tabloidpulsa.id – Menjaga daya baterai ponsel tetap penuh, disadari atau tidak, merupakan kebiasaan yang penting dilakukan saat ini. Mengingat, betapa banyak orang yang sangat bergantung pada ponsel cerdasnya terutama untuk menunjang aktivitas sehari-hari di sekolah, kampus, kantor hingga lapangan.
Hal tersebut juga dirasakan oleh Ridwan Hidayat. Pria yang menjabat sebagai Business Manager ANKER Indonesia tersebut mengaku sudah sejak lama tak pernah lagi mengalami low batt.
“Karena ke manapun, saya selalu isi baterai ponsel di mobil menggunakan charger dari ANKER yang cepat dan stabil,” ujarnya.
“Bukan tanpa sebab, karena di ponsel hampir semua data pribadi hingga kontak penting tersimpan. Mulai dari mobile banking, dompet digital, hingga email dan obrolan penting bersama klien juga keluarga.”
Namun perlu diingat, memilih charger mobil tak bisa sembarang dilakukan. Apa pasal?
“Charger yang berkualitas jelek biasanya mudah panas. Tentunya berbahaya jika digunakan di dalam mobil di daerah tropis. Belum lagi tegangannya yang tidak stabil akan membuat baterai ponsel justru menjadi cepat rusak,” jelas Ridwan kembali. Sayang kan jika ponsel tersayang sampai mengalaminya?
Output 24W dengan PowerIQ
Sebagai merek internasional yang sudah bertahun-tahun sebagai produsen aksesoris gaya hidup digital, tak heran ANKER punya solusi praktis untuk kebutuhan Anda dalam mengisi daya ponsel dan gawai lainnya di kendaraan. Kali ini lewat seri PowerDrive 2 yang tentunya memiliki beberapa fitur penting.
Sebut saja PowerIQ yang akan mengenali dengan cerdas kebutuhan daya perangkat sehingga pengisian menjadi lebih efisien. Misalnya Anda mengisi TWS dan ponsel berbarengan, maka tentu saja keluaran daya akan dioptimalkan untuk ponsel yang membutuhkan daya lebih besar saat mengisi ketimbang TWS.
Jika kedua port USB-A yang tersedia digunakan untuk mengisi ponsel, maka keluaran daya di masing-masing port akan dibagi rata yakni 12W.
“Pokoknya keluaran daya maksimum adalah 24W untuk kedua port, PowerIQ akan membantu mendistribusikannya sesuai kebutuhan perangkat,” jelas Ridwan.
Sebagai gambaran, untuk mengisi Apple iPhone XS Max menggunakan charger biasa, membutuhkan waktu sekitar 3 jam 23 menit. “Pakai ANKER PowerDrive 2 ini hanya 2 jam 6 menit saja untuk mengisi dari 0% hingga penuh,” terang Ridwan menganalogikan. Angka yang mirip juga terjadi pada iPhone XR.
Untuk mengisi penuh salah satu smartphone favorit tersebut menggunakan ANKER PowerDrive 2, hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 2 menit saja. Padahal menggunakan charger biasa, waktu yang diperlukan mencapai 3 jam 7 menit. Artinya Anda bisa menghemat waktu pengisian lebih dari 1 jam!
Soal keamanan, nampaknya pengguna sudah mafhum tentang fitur yang dikenal dengan MultiProtect dari ANKER ini. Seperti pencegah panas berlebih serta pemutus arus otomatis saat perangkat sudah terisi penuh, yang tak hanya akan menjaga ponsel serta kendaraan Anda, tetapi penumpang di dalamnya.
ANKER PowerDrive 2 menggunakan bahan alumunium di luar yang tahan goresan. Meski begitu, tas pembawa sudah disertakan dalam paket pembelian untuk memudahkan Anda saat harus membawa charger mobil ini ikut serta saat perjalanan jauh. Lalu berapa banderolnya serta berapa lama garansinya?
Anda bisa memperolehnya di outlet resmi ANKER yang tersebar di beberapa kota besar, serta di e-commerce ANKER Indonesia di Tokopedia maupun Shopee dengan harga Rp349,000. Dapatkan pula promosi potongan harga hingga 52% menjadi Rp167,000 saja dengan garansi produk selama 18 bulan.
tabloidpulsa.id – Meski belum resmi diluncurkan di pasar Indonesia, OPPO Find N3 Flip sudah bisa dipesan oleh pengguna ponsel di Indonesia. Menambah alternatif ponsel (layar) lipat yang berdasarkan Google trends terus mendapat perhatian lebih pengguna ponsel Tanah Air (link).
Khusus Find N3 Flip, produk ini merupakan percobaan kedua OPPO setelah produk sebelumnya- Find N2 Flip yang dianggap berhasil menarik perhatian pengguna di semester awal tahun 2023 ini. Hampir semua kelemahan yang ditemui pada produk 5 bulan lalu tersebut, kini telah diperbaiki.
Apa saja perubahan yang kami temukan? Simak review lengkap berikut ini.
Harga: Rp 15.999.000 Pilihan Warna: misty pink, cream gold dan sleek black Paket penjualan: Ponsel Find N3 Flip, Hard Cover, Charger Adapter SuperVOOC 67W, Kabel Data USB A to USB C, buku manual dan Quick Guide, Pin Ejector
SPESIFIKASI
Dimensi & Berat (mm&gram)
166.2 x 75.78 x 7.79 mm (unfolded) 85.54 x 75.78 x 16.45 mm (folded) 198 gram
Belakang Dual: 50 MP Main Camera F/1.8 48 MP Ultrawide Camera F/2.2 32 MP Telephoto Camera F/2.0 Video: 4K@30fps, 1080p@60fps and 30fps
Depan Single: 32MP F/2.4, AON ready Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)
4300 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 44W
Removable battery
Tidak
Fingerprint
Ya
Multitouch
Ya
Dual Kamera Depan
Tidak
Dual SIM
Ya
Memory external
Tidak
3G HSDPA
Ya
Gyroscope
Ya
4G LTE
Ya
Stereo Speaker
Ya
5G Ready
Ya
4K video recording
Ya
NFC
Ya
Video player
Ya
USB On-the-go
Ya
Music player
Ya
GPS
Ya
3.5 Audio Port
Tidak
KELEBIHAN
KEKURANGAN
Material lebih mewah dari sebelumnya dan perlindungan kaca Gorilla Glass Victus dan Sertifikasi IPX4
Momen peluncuran relatif dekat dengan model lama yang masih digunakan
Layar eksternal tetap lega dengan mini Apps
Lipatan layar utama hampir tak terlihat dan relatif tak terasa karena tidak dalam
Kamera flagship dengan IMX890 dan fitur stabilisasi di video
SuperVOOC 44W
Support Audio Wireless HD (LHDC, LDAC)
Chipset kelas flagship dengan penggunaan daya yang efisien dan GPU yang diupdate
Desain – Sekilas Tidak Banyak Berubah, Tapi…
Kalau dilihat sekilas, OPPO Find N3 Flip tidak banyak mendapatkan makeover. Hampir terlihat sama dengan seri sebelumnya. Hal ini banyak diakibatkan oleh penggunaan Screen Cover dengan ukuran dan model yang sama. Meskipun demikian, dari sisi desain Find N3 Flip membawa sejumlah perubahan positif.
Dari tampilan saja, bagian kamera pada ponsel ini tampak berubah. Tidak lagi mengandalkan dua lingkaran yang memuat dua lensa kamera, tetapi diganti dengan satu lingkaran besar yang di dalamnya ada tiga lensa kamera. Penambahan kamera ini berimbas pada hadirnya sejumlah fitur kamera yang lebih baik. Dan menjadi peningkatan yang paling signifikan karena menawarkan kualitas kamera yang lebih baik di sebuah ponsel dengan desain flip. Akan kita bahas lebih banyak di bagian kamera.
Selain bentukan kamera, perubahan lain yang langsung ditemukan saat melihat ponsel dari luar adalah hadirnya sebuah mekanisme slider baru. Slider ini terletak di bagian berlawan dari bagian tombol volume dan power.
OPPO menyebutnya sebagai Alert Slider. Slider ini memiliki fungsi untuk mengubah mode ringtone pada ponsel, apakah silent, vibrate atau ring. Memanfaatkan haptic feedback, kita bahkan bisa mengetahui langsung mode apa yang sedang kita pilih tanpa harus membuka layar ponsel.
Kalau kita geser lalu kita merasakan ada getaran panjang, maka kita sedang memasuki mode ring, dimana ringtone akan berbunyi sesuai dengan volume yang sedang diatur saat itu.
Kalau kita merasakan getaran berupa getaran pendek pendek alias pulse, maka kita sedang memasuki mode vibrate. Semua notifikasi akan ditampilkan dengan getaran pada ponsel.
Sementara jika tidak ada getaran saat kita menggeser tombol ini, bisa dipastikan bahwa ponsel dalam mode silent. Semua suara dan getaran notifikasi akan dimatikan.
Perubahan lain di sisi desain hadir pada bagian belakang ponsel yang dibuat membentuk lengkungan. Jadi ada bagian dari back cover yang masuk ke bagian sisi tulang. Hal ini berbeda dengan Find N2 Flip yang bagian sisinya membentuk kotak, dan material back cover berhenti sampai tepian kotak tersebut.
Perubahan ini menghasilkan kenyamanan yang lebih baik ketika digenggam oleh pengguna. Sekaligus menjadi yang pertama di sebuah ponsel flip. Sekedar informasi, bagian back cover yang disebutkan di atas terbuat dari bahan lapisan kaca juga.
Tersedia tiga warna untuk Find N3 Flip ini, yakni misty pink seperti yang tengah kami review, juga ada cream gold dan sleek black. Anda bisa menyesuaikan dengan preferensi, tetapi yang perlu diperhatikan adalah mereka hadir dengan hard cover yang tidak lagi transparan. Hard cover bawaan kini diberi warna senada dengan warna ponsel, namun dengan tingkat doff yang lebih tinggi. Dan di bagian hard cover ini juga ada semacam perekat yang membuatnya bakal terasa lebih kuat saat digunakan lama.
Engsel – Mendapat Peningkatan
OPPO Find N3 Flip kini hadir dengan Flexion Hinge atau engsel flexion yang mendapatkan peningkatan performa. Selain tetap dibuat tanpa celah, dan 25% lebih kuat dengan melewati sertifikasi TÜV Rheinland hingga 600.000 proses pelipatan layar, juga kini telah dilengkapi pula dengan sertifikasi IPX4. Artinya cipratan air dan genangan embun es di meja restoran tidak akan merusak ponsel, termasuk di bagian engsel atau lipatannya.
Seperti halnya ponsel flip generasi sebelumnya, lipatan pada layar ponsel ini tidak terlalu nampak dan cenderung tidak menimbulkan ceruk yang dalam. Hal ini memudahkan ketika kita melakukan browsing atau pengetikan, dan tidak mengganggu ketika ngegame tentunya.
Terlihat, pasti ada bekas lipatan, artinya tidak benar-benar tanpa jejak. Hanya saja jika disandingkan dengan produk pembanding, baru terasa perbedaannya. Dan entah perasaan kami saja, yang pasti engselnya terasa lebih mantap dan berat dibanding pendahulunya. Semoga sih juga bisa seawet Find N2 Flip yang sampai sekarang belum ada keluhan di sisi engsel.
Layar – Luar dan Dalam Sama-Sama Dapat Diandalkan
OPPO tidak terjebak dalam persaingan ponsel flip yang tengah memanas dengan tidak mengganti ukuran cover screen atau layar eksternal menjadi lebih besar. Alih-alih berkonsentrasi pada tampilan yang bersifat kosmetik, OPPO mendesain layar cover Find N3 Flip untuk bisa memiliki fungsi lebih bermanfaat untuk penggunanya. Tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.
Cover screen ini berukuran 3.26 inci, membawa panel layar AMOLED, memancarkan resolusi 720 x 382 pixel. Menariknya layar luar ponsel ini dibuat dalam ratio 17:9. Atau dengan kata lain, memanjang ke atas layaknya layar ponsel biasa yang diperkecil.
Rasio layar yang menyerupai layar ponsel biasa ini kemudian dimanfaatkan oleh OPPO berdasarkan masukan dari seri sebelumnya, dengan cara mencoba mendukung semua aplikasi yang ada pada ponsel untuk terbuka di layar cover ini secara normal. Layaknya membuka di layar utama. OPPO menyebutnya sebagai Mini Apps.
Tentu ini menjadi PR OPPO mengingat bukan hal mudah untuk dapat mendukung semua aplikasi yang ada. Dulu, di Find N2 Flip hal ini bisa dimungkinkan dengan cara membeli atau menginstal aplikasi pihak ketiga. Yang tentu saja berjalan penuh dengan batasan.
Kali ini OPPO dengan fitur Mini Apps Labs nya, memungkinkan sejumlah aplikasi favorit untuk bisa terbuka di layar cover dengan penuh. Artinya kita bisa menonton yotube tanpa membuka layar ponsel, atau mengecek Google Maps, bahkan pesanan via Gofood tanpa harus membuka layar utama.
Sisi praktisnya dapat banget. Bahkan OPPO menyediakan sejumlah mini game yang bisa dimainkan di layar cover. Yang harus diakui cukup adiktif dan menjadi sebab review ini tertahan beberapa saat.
Sebelumnya, layar cover OPPO Find N2 Flip hanya bisa digunakan sebagai viewfinder kamera utama rasa selfie, memperlihatkan sejumlah widget yang relatif terbatas semisal info cuaca, musik, headset, reminder, alarm. Widget-widget itu tetap hadir, tapi kini dengan tambahan Labs, kita bisa mendaftarkan banyak aplikasi mini favorit ke layar luar.
Menariknya aplikasi akan tertampil hampir setara dengan di layar utama. Tetap banyak informasi yang didapat dalam satu layar, dan yang paling penting tidak ada penyesuaian ukuran atau distorsi pada layar.
Beralih ke layar bagian dalam, OPPO kembali memutuskan untuk melubangi salah satu bagian sebagai tempat kamera selfie atau biasa disebut punch hole. Keputusan ini memiliki imbas positif pada hasil kamera yang terasa lebih cerah ketimbang mode kamera di dalam layar.
Layarnya sendiri memiliki bentangan 6.8 inci dalam rasio 21:9 dan memancarkan resolusi 2520 x 1080 atau FHD+. Meskipun sering dalam kondisi dilipat, layar berpanel AMOLED dengan LTPO ini nyatanya punya refresh rate yang tinggi. Yakni maksimum di 120Hz dan membawa sertifikasi HDR10+.
Saat layar utama ini aktif atau menyala, kita bisa menikmati konten, membalas pesan atau bermain game tanpa terhalangi oleh bekas lipatan. Karena hampir tidak terlihat dan terasa.
Fitur ProXDR pada layar utama hadir untuk meningkatkan tampilan pada foto maupun video yang disupport oleh OPPO. Utamanya sih pada hasil foto kamera ponsel ya, akan terlihat lebih dinamis. Pencahayaan yang jatuh pada benda akan terlihat memilki tingkat dinamis yang jauh lebih baik.
Sayangnya, ketika dikirimkan ke sosial media, mungkin informasi ProXDR ini tidak akan terbawa. Dan jadi mengecewakan saat tertampil di media lain. Harus dicatat sih.
Interface dan Software
Selain sejumlah polesan penting di bagian interface Cover Screen, Find N3 Flip yang membawa ColorOS 13.2 berbasis Android 13, juga menyediakan sejumlah fitur menarik.
Dimulai dari wallpaper live dengan desain binatang piaraan. Jumlah hewannya sendiri jadi lebih banyak ketimbang Find N2 Flip meskipun dengan update software paling up to date. Namum jadi tambah menarik lagi ketika kita menyadari bahwa masing-masing hewan ini memiliki animasi yang bervariasi tergantung kondisi, waktu dan hal lainnya.
Ada burung, kucing, anjing, hamster, koala, panda, kelinci, dan harimau. Anda bisa pilih salah satu sebagai hewan peliharaan yang akan menyapa di layar cover.
Selain itu, tetap ada RAM Expansion yang memungkinkan besaran RAM bertambah hingga 24 GB dari 12 GB RAM yang ada di ponsel ini.
Memori, Chipset dan Performa
Salah satu hal yang juga mendapatkan peningkatan signifikan terletak pada penggunaan chipset yang lebih powerful ketimbang seri sebelumnya. Kini Find N3 Flip hadir dengan chipset premium Mediatek, yakni Dimensity 9200, yang di atas kertas mampu melahap kebutuhan paling demanding sekalipun, semisal mengedit video 4K tanpa jeda.
Chipset ini membawa CPU 8 inti yang terbagi ke dalam 3 cluster. 1 cluster untuk menggedor performa dengan 1 inti Cortex X3 yang memiliki clock speed hingga 3.05 GHZ. Kemudian cluster berikutnya untuk menjaga keseimbangan dan atau performa medium ke atas ada 3 inti Cortex A715 dengan clock speed 2.85GHz, dan terakhir ada cluster untuk kebutuhan efisiensi, terdiri dari 4 inti Cortex A519 dengan clock speed 1.8 GHz.
Dari situ saja sih sudah tergambar bagaimana CPU pada ponsel ini berinteraksi dnegan kebutuhan ponsel selama digunakan sehari-hari. Maka tak heran jika beberapa hasil benchmark memperlihatkan angka yang terbilang tinggi mendekati 1.000.000 di Antutu.
Sebagai pemroses grafis, chipset ini juga membawa GPU dari ARM, yakni G715 MC11 Imortalis. Merupakan GPU pertama denga dukungan ray tracing secara hardware. Apakah ini kemudian sudah dioptimalkan pada ponsel Find N3 Flip, kami belum mendapatkan konfirmasi lebih lanjut.
Beralih ke memori, produk yang kami review memiliki RAM 12 GB (bisa ditambahkan 12 GB lagi melalui RAM Expansion) dan storage atau penyimpanan UFS 4.0 sebesar 256 GB.
Baterai dan SuperVooc 44W
Di sisi power supply, Find N3 Flip tidak mendapatkan perubahan. Sama dengan model sebelumnya. Yakni kapasitas baterai sebesar 4300 mAh dengan pengisian daya cepat SuperVOOC 44W. Dengan spek seperti ini, ponsel bisa mengisi 58% daya dari nol hanya dalam waktu 30 menit saja.
Menariknya, kembali OPPO Indonesia menghadiahi pengguna dengan power adapter yang lebih tinggi speknya, yakni 67W. Apakah aman? Tentu saja aman. Karena hal ini terjadi juga di Find N2 Flip. Dan sepengetahuan kami, selama ini tidak ada masalah ketika kita melakukan pengisian daya menggunakan charger adapter yang tidak match, baik lebih besar maupun lebih kecil.
Ketika kita melakukan charging menggunakan adapter 30W misalnya, ponsel ini tetap akan memperlihatkan notifikasi bahwa ponsel sedang diisi menggunakan teknologi SuperVOOC, namun tidak memperlihatkan spek besaran daya yang masuk. Dugaan kami, listrik yang masuk akan menyesuaikan adapter, yakni 30W.
Sebaliknya ketika kita menggunakan adapter 67W atau 80W, muncul pada layar ponsel bahwa pengisian daya menggunakan SuperVOOC dengan daya yang didukung maksimal oleh ponsel, yakni 44W. Artinya ada pengenalan besaran daya di ponsel dan terjadi pembatasan daya yang efektif dan aman.
Kami telah menggunakan banyak adapter SuperVOOC, bahkan untuk mobil (80W) untuk Find N2 Flip dan OPPO lainnya selama ini dan tidak pernah ada masalah. Selama menggunakan adapter dan kabel bawaan dan resmi dari OPPO.
Kamera – Kini dengan 3 Kamera Utama
OPPO Find N3 Flip kini hadir dengan 3 kamera utama. Sejumlah fitur kamera yang absen di seri sebelumnya kini tersedia dan juga mendapat peningkatan kualitas yang signifikan, termasuk di telefoto.
Fitur telefoto kini hadir di kamera OPPO Find N3 Flip. Memungkinkan kita menangkap gambar dalam perbesaran hingga 5X tanpa kehilangan kualitas.
Selain itu juga kemampuan ultrawide pada kamera OPPO Find N3 Flip ditingkatkan menjadi jauh lebih baik. Berkat kamera 48MP ultrawide yang jauh lebih baik dari kamera ultrawide 8 MP di edisi sebelumnya.
Sementara untuk masalah sensor lensa utama dan kualitas yang dibawa bisa dibilang tetap sama baiknya. Dan masih merupakan hasil kerja sama dengan Hasselblad yang menyediakan warna dramatis dan unik.
Lensa utama pada kamera ini adalah 50MP dengan sensor Sony IMX890. Sensor yang kini bisa ditemui pada ponsel flagship. Untuk lensa utama ini bisa dibilang setara dengan generasi sebelumnya. Mampu merekam video 4K dan dengan tetap dengan dukungan co-enginered bersama Hasselblad.
Sensornya sendiri berukuraan cukup besar yakni 1/1.56 inci dengan kemampuan meredam noise yang teruji sejak Find N2 Flip. Dengan warna yang dihasilkan cenderung natural, tidak terlalu berlebihan. Sentuhan yang paling banyak dilakukan ada pada HDR jadi jangan heran ketika mengambil foto akan terasa ada waktu khusus ketika sistem melakukan perbaikan secara komputasi.
Lalu ada lensa kamera ultrawide 48MP dengan sensor Sony IMX581 yang setara dengan lensa 14mm dengan bukaan f/2.2. Jauh lebih baik dari lensa ultrawide di edisi sebelumnya. Dengan demikian jangan takut kehilangan kualitas yang berarti, ketika memotret dalam mode ultrawide di Find N3 Flip.
Dan satu lagi ada kamera telephoto 32MP dengan sensor IMX709, setara dengan 47mm dan dengan bukaan f/2.0.
Seperti yang sudah disebutkan di atas, kombinasi kamera ini bisa digunakan untuk memotret dengan apik, bahkan merekam video hingga 4K 30fps. Sudah cukup untuk menjadikannya alat berkreasi yang bisa disimpan ke dalam tas jinjing yang modis.
Sementara itu untuk kamera selfie yang terletak di layar utama (terlipat) kamera yang digunakan adalah kamera 32MP dengan sesnori Sony IMX709 setara kensa 21mm dengan bukaan f/2.4.
Hasil fotonya bisa dilihat pada contoh berikut ini.
Kesimpulan
Meskipun waktunya terbilang mepet dari generasi sebelumnya, OPPO Find N3 Flip hadir dengan sejumlah perbaikan yang rasanya sangat tepat sasaran, demi memperbaiki sejumlah “lubang” yang ada di seri sebelumnya.
Banyak yang bisa diapresiasi dari produk ini, mulai dari keputusan mempertahankan ukuran layar cover dan menambah fungsinya dengan mini apps sehingga jauh lebih bermanfaat bagi penggunanya, hingga penambahan kamera yang membuat produk ini jadi lebih bersaing lagi sebagai ponsel lipat jenis flip dengan kamera paling mumpuni.
Anda bisa membeli produk ini sekarang melalui link berikut OPPO
tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Ericsson hari ini mengumumkan keberhasilan penyelesaian proyek penting transformasi CS (Circuit Switch) Core.
Proyek ini, yang dimulai pada bulan November 2022 dan selesai lebih cepat dari jadwal yang ditentukan, yakni September 2023, merupakan konsolidasi dua jaringan CS terpisah dan ditransformasikan menjadi satu jaringan terpadu dengan arsitektur yang mutakhir.
Penyelesaian proyek transformasi CS Core ini merupakan bagian dari program merger Indosat dan berhasil menurunkan OPEX melalui pengurangan footprint sebesar 53 persen serta peningkatan indeks kepuasan pelanggan sebesar 1,1 persen.
Dengan mentransformasikan CS Core menjadi satu platform Ericsson yang memiliki kemampuan pooling, kini Indosat dapat mengurangi risiko gangguan jaringan atau downtime pada saat terjadi pemadaman listrik atau gangguan fiber optic.
Manfaat yang didapatkan adalah kedepannya pelanggan Indosat dapat menikmati layanan panggilan suara (telepon) dan SMS yang minim gangguan di seluruh Indonesia.
Keberhasilan pelaksanaan proyek ini berdampak langsung pada peningkatan interaksi pelanggan sebesar 33 persen dan pengurangan call setup time sebesar 495 milidetik.
Selain itu, simplifikasi jaringan ini secara signifikan menurunkan beban hardware, software, dan infrastruktur yang dibutuhkan sehingga dapat mengurangi OPEX.
Direktur dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan, “Sejalan dengan misi kami untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia, kami terus berupaya untuk menyediakan jaringan yang andal sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan. Bermitra dengan Ericsson memungkinkan kami untuk memaksimalkan potensi jaringan dan ekosistem Indosat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik. Kesuksesan penyelesaian proyek ini merupakan bukti komitmen bersama kami untuk melayani pelanggan.”
Head of Ericsson Indonesia, Krishna Patil, mengatakan,” Ericsson merasa bangga telah mendukung Indosat dalam menyelesaikan proyek CS Core Transformation lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan. Proyek ini telah memberikan peningkatan efisiensi dan pengalaman pelanggan yang kuat bagi Indosat beserta para pengguna layanannya. Kami berharap dapat selalu berkolaborasi untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.”
Sebelumnya, pada bulan Januari tahun ini, Ericsson telah mendukung Indosat untuk menyelesaikan integrasi jaringan dengan memanfaatkan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) di Jabodetabek, yang memungkinkan pelanggan di wilayah tersebut dapat menikmati pengalaman digital yang lebih baik.
Ini merupakan salah satu proyek integrasi jaringan tersingkat yang selesai lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan, dan mampu memberikan jangkauan yang lebih luas, kualitas layanan dalam ruangan yang lebih baik, dan pengalaman internet yang lebih cepat bagi pelanggan.
tabloidpulsa.id – Foto merupakan medium berkomunikasi yang kuat, dan mampu menciptakan suatu cerita mendalam dari sebuah peristiwa.
Bahkan menurut Beawiharta, salah satu The Masterminds dibalik Xiaomi 13T mengungkapkan bahwa banyak kisah unik yang bisa dibagikan melalui karya foto.
“Mengambil foto adalah salah satu cara saya untuk bercerita. Memotret bisa untuk bersenang-senang, menciptakan karya seni, atau untuk berkomunikasi. Cerita beragam dan unik itulah yang membuat saya terus berjalan, menenteng kamera apapun bentuknya dan kini hadir dalam bentuk wujud sebuah smartphone, yaitu Xiaomi 13T dengan lensa otentik Leica,” ungkapnya.
Xiaomi 13T menghadirkan pengalaman fotografi level profesional berkat konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari kamera utama berlensa Leica Summicron wide-angle 50MP setara lensa kamera dengan focal length 24mm, lensa telefoto 50mm yang juga beresolusi 50MP, serta kamera ultra-wide 15mm dengan resolusi 12MP.
Untuk menambah karakternya yang unik, Xiaomi 13T membawa karakter warna Leica yaitu Leica Authentic dan Leica Vibrant, untuk menghasilkan foto dengan warna estetik khas Leica. Smartphone ini juga dilengkapi dengan enam filter Leica, termasuk Leica Sepia dan Leica Blue terbaru yang diadaptasi dari kamera profesional Leica M-Type 240.
“Xiaomi 13T berlensa Leica mempunyai warna dengan tone warna khas Leica yang legendaris menjadikannya menyenangkan untuk dibawa kemana-mana. Ketimbang smartphone, saya lebih suka menganggapnya sebagai kamera yang ringkas dan ringan, sehingga mudah dipakai ber-eksperimen, dan menghasilkan warna yang spesial, membuat setiap perjalanan selalu menghasilkan experience fotografi yang menyenangkan,” tambah Bea.
Untuk mendukung pengguna mengoptimalkan lensa smartphone mereka untuk membuat foto yang memiliki cerita alias strong storytelling, Beawiharta menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan supaya menghasilkan visual dan narasi yang kuat.
1. Percaya diri kalau kamera smartphone bisa dikulik
Sekarang ini, semua orang bisa menjadi fotografer. Namun, bagaimana kita membuat foto kita punya cerita dan berbeda dengan fotografer lainnya?
Yang harus dipikirkan sebelumnya dan proses yang paling menarik adalah proses kreatif dibalik pembuatan sebuah karya foto.
Pikirkan kita ingin memotret apa dan bercerita tentang apa dari foto kita, dan tentunya bagaimana kamera smartphone ini bisa dikulik dan dieksplorasi lebih jauh.
2.Kuasai teknis dan pilih warna yang menginspirasi
Xiaomi 13T menawarkan beragam pilihan warna Leica yang mengesankan, termasuk Leica Authentic, Leica Vibrant, atau juga opsi hitam-putih (BW). Kreativitas pengguna memegang peran sentral di sini.
Penting untuk menguasai aspek teknis fotografi, sambil memilih warna yang sesuai dengan suasana hati yang ingin diungkapkan.
Tonal Leica pada Xiaomi 13T membawa dimensi dan karakteristik unik ke dalam setiap foto.
3.Pilih lensa yang sesuai kegunaan
Xiaomi 13T hadir dengan beragam pilihan lensa, termasuk wide 15mm, 24mm, dan 50mm untuk potret. Setiap lensa memiliki kegunaan dan karakteristik unik.
Jadi, ketika ingin mengambil foto landscape yang luas dan memukau atau merakam detail yang halus dengan sempurna, pastikan untuk memilih lensa yang paling cocok dengan visi yang dimiliki.
4.Bisa gunakan fitur Auto dengan kompensasi pencahayaan
Untuk fokus sepenuhnya pada momen tanpa khawatir tentang pengaturan teknis, kamu bisa memilih mode Auto pada Xiaomi 13T sebagai solusi cepat.
Perangkat ini juga sudah memiliki kompensasi pencahayaan yang cukup baik, sehingga menghasilkan warna-warna yang cukup natural.
5.Menangkap keceriaan dalam garis vertikal
Menggunakan lensa wide membutuhkan perhatian ekstra terhadap garis vertikal.
Optimalkan fitur garis panduan sehingga memudahkan kita dalam menjaga garis vertikal tetap lurus, sehingga setiap menghasilkan komposisi foto yang menarik.
6.Eksplorasi dengan mode Pro
Jangan takut untuk mengulik kamera smartphone kita. Pilihan mode Pro pada kamera Xiaomi 13T membuka beragam peluang kreatif.
Dengan mode Pro, kita bisa mengoptimalkan fungsi dan fitur kamera sesuai dengan mood visual yang ingin kita bangun.
Disinilah ruangan kita untuk merubah setiap momen menjadi karya yang lebih dari sekadar foto.
7.Berikan sentuhan akhir dengan penyuntingan warna
Jadikan karya visual kamu jadi lebih bercerita dan hidup dengan sentuhan akhir: penyuntingan warna.
Disini kita memegang kendali penuh dalam mengedit warna sesuai dengan keinginan kita yaitu karya foto seperti apa yang ingin kita tampilkan dan persepsi apa yang ingin kita bangun melalui karya ini.
Untuk menunjang pengalaman pengguna, Xiaomi 13T ditenagai oleh dapur pacu MediaTek Dimensity 8200-Ultra. Prosesor ini hasil kolaborasi eksklusif antara Xiaomi dan Mediatek untuk Xiaomi 13T.
Kinerja prosesor sudah disesuaikan dengan kebutuhan Xiaomi, mulai dari tingkat akurasi warna, hasil gambar, video, serta performa chipset tersebut agar bisa berjalan optimal di perangkat Xiaomi, terutama Xiaomi 13T.
MediaTek Dimensity 8200-Ultra didesain untuk efisiensi daya luar biasa menggunakan proses TSMC 4nm terbaru yang memungkinkan peningkatan kinerja CPU dan GPU.
Pembuangan panas pada Xiaomi 13T juga telah ditingkatkan dengan sistem pendingin tahan karat vapor chamber (VC) berukuran 5000 mm2, memastikan performa stabil dan tetap nyaman digunakan dalam jangka panjang.
Xiaomi 13T tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Alpine Blue, Meadow Green, dan Black. Tak kalah menarik, perangkat ini dilengkapi dengan IP68 yang berarti smartphone ini memiliki ketahanan terhadap air dan debu.
tabloidpulsa.id – Mendukung gaya hidup aktif Anda, Garmin resmi mengumumkan ketersediaan Vivoactive 5 untuk konsumen di Indonesia. Menyadari bahwa pola hidup sedentary dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.
Vivoactive 5 dilengkapi dengan 30 lebih mode olahraga, beragam preloaded workout yang dapat dipilih dari aplikasi Garmin Connect dan dikirim ke jam, analisa tidur yang canggih serta Sleep Coach dan Nap Detection, daya tahan baterai 11 hari dalam mode smartwatch dan dikemas dengan desain yang trendi dan ringan, hanya 36 gram.
Kehadiran vívoactive 5 juga merupakan bagian dari kampanye “Know The Real You” yang diinisiasi oleh Garmin. “Melalui kampanye ini, Garmin mengajak pengguna memulai perjalanan menemukan jati diri dengan dukungan teknologi canggih yang telah disesuaikan untuk kesehatan dan data yang lebih dipersonalisasi, sehingga memudahkan Anda memahami tubuh Anda dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya,” Chandrawidhi menambahkan.
Dalam hubungannya dengan gaya hidup aktif, yang pertama dibutuhkan adalah upaya untuk lebih banyak bergerak. Bisa dimulai dengan berjalan kaki, jogging, menari, atau berenang yang dapat membantu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.
Pantau kemajuan Anda, dengan mengukur status variabilitas detak jantung (HRV), VO2 Max, Pulse Ox, Perceived Effort dan Body Battery dalam layar AMOLED yang menakjubkan.
Garmin Vivoactive 5 juga sudah dilengkapi dengan mode Meditasi yang akan memandu pengguna selama sesi meditasi dan akan memblokir notifikasi sementara sehingga Anda lebih fokus dalam melakukan meditasi.
Bagi para wanita, Garmin Vivoactive 5 dapat melacak siklus menstruasi atau kehamilan lengkap dengan saran edukasi olahraga dan nutrisi.
Ketika hamil juga tetap disarankan untuk tetap aktif bergerak agar memudahkan proses persalinan. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari sudah cukup. Jika Anda mengikuti kelas olahraga, beri tahu instruktur bahwa Anda sedang hamil.
Pengguna kursi roda juga tak luput dari perhatian Garmin, Vivoactive 5 kini mendukung mode kursi roda (Wheelchair Mode) yang mampu mendeteksi aktivitas penggunanya.
Jam yang memiliki 5 varian warna ini dapat melacak gerakan mendorong harian dan memberi peringatan jika ada perubahan berat badan.
Pengguna kursi roda juga dapat berolahraga bersama Vivoactive 5 karena terdapat pilihan seperti Push Walk Speed, Push Run Speed, Strength, HIIT, Yoga, Cardio, Handycycling, Pilates, Row Indoor dan Tenis.
Salah satu fitur pintar dari Garmin Vivoactive 5 adalah Workout Benefit & Recovery Time dimana pengguna dapat memahami lebih baik bagaimana setiap latihan akan mempengaruhi tubuhnya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih sehingga dapat menjalani tantangan hari esok.
Dapatkan gambaran umum tentang perkiraan tidur, pemulihan, kalender harian, status HRV, dan lainnya segera setelah Anda bangun dengan fitur Morning Report.
Vivoactive 5 juga dapat menerima notifikasi smartphone seperti teks, email dan panggilan telepon. Untuk pengguna Android, Anda dapat membalas pesan teks dengan keyboard yang ada di jam tangan, dan lihat foto yang dikirimkan kepada Anda langsung dari layar jam tangan.
Tinggalkan gaya hidup sedentary Anda, mulai lebih banyak bergerak dan pantau kemajuan Anda bersama Garmin Vivoactive 5 seharga Rp 5,349,000 yang sudah tersedia di Garmin Official Store Online di Tokopedia, Shopee, Blibli dan Eraspace, serta Garmin Brand Stores Offline seluruh Indonesia.
Bagi pelanggan yang sudah melakukan pre order secara offline, bisa melakukan pengambilan unit Vivoactive 5 beserta Yoga Mat di Garmin Brand Stores Offline mulai tanggal 23 Oktober 2023. Sedangkan pelanggan yang melakukan pre order online, unit Vivoactive 5 dan yoga mat akan dikirim ke alamat yang tercatat.
tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meraih penghargaan Gold dalam ajang Stevie International Business Awards (IBA) 2023 pada kategori HR Department of the Year oleh lembaga pemberi penghargaan bisnis terkemuka berskala internasional, Stevie Awards, atas keberhasilan Indosat mengelola dan meningkatkan sumber daya manusia pascamerger di awal 2022.
Penghargaan yang proses seleksinya melibatkan lebih dari 230 juri profesional dari berbagai profesi di seluruh dunia ini menambah deretan apresiasi internasional terkait pengelolaan sumber daya manusia yang telah diperoleh pada tahun 2023 ini.
Director and Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni, mengatakan “Penghargaan ini merupakan persembahan untuk seluruh karyawan Indosat Ooredoo Hutchison atas dukungan dan partisipasinya dalam mewujudkan semua gagasan serta inisiatif perusahaan. Masa transisi pascamerger dilalui dengan memberikan perhatian penuh terhadap kebutuhan karyawan dan tetap fokus pada pertumbuhan bisnis. Indosat berupaya untuk terus memastikan tiap lini bisnis tetap berjalan lancar dan relevan, dengan mengutamakan kesesuaian size, shape, structure, dan people dalam perusahaan.”
Penghargaan Gold Stevie International Business Awards ini dinilai para juri sebagai pembuktian Indosat atas stigma besarnya potensi kegagalan pascamerger dari dua perusahaan yang sebelumnya saling berkompetisi. Kesuksesan ini diperoleh Indosat dengan menempuh cara pendekatan proaktif dan persiapan holistik yang mendalam, termasuk imersi budaya sebagai faktor kunci dalam lancarnya proses penggabungan dua perusahaan.
Persiapan penyatuan sejak awal melibatkan teknologi canggih dengan menerapkan RPA (Robotic Process Automation) berbasis data, komunikasi empatik dan transparan, tanpa menyampingkan sisi kemanusiaan. Pada akhirnya, Indosat mampu menghilangkan perspektif negatif terhadap rightsizing pascamerger untuk kemudian dapat diterima oleh semua pihak secara utuh, mendapat tanggapan positif di media, dan tidak mengganggu jalannya bisnis itu sendiri.
Perhatian Indosat juga tidak hanya pada karyawan, tapi lebih jauh kepada sistem pendukung utama mereka, yaitu keluarga. Untuk pertama kalinya setelah pasca merger, Indosat mengadakan Family Fest di sembilan kota besar di Indonesia secara serentak, dengan dihadiri lebih dari 14 ribu karyawan beserta keluarga mereka, untuk bersama-sama merayakan suka-cita satu tahun kebersamaan di Indosat.
“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan budaya kerja positif untuk menjawab segala tantangan yang akan hadir di masa depan, demi mewujudkan misi perusahaan dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Irsyad.
tabloidpulsa.id – vivo Indonesia bersiap memperkenalkan generasi terbaru V Series dengan meluncurkan vivo V29e ke pasar Indonesia pada 26 Oktober 2023 mendatang.
Mengusung desain yang mewah dan berkelas, vivo V29e mempersembahkan warna Gold terbaru yang terinspirasi oleh kilau Cahaya Negeri, sinar matahari yang menyinari Indonesia seperti keindahan yang terpancar ketika matahari terbenam.
Smartphone ini disempurnakan oleh 2.5D Slim Flat Frame Design, menjadikan smartphone ini paling tipis di kelasnya serta menggunakan material premium Fluorite AG Glass yang membawa kenyamanan dan keindahan dalam satu genggaman.
vivo, melalui berbagai inovasi teknologi yang dihadirkan, ingin terus menginspirasi para pengguna bahwa hidup adalah tentang menghargai momen-momen kecil yang membawa kegembiraan kepada kita semua. Pentingnya untuk berhenti sejenak dan menikmati keindahan alam di sekitar bersama orang-orang tersayang.
vivo V29e, hadir untuk memberikan kemudahan dalam mengabadikan golden moments serta menemani dan merekam perjalanan pengguna bersama teman-teman atau sekadar menikmati quality time dengan keluarga.
Nuansa emas pada varian Gold milik vivo V29e merepresentasikan kilauan cahaya negeri yang menerangi Indonesia. Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi oleh matahari yang senantiasa menyinari kecantikan alam yang tersebar ke seluruh pelosok Tanah Air. Lebih dari itu, sinar mentari juga menggambarkan kepribadian hangat dan ramah yang dimiliki masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya varian ini, vivo V29e pun berusaha menyalurkan kehangatan kepada penggunanya, juga dengan hadirnya berbagai fitur yang dapat mendukung aktivitas pengguna.
Fendy Tanjaya, Product Manager vivo Indonesia mengungkapkan, “Kali ini, vivo menghadirkan sentuhan warna emas pada vivo V29e varian Gold sebagai simbol dari kehangatan dan kelembutan cahaya negeri yang terus memancar di Indonesia. Tidak hanya melalui pilihan warnanya, vivo juga mengintegrasikan cahaya negeri dalam setiap elemen yang dimiliki smartphone ini, termasuk melalui kamera vivo V29e yang membawa resolusi tinggi 50MP AF Group Photo dan kembali menghadirkan teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control. Peningkatan kemampuan fotografi vivo V29e tentunya dihadirkan untuk menangkap senyuman hangat yang memancarkan kebahagiaan dari pengguna dan orang-orang terdekat mereka.”
vivo juga menaruh perhatian besar dalam menciptakan smartphone dengan desain modern. Smartphone ini dilapisi Fluorite AG Glass berkualitas tinggi dan diproses melalui Nano-scale Photoetching Technique, menciptakan pengalaman sentuhan yang luar biasa halus dengan tampilan yang premium. Dipadukan dengan desain yang ramping berkat 2.5D Slim Flat Frame berukuran 7.6mm yang paling tipis di kelasnya yang memperkuat pencapaian vivo dalam menggabungkan aspek estetika dan fungsionalitas, tidak hanya menciptakan kesan elegan tetapi juga memberikan kenyamanan ketika digenggam.
vivo V29e juga menyematkan 120Hz AMOLED Display pada layarnya untuk memastikan pengalaman visual yang immersive, dengan E4 Luminous Material yang dapat secara cerdas melakukan penyesuaian pencahayaan layar pada keadaan sekitar dengan lebih akurat. Pengguna dapat menikmati hiburan serta meningkatkan produktivitas dengan lebih baik.
Selain warna Gold, vivo V29e juga hadir dalam varian warna Black yang mencerminkan nuansa Binar Rimba, yang merepresentasikan cahaya negeri yang merambah masuk ke dalam rimbunnya hutan Indonesia, yang dikenal sebagai Sang Paru-Paru Dunia, sumber kehidupan bagi banyak masyarakat. Terakhir, vivo juga menghadirkan varian warna Blue, terinspirasi dari Kilau Samudra yang menawan dan stylish untuk melengkapi keseharian pengguna.
Tidak hanya dari segi warna dan desain, pada keandalan kamera vivo V29e. Smartphone ini hadir dengan kamera depan yang memiliki resolusi paling tinggi di kelasnya yaitu 50MP AF Group Photo yang mampu mengambil lebih banyak objek di dalam satu frame, memudahkan pengguna untuk mengabadikan momen berharga bersama banyak orang sekaligus.
Keandalan kamera semakin prima dengan dihadirkannya kembali teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control pada vivo V29e. Sistem Smart Lighting Control membawa pengalaman fotografi ke level berikutnya, menghasilkan potret yang lebih jernih dan natural dengan pencahayaan yang memukau.
Kehadiran smartphone ini akan menetapkan tolak ukur baru akan smartphone yang menggabungkan kombinasi antara desain terkini dan kemampuan kamera kelas atas. Berbagai keunggulan tersebut tentunya dirancang untuk mempermudah aktivitas sehari-hari penggunanya. Dengan vivo V29e dalam genggaman, pengguna dapat dengan percaya diri mengekspresikan kreativitas dan berbagi kisah mereka dengan visual yang mengesankan.
“Kami sangat antusias untuk segera memperkenalkan vivo V29e ke masyarakat Indonesia, smartphone yang menghadirkan perpaduan harmonis antara desain yang menawan dan kemampuan kamera yang fenomenal. Semua itu diwujudkan untuk mendukung pengguna mengembangkan kreativitas dan berbagi cerita dengan visual yang mengesankan. Bersiaplah untuk merasakan keunggulan terbaru dari dunia smartphone yang dipersembahkan oleh vivo,” pungkas Fendy.
tabloidpulsa.id – Menjangkau berbagai aspek dalam mendukung kreativitas dan gaya hidup anak muda, brand teknologi dengan semangat #JadiinMauLo kembali hadir dengan inovasi dan kolaborasi yang patut ditunggu. Pada 26 Oktober 2023 mendatang, Infinix siap meluncurkan Zero Series terbarunya, Infinix Zero 30 di Indonesia dengan keunggulan pada desain serta fitur videografi dan kamera bagi para kreator.
Sebagai bagian dari momentum peluncuran, Infinix pun akan hadir sebagai Official Smartphone di gelaran fashion bergengsi Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 yang berlangsung akhir Oktober 2023.
Sergio Ticoalu, Country Marketing Manager Infinix Indonesia mengatakan “Sejak peluncuran global di September, seri Zero 30 mendapatkan respon yang luar biasa dan telah ditunggu kehadirannya oleh para XFans di Indonesia. Kami tentunya sangat bangga bisa segera menghadirkannya secara resmi pada 26 Oktober mendatang dengan banyak fitur dan inovasi terbaru yang kami siapkan buat XFans untuk bikin story atau konten mereka jadi makin anti-ordinary”.
Desain Premium dengan Fitur Videografi Unggulan
Infinix menghadirkan pengalaman flagship dengan performa dan desain superior. Smartphone ini akan didukung fitur layar 120Hz dengan 3D Curved AMOLED Screen untuk kenyamanan visual nan premium. Siap menyimpan dan menjalankan lebih banyak konten serta aplikasi, smartphone ini pun akan didukung kapasitas memori internal 256GB serta RAM hingga 16GB.
Salah satu signature dari Zero Series adalah inovasi pada fitur kamera. Smartphone ini siap menghadirkan pengalaman pengambilan video dan gambar yang semakin stabil dan jernih, bukan hanya pada kamera belakang, namun juga kamera depan dengan 50MP Front vlog Camera yang mampu mengambil video dengan resolusi 2K 30FPS.
Runway-Ready dengan Official Smartphone JFW 2024
Menggabungkan aspek inovatif dan stylish pada Zero 30 dengan fashion sebagai platform berekspresi, Infinix mengumumkan kolaborasi terbarunya sebagai Official Smartphone JFW 2024. Pada gelaran prestigious yang akan berlangsung mulai 23 Oktober hingga 29 Oktober 2023 ini, Infinix menggandeng dengan tiga brand fashion lokal, yaitu Danjyo Hiyoji, Studio Moral, dan Sean Sheila.
Kolaborasi “Get the Spotlight with Infinix Zero 30” yang berlangsung pada 27 Oktober 2023, Infinix dan para desainer brand akan menampilkan koleksi terbaru yang terinspirasi serta menampilkan smartphone ini dalam konsep fashion show penuh kejutan.
Melanjutkan Peluncuran Global
September lalu, Infinix telah memperkenalkan Zero 30 Series secara global dalam rangkaian acara 80th Venice International Film Festival yang berlangsung di Venesia, Italia. Membahas tentang perkembangan teknologi videografi dengan smartphone sebagai salah satu alat untuk storytelling, peluncuran global Zero 30 Series semakin mengukuhkan komitmen global Infinix dalam mendukung minat generasi muda sebagai kreator dan terhubung tanpa batasan melalui teknologi.
“Berbagai kolaborasi yang kami hadirkan tahun ini benar-benar kami hadirkan untuk memberikan lebih banyak platform inspirasi dan aspirasi bagi generasi muda untuk berkreasi dan berbagi cerita. Mulai dari gaming, sinema hingga fashion, eksplorasi dan semangat Infinix ini juga kami teruskan pada peluncuran Zero 30 di Indonesia. Infinix juga mengajak XFans untuk jadi bagian dari keseruan tanpa batas ini di platform media sosial infinix Indonesia. Yang pasti, harga yang ditawarkan Infinix Zero 30 akan membuat konsumen terkejut ,” pungkas Sergio.
tabloidpulsa.id – Data Google Trends di Indonesia menunjukkan penelusuran “HP Lipat” di YouTube dan Google tumbuh lebih dari 56%. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasar, 1 dari 2 orang Indonesia yang disurvei mengandalkan Google dan YouTube sebagai saluran utama untuk mendapatkan informasi terkait smartphone premium, diikuti oleh media sosial, TV/radio, media cetak, dan papan reklame.
Hal ini penting mengingat Indonesia merupakan pasar smartphone dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, dengan lebih dari 80% penduduknya1 memiliki smartphone. Indonesia juga merupakan pasar smartphone terbesar keempat di dunia, dengan jumlah pengguna HP pintar diperkirakan meningkat 3x lipat hingga tahun 2025 dibandingkan tahun 20152, menjadikan Indonesia sebagai pasar utama untuk smartphone lipat. Meskipun telah ada di pasaran selama beberapa tahun, smartphone lipat kembali populer di kalangan masyarakat Indonesia dengan teknologi yang lebih canggih.
Tren smartphone lipat di Indonesia
Melihat tren yang meningkat tersebut, tahun ini Google melakukan survei konsumen dan menyampaikan insight dari survei tersebut. Samsung dan Infinix juga membahas faktor-faktor yang membentuk pertimbangan masyarakat Indonesia untuk membeli smartphone lipat. Reviewer teknologi populer, Dedy Irvan dari Jagat Review, dengan lebih dari 1,3 juta subscriber di YouTube, turut berbagi perspektif mengenai apa saja yang dicari konsumen saat membeli smartphone.
Berdasarkan hasil survei konsumen, ditemukan bahwa 3 dari 5 (62%) responden menginginkan smartphone lipat saat mereka nanti membeli smartphone baru. Survei dilakukan terhadap 1.514 responden berusia 18 – 55 tahun di berbagai provinsi di Indonesia.
Hal utama yang mendorong daya tarik smartphone lipat bagi masyarakat Indonesia dibandingkan smartphone biasa adalah inovasinya, dengan 7 dari 10 orang Indonesia melihat smartphone lipat sebagai “inovasi tercanggih” saat ini. Namun, faktor terbesarnya adalah bahwa HP lipat dipandang sebagai produk yang dapat lebih meningkatkan produktivitas, gaya hidup, dan kenyamanan.
“Masyarakat Indonesia memiliki minat tinggi untuk mengeksplorasi inovasi teknologi baru, tetapi mereka juga sangat mengutamakan produktivitas dan kenyamanan, apa lagi rata-rata orang Indonesia menggunakan smartphone lebih dari 5,7 jam setiap hari3,” kata Stephanie Elizabeth, Tech Industry Lead, Google Indonesia. “Berdasarkan survei, masyarakat Indonesia dari berbagai usia mencari smartphone yang dapat membantu mereka menjadi lebih produktif dan efisien. Dengan banyaknya eksposur terhadap manfaat perangkat lipat di YouTube dan Google, kami yakin itu juga membuat mereka membayangkan hal apa saja yang dapat dilakukan oleh produk-produk ini, sehingga membuat mereka makin berminat terhadap smartphone premium ini.”
Hampir 9 dari 10 responden setuju bahwa smartphone lipat model “flip” menawarkan kenyamanan dan manfaat gaya hidup yang lebih baik dibandingkan smartphone biasa. Alasan paling populer masyarakat Indonesia mempertimbangkan untuk membeli smartphone lipat adalah faktor-faktor seperti portabilitas (ukurannya yang ringkas), kemudahan untuk melakukan panggilan video (tanpa perlu memegang smartphone), dan untuk membuat konten; serta dipandang sebagai aksesori yang stylish. Sedangkan smartphone lipat yang modelnya seperti “buku” dinilai lebih unggul dalam fitur produktivitasnya, di mana layarnya yang lebih besar memudahkan pengguna memakainya untuk bekerja, dipadukan dengan fungsi tablet PC, atau kemampuan multitasking yang lebih baik dibandingkan smartphone biasa.
“Pasar foldable smartphone tercipta sejak kami memperkenalkan Galaxy Fold pertama di 2019. Menyikapi pasar yang terus tumbuh, kami bekerja sama dengan Google untuk menyempurnakan pengalaman HP Lipat di Galaxy Z Fold5 | Z Flip5 dengan fitur-fiturnya yang lebih relevan untuk penggunanya. Design Galaxy Z Flip5 yang mungil dan personal menjadi daya tarik utama yang membuat anak muda ikut tren join the flip side. Bekerjasama dengan Google telah menghadirkan pengalaman menjalankan berbagai aplikasi mulai dari video call, Google Maps, hingga menonton Youtube langsung di bigger cover screen. Kemitraan ini juga melahirkan kemampuan multitasking yang semakin optimal di layar besar Galaxy Z Fold5 dan S Pen, seperti task bar layaknya sebuah PC, hingga konektivitas antar perangkat yang semakin mudah dan lancar akan lebih mendukung produktivitas dan kreativitas penggunanya,” jelas Lo Khing Seng, Head of MX Business, Samsung Electronics Indonesia terkait inovasi Samsung pada smartphone lipat.
Alur pembelian dan hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh brand
Karena 50% konsumen cenderung membeli merek smartphone berbeda dari yang mereka miliki sebelumnya, hal ini menjadi peluang bagi marketer. Konsumen pun tetap berpikiran terbuka, dengan 81% responden mempertimbangkan setidaknya dua merek ketika mulai mencari-cari smartphone baru4.
Dengan jutaan penayangan video terkait smartphone lipat di kanal kreator teknologi, hal ini menunjukkan peningkatan positif minat masyarakat Indonesia yang ingin memahami fitur dan manfaat produk. YouTube dipandang sebagai layanan video nomor satu di Indonesia yang menurut mereka paling banyak ditonton, survei konsumen kami menunjukkan satu dari dua calon pembeli mengandalkan ulasan dari pembuat konten sebelum melakukan pembelian. Meningkatnya popularitas video semacam ini membuat para marketer perangkat perlu memastikan bahwa merek mereka mudah ditemukan ketika masyarakat Indonesia mencari perangkat lipat di internet5. Iklan video tetap efektif, dengan 84% penonton di Indonesia setuju bahwa iklan yang mereka lihat di video YouTube membuat mereka lebih cenderung mempertimbangkan suatu merek atau produk.
Menanggapi bagaimana konten video dapat mendorong strategi pemasaran, Chris Xu, General Manager Infinix Indonesia menjelaskan, “Di Infinix, kami tetap terhubung dengan konsumen muda melalui keterlibatan aktif dengan para kreator konten video. Keterlibatan ini merupakan komponen penting dari strategi pemasaran yang memungkinkan Infinix dapat efektif menjangkau para konsumen muda. Riset terbaru Infinix juga menunjukkan, hampir 70% pengguna menggunakan platform YouTube untuk mencari tahu tentang produk terbaru atau produk yang akan diluncurkan Infinix. Inilah alasan kreator video di YouTube berpengaruh signifikan dalam keputusan konsumen membeli produk”.
Menariknya, survei ini menunjukkan bahwa hanya 4 dari 10 konsumen memilih untuk membeli dari toko resmi, baik offline maupun online, dibandingkan ritel yang menjual multi merek. Hal ini juga menandakan peluang bagi setiap merek untuk memiliki strategi saluran penjualan yang kuat, memastikan staf penjualan mereka siap, dan mereka juga memiliki keberadaan kuat di internet, terutama karena smartphone lipat masih relatif baru di pasar.
tabloidpulsa.id – Xiaomi Indonesia secara resmi menghadirkan produk Google TV pertamanya melalui Xiaomi TV Seri A dan Xiaomi TV Seri A Pro yang bisa didapatkan secara eksklusif pada Xiaomi Official Store di platform e-commerce Blibli dengan harga mulai dari Rp 2.999.000,-.
Xiaomi TV A Series hadir dalam dua pilihan ukuran yang berbeda, yaitu 43 inci dengan resolusi FHD dan 55 inci dengan resolusi 4K. Produk ini menonjolkan desain premium bezel-less yang memastikan tampilan yang seamless.
Dengan audio 2 x 10W speaker, konsumen dapat menikmati suara yang jernih dan berkualitas. Xiaomi TV A Series juga dilengkapi dengan RAM 1.5GB dan ROM 8GB. Sistem operasinya menggunakan Google TV, yang memberikan akses mudah ke berbagai aplikasi dan layanan hiburan. Koneksi WiFi 2,4GHz dan Bluetooth 5.0 memastikan konektivitas yang stabil.
Di sisi lain, Xiaomi TV A Pro hadir dalam tiga pilihan ukuran, yaitu 43 inci, 55 inci dan 65 inci, dengan resolusi 4K UHD yang juga telah dilengkapi oleh teknologi Dolby Vision. Desainnya sangat stylish dengan bezel-less dan dimensi yang mengesankan. Xiaomi TV A Pro memiliki speaker 24W (2 x 12W) yang mendukung teknologi audio Dolby, sehingga memberikan pengalaman audio yang luar biasa.
Dengan dukungan sistem operasi berbasis Google TV, disertai Google Assistant built-in dan akses ke Google Play serta berbagai layanan smart home. Xiaomi TV A Pro juga mendukung Chromecast built-in dan Miracast. Selain itu, kedua seri smart TV digital (DVB-T2) ini juga menawarkan beragam fitur yang mengesankan, seperti HDR10, dan akses ke aplikasi populer seperti Netflix, Prime Video, dan YouTube yang sudah terinstal.
Mulai 25 Oktober 2023, Xiaomi Fans dan masyarakat umum juga bisa melakukan pembelian Xiaomi TV pada seluruh kanal penjualan Xiaomi Indonesia dengan harga mulai dari Rp 2.999.000. Khusus untuk periode first sale (19 – 31 Oktober), Xiaomi TV A Series dan Xiaomi TV A Pro Series bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 2.899.000,- melalui Xiaomi Official Store di Blibli.
Tak hanya lini produk TV, Xiaomi juga memperkenalkan Xiaomi Monitor terbarunya yaitu Xiaomi Monitor A22i yang ikut hadir pada 19 Oktober 2023 dengan harga Rp 1.099.000,-. Xiaomi Monitor A22i menawarkan kemampuan refresh rate yang tinggi hingga 75Hz dan mencakup 99% sRGB color gamut. Monitor ini memiliki desain ultra slim borderless dan telah menerima sertifikasi TUV Rheinland untuk cahaya biru rendah yang menjadikan Xiaomi Monitor A22i cocok untuk kerja, nonton, ataupun bermain game.
Simak tabel spesifikasi di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Xiaomi TV A Series dan Xiaomi TV A Pro Series:
Spesifikasi Xiaomi TV A Series
Spesifikasi
Xiaomi TV A Series 43”
Xiaomi TV A Series 55”
Desain
Premium bezel–less design Color: BlackDouble stand Dimensions (without base]: 955 x 555 x 80.5mm Dimensions (including base]: 955 x 601 x 211mm Wall mount: 200 x 300mm Weight (including base]: 6.0kg
Premium bezel–less design Color: BlackDouble stand Dimensions (without base]: 1.226 x 80 x 707mm Dimensions (including base]: 1.226 x 300 x 770mm Wall mount: 300 x 300mm Weight (including base]: 11.1kg
Layar
Resolution: FHD, 1920 x 1080 Refresh rate: 60Hz Color depth: 1.07 billion
Resolution: 4K, 3840 x 2160 Refresh rate: 60Hz MEMC: 60Hz High Dynamic Range Color depth: 1.07 billion Color gamut: DCI-P3 80% (typ)
Audio
2 X 10W speakers Dolby Audio, DTS–X, DTS Virtual:X
2 X 10W speakers Dolby Audio, DTS–X, DTS Virtual:X
Google TV with Google Voice Assistant Content first UI with recommendations just for youGoogle Play access Smart home control hub Chromecast built–in and Miracast supported Netflix, Prime Video and YouTube pre–installed
Google TV with Google Voice Assistant Content first UI with recommendations just for you Google Play accessSmart home control hub Chromecast built–in and Miracast supported Netflix, Prime Video and YouTube pre–installed
Konektivitas
Wi–Fi 2.4GHz/5GHz Bluetooth 5.0 Broadcasting system: DVB–T/T2/CPorts HDMI x 2USB x 2 Ethernet (LAN) x 1 Composite In (AV) x 1 Earphone out x 1
Wi–Fi 2.4GHz/5GHz Bluetooth 5.0 Broadcasting system: DVB–T/T2/CPorts HDMI x 3 (eARC support)USB 2.0 x 1 Ethernet (LAN) x 1 Composite In (AV) Optical digital audio out
Paket penjualan
Xiaomi TV x 1, 360° Bluetooth remote control x 1, Power cable x 1, Screws bag x 1, User manual x 1, Warranty cards x 1, Stand components x 2
Xiaomi TV x 1, 360° Bluetooth remote control x 1, Power cable x 1, Screws bag x 1, User manual x 1, Warranty cards x 1, Stand components x 2
Spesifikasi Xiaomi TV A Pro Series
Spesifikasi
Xiaomi TV A Pro Series 43”
Xiaomi TV A Pro Series 55”
Xiaomi TV A Pro Series 65”
Desain
Unibody and limitless design Dimensions (including base): 957.2 x 244.4 x 609.8mm Wall mount: 300 x 300mm Weight (including base): 6.97kg Color: Black Single stand
Unibody and limitless design Dimensions (including base): 1,225.8 x 279.9 x 778.3mm Wall mount: 300 x 300mm Weight (including base): 11.23kg Color: Black Single stand
Unibody and limitless design Dimensions (including base): 1446.48 x 892.3 x 287mm Wall mount: 300 x 300mm Weight (including base): 16.0kg Color: Black Single stand
Layar
43” 4K UHD Resolution: 3,840 x 2,160 Color gamut: DCI-P3 90% (typ) Color depth: 1.07 billion (8-bit+FRC) Refresh rate: 60Hz Viewing angle: 178°(H)/178°(V) Dolby Vision® and HDR10
55” 4K UHD Resolution: 3,840 x 2,160 Color gamut: DCI-P3 90% (typ) Color depth: 1.07 billion (8-bit+FRC) Refresh rate: 60Hz Viewing angle: 178°(H)/178°(V) Dolby Vision® and HDR10
65” 4K UHD Resolution: 3,840 x 2,160 Color gamut: DCI-P3 90% (typ) Color depth: 1.07 billion (8-bit+FRC) Refresh rate: 60Hz Viewing angle: 178°(H)/178°(V) Dolby Vision® and HDR10
Audio
24W (2 x 12W) speakers Dolby AudioTM, DTS-X, and DTS Virtual:X1 support
24W (2 x 12W) speakers Dolby AudioTM, DTS-X, and DTS Virtual:X1support
24W (2 x 12W) speakers Dolby AudioTM, DTS-X, and DTS Virtual:X1 support