Home Blog Page 307

ANKER PowerExtend USB Plug, Ringkas dengan Teknologi PowerIQ

ANKER PowerExtend USB Plug

tabloidpulsa.id – Apakah Anda termasuk kebanyakan orang yang sering menumpuk steker listrik di colokan rumah? Jika ya, kebiasaan ini dapat mulai sedikit dikurangi dengan kehadiran solusi dari ANKER, produsen aksesoris mobile yang digunakan oleh lebih dari 55 juta orang di seluruh dunia ini.

Sebenarnya bisa dimaklumi mengapa masyarakat sering menggunakan steker hingga bertumpuk dan/atau bercabang banyak. “Di zaman modern seperti ini, memang semakin banyak perangkat elektronik yang harus terus menerus terhubung ke listrik,” jelas Ridwan Hidayat.

Pria yang menjabat sebagai Business Manager ANKER Indonesia tersebut menambahkan, “Sementara biasanya di ruangan hanya terdapat satu colokan listrik, sehingga mau gak mau kita menggunakan ekstensi atau steker multicabang agar kebutuhan listrik tiap perangkat bisa terpenuhi.”

Namun, “Masalahnya, penggunaan secara bertumpuk dan bersamaan yang ceroboh bisa berbahaya. Apalagi steker maupun ekstension yang digunakan berkualitas rendah. Beban listrik yang tinggi akan menghasilkan panas berlebih sehingga bisa memantik kebakaran, arus pendek hingga ledakan.”

Tentu Ridwan sama sekali tidak bermaksud menakut-nakuti, mengingat kejadian seperti itu sudah banyak ditemui di masyarakat sejak lama. Karena itulah, ANKER menghadirkan solusi praktis yang bisa Anda gunakan tak hanya di rumah, namun juga dibawa bepergian lewat PowerExtend USB Plug.

2 USB-A dengan Fitur PowerIQ

Setidaknya, Anda bisa mengisi daya 3 perangkat sekaligus dalam satu ANKER PowerExtend. “Perangkat ini dilengkapi dengan colokan atau steker internasional yang bisa Anda gunakan untuk mengisi daya laptop, serta dua buah lubang USB tipe A untuk mengisi dua gawai secara bersamaan,” ungkap Ridwan.

Yang menarik, kedua port USB tersebut sudah dibekali fitur PowerIQ. Fitur ini akan membagi output alias keluaran daya secara cerdas sesuai dengan perangkat yang terhubung, dengan besaran total 12W. Artinya, Anda tidak perlu lagi repot membawa kepala atau adaptor charger terpisah saat berpergian.

“Jika digunakan salah satu port saja, maka output daya akan lebih maksimal sehingga bisa mengisi iPhone 11 dari 0 hingga penuh dalam waktu 2,5 jam saja. Ini lebih cepat 40 menit ketimbang charger bawaannya,” terang Ridwan memberi analogi. Tentu saja hasil yang diperoleh bisa bervariasi.

Jika Anda menggunakan port lainnya untuk mengisi TWS atau jam cerdas Anda misalnya, maka PowerIQ akan mendistribusikan daya lebih banyak ke ponsel mengingat kedua gawai tersebut tidak memiliki fitur pengisian cepat serta hanya dibekali baterai dengan kapasitas yang rendah.

Tak hanya soal kepraktisan, bicara ANKER adalah bicara tentang keamanan produk. Dalam PowerExtend USB Plug ini setidaknya ada 6 fitur keamanan yang ditanamkan seperti pencegah panas berlebih, pelindung arus pendek, perlindungan ground hingga penggunaan bahan yang tahan api!

Dengan berbagai manfaat, fitur, teknologi serta keamanan yang ditawarkan, banderol ANKER PowerExtend USB Plug ini pun jadi tergolong murah. Anda bisa memperolehnya di Tokopedia, Shopee maupun outlet resmi ANKER Indonesia dengan harga Rp.399,000 saja bergaransi selama 18 bulan.

“Namun dalam masa promosi terbatas, ANKER memberikan harga spesial yakni potongan lebih dari setengah harga, menjadi Rp150,000 saja,” tutup Ridwan. Namun perlu dicatat, perangkat Anda harus mendukung lebar tegangan 100V-240V untuk dapat menggunakan steker PowerExtend ini ya!

Alibaba Cloud Dinobatkan Sebagai Challenger di Gartner Magic Quadrant

Alibaba Cloud CDN Komersial

tabloidpulsa.id –  Alibaba Cloud dinobatkan sebagai Challenger di tahun ini dalam laporan Gartner Magic Quadrant untuk Platform Analytics dan Business Intelligence. Tahun lalu, dalam laporan yang sama, penyedia layanan cloud ini dinobatkan sebagai Niche Player.

Laporan Gartner mengevaluasi penyedia platform analitik dan bisnis intelijen yang dirancang untuk  memfasilitasi pengguna dalam melakukan pemodelan, menganalisis, menyebarkan, dan mengelola data milik mereka. Wawasan otomatis, kecakapan dalam  pelaporan, dan visualisasi data merupakan beberapa di antara 12 kemampuan unggulan yang diperlukan untuk pasar ini.

Platform Quick BI dari Alibaba Cloud, yang dikaji dalam laporan ini, merupakan seperangkat sistem analisis bisnis intelijen yang menawarkan beragam layanan termasuk eksplorasi dan pelaporan data. Sistem ini memliki kemampuan untuk memberdayakan pengguna skala perusahaan untuk melihat dan mengeksplorasi data guna membuat keputusan bisnis yang tepat. Platform ini telah tersedia di pasar Indonesia.

“Wawasan berbasis data menjadi semakin penting dalam mendorong strategi organisasi di seluruh dunia. Kami melihat permintaan akan platform dengan berbagai layanan dalam manajemen data dan analitik yang meningkat, memperlihatkan bagaimana kemampuan sistem ini bermanfaat bagi bisnis. Diakui sebagai Challenger di bidang yang sangat penting ini merupakan motivasi yang besar bagi  kami dan kami percaya bahwa hal ini dapat terlihat dari semua upaya kami saat ini dan seterusnya dalam meningkatkan kapabilitas platform Quick BI.” ujar Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence. “Kami berharap dapat terus mendukung para pelanggan di seluruh dunia seiring dengan adanya upaya mereka dalam mencari cara-cara baru untuk menyingkap potensi data yang mereka miliki.”

Quick BI menghadirkan platform yang sederhana dan mudah digunakan untuk menghasilkan analisis laporan berdasarkan data intelijen seperti tingkat retensi pelanggan, jumlah pengguna aktif, dan lainnya. Platform ini mendukung dasbor yang dapat dimodifikasi sehingga memberi kesempatan pengguna untuk menyajikan wawasan sesuai format preferensi yang mereka harapkan. Platform ini telah digunakan secara luas di berbagai industri, seperti ritel, internet, manufaktur, media, dan keuangan.

Salah satu contohnya adalah IJOOZ, perusahaan smart retail danrobotika makanan terkemuka di Singapura, yang saat ini memanfaatkan teknologi Alibaba Cloud untuk mengoptimalkan infrastruktur bisnis dan TI. Quick BI telah membantu IJOOZ dengan kemampuan analisis data, eksplorasi, dan pelaporan datanya, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan berbasis data di seluruh perusahaan.

Kearney dan Kominfo Kembangkan Peta Jalan Transformasi Digital untuk Enam Sektor

tabloidpulsa.idKearney, perusahaan konsultan global, bermitra dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia untuk mengembangkan peta jalan transformasi digital untuk enam sektor: Pertanian, Pendidikan, Maritim, Logistik, Kesehatan, dan Pariwisata.

Proyek ini bertujuan untuk menyusun strategi peta jalan untuk proses transformasi digital Indonesia, menyoroti area-area penting yang menjadi fokus dan memberikan rekomendasi yang dapat diimplementasikan oleh Kominfo. Setelah kolaborasi selama berbulan-bulan, Kominfo mempresentasikan hasil proyek tersebut dalam sebuah sesi sosialisasi yang dihadiri oleh para pejabat dari berbagai kementerian.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Kominfo dalam inisiatif penting ini,” ujar Shirley Santoso, Managing Partner di Kearney. “Indonesia siap untuk pertumbuhan yang signifikan, dan transformasi digital akan menjadi sangat penting dalam mendorong pertumbuhan tersebut. Peta jalan ini akan memandu Kominfo untuk memprioritaskan upaya mereka dan memastikan keberhasilan masa depan digital Indonesia.”

Peta jalan digital ini memberikan rencana komprehensif untuk masing-masing dari enam sektor, menyoroti tantangan dan peluang di setiap industri dan rekomendasi strategis tentang kebijakan, infrastruktur, dan inovasi. Beberapa inisiatif telah diimplementasikan di beberapa sektor.

Sebagai contoh, dalam sistem transformasi e-government, Kominfo mentransformasi 2.700 pusat data untuk 630 institusi pemerintah menjadi 10-20 Pusat Data Nasional (DCN). Upaya pemerintah Indonesia untuk mendigitalkan layanan publiknya akan didukung oleh DCN ini, yang akan bertindak sebagai fasilitas manajemen data terpusat.

DCN Nasional akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan pengolahan dan penyimpanan data yang terus meningkat. Sebuah arsitektur jaringan akan menghubungkan mereka untuk memungkinkan berbagi dan pertukaran data tanpa batas antara entitas pemerintah pusat dan daerah. Program Transformasi Sistem Pemerintahan Elektronik pemerintah, yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan publik dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, sangat bergantung pada pembangunan DCN Nasional ini.

Contoh lainnya adalah inisiatif baru untuk mempercepat transformasi digital di bidang pendidikan dengan membangun ekosistem digital melalui manajemen sekolah dan sistem manajemen pembelajaran. Untuk industri pertanian, penerapan Ekosistem Pertanian Cerdas dan Pertanian Presisi yang Terintegrasi dengan memanfaatkan sensor tanah dan cuaca telah diperkenalkan untuk meningkatkan produktivitas.

“Peta jalan ini akan menjadi alat yang sangat berharga untuk memprioritaskan upaya kami dan memastikan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami. Kominfo berkomitmen untuk mendorong transformasi digital Indonesia dan menjadi pemimpin ekonomi digital. Kami berterima kasih kepada para mitra kami atas upaya untuk mentransformasi Indonesia.”  Ujar Rohit Sethi, Principal Kearney

Keberhasilan peta jalan transformasi digital ini akan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin regional dalam bidang ekonomi digital. Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. Artinya, ekonomi digital yang pada tahun 2021 bernilai $70 miliar diperkirakan akan mencapai $330 miliar pada tahun 2030.

iSeller dan Microsoft Dorong Digitalisasi UMKM di Cloud dan AI

iSeller Digitalisasi UMKM

tabloidpulsa.id – iSeller, salah satu anggota Microsoft Entrepreneurship for Positive Impact, berupaya mendorong digitalisasi UMKM untuk mengembangkan bisnis secara mudah dan cepat melalui layanan platform omnichannel berbasis Microsoft Azure. Uniknya, upaya ini iSeller lakukan sembari mengedepankan sinergi antara pertumbuhan bisnis dan peningkatan kualitas lingkungan.

Hal ini didasarkan pada data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang menunjukkan bahwa baru sekitar 21 juta dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang telah memberdayakan teknologi digital dalam bisnis mereka.  Artinya, UMKM yang sudah go digital baru mencapai 32% dari seluruh UMKM di Indonesia.

Padahal, UMKM merupakan salah satu roda penggerak utama bagi ekonomi Indonesia. Pada tahun 2022, kontribusi UMKM terhadap PDB negara telah mencapai angka menakjubkan di 60,5%.  Sayangnya, masih ada berbagai tantangan yang menahan kemajuan bisnis UMKM, seperti kendala akan pemanfaatan teknologi digital.

“Pengalaman di lapangan memperlihatkan bahwa salah satu kendala terbesar UMKM adalah keterbatasan sumber daya manusia. Mereka memiliki banyak channel, tetapi tidak punya cukup orang untuk mengelolanya. Melalui layanan iSeller yang didukung infrastruktur Azure, UMKM dapat menghubungkan semua channel mereka–mulai dari online marketplace, media sosial, hingga online store–dalam satu platform tunggal, sesuai skala yang mereka butuhkan. Mereka juga dapat memproses transaksi secara cepat, aman, dan sistematis melalui solusi Point of Sales yang melayani semua jenis bisnis. Berdasarkan riset yang kami lakukan, rata-rata mitra UMKM kami berhasil mengalami peningkatan penjualan 163% sejak meningkatkan efektivitas kerja mereka melalui platform iSeller,” ujar Jimmy Petrus, CEO & Founder iSeller.

Salah satu bentuk realisasi platform ini dapat ditemukan pada Lakoo, sebuah aplikasi mobile gratis dengan UI/UX ramah pengguna dari iSeller, yang dapat bertindak sebagai entry point digitalisasi UMKM. Di sini, UMKM dituntun dalam langkah-langkah awal memanfaatkan teknologi digital. Mulai dari membuat website dengan cepat, mentransformasi sistem pembukuan manual dengan menggunakan kasir digital, hingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran elektronik.

Didukung oleh sistem keamanan Azure yang memiliki lebih dari 100 sertifikasi keamanan berstandar internasional, transaksi bulanan ratusan ribu UMKM pengguna iSeller yang mencapai ratusan juta rupiah pun senantiasa terjaga keamanannya.

Milestone berikutnya adalah mengoptimalkan teknologi generative AI untuk meningkatkan produktivitas rekan-rekan UMKM. Saat ini, kami tengah mengembangkan fitur chatbot analytics berbasis Azure OpenAI Service yang ke depannya dapat diakses di dashboard para UMKM. Melalui chatbot ini, mitra UMKM dapat memiliki copilot yang membantu mereka menganalisis data penjualan; seperti produk yang paling laris berdasarkan lokasi penjualan, segmen pasar yang paling menyukai suatu produk, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga akan dapat memanfaatkan teknologi ini untuk membuatkan deskripsi produk secara mudah dan cepat, seraya meningkatkan layanan pelanggan mereka. Kami berharap inovasi yang tengah kami lakukan dapat membantu UMKM untuk mengakselerasi pengembangan bisnis mereka,” lanjut Jimmy.

Sinergi ekonomi digital dengan lingkungan

Tidak hanya mendorong akselerasi ekonomi lewat digitalisasi UMKM, iSeller juga berupaya menggerakkan dukungan terhadap kualitas lingkungan di ekosistem UMKM yang bekerja sama dengan iSeller.

Jimmy mengatakan, “Salah satu strategi transformasi ekonomi yang pemerintah tetapkan untuk menghadapi isu perubahan iklim adalah dengan mempraktikkan ekonomi hijau. Ini merupakan model pembangunan yang mendorong sinergi antara pertumbuhan ekonomi dengan kesejahteraan sosial dan kualitas lingkungan. Guna berpartisipasi dalam penerapan ekonomi hijau tersebut, kami memilih menggunakan infrastruktur teknologi ramah lingkungan, seperti Azure yang telah 100 persen netral karbon sejak 2012. Penggunaan Azure memungkinkan kami untuk meningkatkan efisiensi energi iSeller dan mitra-mitra UMKM; mendorong penguatan ekosistem nasional yang mengambil bagian dalam realisasi target net zero emissions 2060 Indonesia.”

Menurut Laporan Indeks Ekonomi Hijau, upaya transisi menuju ekonomi hijau dapat mendorong rata-rata pertumbuhan PDB di angka 6,1-6,5% per tahun hingga 2050, menyelamatkan 87 sampai dengan 96 ton emisi gas rumah kaca pada rentang 2021-2060, serta menurunkan intensitas emisi sebesar 68% di 2045. Itulah sebabnya, kolaborasi dalam menjalankan ekonomi hijau menjadi sangat kritikal.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi kami dapat mendukung iSeller dan ratusan ribu UMKM dari 24 provinsi di Indonesia untuk mencapai lebih banyak dengan teknologi cloud dan AI Microsoft. Ini merupakan sebuah kolaborasi yang baik menuju pembangunan ekonomi digital dan ekonomi hijau yang inklusif bagi semua,” ujar Fiki Setiyono, Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia.

GoFood Luncurkan Program Rabu Gratis

GoFood Rabu Gratis

tabloidpulsa.id – GoFood meluncurkan program Rabu Gratis untuk memanjakan pelanggan dengan ongkir gratis setiap hari Rabu. Cukup dengan memilih icon Mode Hemat di halaman utama GoFood, pelanggan dapat menikmati jutaan menu favorit mereka tanpa perlu bayar ongkos kirim dengan memilih Mode Hemat sebagai opsi pengiriman.

Head of Food and Ads Business Gojek Satria Situmorang mengatakan, “Program Rabu Gratis adalah bagian dari Mode Hemat yang memang kami hadirkan untuk semakin memanjakan pelanggan. Program ini menjadi salah satu cara GoFood untuk berinovasi menawarkan ongkir gratis dengan tetap menjaga keberlangsungan bisnis. Dengan menyediakan layanan yang lebih terjangkau bagi pelanggan, maka ekosistem Gojek juga akan semakin kuat karena meningkatnya permintaan pelanggan akan turut mendorong pertumbuhan mitra usaha UMKM serta menjaga potensi pendapatan mitra driver.”

Kedua inisiatif Rabu Gratis dan Mode Hemat menjadikan GoFood satu-satunya layanan pesan antar makanan di Indonesia yang memberikan jaminan ongkir pasti tanpa tergantung promo maupun diskon.

Sehingga, pelanggan bisa menikmati ongkir hemat setiap saat.

Menurut laporan dari PwC’s 2023 Consumer Insights Survey and Strategies to Deal with Continued Disruptions, sebanyak 74% konsumen di Indonesia sangat berhati-hati dengan kondisi finansial pribadi mereka.

Hal ini membuat konsumen di Indonesia berniat untuk lebih berhemat. Selain itu, 62% konsumen juga menyatakan bahwa mereka hanya akan membeli produk tertentu ketika produk tersebut memiliki penawaran khusus atau promosi.

Sementara, 56% konsumen memilih untuk berbelanja di layanan yang menawarkan diskon ongkir atau gratis ongkir.

Berangkat dari temuan di mana konsumen cenderung ingin makin berhemat, GoFood secara konsisten terus berupaya menjawab kondisi tersebut, salah satunya melalui program Rabu Gratis di Mode Hemat.

Program ini sudah dapat dinikmati pelanggan di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Solo, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Malang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Bali, dan Medan.

Tak hanya gratis ongkir setiap Rabu, pelanggan juga bisa menikmati jaminan ongkir senilai Rp3.000 atau Rp5.000 untuk pesanan jarak dekat hingga 4 km setiap harinya dengan fitur Mode Hemat.

Walau dengan tambahan waktu pengantaran, pelanggan cukup memesan dengan minimum order senilai Rp20.000 untuk menikmati pesan makanan di GoFood dengan lebih terjangkau.

Cara menikmati fitur Rabu Gratis dan Mode Hemat:

  1. Pilih GoFood dari aplikasi Gojek
  2. Klik icon Mode Hemat yang terdapat di homepage GoFood
  3. Pilih makanan favoritmu
  4. Pilih opsi pesan antar dengan menggunakan Mode Hemat
  5. Selesaikan transaksi dan bayar dengan pilihan pembayaran yang tersedia

“GoFood selalu berupaya untuk memahami kebutuhan kuliner pelanggan dengan tak henti menghadirkan inovasi. Demi kenyamanan pelanggan yang semakin mengandalkan layanan pesan antar makanan online, kami harap Mode Hemat dan Rabu Gratis ini bisa memudahkan pelanggan menjelajah jutaan menu nikmat dengan hemat di mana pun dan kapan pun,” tutup Satria.

Untuk coba langsung Mode Hemat dan Rabu Gratis, silakan klik link ini https://bit.ly/CobainModeHemat.

Bayar Investasi SBN Kini Lebih Mudah Pakai DANA

Investasi SBN Pakai DANA

tabloidpulsa.id – Indonesia kini didominasi oleh penduduk usia produktif sebesar 64 persen, merupakan target usia yang tepat untuk memperkenalkan pentingnya berinvestasi. Akan tetapi, pemahaman mengenai investasi masih tergolong minim dan mengakibatkan munculnya penipuan berkedok investasi. Puncaknya, tahun 2022 lalu, terjadi kerugian akibat investasi bodong terbesar hingga mencapai Rp 109,67 triliun.

Guna menumbuhkan kesadaran dan mendorong peran kaum muda dalam berinvestasi, DANA Indonesia menghadirkan Direktorat-Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko di Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), khususnya untuk menyosialisasikan pilihan instrumen investasi di Pasar Modal diantaranya Surat Berharga Negara (SBN), dalam talk show bertajuk “Peran Anak Muda dalam Investasi Membangun Negeri.”

Diskusi yang dibuka untuk umum ini sekaligus menjadi wadah untuk memperkenalkan SBN sebagai produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah Indonesia. Penerbitan SBN dilakukan Pemerintah untuk mengelola portofolio utang negara dan menjadi diversifikasi sumber pembiayaan untuk pembangunan negara. Oleh karena itu, investasi SBN diharapkan dapat menciptakan simbiosis mutualisme, dimana SBN dapat membantu pembangunan negara serta menjadi sarana investasi masyarakat Indonesia.

“SBN dapat menjadi salah satu pilihan produk investasi yang aman dan cocok untuk anak muda. Risiko investasi relatif rendah karena dijamin oleh Pemerintah dan aman dari fluktuasi pasar”, ucap Gustaf A. M. Rajagukguk, Deputi Direktur Pengembangan Sistem Informasi Pasar Modal OJK.

“Pemerintah akan menerbitkan obligasi negara ritel (ORI) seri ORI023-T3 dan ORI023-T6 yang akan ditawarkan mulai dari 30 Juni sampai dengan 20 Juli 2023. Semoga ORI023-T3 dan ORI023-T6 ini disambut hangat oleh anak muda untuk berinvestasi sekaligus turut berkontribusi dalam pembiayaan pembangunan negara”, ujar Deni Ridwan, Direktur Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kini, investasi berupa SBN semakin dimudahkan dengan hadirnya keterlibatan industri teknologi finansial seperti DANA, yang menjadi salah satu metode pembayaran resminya. Generasi muda yang identik dekat dengan teknologi keuangan, dapat melakukan pembayaran SBN dengan sekali sentuh. Pengguna cukup menuju menu ‘Government Services’ di dalam aplikasi DANA dan mengetuk logo SBN. Kemudian, pengguna cukup memasukan kode billing dari mitra distribusi dan melanjutkan pembayaran dengan saldo DANA. Setelah pembayaran sukses, pengguna akan menerima konfirmasi berupa Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) beserta rincian pemesanan SBN Ritel yang dilakukan. 

Integrasi ini juga ikut menambah jenis pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN) G3 yang dapat dilakukan melalui aplikasi DANA. Sebagai collecting agent MPN G3 yang ditetapkan Kemenkeu pada 2021 lalu, DANA juga dapat mengakomodir masyarakat untuk menunaikan kewajibannya melakukan pembayaran kepada negara dengan lebih aman, nyaman, praktis dan mudah. Pembayaran MPN G3 lainnya termasuk pembayaran Pajak Online (DJP), Bea dan Cukai (DJBC) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti biaya perpanjangan paspor, penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru maupun perpanjangannya.   

“Digitalisasi pembayaran merupakan langkah strategis untuk mendorong masyarakat menunaikan kewajibannya. Dalam kaitannya dengan integrasi DANA dan SBN, kami berharap minat masyarakat untuk mulai berinvestasi melalui produk-produk Pemerintah juga semakin tinggi. Sehingga, literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia juga ikut bertumbuh,” tandas Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia.

H3RO Esports 4.0 Buka Era Baru Turnamen Esports di Indonesia

H3RO Esports 4.0

tabloidpulsa.id – Tri kembali membuat gebrakan di tahun 2023 dengan menghadirkan turnamen H3RO 4.0. Turnamen ini sebagai bentuk komitmen Tri dalam mendukung perkembangan ekosistem esports melalui kolaborasi dengan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), dan membuka kesempatan pada para rookie gamer untuk bertanding di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu bukti nyata kesuksesan H3RO adalah dengan keberhasilan tim Kuda Terbang, salah satu jawara H3RO Esports 3.0, yang meraih posisi kelima di ajang IESF World ESports Championship ke-14 tahun 2022 di Bali.

Tahun ini, H3RO 4.0 kembali menarik antusiasme player dengan partisipasi 5.350 peserta berbakat dari berbagai daerah di Indonesia. Bigetron Alpha keluar sebagai juara turnamen dengan mengalahkan lawannya yakni Aura Esport dengan skor 4-3. Mereka berhasil menunjukkan kemampuan mereka dalam pertunjukan strategi yang presisi dan mendebarkan dalam menghadapi tim peserta lainnya. Dengan kemenangan ini, mereka berhak mendapatkan hadiah Rp60.000.000, serta mengikuti seleksi nasional untuk mewakili Indonesia di ajang 15th World Esports Championship (IESF) 2023 yang akan berlangsung di Rumania.

Galuh Neftita, SVP-Head of Brand & Marketing Communications Tri, mengatakan, “Dukungan Tri terhadap ekosistem esports di Indonesia melalui H3RO 4.0, didorong oleh keyakinan kami pada potensi tak terbatas yang ada pada talenta esports Indonesia. Hal tersebut juga dibuktikan dengan antusiasme peserta yang mengikuti turnamen H3RO 4.0 tahun ini. Selanjutnya H3RO 4.0 akan berlanjut di tingkat sekolah dan menjangkau daerah lainnya di pelosok Indonesia untuk memberikan kesempatan yang sama rata bagi talenta esports Indonesia bertanding dan menjadi pro player.”

Format turnamen H3RO Esports 4.0 terdiri dari serangkaian tahapan yang menguji kemampuan tim dalam pertempuran Mobile Legends. Diikuti oleh berbagai tim, tidak hanya dari kota besar namun juga dari daerah. Pada babak kualifikasi, total 10 tim terbaik telah terbagi ke dalam dua grup (grup A & grup B) untuk mengikuti babak penyisihan, di mana mereka bertanding dalam sistem single round robin best-of-two, menjadi 4 tim terbaik dari setiap grup yang berhak menuju babak playoffs. Selanjutnya, pada tahap playoffs, pertandingan akan menjadi lebih sengit karena menggunakan sistem double elimination atau upper & lower bracket. Tim-tim yang berhasil mencapai tahap grand final akan bersaing untuk mendapatkan gelar juara H3RO Esports 4.0.

Selain kemenangan dari Bigetron Alpha, berikut ini beberapa fakta menarik mengenai pelaksanaan turnamen H3RO 4.0 tahun ini:

Turnamen H3RO 4.0 berhasil mencatatkan milestone baru.

Rangkaian turnamen H3RO telah mendapatkan lebih dari 19 juta views di YouTube Tri Indonesia dan berhasil mendapatkan trending 1 all category sebanyak 4x di platform tersebut. Keberhasilan turnamen ini juga dapat dikaitkan dengan komunitas yang sangat aktif berinteraksi mendukung tim jagoannya. Selain itu pada pertandingan final H3RO yang mempertemukan Bigetron Alpha dan Aura Esports berhasil menarik perhatian publik hingga 2,2 juta views dan menjadi trending nomor 1 di YouTube Indonesia.

Ada turnamen khusus untuk tim perempuan.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas esports telah meluas secara signifikan, fenomena ini juga menarik perhatian penggemar game di kalangan perempuan. Maka dari itu, pada turnamen H3RO 4.0 tahun 2023, terdapat sesi khusus untuk keikutsertaan tim perempuan. Sebanyak 8 tim yang mengikuti H3RO x Unipin Ladies Tournament, yakni 99 Synergy Feisty. Kraken GWYN, Foes DIGI, Kuda Terbang, Tiger Wong, Dewa United, GPX Basreng, dan RRQ Mika. Hal ini menunjukkan bakat dan kemampuan dalam esports tidak bergantung pada gender serta merupakan langkah yang positif dalam memberikan platform yang aman dan inklusif bagi para pemain perempuan untuk bersaing dan menunjukkan keterampilan mereka dalam dunia esports.

Diikuti oleh pemain professional.

Dengan kehadiran pro player, turnamen ini memberikan kesempatan bagi para pemain baru untuk dapat berkompetisi dengan para pemain profesional. Pro player yang turut serta seperti Muhammad “RRQ Lemon” Ikhsan dan Rizqi “EVOS Saykots” Damanik dikenal sebagai pemain andalan tim profesional terkemuka RRQ dan EVOS esports.

Tollie Coffee MLBB jadi tim yang berasal dari wilayah terjauh di Indonesia.

Tollie Coffee MLBBmenjadi tim dengan wilayah terjauh yang berpartisipasi dalam turnamen H3RO 4.0. Berlokasi di Jayapura, Papua, tim ini menunjukkan semangat dan ketekunan yang luar biasa dalam menghadapi persaingan sengit dengan tim-tim terkenal dari kota-kota besar.

Menggali potensi ESports tersembunyi

Selanjutnya Rangkaian H3RO Esports 4.0 akan masuk ke dalam tahap Rookie Competition. Ini merupakan komitmen Tri untuk mempromosikan esports dan game lokal sampai ke penjuru tanah air melalui kolaborasi dengan ESI Provinsi.

Tak hanya itu, tahun ini Tri juga berkolaborasi dengan AGI (Asosiasi Game Indonesia) untuk memajukan industri game lokal Indonesia, dengan ikut mempopulerkan game lokal yang potensial agar bisa meraih lebih banyak pengguna (user) melalui rangkaian kegiatan seperti review game lokal di media sosial dan mabar bersama KOL, juga menggelar esport tournament untuk game lokal di Rookie Tournament.

Sebagai operator yang memberikan pengalaman gaya hidup mobile untuk mendukung generasi muda menggali potensinya, Tri juga melengkapi ekosistem H3RO dengan kartu perdana dan paket isi ulang H3RO Pro yang termasuk 85 diamonds Mobile Legends beserta kuota 5GB seharga Rp35.000 untuk membantu para esports player bertanding dan mengasah skill.

Pelanggan dapat memperoleh kartu perdana H3RO melalui perdana.tri.co.id dan produk isi ulang H3RO Pro melalui aplikasi bima+, 3Store, dan e-commerce. Untuk informasi lebih lanjut mengenai dunia H3RO, para pelanggan dapat mengakses h3ro.tri.co.id.

LINE Merilis ‘Potret AI’ Layanan Potret dengan Teknologi AI

tabloidpulsa.id – LINE Corporation merilis ‘Potret AI’ pada layanan LINE Profile Studio yang merupakan layanan penghasil gambar profil di aplikasi LINE. Dengan layanan ‘Potret AI’, teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dapat menghasilkan gambar secara otomatis yang seolah-olah diambil oleh seorang fotografer professional di dalam studio foto.

Potret AI dapat menciptakan gambar-gambar realistis yang terlihat seolah-olah diambil di studio fotografi, dalam berbagai posisi. Pengguna bisa mendapatkan banyak gambar potret profesional dengan hanya beberapa kali klik di LINE Messenger, tanpa harus mengunjungi studio fotografi sebenarnya.

Pengguna dapat menggunakan Potret AI langsung dari Studio Profil pada halaman profil aplikasi LINE Messenger, tanpa perlu mengunduh aplikasi terpisah. Pengguna bisa mendaftarkan 10 hingga 20 foto diri mereka dan mendapatkan 30 gambar dalam gaya potret serta posisi yang berbeda.

Potret AI merupakan layanan generasi gambar kedua di LINE Profile Studio setelah diluncurkannya Selfie AI baru-baru ini. Selfie AI menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan berbagai gambar berdasarkan wajah pengguna, dalam gaya yang berbeda seperti fantasi dan seni. Dibandingkan dengan Selfie AI, Potret AI menciptakan gambar-gambar yang lebih realistis dengan kualitas tinggi.

Terdapat dua harga yang ditawarkan, tergantung pada waktu yang dibutuhkan untuk membuat gambar-gambar tersebut: ▲30 gambar dalam waktu 24 jam seharga 170 koin, dan ▲30 gambar dalam waktu singkat, dengan biaya 340 koin. Pengguna dapat menggunakan layanan ini sebanyak yang mereka inginkan, dan teknologi kecerdasan buatan akan memberikan hasil yang berbeda, bahkan jika mereka menggunakan kembali foto yang sama. (Harga dan detail lainnya dapat berubah di masa yang akan datang).

Gambar-gambar yang dibuat dengan Potret AI dapat digunakan sebagai gambar profil di LINE Messenger, atau diunduh untuk digunakan sebagai latar belakang di ruang obrolan atau dibagikan di media sosial untuk ditunjukkan kepada teman-teman.

LINE berencana untuk memperluas alat komunikasinya dengan menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi terkini serta kolaborasi, sehingga pengguna dapat mengekspresikan diri dengan berbagai cara dan menikmati percakapan dengan teman-teman melalui beragam fungsi.

Samsung AC WindFree Ultra, Dengan Tambahan Pembersih Udara

samsung ac windfree ultra

tabloidpulsa.id – Samsung kembali memperkenalkan perangkat Air Conditioner (AC) tanpa angin terbaru mereka yang disebut dengan Samsung AC WindFree Ultra. Produk ini merupakan pembaharu dari produk AC WindFree sebelumnya, dengan penambahan fitur Air Purifier, atau pembersih udara. Membawa teknologi Air Purification PM1.0 Filter yang dapat menyaring partikel halus dan 99,9% bakteri berbahaya, AC ini akan menjaga suhu ruangan tetap dingin, tanpa bikin masuk angin dan dengan kualitas udara yang terjamin.

“Samsung AC WindFree™ Ultra adalah paket lengkap AC dan air purification yang tidak hanya membuat ruangan Anda sejuk nyaman tanpa hembusan angin langsung tapi juga bebas dari debu dan bakteri berbahaya bagi kesehatan. AC ini juga hemat energi, konsumsi listriknya mulai dari 180Watt dan bisa dikendalikan dari smartphone dengan SmartThings. Ekspektasi saja tak cukup, inilah saatnya Anda merasakan sendiri real life solution kami, AC yang menghadirkan kenyamanan total di rumah,” ucap Donny Libra, Head of Air Conditioner Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.

Nyaman Beraktivitas di Rumah

Kehadiran perangkat AC di kamar dapat menghadirkan udara yang sejuk. Tapi terkadang, Anda merasa hembusan udara dingin langsung dari AC menyebabkan rasa dingin berlebihan yang bisa menimbulkan ketidaknyaman. Bahkan yang terburuk mengganggu kesehatan. Belum lagi suara AC yang berisik, bikin aktivitas jadi terganggu.

Samsung AC WindFree™ Ultra hadir dengan inovasi WindFree Cooling yang menyebarkan udara sejuk ke seluruh ruangan melalui 23.000 lubang micro, untuk menghindari hembusan angin langsung yang tak nyaman.

Teknologi WindFree Cooling menghadirkan kenyamanan total bagi keluarga sembari menemani berbagai aktivitas, seperti berinteraksi, bekerja, dan belajar di rumah. Nikmati beraktivitas di rumah seharian dengan hembusan udara dingin yang nyaman dan tingkat kebisingan yang rendah hanya 20dB dan suhu yang terkontrol, sehingga tak perlu harus mengatur suhu terus menerus dengan mematikan dan menyalakan AC.

Membersihkan Udara, Jaga Kesehatan Keluarga

Di perkotaan, udara luar ruangan rentan tercemar dengan polusi udara yang tinggi. Namun bukan berarti kualitas udara dalam ruangan juga selalu lebih baik. Udara di dalam ruangan pun rentan tercemar polusi udara yang justru seringkali kasat mata, seperti debu dan partikel halus serta bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Samsung AC WindFree Ultra sudah dilengkapi dengan Air Purification PM1.0 Filter yang mampu mensterilisasi lebih dari 99% bakteri berbahaya dan menyaring partikel halus seperti debu, bulu hewan, serat, dan debu rumah tangga hanya dalam 20 menit, dua kali lebih cepat dibandingkan PM2.5 Filter.

Samsung AC WindFree Ultra memiliki laser sensor untuk mendeteksi kualitas kebersihan udara dan memiliki indikator status kualitas udara saat itu. Nikmati penggunaan filter yang bisa dipakai terus menerus, sebab air purification filter di Samsung AC WindFree Ultra bisa dilepas pasang dengan mudah dan dicuci dengan air mengalir. Inovasi teknologi AC Samsung terbaru ini membuat konsumen mampu merasakan kenyamanan yang lengkap sekaligus rasa aman bagi seluruh anggota keluarga.

Pintar dan Mudah Dioperasikan

Dengan suhu yang akhir-akhir ini terasa lebih panas, bisa tiba di rumah disambut kesejukan yang nyaman dan udara yang bersih adalah sebuah kenyamanan yang diimpikan banyak orang. Samsung AC WindFree™ Ultra akan memberikan Anda kenyamanan itu.

Samsung AC WindFree Ultra dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings. Aplikasi tersebut dapat membantu konsumen mengatur pengoperasian AC melalui smartphone sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, melalui aplikasi SmartThings konsumen dapat memonitor penggunaan listrik AC, menghitung estimasi biaya, menghemat energi dengan saving mode, dan mengingatkan Anda jika penggunaan energi sudah melewati batas.

Fitur lain yang dimiliki SmartThings adalah Welcome Cooling di mana fitur tersebut berbasis GPS. Saat posisi Anda sudah mendekati rumah, SmartThings akan memberikan notifikasi untuk menyalakan AC dari ponsel. Udara sejuk nyaman sudah siap menyambut Anda di rumah. Fitur ini juga akan mengingatkan untuk mematikan AC saat Anda keluar rumah dan lupa mematikan AC.

Lakukan berbagai pengaturan AC semudah mengeluarkan suara, sebab Samsung AC WindFree Ultra sudah bisa dikontrol dengan perintah suara, yang menyediakan banyak opsi pengaturan AC dari mana saja dan kapan saja.

Samsung AC WindFree Ultra juga pintar. Dengan AI Auto Cooling, ia yang akan menganalisis berbagai data seperti kecepatan pendinginan, kelembaban udara, pendinginan yang paling nyaman, dan kondisi ruangan, untuk kemudian menyarankan mode pendinginan yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Hemat Listrik, Daya Mulai dari 180W

Samsung AC WindFree Ultra mematahkan anggapan bahwa AC itu boros listrik. Dengan teknologi Digital Inverter, perangkat AC ini hanya membutuhkan pasokan daya mulai dari 180Watt saja. Pengguna akan menikmati penghematan listrik hingga 73%, sebab Digital Inverter akan mempertahankan suhu yang diinginkan tanpa sering mati dan hidup, sehingga mengurangi fluktuasi penggunaan listrik.

Digital Inverter pada Samsung AC WindFree Ultra hadir dengan kipas yang 15% lebih besar, blade yang 31% lebih lebar, dan inlet yang 18% lebih lebar. Dengan fitur-fitur ini, AC mampu melakukan pendinginan ke sudut demi sudut ruangan 45% lebih cepat dan menjangkau lebih jauh, sampai 15 meter. 

Nikmati paket lengkap Samsung AC WindFree Ultra

Sekarang saatnya menikmati langsung paket lengkap kenyamanan dan rasa aman yang lebih lagi yang dihadirkan oleh perangkat AC sekaligus air purifier di rumah Anda. Samsung AC WindFree™ Ultra sudah bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp8.299.000 sampai Rp13.599.000 dengan gratis jasa pemasangan dan paket pipa AC sepanjang 5 meter untuk pembelian di Samsung.com.


 

Juragan DOKU Siap Dukung Digitalisasi UMKM di Indonesia

Juragan DOKU

tabloidpulsa.id – DOKU mengumumkan kehadiran Juragan DOKU, sebuah inisiatif baru untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Indonesia. Bersama mitra komunitas strategis seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard) dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan), DOKU secara mantap masuk ke segmen UMKM setelah selama 16 tahun berfokus menggarap segmen korporat.

Melalui perhelatan ini, DOKU juga menyatakan transformasi bisnisnya dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan melebarkan sayap untuk memperluas bisnis ke Asia Tenggara beberapa tahun ke depan. Acara peluncuran ini juga turut dibuka oleh Plh Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto.

CEO DOKU, Chris Yeo mengutarakan, “Juragan DOKU merupakan inisiatif kami untuk pertumbuhan lanjutan (growth initiatives) yang menyasar segmen pasar UMKM Indonesia, setelah tahun lalu kami melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia melalui akuisisi senangPay. Juragan DOKU, menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers. Merekamenjadi target pasar utama bagi Juragan DOKU di fase awal ini. Melalui Juragan DOKU kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran.” 

Inisiatif Juragan DOKU menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout. Selain fitur produk yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi Juragan DOKU (tersedia di Play Store dan Apple Store), DOKU juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

Head of SME DOKU, Angga Narendra menjelaskan,” Bagi kami fitur-fitur untuk terima pembayaran yang langsung pakai menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan DOKU untuk digitalisasi UMKM Indonesia. Namun demikian dukungan kami tidak berhenti hanya di pengembangan produk. Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki DOKU sebagai pionir payment gateway, kami ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia. Sejak kami memperkenalkan Juragan DOKU sekitar awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan. Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi DOKU untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa.”

Berikut manfaat dari masing-masing fitur unggulan di aplikasi Juragan DOKU:

  1. Instant Checkout: Transaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout. Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran tanpa harus berpindah aplikasi/platform.
  2. Payment Link: Beragam cara terima pembayaran mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. Buat payment link ringkas, siap sebar dengan mengikuti 3 langkah mudah.
  3. E-Katalog: Katalog online langsung pakai yang menampilkan foto produk secara rapi, terhubung dengan beragam opsi pembayaran dan dilengkapi jasa pengiriman.
  4. QRIS: Proses daftar QRIS secara mandiri sampai disetujui melalui aplikasi. Didukung oleh notifikasi real-time dan fitur rekap transaksi. Dapat digunakan untuk berbisnis online maupun offline.

Dalam perjalanan bisnisnya selama 16 tahun di Indonesia, DOKU telah melayani lebih dari 150,000 merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet. Tahun 2022 menjadi tahun prestasi bagi DOKU pasca pandemi COVID-19, dimana jumlah transaksi sukses mencapai 145 Juta dan secara volume, transaksi DOKU bertumbuh sebesar 80% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, DOKU telah mengantongi profit terhitung sejak kuartal ke-4 di 2022.

Editor's Pick