tabloidpulsa.id – Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun ke-5 realme Community, realme menyelenggarakan kumpul Komunitas dan turnamen eSports bertajuk Rumble Arena: realme Mabar Day pada hari Minggu kemarin (19/11/2023).
Perayaan ulang tahun ke-5 realme Community ini dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari realme Fans dan anak muda yang tergabung dalam komunitas mitra. Di momen yang sama, para realme Fans di berbagai daerah di Indonesia juga turut merayakan hari jadi realme Community yang ke-5 di tahun ini.
Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2018, realme menyadari bahwa penggunanya adalah para individu yang dinamis dan berambisi besar. Para pengguna inilah yang terus mendorong realme untuk terus berinovasi dan berkembang. realme selanjutnya membentuk komunitas bernama realme Community sebagai wadah bagi pengguna untuk berinteraksi satu sama lain dan selanjutnya dapat memberikan masukan bagi perusahaan. Masukan dan umpan balik dari para realme Fans menjadi bagian penting dari berbagai gebrakan inovasi yang menjadikan realme salah satu brand smartphone ternama di Indonesia hingga saat ini.
“Kesuksesan realme sebagai brand smartphone ternama di Indonesia sampai pada titik ini tidak terlepas dari peran serta para realme Fans yang senantiasa mendukung perjalanan kami. Melalui realme Community yang telah menginjak usia lima tahun, realme mendapat banyak masukan berarti mengenai produk dan juga layanan, yang pada akhirnya mendorong kami untuk berani berinovasi memberikan produk dengan leap forward design and technology terbaik ke pasar Indonesia. Deretan acara yang disajikan dalam perayaan ini merupakan bentuk terima kasih sekaligus apresiasi dari realme, juga menjadi ajang unjuk gigi bagi para realme Fans di Indonesia untuk mengasah kemampuan mereka di bidang esports,” sebut Michonne Wang – Marketing Director realme Indonesia.
realme Community di Indonesia merupakan komunitas realme terbesar ketiga di dunia setelah China dan India setelah mengalami perkembangan yang pesat dengan mencatatkan lebih dari 630 ribu keanggotaan, mengalami kenaikan hingga 27% dari tahun lalu sebanyak 500 ribu. Hingga saat ini realme Community di Indonesia telah tersebar di berbagai kota, meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Sidoarjo, Bali (Denpasar), Kendari, Makassar, dan ditargetkan akan semakin berkembang lagi di tahun yang akan datang.
Meski di awal terbentuknya realme Community menjadi wadah bagi para pengguna smartphone realme dalam bertukar pikiran dan informasi, namun seiring waktu komunitas ini tidak lagi terbatas dalam lingkup tersebut. realme Fans yang tergabung kini memiliki keterikatan satu sama lain layaknya keluarga besar dari para penggemar teknologi. realme pun berkomitmen untuk terus mendukung berbagai minat mereka, karena realme Fans merupakan bagian yang sangat penting bagi realme dalam perjalanan bisnis perusahaan hingga saat ini.
Sebagai payung yang menaungi realme Fans, realme Community memiliki agenda acara rutin baik untuk sekadar bertukar informasi hingga pengembangan pengetahuan serta kemampuan. Beberapa contoh seperti realme Virtual Class sebagai wadah workshop bagi realme Fans untuk mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat, serta realme Insider sebagai tempat untuk mengulas produk terbaru realme sebelum diluncurkan secara massal. Selain itu para realme Fans juga menjadi kandidat pertama yang memiliki kesempatan untuk mengikuti acara peluncuran produk baru, juga acara-acara menarik lainnya yang diadakan oleh realme Indonesia bahkan realme Global.
Hal ini menjadi bukti bahwa dengan menjadi bagian dari realme, anak muda Indonesia memiliki akses khusus yang tidak dimiliki orang lain. Dari contoh-contoh kegiatan di atas semakin membuktikan bahwa realme adalah brand teknologi yang sangat mendengar masukan dari para penggunanya.
Turnamen Rumble Arena: realme Mabar Day Digelar Secara Meriah
Di sela-sela perayaan ulang tahun realme Community ke-5, realme juga turut menyelenggarakan turnamen esports bertajuk Rumble Arena: realme Mabar Day yang berhasil digelar secara meriah bersama dengan puluhan anak muda yang tergabung dalam realme Community dan komunitas mitra. Pada turnamen ini, Mobile Legends: Bang Bang menjadi game mobile yang dipertandingkan.
Sebanyak 8 tim yang terdiri dari realme Community, Community Hero (komunitas resmi MLBB), dan komunitas gaming saling bertanding untuk memperebutkan hadiah senilai total jutaan rupiah. Perayaan ulang tahun realme Community ke-5 serta Rumble Arena: realme Mabar Day diadakan di Point Arena Gaming House Jakarta, di mana realme tercatat sebagai Official Smartphone Partner untuk mendukung minat dan bakat anak muda dalam bidang esports.
Untuk bergabung ke dalam realme Community, silakan kunjungi https://c.realme.com/id/. Ikuti Instagram @realmecommunity untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai kegiatan-kegiatan seru serta informasi terbaru. Kunjungi pula website resmi www.realme.com/id/ dan ikuti akun media sosial resmi realme Indonesia untuk mengetahui program-program serta produk terkini dari realme yang tersedia untuk pasar Indonesia.
tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) merayakan usia ke-56 tahunnya sebagai bagian tak terpisahkan dari perkembangan teknologi telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia. Lewat semangat ‘menembu56atasan’ atau menembus batas, Indosat mengajak berbagai pihak untuk memberdayakan Indonesia dan mempercepat transformasi digital bangsa lewat kemajuan teknologi, infrastruktur telekomunikasi, sumber daya manusia, dan keberlanjutan.
Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Peringatan ulang tahun ke-56 Indosat Ooredoo Hutchison menandai babak baru perjalanan tanpa henti kami dalam memajukan teknologi dan telekomunikasi di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, kami bertekad untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling di pilih di Indonesia dan membawa nama Indonesia di tingkat global.”
Perjalanan tanpa akhir Indosat selama 56 tahun dalam memberdayakan Indonesia mencakup pencapaian penting dalam setahun terakhir, seperti keberhasilan Indosat dalam memperluas jaringannya yang telah 100% terintegrasi ke pelosok pedesaan menggunakan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).
Dalam inisiatif yang selesai sesuai target satu tahun ini, pelanggan Indosat dapat menikmati pengalaman digital yang lebih baik didukung jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.
Indosat juga terus mengurangi kesenjangan akses digital dengan fokus perluasan jaringan di wilayah timur Indonesia. Saat ini, jaringan Indosat telah menjangkau 88% populasi di wilayah Nusa Tenggara Barat dan 86% populasi di wilayah Nusa Tenggara Timur. Selain itu, Indosat mendorong kolaborasi dan ko-kreasi melalui peluncuran Indosat Marvelous Xperience Center (Indosat MX Center) yang menghadirkan berbagai inovasi dengan teknologi 5G, kecerdasan buatan (AI), dan Internet of Things (IoT).
Lebih lanjut, Indosat memperlihatkan komitmennya dalam mengatasi kesenjangan talenta digital melalui kerja sama bersama Cisco Networking Academy yang akan melatih 50 ribu peserta IDCamp angkatan pertama hingga 200 ribu orang yang tinggal di daerah terpencil dalam tiga tahun mendatang, termasuk sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, universitas, dan organisasi non-profit.
Dalam hal lingkungan yang keberlanjutan, Indosat bersama GSMA menginisiasi pelatihan pemetaan wilayah laut dan pesisir menggunakan aplikasi Qfield untuk menyediakan Open-source & Geospatial Mapping di wilayah pesisir dan laut Kalimantan Utara. Selain itu, Indosat memberikan solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) kepada para petambak udang lokal untuk memantau kadar air dalam tambak, yang bertujuan meningkatkan produktivitas. Tindakan ini juga mencakup program Employee Carbon Offset (ECO) yang melibatkan penanaman 5.600 pohon mangrove di wilayah Bulu Cindea, Makassar, Sulawesi Selatan.
Khusus untuk pelanggan setia IM3, terdapat beragam penawaran menarik untuk menyemarakkan hari jadi Indosat ke-56 ini. Mulai dari 18 hingga 27 November 2023, pelanggan dapat menikmati paket Freedom Internet 100GB dan Freedom Internet 150GB dengan harga spesial Rp160.000 dan Rp200.000 untuk 30 hari.
Pembelian Kartu Perdana IM3 secara online di im3.id/shop bisa mendapatkan diskon 20% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. IM3 juga menghadirkan promo IMpoin dengan menukarkan 56 poin untuk berbagai reward lifestyle, Hot Promo Spesial Anniversary, dan kesempatan memenangkan hadiah menarik seperti kuota hingga 56.000GB, saldo e-wallet hingga Rp21 juta dan iPhone 15 dengan berlangganan konten digital.
Untuk pelanggan IM3 Postpaid, diskon 56% ditawarkan untuk produk Prime 100 selama 12 bulan. IM3 juga telah menyelesaikan pembaruan 105 Gerai IM3 yang tersebar di seluruh Indonesia yang mengusung konsep layanan Fast, Simple, & Flexible untuk menghadirkan perangkat, sistem baru, dan solusi yang lebih cepat melalui pelayanan digital kepada pelanggan setia IM3. Untuk info lebih lanjut http://im3.id/promoultah
Sementara itu, Tri menawarkan empat promo spesial ulang tahun yaitu Happy Deals 100GB 30hari dengan potongan 65.000 menjadi seharga 140.000 mulai periode 17-21 November 2023. Lalu Promo Kilat Spesial 56th Indosat berupa paket data 65GB 30hari seharga 100.000 mulai periode 14-23 November 2023.
Ada juga promo BonsTri hanya dengan redeem 56 poin BonsTri pengguna Tri bisa mendapatkan voucher Coca-Cola yang bisa didapatkan di Alfamart terdekat mulai tanggal 20-21 November 2023. Tak hanya itu, pengguna Tri juga bisa mendapatkan total kuota hingga 56.000GB cukup dengan subscribe produk layanan digital Tri selama periode 1-30 November 2023. Untuk info lebih lanjut http://tri.co.id/PromoUltahIOH56
Untuk layanan FTTH, Indosat melalui brand Indosat HiFi meluncurkan program baru di momen ulang tahun yaitu bundling dengan layanan Catchplay+ Lite khusus untuk pelanggan 100 Mbps ke atas.
Melalui program ini, pelanggan bisa langsung bisa menikmati konten premium , seperti film blockbuster Hollywood, film independen dan serial drama favorit. Bagi pelanggan baru, Indosat HiFi memiliki program Advance Payment, di mana pelanggan mendapatkan gratis biaya langganan selama 2 bulan dengan membayar biaya berlangganan selama 10 bulan, atau gratis 1 bulan dengan membayar 5 bulan di muka.
“Dengan semangat ‘Menembus Batasan’, Indosat akan terus cetak sejarah baru dalam menapaki perjalanan tanpa akhir menuju masa depan digital yang semakin inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia” tutup Vikram.
tabloidpulsa.id – Setelah melalui persaingan seru dan ketat, hari ini Acer mengumumkan Boom Esports dan ARF Team sebagai 2 tim Valorant terbaik yang terpilih sebagai perwakilan Indonesia, pada acara puncak Predator Indonesia Final Road to Grand Final APAC Predator League 2024, yang telah berlangsung di M Bloc Space Jakarta, 18-19 November 2023.
Boom Esports dan ARF Team akan melanjutkan perjuangan di Grand Final Asia Pacific Predator League 2024 yang akan berlangsung di Manila, Filipina, pada tanggal 13-14 Januari 2024, memperebutkan total prize pool senilai USD 400.000 atau senilai 6 Miliar Rupiah.
Kedua tim Valorant terbaik Indonesia akan bertemu dengan tim-tim dari 14 negara Asia Pasifik lainnya yaitu Filipina sebagai tuan rumah, Australia, Jepang, Myanmar, Thailand, Korea, Vietnam, Malaysia, Hongkong, Taiwan, India, Singapore, Mongolia, China, dan tentunya Indonesia.
Pencarian 2 tim Valorant terbaik Indonesia, dalam Predator Indonesia Final berlangsung dengan pertandingan yang seru dan sengit. Boom Esports berhasil mengangkat Predator Shield dan menjadi pemenang. Sementara ARF Team menempati juara ke-2. Memperlihatkan permainan dengan taktik juga tidak kalah luar biasanya, upaya tim Alter Ego dan APAC Slayer, yang menempati juara ke-3 dan ke-4 patut mendapatkan apresiasi. Keempat tim juara di babak final Predator Indonesia, berhak atas hadiah dengan nilai total 195 juta rupiah.
“Selamat kepada Boom Esports yang telah menjadi juara 1 di Predator Indonesia Final. Bersama dengan juara 2, ARF Team, Acer siap mendukung kedua perwakilan dari Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa. Kami optimis bahwa Boom Esports dan ARF Team akan mampu memberikan performa terbaik pada Grand Final APAC Predator League di Manila, dan kembali membawa kemenangan bagi Indonesia,” kataLeny Ng, Chief Operation Officer, Acer Indonesia.
“Asia Pasific Predator League adalah momentum penting bagi Acer setiap tahun. Acer Indonesia bangga bisa terus melanjutkan komitmen untuk menghadirkan turnamen berskala internasional dan menemukan talenta esport terbaik di Tanah Air.,” tambah Leny Ng.
tabloidpulsa.id – Seperti telah kita maklumi bersama, beberapa waktu lalu OPPO meluncurkan produk smartphone foldable pertamanya untuk pasar global, Find N3, di Singapura. Tidak berselang lama, produk ini pun kemudian hadir di pasar lokal, bahkan sudah mulai dijual di beberapa gerai online dan offline resmi OPPO. Hari ini, OPPO Indonesia secara resmi meluncurkannya bersama dengan OPPO Find N3 Flip.
Kedua produk yang disebutkan di atas memiliki keunggulan dari sisi desain, durabilitas, kamera dengan hasil layaknya profesional, performa, dan berbagai fitur lain untuk memberikan pengalaman flagship tanpa kompromi yang tidak pernah dirasakan pengguna smartphone foldable lainnya. Tidak hanya itu, dalam peluncuran kali ini, OPPO berkolaborasi dengan 2 brand internasional, Singapore Airlines dan Mastercard sebagai bentuk komitmen menjangkau konsumen premium yang sesuai dengan karakter OPPO Find N3 Series.
Peluncuran secara resmi 2 produk unggulan OPPO Find N3 Series yang dilakukan hari ini diselenggarakan secara elegan dengan tema ‘OPPO International Skyport’. Konsep event ini mengetengahkan nuansa premium dari bandara internasional yang dipadu dengan elemen kemewahan dari red carpet moment, trunk show dan tentunya product experience area bagi hadirin untuk mencoba langsung fitur-fitur terbaik dari OPPO Find N3 Series.
Acara ini dihadiri oleh banyak tokoh ternama di Indonesia seperti K.G.P.A.A Mangkoenagoro X, Najwa Shihab, Nikita Willy, Kelly Tandiono, Renatta Moeloek, Happy Salma, Tara Basro, Arifin Putra, Morgan Oey dan masih banyak lagi. Dalam acara ini juga memperlihatkan hasil jepretan kamera terbaik dari OPPO Find N3 yang memberi inspirasi bagaimana fotografi profesional dalam genggaman.
Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, mengatakan, “We never compromise innovation. It has to be perfect or never. We are delighted to introduce the most invisible crease foldable smartphone, OPPO Find N3 untuk pengalaman foldable tanpa kompromi. Inovasi sudah merupakan komitmen yang tidak tergoyahkan dari OPPO. Kami terus menyempurnakan teknologi yang kami kembangkan sendiri agar dapat memenuhi bahkan melebihi ekspektasi dari para pengguna. Di kelas flagship, kami menargetkan kesempurnaan. Dan itu terwujud dalam 2 perangkat terbaru OPPO Find N3 Series. Penyempurnaan ini juga kami hadirkan untuk menjawab permasalahan yang paling sering ditemui oleh pengguna hp lipat antara lain ketahanan layar, kualitas lipatan dan engsel, ketidaksempurnaan layar lipat, berat dan ketebalan, ketersediaan aplikasi, daya tahan baterai, dan tentu saja kualitas kamera.”
Ramping dan Ringan
OPPO Find N3 adalah smartphone foldable paling tipis di Indonesia! Dengan ketebalan hanya 6mm saat dibuka dan kurang dari 12mm saat dilipat, OPPO Find N3 sangat ringan, bahkan setara dengan berat rata-rata smartphone model candybar pada umumnya. Tentunya kelebihan ini membuat OPPO Find N3 mudah dan ringan digenggam.
Tidak hanya itu, OPPO Find N3 tampil sempurna dalam pilihan warna Gold atau Classic Black, dengan desain Cosmos Ring di sekitar kamera yang memberikan sentuhan gaya timeless yang estetik.
Lipatan Layar Nyaris Tak Terlihat
Dengan layar yang nyaris tidak terlihat lipatannya, pengalaman pengguna ketika membuat catatan dengan OPPO Pen, menganalisa data, membaca e-book atau bahkan menonton film saat bersantai jadi lebih nyaman. Bayangkan luar biasanya kelancaran mencatat ide cemerlang di layar digital datar tanpa tekukan.
Tentu saja kecanggihan ini akan semakin mumpuni jika didukung dengan kekuatan. Kekuatan engsel dari OPPO Find N3 telah lolos uji independen dari TÜV Rheinland yang tahan 1.000.000 siklus lipatan, memberikan pengalaman buka tutup layar foldable yang bebas khawatir.
Kamera Flagship yang Belum Pernah Ada di Foldable Sebelumnya
Terkait kamera pada smartphone foldable, benarkah pandangan umum bahwa pengguna hp lipat tidak menuntut kualitas kamera mumpuni? OPPO Find N3 hadir mengubah narasi tersebut. Dibekali kamera utama 48MP, ultra-wide 48MP dan kamera telephoto 64MP –sensor telephoto terbesar di antara hp lipat yang pernah ada— Find N3 adalah foldable flagship pertama dengan tiga kamera bersensor besar dan kualitas gambar level profesional, juga berkat kolaborasi dengan Hasselblad.
Lebih lanjut lagi, OPPO Find N3 berikan kamera selfie dengan resolusi terbesar di kategorinya. Ada dua kamera selfie, 32MP pada cover screen dan 20MP pada layar bagian dalam untuk pengalaman selfie maupun online meeting dengan ketajaman gambar yang paling baik di kelasnya.
Dengan segenap fitur canggih kamera OPPO Find N3, siapa bilang pengguna smartphone foldable tidak bisa menghasilkan foto dan video dengan kualitas level profesional?
Kemudahan Multitasking di Era Digital
OPPO Find N3 juga dibekali beragam fitur canggih yang mempermudah penggunanya saat harus multitasking, yang mana menuntut fleksibilitas dan kecepatan. Menyadari peran smartphone dalam mendukung hal tersebut, fitur-fitur Find N3 yang memudahkan multitasking pada foldable antara lain:
App Library, yang memudahkan pengguna mencari seluruh aplikasi yang tersedia di smartphone hanya dalam satu halaman.
Recent Files, yang membantu dalam menemukan file-file terakhir yang baru ditutup agar mudah dibuka kembali,
Recent Apps, untuk mengakses 3 aplikasi terakhir yang baru ditinggalkan dengan 1 langkah mudah
Selain itu, OPPO Find N3 juga menghadirkan Boundless View dan Three-app Boundless View untuk pengalaman membuka beberapa aplikasi sekaligus yang lebih intuitif terhadap penggunanya.
Performa Terkuat di Lintas Kategori Smartphone
Demi pengalaman pengguna yang maksimal dan tanpa kompromi, chipset flagship Snapdragon 8 Gen 2 yang saat ini disematkan pada OPPO Find N3. Dengan kapasitas RAM terbesar (16GB + 12GB) di lintas kategori smartphone, OPPO Find N3 memungkinkan pengguna membuka banyak aplikasi dan berpindah aplikasi dengan mulus dan bebas lagging. Bahkan tetap lancar jika membuka hingga 40 aplikasi sekaligus! Cocok sekali bagi pengguna yang melakukan banyak pekerjaaan dari berbagai aplikasi sekaligus.
Performa terbaik ini juga ditunjang dengan kapasitas baterai terbesar di kategori foldable, yaitu 4805mAh yang kuat seharian, dan pengecasan SUPERVOOC 67W yang dapat mengisi daya dari 0-100% hanya dalam 42 menit saja.
Dalam menghadirkan fitur khususnya pada lini flagship, OPPO senantiasa mengutamakan kebutuhan penggunanya. Salah satunya fitur Privacy Calling yang menjaga agar suara lawan bicara pengguna dalam pembicaraan telepon tidak terdengar oleh orang yang berada di dekatnya, sehingga memberikan rasa tenang saat menerima telepon di lokasi yang hening. Tidak perlu kuatir mengenai keamanan data, OPPO juga memberikan fitur Independent Security Chip, sistem proteksi data dalam OPPO Find N3 yang menjaga kerahasiaan file berharga agar tidak dapat diakses oleh orang lain.
OPPO Find N3 Flip – Keindahan dan Kesempurnaan Teknologi yang Compact
Selaras dengan OPPO Find N3 yang menetapkan standar baru untuk smarphone foldable, OPPO Find N3 Flip juga menggebrak kategori flip dengan berbagai keunggulan. Sejak diluncurkan pada bulan Oktober lalu, OPPO Find N3 Flip sudah menjadi pilihan bagi eksekutif muda, para creator, selebriti dan lifestyle enthusiasts.
Nikita Willy, OPPO Family, mengatakan “OPPO Find N3 Flip memiliki cover yang chic and perfect. Dimensi covernya sempurna, sehingga bisa memudahkan saya mengakses semua aplikasi favorit. Lebih dari 35 aplikasi yang bisa diakses hanya melalui cover screen, sangat jauh bedanya dengan smartphone flip lain yang hanya bisa mengakses belasan aplikasi.”
Lebih lanjut Nikita menyampaikan, “Banyak fitur yang hanya saya temui di OPPO Find N3 Flip, salah satunya Alert Slider, yang merubah mode dering dengan sangat mudah. Bicara mengenai smartphone tentu tak lepas dari kamera. Nah, kamera dari OPPO Find N3 Flip ini, juga ada fitur istimewa, yaitu Interval Continuous Shooting yang memungkinkan mengambil beberapa gambar sekaligus yang bisa dipilih kemudian. Tidak hanya itu, pilihan warna atraktif dari OPPO Find N3 Flip, Sleek Black, Cream Gold dan Misty Pink, membuat sesi foto bersama keluarga dan kerabat menjadi lebih stylist.”
OPPO Find N3 Flip menjadi smartphone flip pertama dengan 3 kamera flagship dan penyempurnaan pada cover screen vertikal memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengguna. Di sisi lain, OPPO Find N3 Flip menandai era baru dalam desain smartphone lipat, melalui inovasi terbaru dalam teknologi layar lipat dan layar dengan tingkat keterangan dan ketajaman gambar yang mumpuni serta sistem kamera yang menghadirkan kualitas gambar terbaik.
Prosesor Flagship
Kecanggihan OPPO Find N3 Flip tentu tidak bisa terlepas dari dukungan prosesor flagship MediaTek Dimensity 9200 yang hadir dengan ukuran 4nm, minim suhu panas, dual sim 5g, kapasitas RAM yang lebih besar.
Pengisian Tercepat di kategori Flip
OPPO Find N3 Flip menyadari bahwa penggunanya memiliki mobilitas tinggi. Oleh karena itu, kecepatan pengisian baterai menjadi sangat penting. OPPO Find N3 Flip memberikan 44W SUPERVOOC.
Wibawa Prasetyaiwan, Head of Account Management – Financial Institutions, Indonesia, Mastercard, mengatakan, “Mastercard sangat senang dapat bermitra dengan OPPO dalam peluncuran ini dan berkolaborasi dalam berbagai inisiatif yang mendukung pemberdayaan UMKM yang dipimpin atau dimiliki oleh perempuan di Indonesia, sebagai bagian dari program Mastercard Strive Indonesia. UMKM berperan penting dalam mendorong perekonomian suatu negara, sementara bisnis yang dikelola oleh perempuan seringkali mengalami hambatan khusus karena faktor gender. Kolaborasi terbaru ini tidak hanya merupakan bagian dari kemitraan strategis kedua organisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekonomi digital yang inklusif di Indonesia, namun juga memungkinkan pemegang kartu Mastercard untuk memberikan dampak pada tujuan tersebut. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen global Mastercard untuk membawa 1 miliar orang dan 50 juta UMKM ke dalam ekonomi digital, serta menyediakan solusi bagi 25 juta pengusaha wanita guna membantu mengembangkan bisnis mereka pada tahun 2025.”
Chee Chian Seah, General Manager Indonesia, Singapore Airlines mengatakan, “Singapore Airlines sangat bangga bisa berkolaborasi dengan brand yang memiliki visi sama, seperti OPPO. Melalui kolaborasi ini, Singapore Airlines berharap dapat terhubung secara langsung ke seluruh pelanggan dengan menawarkan kesempatan perjalanan serta mengembangkan kolaborasi ini lebih jauh lagi.”
“OPPO Find N3 Series sangat mengapresiasi kerja sama dengan dua brand multinasional sebesar Mastercard dan Singapore Airlines. Kami berharap para pengguna OPPO juga merasakan kebanggaan yang sama dan pastinya mendapatkan layanan premium yang hanya diberikan oleh OPPO Find N3 Series,” tambah Patrick.
“Dengan segala kelebihan dan layanan premium, OPPO Find N3 resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp29.999.000, dan OPPO Find N3 Flip dijual seharga Rp15.999.000, sedangkan OPPO Pad 2 dibanderol dengan harga Rp9.999.000. Dapatkan banyak promo dari mitra strategis kami, Mastercard dan Singapore Airlines,” tutup Patrick.
Perangkat ini sudah tersedia di seluruh OPPO Store, OPPO Gallery, Toko Retail Rekanan Resmi OPPO, OPPO Online Store, dan OPPO Indonesia Official Store di Shopee, Tokopedia dan Lazada.
Konsumen OPPO Find N3 Series dapat menikmati penawaran terbatas dengan total keuntungan hingga Rp7.500.000, berupa Protective Case, OPPO SUPERVOOC 80W Car Charger, OPPO Premium Services, Voucher Diskon 10%, im3 Post Paid dengan kuota besar 2.4TB hanya Rp50.000/bulan, cashback special hingga Rp1.500.000 dan cicilan 0% dari BCA, Mandiri, BSI, Digibank, Bank Mega, CIMB Niaga, Permata Bank, UOB, Panin Bank, Citi Bank, HSBC, BRI, OCBC & BNI, serta diskon tambahan dari Mastercard hingga Rp500.000. Sedangkan konsumen OPPO Pad 2 akan mendapatkan hadiah gratis berupa Smart Keyboard dan OPPO Pencil selama persediaan masih ada.
Konsumen OPPO Find N3 Series juga akan mendapatkan 5.500 Poin MyOPPO dan berbagai keuntungan eksklusif yang dapat ditukarkan di aplikasi My OPPO, seperti voucher belanja dari ACE, BlueBird, Chatime, Cold Stone, Corkcircle, F&B Group ID, Godiva, Paul & Joe, Saturdays, Tiket.com, dan Traveloka.
tabloidpulsa.id – PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia menghadirkan lensa zoom ultra-wideRF10-20mm f/4L IS STM yang sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (IS).
Dengan ukurannya yang ringkas dan bobot yang ringan, sangat membantu ketika menggunakan kamera secara handheld ataupun gimbal untuk menghasilkan gambar sinematik saat hiking ataupun diving yang membutuhkan fleksibilitas tinggi.
Selain landscape, lensa ini juga sangat cocok untuk berbagai macam genre fotografi, seperti arsitektur, interior, astrophotography dan juga pembuatan video.
“Canon memahami kebutuhanpara fotografer dan videografer akan rentang fokus yang berbeda-beda. RF10-20mm f/4L IS STM hadir melengkapi jajaran lensa zoom Canon yang ringkas untuk hasil gambar yang unik dan lebih luas di berbagai kondisi ruangan,” ujar Monica Aryasetiawan – Canon Business Unit Director PT Datascrip.
Lensa ini memiliki focal length yang sangat lebar 10mm, sehingga semakin lebar panjang fokus yang digunakan semakin besar juga perbedaan yang dihasilkan di setiap 1mm nya. Saat digunakan pada focal length 10mm, area yang tercakup hampir dua kali lipat dari 14mm dan 1,4x di 12mm, yang dapat secara signifikan membantu saat memotret subjek besar di ruang sempit.
Dengan efek perspektif unik lensa yang dapat memperbesar jarak, objek di dekat lensa jadi terlihat lebih besar dan mengesankan, sementara ruang dan pemandangan yang luas terlihat lebih luas. Pada saat yang sama, kemampuan zoom pada lensa ini juga dapat membingkai pemandangan dengan lebih padat. Saat dipasangkan dengan kamera APS-C Canon seri EOS R, lensa ini tetap menjadi lensa ultra-wide dengan focal length 16mm hingga 32mm.
RF10-20mm f/4L IS STM merupakan lensa zoomultra-wide pertama Canon dengan panjang fokus di bawah 13mm yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (Optical IS), sehingga pengguna dapat mengambil eksposur panjang dengan tangan hingga stabilisasi gambar 5 stop (6 stop melalui kontrol IS terkoordinasi dengan kamera yang kompatibel, seperti kamera seri EOS R). Optical IS pada lensa ini juga bekerja sama dengan Movie Digital IS untuk mencapai stabilisasi gambar selama perekaman video, memastikan rekaman handheld yang mulus bahkan saat berjalan atau berlari.
Lensa ini juga dilengkapi fitur Peripheral Coordinated Control baru, yang secara efektif mengompensasi peripheral blurring yang sering terjadi pada lensa ultra-wide. Fitur ini bekerja dengan konfigurasi lensa yang dioptimalkan dan dikoreksi dalam kamera untuk mengontrol distorsi dan aberasi kromatik di seluruh area zoom. Hal ini menghasilkan kualitas gambar luar biasa. Bahkan mampu menyaingi lensa terdahulunya EF11-24mm f/4L STM yang terkenal dengan lensa zoom ultra-wide terbaik di kelasnya.
Dari segi auto focus, lensa ini dirancang untuk mengoptimalkan performa Auto Focus (AF) yang cepat ketika memotret, ditambah dengan AF drive presisi tinggi, mulus, dan senyap saat perekaman video. Selain itu, lensa ini juga mengadopsi sensor posisi lensa baru yang digunakan pada lensa Nano USM, yang dapat mempersingkat waktu startup kamera, sehingga pengguna dapat mulai memotret secara cepat dari awal kamera dinyalakan.
Seperti lensa Canon seri-L yang istimewa, RF10-20mm f/4L IS STM memiliki desain kokoh dan tahan debu serta tetesan air berkat lapisan fluorin. Di atas cincin kontrol lensa RF untuk kontrol pencahayaan, tombol fungsi baru dapat digunakan sebagai akses cepat yang nyaman untuk berbagai fungsi dan mudah diakses dengan Ibu jari. Lensa ini memiliki dudukan filter gelatin belakang bagi mereka yang ingin menjelajahi ekspresi yang lebih kreatif melalui penggunaan filter yang berbeda-beda.
PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, memasarkan Lensa Canon RF10-20mm f/4L IS STM dengan harga Rp51.999.000,-
tabloidpulsa.id – Dalam perencanaan keuangan, dana darurat merupakan salah satu hal wajib yang perlu dimiliki setiap individu. Dana darurat adalah sejumlah dana atau uang yang dipersiapkan untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti terkena musibah, bencana alam, sakit, terkena PHK, atau lainnya.
Tujuannya adalah untuk memiliki sejumlah dana yang bisa digunakan kapan saja saat diperlukan sehingga dapat meminimalisir atau menghindari risiko berhutang. Waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan dana darurat adalah sedini mungkin.
Risiko terkena musibah bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Dana darurat merupakan dana yang hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat. Oleh sebab itu, dana tersebut tidak boleh digunakan untuk melunasi hutang konsumtif seperti cicilan mobil, membeli tiket pesawat, tiket konser, atau sejenisnya.
“Pada dasarnya, besaran dana darurat berbeda bagi setiap individu dipengaruhi oleh jumlah tanggungan, penghasilan, dan pengeluaran bulanan. Idealnya, dana darurat harus mencakup 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan. Tujuanya adalah apabila terjadi kebutuhan mendesak ataupun sumber pendapatan bulanan berhenti, dana darurat bisa digunakan sementara untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari hingga mendapatkan pendapatan baru,” ujar Yohana Angeline selaku Senior Public Relations Qoala.
Mempersiapkan dana darurat bukan berarti ingin menarik hal buruk terjadi melainkan sebuah langkah antisipasi dan persiapan agar tidak terbebani secara finansial di kemudian hari. Berikut ini adalah cara mengumpulkan dana darurat menurut Qoala yang perlu Anda ketahui:
Evaluasi keuangan
Pahami arus kas Anda dengan mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran bulanan. Evaluasi ini berguna untuk membantu menentukan persentase dana yang dapat dialokasikan untuk dana darurat. Misalnya, jika setiap bulan pengeluaran Anda mencapai Rp3 juta, maka jumlah dana yang harus Anda sisihkan untuk dana darurat kurang lebih sebesar Rp9 juta sampai Rp18 juta.
Tentukan target waktu untuk menabung secara bertahap dan konsisten
Kalau Anda sudah tahu jumlah dana yang harus dikumpulkan maka Anda harus menentukan waktu untuk mencapai dana ini. Hal ini berlaku jika Anda belum punya sama sekali tabungan dana darurat. Mulailah menabung secara bertahap untuk dana darurat Anda. Meskipun jumlahnya kecil di awal, secara bertahap tingkatkan persentasenya hingga Anda secara konsisten mengalokasikan sebagian dari pendapatan untuk dana ini dan dana darurat terkumpul sesuai target.
Buat rekening terpisah
Berbeda dengan tabungan, dana darurat sebaiknya disimpan dalam rekening baru yang terpisah dari pengeluaran bulanan rutin. Tujuannya agar tidak teralihkan untuk membiayai keperluan lain. Buat rekening terpisah yang tidak memerlukan saldo awal yang besar dan tidak membebankan biaya administrasi yang tinggi. Anda juga harus punya akses yang cepat dan mudah terhadap dana ini, agar tidak kesulitan untuk menggunakan uang tersebut saat terjadi kondisi darurat, misalnya seperti akses layanan mobile banking. Memisahkan dana ini membantu untuk memastikan kontrol dan pemantauan yang lebih baik terhadap progres dana darurat Anda.
Lengkapi dengan produk asuransi yang tepat
Tips lain yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan dana darurat adalah melengkapi tindakan tersebut dengan membeli asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Asuransi merupakan produk proteksi yang dapat melindungi diri dari pengeluaran yang tidak diharapkan. Dengan asuransi, setiap individu bisa mempersiapkan dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Membeli asuransi juga bisa menjadi cara agar dana darurat bisa lebih terarah. Akan tetapi, pastikan bahwa premi asuransi yang dibayarkan selama periode waktu tertentu tidak akan menjadi beban finansial di kemudian hari. Dengan begitu, tabungan, investasi, dana darurat, dan biaya untuk asuransi akan tetap bisa berjalan berdampingan tanpa mengorbankan salah satunya, terlebih pengeluaran rutin atau bulanan.
Qoala, sebagai perusahaan insurtech, bekerja sama dengan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan sejumlah perusahaan asuransi terkemuka, untuk mengembangkan berbagai produk asuransi yang terbaik mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor hingga santunan tunai.
Qoala memberikan kemudahan pelayanan pengajuan polis secara digital melalui situs dan aplikasi Qoala, yang dapat membantu pelanggan memilih dan membandingkan berbagai produk asuransi untuk mendapatkan pilihan terbaik dengan harga premi yang terjangkau serta proses registrasi dan pembelian yang cepat dalam hitungan menit tanpa perlu survei.
Qoala juga memiliki insurance advisor yang siap membantu menjelaskan dan mencarikan asuransi sesuai kebutuhan. Pelanggan tidak perlu khawatir mengenai proses klaim, semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi dan tim Qoala akan siap mendampingi.
tabloidpulsa.id – Setelah puluhan tim Valorant dengan ratusan pemain individu dari seluruh Indonesia mengikuti babak online qualifiers, final Predator Indonesia akan mempertarungkan 4 tim Valorant terbaik dan berkesempatan mengikuti Grand Final APAC Predator League 2024 yang diselenggarakan di Manila, Filipina pada Januari tahun depan.
Empat tim yang terpilih akan bertemu di final Predator Indonesia yang berlangsung selama 2 hari yakni hari ini (18/11) dan besok (19/11) di M Bloc Space, Jakarta.
Final Predator Indonesia pada tahun ini dilakukan secara offline, setelah selama 3 tahun terakhir diadakan secara online akibat pandemi.
Pada penyelenggaraan kali ini, Acer Indonesia mengajak seluruh komunitas gaming untuk menyaksikan secara langsung pencarian tim Valorant terbaik dan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya mini tournament Tekken 7, e-football, dan cosplay walk competition.
Valorant dipilih untuk dipertandingkan di turnamen Predator Indonesia seiring dengan semakin populernya game yang dikembangkan oleh Riot Games dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 2020 lalu.
Leny Ng, Chief Operating Office Acer Indonesia mengatakan“Turnamen Predator Indonesia merupakan ajang tahunan berskala Internasional yang sudah diselenggarakan Acer sejak tahun 2017. Melalui ajang ini, perusahaan mempertegas komitmen untuk mendukung industri esports Indonesia, serta menjadi bagian dalam akselerator ekosistem industri gaming nasional.”
“Sebagai brand PC gaming dengan berbagai produk unggulan melalui lini Predator, Acer Indonesia selalu berusaha mengembangkan prestasi atlet esports untuk bisa mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Kami optimis tahun ini Indonesia akan kembali mengirimkan tim terbaik di grand final Asia Pacific Predator League 2024, dan membanggakan nama Indonesia dengan membawa pulang Predator Shield sebagai pemenang,” tambah Leny Ng.
Empat tim Valorant yang akan bertanding pada final Predator Indonesia hari ini adalah BOOM Esports, APAC Slayer, ARF Team, dan Alter Ego.
Keempat tim ini akan bertanding melalui laga 6 match dan merebutkan 2 posisi tim terbaik, yang nantinya mewakili Indonesia di grand final Asia Pacific Predator League 2024, memperebutkan Predator Shield dan total prize pool sebesar USD 400,000 atau senilai Rp 6 Miliar.
Frengky Ong, Sekretaris Jenderal, PBESI, mengatakan “Turnamen Predator Indonesia merupakan sarana dan kegiatan yang sejalan dengan visi misi PBESI, untuk menjadi wadah serta pembinaan bagi atlet esports untuk meningkatkan prestasi, dalam dan luar negeri. Apresiasi sebesar-besarnya dari PBESI untuk Acer Indonesia, melalui turnamen Predator yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Melalui acara turnamen ini, Acer telah menunjukkan bahwa banyak talenta esports tanah air yang bisa terus berkembang hingga turnamen berskala dunia.”
Pada turnamen Predator Indonesia Final road to Grand Final APAC Predator League 2024 yang berlangsung selama 2 hari di Jakarta, pengunjung juga bisa merasakan secara langsung pengalaman dalam menggunakan jajaran laptop gaming terbaru dari Acer Indonesia seperti Predator Helios 16, Predator Helios Neo 16, dan Nitro V 15.
Seluruh jajaran laptop gaming terbaru ini, sudah didukung dengan performa dari 13th Gen Intel Core Processors terbaru.
Dalam rangka memeriahkan Predator Indonesia Final, Acer memberikan penawaran khusus diskon 30% hingga 19 November 2023 untuk pembelian Predator Helios 16 dan Neo 16 di samping free gears dan kesempatan memenangkan liburan ke Manila.
Helios Neo 16 RTX4060, mulai dari 20jt-an aja! Promo ini berlaku untuk transaksi di acara atau online di Acer e-store dan official store dan e-commerce.
tabloidpulsa.id – TECNO mengumunkan tanggal peluncuran produk flagship terbarunya yang akan resmi hadir di Indonesia pada tanggal 28 November mendatang. Ialah TECNO Phantom V Flip 5G yang merupakan ponsel flip andalan pertama dari TECNO. Sebelumnya TECNO sudah memiliki lini produk lipat yaitu PHANTOM V Fold pada bulan Maret lalu, namun tidak hadir di Indonesia.
Smartphone flip terobosan baru ini akan menetapkan standar baru dalam integrasi teknologi canggih dan estetika fashion kelas atas, dengan mengusung layar depan melingkar yang unik, dan desain yang menakjubkan dibalut cover premium berbahan leather.
“Pada 28 November nanti, TECNO PHANTOM V Flip siap menjadi produk trendsetter terbaru bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin merasakan sentuhan teknologi inovatif dan modis pada smartphone lipat, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau” Ungkap Anthoni Roderick sebagai PR Manager TECNO Indonesia.
TECNO PHANTOM V Flip 5G pertama kali diperkenalkan di Singapore pada September lalu dengan tampilan khas layar depan berbentuk bulat yang terinspirasi oleh alam dan tata surya yang disebut “The Planet”. Layar depan ini ditata dengan harmonis dengan dua lensa kamera serta flashlight sehingga menyerupai sistem benda di langit.
Fitur unggulan lainnya ialah kamera utama 64MP Ultra Clear FreeCam System yang memiliki teknologi Dual Camera Fusion yang bekerja bersama dengan Kamera Ultra-Wide Angle 13MP sehingga pengguna dapat memperbesar dan memotong gambar sudut ultra lebar sambil mempertahankan banyak detail. Tidak ada perbedaan versi antara unit global dengan unit di Indonesia.
Berkat konstruksi flipnya, TECNO PHANTOM V Flip 5G membuka banyak kemungkinan pengambilan gambar melalui Sistem FreeCam yang canggih. Perangkat ini memungkinkan pengguna meningkatkan imajinasi mereka dan mengabadikan momen ajaib dalam gambar yang inventif dan indah dengan lensa depan dan belakang.
Stabil pada sudut mana pun mulai dari 30150˚, pengguna dapat mengarahkan perangkat untuk mengambil gambar grup yang lebih baik, selfie kamera belakang yang lebih detail, pengambilan gambar sudut rendah, Time-lapse FreeCam, dan banyak lagi. Performa hovering yang kuat dengan tangkapan yang dikontrol gerakan dan suara memungkinkan pengguna menikmati kreativitas secara handsfree.
Mengusung tema ‘Flip it Now’ TECNO PHANTOM V Flip hadir mendorong masyarakat untuk dapat merasakan perpaduan estetika dengan teknologi canggih dan merayakan gaya hidup baru dengan fitur yang membuat penggunanya dapat mendefinisikan ulang gaya dan fungsionalitas ponsel flip untuk audiens yang selalu memiliki semangat, modis dan berwawasan kedepan.
TECNO PHANTOM V Flip 5G resmi hadir di Indonesia dengan membawa kejutan yang mengguncang pasar smartphone di Indonesia. Ponsel flip di Indonesia saat ini pada umumnya memiliki rentang harga 12 hingga 20 juta rupiah. Akan tetapi, TECNO mengumumkan PHANTOM V Flip 5G akan dibanderol dengan harga dibawah 9 juta rupiah, belum termasuk promo early bird.
Harga detail pastinya akan diumumkan kembali pada tanggal peluncurannya 28 November nanti, bertepatan dengan acara event pameran pertama TECNO Indonesia yang menggabungkan kegiatan Exhibition, dan Demo feature produk-produk TECNO terbaru bertempat di Main Atrium 2 Lippo Mall Puri dari tanggal 28 November hingga 3 Desember. Hal ini tentunya dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen di Indonesia untuk mencoba secara langung dan mendekatkan masyarakat yang ingin berpindah dari ponsel layar datar ke ponsel layar lipat inovatif dan modis.
tabloidpulsa.id – Blibli menjadi omnichannel commerce pertama yang mengadopsi teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk optimalkan kegiatan operasional logistik.
Berkomitmen mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis, pemanfaatan teknologi AI di bidang operasional logistik ini diantaranya berperan untuk prediksi kebutuhan stok, rekomendasi kebutuhan yang terpersonalisasi, selain itu, integrasi AI juga memungkinkan transformasi pengelolaan logistik yang lebih signifikan, seperti identifikasi dan solusi masalah secara real-time hingga berkontribusi pada pengelolaan logistik yang lebih cepat dan efisien.
Upaya Blibli dalam mengadopsi AI pada bidang logistik ini sejalan dengan harapan pemerintah yang ingin mendorong lebih banyak pemanfaatan teknologi AI yang kini sudah meliputi berbagai sektor.
Pada tahun 2021, misalnya, AI telah membantu sekitar 26,7 juta pekerja Indonesia atau sebesar 21,1% dari total tenaga kerja kala itu, dengan sektor perdagangan tercatat sebagai yang kinerjanya paling teroptimalkan oleh teknologi ini.
Langkah yang diambil Blibli ini menandai penguatan komitmen Perseroan untuk terus menjadi ekosistem perdagangan omnichannel yang relevan dengan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu, seraya konsisten menjamin kepuasan pelanggan di setiap pengalaman belanja melalui operational excellence di setiap lini.
Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli mengatakan, “Implementasi dari teknologi AI kami gunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memberikan pengalaman pelanggan yang unggul, dan menjadi yang terdepan dalam inovasi di industri e-commerce. Selain itu, Blibli juga mengintegrasikan AI sebagai bagian dari komitmen terhadap prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG). Integrasi AI juga tidak hanya melibatkan pengembangan teknologi, tetapi juga dalam strategi bisnis yang menyeluruh untuk mencapai keunggulan kompetitif dan pertumbuhan berkelanjutan.”
Pemanfaatan AI juga menjadi bentuk adaptabilitas Blibli dalam menghadapi kompleksitas bisnis yang harus mampu menjawab tantangan dalam menjaga kepuasan belanja pelanggan, sebagaimana yang disuarakan oleh Perseroan melalui semangat terbarunya, Simplify to Amplify.
Total terdapat lima solusi berbasis AI yang dihadirkan di jaringan gudang Blibli, yakni: menghemat waktu untuk efisiensi operasional yang lebih baik, mengurangi biaya kemasan dengan memilih material yang lebih tepat guna, membantu pihak gudang mengurangi kesalahan dalam proses packing produk yang akan dikirim, mengurangi risiko air gap packaging demi jaminan barang tetap prima hingga ke tangan pelanggan, serta meningkatkan dukungan terhadap nilai-nilai ESG melalui prosedur yang lebih ramah lingkungan.
Saat ini, implementasi AI pada pengemasan semakin tinggi dari sisi adoption rate yaitu meningkat hingga 86%, yang artinya rekomendasi yang diberikan oleh AI semakin baik dan tepat untuk dijadikan acuan oleh tim packer pada saat melakukan pengemasan barang. Ditambah lagi, inovasi ini juga sudah menurunkan biaya pengemasan hingga 11% selama empat bulan dioperasikan.
Lebih lanjut, pemanfaatan AI memperkuat komitmen Blibli dalam membangun sistem pergudangan dan distribusi yang lebih efektif dan memadai, di mana kini didukung oleh 16 gudang terpadu yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Jaringan logistik Blibli juga menerapkan siklus transformasi yang berasal dari proses kolaborasi dengan berbagai tim, mulai dari tim Business Process Transformation, Warehouse, Data Science, Data Analytics, dan tim Technology Warehouse Management System.
“Proses pembangunan model AI tidak hanya sekadar kegiatan pengembangan, melainkan suatu perjalanan pembelajaran berkelanjutan. Saat ini, manfaat AI dalam sistem logistik sudah semakin terukur berkat peningkatan adoption rate dan pengurangan packaging cost yang signifikan. Tentunya evaluasi dan analisis masih akan terus dilakukan untuk mengoptimalkan implementasi, memastikan efisiensi, dan meningkatkan manfaat secara keseluruhan,” pungkas Azizah.
Bagi Blibli, komitmen dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan lewat inovasi keberlanjutan akan terus ditingkatkan untuk mendukung operational excellence dan memenuhi kepuasan pelanggan kami.
Ke depannya, Blibli menargetkan transformasi yang menyeluruh mulai dari people, process, dan sistem untuk menjamin implementasi teknologi AI ini dapat berjalan maksimal dalam memperkuat ekosistem dan meningkatkan kapabilitas last-mile delivery.
tabloidpulsa.id – Pada zaman yang kian modern ini, perkembangan teknologi juga turut semakin maju dan mendorong setiap kegiatan usaha untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman. Kini, tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness. Berbagai konten promosi dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang maksimal. Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah platform video pendek SnackVideo.
SnackVideo sebagai salah satu platform media sosial video pendek terbesar di Indonesia, ikut memberi dukungan kepada para pelaku UMKM dalam penggunaan konten video pendek untuk mengoptimalkan promosi bisnis mereka. Konten video pendek yang menarik dan kreatif dapat dijadikan sebagai alat promosi yang ditujukan untuk meningkatkan awareness (kesadaran) konsumen terhadap produk yang ditawarkan, terutama di media sosial. Video pendek yang kreatif juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan berujung pada peningkatan penjualan produk maupun jasa.
Dina Bhirawa, selaku Head of Marketing SnackVideo Indonesia, menyatakan, “SnackVideo merupakan platform video pendek yang dinamis dan mudah digunakan oleh masyarakat. Saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia. Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, maka promosi melalui video pendek di SnackVideo akan menjadi semakin efektif. Terutama dalam menarik perhatian dan menumbuhkan curiosity konsumen terhadap produk maupun jasa. Karena itu, kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik, sehingga bisa trending dan ditonton oleh banyak orang.”
Salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan oleh pelaku UMKM adalah live streaming. Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara online, fitur live stream ini juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen dan konsumen potensial melalui fitur livechat nya.
“Live streaming merupakan salah satu fitur yang tersedia di SnackVideo yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan membangun komunikasi dengan para konsumen, bahkan untuk mendorong terjadinya penjualan. Sama seperti video pendek, live streaming juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan. Untuk itu, SnackVideo ingin memberikan beberapa panduan kepada para content creator dan host mengenai persiapan yang baik untuk melakukan live streaming serta berbagai tips agar live streaming bisa berlangsung menarik dan diikuti banyak pengguna SnackVideo,” jelas Dina.
Saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo, maka UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut:
Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan. Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games & challenge, mukbang (untuk produk food & beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.
Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.
Pemilihan host yang tepat. Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan make up untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.
Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.
Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan. Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.
Salah satu UMKM yang sukses memperkenalkan usahanya melalui konten video pendek di SnackVideo adalah Mengantar yang bergerak di bidang jasa transportasi dan logistik. Menurut Faeruz Faiz, Direktur PT. Mengantar Karya Bangsa, promosi menggunakan video pendek di SnackVideo membantu bisnisnya tumbuh secara signifikan. Hal lain yang membuat ia tertarik melakukan promosi di SnackVideo adalah kesamaan misi Mengantar dan SnackVideo dalam membantu kemajuan UMKM Indonesia.
“Mengantar sudah cukup lama membuat konten video pendek di SnackVideo untuk mendapatkan atensi dari konsumen. Melalui konten-konten video pendek yang kami buat di SnackVideo, kami dapat memperkenalkan Mengantar kepada masyarakat Indonesia dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Kami juga memilih platform SnackVideo karena kami melihat bahwa SnackVideo punya semangat untuk membantu UMKM Indonesia agar bisa tumbuh dan maju. Semangat yang sama juga dimiliki Mengantar yang membantu UMKM Indonesia untuk kebutuhan transportasi dan logistik mereka,” ujar Faeruz.
Mencermati tren yang sedang berlangsung di kalangan masyarakat merupakan langkah penting yang harus diambil oleh para pelaku UMKM. Terutama dalam implementasi digitalisasi bisnis dan pemanfaatan media sosial sebagai saluran promosi. “Memahami cara-cara yang benar dalam melaksanakan live streaming juga diperlukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh target konsumen. SnackVideo akan terus mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dengan berbagi informasi berupa tips and tricks menarik yang dapat diimplementasikan oleh para UMKM dan content creator untuk mengembangkan konten di akun SnackVideo nya”, tutup Dina.