuk pertama kalinya dapat merekam video 4K dengan kualitas terbaik dengan smartphone Android untuk hasil rekaman yang bersih tanpa efek grain dengan kualitas gambar yang sama seperti mengambil foto tidak bergerak. 

OPPO Find X5 Pro 5G memiliki Kamera wide dan ultra-wide angle dengan sensor unggulan SONY IMX766 50MP, dengan ukuran sensor 1/1,56”, ukuran piksel besar 2um dengan teknologi pixel binning.  Smartphone ini juga memiliki teknologi jaringan 5G yang super cepat, pengisian daya SUPERVOOC 80W, serta pengisian daya nirkabel AIRVOOC 50W.

OPPO Find X5 Pro 5G dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 generasi terbaru. Mengusung RAM 12GB dan Internal 256GB. OPPO Find X5 Pro menjalankan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka ColorOS 12.1. Perangat tersebut kini juga menerima pembaruan sistem operasi ColorOS 13.1 berbasis android 13. OPPO Find X5 Pro dijual di Indonesia dengan harga Rp14.999 juta.

OPPO Find X6 Pro 5G

Perangkat ini resmi diluncurkan pada 21 Maret 2023 di Tiongkok. Sayangnya, Produk ini hanya diluncurkan untuk pasar Tiongkok dan tidak akan tersedia di luar Tiongkok. Find X6 Pro 5G mengusung konsep tiga kamera utama pada bagian belakang. OPPO menempatkan sensor 1 inchi 50 Megapixel SONY IMX 989 untuk kamera sudut lebar, 50 Megapixel SONY IMX890 sebagai sensor untuk kamera telefoto dan 50 Megapixel SONY IMX890 yang digunakan untuk kamera sudut ultra lebar. Untuk perekaman, perangkat ini juga dilengkapi teknologi Dolby Vision 4K HDR video.

OPPO Find X6 Pro 5G dilengkapi dengan prosesor terbaru Snapdragon 8 Gen 2 yang membawa peningkatan 45% dalam sisi penggunaan daya. Perangkat ini hadir dalam 3 pilihan konfigurasi RAM dan penyimpanan, 12GB + 256GB, 16GB + 256GB dan 16GB + 512GB. Baterai yang diusung menjiad yang paling besar diantara Find series yang telah beredar, 5000mAh. Baterai besar ini dilengkapi pengisian daya paling cepat diantara Find series yakni 100W SUPERVOOC yang dapat mengisi penuh 100% dalam 28 menit. Tak lupa, OPPO juga melengkapi 50W AIRVOOC yang merupakan pengisian daya nirkabel yang dapat mengisi penuh perangkat hanya dalam kurun watu 52 menit. OPPO Find X6 Pro 5G mengusung sistem operasi ColorOS 13.1 berbasis Android 13 dan sudah mendapatkan versi beta ColorOS 14 berbasis Android 14.

Majamojo Resmikan Luna Fantasia Mobile di Jakarta Fair 2023

majamojo luna fantasia mobile

tabloidpulsa.id – Publisher game Majamojo (PT Games Karya Nusantara) secara resmi meluncurkan Luna Fantasia Mobile, sebuah game MMORPG yang juga menawarkan sejumlah mode permainan menarik dan seru. Peluncuran game ini dilangsungkan bertepatan dengan event tahunan Jakarta, yakni Jakarta Fair Kemayoran 2023, sekaligus memperkenalkan sejumlah mode game dan kelas karakter baru yang akan menambah keseruan game ini.

Dalam kesempatan ini, majamojo memperkenalkan keunggulan terbaru dari Luna Fantasia Mobile yaitu fitur turnamen Battle Royal, dan Olympiad yang bersifat MOBA, dan pilihan karakter Musketeer yang diharapkan mampu menjadi lawan seimbang kelas Archer.

“Kami melihat bahwa Luna Fantasia Mobile memiliki potensi dari sisi kapasitas pemain yang cukup besar atau massive. di sisi lain, turnamen mobile game dan eSports di Indonesia juga tumbuh secara positif tahun ke tahun. untuk itu kami berkolaborasi dengan developer mengembangkan fitur turnamen dengan sentuhan MOBA di game berjenis MMORPG. Fitur ini akan membawa pengalaman yang menyenangkan sekaligus fleksibel, karena bisa dimainkan setiap saat. Tujuan kami juga menjangkau pemain yang lebih luas, baik pecinta MMORPG maupun MOBA. Bersamaan dengan ini kami juga secara resmi menghadirkan Luna Fantasia Mobile untuk pasar Indonesia yang bisa diunduh secara lengkap di Play Store maupun App Store,” ungkap Yudi Chahyadi Anwar, CEO Majamojo.

Sejak awal dibuka pada Maret 2023, Luna Fantasia Mobile telah memiliki lebih dari 200.000 unduhan dan rating 4.4 di Play Store dan App Store. Kehadiran fitur turnamen, menjadikan angin segar untuk para pecinta Luna Fantasia Mobile dan pemain MOBA melalui keleluasaan pemain untuk memilih jenis hingga membuat turnamen sendiri.

Sentuhan multiplayer online battle arena (MOBA) dihadirkan melalui 3 mode, yaitu Battle royale (1vs29), Olympiad 3vs3 dan 5vs5. Secara mekanisme game, seluruh pemain pada mode turnamen berada pada level 100 lengkap dengan skill yang sudah penuh. Nantinya para pemain aan berkompetisi mengatur strategi mengalahkan lawan secara individu ataupun tim.

Sebelum dirilis, Majamojo juga telah menggelar beta test fitur turnamen ke komunitas dan mahasiswa untuk mendapatkan masukan serta saran. Mirza, Produser Game Majamojo menambahan, “Kami berkolaborasi dengan komunitas Luna Fantasi Fantasia Mobile, Telkomsel dan Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Multimedia Nusantara untuk menggelar beta test fitur kompetisi. Sekitar 150 peserta mencoba fitur ini ini. Sebagian besar peserta memberikan tanggapan positif dan beberapa masukan untu mengoptimalisasikan fitur ini. Kami ingin membuka pasar yang lebh luas sehingga penikmat MMORPG bisa menikmati jenis MOBA, begitu juga sebaliknya”.

Pada kesempatan yang sama, Luna Fantasia Mobile juga memperkenalkan karakter baru yaitu Musketeer. Karakter ini melengkapi 6 karakter Luna Fantasia Mobile yang sudah ada sebelumnya. Hadir dengan senjata andalan yaitu pistol yang memiliki keunggulan serangan jarak jauh. Para pemain bisa memiliki kesempatan untuk mengatur strategi melalui beberapa lapis karakter sehingga memungkinkan setiap guild atau tim memiliki daya serang serta pertahanan yang tak terkalahkan.

Hadir dengan karakter yang lucu, menggemaskan serta tangguh, hal ini menjadi daya tarik bagi para pemain. “Saya sebagai model, cosplayer dan streamer melihat Luna Fantasia Mobile memiliki karakter yang menggemaskan dan menariknya bisa dimainkan secara masif dengan teman, fans dan komunitas. Disamping itu, berhubung saya cosplayer, ada banyak kostum yang bisa saya sesuaikan dengan selera dan menginspirasi saya. Hal tersebut yang membuat saya tertarik berkolaborasi dengan Majamojo dan Luna Fantasia Mobile untuk bisa mengajak lebih banyak pemain untuk bisa main bareng, membuat guild dan turnamen,” menurut Jena Dammaya, Model dan Brand Ambassador Luna Fantasia Mobie.

diharapkan dengan adanya fitur turnamen dengan sentuhan MOBA dan karakter baru, Luna Fantasia Mobile dapat menjawab beragam tipe pemain seperti adventure, casual, competitive, hingga pecinta cosplay atau anime. Lebih dari itu, fitur turnamen juga diharapkan membawa warna baru Esport serta mendorong terbukanya peluang penyelenggaraan turnamen untuk berbagai tingkatan di Indonesia.

POCO X5 Pro 5G Hadir dengan Kamera 108MP dan Performa Ekstrem

tabloidpulsa.id – POCO X series terkenal akan performanaya yang ekstrrm banget dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Tapi di seri barunya, POCO X5 Pro 5G, kali ini bukan performa gaming-nya saja yang ekstrem, melainkan juga performa kameranya. 

“POCO kembali mendobrak lewat POCO X5 Pro 5G, dimana ini adalah hape POCO seri X pertama yang mengusung PRO Camera 108MP,” beber Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia.

Kombinasi performa kencang, efisiensi daya, dan optimasi kamera

Sektor performa jelas selalu jadi andalan POCO X Series sejak awal, dan di smartphone baru ini POCO menghadirkan performa ter-ekstrem berkat kecepatan chipsetnya dan kekuatan performa kamera yang optimal.

Snapdragon 778G yang disematkan pada POCO X5 Pro 5G memang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menciptakan keseimbangan yang sempurna akan performa dan efisiensi daya. Chipset yang mengusung TSMC 6nm manufacturing process dengan Octa-core CPU, up to 2.4GHz dan Qualcomm® Adreno™ 642L menjadi salah satu chipset terbaik di kelasnya. 

Bung Andi menerangkan, “POCO X5 Pro 5G juga dirancang demi memenuhi dahaga para Gen-Z akan kecepatan komputasi dan teknologi yang responsif. Sistem pemrosesan pada chipset Snapdragon 778G di dalamnya berikan kecepatan yang semakin meningkat dan efisiensi daya semakin baik sehingga menambah keunggulan dari chipset ini. Jadinya benar-benar memuaskan.”

Rahasia dari chipset ini semakin sempurna bagi content creator adalah keberadaan Qualcomm® Spectra 570L dengan triple ISP, 2 Gigapixel/detik sehingga mampu memproses gambar dengan sangat cepat, serta Qualcomm® Hexagon™ processor yang dikombinasikan dengan AI dan mampu meningkatkan kemampuan kamera hingga 12 Tops, sehingga kamera smartphone ini semakin cepat dan tepat saat membaca kondisi untuk menghasilkan foto dan video yang maksimal.

Keberadaan sensor kamera level flagship tersebut memudahkan kita buat menciptakan kreasi fotografi kelas profesional. Dikombinasikan dengan ultra-large sensor berteknologi 9-in-1 pixel-binning, maka menangkap setiap detail dan warna dalam ultra-high resolution sama sekali bukan masalah, bahkan saat malam hari maupun di area yang gelap.

Ditambah, kecepatan image signal processor-nya (ISP) mencapai dua gigapiksel per detik dan dengan performa AI yang mengagumkan, 12 TOPS (Trillions of Operations Per Second)**.

Sistem kamera flagship POCO X5 Pro 5G berupa triple-camera, yang terdiri dari kamera utama 108MP dengan sensor besar 1/1.52”, kamera ultra-wide angle 8MP dengan Field of View (FOV) 120o, dan kamera makro 2MP Full Frame (FF) 4cm. Sementara, sensor kamera depannya mencapai 16MP.

Punya banyak teknologi AI buat mengolah foto

Lagi zamannya artificial intelligence (AI), POCO X5 Pro 5G pun dibekali segudang fitur maupun filter berbasis teknologi tersebut agar editing foto makin gampang, tanpa aplikasi tambahan.

Di antaranya adalah AI Sky Filter yang bisa mendeteksi langit di foto dan menyediakan kustomisasi. Hasilnya, langit tersebut bisa tampil cerah maupun lebih syahdu, bukan mendung atau gelap yang terkesan suram dan kurang menarik.

Fitur Remove People (Hapus Orang) juga canggih banget. Kalau ada objek berupa manusia yang nggak sengaja ikut terfoto, misalnya, tinggal sekali klik langsung auto hilang! Tanpa mengganggu atau merusak gambar di sekitarnya.

Dan nggak ketinggalan, fitur Remove Lines (Hapus Garis) yang membantu kita menghapus objek berupa garis, seperti kabel listrik atau antena radio, menggunakan ujung jari secara lurus dan rapi.

Rekaman video yang powerful

Buat kebutuhan videografi, POCO X5 Pro 5G mendukung shooting dalam 4K untuk perekaman video yang powerful, guna menghasilkan video berkualitas profesional dari ide-ide kreatif. Modus vlog yang kembali mengalami update, dengan sejumlah template yang tersedia secara online serta beragam filter, membantu kita berkreasi menciptakan video pendek berkualitas lebih tinggi secara jauh lebih cepat. Asyiknya lagi, fungsi Draft mempersilahkan kita buat menambahkan unsur-unsur kreatif kapanpun ide-ide baru muncul di kepala.

“Wah, sudah jaminan performanya ekstrem, kameranya Pro pula. POCO X5 Pro 5G ini keren banget,” tegas Bung Andi.

Zenius Audit Menyeluruh 264 Cabang New Primagama

Zenius New Primagama

tabloidpulsa.id – Zenius terus berkomitmen untuk menjaga standar cabang Primagama di seluruh Indonesia dalam menyambut tahun ajaran baru 2023/2024. Salah satunya adalah dengan melakukan audit menyeluruh terhadap 264 cabang Primagama. 

Langkah ini dilakukan dengan tujuan menjaga konsistensi standar dan kualitas di semua cabang, mulai dari Sumatera hingga wilayah timur Indonesia. Melalui pendekatan ini, Zenius berkomitmen untuk memastikan setiap cabang Primagama mempertahankan tingkat mutu yang sama dalam seluruh aspek bisnis mereka, sehingga dapat memberikan pengalaman belajar optimal bagi para siswa pada awal tahun ajaran baru.

Founder dan CEO Zenius, Sabda PS, menjelaskan, “Zenius telah melakukan berbagai langkah untuk mempersiapkan seluruh cabang New Primagama dalam menyambut siswa di tahun ajaran baru ini, termasuk upaya untuk menyeragamkan standar yang sama di setiap cabang kami. Standar ini mencakup semua aspek bisnis, mulai dari operasional, penjualan, pemasaran, dan yang paling penting, aspek akademik.”

Dari hasil dari audit tersebut, sebagian kecil cabang tidak mampu memenuhi standar yang ditetapkan oleh Zenius. Cabang-cabang ini diberikan waktu untuk melakukan perbaikan, namun beberapa di antaranya tidak dapat memenuhi perbaikan yang diminta dalam batas waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, Zenius memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan cabang-cabang tersebut.

Di sisi lain, sebagian besar cabang juga memutuskan untuk mengakhiri kerja sama secara sukarela karena perbedaan visi dengan Zenius. Sementara itu, cabang-cabang yang masih beroperasi saat ini solid dan memiliki visi yang sejalan dengan Zenius untuk melakukan perubahan di pendidikan Indonesia.

Dalam upaya menjaga dan memperkuat kualitas cabang-cabang New Primagama, Zenius melakukan perubahan manajemen dengan menunjuk Elisabeth Maria Siburian sebagai Head of New Primagama. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pendidikan, termasuk di salah satu bimbel bahasa terbesar di Indonesia, Elisabeth diharapkan dapat memberikan perubahan positif di sisi manajemen bisnis, operasional, dan akademik New Primagama.

Zenius menjunjung tinggi standar yang sama di setiap cabang, terutama dalam hal akademik. Sejak berdiri pada tahun 2004, Zenius telah berkomitmen pada kualitas pendidikan yang didasarkan pada pemahaman konsep, bukan sekadar hafalan atau cara cepat dalam menyelesaikan soal.

Chief of New Primagama Elisabeth Maria Siburian, menyatakan, “Audit dan tindakan tegas ini merupakan bagian dari komitmen Zenius untuk menjaga standar yang sama di setiap cabang. Kami percaya bahwa jumlah cabang saat ini terdiri dari tim dan orang-orang yang memiliki visi yang sama untuk menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia, serta memiliki semangat tinggi dalam menyambut tahun ajaran baru.”

Selain itu, Zenius juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi di dunia pendidikan dengan menjadi pemegang lisensi New Primagama. Investasi di bidang pendidikan dianggap sebagai investasi yang menjanjikan karena permintaan akan pendidikan berkualitas terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Investasi pendidikan juga memiliki dampak sosial positif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di masa depan.

Menyambut tahun ajaran baru, New Primagama Powered by Zenius mengusung kampanye “Si Paling Bisa”, di mana siswa diberikan pembelajaran melalui pemahaman konsep fundamental yang #BikinCerdasBeneran. Di sini, kemampuan berpikir siswa untuk penalaran, literasi, numerasi, dan logika akan diperkuat sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, New Primagama juga mengusung pendekatan hybrid learning yang menggabungkan pembelajaran online dan offline dengan mengintegrasikan teknologi milik Zenius dan jaringan offline milik New Primagama.

“Kami berharap akan lebih banyak pihak yang tertarik untuk bergabung menjadi pemegang lisensi New Primagama dan menjadi bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia. Kami juga berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperkuat jejaring New Primagama agar dapat memberikan dampak pendidikan yang lebih besar bagi masyarakat,” tutup Elisabeth.

OPPO Rilis Find N2 Flip dan Enco X Wimbledon Special Edition

OPPO x Wimbledon 2023

tabloidpulsa.id – Melanjutkan kiprah dalam mendukung ajang kompetisi tenis kelas dunia, OPPO kembali menjadi partner resmi untuk The Championship, Wimbledon 2023. Kemitraan eksklusif yang telah berlangsung untuk kelima kalinya ini membawa OPPO Indonesia untuk meluncurkan perangkat edisi khusus sekaligus menjadi satu-satunya negara yang hadirkan merchandise official Wimbledon eksklusif dari Inggris untuk memanjakan konsumen dan penggemar tenis di Indonesia.

Tenis menjadi salah satu olahraga yang paling populer di dunia berdasarkan laman World Atlas (2020), menduduki peringkat keempat dengan jumlah penggemar lebih dari 1 miliar orang dari seluruh dunia. Untuk itu, OPPO hadir untuk menjawab keinginan para penggemar olahraga tenis hingga sport enthusiast di Indonesia dengan meluncurkan perangkat OPPO Find N2 Flip dan Enco X Wimbledon Special Edition, lengkap dengan logo eksklusif Wimbledon yang diukir pada masing-masing perangkat.

“Sejalan dengan slogan kami ‘inspiration Ahead’, OPPO kembali hadir menjadi partner resmi The Championship, Wimbledon sebagai langkah konsisten kami untuk selalu menjadi bagian dari berbagai kompetisi olahraga bergengsi di dunia, sekaligus berbagi momen inspiratif kepada para penggemar olahraga dan pengguna OPPO. Dengan membawa kemeriahan Wimbledon dari Inggris ke tanah air, kami menghadirkan perangkat OPPO Find N2 Flip Moonlit Purple dan OPPO Enco X White edisi khusus dengan grafir logo Wimbledon dan keuntungan eksklusif yang akan didapat konsumen di Indonesia berupa merchandise official Wimbledon hingga cashback senilai 1 juta rupiah,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

Kedua perangkat edisi khusus ini resmi ditawarkan secara bundling seharga Rp15.999.000 di Indonesia. Perangkat OPPO Find N2 Flip dan Enco X Wimbledon Edition dapat dibeli mulai 22 Juni hingga 31 Juli 2023 di OPPO Gallery, OPPO Store terpilih, dan secara online di Shopee dan OPPO Online Store. Selama periode tersebut, konsumen akan mendapatkan keuntungan eksklusif senilai total Rp4.200.000, berupa merchandise official Wimbledon senilai Rp2.200.000, potongan harga spesial sebesar Rp999.000 untuk OPPO Enco X, berbagai voucher menarik di My OPPO senilai Rp5.500.000, serta keuntungan cashback Rp1.000.000 dan cicilan hingga 12 bulan dari bank partner.

OPPO juga membawa keseruan The Championship, Wimbledon ke Indonesia melalui instalasi baru yang hadir di OPPO Gallery Plaza Indonesia mulai 25 Juni hingga 31 Juli 2023. Instalasi yang terinspirasi dari kompetisi tenis terbesar di dunia ini menampilkan Collaborative Area yang menyuguhkan miniatur lapangan tenis, deretan perangkat Wimbledon Edition dan merchandise official Wimbledon. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati LED Interaktif dan Tribune Area yang menawarkan pengalaman unik dari kompetisi tenis Wimbledon.

Semakin meriah karena OPPO Indonesia juga menggelar kompetisi yang dapat diikuti oleh konsumen di platform Instagram @oppoindonesia mulai 22 Juni hingga 31 Juli 2023 untuk memenangkan hadiah OPPO Enco X Wimbledon Edition dan Merchandise Official Wimbledon berupa handuk, topi, dan tote bag eksklusif.

Unggah foto atau video ke Instagram feed Anda dengan pose terbaik saat bermain tenis. Follow, tag dan mention @OPPOIndonesia @OPPOGallery dan mention juga tiga teman Anda pada caption. Jangan lupa sertakan hashtag #OPPOxWimbledon23 #NeverMissTheBestShot #FlippingBetterWithOPPO #OPPOFindN2Flip pada post instagram feed Anda. Pemenang akan diumumkan di Instagram resmi OPPO Indonesia pada 1 Agustus 2023.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perangkat OPPO Find N2 Flip dan Enco X Wimbledon Edition, kunjungi link berikut.

ASUS Buka Pre-order ROG Ally, Harganya Mulai Rp 10 Jutaan

Pre-order ROG Ally

tabloidpulsa.id – ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi mengumumkan bahwa portable gaming console ROG Ally akan segera hadir di Indonesia. Sesi pre-order ROG Ally akan dimulai pada tanggal 27 Juni 2023 dan tersedia untuk seluruh gamers di Indonesia.

ROG Ally merupakan portable gaming console paling powerful di dunia yang ditenagai Windows 11 serta prosesor AMD Ryzen™ Z1 Series terbaru. Berkat sistem operasi Windows 11, ROG Ally dapat memainkan game dari berbagai platform, bahkan game AAA, dengan sangat baik. Portable gaming console terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin inovatif, sistem kontrol intuitif, software khusus, serta layar sentuh yang memiliki tingkat kecerahan, resolusi, serta refresh rate lebih baik dibandingkan dengan portable gaming console lainnya. ROG Ally juga dirancang sangat nyaman saat digunakan berkat bobot yang sangat ringan yaitu hanya 608g serta desain bodi yang ergonomis.

Mainkan Semua Games di Windows 11

ROG Ally ditenagai oleh sistem operasi Windows 11. Artinya, perangkat gaming ini bisa digunakan untuk memainkan semua game dari berbagai platform ternama seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, serta Ubisoft Connect. Semua game yang ada di platform gaming tersebut juga dipastikan dapat dimainkan di ROG Ally tanpa terkecuali. Kemampuan tersebut membuat ROG Ally tampil sebagai portable gaming console paling fleksibel tidak hanya dalam hal portabilitas, tetapi juga pilihan game-nya.

ROG Ally juga akan dibekali dengan Armoury Crate Special Edition (SE). Versi khusus Armoury Crate tersebut tidak hanya sekadar tampil sebagai pusat kontrol dari semua sistem di ROG Ally. Melalui Armoury Crate SE, gamers dapat langsung mengakses semua game sekaligus mengatur profil untuk setiap game kesayangannya.

Ditenagai Hardware Canggih

ROG Ally adalah portable gaming console generasi terbaru yang menawarkan pengalaman bermain game pada resolusi Full HD (FHD) secara portabel, serta mampu menjalankan game AAA terkini secara lebih baik dibandingkan portable gaming console lainnya. ROG Ally memungkinkan gamer untuk menikmati game AAA secara portabel, terhubung ke televisi, atau difungsikan layaknya sebuah PC desktop menggunakan GPU eksternal ROG XG Mobile.

ROG Ally ditenagai oleh prosesor Ryzen Z1 Series terbaru dari AMD, prosesor terbaru yang telah dibangun menggunakan arsitektur Zen 4 dan AMD RDNA 3. Varian tertingginya yaitu AMD Ryzen Z1 Extreme dilengkapi dengan konfigurasi 8 core 16 thread, serta memiliki performa komputasi grafis hingga 8.6 teraflop. Prosesor tersebut telah mendukung teknologi upscaling AMD FidelityFX™ Super Resolution dan AMD Radeon Super Resolution untuk kinerja dan visual terbaik untuk game AAA maupun indie.

ROG Ally juga dilengkapi dengan memori LPDDR5 6400 MHz berkapasitas 16 GB, penyimpanan PCIe® Gen4 512 GB, dan slot kartu microSD UHS-II untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Dukungan WiFi 6E memastikan bahwa gamers akan dapat selalu terhubung ke internet dengan mudah.

Performa gaming terbaik juga butuh layar berkualitas, dan ROG Ally mampu memenuhi kriteria tersebut. Dilengkapi dengan layar sentuh FHD (1080p) 120 Hz dengan teknologi AMD FreeSync™ Premium, gamer dapat menikmati kualitas visual terbaik tanpa tearing atau stuttering. Layar ROG Ally juga memiliki tingkat kecerahan maksimum 500 nits, sehingga memungkinkan gamer tetap nyaman saat bermain di luar ruangan. Layar sentuh di ROG Ally juga dapat digunakan untuk melakukan navigasi pada Windows 11 ketika gamer membutuhkannya.

Dibekali Sistem Pendingin Inovatif

Pengalaman bermain game AAA terbaik bisa dihadirkan oleh ROG Ally berkat sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Berbeda dengan laptop, ROG Ally menggunakan anti-gravity thermal system sehingga performa pendinginannya selalu optimal meski digunakan di berbagai orientasi.

Anti-gravity thermal system di ROG Ally disokong oleh dua komponen utama, yaitu anti-gravity heatpipe dan fluid dynamic bearing. Anti-gravity heatpipe di ROG Ally berbeda dengan heatpipe yang biasa ditemukan di laptop. Heatpipe khusus tersebut dirancang secara khusus agar panas selalau dapat dialirkan dengan sangat baik, bahkan saat digunakan di berbagai orientasi. Rahasianya terdapat di bagian dalam heatpipe yang telah dilengkapi sistem khusus agar cairanyang mengalirakan panas tetap dapat mengalir meski harus melawan gravitasi.

ROG Ally juga dibekali dengan fluid dynamic bearing di setiap kipasnya. Fluid dynamic bearing memungkinkan kipas dapat beroperasi secara optimal di berbagai skenario penggunaan. Kipas tersebut juga dirancang agar tidak mudah tersangkut saat ROG Ally digunakan di berbagai orientasi. Sementara untuk menjaga performa pendinginannya dalam jangka waktu panjang, ASUS telah membekali ROG Ally dengan filter debu khusus di bagian kipasnya.

Desain Ergonomis, Ringkas, dan Ringan

Salah satu poin paling penting di portable gaming console adalah bobot serta tingkat ergonomis pada desain bodinya. Para engineer di ROG telah menghabiskan waktu yang panjang untuk mendesain ROG Ally sebagai portable gaming console yang mudah dan nyaman digunakan. Hadir dengan bobot hanya 608 gram, ROG Ally tidak akan membebani para gamers baik saat digunakan ataupun saat dibawa bepergian.

ROG Ally juga memiliki desain yang ergonomis dengan bagian pegangan yang dilengkapi tekstur khusus agar tidak mudah terlepas dari tangan saat digunakan. Sementara desain segitiga yang ada dibagian belakang pegangan tangannya berperan sebagai dudukan yang akan membuat ROG Ally nyaman dari berbagai sudut penggunaan.

Pre-Order ROG Ally

Sesi pre-order untuk ROG Ally akan dibuka pada tanggal 27 Juni 2023. Gamers dapat memesan portable gaming console paling canggih tersebut melalui ASUS Online Store. Semua gamers yang memesan ROG Ally pada masa pre-order akan mendapatkan MicroSDXC 128GB dan khusus untuk 100 orang pertama yang melakukan Pre-Order akan mendapatkan bonus tambahan berupa ROG Ally Travel Case secara cuma-cuma.

ROG Ally akan hadir di Indonesia dengan banderol harga Rp11.299.000 untuk varian yang menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, dan Rp10.099.000 untuk varian yang menggunakan prosesor Ryzen Z1, yang juga akan hadir di Indonesia di kemudian hari.

Cek informasi lengkap mengenai Pre-Order di: https://id.store.asus.com/rog/rog-ally-play-all-your-games.html

Netzme Dukung Penggunaan QRIS Jakpreneur di Bazar UMKM

Netzme QRIS Jakpreneur

tabloidpulsa.id – Dalam rangka menyambut HUT ke-496 DKI Jakarta, Pemerintah Daerah Jakarta Timur menggelar “Bazar UMKM Jakpreneur Serentak Peserta Terbanyak di Indonesia” di 11 lokasi pada tanggal 22-23 Juni 2023. Kegiatan ini diinisiasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Timur dan merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah Jakarta Timur dan Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Jakpreneur, yang juga didukung oleh perusahaan penyedia jasa pembayaran PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), khususnya terkait dengan sistem pembayaran QRIS Jakpreneur.

Kegiatan yang diikuti oleh 1.959 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-Jakarta Timur ini memecahkan rekor MURI sebagai event bazar UMKM serentak peserta terbanyak di sejumlah lokasi. Prosesi penyerahan rekor MURI ini dilakukan di kantor Walikota Jakarta Timur yang dihadiri oleh Senior Manager MURI Triyono, Kepala Suku Dinas PPKUKM Jakarta Timur Derliana Melinda Sagala, Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur Kuswanto (Mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta)

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur, Derliana Melinda Sagala, menjelaskan bahwa bazar seperti ini sudah rutin diadakan, namun khusus untuk pelaksanaan sebanyak ini baru pertama kali dilaksanakan dengan mengambil momentum HUT DKI Jakarta yang ke-496. “Pelaksanaan bazar serentak di 10 kecamatan dan 1 kota ini akan menampilkan binaan 6 OPD Pengampu dan PKK se-Jakarta Timur sebanyak total 1.950 peserta UMKM dengan fasilitas tenda 970 tenda bazar yang akan dipasang di 63 kelurahan dan 1 kota”. 

Melinda Sagala menambahkan bazar kali ini akan banyak sekali kolaborator yang ikut serta memeriahkan bazar, selain itu juga ada yang unik di dalam proses pembinaan pada para UMKM. UMKM tidak hanya difasilitasi sarana tempat mereka berjualan, tetapi juga penerapan transformasi digital dengan menerapkan pembayaran cashless dengan metode QRIS payment. Selain itu perlu diapresiasi juga bahwa para UMKM yang terlibat didalam kegiatan bazar serentak ini juga sudah dilengkapi dengan BPJS ketenagakerjaan.

UMKM yang tergabung dalam bazar HUT DKI ke-496 akan mengadakan penjualan secara marathon dari tanggal 22 – 23 Juni dengan produk-produk unggulan seperti makanan kemasan, fashion dan craft yang sudah terlebih dulu menjalani proses kurasi yang sangat ketat dari Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur.

Seluruh UMKM yang mengikuti event bazar sudah terdigitalisasi dan mampu menerima transaksi non-tunai menggunakan QRIS Jakpreneur. Hal ini sejalan dengan campaign Bank Indonesia dan ASPI “QRIS nya Satu, Menangnya Banyak”. Selain bazar UMKM, pada kegiatan ini juga terdapat mini-event berhadiah selama bazar berlangsung yang bertujuan untuk memotivasi UMKM menerima sebanyak-banyaknya transaksi QRIS. Mini-event tersebut dinamakan Kompetisi Parade QRIS. Peserta event berkesempatan memenangkan satu unit HP SAMSUNG A54 5G dan saldo uang elektronik sebesar Rp500.000.

Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar menyatakan, “UMKM merupakan tulang punggung ekonomi kita dan digitalisasi telah menjadi kunci penting dalam memajukan sektor ini. Pada era teknologi informasi yang terus berkembang pesat ini, kita tidak bisa lagi mengabaikan peran digitalisasi dalam membantu UMKM tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.”

Sementara, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menjelaskan sudah saatnya para UMKM di DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Entrepreneur menjadi UMKM yang tangguh dan naik kelas sehingga memang slogan Sukses Jakarta untuk Indonesia “benar menjadi slogan yang berarti”. Dengan banyaknya pelatihan yang dilakukan, bazar adalah salah satu implementasi dari pelatihan UMKM bagaimana untuk menghadapi era global dan bersaing di market. “Kami juga mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital dan jejaring sosial untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas, mengakses pasar yang lebih besar, dan meningkatkan visibilitas mereka,” ungkap Ratu Rante Allo.

Sebagai informasi, Netzme sendiri sebelumnya juga hadir sebagai enabler digitalisasi UMKM di Djakarta Festival 2022 (DjakFest) dan Cerita Djakarta di Sarinah 2022 beberapa waktu lalu. Netzme merupakan kolaborator strategis Dinas PPKUKM yang menyediakan sistem pembayaran non-tunai QRIS Jakpreneur dan mengadakan program insentif merchant.

CEO PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), Vicky Ganda Saputra menjelaskan digitalisasi dapat membantu Dinas PPKUKM dalam mengumpulkan dan mengelola data UMKM. Sistem digital dapat menyederhanakan proses pendataan, memastikan akurasi data, dan memungkinkan Dinas PPKUKM untuk mengakses informasi dengan lebih cepat dan efisien. “Dengan data yang terkumpul secara digital, Dinas PPKUKM dapat melakukan analisa lebih mendalam sehingga mampu memberikan pendampingan khusus dan dorongan modal kepada UMKM yang membutuhkan dengan lebih tepat sasaran.”

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-496 DKI Jakarta, Netzme mempersembahkan solusi digital yang inovatif dan terjangkau untuk membantu UMKM mengoptimalkan potensi mereka. Kami percaya bahwa dengan terus mendorong digitalisasi, UMKM Jakarta dan seluruh Indonesia dapat naik kelas, menciptakan lapangan kerja lebih banyak, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Hal ini merupakan wujud komitmen Netzme untuk terus mendukung digitalisasi UMKM Indonesia,” tutup Vicky.

Energy Expert Alibaba Cloud Uji Jejak Karbon di Olympic Esports Week

Energy Expert Alibaba Cloud

tabloidpulsa.id – Alibaba Cloud mengumumkan bahwa solusi keberlanjutan berbasis AI, Energy Expert, telah diuji kemampuannya untuk mengukur dan menganalisa emisi karbon dari masa konstruksi bangunan sementara hingga menjadi tempat penyelenggaraan Olympic Esport Week pertama, menghasilkan wawasan mengenai pemilihan bahan material dan peralatan. Penggunaan perangkat solusi ini terlaksana berkat kemitraan Alibaba Cloud dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Alibaba Cloud menggunakan perangkat pengukuran emisi karbonnya yang telah terbukti, Energy Expert, untuk mengukur dan menganalisa emisi karbon dari konstruksi sementara pada acara tersebut. Serangkaian metrik termasuk dampak konsumsi energi, pengelolaan limbah, papan nama, dan dekorasi menjadi standar penilaian. Perangkat berbasis software-as-a-service ini telah digunakan oleh Panitia Penyelenggara Setempat (LOC) untuk membandingkan dampak relatif beberapa jenis bahan bangunan dan perlengkapan.

Dengan memanfaatkan solusi keberlanjutan berbasis teknologi paling mutakhir, Energy Expert mendukung event organizer untuk mengidentifikasi sumber emisi karbon dari pembangunan dan pengoperasian lokasi acara, mengukur jejak karbon yang dihasilkan oleh tempat acara, serta memvisualisasikan performa keberlanjutan tempat acara melalui dasbor terintegrasi dan laporan online.

Menurut Energy Expert milik Alibaba Cloud, jejak karbon dari konstruksi sementara untuk Olympic Esports Week 2023 diperkirakan mencapai 274-ton CO2e, setelah mengganti 60% papan nama cetak dengan alternatif digital yang menghasilkan pengurangan emisi karbon dioksida sebesar 14-ton CO2e, serta pemanfaatan kembali 50% karpet pasca acara yang kedepannya turut berperan mengurangi emisi sebesar 10 ton CO2e.

“Kami selalu mencari cara untuk mengurangi dampak yang kami hasilkan di lingkungan, dan kami senang dapat bekerja sama dengan Alibaba Cloud untuk menerapkan teknologi mutakhir dalam mengukur emisi karbon sehingga kami dapat terus membuat perbedaan,” ujar Vincent Pereira, Head of Virtual Sport of IOC Sports Department.

“Kami telah mendukung transformasi digital IOC untuk Olimpiade sejak Tokyo 2020, dan merupakan sebuah kehormatan untuk menjadi bagian dari tonggak bersejarah olahraga virtual. Keberlanjutan merupakan salah satu prioritas dalam roadmap inovasi olahraga kami. Seiring dengan perkembangan industri olahraga, kami sangat antusias untuk menyediakan data yang tepat waktu, wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan rekomendasi hemat energi yang dapat memberikan dampak positif dan nyata,” ujar Selina Yuan, Presiden Bisnis Internasional, Alibaba Cloud Intelligence.

Penyelenggaraan Olympic Esports Week yang pertama ini, menandai langkah terbaru dalam kolaborasi antara IOC dan Alibaba dalam transformasi digital – menyusul keberhasilan mengembangkan inovasi olahraga untuk Tokyo 2020 dan Beijing 2022 – dan merupakan proyek internasional berskala besar pertama Alibaba untuk mengatasi emisi karbon dalam industri esports.

Industri esports memiliki dampak lingkungan yang terus meningkat seiring dengan semakin populernya olahraga ini. Analisis industri memperkirakan bahwa pada tahun 2022, satu tim esports dapat menghasilkan sebanyak 100-ton emisi CO2[1]. Konsumsi secara individual juga meningkat karena 40% dari populasi global (tiga miliar orang) sekarang bermain video game, menurut perusahaan analis industri DFC Intelligence, yang berarti ada dampak signifikan yang harus ditindaklanjuti.

Selain pengukuran karbon konstruksi sementara, untuk menarik perhatian publik akan pentingnya mengurangi jejak karbon, aplikasi web Alibaba Cloud untuk Olympic Esports Week, mengajak publik untuk mengambil foto barang-barang di sekitar mereka (seperti keyboard dan headset) untuk membantu memahami jejak karbon dari setiap item dan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi jejak tersebut, seperti meningkatkan masa pakai peralatan digital atau membeli peralatan bekas. Hal ini dapat dicapai melalui pengintegrasian teknologi AI milik Alibaba Cloud dengan kumpulan data emisi tradisional. Peserta juga dapat berjanji untuk melakukan tindakan pengurangan karbon dalam kehidupan sehari-hari mereka, seperti membawa limbah elektronik mereka ke tempat pengumpulan khusus untuk didaur ulang. Peserta yang menyetujui perjanjian tersebut dapat memperoleh poin di aplikasi, dengan tujuan untuk mendapatkan lencana Sustainability Champion, sebagai bagian dari aplikasi web.

Peresmian Olympic Esports Week, yang berlangsung di Suntec Singapore Convention & Exhibition Centre, menampilkan hal-hal menakjubkan dari olahraga virtual, termasuk kompetisi esports, pertandingan eksibisi, pameran inovasi terbaru, serta serangkaian diskusi panel dan sesi edukasi yang diselenggarakan oleh IOC. Festival ini juga menjadi tuan rumah bagi final Olympic Esports Series, yang merupakan puncak dari rangkaian Olympic Esports Series tahun ini, di mana para atlet top Olympic Esports dari seluruh dunia berkompetisi di sepuluh cabang olahraga untuk memperebutkan medali emas.

Sebagai penyedia infrastruktur cloud terkemuka di dunia, Alibaba Cloud berkomitmen untuk membantu organisasi dalam mengurangi emisi karbon dengan teknologi yang sedang berkembang seperti intelligence computing dan teknologi AI. Sebagai pemimpin dalam inisiatif ini, Alibaba Cloud berusaha untuk mencapai netralitas karbon Scope 1, 2, dan 3 dan berkomitmen untuk memberdayakan komputasi awannya dengan 100% energi bersih pada tahun 2030.

Editor's Pick