Home Blog Page 323

3 Alasan Ponsel Lipat Cocok Jadi Daily Driver

Ponsel Lipat Samsung

tabloidpulsa.id – Samsung menjadi salah satu produsen terdepan dalam menciptakan ponsel lipat dengan berbagai inovasi dan fitur canggih. Melalui Galaxy Z Series yang revolusioner, Samsung mampu membuka cara-cara baru bagi konsumen untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, hingga kualitas hiburan.

Dari situ, Samsung sukses menjadi pionir dan pemimpin pasar smartphone foldable, sekaligus mentransformasi ponsel lipat dari inovasi radikal menjadi perangkat yang digemari secara luas. 

“Sejak dirilis pada 2019, Galaxy Z Series konsisten menawarkan peningkatan signifikan di berbagai aspek. Layar dan bodi perangkat yang semakin kuat, baterai yang lebih awet, hingga kamera yang semakin jernih adalah beberapa pengembangan penting yang terus hadir di Galaxy Z Series dari waktu ke waktu. Upgrade fitur ini pun adalah hasil dari masukan konsumen yang mencerminkan komitmen Samsung untuk membuat produk yang berpusat pada pelanggan. Berkat kecanggihannya, Galaxy Z Series menjadi lini perangkat yang menawarkan pengguna pengalaman penggunaan perangkat yang lebih seamless untuk segala kebutuhan, membuat smartphone foldable semakin mainstream di pasaran,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Melihat tren smartphone foldable yang akan terus berkembang, sudah saatnya konsumen menjadikan smartphone foldable sebagai pilihan utama. Simak tiga alasan untuk upgrade ke ponsel lipat sebelum Anda menjadi FOMO dan ketinggalan dari yang lain:

Compact, kokoh, dan stylish

Dewasa ini, gaya hidup digital yang berpusat pada smartphone sudah begitu melekat bagi masyarakat. Jadi, desain smartphone yang compact dan mudah dibawa ke mana saja akan memberikan kenyamanan lebih bagi masyarakat dalam menjalani kesehariannya. Maka dari itu, Samsung telah merancang Galaxy Z Series, meliputi Galaxy Z Fold dan Z Flip, dengan mengedepankan portabilitas. Berkat desain yang compact dan ramping, Galaxy Z Series bisa mudah disimpan di kantong atau tas kecil.

Desain Galaxy Z Series yang compact tak lepas dari kehadiran Ultra Thin Glass dengan ketebalan hanya ⅓ rambut manusia tapi tahan dilipat lebih dari 200.000 kali. Samsung juga menciptakan Sweeper Hinge, engsel inovatif yang ramping, mampu mencegah debu masuk ke sela perangkat, dan menjaga perangkat tetap kokoh saat dibuka di berbagai angle–sebuah keunggulan dibanding smartphone foldable lainnya. Portabilitas Galaxy Z Series pun semakin lengkap dengan desain yang stylish serta pilihan warna dan aksesori kekinian yang menyempurnakan fashion statement pengguna.

Selain compact dan ramping, Galaxy Z Series juga didesain agar tahan banting. Lini perangkat ini telah menggunakan dua material paling tangguh di industri, yaitu Armor Aluminum (pada rangka bodi dan  pelindung engsel) serta Gorilla Glass Victus+ (pada Cover Screen dan bodi belakang). Dengan begitu, perangkat memiliki daya tahan yang kuat terhadap goresan maupun benturan. Galaxy Z Series juga menjadi lini smartphone foldable pertama yang tahan air melalui sertifikasi IPX8.

Kamera inovatif

Content creation telah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi keseharian banyak orang. Karenanya, tak mengherankan jika kita melihat orang-orang mencari cara baru untuk membuat konten agar tampil unik dan beda dari yang lain. Menjawab tren tersebut, smartphone foldable hadir untuk membantu pengguna menjadi content creator yang lebih autentik. Berkat form factor yang dapat dilipat, perangkat ini memungkinkan pengguna untuk explore lebih banyak angle dan cara pengambilan gambar yang hanya bisa didapat dengan smartphone foldable. Keunggulan itu pun bisa dinikmati konsumen di Galaxy Z Series, khususnya pada seri Galaxy Z Flip.

Galaxy Z Flip hadir dengan form factor clamshell ikonis yang memungkinkan pengguna untuk bikin konten dengan lebih mudah dan lebih nyaman di mana saja. Untuk menghasilkan konten yang lebih menarik, pengguna bisa bikin konten multi-angle unik pakai FlexCam yang inovatif hingga mengambil foto dan video secara instan tanpa membuka perangkat dengan Quick Shot di Cover Screen. Bahkan, pada Galaxy Z Flip4, pengguna juga dimanjakan dengan sensor kamera flagship yang didukung inovasi terbaru seperti Nightography untuk mendapatkan kualitas konten terbaik di segala kondisi, termasuk saat low light.

Performa terdepan

Kita hidup di dunia yang bergerak semakin cepat. Maka dari itu, cara bekerja baru yang lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja dengan lancar semakin dibutuhkan, khususnya lewat smartphone. Samsung menyadari kebutuhan dan  tantangan tersebut sehingga terus  melengkapi Galaxy Z Series dengan fitur gahar hingga fungsi multitasking yang lebih praktis untuk memaksimalkan produktivitas dan kreativitas secara instan kapan pun dan di mana pun.

Dari waktu ke waktu, Samsung konsisten membekali Galaxy Z Series dengan prosesor flagship, seperti Snapdragon 8+ Gen 1 pada Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4. Jadi, pengguna bisa pakai aplikasi produktivitas dengan lancar tanpa lag. Galaxy Z Series pun terus hadir dengan kualitas baterai yang lebih baik, seperti Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 yang dibekali all-day battery dengan konsumsi daya yang hemat dan efisien untuk menjalani produktivitas sepanjang hari dengan worry-free. Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 juga dibekali layar yang immersive dan responsif, bahkan dengan dukungan adaptive refresh rate 120Hz, sehingga mata pengguna bisa nyaman melihat layar saat membuka berbagai aplikasi.

Performa terdepan didukung dengan fitur inovatif agar pengguna bisa merasakan pengalaman bekerja yang lebih leluasa dan praktis seperti punya PC dalam genggaman, khususnya dengan Galaxy Z Fold. Berkat Main Screen yang lapang, Galaxy Z Fold mampu menjalankan Multi-Window untuk buka tiga aplikasi sekaligus dengan ukuran window yang proporsional dan mudah dilihat. Pengalaman smartphone rasa PC di Galaxy Z Fold pun diperkuat dengan fitur Taskbar di bagian bawah layar yang memberi akses cepat ke ragam aplikasi favorit dan recent apps. 

Tak ketinggalan, Samsung juga terus berkolaborasi dengan berbagai perusahaan teknologi terdepan seperti Google, Microsoft, dan Meta untuk menjamin pengalaman penggunaan perangkat yang lebih nyaman. Kerja sama dengan Google salah satunya ditunjukkan dengan hadirnya Android 12L di Galaxy Z Fold4 yang memberi pengalaman multitasking yang lebih intuitif, navigasi yang lebih simple, hingga tampilan seluruh aplikasi yang lebih optimal. Pengguna pun bisa pakai berbagai aplikasi Microsoft seperti Office dan Outlook dengan lebih maksimal berkat tampilan layaknya PC. Sedangkan kolaborasi dengan Meta salah satunya tampak dari optimalisasi kamera Galaxy Z Flip4 dengan aplikasi Instagram, WhatsApp, hingga Facebook untuk kualitas konten yang lebih baik.

“Ke depan, Samsung akan terus mempertahankan kepemimpinannya di sektor smartphone flagship demi memungkinkan semakin banyak orang untuk menjadikan ponsel lipat sebagai daily driver. Maka dari itu, Samsung akan menghadirkan lebih banyak inovasi terbaru yang akan mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan oleh sebuah smartphone foldable dan menjadikannya perangkat paling canggih untuk mendukung produktivitas dan ekspresi diri,” tutup Verry.

Bank DKI Gandeng Ayoconnect Luncurkan Berbagai Fitur Keuangan ke Aplikasi JakOne Mobile

tabloidpulsa.id – Ayoconnect dan PT Bank DKI (Bank DKI) umumkan kerja sama dalam pengembangan solusi berbasis open banking. Kerja sama ini memungkinkan Bank DKI melalui JakOne Mobile memberi kemudahan bertransaksi 1000 produk digital dan melakukan pemesanan tiket KAI dalam satu aplikasi. 

Kerja sama strategis berbasis solusi teknologi open banking ini didasari oleh kesamaan visi kedua belah pihak untuk terus melakukan akselerasi dalam mengembangkan layanan keuangan secara luas melalui teknologi berbasis open API (Application Programming Interface) atau sering disebut open banking, sehingga layanan perbankan dapat dinikmati secara lebih inklusif. 

Pada tahap awal, Bank DKI berintegrasi ke solusi Digital Products: Embedded Lifestyle API Ayoconnect dan memberikan akses ke jaringan open API yang memungkinkan jutaan nasabah Bank DKI untuk melakukan end-to-end transaksi pembelian tiket KAI ke lebih dari 125 stasiun kereta api seluruh Indonesia, dimana saja dan kapan saja. 

Kerja sama ini terjalin sejalan dengan data Bank Indonesia yang mencatat tingginya nilai transaksi digital banking dari 28,72% YoY menjadi Rp 52.545,8 triliun, dan diproyeksikan tumbuh 22,13% mencapai Rp 64.175,1 triliun pada tahun 2023. Lebih lanjut, kolaborasi ini juga sejalan dengan perkembangan era digitalisasi layanan perbankan yang menuntut kemampuan industri keuangan untuk senantiasa agile dan adaptif serta mampu membangun kolaborasi sinergis dengan berbagai pihak, baik lembaga keuangan maupun non keuangan. Potensi pasar yang terus meningkat di Indonesia juga menjadikan kerja sama antara Ayoconnect dan Bank DKI terjadi di momentum yang tepat. 

Direktur Utama PT Bank DKI, Fidri Arnaldy mengatakan, ”Bank DKI berkomitmen untuk terus adaptif dalam mengembangkan layanan perbankan digital untuk memperluas akses keuangan masyarakat. Salah satu wujud dari komitmen kami adalah menghadirkan super apps JakOne Mobile yang dapat diandalkan oleh nasabah kami dalam melakukan transaksi kebutuhan sehari-hari. Ke depannya kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan pengalaman transaksi berbagai layanan perbankan digital sesuai dengan kebutuhan nasabah.”

Selain itu, Direktur Teknologi dan Operasional PT Bank DKI, Amirul Wicaksono melalui keterangan tertulisnya mengatakan, ”Sebelumnya, Bank DKI telah aktif mengembangkan layanan perbankan berbasis digital guna memperluas akses masyarakat terhadap layanan perbankan yang mudah, aman dan andal. Buah manisnya, pada kuartal I 2023 Bank DKI mencatat kinerja pertumbuhan laba bersih sebesar 17,77% menjadi Rp233,20 miliar pada Maret 2023 dibanding Rp198,01 miliar di Maret 2022. Naiknya preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, luasnya dan mudahnya sistem pembayaran digital, serta cepatnya perkembangan digital banking pun turut berkontribusi dalam perkembangan pesat tersebut.”

Integrasi ke solusi Digital Products: Embedded Lifestyle API Ayoconnect juga memberikan nasabah Bank DKI akses ke jaringan Open API berisi lebih dari 1000 produk digital yang disediakan oleh Ayoconnect. Dalam waktu dekat, nasabah dapat menikmati kemudahan transaksi voucher digital dan pembayaran PDAM, PBB, BPJS, Kartu Kredit dan Multifinance dari 1000 penyedia jasa, asuransi, dan institusi finansial melalui JakOne mobile. Fitur Traveloka hotels juga digadang untuk diluncurkan di aplikasi JakOne mobile.

Chiragh Kirpalani, Founder dan COO Ayoconnect menyambut kerja sama sinergis ini dengan suka cita, “Kerja sama strategis antara Bank DKI dengan Ayoconnect merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan layanan keuangan yang aman, mudah, dan cepat kepada nasabah Bank DKI. Kami harap hadirnya berbagai fitur baru yang lahir dari kerja sama ini dapat mendukung pencapaian strategis Bank DKI dan berkontribusi untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui jaringan API. Ke depannya, kami akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai institusi untuk bersama membangun infrastruktur teknologi finansial dan mendorong percepatan inklusi finansial.”

Telkomsel Gelar Speed-Dating ‘LinkUp’, Buka Peluang Entrepreneur

telkomsel link up

tabloidpulsa.id – Melanjutkan peran terdepan sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel melalui platform ekosistem inovasinya, T-Connext dan corporate Akselerator Tinc, kembali membuka peluang kolaborasi demi pertumbuhan dan akselerasi ekosistem entrepreneur Indonesia melalui acara speed-dating LinkUp, yang berkolaborasi bersama Xendit, penyedia infrastruktur pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara, serta Angel Investment Network Indonesia (ANGIN). Bertujuan untuk membangkitkan kembali ekosistem startup pasca pandemi COVID-19, LinkUp menjadi ajang untuk menghubungkan startup, angel investor, dan venture capital potensial melalui serangkaian kegiatan yang berlangsung di Jakarta, (27/6).

Menjadi wadah untuk penghubung bagi early-stage entrepreneurs, ajang LinkUp mempertemukan 8 startup tahap pre-seed dan seed dengan 8 angel investors pada Angel Session. Lalu, dengan menghadirkan 25 venture capital yang aktif mencari inovasi terkini, LinkUp membuka potensi investasi lanjutan bagi 42 startup tahap seed dan series B dari berbagai sektor industri pada VC Session. LinkUp juga melangsungkan Sesi Networking Dinner bagi seluruh peserta yang hadir. Total ada 50 startup yang berpartisipasi dalam ajang LinkUp, dipilih melalui seleksi dan kurasi ketat, melalui penilaian sejumlah aspek, mulai dari inovasi ide, potensi pasar, dan skalabilitas bisnis.

Vice President Business Development and Innovation Telkomsel Jockie Heruseon mengatakan, “Telkomsel terus memastikan keberlanjutan komitmen dalam membuka lebih banyak peluang pertumbuhan dan akselerasi ekosistem digital yang kali ini diwujudkan melalui ajang LinkUp, dengan menggandeng Xendit dan ANGIN. Konsep speed-dating dalam ajang LinkUp dirancang agar para pelaku startup yang terpilih dapat memaparkan gagasan, menunjukkan keunggulan produk, membangun koneksi dan relasi bisnis yang berharga, serta diharapkan mendorong terciptanya kolaborasi antara startup dan investor untuk semakin memperkuat fundamental bisnis yang kuat di berbagai fase kehidupan. Melalui gelaran LinkUp ini, di mana para pelaku bisnis di sektor digital dapat bertemu secara langsung dan berbagi wawasan, Telkomsel konsisten untuk mengambil peran terdepan sebagai penggerak ekosistem digital yang memiliki dampak nilai tambah secara inklusif dan berkelanjutan.”

“Kami bangga mengumumkan peluncuran Acara LinkUp, yang akan mempertemukan startup dan investor dalam lingkungan yang kolaboratif. Xendit berkomitmen penuh untuk membantu perkembangan startup digital di Indonesia. Kami banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak pada saat kami memulai perjalanan Xendit, sehingga peluncuran LinkUp ini merupakan upaya kami untuk turut berkontribusi mendukung generasi founders selanjutnya. LinkUp dapat menjadi platform bagi startup untuk mengakses sumber daya, bimbingan, dan pendanaan yang mereka butuhkan untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis,” kata COO Xendit Tessa Wijaya.

Sebagai bagian dari sinergi bersama keunggulan aset yang dimiliki platform T-Connext dari Telkomsel, ajang LinkUp diharapkan dapat semakin memperluas jangkauan inisiatif eksplorasi dan mendorong pertumbuhan ekosistem produk digital dan portofolio investasi Telkomsel bersama para pelaku ekosistem startup. Sementara itu, kehadiran Tinc dari Telkomsel dalam LinkUp juga menegaskan keseriusan Telkomsel untuk berkolaborasi dengan inovator lokal, terutama dalam potensi pengembangan rencana komersialisasi startup bersama perusahaan ke depannya.

Informasi lebih lanjut mengenai ekosistem inovasi Telkomsel dan tren digital terkini dapat diakses melalui media sosial Instagram @tconnext.

POCO Kenalkan Line Up Pro-player Terbaru dari AURA Esports

Pro-player AURA Esports

tabloidpulsa.id – Nggak pernah berhenti buat mempererat ikatan dengan komunitas subkultur di Indonesia, POCO sebagai trendsetting lifestyle technology brand meneruskan kolaborasi dengan AURA Esports.

Kali ini POCO memperkenalkan para personel Pro-player AURA Esports terbaru divisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG), yang bakal berlaga di ajang MLBB Professional League (MPL) Season 12 dan MLBB Development League (MDL) dengan mengusung semangat #POCOnyaBeraksi.

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia, menyatakan, “Melalui kolaborasi ini, POCO menegaskan komitmen dan dedikasi buat mendukung perkembangan industri esports di Indonesia.” Ia melanjutkan, “Kolaborasi ini juga pastinya merefleksikan kesamaan semangat dan nilai yang dianut oleh POCO dan AURA Esports untuk selalu mendukung orang-orang, terutama anak muda, yang berani, beda, dan punya jiwa pendobrak.”

Berikut line up terbaru Pro-player yang bakal memperkuat tim AURA Esports:

Divisi MLBB di MPL Season 12 adalah:

  • Julli Kimura – Kimura (MPL)
  • Yehezkiel Wiseman – Syn (MPL)
  • Usep Setiawan – Facehugger (MPL)
  • Leonardo Prasetyo – Kabuki C (MPL)
  • Silvn Vannes – Van (MPL)
  • Jehuda Jodan – High (MPL)

Divisi MLBB di MDL adalah: 

  • Muhammad Fikri – Kyzuto
  • Sultan Muhammad – Aeronshikii
  • Aldhia Fahmi – Aran
  • Muhammad Fikri – Ritchi
  • Al Razali – Brandt
  • Melvin – Fawndeer
  • Muhammad Azzidan – Aprhooo

Divisi PUBG: 

  • Fiqri Syachputra – Nomercy 
  • Rayhan Fauzan – Hans4you
  • Muh Fathyn Zilhaq Syah S – Snapee

Dalam meet and greet yang digelar di Warunk WOW KWB, Jakarta Selatan, ini hadir pula Daniel Santoso, Co-Founder of Aura Esports. “Kami sangat mengapresiasi dukungan penuh POCO buat dunia esports beserta komunitasnya,” ia mengungkapkan. “Terutama buat AURA Esports, dukungan ini makin membakar semangat kami buat menghadapi MPL Season 12, yang pastinya nggak mudah ditaklukkan. Tapi dengan hadirnya para personel AURA Pro-player terbaru divisi MLBB dan PUBG, plus suntikan semangat POCO, kepercayaan diri kami makin meningkat untuk bisa melakukan yang terbaik.”

Mengingat AURA Esports punya reputasi sebagai penjinak tim-tim papan atas MLBB dan gudangnya pemain terbaik di Indonesia, apalagi dengan hadirnya para personel terbaru yang bakal memperkuat AURA Esports, POCO berharap sekaligus optimis tim ini mampu ngasih penampilan impresif di MPL Season 12.

“Melihat reputasi AURA Esports yang nggak kaleng-kaleng, semoga para personel terbaru ini bisa turut berjuang, bahu-membahu, semaksimal mungkin  untuk meraih kemenangan di ajang MPL Season 12,” harap Bung Andi. “Kompetisi pastinya bakal berlangsung sengit dan ketat, tapi dengan mengobarkan semangat #POCOnyaBeraksi, kami optimis!”

ANKER PowerExtend USB Plug, Ringkas dengan Teknologi PowerIQ

ANKER PowerExtend USB Plug

tabloidpulsa.id – Apakah Anda termasuk kebanyakan orang yang sering menumpuk steker listrik di colokan rumah? Jika ya, kebiasaan ini dapat mulai sedikit dikurangi dengan kehadiran solusi dari ANKER, produsen aksesoris mobile yang digunakan oleh lebih dari 55 juta orang di seluruh dunia ini.

Sebenarnya bisa dimaklumi mengapa masyarakat sering menggunakan steker hingga bertumpuk dan/atau bercabang banyak. “Di zaman modern seperti ini, memang semakin banyak perangkat elektronik yang harus terus menerus terhubung ke listrik,” jelas Ridwan Hidayat.

Pria yang menjabat sebagai Business Manager ANKER Indonesia tersebut menambahkan, “Sementara biasanya di ruangan hanya terdapat satu colokan listrik, sehingga mau gak mau kita menggunakan ekstensi atau steker multicabang agar kebutuhan listrik tiap perangkat bisa terpenuhi.”

Namun, “Masalahnya, penggunaan secara bertumpuk dan bersamaan yang ceroboh bisa berbahaya. Apalagi steker maupun ekstension yang digunakan berkualitas rendah. Beban listrik yang tinggi akan menghasilkan panas berlebih sehingga bisa memantik kebakaran, arus pendek hingga ledakan.”

Tentu Ridwan sama sekali tidak bermaksud menakut-nakuti, mengingat kejadian seperti itu sudah banyak ditemui di masyarakat sejak lama. Karena itulah, ANKER menghadirkan solusi praktis yang bisa Anda gunakan tak hanya di rumah, namun juga dibawa bepergian lewat PowerExtend USB Plug.

2 USB-A dengan Fitur PowerIQ

Setidaknya, Anda bisa mengisi daya 3 perangkat sekaligus dalam satu ANKER PowerExtend. “Perangkat ini dilengkapi dengan colokan atau steker internasional yang bisa Anda gunakan untuk mengisi daya laptop, serta dua buah lubang USB tipe A untuk mengisi dua gawai secara bersamaan,” ungkap Ridwan.

Yang menarik, kedua port USB tersebut sudah dibekali fitur PowerIQ. Fitur ini akan membagi output alias keluaran daya secara cerdas sesuai dengan perangkat yang terhubung, dengan besaran total 12W. Artinya, Anda tidak perlu lagi repot membawa kepala atau adaptor charger terpisah saat berpergian.

“Jika digunakan salah satu port saja, maka output daya akan lebih maksimal sehingga bisa mengisi iPhone 11 dari 0 hingga penuh dalam waktu 2,5 jam saja. Ini lebih cepat 40 menit ketimbang charger bawaannya,” terang Ridwan memberi analogi. Tentu saja hasil yang diperoleh bisa bervariasi.

Jika Anda menggunakan port lainnya untuk mengisi TWS atau jam cerdas Anda misalnya, maka PowerIQ akan mendistribusikan daya lebih banyak ke ponsel mengingat kedua gawai tersebut tidak memiliki fitur pengisian cepat serta hanya dibekali baterai dengan kapasitas yang rendah.

Tak hanya soal kepraktisan, bicara ANKER adalah bicara tentang keamanan produk. Dalam PowerExtend USB Plug ini setidaknya ada 6 fitur keamanan yang ditanamkan seperti pencegah panas berlebih, pelindung arus pendek, perlindungan ground hingga penggunaan bahan yang tahan api!

Dengan berbagai manfaat, fitur, teknologi serta keamanan yang ditawarkan, banderol ANKER PowerExtend USB Plug ini pun jadi tergolong murah. Anda bisa memperolehnya di Tokopedia, Shopee maupun outlet resmi ANKER Indonesia dengan harga Rp.399,000 saja bergaransi selama 18 bulan.

“Namun dalam masa promosi terbatas, ANKER memberikan harga spesial yakni potongan lebih dari setengah harga, menjadi Rp150,000 saja,” tutup Ridwan. Namun perlu dicatat, perangkat Anda harus mendukung lebar tegangan 100V-240V untuk dapat menggunakan steker PowerExtend ini ya!

Alibaba Cloud Dinobatkan Sebagai Challenger di Gartner Magic Quadrant

Alibaba Cloud CDN Komersial

tabloidpulsa.id –  Alibaba Cloud dinobatkan sebagai Challenger di tahun ini dalam laporan Gartner Magic Quadrant untuk Platform Analytics dan Business Intelligence. Tahun lalu, dalam laporan yang sama, penyedia layanan cloud ini dinobatkan sebagai Niche Player.

Laporan Gartner mengevaluasi penyedia platform analitik dan bisnis intelijen yang dirancang untuk  memfasilitasi pengguna dalam melakukan pemodelan, menganalisis, menyebarkan, dan mengelola data milik mereka. Wawasan otomatis, kecakapan dalam  pelaporan, dan visualisasi data merupakan beberapa di antara 12 kemampuan unggulan yang diperlukan untuk pasar ini.

Platform Quick BI dari Alibaba Cloud, yang dikaji dalam laporan ini, merupakan seperangkat sistem analisis bisnis intelijen yang menawarkan beragam layanan termasuk eksplorasi dan pelaporan data. Sistem ini memliki kemampuan untuk memberdayakan pengguna skala perusahaan untuk melihat dan mengeksplorasi data guna membuat keputusan bisnis yang tepat. Platform ini telah tersedia di pasar Indonesia.

“Wawasan berbasis data menjadi semakin penting dalam mendorong strategi organisasi di seluruh dunia. Kami melihat permintaan akan platform dengan berbagai layanan dalam manajemen data dan analitik yang meningkat, memperlihatkan bagaimana kemampuan sistem ini bermanfaat bagi bisnis. Diakui sebagai Challenger di bidang yang sangat penting ini merupakan motivasi yang besar bagi  kami dan kami percaya bahwa hal ini dapat terlihat dari semua upaya kami saat ini dan seterusnya dalam meningkatkan kapabilitas platform Quick BI.” ujar Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence. “Kami berharap dapat terus mendukung para pelanggan di seluruh dunia seiring dengan adanya upaya mereka dalam mencari cara-cara baru untuk menyingkap potensi data yang mereka miliki.”

Quick BI menghadirkan platform yang sederhana dan mudah digunakan untuk menghasilkan analisis laporan berdasarkan data intelijen seperti tingkat retensi pelanggan, jumlah pengguna aktif, dan lainnya. Platform ini mendukung dasbor yang dapat dimodifikasi sehingga memberi kesempatan pengguna untuk menyajikan wawasan sesuai format preferensi yang mereka harapkan. Platform ini telah digunakan secara luas di berbagai industri, seperti ritel, internet, manufaktur, media, dan keuangan.

Salah satu contohnya adalah IJOOZ, perusahaan smart retail danrobotika makanan terkemuka di Singapura, yang saat ini memanfaatkan teknologi Alibaba Cloud untuk mengoptimalkan infrastruktur bisnis dan TI. Quick BI telah membantu IJOOZ dengan kemampuan analisis data, eksplorasi, dan pelaporan datanya, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan berbasis data di seluruh perusahaan.

Kearney dan Kominfo Kembangkan Peta Jalan Transformasi Digital untuk Enam Sektor

tabloidpulsa.idKearney, perusahaan konsultan global, bermitra dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia untuk mengembangkan peta jalan transformasi digital untuk enam sektor: Pertanian, Pendidikan, Maritim, Logistik, Kesehatan, dan Pariwisata.

Proyek ini bertujuan untuk menyusun strategi peta jalan untuk proses transformasi digital Indonesia, menyoroti area-area penting yang menjadi fokus dan memberikan rekomendasi yang dapat diimplementasikan oleh Kominfo. Setelah kolaborasi selama berbulan-bulan, Kominfo mempresentasikan hasil proyek tersebut dalam sebuah sesi sosialisasi yang dihadiri oleh para pejabat dari berbagai kementerian.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Kominfo dalam inisiatif penting ini,” ujar Shirley Santoso, Managing Partner di Kearney. “Indonesia siap untuk pertumbuhan yang signifikan, dan transformasi digital akan menjadi sangat penting dalam mendorong pertumbuhan tersebut. Peta jalan ini akan memandu Kominfo untuk memprioritaskan upaya mereka dan memastikan keberhasilan masa depan digital Indonesia.”

Peta jalan digital ini memberikan rencana komprehensif untuk masing-masing dari enam sektor, menyoroti tantangan dan peluang di setiap industri dan rekomendasi strategis tentang kebijakan, infrastruktur, dan inovasi. Beberapa inisiatif telah diimplementasikan di beberapa sektor.

Sebagai contoh, dalam sistem transformasi e-government, Kominfo mentransformasi 2.700 pusat data untuk 630 institusi pemerintah menjadi 10-20 Pusat Data Nasional (DCN). Upaya pemerintah Indonesia untuk mendigitalkan layanan publiknya akan didukung oleh DCN ini, yang akan bertindak sebagai fasilitas manajemen data terpusat.

DCN Nasional akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan pengolahan dan penyimpanan data yang terus meningkat. Sebuah arsitektur jaringan akan menghubungkan mereka untuk memungkinkan berbagi dan pertukaran data tanpa batas antara entitas pemerintah pusat dan daerah. Program Transformasi Sistem Pemerintahan Elektronik pemerintah, yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan publik dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, sangat bergantung pada pembangunan DCN Nasional ini.

Contoh lainnya adalah inisiatif baru untuk mempercepat transformasi digital di bidang pendidikan dengan membangun ekosistem digital melalui manajemen sekolah dan sistem manajemen pembelajaran. Untuk industri pertanian, penerapan Ekosistem Pertanian Cerdas dan Pertanian Presisi yang Terintegrasi dengan memanfaatkan sensor tanah dan cuaca telah diperkenalkan untuk meningkatkan produktivitas.

“Peta jalan ini akan menjadi alat yang sangat berharga untuk memprioritaskan upaya kami dan memastikan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami. Kominfo berkomitmen untuk mendorong transformasi digital Indonesia dan menjadi pemimpin ekonomi digital. Kami berterima kasih kepada para mitra kami atas upaya untuk mentransformasi Indonesia.”  Ujar Rohit Sethi, Principal Kearney

Keberhasilan peta jalan transformasi digital ini akan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin regional dalam bidang ekonomi digital. Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. Artinya, ekonomi digital yang pada tahun 2021 bernilai $70 miliar diperkirakan akan mencapai $330 miliar pada tahun 2030.

iSeller dan Microsoft Dorong Digitalisasi UMKM di Cloud dan AI

iSeller Digitalisasi UMKM

tabloidpulsa.id – iSeller, salah satu anggota Microsoft Entrepreneurship for Positive Impact, berupaya mendorong digitalisasi UMKM untuk mengembangkan bisnis secara mudah dan cepat melalui layanan platform omnichannel berbasis Microsoft Azure. Uniknya, upaya ini iSeller lakukan sembari mengedepankan sinergi antara pertumbuhan bisnis dan peningkatan kualitas lingkungan.

Hal ini didasarkan pada data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang menunjukkan bahwa baru sekitar 21 juta dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang telah memberdayakan teknologi digital dalam bisnis mereka.  Artinya, UMKM yang sudah go digital baru mencapai 32% dari seluruh UMKM di Indonesia.

Padahal, UMKM merupakan salah satu roda penggerak utama bagi ekonomi Indonesia. Pada tahun 2022, kontribusi UMKM terhadap PDB negara telah mencapai angka menakjubkan di 60,5%.  Sayangnya, masih ada berbagai tantangan yang menahan kemajuan bisnis UMKM, seperti kendala akan pemanfaatan teknologi digital.

“Pengalaman di lapangan memperlihatkan bahwa salah satu kendala terbesar UMKM adalah keterbatasan sumber daya manusia. Mereka memiliki banyak channel, tetapi tidak punya cukup orang untuk mengelolanya. Melalui layanan iSeller yang didukung infrastruktur Azure, UMKM dapat menghubungkan semua channel mereka–mulai dari online marketplace, media sosial, hingga online store–dalam satu platform tunggal, sesuai skala yang mereka butuhkan. Mereka juga dapat memproses transaksi secara cepat, aman, dan sistematis melalui solusi Point of Sales yang melayani semua jenis bisnis. Berdasarkan riset yang kami lakukan, rata-rata mitra UMKM kami berhasil mengalami peningkatan penjualan 163% sejak meningkatkan efektivitas kerja mereka melalui platform iSeller,” ujar Jimmy Petrus, CEO & Founder iSeller.

Salah satu bentuk realisasi platform ini dapat ditemukan pada Lakoo, sebuah aplikasi mobile gratis dengan UI/UX ramah pengguna dari iSeller, yang dapat bertindak sebagai entry point digitalisasi UMKM. Di sini, UMKM dituntun dalam langkah-langkah awal memanfaatkan teknologi digital. Mulai dari membuat website dengan cepat, mentransformasi sistem pembukuan manual dengan menggunakan kasir digital, hingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran elektronik.

Didukung oleh sistem keamanan Azure yang memiliki lebih dari 100 sertifikasi keamanan berstandar internasional, transaksi bulanan ratusan ribu UMKM pengguna iSeller yang mencapai ratusan juta rupiah pun senantiasa terjaga keamanannya.

Milestone berikutnya adalah mengoptimalkan teknologi generative AI untuk meningkatkan produktivitas rekan-rekan UMKM. Saat ini, kami tengah mengembangkan fitur chatbot analytics berbasis Azure OpenAI Service yang ke depannya dapat diakses di dashboard para UMKM. Melalui chatbot ini, mitra UMKM dapat memiliki copilot yang membantu mereka menganalisis data penjualan; seperti produk yang paling laris berdasarkan lokasi penjualan, segmen pasar yang paling menyukai suatu produk, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga akan dapat memanfaatkan teknologi ini untuk membuatkan deskripsi produk secara mudah dan cepat, seraya meningkatkan layanan pelanggan mereka. Kami berharap inovasi yang tengah kami lakukan dapat membantu UMKM untuk mengakselerasi pengembangan bisnis mereka,” lanjut Jimmy.

Sinergi ekonomi digital dengan lingkungan

Tidak hanya mendorong akselerasi ekonomi lewat digitalisasi UMKM, iSeller juga berupaya menggerakkan dukungan terhadap kualitas lingkungan di ekosistem UMKM yang bekerja sama dengan iSeller.

Jimmy mengatakan, “Salah satu strategi transformasi ekonomi yang pemerintah tetapkan untuk menghadapi isu perubahan iklim adalah dengan mempraktikkan ekonomi hijau. Ini merupakan model pembangunan yang mendorong sinergi antara pertumbuhan ekonomi dengan kesejahteraan sosial dan kualitas lingkungan. Guna berpartisipasi dalam penerapan ekonomi hijau tersebut, kami memilih menggunakan infrastruktur teknologi ramah lingkungan, seperti Azure yang telah 100 persen netral karbon sejak 2012. Penggunaan Azure memungkinkan kami untuk meningkatkan efisiensi energi iSeller dan mitra-mitra UMKM; mendorong penguatan ekosistem nasional yang mengambil bagian dalam realisasi target net zero emissions 2060 Indonesia.”

Menurut Laporan Indeks Ekonomi Hijau, upaya transisi menuju ekonomi hijau dapat mendorong rata-rata pertumbuhan PDB di angka 6,1-6,5% per tahun hingga 2050, menyelamatkan 87 sampai dengan 96 ton emisi gas rumah kaca pada rentang 2021-2060, serta menurunkan intensitas emisi sebesar 68% di 2045. Itulah sebabnya, kolaborasi dalam menjalankan ekonomi hijau menjadi sangat kritikal.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi kami dapat mendukung iSeller dan ratusan ribu UMKM dari 24 provinsi di Indonesia untuk mencapai lebih banyak dengan teknologi cloud dan AI Microsoft. Ini merupakan sebuah kolaborasi yang baik menuju pembangunan ekonomi digital dan ekonomi hijau yang inklusif bagi semua,” ujar Fiki Setiyono, Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia.

GoFood Luncurkan Program Rabu Gratis

GoFood Rabu Gratis

tabloidpulsa.id – GoFood meluncurkan program Rabu Gratis untuk memanjakan pelanggan dengan ongkir gratis setiap hari Rabu. Cukup dengan memilih icon Mode Hemat di halaman utama GoFood, pelanggan dapat menikmati jutaan menu favorit mereka tanpa perlu bayar ongkos kirim dengan memilih Mode Hemat sebagai opsi pengiriman.

Head of Food and Ads Business Gojek Satria Situmorang mengatakan, “Program Rabu Gratis adalah bagian dari Mode Hemat yang memang kami hadirkan untuk semakin memanjakan pelanggan. Program ini menjadi salah satu cara GoFood untuk berinovasi menawarkan ongkir gratis dengan tetap menjaga keberlangsungan bisnis. Dengan menyediakan layanan yang lebih terjangkau bagi pelanggan, maka ekosistem Gojek juga akan semakin kuat karena meningkatnya permintaan pelanggan akan turut mendorong pertumbuhan mitra usaha UMKM serta menjaga potensi pendapatan mitra driver.”

Kedua inisiatif Rabu Gratis dan Mode Hemat menjadikan GoFood satu-satunya layanan pesan antar makanan di Indonesia yang memberikan jaminan ongkir pasti tanpa tergantung promo maupun diskon.

Sehingga, pelanggan bisa menikmati ongkir hemat setiap saat.

Menurut laporan dari PwC’s 2023 Consumer Insights Survey and Strategies to Deal with Continued Disruptions, sebanyak 74% konsumen di Indonesia sangat berhati-hati dengan kondisi finansial pribadi mereka.

Hal ini membuat konsumen di Indonesia berniat untuk lebih berhemat. Selain itu, 62% konsumen juga menyatakan bahwa mereka hanya akan membeli produk tertentu ketika produk tersebut memiliki penawaran khusus atau promosi.

Sementara, 56% konsumen memilih untuk berbelanja di layanan yang menawarkan diskon ongkir atau gratis ongkir.

Berangkat dari temuan di mana konsumen cenderung ingin makin berhemat, GoFood secara konsisten terus berupaya menjawab kondisi tersebut, salah satunya melalui program Rabu Gratis di Mode Hemat.

Program ini sudah dapat dinikmati pelanggan di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Solo, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Malang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Bali, dan Medan.

Tak hanya gratis ongkir setiap Rabu, pelanggan juga bisa menikmati jaminan ongkir senilai Rp3.000 atau Rp5.000 untuk pesanan jarak dekat hingga 4 km setiap harinya dengan fitur Mode Hemat.

Walau dengan tambahan waktu pengantaran, pelanggan cukup memesan dengan minimum order senilai Rp20.000 untuk menikmati pesan makanan di GoFood dengan lebih terjangkau.

Cara menikmati fitur Rabu Gratis dan Mode Hemat:

  1. Pilih GoFood dari aplikasi Gojek
  2. Klik icon Mode Hemat yang terdapat di homepage GoFood
  3. Pilih makanan favoritmu
  4. Pilih opsi pesan antar dengan menggunakan Mode Hemat
  5. Selesaikan transaksi dan bayar dengan pilihan pembayaran yang tersedia

“GoFood selalu berupaya untuk memahami kebutuhan kuliner pelanggan dengan tak henti menghadirkan inovasi. Demi kenyamanan pelanggan yang semakin mengandalkan layanan pesan antar makanan online, kami harap Mode Hemat dan Rabu Gratis ini bisa memudahkan pelanggan menjelajah jutaan menu nikmat dengan hemat di mana pun dan kapan pun,” tutup Satria.

Untuk coba langsung Mode Hemat dan Rabu Gratis, silakan klik link ini https://bit.ly/CobainModeHemat.

Bayar Investasi SBN Kini Lebih Mudah Pakai DANA

Investasi SBN Pakai DANA

tabloidpulsa.id – Indonesia kini didominasi oleh penduduk usia produktif sebesar 64 persen, merupakan target usia yang tepat untuk memperkenalkan pentingnya berinvestasi. Akan tetapi, pemahaman mengenai investasi masih tergolong minim dan mengakibatkan munculnya penipuan berkedok investasi. Puncaknya, tahun 2022 lalu, terjadi kerugian akibat investasi bodong terbesar hingga mencapai Rp 109,67 triliun.

Guna menumbuhkan kesadaran dan mendorong peran kaum muda dalam berinvestasi, DANA Indonesia menghadirkan Direktorat-Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko di Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), khususnya untuk menyosialisasikan pilihan instrumen investasi di Pasar Modal diantaranya Surat Berharga Negara (SBN), dalam talk show bertajuk “Peran Anak Muda dalam Investasi Membangun Negeri.”

Diskusi yang dibuka untuk umum ini sekaligus menjadi wadah untuk memperkenalkan SBN sebagai produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah Indonesia. Penerbitan SBN dilakukan Pemerintah untuk mengelola portofolio utang negara dan menjadi diversifikasi sumber pembiayaan untuk pembangunan negara. Oleh karena itu, investasi SBN diharapkan dapat menciptakan simbiosis mutualisme, dimana SBN dapat membantu pembangunan negara serta menjadi sarana investasi masyarakat Indonesia.

“SBN dapat menjadi salah satu pilihan produk investasi yang aman dan cocok untuk anak muda. Risiko investasi relatif rendah karena dijamin oleh Pemerintah dan aman dari fluktuasi pasar”, ucap Gustaf A. M. Rajagukguk, Deputi Direktur Pengembangan Sistem Informasi Pasar Modal OJK.

“Pemerintah akan menerbitkan obligasi negara ritel (ORI) seri ORI023-T3 dan ORI023-T6 yang akan ditawarkan mulai dari 30 Juni sampai dengan 20 Juli 2023. Semoga ORI023-T3 dan ORI023-T6 ini disambut hangat oleh anak muda untuk berinvestasi sekaligus turut berkontribusi dalam pembiayaan pembangunan negara”, ujar Deni Ridwan, Direktur Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kini, investasi berupa SBN semakin dimudahkan dengan hadirnya keterlibatan industri teknologi finansial seperti DANA, yang menjadi salah satu metode pembayaran resminya. Generasi muda yang identik dekat dengan teknologi keuangan, dapat melakukan pembayaran SBN dengan sekali sentuh. Pengguna cukup menuju menu ‘Government Services’ di dalam aplikasi DANA dan mengetuk logo SBN. Kemudian, pengguna cukup memasukan kode billing dari mitra distribusi dan melanjutkan pembayaran dengan saldo DANA. Setelah pembayaran sukses, pengguna akan menerima konfirmasi berupa Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) beserta rincian pemesanan SBN Ritel yang dilakukan. 

Integrasi ini juga ikut menambah jenis pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN) G3 yang dapat dilakukan melalui aplikasi DANA. Sebagai collecting agent MPN G3 yang ditetapkan Kemenkeu pada 2021 lalu, DANA juga dapat mengakomodir masyarakat untuk menunaikan kewajibannya melakukan pembayaran kepada negara dengan lebih aman, nyaman, praktis dan mudah. Pembayaran MPN G3 lainnya termasuk pembayaran Pajak Online (DJP), Bea dan Cukai (DJBC) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti biaya perpanjangan paspor, penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru maupun perpanjangannya.   

“Digitalisasi pembayaran merupakan langkah strategis untuk mendorong masyarakat menunaikan kewajibannya. Dalam kaitannya dengan integrasi DANA dan SBN, kami berharap minat masyarakat untuk mulai berinvestasi melalui produk-produk Pemerintah juga semakin tinggi. Sehingga, literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia juga ikut bertumbuh,” tandas Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia.

Editor's Pick