Home Blog Page 343

Telkomsel Siap Tuntaskan Tahap Akhir Upgrade Layanan 3G ke 4G

telkomsel upgrade 4g

tabloidpulsa.id – Melanjutkan komitmennya dalam mendorong pemerataan dan kesetaraan akses telekomunikasi broadband terdepan di seluruh negeri, Telkomsel terus konsisten melaksanakan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE pada 504 kota/kabupaten di Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2022 lalu. Pada Mei 2023 ini, Telkomsel menuntaskan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G pada 31 kota/kabupaten yang tersebar di Sumatera Utara, Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara.

Proses pemerataan jaringan 4G/LTE ini merupakan tahap terakhir yang sebelumnya sudah dimulai sejak Maret 2022 dan sampai saat ini telah mencakup 473 kota/kabupaten dari total 504 kota/kabupaten yang ditargetkan. Proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE yang kini telah memasuki tahap terakhir utamanya akan difokuskan di wilayah yang memiliki tingkat adopsi gaya hidup digital masyarakat cukup tinggi dan penggunaan jaringan di area indoor, terutama di Wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Hingga saat ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan migrasi ke uSIM 4G sebesar 38 persen (YoY) yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 15 persen (YoY). Peningkatan tersebut tak terlepas dari rangkaian inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan beragam program dan produk menarik, di antaranya menghadirkan promo bagi pelanggan yang melakukan migrasi/penukaran uSIM 4G akan mendapatkan tambahan kuota hingga 30 GB selama 3 hari di jaringan 4G untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan dengan pemakaian lebih dari Rp 100.000. Selain itu, terdapat program bundling smartphone 4G terjangkau yang telah mendukung akses jaringan 4G Telkomsel untuk dipilih pelanggan, seperti Samsung, Nokia, Advan, Oppo, Vivo, dan lainnya.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, “Sejak tahap awal program peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga memasuki tahap terakhir ini, Telkomsel memastikan untuk tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan selama rangkaian proses berlangsung. Kami optimis, proses upgrade layanan jaringan tersebut akan semakin mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi digital nasional seiring dengan semakin terbukanya peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan di berbagai wilayah dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang didukung jaringan berteknologi terdepan dari Telkomsel.”

Peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringan selama proses peningkatan ke 4G/LTE berlangsung telah diupayakan Telkomsel guna memastikan kenyamanan pelanggan untuk mengakses layanan broadband terdepan tetap terjaga. Selain itu, Telkomsel terus mendorong pelanggan untuk segera melakukan migrasi ke uSIM 4G, pelanggan juga dapat merasakan pengalaman panggilan suara berkualitas HD yang bisa dinikmati sambil mengakses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan menggunakan layanan VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel yang saat ini telah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone dari berbagai brand ternama.

Meningkatnya jumlah pelanggan yang bermigrasi ke 4G juga tak terlepas dari upaya Telkomsel dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G, di antaranya pelanggan dapat memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online melalui tsel.me/graparionline. Kemudian pada mekanisme offline, pelanggan cukup mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat.

Selama proses migrasi ke uSIM 4G dan pada saat registrasi uSIM, Telkomsel akan memastikan validasi registrasi data pelanggan yang terdaftar pada kartu non-4G sebelumnya sudah sesuai dengan identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Pelanggan disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# langsung dari ponsel pelanggan. Apabila terdapat ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan segera melakukan registrasi ulang dengan cara mengetik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444.

Nugroho lebih lanjut menambahkan, Telkomsel turut mendorong pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan machine-to-machine (M2M) seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk dapat melakukan migrasi ke teknologi perangkat yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel. Hal tersebut guna memastikan manfaat layanan dari perangkat yang disediakan dapat beroperasi lebih optimal melalui dukungan jaringan broadband 4G/LTE.

Langkah strategis Telkomsel melalui pemerataan jaringan 4G/LTE ini juga sejalan dengan arahan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI untuk meningkatkan kenyamanan serta pengalaman pelanggan dalam mendapatkan pemerataan dan kesetaraan akses jaringan broadband yang akan semakin mengakselerasi adopsi dan adaptasi gaya hidup digital pelanggan. Komitmen dalam melakukan optimalisasi kapabilitas jaringan broadband melalui pemutakhiran teknologi, peningkatan kualitas dan kapasitas juga mendapatkan tiga penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2022 untuk performansi jaringan Telkomsel selama kuartal Q3-Q4 2022, yakni kategori Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.

Informasi lebih lengkap mengenai mekanisme pelaksanaan program upgrade layanan 3G ke 4G/LTE Telkomsel, jadwal proses, dan daftar kota/kabupaten hingga ragam promo produk serta layanan terkait dapat diakses melalui tautan tsel.me/untungjadi4G.

Hands On Motorola Mototrbo R7, Radio Dua Arah Generasi Baru

motorola mototrbo r7

tabloidpulsa.id – Radio dua arah atau biasa disebut HT, meskipun telah berkembang dan sudah terdigitalisasi, mungkin kerap dianggap sebagai teknologi kuno. Namun sejatinya perangkat ini memiliki pasar yang besar terutama bagi enterprise ataupun industri skala besar. Salah satu fitur kuncinya adalah kemampuan menyebarkan voice dari satu perangkat ke banyak perangkat lain secara instan (One-to-Many). Motorola sebagai salah satu expert di industri ini menghadirkan Mototrbo R7 yang telah dilengkapi sejumlah teknologi terkini.

Pulsa ID berkesempatan untuk mencoba perangkat ini di suasana real dan menyaksikan kemampuan perangkat ini ketika menghadapi sejumlah skenario yang sering dihadapi oleh pengguna 2-way radio.

Desain Kokoh

Layaknya 2-way Radio yang sering kita lihat, baik analog maupun digital, R7 juga didesain dengan sedemikian rupa agar mudah digenggam, dan tahan banting.

Handheld yang membawa sejumlah tombol keypad alfanumerik di bagian muka, dengan layar cukup lebar berukuran 2.4 inci ini mungkin akan mengingatkan kita pada perangkat ponsel jaman dulu. Tapi begitu kita melihat dua knob di bagian atas, yakni knob power/volume dan knob pengaturan frekuensi, sejajar dengan antena perangkat yang termasuk tinggi, baru deh kita sadar bahwa ini adalah radio 2 arah atau handy talky (HT).

Masih di bagian atas kita pun akan menemukan tombol emergency berwarna merah. Sementara di bagian sisi terdapat tombol talk yang besar.

Material perangkat ini bisa dibilang premium sebagai alat yang biasa digunakan di kondisi outdoor nan ekstrim. Memenuhi standar militer MIL-STD 810, berbobot cukup tinggi namun relatif kecil sehingga memiliki portabilitas dan mobilitas tinggi.

Bahkan R7 juga mengantongi dua sertifikasi IP rating, yakni IP68 dan IP66. IP68 seperti yang sering kita temukan di ponsel Flagship mengacu pada kemampuan perangkat untuk menghalau air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit dan partikel debu tanpa membutuhkan casing atau perlindungan tambahan.

Sementara IP66 hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna yang kerap berhadapan dengan air bertekanan tinggi. Semisal pemadam kebakaran. Karena IP66 ini menandakan proteksi terhadap semburan air bertekanan tinggi.

Kualitas Audio

Sebagai perangkat yang digunakan untuk menyampaikan informasi, baik dalam satu rantai komando maupun lini produksi vital, kualitas audio meruaokan hal yang tak kalah penting.

R7 merupakan salah satu perangkat 2-Ways Radio yang dilengkapi dengan teknologi ini. Tidak hanya berbasis software seperti perangkat lain, namun melalui pendekatan hardware yakni penggunaan 2 mikrofon adaptif (1 diletakkan di depan, 1 di belakang) yang mampu memisahkan frekuensi kebisingan dengan frekuensi percakapan.

Ketika dicoba bercakap dengan lawan bicara yang tengah menggunakan bor elektrik, kami tetap bisa mendengar suara percakapan dengan jelas, tanpa terganggu suara bor listrik yang tengah digunakan oleh lawan bicara kami.

Di lapangan, fungsi ini akan membantu mereka berkomunikasi tanpa harus berteriak satu sama lain ketika menggunakan radio dua arah.

Jangkauan dan Konektivitas

Untuk berkomunikasi Mototrbo R7 membawa sejumlah teknologi mulai dari UHF/VHF, WiFi 2.5/5GHz, dan Bluetooth 5.2. Memungkinkan kita bercakap antar perangkat langsung atau dengan banyak perangkat hingga di 250 situs dengan 3000 perangkat maksimal per satu situs melalui solusi yang ditawarkan oleh Motorola.

Kami bahkan menguji kemampuan jaringan R7 ini dengan cara bercakap dengan pengguna R7 di belahan dunia lain, dalam hal ini di Tokyo Jepang. Percakapan berlangsung instan, meskipun kelancaran percakapan ini juga akan dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah bandwidht untuk mengakses cloud.

Baterai

Uji coba yang kami lakukan hanya melalui waktu sekitar 12 jam saja. Namun bisa dilihat bahwa indikator baterai tidak mengalami perubahan signifikan ketika perangkat tetap aktif sepanjang pengujian.

Artinya ini sejalan dengan klaim Motorola yang menyebut bahwa baterai Mototrbo R7 mampu bertahan hingga 28 jam.

Harga

Bagi Anda yang mungkin tertarik memiliki perangkat ini sebagai salah satu solusi di bisnis yang tengah Anda jalankan, jangan khawatir, pihak Motorola dan Harrisma Informatika sebagai distributor utama telah memastikan ketersediaan perangkat yang cukup melimpah.

Satu perangkat Motorola Mototrbo R7 ini bisa dibawa pulang dengan harga mulai dari Rp 12.000.000.

Canon EOS R8 Hadir di Indonesia, Mirrorless Full-Frame Paling Ringan dan Ringkas

Canon EOS R8

tabloidpulsa.id Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia, menghadirkan Canon EOS R8, kamera mirrorless full-frame dengan desain yang ringkas dan ringan. Dengan bobot sekitar 461gram, EOS R8 merupakan kamera full-frame paling ringan saat ini dalam EOS seri R Canon.

Dibekali dengan fitur dan teknologi terkini seperti teknologi Dual Pixel AF II yang cepat dan presisi serta kecepatan continuous shooting hingga 40 fps, EOS R8 memberikan kualitas gambar video dan foto berkualitas tinggi layaknya profesional.

“Kamera dengan ukuran sensor yang besar terkadang membuat bodi kamera menjadi tidak ringkas. Namun dengan EOS R8, para profesional dapat memanfaatkan kualitas full-frame dengan perangkat kamera yang ringkas dan ringan, memberikan keleluasaan untuk pengambilan gambar saat menjelajah kota hingga merekam aktivitas sehari-hari,” ujar Monica Aryasetiawan – Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Para profesional bisa mendapatkan kreativitas lebih dengan kamera full-frame, mulai dari mendapatkan efek bokeh yang memukau dengan menghasilkan depth of field yang lebih dangkal, memaksimalkan pengambilan gambar dengan lensa sudut lebar, hingga gambar yang jernih minim noise pada ISO tinggi. Dengan dibekali sensor gambar CMOS full-frame 24,2 megapiksel dan prosesor DIGIC X, EOS R8 mampu mengambil gambar secara beruntun dengan kecepatan tinggi hingga 40 fps pada mode Electronic Shutter.

Sensor CMOS full-frame ini juga membuat EOS R8 mampu menghasilkan footage 4K UHD tanpa cropping (oversampled dari 6K) berkualitas tinggi hingga 60p. Kamera ini juga memiliki peredaman panas yang membuat pengambilan gambar hingga 4K 30p tanpa batasan waktu perekaman, dan hingga 30 menit pada 4K 60p.

Selain perekaman normal 8-bit, EOS R8 menawarkan opsi perekaman video dengan rentang dinamis tinggi 4:2:2 10-bit. HDR PQ memberikan rentang dinamis yang luar biasa dan warna yang indah. Selain itu, adanya Canon Log 3 membuat fleksibilitas untuk alur kerja post-pro untuk pengolahan warna yang lebih profesional.

EOS R8 mendukung pengambilan gambar Full HD hingga 180 frame per second (180p). Hal ini membuat pengguna mampu merekam video gerakan lambat yang mulus, 6x lebih lambat saat diputar ulang pada 30p.

Saat merekam video tanpa tripod (handheld) kerap kali gambar yang dihasilkan menjadi shaking, namun dengan EOS R8 pengguna tak perlu khawatir karena kamera ini sudah dilengkapi dengan Movie Digital IS yang secara digital dapat melakukan koreksi kemiringan stabilisasi gambar 5 sumbu selama perekaman video, membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih stabil, bahkan saat menggunakan lensa tanpa Optical IS. Saat dikombinasikan dengan lensa yang memiliki Optical IS, kedua sistem melakukan kontrol terkoordinasi untuk hasil stabilisasi gambar yang lebih baik.

Sistem Dual Pixel CMOS AF II pada kamera Canon dikenal akan kecepatan Auto Focus (AF) yang luar biasa dan akurat. Pada EOS R8, sistem AF-nya juga sudah dibekali dengan EOS iTR AF X, teknologi cerdas yang dapat mendeteksi dan melacak wajah, mata, dan tubuh pada orang dan hewan (anjing, kucing, dan burung), serta kendaraan (mobil dan sepeda motor). Termasuk mengidentifikasi subjek lain dan “mengunci” subjek menggunakan karakteristik, seperti bentuk, warna, dan kecerahan.

Untuk mendukung pengambilan gambar di kondisi minim cahaya, juga dapat diatasi dengan sensitivitas ISO hingga 102.400 untuk foto dengan rentang kecerahan fokus hingga EV -6.5 dan sensitivitas ISO hingga 25.600 untuk video dengan rentang kecerahan fokus hingga EV-4.

Fitur Kamera Cinema Profesional

Seperti layaknya menggunakan kamera Cinema Profesional Canon, pengguna juga bisa menikmati beberapa fitur yang ada pada EOS R8 yang biasa ditemukan pada kamera Cinema Canon, yaitu:

Focus Breathing Correction: Fitur ini berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus. Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek.

False Colours and Zebras: Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan dalam kondisi yang sulit.

Aspect Marker Display: Fitur ini berfungsi untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti dimensi ratio untuk kebutuhan di media sosial (1:1), (16:9), dan sebagainya.

UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class): Fitur ini berfungsi untuk transmisi langsung audio dan video Full HD (plug-and-play) ke PC hanya dengan koneksi USB; ideal untuk live streaming.

Kamera ini juga dilengkapi dengan Multi-Function Shoe dan tampilan digital interface yang menghadirkan pengaturan digital tanpa kabel dengan aksesori yang kompatibel, seperti mikrofon eksternal. Untuk pengoperasian, tersedia juga LCD layar sentuh vari-angle berukuran 3,0 inci dan memiliki 1,62 juta titik. Layar ini dapat digunakan untuk pemilihan titik AF, AF sentuh, rana sentuh, pemilihan menu, kontrol cepat, pembesaran, dan lainnya. EOS R8 dilengkapi dengan konektivitas yang beragam, seperti port USB C, Bluetooth, dan koneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data, kontrol jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect.

Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM

Pada saat bersamaan, Canon juga menghadirkan lensa zoom RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM. Lensa ini adalah salah satu lensa zoom dengan mounting RF paling ringan dengan bobot hanya sekitar 210gram dan panjang 5,8cm saat ditarik. Walaupun ringan, lensa ini mampu mencakup tampilan sudut lebar hingga standar pada kamera full-frame dan menawarkan fleksibilitas komposisi yang membedakannya dari lensa dengan focal length berukuran serupa.

Dilengkapi dengan Optical IS 4,5 stop, lensa ini juga mampu mencapai stabilisasi gambar hingga 7,0 stop melalui Coordinated Control IS apabila digunakan dengan kamera sistem EOS R yang dilengkapi dengan In-Body IS.

Saat ini seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R System telah bergaransi 2 tahun. Apabila konsumen memiliki masalah dapat langsung membawanya ke service center yang tersebar di kota – kota besar di Indonesia. Layanan ini memberikan nilai lebih untuk konsumen agar semakin aman dan nyaman dalam menggunakan produk Canon.

PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan kamera mirrorlessCanon EOS R8dengan harga:

  • Canon EOS R8 Bodi: Rp31.299.000
  • Canon EOS R8 RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp 35.799.000
  • Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp5.499.000

Pada tanggal 8 – 31 Mei 2023 PT Datascrip memberikan promo launching EOS R8 dengan harga:

  • Canon EOS R8 Bodi: Rp25.999.000
  • Canon EOS R8 + Lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM: Rp29.999.000

Setiap pembelian EOS R8 bodi only/EOS R8 + lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM akan mendapatkan ekstra baterai LP-E17

PermataBank Bukukan Laba Bersih Rp756 Miliar di Kuartal I 2023

Kantor Cabang PermataBank Pluit Kencana

tabloidpulsa.id – Dengan penerapan strategi bisnis yang konsisten dan berkelanjutan, PermataBank mengawali tahun 2023 dengan mencatatkan laba bersih setelah pajak sebesar Rp756 miliar. Pada kuartal pertama tahun 2023, PermataBank juga mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 4.9% Year-on Year (YoY) menjadi Rp252,7 triliun.  Pencapaian tersebut didukung dengan kualitas aset yang tetap terjaga pada level aman, serta posisi likuiditas dan permodalan yang kuat. Sinergi dan dukungan berkesinambungan dari pemegang saham pengendali, Bangkok Bank PCL, turut serta mempertahankan posisi PermataBank dalam jajaran bank komersial terbesar di Indonesia.

Laba Operasional sebelum Provisi (PPOP) PermataBank tumbuh 3,3% sebesar Rp1,6 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal tersebut dikontribusikan oleh peningkatan Pendapatan Operasional sebesar 5,3% YoY menjadi Rp3,1 triliun yang didukung dari pertumbuhan Pendapatan Bunga Bersih sebesar 20,7%.

Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengatakan, “Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi domestik Indonesia yang menguat hingga di kuartal pertama tahun 2023, PermataBank kembali memperlihatkan pencapaian kinerja yang baik. Hal ini tidak lepas dari komitmen kami untuk menjalankan strategi bisnis dengan mempertahankan pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan melalui pertumbuhan kredit yang sehat dengan prinsip kehati-hatian. Senantiasa mempererat sinergi kami dengan Bangkok Bank sebagai one family, one team dalam menyediakan layanan perbankan dan bekerja #denganhati bagi nasabah PermataBank.”

Seiring dengan strategi untuk memperluas segmen dan memperdalam hubungan dengan nasabah, penyaluran kredit kepada masyarakat terjaga dengan baik dan meningkat 0,5% YoY menjadi sebesar Rp130,1 triliun, didorong oleh pertumbuhan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar 7,0% YoY. Hasil tersebut memperkuat komitmen untuk terus mendorong dan mempercepat pertumbuhan pembiayaan kredit dengan dengan tetap berpegang pada prinsip kehati-hatian dalam menjaga kualitas portofolio kredit. 

Rasio Non-Performing Loan (NPL) gross terjaga stabil di level 3,2%, sementara rasio NPL net tercatat lebih baik pada level 0,4%, dibandingkan 0,6% pada Kuartal I 2022. Bank terus mengupayakan penyelesaian kredit bermasalah melalui upaya restrukturisasi, litigasi, dan penjualan aset.

Ditengah kenaikan inflasi akibat kenaikan harga pangan, rasio Cost to Income (CIR) tercatat membaik menjadi 50,2% pada Maret 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 54,4%.  Rasio BOPO juga dibukukan membaik menjadi 78,1%, dibandingkan dengan posisi Desember 2022 sebesar 82,4%.

Total simpanan nasabah tercatat sebesar Rp190,4 triliun, meningkat 3,6% dibandingkan tahun lalu.  Saat ini PermataBank fokus untuk meningkatkan dana murah CASA, sejalan dengan strategi manajemen untuk memperkuat sumber dana murah dan tetap stabil.  Hingga kuartal pertama tahun 2023, CASA tumbuh 4,7% YoY menjadi Rp108,6 triliun, dengan kontribusi pertumbuhan Giro sebesar 5,7% dan Tabungan sebesar 3,1%, sehingga rasio CASA Bank berhasil meningkat menjadi 57,1%, lebih tinggi dibandingkan posisi akhir Maret 2022 sebesar 56,4%.

Permodalan Bank yang terus menguat menjadi pondasi kokoh dan memberikan peluang pertumbuhan usaha yang lebih prospektif di masa depan baik dengan cara pertumbuhan organik atau anorganik. Hal tersebut menempatkan PermataBank sebagai salah satu bank yang memiliki struktur permodalan yang kuat, yang tercermin dari rasio CAR dan CET-1 masing-masing sebesar 41,4% dan 31,6%, jauh di atas ketentuan minimum regulasi yang berl-aku.

Penguatan Kapabilitas Digital

Dalam mengembangkan produk perbankan berbasis Syariah, PermataBank menghadirkan kemudahan dalam produk Permata RDN (Rekening Dana Nasabah) Syariah dengan layanan teknologi PermataAPI (Permata Application Program Interface) yang terintegrasi secara langsung dengan aplikasi Perusahaan Efek (PE). Teknologi ini memungkinkan nasabah membuka RDN Syariah hanya dalam hitungan menit.

Di kuartal pertama 2023 ini pula PermataBank kembali menghadirkan 3 cabang dengan konsep Model Branch di Pulau Sumatra, yaitu Zainul Arifin-Medan, Podomoro City – Medan, dan Palm Spring – Batam. Kantor cabang dengan konsep Model Branch bertujuan untuk memberikan pengalaman digital yang konsisten dan terintegrasi secara online dan offline sehingga #SemuaMakinBisa menikmati layanan perbankan terpadu.

“Kedepannya, Kami akan terus berfokus pada prioritas strategis Bank yakni: terus berupaya untuk menjadi waralaba deposito dan wealth terkemuka, mitra ekosistem pilihan bagi para pelaku bisnis dan teknologi, dan pemimpin dalam inovasi digital dan layanan perbankan.” tutup Meliza.

MOTOTRBO R7 Atasi Kebisingan untuk Komunikasi Andal

mototrbo r7 harrisma

tabloidpulsa.id – Hari Senin 8 Mei 2023, PT Harrisma Informatika Jaya secara resmi mengumumkan peluncuran Motorola Solutions MOTOTRBO R7 yang kini telah tersedia di Indonesia. R7 sendiri merupakan radio dua arah digital dengan fitur-fitur audio yang canggih dan desain yang ramping serta tangguh, untuk menghubungkan tim di lingkungan yang bising, keras dan tak dapat diduga.

MOTOTRBO R7 Series menawarkan komunikasi suara yang kuat dan jernih bagi karyawan yang bekerja di dekat mesin yang berisik dan ideal digunakan di industri-industri besar seperti manufaktur dan minyak dan gas (Migas).

“Komunikasi radio dua arah yang andal menjadi sangat penting di lingkungan di mana produktivitas melonjak dan keselamatan adalah prioritas tertinggi. Desain R7 yang kokoh namun kompak membuatnya ideal untuk manufaktur, migas, dan sektor komersial lainnya,” kata Yansen Setiawan, Presiden Direktur PT Harrisma Informatika Jaya.

MOTOTRBO R7 mudah dihubungkan ke berbagai sensor melalui DMR dan Bluetooth dan dapat diintegrasikan dengan video keamanan dan sistem kontrol akses. Hal ini memungkinkan personel keamanan menerima notifikasi di perangkat mereka ketika ada upaya ilegal untuk mengakses area terlarang atau memasuki pintu yang terbuka. Operator pabrik dan pekerja lapangan juga dapat menerima peringatan yang penting ketika terdeteksinya gas berbahaya dalam konsentrasi tinggi dan bereaksi dengan cepat untuk memastikan keselamatan semua orang.

PT Harrisma Informatika Jaya sebagai distributor tunggal MOTOTRBO R7 Series telah mendistribusikan portofolio solusi komunikasi radio dari Motorola Solutions lainnya di seluruh Indonesia sejak tahun 2017. Produk Motorola Solutions yang didistribusikan oleh PT Harrisma Informatika Jaya meliputi Radio Analog, Radio Dua Arah Digital, dan solusi komunikasi hybrid dengan seri Motorola ION dan Motorola POC untuk komunikasi melalui jaringan selular. Kini termasuk seri R7 yang merupakan perangkat generasi berikutnya dari Motorola Solutions.

“Potensi pasar radio portabel di Indonesia sangat besar mengingat pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan antara lain didukung oleh sektor-sektor yang dibidik oleh MOTOTRBO R7 Series di Indonesia, seperti manufaktur, pertambangan, kesehatan, migas, dan sebagainya. Dengan pengalaman lebih dari 37 tahun sebagai penyedia kebutuhan solusi IT terkemuka, kami berkomitmen untuk memastikan bisnis yang menggunakan perangkat MOTOTRBO R7 akan mendapatkan layanan purna jual yang kuat dengan layanan perbaikan, penyediaan komponen dan garansi lima tahun.” kata Yansen Setiawan.

Radio portabel MOTOTRBO R7 Series hadir dalam model R7 dan R7a. Model R7 tersedia dalam versi full-keypad dan non-keypad. Sebagai perbandingan, model R7a hanya tersedia dengan non-keypad. Berikut ini adalah fitur-fitur unggulan MOTOTRBO R7 Series:

MOTOTRBO R7 Series beroperasi pada frekuensi UHF dan VHF dan memiliki kapasitas hingga 1000 channel. Perangkat ini dirancang agar tim tetap terhubung saat dibutuhkan. Sistem MOTOTRBO menggabungkan kekuatan sinyal dengan fleksibilitas untuk menyesuaikan cakupan lokasi, struktur biaya yang dapat diprediksi berdasarkan kebutuhan, kontrol untuk memutuskan fitur dan perangkat mana yang digunakan di jaringan, kapasitas untuk perangkat sebanyak yang dibutuhkan tim, dan kemampuan untuk memastikan tim dapat terhubung hanya dengan menekan satu tombol.

Melantai di BEI, DOOH Perluas Pengembangan Teknologi Programmatic Advertising

DOOH masuk BEI

tabloidpulsa.id – Lewat kode saham DOOH, SSPACE yang merupakan brand dari PT Era Media SejahteraTbk  resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). DOOH resmi menjadi perusahaan ke-36 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2023, dan menjadi perusahaan tercatat ke-860 hingga saat ini.  

Perseroan melepas 20% dari total saham yang akan dicatatkan yaitu sebanyak 1,55 miliar saham dengan kisaran harga Rp 100,- per saham. Nilai dana IPO yang didapatkan perseroan sebesar Rp 154,75 Miliar . Secara bersamaan Perseroan juga menerbitkan 1,2 miliar Waran yang diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang saham Perseron, dimana setiap pemegang 5 (lima) saham yang ditawarkan berhak memperoleh 4 (empat) Waran Seri I.

Tingginya minat atas saham perdana Perseroan, menyebabkan Penawaran Umum Saham Perdana DOOH mengalami oversubscribed sebanyak 4.26 kali. Hal ini menunjukkan optimisime pasar yang besar atas prospek dan kinerja Perseroan.

DOOH merupakan satu-satunya perusahaan media periklanan yang memberikan layanan Guaranteed Return on Ad Spend (ROAS) yang didukung lebih dari 2.200 aset Programmatic Digital Out of Home (Programmatic DOOH), 900.000 titik Out Of Home (OOH), dan 13.800 fulfillment center yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, selain itu Perusahaan juga menjalankan bisnis periklanan digital dengan lebih dari 32 juta monthly impressions

DOOH beroperasi sejak 2021 dan memulai aktivitas operasional sebagai agensi periklanan dengan lebih dari 300 aset media dan sejak tahun 2022 perusahaan telah bertransformasi menjadi perusahaan media owner. Perusahaan telah membukukan laba bersih Rp 5,3 Miliar per September 2022, meningkat 23% dibandingkan periode September 2021.

Melalui IPO, DOOH berencana untuk menambah aset media yang dimiliki dengan pengembangan programmatic advertising yang menunjang perkembangan bisnis perusahaan ke depan dalam menghadapi persaingan industri periklanan secara global.

DOOH optimis dapat memperluas basis klien untuk periklanan, ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang mulai pulih pasca pandemi. Terlebih lagi, DOOH merupakan satu-satunya perusahaan media periklanan yang memiliki layanan Guaranteed Return on Ad Spend (ROAS) yang dapat memberikan kepastian penjualan bagi para pemilik Brand.

Layanan ini mengubah stigma periklanan yang selama ini merupakan biaya pemasaran menjadi sebuah investasi yang menghasilkan pendapatan bagi Brand. Strategi penempatan iklan ini menggabungkan saluran media online dan offline dengan menggunakan teknologi yang selanjutnya akan didistribusikan ke media yang berlokasi strategis dan dapat diukur efektivitasnya. 

Direktur Utama DOOH, Doni Teguh Pribadi mengatakan, “Kami sangat berterimakasih dan bersyukur atas tercatatnya saham DOOH di Bursa Efek Indonesia, ini merupakan langkah awal kami dalam meraih visi menjadi perusahaan media periklanan global yang dapat membantu seluruh stakeholder dalam meningkatkan branding dan profitabilitas. Kami sangat optimis dengan perkembangan industri periklanan dan perusahaan ke depan, terlebih lagi dengan jumlah aset media serta skema beriklan Guaranteed Return on Ad Spend (ROAS) yang kami miliki, kami yakin dapat membantu berbagai brand dalam mengoptimalkan budget periklanan yang mereka miliki dan memberikan kinerja penjualan yang terukur.” 

Review OPPO Find N2 Flip: Flagship Lipat dengan 4 Faktor Kunci

OPPO Find N2 Flip Review N3 Flip
ilustrasi

tabloidpulsa.id – Menjadi ponsel lipat OPPO pertama yang dirilis untuk pasar global, Find N2 Flip hadir dengan sejumlah perbaikan yang menjadi faktor kunci. Selain mendesain ponsel ini dengan lebih kecil, ringan dan intuitif (01), OPPO memberikan perhatian ekstra pada lekukan layar atau crease sehingga hampir tak terlihat (02), daya tahan ponsel yang lebih anti banting alias durabilitas tinggi (03), serta baterai yang bertahan lama (04).

Namun siapa sangka, selain 4 Faktor kunci di atas, ponsel lipat OPPO Find N2 Flip untuk pasar Indonesia juga dirakit di Dalam Negeri. Berikut ulasannya.

Harga: Rp 14.999.000 (8+256 GB)
Pilihan Warna: Moonlight Purple, Astral Black
Paket Penjualan: Smartphone OPPO Find N2 Flip, Hard Silicon Case, Charger adapter dan kabel data USB Type C SuperVOOC 44W, buku manual, pin ejector, kartu garansi.

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)166.2 x 75.2 x 7.5 mm (unfolded)
85.5 x 75.2 x 16 mm (folded)
191 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 13 berbasis Android 13
Supported storage eksternalTidak
Layar inci – Tipe Screen6.8 inci, ~86.4% screen-to-body ratio, 1080 x 2520 pixels, LTPO AMOLED 120 Hz, HDR 10+, 1200nits
Cover screen: AMOLED, 3.26 inci, 382 x 720 pixel, 800-900nits
Prosesor/ CPUMediatek Dimensity 9000+(4nm); CPU Octa-core (1×3.20 GHz Cortex-X2 + 3×2.85 GHz Cortex-A710 + 4×1.80 GHz Cortex-A510), GPU: Mali G710 MC10
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
50 MP Main Camera F/1.8
8MP Ultrawide Camera F/2.2
Video: 4K@30fps, 1080p@60fps and 30fps  

Depan Single: 
32MP F/2.4
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)4300 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 44W
Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak
KELEBIHANKEKURANGAN
Ukuran pas digenggaman saat dilipatTidak ada fitur stabilization di video
Layar eksternal lega dan memiliki banyak fungsi yang aplikatifTidak ada perlindungan berstandar IP
Lipatan layar utama hampir tak terlihat dan relatif tak terasa karena tidak dalam
Kamera flagship dengan IMX890 dan Chip Marisilicon X 
SuperVOOC 44W 
Paket penjualan lengkap dan tidak merepotkan dengan box premium 
Chipset kelas flagship dengan penggunaan daya yang efisien 

Desain dan Layar

Ponsel OPPO Find N2 Flip merupakan ponsel lipat yang terlipat secara vertikal, alias flip. Meminjam istilah flip notes atau buku catatan yang dilipat ke atas dan ke bawah (Flipped).

Di pasaran tentu ponsel ini bukan yang pertama. Namun memberikan keuntungan dan tantangan untuk bagaimana meningkatkan kualitas, mengurangi keluhan dan menjadi lebih baik dari produk yang sudah ada.

Di sisi desain, hal tersebut terlihat cukup dominan. Mulai dari ukurannya yang pas dengan genggaman tangan kebanyakan pengguna ponsel, baik saat dilipat maupun saat dibuka, hingga penggunaan teknologi engsel terbaru yang imbasnya akan merembet ke beberapa hal lain.

Engsel Flexion Hinge yang diakui sebagai terbaik di kelasnya, digunakan di ponsel ini karena ukurannya kecil namun kuat dengan bahan baja ringan. Ukuran kecil ini dimanfaatkan OPPO untuk meletakkan layar di bagian penutup yang relatif besar.

Engsel ini akan melipat layar ke dalam bentukan tetesan air. Artinya tidak benar-benar ditekuk. Sehingga bekas tekukannya pun jadi tersamarkan. Dan yang paling penting, penggunaan teknik lipatan ini akan mengurangi kedalaman lipatan sehingga meskipun sedikit terlihat, namun tidak begitu terasa saat jemari kita melintas di atas lipatan ini.

Setidaknya hal ini akan kita rasakan ketika kita bandingkan langsung dengan ponsel flip lain yang sudah ada terlebih dahulu di pasaran. Lipatan, baik bekas lipatan di layar maupun parit yang terbentuk di bawahnya akan lebih samar atau tidak terasa/terlihat di OPPO Find N2 Flip.

Saat ponsel ditutup, kita akan menggenggam sebuah ponsel berdesain ringkas, hampir 1:1, dengan bagian cover yang memperlihatkan layar eksternal alias cover screen berukuran 3,26 inci dengan rasio 17:9. Alias berdiri memanjang ke bawah, seakan-akan seperti layar utama ponsel yang diperkecil.

Secara cerdas OPPO memanfaatkan keberadaan layar eksternal ini untuk sejumlah aktivitas yang banyak digunakan oleh orang sehingga mampu berinteraksi dengan fitur kesayangan tanpa harus sering membuka lipatan ponsel.

Artinya cukup luas untuk berinteraksi, dan memuat informasi penting dalam satu layar yang sama.

Kami mencoba menggunakan ponsel ini dengan seekstrim mungkin. Semisal membuka layar ponsel dengan melempar layar atas, dan menutupnya kembali dengan cara yang sama secara berulang. Namun kami tidak merasakan ada penurunan kualitas di bagian engsel ponsel ini.

Kamipun sempat mencoba kekuatan grip dari kedua layar saat tertutup dengan cara menyelipkan brosur di tengah-tengah layar lipat, lalu menggantung ponsel dengan kertas brosur sebagai pegangannya. Terbukti ponsel tidak terjatuh, kecuali kertasnya memang memiliki permukaan yang licin.

Semua tombol diletakkan di bagian kanan ponsel, atau di sisi samping lensa kamera utama. Ada tombol volume dan power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Keputusan yang tepat, meskipun ponsel ini membawa layar AMOLED yang memungkinkan untuk meletakkan sensor sidik jari di bawah layar, namun kehadirannya di titik sekarang berada akan mempermudah kita saat mengakses layar eksternal, sehingga tetap aman.

Sementara di bagian lipatan belakang kita hanya akan menemukan tulisan OPPO dan Hasselblad.

Saat ponsel ini dibuka secara vertikal, kita akan mendapati sebuah area layar utama, yang terbentang dengan diagonal 6,8 inci dengan rasio 21:9. Alias cukup tinggi, sehinggaungkin agak kesulitan meraih ujung atas layar dengan penggunaan satu tangan.

Layar ini berpanel LTPO AMOLED. Jenis layar AMOLED dengan refresh rate dinamis sehingga mengurangi penggunaan daya yang tidak perlu. Maksimalnya layar Find N2 Flip mendukung refresh rate tinggi yakni 120Hz.

Kita akan bahas lebih banyak mengenai panel layar ini di tulisan rubrik Tekno mendatang.

Selebihnya, di layar utama ini ada lubang kamera selfie dengan desain punch hole di bagian atas tengah.

Software dan User Interface

OPPO Find N2 Flip membawa ColorOS 13 berbasis Android 13. Dari sisi tampilan hingga fitur yang disediakan hampir tidak berbeda dengan versi Oppo Flagship non lipat. Hanya saja khusus untuk ponsel ini ada sejumlah tambahan terkait widget Layar eksternal.

Sejumlah fitur semisal music controller, hadir tidak dari awal kami memegang produk ini. Widget tersebut baru hadir setelah peningkatan software atau update OS. Artinya OPPO bisa dengan mudah menambah fitur baru untuk kebutuhan layar eksternal, dan ini adalah kabar gembira bagi pengguna di kemudian hari.

widget pada cover screen

Kita bisa mengatur dan menggunakan sejumlah fitur saat ponsel dalam keadaan tertutup menggunkan widget-widget tadi. Ada kebutuhan kamera, yang menjadikan layar eksternal sebagai viewfinder untuk berselfie menggunakan kamera utama, ada music controller yang mampu menampilkan album art dengan sempurna dan mengontrol pemutaran musik dengan layar yang sama, bahkan menampilkan pesan WhatsApp layaknya di layar utama. Hanya saja kita tidak bisa mengetik balasan, kecuali dengan quick reply dan voice message.

Selain itu, kita bisa mengakses control panel melalui layar eksternal. Sehingga kita bisa mengatur koneksi WiFi, blutooth dan sabagainya, tanpa harus membuka layar lipat.

Chipset dan Memori

Sebagai ponsel Flagship, OPPO Find N2 Flip sudah dibekali chipset yang mumpuni. Yaitu Mediatek Dimensity 9000+. Chipset flagship dengan fabrikasi 4nm yang membawa CPU dengan 3 jenis inti.

Membawa 8 inti CPU, Dimensity 9000+ menyelipkan satu inti anyar ARM Cortex-X2 dengan speed 3,2 GHz, ditemani dengan 3 inti Cortex-A710 dan sisanya 4 inti Cortex-A510, masing-masing memiliki clock speed 2,85 GHz dan 1,8 GHz.

Sementara GPU yang dibawa merupakan besutan ARM yakni Mali G710 MC10. Merupakan GPU yang siap untuk menjalankan game di ponsel premium.

Produk yang kami review memiliki RAM sebesar 8GB dengan storage 256GB. Dengan dukungan RAM expansion hingga tambahan 8GB lagi.

Tapi yang menarik di ponsel ini juga hadir AI processor besutan OPPO yakni Marisilicon X. Bertanggung jawab di sisi pemrosesan foto yang diambil melalui ponsel ini sehingga mampu menghasilkan foto dan video low light bahkan di resolusi 4K dengan lebih baik dan cepat.

Baterai dan Pengisian Daya

Satu faktor kunci yang dibawa oleh OPPO Find N2 Flip sebagai ponsel lipat yang dapat memperbaiki ponsel sebelumnya ada di sisi baterai. Ponsel ini membawa baterai berkapasitas 4300 mAh, mampu bertahan seharian berkat efisiensi daya yang dilakukan oleh chipset dan OS.

Sementara untuk mengisi ulang, baterai ponsel ini sudah mengadopsi ekosistem SuperVOOC dengan daya maksimal yang bisa dialirkan di angka 44W.

Ini juga menjadi jawaban mengapa tidak ada wireless charging di ponsel ini. Karena ekosistem pengisian daya yang diadopsi merupakan pengisian yang mengutamakan kecepatan dan keamanan.

Kamera

Selain membawa chipset khusus AI photography, Marisilicon X, OPPO Find N2 Flip juga membawa sensor kamera Flagship terbaru dan juga software kerja sama yang dikembangkan bersama Hasselblad.

Bagi pecinta fotografi, pastinya akan mengapresiasi fitur-fitur ini. Kerjasama OPPO dan Hasselblad bertujuan untuk menghasilkan satu formula agar foto bisa tertangkap dengan lebih cemerlang dan tajam. Dan dengan bantuan Marisilicon X, maka foto dalam kondisi cahaya tidak berlimpah pun mampu ditangkap dengan apik dengan tingkat hitam yang lebih dalam.

Kamera utama Find N2 Flip diletakkan di bagian cover atas. Atau saat ponsel ditutup dia akan ada di bagian penutup. Terdiri dari dua lensa yaitu 50MP utama dengan sensor Sony IMX890, dan 8MP ultrawide dengan sensor IMX355.

Sementara untuk kamera selfie, merupakan kamera selfie autofokus khas OPPO dengan sensor IMX709 dan lensa setara 21mm.

Kita bisa merekam video hingga 4K di 30fps. Sayangnya tidak ada stabilizer yang kami temukan. Sebagai gantinya, kita bisa mengubah cara perekaman video dengan membengkokkan layar atas 90 derajat sehingga menyerupai camcorder.

Di mana kita bisa mengambil gambar dengan lebih steady, dan ada keuntungan lain, karena mic ponsel akan mengarah ke kita (perekam) sehingga cocok untuk membuat vlog.

kamera selfie
XPAN Hasselblad

Kesimpulan

OPPO Find N2 Flip mungkin bukan ponsel flip pertama di pasaran, tapi terbukti membawa sejumlah fitur yang lebih baik. Setidaknya tepat sasaran dan tepat guna menyesuaikan pasar yang dituju.

Engsel yang lebih baik, layar eksternal yang lebih akomodatif, baterai dan pengisian cepat yang lebih teruji, durabilitas, serta layanan purna jual yang memadai adalah hanya sedikit keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Tunggu harga resminya di tanggal 10 Mei 2023, pukul 18.00 WIB.

Find N2 Flip, Flagship OPPO Pertama yang Diproduksi di Indonesia

pabrik oppo indonesia find n2 flip

tabloidpulsa.id – OPPO Indonesia diketahui telah meresmikan dan mengoperasikan pabrik barunya di area Tangerang sejak Agustus tahun lalu. Hal ini merupakan bentuk komitmen OPPO dalam menghargai kebijakan pemerintah Indonesia, terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Jika sebelumnya pabrik ini hanya memproduksi A Series dan Reno Series, maka mulai April 2023 pabrik OPPO di Indonesia sudah mampu memproduksi ponsel flagship, Find N2 Flip.

Tidak sedikit penyesuaian yang dilakukan oleh OPPO Indonesia. Termasuk investasi menghadirkan alat baru yang lebih canggih hingga seleksi SDM terbaik, khusus untuk menangani produk flagship tersebut. Berikut laporan PULSA saat melakukan factory visit beberapa waktu lalu.

Flagship Sebelum Find N2 Flip

Disampaikan oleh perwakilan OPPO, bahwa sebelumnya ponsel flagship OPPO dapat dipasarkan di Indonesia dengan bantuan TKDN software. Dengan menanamkan sejumlah aplikasi lokal dengan sejumlah persyaratan khusus.

Sejalan dengan perubahan aturan TKDN yang meminta produsen untuk juga membuat produknya di dalam Negeri, maka pabrik OPPO Indonesia meningkatkan kapabilitasnya untuk dapat merakit semua ponselnya, tak terkecuali produk flagship.

Lini Produksi Khusus

Mulai April 2023, pabrik OPPO Indonesia menambahkan satu lini produksi baru, khusus untuk mengerjakan perangkat OPPO Find N2 Flip.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Pabrik OPPO Indonesia secara khusus mendatangkan sejumlah alat, salah satunya adalah Degassing Engine. Merupakan alat khusus untuk menghilangkan udara yang terjebak di bawah anti gores OPPO Find N2 Flip saat proses produksi.

degassing engine

Dan sebuah mesin humidity untuk memastikan tidak ada debu atau partikel lain yang menempel di OPPO Find N2 Flip.

Satu lini produksi Find N2 Flip dikerjakan oleh sekitar 80 orang, terdiri dari 60 orang di produksi dan 20 orang di bagian packaging. Jika dibandingkan dengan lini produksi Lain, semisal A77s, hanya membutuhkan 50 orang saja.

Pekerja yang mengerjakan lini produksi khusus Find N2 Flip ini merupakan pekerja terbaik yang telah dipilih dari masing-masing post dengan nilai pengujian di atas rata-rata.

Pabrik OPPO Indonesia sendiri menyebut mereka sebagai the dream team.

Lini produksi OPPO Find N2 Flip memerlukan waktu 90 menit untuk menghasilkan satu perangkat hingga ke pengetesan tanpa proses packaging.

Quality Control

Pabrik OPPO Indonesia juga menunjukkan keseriusan mereka akan kualitas produk yang dirakit. Melalui sejumlah uji kualitas ekstrim, semisal untuk membuka tutup layar OPPO Find N2 Flip hingga 150.000 kali, menjatuhkannya dari ketinggian 1 meter berulang kali, juga mengetes kualitas kamera, dan port charger.

Dengan pengawasan dan standard produksi yang ketat, maka Pabrik OPPO Indonesia menyatakan optimisme mengenai kualitas produksi mereka yang akan segera diluncurkan pada 10 Mei 2023 mendatang.

Review realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition : Apa yang Berubah?

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition

tabloidpulsa.id – Sebelumnya kami telah mereview produk realme 10 Pro 5G (baca di sini). Dan sejatinya, produk yang masuk dalam meja review kami kali ini adalah produk yang sama. Beruntung, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition hanya menyediakan satu varian saja, yakni varian RAM 8GB dengan ROM 256GB, yang mana merupakan varian berbeda dari produk realme 10 Pro 5G yang telah kami review sebelumnya.

Setidaknya, kami bisa memperlihatkan apa saja yang dipertahankan, dan apa saja yang berubah atau ditambahkan di produk limited edition kali ini. Termasuk hasil benchmark yang mungkin mengalami peningkatan, karena besaran memori yang lebih baik? Seharusnya sih tidak sampai signifikan atau bisa jadi demikian, karena itu baca terus sampai habis.

Harga: Rp 4.999.000 (8+256 GB)
Pilihan Warna: Coca-Cola Edition
Paket Penjualan: Smartphone realme 10 Pro 5G, Charger adapter dan kabel data USB Type C SuperVOOC 33W, Silicon case, buku manual, pin ejector berbentuk tutup botol, stiker DIY, kartu garansi.

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)163.7 x 74.2 x 8.1 mm/ 190 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)realme UI 4.0 berbasis Android 13
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.72 inci, ~93.76% screen-to-body ratio, 1080 x 2400 pixels, IPS LCD 120 Hz
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 695 5G (6nm); CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU: Adreno 619
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
108 MP Main Camera F/1.8
2MP Depth Camera F/2.4
Video: 1080p@30fps  

Depan Single: 16MP F/2.4
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 33W

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

KELEBIHANKEKURANGAN
Desain Retro Klasik dengan tepian kotakTidak ada kamera UltraWide
Warna apik dengan sentuhan Coca-Cola limited editionTidak bisa merekam video 4K
Chipset Snapdragon 695 5G dengan penggunaan daya yang efisien
Layar IPS LCD dengan tepian tipis, hanya 1mm. enak dilihat dan enak digunakan karena membawa refresh rate 120 Hz. 
SuperVOOC 33W 
Support Codec Bluetooth HD Audio, LDAC dan LHDC 
Ada Colokan Audio 3.5 mm 

Desain – Perubahan Terbesar

Perubahan terbesar yang ada di produk limited Edition kali ini adalah di sisi desain. Jika sebelumnya realme 10 Pro 5G dihadirkan hanya dalam dua warna pilihan, kini diberi warna unik, sedemikian rupa hingga mengingatkan kita pada kaleng kemasan Coca-Cola karena ada sentuhan warna metalik matte yang menyerupai aluminum, juga dengan logo Coca-Cola yang dicrop seakan-akan hilang di bagian lengkungan pada kaleng.

tombol power sekaligus fingerprint sensor

Juga ada perpaduan warna hitam dan merah yang merupakan warna korporat Coca-Cola sekaligus memberikan efek klasik. Di bagian ini tetap hadir dua lensa kamera Halo alias membulat yang menjadi ciri khas seri realme 10 Pro 5G.

Layar dan UI

Pada bagian layar sebenarnya tidak ada yang berubah. Masih merupakan layar yang menarik berpanel IPS LCD dengan refresh rate dinamis hingga 120 Hz. Dengan bentangan 6.72 inci dan resolusi 2400 x 1800 pixel. Termasuk bezel samping yang tetap dibuat tipis hanya 1 mm, sehingga membuat layar jadi terasa lebih lega untuk segala kebutuhan.

hampir tanpa bezel di sisi layar kanan dan kiri

Tapi di sisi UI bawaan, realme melakukan sejumlah perombakan unik. Dimulai dari theme Coca-Cola, dengan gambar latar gelembung soda pada minuan Coca-Cola yang juga menampilkan gradasi dari hitam gelap di bawah hingga coklat cerah di bagian lebih atas.

Ikon aplikasi juga dibuat sedemikian rupa hingga sejalan dengan tema tampilan Coca-Cola. Hampir semua ikon aplikasi dirombak, terutama aplikasi bawaan sistem, semisal ikon setting yang biasanya diberi gambar gear, kini menjadi tutup botol Coca-Cola berwarna merah.

Sementara ikon-ikon aplikasi Google dan pihak ketiga hanya diberi aksen lingkaran merah di bagian luar sehingga tetap senada dengan ikon-ikon aplikasi lainnya.

Coca-Cola Theme

Tidak hanya sampai tampilan ikon, realme juga menambahkan sejumlah audio ikonik. Semisal nada khas atau jingle Coca-Cola alias Cola Official Music, bunyi tutup botol terbuka yang diikuti bunyi soda keluar dari lubang botol atau disebut Open Happiness, dan bunyi soda memecah ketika dituangkan ke dalam gelas atau disebut Cola Bubbles.

Bunyi dan musik ini secara default telah menjadi nada dering Anda, untuk telepon, sms dan bahkan suara shutter kamera. Jadi pastikan Anda telah memahami ini sebelum mengambil foto di keramaian, kecualil kalau memang Anda tengah mencari perhatian.

Selain yang disebutkan di atas, tidak ada yang berubah. Termasuk kemampuan dynamic RAM hingga 8GB.

Chipset dan Memori – Kali ini ROM 256 GB

Untuk urusan chipset, kembali realme 10 Pro 5G edisi Coa-Cola mengandalkan chipset Snapdragon 695 5G. SoC ini membawa CPU 8 inti, dengan konfigurasi 2 inti Kryo 660 Gold dengan clock speed 2.2 GHz dan 6 inti Kryo 660 Silver dengan kecepatan 1.8 GHz. Juga GPU kelas menengah ke atas yakni Adreno 619. RAM LPDDR 4X 8 GB dan ROM UFS 2.2 128 GB.

Bedanya, kali ini varian memori yang tersedia hanya ada satu. Yakni 8/256 GB. Berbeda dari produk yang sebelumnya kami review yang merupakan varian 8/128 GB. Seharusnya sih tidak banyak yang berubah, terutama karena besaran RAM nya yang terbilang sama.

Dan ternyata benar adanya. Ketika kami coba benchmark dengan aplikasi benchmark yang sama, ponsel inipun menghasilkan nilai yang kurang lebih sama. Hanya saja dengan besaran ROM lebih besar, maka kita bisa menyimpan lebih banyak foto dan file lain.

Baterai dan Fast Charging

Tidak ada yang berubah di bagian ini dan itu yang kami harapkan. Seperti halnya realme 10 Pro 5G yang telah kami review sebelumnya kapasitas baterai 5000 mAh yang dibawa sudah mencukupi kebutuhan kami dalam beraktivitas seharian. Bahkan saat dibawa sebagai ponsel navigasi dan fotografi di kesempatan perjalanan mudik Lebaran 2023, ponsel ini bisa bertahan 3 hari tanpa pengecasan sama sekali.

Hal yang bisa kita nikmati di sebuah ponsel baru dengan kapasitas besar. Daya tahan baterai ini tentu akan berkurang seiring berjalannya waktu, namun dengan rekam jejak seperti di atas, nampaknya baterai produk ini bisa bertahan beberapa tahun sampai kita merasakan ada yang berubah.

Menariknya ponsel ini pun dilengkapi dengan teknologi pengisian daya ccepat yang terbukti aman, yakni SuperVOOC dengan besaran daya yang dihantarkan 33W. Secara teori mampu mengisi baterai dari nol ke 50% dalam waktu 30 menit saja.

Kamera

Demikian halnya di bagian fotografi. Kamera realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition adalah kamera yang sama dengan produk versi sebelumnya, yang mana tidak mengecewakan kami. Memotret jadi lebih sat set berkat adanya fitur Street Photography 3.0 yang memudahkan kita masuk fitur kamera dengan cepat dan menyediakan sejumlah efek menarik bertema Coca-Cola 1980-an.

Kamera ponsel ini mengadopsi teknologi Hypershot Imaging Architecture yang sebelumnya hanya hadir di seri GT saja. Maka wajar jika hasil foto pun terasa apik, dan memotret jadi lebih menyenangkan.

Termasuk untuk mengabadikan momen di malam hari atau saat cahaya kurang berpihak pada kita.

outdoor
indoor
portrait
portrait02
night coca-cola 80’s
night normal

Kesimpulan

Sekedar mengingatkan, harga realme 10 Pro 5G varian 8/256 GB dijual Rp 4.999.000 saat launching. Ini berarti dengan tambahan desain, software dan sejumlah pernak-pernik Coca-Cola lainnya realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition dijual dengan harga yang sama. Menarik bukan? Hal yang jarang ditemui pada ponsel kolaborasi lainnya. Tetap mempertahankan apa yang terbaik yang dimiliki, dan harga varian biasa, lalu menambahkan value bertema minuman berkarbonasi kesukaan saya di waktu muda, maka produk edisi terbatas ini bisa jadi produk koleksi yang digunakan sehari-hari.         

Segera Hadir, Huawei Matepad 11 (2023) Si Tablet Rasa PC

huawei matepad 11 2023

tabloidpulsa.id – Huawei Device Indonesia akan segera meluncurkan HUAWEI MatePad 11 2023 pada 12 Mei mendatang. HUAWEI MatePad 11 2023 hadir sebagai varian tablet terbaru yang memperkuat solusi on-the-go atas kebutuhan produktivitas dan hiburan digital. Tablet ini dirancang portabel dan  ringan dengan baterai tahan lama, namun memiliki tampilan dan performa yang  menyerupai PC atau laptop , serta dilengkapi aplikasi PC-Level WPS Office yang eksklusif hanya tersedia di tablet anyar Huawei ini, dimana aplikasi ini mampu menghadirkan pengalaman pengolahan dokumen dengan fitur lengkap layaknya laptop.

HUAWEI MatePad 11 2023 merupakan bukti nyata dari komitmen Huawei untuk terus menyempurnakan pengalaman rasa PC pada perangkat tablet. Pada dua tahun belakangan ini, Huawei Device kerap membawa premis “tablet rasa PC” karena pada beberapa generasi sebelumnya, Huawei telah menghadirkan berbagai inovasi dan terobosan untuk menghadirkan pengalaman produktivitas yang dapat menyerupai PC.

Terdapat berbagai keunggulan utama yang membedakan HUAWEI MatePad 11 2023 dengan pendahulunya. Dari sisi hardware, detachable keyboard (Keyboard lepas pasang) yang sebelumnya hanya ada di seri flagship tablet Huawei akan ada di paket penjualan HUAWEI MatePad 11 2023. Keyboard ini dapat disambungkan dengan tablet maupun dilepas namun tetap dapat digunakan mengetik secara wireless berkat koneksi bluetooth. Hadir juga  sistem operasi terbaru HarmonyOS 3.1 yang menjadikan kinerjanya kian seamless, serta penggunaan PC-Level WPS Office yang mampu memaksimalkan pekerjaan di tablet layaknya menggunakan PC. Akan hadir juga GRATIS Stylus M-Pencil 2nd Gen dan Bluetooth Mouse saat periode Pre-Order.

Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia mengatakan, “Peluncuran HUAWEI MatePad 11 terbaru menegaskan komitmen Huawei untuk menghadirkan perangkat dengan beragam fitur dan teknologi terdepan untuk semua kalangan, termasuk di segmen mid-range. HUAWEI MatePad 11 2023 dirancang dengan penyempurnaan dari teknologi dan fitur yang menjadikan tablet-tablet pendahulunya sukses. Dengan perangkat lunak yang ditingkatkan, tablet ini mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan profesional lewat dukungan aplikasi PC Level WPS Office” tutup Patrick.

Perwakilan dari kantor pusat Huawei, Samuel Huang, Director of Smart Office Product Marketing Department, Huawei Consumer Business Group mengatakan “Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pengalaman layaknya PC telah menjadi arahan strategi utama dari tablet Huawei. Kami dengan bangga menjadi salah satu perusahaan teknologi yang secara lengkap mengintegrasikan produktivitas layaknya PC mulai dari software, hardware hingga aksesoris.”

“Oleh karena itu, tablet benar-benar dapat menjadi perangkat super yang mampu memberikan produktivitas bertenaga seperti laptop dengan tetap mempertahankan mobilitas tinggi dan pengalaman hiburan yang luar biasa. Pengalaman seperti PC menutup kesenjangan antara tablet dan PC, dan HUAWEI akan terus berinovasi dalam hal tersebut.” tutup Samuel. 

HUAWEI MatePad 11 2023 bisa didapatkan secara pre-order melalui saluran penjualan online dan offline lengkap dengan berbagai bonus menarik. Setiap pembelian tablet anayr Huawei ini selama pre-order pada 12 Mei – 26 Mei, pelanggan akan mendapatkan gratis detachable keyboard, Stylus M-Pencil 2nd Gen, Bluetooth Mouse, Keanggotaan Vidio Platinum selama 2 bulan, dan Huawei Cloud Storage 50GB selama 1 bulan dengan total nilai senilai Rp. 3,1 juta.

HUAWEI MatePad 11 2023 dapat dibeli secara  offline di HUAWEI Authorized Experience Store terdekat dan jaringan retail Erafone di seluruh Indonesia. Konsumen juga dapat mengunjungi Linktree resmi HUAWEI Indonesia untuk pembeliannya.

Perangkat ini juga dapat dibeli secara online melalui e-commerce di laman Huawei Official Store yang tersedia di Shopee & Tokopedia. Untuk pembelian melalui online di Shopee & Tokopedia, terdapat tambahan hadiah berupa voucher early bird senilai Rp. 100 ribu yang dapat diklaim pada tanggal 4 – 11 Mei 2023, dan dapat digunakan saat pembelian selama masa pre-order dari 12 – 26 Mei 2023, serta tambahan diskon extended warranty service sebesar 40% untuk perlindungan device yang lebih lama.

Fitur Andalan HUAWEI MatePad 11 2023

HUAWEI MatePad 11 2023 dilengkapi dengan begitu banyak fitur andal yang menjadikannya benar-benar berfungsi layaknya PC, namun dengan fleksibilitas khas tablet. Beberapa fitur utama yang paling menyita perhatian adalah:

●          Tablet yang ringan dengan pengalaman penggunaan setingkat PC

Kehadiran HUAWEI MatePad 11 2023 mempertegas jajaran tablet pintar dari Huawei yang ringan. Dengan berat 485g, tablet ini mampu memberikan fungsi layaknya sebuah laptop pada umumnya.

Huawei bekerja sama dengan WPS dalam menampilkan PC-Level WPS Office yang hanya eksklusif di HUAWEI MatePad 11 2023. Adanya fitur PC-Level WPS Office ini dapat membuat pelanggan merasakan PC Experience dari sisi tampilan dan penggunaannya.  Terdapat fitur-fitur seperti custom margin di Word, pemakaian pivot table dan chart di Excel, hingga animation effect di PowerPoint, yang dimana fitur ini tidak ada di WPS versi mobile, pemrosesan dokumen online, ataupun tablet lain. Bahkan, saat tersambung mouse, kursor mouse akan otomatis menjadi tanda panah di PC-Level WPS Office untuk navigasi yang semakin mudah dan presisi. Dengan ini, HUAWEI MatePad 11 2023 merupakah tablet pertama yang mampu menghadirkan pengalaman Office ala laptop di OS tablet.

●          SMART Keyboard dan M-Pencil generasi terbaru untuk mendukung produktivitas

Tablet pintar ini dibekali dengan HUAWEI M-Pencil 2nd generation serta SMART Detachable Keyboard yang lebih ringan dan fleksibel dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Terdapat Huawei Notes untuk mencatat dengan stylus M-Pencil ini kapanpun dan dimanapun. Terdapat fitur auto convert gambar, tulisan ke teks, bahkan ketebalan garis coretan yang akan berubah tergantung seberapa kuat kita menekan stylusnya saat mencatat atau menggambar.

HUAWEI MatePad 11 2023  juga mendatangkan fitur baru yang mendukung pengguna untuk lebih produktif. Ada App Multiplier yang membuat pengguna dapat mengerjakan 2 aktivitas di aplikasi yang sama. Tersedia juga fitur Multi-Windows yang memungkinkan pengguna membuka 4 aplikasi secara bersamaan.  Ada juga beragam aplikasi lainnya yang tersedia untuk menunjang multitasking pengguna.

●          Nikmati pengalaman hiburan terdepan dengan audio dan layar berkualitas tinggi

HUAWEI MatePad 11 hadir dengan dengan 4 speaker yang menghadirkan dunia audio yang baru untuk pengguna. Bass yang kuat hingga nada yang tinggi mampu dihasilkan oleh HUAWEI Histen 8.0 yang mampu menghasilkan suara favorit dengan jernih dan berkualitas tinggi. Selain itu, dalam tablet pintar ini terdapat 4 mikrofon built-in yang dapat menangkap suara secara akurat dengan bantuan teknologi AI Noise Cancellation yang akan menyaring suara di sekitar secara otomatis untuk komunikasi yang lebih baik.

HUAWEI MatePad 11 2023 juga memiliki FullView Display dengan P3 color gamut untuk menampilkan lebih banyak warna dengan akurasi yang lebih baik. Kualitas layar sentuh IPS 11 inci 2560 x 1600 (2.5K), 275 PPI, dengan screen-to-body ratio hingga 86% piksel dan refresh rate 120Hz, membuat pengguna bisa menikmati pengalaman navigasi dan hiburanyang mulus berkat tingkat respons yang tinggi dalam mengakomodasi tiap perintah dari pengguna. Layar HUAWEI MatePad 11 2023 juga dilengkapi sertifikasi Flicker Free dan Low Blue Light dari TUV Rheinland yang memastikan mata pengguna tetap nyaman saat menggunakan tablet.

Dari segi  hardware,  HUAWEI MatePad 11 menggunakan chipset dari Qualcomm yakni Snapdragon 865 dengan  RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Tablet ini juga sudah mendukung WiFi 6 kecepatan tinggi dengan antena Base-Station-Array untuk jaringan yang lebih stabil, sehingga pengalaman streaming ataupun gaming akan lebih lancar dan minim buffering.

Editor's Pick